Waktu Yang Baik & Dihentikan Untuk Mandi [Manfaat & Bahayanya]

Pada dasarnya kita perlu mandi dalam setiap harinya, supaya ba& sanggup menjadi lebih segar & pikiran menjadi fresh.

Sehingga sanggup berfikir dengan jernih & semangat kembali akan memuncak untuk melaksanakan acara padat sehari-hari.

Akan tetapi yg perlu diketahui bahwasannya acara mandi juga ada aturannya...

Mengenai kebiasaan mandi ini, maka tentunya setiap orang mempunyai waktu & frekuensi yg berbeda.

Adapun rata-rata orang minimal dalam sehari mandi sebanyak 2 kali. Ada hal-hal yg perlu dilakukan dalam mandi & aturannya.

Selain ada waktu yg paling baik untuk mandi, terdapat juga waktu-waktu yg berbahaya / kurang baik untuk melaksanakan mandi.

 Pada dasarnya kita perlu mandi dalam setiap harinya Waktu Yang Baik & Dilarang Untuk Mandi [Manfaat & Bahayanya]

Waktu-waktu yg Berbahaya untuk Mandi...

Hindari mandi setelah shperalatan ashar hingga 1 jam setelahnya

Yaitu hindari mandi sekitar jam 03.10 hingga sekitar jam 4.20. Hal itu sebab keadaan pada jam-jam tersebut, kondisi darah dalam badan dalam keadaan yg cukup panas.

Akibatnya jikalau dipaksakan mandi pada ketika itu, maka malah buat badan menjadi terasa letih, sehingga kurang sehat & sanggup mengganggu acara yg akan dilakukan setelahnya.

Untuk itu maka hindari / minimal jangan membiasakan mandi pada waktu tersebut, sehingga badan sanggup terhindar dari hal-hal yg tidak diinginkan.


Hindari mandi setelah shperalatan maghrib

Hal itu sebab pada sekitar jam 6 sore hingga jam 7 malam, kondisi jantung mulai melemah setelah acara yg dilakukan seharian.

Sehingga jikalau dipaksakan untuk mandi maka akan sangat ancaman bagi kesehatan badan kita, utamanya yg sangat berbahaya yaitu badan rentan terkena penyakit paru-paru basah.

Hindari mandi setelah isya hingga jam 12 malam

Demikian juga pada jam-jam ini, dimana pada waktu ini seharusnya badan sudah mulai untuk dikurangkan aktivitasnya & memulai untuk beristirahat.

Dimana dalam waktu tersebut, kondisi jantung tidak siap lagi untuk mendapatkan siraman air, dimana penyakit sangat rentan menyerang badan sebab mandi di jam-jam ini, ibarat penyakit rematik.

Waktu yg baik / dianjurkan untuk mandi

Disarankan mandi di waktu subuh / sebelum subuh

Ketika bangkit jam 4 pagi / subuh, menjadi waktu yg sangat baik untuk mandi.

Karena pada ketika itu kondisi air mengandung ozon yg lebih tinggi, sehingga dengan kandungan ozon yg tinggi tersebut sangat berguna untuk kesehatan tubuh, kemudian buat badan menjadi lebih segar nantinya....

...sehingga acara yg dilakukan pada pagi hari & siang hari sanggup menjadi lancar & maksimal. Manfaat lainnya meningkatkan daya tahan tubuh, & membantu Kamu supaya menjadi abadi muda.

Adapun, riwayat bahwa Rasulullah suka mandi sebelum subuh, ternyata belum pernah ditemukan riwayat yg sah (shahih) mengenai hal tersebut.

Yang ada riwayat shperalatan sunnah dua rakaat sebelum subuh (semoga Allah menunjukkan taufik kepada kita supaya selalu bisa, melaksanakannya). Adapun riwayat yg shahih bahwa Rasulullah mandi sebelum subuh, belum pernah ditemukan.

Tapi jangan murung dulu...

Dari sisi medis, Dr. Abdul Hamid Dayyat, dari Universitas Kairo Mesir menjelaskan damai khasiat kesehatan yg diperoleh seseorang dari acara bangkit (setengah jam) sebelum waktu Subuh, kemudian mandi pada waktu itu.

Pada waktu fajar (shubuh) kandungan gas O3 sangat melimpah, yg setelah itu akan berkurang bertahap hingga habis ketika matahari terbenam pada sore hari.

Gas O3 menunjukkan khasiat positif pada urat syaraf, bisa mengaktifkan kerja otak & menjaga kesehatan tulang.

Saat seseorang menghirup udara fajar, akan mencicipi kenikmatan & kesejukan yg tiada tara ketika itu. Setelah itu akan lebih baik & sehat lagi jikalau mandi sebelum waktu dimulainya adzan shubuh.


Mandi shubuh berdasarkan dr. Midi Hariyani, SpKK seorang andal kulit & kelamin dari klinik nusantara kuningan

Mandi subuh sanggup membangunkan badan yg terlelap dimana metabolisme badan se&g melambat. Suhu badan akan dinaikkan mencapai kestabilan.

