24 Cara Mengatasi Anxiety Disorder (Jenis, Gejala, Penyebab & Kisahnya)

Anxiety disorders bisa, dikatakan gangguan berupa rasa cemas pada diri seseorang. Sebenarnya, setiap orang yg hidup di permukaan bumi ini niscaya pernah mengalami rasa cemas, khawatir, gelisah, & kepanikan.

Dimana rasa cemas ini merupakan kepingan dari emosi normal manusia. Yang terjadi baik pada anak-anak, remaja maupun orang dewasa.

Anak-anak mungkin akan merasa cemas ketika dirinya gres menjalani hari pertamanya di sekolah, hal ini adalah wajar.

Demikian juga orang cukup umur mungkin merasa cemas ketika menanti hari pernikahannya, / menunggu keputusan atasan di kantor mengenai promosi jabatan untuknya, a&ya rasa cemas & khawatir ketika itu adalah hal yg normal.

Hanya saja, timbulnya rasa cemas yg parah hingga bisa, menimbulkan gangguan, maka rasa cemas menyerupai ini sudah tidak normal. Gangguan kecemasan yg berlebihan ini sering disebut Anxiety Disorders.

 Anxiety disorders bisa, dikatakan gangguan berupa rasa cemas pada diri seseorang 24 Cara Mengatasi Anxiety Disorder (Jenis, Gejala, Penyebab & Kisahnya)
Sumber gambar: Everydayhealth.com

Anxiety disorders adalah sebuah gangguan mental yg bisa, berdampak serius pada diri seseorang. Bahkan rasa cemas yg dialami ini bisa, berdampak pada gangguan fisik, bukan hanya psikis saja, tentu ini sangat berbahaya.

Gejala umum anxiety disorders:
  • Mengalami gampang cemas / panik secara berlebihan (tidak wajar).
  • Rasa cemas yg dialami bisa, terbawa hingga mimpi jelek ketika tidur.
  • Tidak bisa, mengendalikan jiwa dengan baik.
  • Sering memikirkan banyak sekali insiden stress berat yg dialami.
  • Tidak bisa, tenang / diam.
  • Kesulitan untuk bisa, fokus.
  • Cenderung suka melaksanakan gerakan yg aneh-aneh.
  • Sering mengalami keringat dingin.
  • Mudah mengalami sesak napas (tidak wajar).
  • Mengalami problem detak jantung yg tidak teratur.
  • Sering mengalami tegang pada otot tubuh.
  • Mudah mengalami mual, pusing, & kesemutan.

Mengenai gejala-gejalanya tersebut, tidak bisa, secara eksklusif dinilai bahwa seseorang mengalami anxiety disorders / tidak.

Dokter biasanya akan melaksanakan riset & observasi terhadap sikap pasien, yg kemudian barulah menentukan apakah pasien positif terkena penyakit anxiety disorders / tidak.

Tapi hal sederhana untuk menerkanya (memperkirakan), orang yg sudah terkena anxiety disorders terlihat akan mengalami kecemasan yg berlebihan & juga intens, dengan frekuensi yg tinggi (sering), & bisa, hingga mengganggu kegiatan sehari-hari.

Penyebab munculnya gangguan kecemasan secara berlebihan ini bisa, bermacam-macam, menyerupai sering mengalami stres, stress berat pada insiden tertentu, phobia, penyalahgunaan obat-obat / zat terlarang, a&ya ketidakseimbangan kimia di dalam tubuh, perubahan2 struktur otak, & penyebab lainnya.


Gangguan kecemasan berupa anxiety disorders ini bisa, sanggup mengakibatkan komplikasi serius menyerupai depresi parah, insomnia, terjatuh dalam penyalahgunaan zat, muncul rasa sakit secara fisik, penarikan diri dari lingkungan, hingga bunuh diri.

Gangguan kecemasan akan sangat mengganggu seseorang dalam menuntaskan tugasnya, bahkan bisa, mengakibatkan seseorang kehilangan kebahagiaan dalam hidupnya.

 Anxiety disorders bisa, dikatakan gangguan berupa rasa cemas pada diri seseorang 24 Cara Mengatasi Anxiety Disorder (Jenis, Gejala, Penyebab & Kisahnya)
Sumber gambar: Freegreatpicture.com

Jenis-jenis anxiety disorders yg umum terjadi:

Obsessive-Compulsive Disorders (OCD)
Orang-orang yg terkena OCD ini umumnya mengalami gangguan pikiran yg cukup sering, & mengalami ketakutan-ketakutan secara berlebihan pada hal-hal tertentu.

