Bahaya Permen Karet Apabila Tertelan [Cara Mengatasinya]

Permen karet tidak bisa, dicerna tepat oleh usus, karenanya permen karet tidak dimakan & tidak ditelan. Sehingga hal yg tidak baik jikalau Kamu hingga menelan permen karet.

Tetapi ada mitos juga,... menyampaikan bahwa permen karet yg tertelan akan tetap berada di usus selama bertahun-tahun (ini tidak benar).

Yang perlu diketahui bahwa badan sanggup mencerna sebagian zat yg ada pada permen karet, & sisanya akan dikeluarkan melalui sistem pencernaan tubuh. Demikian yg dijelaskan oleh profesor kedokteran di Johns Hopkins Hospital, yaitu Gerry Mullin.

Permen karet yg melekat di perut / usus tubuh, perlu waktu lebih usang bagi permen karet untuk sanggup melewati sistem pencernaan pada usus (tetapi tidak berbulan-bulan, apalagi bertahun-tahun).

 Permen karet tidak bisa, dicerna tepat oleh usus Bahaya Permen Karet Apabila Tertelan [Cara Mengatasinya]

Apa yg terjadi jikalau permen karet tertelan?

Seperti menyerupai dilansir dari Dailymail.co.uk, bahwa permen karet terbuat dari karet dasar, pemanis, pewarna & juga penambah rasa. Karet dasar yg gampang dicerna menyerupai yg terbuat dari adonan elastomer, resin, lemak, emulsifier & lilin.

Pada dasarnya, perut tidak bisa untuk memecah permen karet, berbeda pada kuliner lain menyerupai nasi, ikan, buah, sayur, daging, dsb akan gampang ditangani oleh pencernaan. Walau begitu, sistem pencernaan punya cara khusus untuk menangani benda-benda seperi permen karet yg ditelan.

Usus akan terus bergerak & menggerakkan permen karet hingga buatnya melewati usus & keluar dari ujung sistem pencernaan.

Permen karet berjalan bersama dengan sisa-sisa kuliner lainnya, hingga akhirnya bahan2 permen karet diekskresikan dari dalam tubuh, melalui proses BAB.

Air ludah mempunyai tugas dalam menbantu mencerna permen karet, sesudah permen karet gres dimasukkan ke dalam mulut, tingkat kelengketan permen karet akan menurun sebab air liur.

Yang dicerna dari permen karet kebanyakan adalah perhiasan & tambahan2 lainnya, tetapi tidak sedikit juga bahan2 dasarnya yg juga ikut dicerna.

Saat permen karet turun ke otot perut, akan bergerak menyerupai gerakan cacing tanah, sesudah itu secara perlahan (dalam waktur elatif cukup lama) dipaksa untuk melewati sistem pencernaan.

Permen karet yg tertelan bisa, berbahaya serius apabila tertelan dalam jumlah banyak, / dalam ukuran yg besar secara bersamaan,...

...berbahaya sebab sanggup menimbulkan penyumbatan dalam sistem pencernaan, paling sering terjadi pada belum dewasa sebab susukan pencernaannya yg masih berdiameter kecil.

Cara mengatasi permen karet tertelan

Khusus orang dewasa, tidak perlu terlalu mengkhawatirkan jikalau permen karet tertelan, apalagi jikalau permen karet tertelan hanya dalam jumlah sedikit. Hal terpenting untuk segera dilakukan yaitu minum air putih yg banyak.

Permen karet akan menurun tingkat kelengketan-nya, & tidak menyumbat / menutup kerongkongan, sebab hal ini cukup berbahaya.

Agar bisa, dengan cepat mengeluarkan permen karet dari tubuh, kalau bisa, dimuntahkan kembali, tetapi jikalau tidak bisa, maka hanya perlu minum air putih.

Setelah itu bisa, dibantu dengan makanan, yg akan mendorong permen karet (agar cepat kelaur melalu proses BAB). Nantinya gerakan peristaltik dari usus bisa semakin cepat untuk mengeluarkan prmen karet dari dalam tubuh.

Bila permen karet tertelan cukup banyak (rasanya konyol jikalau orang remaja sengaja menelan permen karet dalam jumlah banyak), jikalau itu terjadi maka lakukan langkah-langkah diatas semampunya, kemudian segera pergi ke dokter jikalau kondisi masih buruk.

Tips ini berlaku untuk orang dewasa, remaja, termasuk juga ibu hamil ketika mengalami persoalan permen karet tertelan.


Jika permen karet tertelan anak...