Jantung menjadi terpacu untuk bangun, adrenalin meningkat, pembuluh darah menjadi lebih lancar untuk bergerak, akibatnya pemikiran darah di dalam badan menjadi sangat baik, termasuk pemikiran ke kulit. Sehingga berguna buat kulit tampak lebih fresh.

Mandi shubuh berdasarkan Dr. dr. Aru W. Sudoyo, MD dokter seorang andal penyakit dalam dari FK UI & RS Medistra.

Mandi pagi secara medis akan merangsang sistem peredaran darah serta buat syaraf menjadi lebih aktif.

Hal ini sebab a&ya reaksi badan terhadap rangsangan suhu cuek secara singkat. Sepanjang seseorang tidak sakit, mandi subuh / sebelum subuh akan menunjukkan efek positif sebab badan nantinya ‘dicambuk’ oleh temperature rendah.

Manfaat mandi shubuh

1. Melancarkan peredaran darah

Menurut hasil penelitian sebuah forum riset trombosit di Inggris, mnemukan bahwa seseorang yg sering mandi pagi dengan air cuek (air biasa), berguna supaya peredaran darahnya akan menjadi lebih lancar.

Sehingga tubuhnya menjadi terasa lebih segar & bugar, yg mempunyai efek positif pada acara sehari-hari yg dilakukannya.

Menurut situs Venusbuzz.com, mandi pagi sangat baik untuk kelancaran sirkulasi darah, mengendurkan ketegangan di otot & sendi, mengatasi problem pundak kaku, merangsang penyembuhan supaya lebih cepat, meredakan rasa sakit pada badan & mengurangi pera&gan.

2. Menurunkan resiko darah tinggi

Menurut Frederic Premji, seorang hipnoterapis dari The American Board of Hypnotherapy, bahwa mandi air biasa berguna menurunkan resiko timbulnya darah tinggi, mencegah varises & mencegah mengerasnya pembuluh darah.

Hal ini sebab mandi dengan air biasa (terutama waktu shubuh) bisa melancarkan seluruh sirkulasi darah ke organ-organ tubuh.

3. Meningkatkan kesuburan

Mandi di pagi hari dengan air biasa mempunyai khasiat panting bagi kesehatan & kesuburan reproduksi manusia. Yang bisa meningkatkan produksi hormone testosterone pada laki-laki & hormone estrogen pada wanita. 

Sebuah penelitian terbaru yg dilakukan di University of California, menemukan hasil penelitian bahwa produksi sperma pada laki-laki secara signifikan meningkat setelah melaksanakan mandi di pagi hari dengan air biasa selama 1 minggu.

Se&gkan mandi menggunakan air panas mempunyai efek yg sebaliknya, yg beresiko menurunkan kesuburan.


4. Meningkatkan sel darah putih

Pada sbuah studi di Inggris, menemukan bahwa mandi dengan air cuek bisa meningkatkan sel darah putih di dalam tubuh. Dengan sel darah putih yg meningkat, berguna supaya daya tahan & kemampuan badan semakin besar lengan berkuasa dalam melawan virus penyakit.

Tubuh akan akan menjadi lebih sehat, fit & tidak gampang sakit sebab fungsi daya tahan badan yg bekerja dengan baik.

Menurut venusbuzz.com, mandi pagi merangsang badan untuk memproduksi sel-sel darah putih, bagaikan pasukan tentara terhadap virus & penyakit.

5. Memperbaiki kesehatan jaringan tubuh

Kebiasaan mandi subuh dalan suasana yg cuek mempunyai khasiat positif untuk jaringan badan yg semakin membaik, kulit terhindar dari kering & kulit menjadi lebih lembut, & kuku lebih sehat, besar lengan berkuasa & tidak gampang retak

Mandi dengan air cuek sanggup mengurangi noda & bulat hitam yg ada di pecahan bawah mata. Sehingga, badan & wajah akan terlihat segar & sehat.

Adapun mandi dengan air hangat, beresiko buat kulit gampang keriput & kulit juga kekeringan.

6. Meredakan depresi

Dahulu, kebiasaan mandi pagi dengan air cuek (biasa) sering diterapkan oleh para pejuang samurai di Jepang, yg sering disebut ritual misogi dalam bahasa Jepang.

Kebiasaan mandi pagi dengan suasana cuek ini bertujuan untuk menjernihkan pikiran sehigga lebih damai dalam bersikap, serta supaya sanggup menjalani hari-hari dengan penuh semangat.

Dan memang cukup logis alasannya, sebab mandi dngan suasana cuek di pagi hari tersebut berguna untuk meredakan depresi & rasa stress.

Ketika badan keadaan suntuk, jiwa dala keadaan tidak tenang, tegang hingga depresi. Maka setelah mandi dengan suasana cuek buat badan menjad lebih segar, & pikiran menjadi fresh, jernih & lebih tenang.

Loading...