Contoh orang yg mengalam OCD, yaitu terlalu berlebihan takut pada basil / kuman, sehingga dirinya setiap kali menyentuh sesuatu akan selalu mencuci tangan, sehingga sangat merepotkan.

Social Anxiety Disorders
Social Anxiety Disorders sering disebut sebagai fobia sosial. Kondisi ini dimana timbulnya rasa cemas yg berlebihan pada diri seseorang terhadap lingkungan sosialnya.

Hal yg memicu timbulnya problem social anxiety disorders ini pada diri seseorang, yaitu lantaran a&ya perasaan takut pada evaluasi orang lain, takut dicela, takut tidak diterima oleh lingkungan & semacamnya.

Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD)
Orang yg terkena gangguan PTSD ini lantaran sebelumnya pernah mengalami sebuah trauma, / mengalami insiden yg mengerikannya, menyerupai kecelakaan berat, peristiwa alam, pemerkosaan / fisik, janjkematian orang-orang yg dicintai, & hal-hal berat semacamnya.

Gangguan PTSD ini mengakibatkan penderitanya akan mempunyai pikiran / stress berat seram yg sulit untuk dihilangkan.

Spesific Phobias
Jenis gangguan spesific phobias ini merupakan sebuah kecemasan berlebihan / rasa takut terhadap hal-hal tertentu, menyerupai takut bunyi keras, takut ketinggian, takut melihat darah, & semacamnya.

Loading...

Generalized Anxiety Disorder
Generalized Anxiety Disorder merupakan sebuah gangguan berupa rasa khawatir yg berlebihan & tidak realistis. Orang-orang yg mengalami jenis gangguan ini sering kali mengalami halusinasi.

Contoh Kasus Anxiety Disorder
Cemas merupakan sistem alarm alami badan ketika seseorang di bawah tekanan, merasa terancam / se&g menghadapi kondisi yg buat tidak nyaman.

Rasa cemas tidaklah selalu buruk, rasa cemas yg tidak berlebihan bahwasanya mempunyai kegunaan untuk membantu Anda semoga selalu dalam kondisi waswas & fokus.

Hanya saja, ketika Anda terus-menerus dihinggapi rasa kecemasan & rasa takut yg luar biasa, hingga hasilnya besar lengan berkuasa jelek pada kondisi psikis maupun fisik, maka hal ini gres disebut sebagai gangguan kecemasan yg perlu diatasi.

Ketika seseorang pernah mencicipi sangat takut ketika terjebak dalam kondisi yg mengancam / berbahaya.

Seperti ketika menyeberang jalan tapi tidak disadari ada sebuah kendaraan beroda empat secara tiba-tiba melintas kencang, / ketika mendengar teriakan massa yg suaranya menggelegar ketika terjadi demo.

Itu merupakan pola dari kepanikan sesaat yg bisa, mengakibatkan badan menggigil & bulu kuduk merinding.

Atau selain itu bisa, mengakibatkan jantung menjadi berdebar kencang, pikiran & perasaan menjadi kalut bercampur aduk, hingga perut bisa, menjadi mulas.

Nah, ketika ancaman itu telah selesai, maka gejala-gejala kepanikan tersebut juga akan menghilang dengan sendirinya. Kepanikan akan berganti menjadi rasa lega alasannya sudah berhasil melewati hal yg menegangkan.

Sekarang, pada kondisi lainnya, coba baygkan diri Anda se&g berbelanja di sebuah swalayan, kemudian bertemu dengan tetangga / sahabat lama. Di tengah-tengah dialog yg menyenangkan, secara tiba-tiba Anda dilkamu kepanikan luar biasa, menyerupai akan terkena suatu musibah yg besar. Jantung Anda menjadi berdebar kencang, muncul keringat dingin, & penglihatan menyerupai berkunang-kunang.

Saat itu, mendadak rasanya ingin pingsan, merasa gila, / bahkan menyerupai ingin mati. Lalu sehabis segalanya terlewati, kepanikan itu ternyata menjelma rasa lemas, lelah, & menimbulkan kebingungan di pikiran. Anda terus-menerus merasa kebingungan mengapa hal itu mendadak terjadi, kapan kemugkinan terjadi lagi, bagaimana melawan problem ini, & banyak sekali pertanyaan lainnya yg terus menghantui pikiran.

Apabila Anda tanpa alasannya sering mengalami panik, cemas & semacamnya secara mendadak, & sering muncul rasa khawatir bahwa serangan ini akan terjadi lagi terus-menerus, maka kemungkinan Anda se&g terkena problem panic attack (serangan panik).

Cathy Frank M.D, ia adalah seorang administrator Outpatient Behavioral Health Services di Henry Ford Hospital, menyampaikan bahwa panic attack terjadi secara tiba-tiba & spontan, yg terjadi tanpa alasan & juga tidak bisa, diprediksi. Selama serangan panic attack, penderitanya akan terjebak dalam sebuah situasi berupa rasa ketakutan yg besar, bahkan merasa menyerupai akan mati, kesulitan untuk berpikir & mengontrol dirinya, bahkan bisa, mengalami serangan jantung.

Hal ini menghantui kehidupannya, dimana sehabis serangan panik terjadi, dirinya masih akan khawatir akan serangan panik selanjutnya yg kemungkinan terjadi lagi.

Penyebab dari panic attack ini belum bisa, diketahui secara pasti, hanya saja peneliti & para jago menjelaskan bahwa ada kemungkinan kombinasi antara kondisi biologis badan (gen) seseorang & faktor eksternal lingkungannya mempunyai peranan yg utama sebagai penyebab berkembangnya gangguan panic attack pada seseorang.

Bagaimana Cara Mengatasi Anxiety Disorder?

Ada banyak hal yg bisa, dilakukan untuk mengobati gangguan kecemasan, menyerupai pengobatan dengan menggunakan anti depresan, melaksanakan terapi perilaku, terapi relaksasi, & banyak lainnya. Untuk lengkapnya, berikut di bawah ini:

1. Tata Ulang Ruangan Tempat Anda Berada Agar Senyaman Mungkin
Kondisi daerah / ruangan yg acak-acakan akan buat perasaan menjadi kacau. Nah, oleh lantaran itu perbaiki kondisi rumah Anda semoga bisa, lebih nyaman.

 Anxiety disorders bisa, dikatakan gangguan berupa rasa cemas pada diri seseorang 24 Cara Mengatasi Anxiety Disorder (Jenis, Gejala, Penyebab & Kisahnya)
Sumber gambar: Miserv.net

Rumah yg rapih, higienis & nyaman nantinya secara esensial bisa, membersihkan ketidateraturan & kekacauan dalam pikiran Anda.

Jangan hingga pakaian-pakaian, perabot & peralatan-peralatan lainnya tercecer berantakan. Jika memang ada barang yg tidak berguna / tidak diperlukan, maka lebih baik disingkirkan / dibuang saja, sehingga Anda bisa, lebih gampang untuk menjadikan rumah selalu dalam kondisi rapih.

2. Terapi Pernafasan
Banyak teknik pernapasan yg sudah dijelaskan di banyak sekali situs. Tapi untuk sederhananya & gampang dilakukan, maka caranya hanya dengan bernapas dalam-dalam & dilakukan secara perlahan.

Bernapas secara pelan-pelan, sembari juga menutup mata. Kondisikan diri Anda benar-benar rileks ketika terapi bernapas sederhana ini. Kemudian hembuskan napas dengan santai & jangan terlalu cepat.

Dengan terapi bernafas sederhana ini diharapkan bisa, membantu untuk menurunkan tingkat kecemasan & buat nyaman. Ingat, lakukan dengan serileks & sesantai mungkin.

3. Rendam Kaki Dengan Air Hangat
Isi sebuah bejana dengan air hangat, kemudian tambahkan sedikit garam ke dalamnya, disarankan menambahkan juga .bunga yg harum.

 Anxiety disorders bisa, dikatakan gangguan berupa rasa cemas pada diri seseorang 24 Cara Mengatasi Anxiety Disorder (Jenis, Gejala, Penyebab & Kisahnya)
Sumber gambar: Stylecraze.com

Duduklah di dingklik dengan nyaman. Nantinya rasa hangat di kaki ini akan menunjukkan rasa rileks yg luar biasa. Otot-otot badan yg semula tegang akan mulai mengendur. Dengan kondisi yg nyaman inimaka pikiran bisa, lebih rileks & rasa kecemasan akan menurun.