7. Meningkatkan suasana hati untuk acara sehari-hari

Menurut Lifehack.org, mandi air cuek di pagi hari sebelum Anda pergi bekerja, buat pernapasan Anda menjadi lebih baik, guna merespon shock dingin, badan mencoba buat hangat dengan meningkatkan asupan oksigen secara keseluruhan.

Selain itu, denyut jantung juga akan meningkat, sehingga pemikiran darah melalui badan menjadi labih baik untuk membantu Anda mendapatkan energi yg cukup dalam menjalani acara sehari-hari.

8. Memperkuat kekebalan tubuh

Menurut Lifehack.org, mandi air di pagi hari (dalam suasana dingin) bisa mempercepat tingkat metabolisme tubuh, yg membantu untuk menurunkan lemak berlebihan, meningkatkan kemampuan sistem kekebalan badan guna melawan virus & penyakit, serta menjaga sel-sel darah putih sehingga badan sanggup lebih jarang trjatuh sakit.

Mandi cuek meningkatkan sirkulasi darah secara keseluruhan, yg sanggup menurunkan resiko hipertensi (tekanan darah tinggi) & menurunkan resiko pengerasan arteri.

9. Menjaga kesehatan rambut & kulit

Menurut Lifehack.org, mandi air cuek bisa mengurangi munculnya jerawat, adapun mandi air panas (jika keseringan) malah mengakibatkan mmasalah berupa kulit kering.

Mandi air cuek berfungsi untuk mengencangkan kutikula & pori-pori, serta mencegah terjadinya penyumbatan.

Anda juga memberoleh khasiat lainnya untuk kesehatan & keindahan rambut. Air cuek sanggup menurunkan resiko kotoran sanggup menumpuk di kulit kepala.

Perhatian!!
Bagi kalian yg mempunyai penyakit berat, maka yg disarankan yaitu mandi dengan suhu air hangat.

Karena kondisi badan yg se&g sakit, terutama demam, maka hindari mandi dalam kondisi udara dingin, sebab sanggup buat penyakit bertambah parah.

Mandi setelah waktu shperalatan Ashar (sekiar jam 4.00/4.30 sore hingga sebelum maghrib)

Mandi sore, yg disarankan yaitu 1 jam setelah waktu ashar hingga sebelum maghrib, yaitu sekiar jam 4.00/4.30 sore hingga sebelum waktu maghrib, ini menjadi waktu mandi yg baik, berguna untuk kesehatan tubuh.

Utamanya mandi sore ini, sangat dianjurkan bagi bayi & anak-anak. Beberapa khasiat dari mandi sore yaitu:

1. Mencegah kotoran & kuman melekat lebih lama

Karena orang yg jarang mandi sore mempunyai resiko lebih besar dihinggapi kuman & kuman jahat yg lebih banyak dibandingkan orang yg rutin mandi sore.

Hal itu sebab setelah beraktivitas selama seharian (terutamanya lagi di luar ruangan) maka badan menjadi kotor, terkena bubuk & kuman bakteri.

Apabila mengabaikan mandi sore, kuman & kotoran akan terus melekat semalaman penuh hingga keesokan paginya. Tertunya hal ini sangat tidak baik untuk tubuh, termasuk kualitas tidur juga menurun sebab tidak mandi.

Dimana badan akan terasa gatal-gatal & susah untuk tidur malam. Dan jikalau terbangun dari tidur, ba& malah terasa gerah, gatal-gatal & tidak nyaman. Sehingga tidur menjadi tidak nyenyak & kualitasnya rendah.


2. Mencegah stress & depresi

Pekerjaan padat dalam seharian dari pagi hingga sore hari, menjadikan otot & syaraf di badan menjadi tegang & terasa kurang nyaman.

Sehingga badan terasa lelah, keram bahkan pusing. Keadaan ibarat beresiko tinggi mengakibatkan problem stress & depresi.

Untuk menghindari problem stres kaena kelelahan, maka Anda bisa, buat badan nyaman & rileks, hanya dengan mandi sore, sehingga pikiran akan fresh kembali seperi ketika di waktu pagi, badan menjadi segara, kepenatan menghilang, & otot menjadi lebi rileks.

3. Menghilangkan anyir ba& sebab keringat

Keringat yg timbul sebab pekerjaan & acara yg panjanga & melelahkan, juga mengakibatkan anyir ba&, sehingga rasanya tidak sedap dihirup, baik oleh diri sendiri maupun orang lain.

Dengan mandi sore badan akan kembali “wangi”, serta menjadikan jiwa akan menjadi lebih bersemangat.

Perhatian!!
Jangan mengguyur ba& dengan air setelah gres saja eksklusif terkena paparan sianr matahari, sebab berbahaya, buat panas badan terperangkap.

Yang baik, tunggu dahulu sekitar 10 menit hingga panas badan kembali stabil setelah terkena paparan sinar matahari, setelah itu gres lakukan mandi sore.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waktu Yang Baik & Dihentikan Untuk Mandi [Manfaat & Bahayanya]"

Posting Komentar