4. Miliki Waktu Untuk Berolahraga
Olahraga yg dilakukan ternyata bisa, mengurangi kecemasan dirasakan. Anda bisa, melaksanakan olahraga yg ringan & sederhana, menyerupai jogging, berenang & lainnya. Olahraga selain sanggup meminimalisir rasa kecemasan, juga bisa, meningkatkan rasa percaya diri.

5. Belilah Produk Aromaterapi
Dengan menggunakan aromaterapi bisa, menunjukkan imbas relaksasi pada badan & pikiran. Pasanglah aromaterapi di ruangan daerah Anda sering berada, baunya yg wangi akan menunjukkan terapi yg bisa, membantu menghilangkan perasaan cemas di dalam diri.

6. Minum Teh Hijau
Di dalam teh hijau terkandung L-theanine yg merupakan zat asam amino, mempunyai kegunaan untuk menunjukkan perasaan rileks.

Utamakan untuk minum teh dibandingkan kopi, orang yg minum teh umumnya akan lebih tenang dibandingkan jikalau minum kopi. Adapun teh hijau ini yg paling banyak mengandung theanine dibandingkan jenis teh lainnya.

7. Tersenyumlah
Tersenyum akan memunculkan pikiran positif & membuang pikiran yg negatif. Dengan tersenyum maka akan menebarkan rasa cinta & kedamaian, hal ini sangat baik untuk menghindari munculnya rasa cemas.

8. Dekat dengan Air
Menyentuh air, berenang, / hanya dengan berada di bersahabat kolam renang, dimana secara natural air akan menunjukkan imbas menenangkan pada jiwa. Demikian juga ketenangan bisa, Anda peroleh dengan berjalan-jalan di pinggir pantai, melihat aquarium, / melihat gerojokan secara langsung.

9. Melakukan Kegiatan Amal
Percaya / tidak, dengan membantu orang lain yg kesusahan, maka sanggup menghilangkan rasa cemas & stress di dalam diri. Bahkan membantu orang lain yg membutuhkan akan menunjukkan ketenangan pada diri Anda, & juga memunculkan rasa puas di dalam hati.

10. Curhat Kepada Orang yg Tepat
Hal yg anggun jikalau Anda curhat perihal beban-beban jiwa kau kepada orang-orang yg bisa, Anda percaya, menyerupai keluarga, saudara, / sahabat karib.

 Anxiety disorders bisa, dikatakan gangguan berupa rasa cemas pada diri seseorang 24 Cara Mengatasi Anxiety Disorder (Jenis, Gejala, Penyebab & Kisahnya)
Sumber gambar: Discoveryplace.info

Namun, penting diketahui jikalau Anda melaksanakan curhat problem pribadi di facebook, twitter, perkumpulan arisan & setiap ada kesempatan daerah perkumpulan, dengan alasan semoga perasaan lega & tidak stres… Hasilnya justru kesulitan & problem yg dialami akan semakin runyam, menyerupai bara api disiram bensin, sehingga kekeliruan yg fatal.

Solusi tidak didapat, justru jawaban negatif yg bisa, saja muncul. Seharusnya jikalau Anda ingin mendapatkan solusi, tentunya pergi ke Dokter / ahlinya.

11. Mandi Air Hangat
Dengan badan terkena air hangat maka akan buat lebih tenang otot-otot badan lantaran mengendur. Mandi air hangat bisa, membantu Anda semoga bisa, lebih tenang.

Jika Anda dalam kondisi yg kurang nyaman, maka sesekali cobalah mandi air hangat, terutama mandi air hangat pada sore hari merupakan relaksasi yg sangat baik.

12. Lakukan Peregangan Ringan Sebelum Tidur Malam
Tidak perlu lama-lama, cukup 5 menit saja untuk melaksanakan peregangan maka sudah bagus. Melakukan peregangan ringan bisa, menurunkan ketegangan pada punggung & otot tubuh. Sehingga menjadikan badan & jiwa lebih tenang & rileks sebelum tidur malam.

13. Jangan Berlebihan Minum Kopi
Minum kopi memang bisa, meningkatkan mood, namun perlu diketahui bahwa kopi bersifat stimulan yg bekerja untuk menunjukkan imbas stimulasi. Sehingga konsumsi kopi secara berlebihan justru akan meningkatkan resiko terjadi kecemasan & depresi.

14. Miliki Sifat & Semangat untuk Berbuat Baik
Salah satu hal yg mengakibatkan timbulnya rasa cemas, takut & ketidak-tenangan adalah lantaran hal jelek yg sebelumnya dilakukan. Orang yg melaksanakan kejahatan / hal buruk, maka sedikit banyak akan mengalami gangguan pada psikisnya.

Oleh lantaran itu berbuat oke selalu dalam kehidupan Anda, dengan berbuat hal-hal yg baik maka akan menimbulkan ketenangan di dalam jiwa, & jiwa juga akan mencicipi lebih kondusif & nyaman.

Selain itu, semoga Anda bisa, lebih tenang lagi, maka ikhlas-lah, pasrah, & menykamurkan diri kepada Allah pencipta langit & bumi ini.

Dengan menykamurkan diri & pasrah pada ketentuannya yg kaya akan hikmah-hikmah, hal ini buat Anda bisa, terhindar dari pikiran-pikiran yg memberatkan, terhindar dari pikiran yg tidak-tidak, hingga terhindari dari pikiran yg merusak.

15. Jangan Terlalu Banyak Berpikir & Menganalisa
Raca cemas & tidak nyaman akan terjadi jikalau Anda terlalu banyak berpikir, terlalu banyak info yg masuk, & menganalisa segala sesuatu secara berlebihan, yg mengakibatkan Anda akan kebingungan parah.

 Anxiety disorders bisa, dikatakan gangguan berupa rasa cemas pada diri seseorang 24 Cara Mengatasi Anxiety Disorder (Jenis, Gejala, Penyebab & Kisahnya)
Sumber gambar: Quora.com

Terjadinya anxiety pada diri Anda bisa, lantaran banyak berpikir, justru jikalau berpikir dibatasi bisa, menekan serangan anxiety. Hendaknya gunakan untuk hal-hal yg berguna menyerupai pekerjaan.

Hobi menganalisa juga perlu dibatasi, lantaran itu bisa, menjadi penyakit jiwa / hati, semakin banyak menanalisa hati Anda maka Anda akan semakin bingung, sehingga otak jadinya mampet, sulit fokus, gelisah, bahkan bisa, insomnia.

Buang pikiran yg hanya memberatkan & tidak berguna, biarkan segalanya berjalan menyerupai air, jangan terlalu meratapi keadaan lantaran hal itu tidak ada gunanya.

Terlalu banyak info yg masuk ke pikiran = semakin banyak stress. Oleh lantaran itu, hindari membaca tulisan-tulisan yg justru buat Anda semakin khawatir, yg akan memperburuk kondisi psikis sehingga memperkecil peluang untuk sembuh.

16. Mulailah Memperbaiki Pola Makan
Ini perlu dilakukan, khususnya bagi mereka yg menyadari bahwa anxietynya sering berasal dari ba& duluan (bukan pikiran). Secara sederhana, munculnya anxiety ini biasanya berasal dari dua hal, yaitu dari pikiran & fisik.

Mengenai penyebab dari pikiran. Apabila Anda berpikir, membaygkan, menganalisa masa depan, / muncul perasaan akan terjadi hal ygg buruk. Maka dari pikiran-pikiran yg negatif ini bisa, mengakibatkan munculnya anxiety, sehingga buat Anda bisa, stress.

Adapun penyebab dari fisik, maka biasanya lantaran telat makan, / makanan yg dikonsumsi terlalu banyak mengandung asam, gas, / gorengan. Selain itu juga kopi & alkohol.

Biasanya yg terjadi, awalnya badan merasa tidak lezat sehingga muncul perasaan bahwa rasanya ada yg aneh, & hasilnya Anda takut terjadi kenapa-kenapa, sehabis itu anxiety bisa, muncul.

Tentang pola makan ini, maka pastikan Anda tidak telat makan, jangan terlalu sibuk beraktivitas sehingga telat makan.

Sebagai tips semoga bisa, mempunyai pola makan yg baik, yaitu pastikan Anda selalu sarapan di pagi hari, bisa, jam 6, 7 / 8 pagi.

loading...

17. Alihkanlah Pikiran Negatif yg Se&g Dialami
Untuk mengalihkannya maka caranya dengan menglihkan diri Anda ke kegiatan lain. Hal yg sangat anggun adalah menyibukan diri kau sendiri dengan hal-hal yg berguna / berkhasiat, sehingga hal ini akan bisa, mengurangi frekuensi munculnya rasa kecemasan.

Mengenai pikiran negatif yg mungkin Anda alami, maka tanyakan pikiran negatif tersebut berulang kali, “Apakah ada gunanya bagi diriku punya pikiran negatif menyerupai ini ?”. Nah, apabila Anda menjawab ”Tidak”, maka tentunya hal yg perlu dilakukan adalah membuang semua pikiran negatif menyerupai itu.

18. Tidur dengan Nyaman & Sehat
Tidur yg berkualitas & sehat adalah hal yg sangat penting, baik untuk kesehatan badan maupun kesehatan psikis.

 Anxiety disorders bisa, dikatakan gangguan berupa rasa cemas pada diri seseorang 24 Cara Mengatasi Anxiety Disorder (Jenis, Gejala, Penyebab & Kisahnya)
Sumber gambar: Pixabay.com

Satu jam sebelum tidur, jangan gunakan peralatan elektronik apapun, hal itu lantaran sinar yg dipancarkan dari peralatan elektronik (seperti smartphone) bisa, menurunkan kadar melatonin yg diproduksi oleh otak.

Dampak dari terhambatnya produksi melatonin ini di dalam badan akan menjadikan Anda menjadi susah tidur.

Selain itu, Matikan lampu ketika Anda akan beranjak tidur. Hal ini akan meningkatkan kualitas tidur Anda, & juga buat tidur lebih nyenyak.

Jangan hingga Anda kurang tidur. Dampak dari kurang tidur adalah bisa, menjadikan badan menjadi lemas, lesu, gampang lelah, gampang emosi, lebih sendi, gampang kaget, & banyak sekali problem psikologis lainnya, yg bisa, buat anxiety kumat lagi.

19. Jangan hingga Telat Makan
Seringnya anxiety bisa, kumat lantaran telat makan, hal ini jarang disadari. Jika tidak ada makanan di lambung, maka asam lambung nantinya berjumlah sangat banyak & mengakibatkan munculnya gas lambung.

Kondisi ini mengakibatkan jantung & paru-paru menyerupai terasa terhimpit, nantinya bisa, mengalami sesek nafas, keringat dingin, kepala cenderung pusing, jantung berdebar secara tidak wajar, & lainnya. Keadaan menyerupai ini bisa, buat anxiety kumat.

Kumatnya Anxiety ketika peut kosong maka dampak gangguan yg dirasakan bisa, 80% lebih parah. Oleh lantaran itu, jangan hingga telat maka terlalu lama.

20. Hati-hati Terhadap Konsumsi Obat
Beberapa obat memang bisa, menimbulkan imbas samping berupa rasa tidak nyaman di perut. Hal ini bahwasanya masih dinilai masuk akal / normal oleh dokter.

Hanya saja untuk pederita anxiety, sedikit saja perubahan2 kondisi di dalam badan bisa, menjadi hal yg cukup serius. Oleh lantaran itum pintar-pintarlah dalam menentukan obat yg sempurna & kondusif untuk kondisi diri Anda ketika ini.

Jenis-jenis menyerupai obat batuk, obat pusing, vitamin c, obat diet bisa, menimbulkan imbas mual. Konsultasikan dengan dokter perihal penggunaan obat yg tepat, beritahu kondisi yg se&g Anda alami.

21. Batasi Konsumsi Minuman Botol / Kaleng
Minuman jenis ini ada banyak sekali mereknya di supermarket, menyerupai minuman jenis soda, kopi, teh botol, & minuman siap saji lainnya yg mempunyai rasa enak.

 Anxiety disorders bisa, dikatakan gangguan berupa rasa cemas pada diri seseorang 24 Cara Mengatasi Anxiety Disorder (Jenis, Gejala, Penyebab & Kisahnya)
Minuman Ringan | Sumber gambar: Wikimedia.org

Anda perlu waspada, pada sebagian jenis minuman siap saji ini bisa, mengakibatkan rasa mual di badan & memicu anxiety kumat.

Sebagai solusi, Anda bisa, ingat-ingat ketika mencobanya, apabila Anda kumat maka segera ingat merknya, kemudian jangan mengkonsumsi brand minuman itu lagi.

22. Hati-hati Masuk Angin
Biasanya pengendara motor yg perlu hati-hati terhadap problem masuk angin, / juga orang yg duduk di bersahabat jendela bis. Dada yg terkena angin dalam waktu usang bisa, mengakibatkan terjadinya serangan lambung.

Sebagai solusinya, hendaknya Anda makan dahulu sebelum mengendarai motor dalam jarak yg jauh. Lalu gunakan jaket yg melindungi dada. Hendaknya Anda mengusahakan untuk menghindari angin malam diatas jam 10 malam.

23. Jangan Bega&g
Masih melek diatas jam 12 malam, maka ini terperinci tidak sehat. Jangan bega&g tidak darurat-darurat amat. Berga&g niscaya mengakibatkan pola makan & pola tidur menjadi berantakan.

Bea&g juga buat Anda kehilangan momen yg sangat anggun untuk kesehatan yaitu menjemur badan di bawah sinar matahari pagi, lantaran sumber vitamin D alami.

Selain itu, orang yg biasa berga&g, maka biasanya anxietynya akan sering kumat di sore hari.

24. Hal-hal Lainnya
Sebenarnya untuk bisa, mengatasi gangguan kecemasan, maka sangatlah mudah, yg penting jalani pola hidup yg sehat seperti: konsumsi makanan / minuman sehat & bergizi, kelola stress, hindari tekanan psikologis, minum air putih yg banyak, pastikan waku tidur & istirahat yg cukup.

Lalu jangan merokok (termasuk hindari asap rokok), jangan minum minuman beralkohol, rutin berolahraga sesuai kemampuan, & jalani hari-hai dengan rileks.

Ketika Anda menganggap diri Anda telah menjalani pola hidup yg sehat, namun kondisi yg Anda alami masih saja buruk, maka hendaknya Anda mengunjungi Dokter Spesialis Kesehatan jiwa / Psikiater, sehingga nantinya Anda akan memperoleh penanganan yg sempurna & profesional.

Konsultasikan dengan dokter mengenai penggunaan obat. Dokter biasanya menunjukkan resep penggunaan obat untuk meredakan tanda-tanda kecemasan.

Sebagai pengetahuan, jenis-jenis obat antidepresi, menyerupai fluoxetine, imipramine, paroxetine, sertraline, & venlafaxine bekerja untuk memengaruhi acara zat kimia di otak yg disebut neurotransmiter, yg bertujuan semoga kecemasan bisa, berkurang. Jenis-jenis obat sepeti itu juga sering dipakai untuk mengobati problem depresi.

Jenis obat lainnya menyerupai citalopram / escitalopram dihentikan dikonsumsi lebih dari 20 mg per hari.

Pada kasus yg langka, dokter bisa, saja meresepkan jenis obat benzodiazepine, itu merupakan obat penenang yg bekerja semoga meredakan kecemasan untuk jangka pendek. Jenis obat ini bisa, mengakibatkan kecanduan. Sehingga penggunaannya hanya boleh di bawah pengawasan dokter.

Anda juga bisa, berkonsultasilah dengan terapis. Dokter bisa, saja menunjukkan tumpuan semoga Anda pergi ke terapis psikologis yg bersertifikat.

Terapi sikap kognitif bisa, menjadi salah satu bentuk psikoterapi yg paling efektif dalam mengatasi gangguan kecemasan. Melalui terapi ini, gejala-gejala gangguan kecemasan bisa, berkurang satu per satu

[Kisah Inspiratif]
Kisah Seseorang yg Kehidupannya Ternyata Bisa Lebih Baik Setelah Diuji dengan Gangguan Anxiety Disorder

Kisah seorang yg bercerita perihal kehidupannya, sebut saja namanya Bunga. Kala itu, Bunga minta ditemani pulang ke Bekasi lantaran sangat kelelelahan. Tanpa pikir panjang, temannya itu mau menemaninya ke Bekasi.

Dengan jasa transportasi online, mereka mulai menuju rumah di Bekasi. Dalam perjalanan, tiba-tiba saja organ jantung Bunga berdegup kencang, ba& terasa lemas & nafas juga sesak. Beruntung, pengemudi jasa transportasi online yg ditumpangi mereka dengan sigap mencari rumah sakit terdekat.

Bunga pada malam itu dilarikan ke RS Islam Cempaka Putih. Bunga masih ingat betul bagaimana para tenaga medis menangani masalahnya. Cek jantung, tekanan darah, & kadar oksigen. Perasaan panik & takut menyelimuti hati Bunga.

Dokter hasilnya memperbolehkan pulang pada pukul 1 dinihari. Namun, Bunga justru meminta untuk istirahat (opname) saja, hal itu mengingat kondisi tubuhnya yg lemas, sehingga tidak sanggup untuk melanjutkan perjalanan ke Bekasi.

Dan pada keesokan harinya, Bunga bertemu dengan dokter seorang jago penyakit dalam. Berdasarkan hasil diagnosa sang dokter, .bunga dinyatakan terkena anxiety disorder.

Bunga mengaku, di awal “perkenalannya” dengan anxiety disorder, dirinya belum bisa, mengendalikan kondisi ini. Walau sulit mendapatkan 'teman baru' yg tiba tanpa diun&g ini, Bunga hasilnya mulai terbiasa dengannya.

Bunga mengaku dirinya berjibaku dengan tangisan & kemarahan, namun disisi lain dirinya juga bisa, mencicipi kebahagiaan.

Tidak banyak orang yg paham akan kondisi Bunga ini. Namun yg sangat beruntungnya, Bunga dikelilingi oleh orang-orang yg sangat suportif. Mereka mau menemani & mendengarkan setiap cerita, & tidak melabeli apapun perihal kondisi Bunga.

Selama pengalamannya berkelanan dengan anxiety disorder, ada banyak nasihat & pelajaran yg diperolehnya.

 Anxiety disorders bisa, dikatakan gangguan berupa rasa cemas pada diri seseorang 24 Cara Mengatasi Anxiety Disorder (Jenis, Gejala, Penyebab & Kisahnya)
Sumber gambar: Linkedin.com

Dengan terkena anxiety disorder, ada sebuah nasihat & pelajaran anggun yg dipetik oleh Bunga, bahwa Dia bisa, lebih mengenali dirinya lagi. Kesibukan di Jakarta dengan impian yg terlalu jauh (berlebihan), menyita waktu kita untuk memperhatikan kebaikan diri kita sendiri.

Seringkali kita melaksanakan hal-hal tanpa mempertimbangkan apakah diri kita senang / tidak dengannya. Mungkin jikalau diriku (Bunga) tidak mengalami anxiety, saya tidak akan pernah bisa, mengenal baik perihal siapa diriku, & bagaimana seharusnya saya merawat diriku.

Bunga gres bisa, mengenal pribadi dirinya dengan bahwasanya sehabis musibah yg dialaminya.

Setelah terkena anxiety, kehidupan Bunga tidak lagi terpaku untuk mengikuti tren, impian & impian menyerupai banyak orang. Sekarang, Bunga lebih suka untuk menjadi dirinya sendiri, ia lebih suka menyalurkan passion & hobinya, daripada melaksanakan hal-hal yg tidak disukainya.

Setelah terkena anxiety, Bunga lebih banyak menunjukkan waktu & perhatian untuk keluarga. Pada momen inilah, dirinya sadar bahwa keluarga adalah orang-orang yg bisa, mendapatkan dirinya apa a&ya.

Bunga pun menyadari bahwa dirinya & manusia-manusia lainnya adalah makhluk yg lemah, tidak berhak untuk sombong. Sehingga Bunga pun mengaku dirinya terus berusaha untuk lebih mendekatkan diri kepada sang pencipa langit & bumi ini.

Sebuah perkataan yg sangat indah dari Bunga untuk mereka yg juga menderita anxiety disorder:

“Apabila anxiety disorder adalah mitra barumu, maka cobalah bicara dengannya & kenali ia lebih dekat.

“Apa yg se&g coba ia katakan kapadamu perihal hidupmu?“

“Apakah ia sesungguhnya membawa pesan (hikmah) baik bagimu?“

“Berdamai dengan anxiety disorder adalah langkah pertama yg membantuku untuk bisa, hidup bersamanya.“

“Kuharap saya juga bisa, mengucapkan terima kasih pada 'temanku' itu, suatu hari nanti.”

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "24 Cara Mengatasi Anxiety Disorder (Jenis, Gejala, Penyebab & Kisahnya)"