Sebenarnya kasus permen karet tertelan cukup langka terjadi, bahan2 permen karet bisa, menyumbat usus, yg beresiko terjadinya kram pada perut, sembelit, susah buang air besar (BAB), dsb.

Untuk meminimalisir ancaman itu, perlu untuk kebiasaan / melatih anak mengunyah permen karet dalam jumlah yg cukup, biasanya ditkamui dengan rasa manisnya yg habis.

Permen karet yg dikunyah secara tepat menjadikannya tidak terlalu lengket, sehingga menurunkan resiko terkena persoalan pada organ perut sebab permen karet.

Permen karet dibentuk dari bahan2-bahan2 menyerupai adonan elastomer, lilin, resin, lemak, & juga Emulsifier. Saat tertelan, air liur akan tetap bisa menjalankan reaksi kimia dalam mencerna zat-zat yg terdapat d dalam permen karet menyerupai lemak (walaupun memang prosesnya tidak cepat).

Permen memang tidak bisa, dicerna secara keseluruhan, sebab ada kandungan lilin di dalamnya. Tetapi walaupun sifat permen karet lengket, organ usus tetap sanggup melaksanakan gerakan peristaltik yg mendorong permen karet hingga akhirnya sanggup dikeluarkan dari dalam tubuh.

Hanya saja sebab lengketnya tersebut usus membutuhkan waktu lebih usang untuk mendorongnya, dibandingkan dengan kuliner pada umumnya.

Jika tertelan oleh belum dewasa yg masih kecil, bisa, menjadi ancaman cukup serius sebab organ pencernaan yg masih kecil, sehingga pencernaannya bisa, terkena resiko tersumbat oleh gumpalan permen karet yg tertelan oleh sang anak.

Beberapa resiko berbahayanya, yaitu hasil sisa kuliner & metabolisme yg rencananya akan dibuang tubuh, tetapi malah tertahan di dalam tubuh.

Jika persoalan menyerupai ini terjadi, penting untuk segera berkonsultasi ke dokter biar nantinya memperoleh penanganan yg tepat, guna menghindari hal-hal yg tidak diinginkan.

Loading...

Untuk cara awal mengatasi hal ini, yaitu perhatikan apakah sang anak menerangkan tanda-tanda mengkhawatirkan, menyerupai tersendak & sesak nafas. Jika iya, penting untuk memuntahkan kembali permen karet tersebut (sebisa, mungkin).

Orang bau tanah bisa, melaksanakan backslap (pukulan pada punggung) biar anak sanggup memuntahkan permen karet itu kembali. Atau bisa, juga dengan menekan perut tertentu, tujuannya untuk memperlihatkan tekanan pada susukan nafas ada, biar anak bisa memuntahkannya.

Jika hal tersebut tidak sanggup dilakukan, maka minimal dengan memperlihatkan anak air putih untuk diminum, sehingga permen karet terdorong ke dalam, maka persoalan tersendak & penutupan saluan pernafasan sanggup teratasi.

Setelah itu, jikalau diharapkan maka segera bawa anak ke dokter.

Ingat!! Sangat penting memperlihatkan minum air putih untuk menghindari permen karet tertelan yg menutup kerongkongan & susukan pernafasan, hal ini penting terutama pada anak-anak.

Hal-hal penting diperhatikan, yaitu periksa jalan napasnya dengan cara menyuruh anak membuka mulut. Lihat apakah permen karet masih terlihat dalam rongga verbal / tidak, jikalau masih sanggup diraih, maka segera dikeluarkan.

Perhatikan apakah anak tersedak / tidak, tkamu anak tersedak yaitu dirinya tampak gelisah, tidak bisa, berbicara, & terlihat tanda-tanda sesak napas.

Segera raih dengan jari bila permen karet masih terlihat, / bisa, dengan tepuk pecahan atas punggung anak (back slap) biar permen karet sanggup dimuntahkan.

Apabila anak tidak tersedak & tidak mengalami gangguan napas, se&gkan pemen karet sudah masuk jauh melewati krongkongan, maka perlu juga untuk segera memperlihatkan air minum.

Disamping itu, permen karet mempunyai khasiat...

Perlu diketahui, mengunyah permen karet bekerjsama sanggup berguna untuk mengaktifkan kelenjar air liur, yg nantinya sanggup menetralkan asam pada tubuh.

Pada sebuah penelitian, memperlihatkan hasil penelitian bahwa dengan sering mengunyah permen karet, memperlihatkan khasiat biar sanggup lebih konsentrasi...

Manfaat lainnya dengan mengunyah permen karet yg bebas gula selama 10 menit dalam sehari, memperlihatkan khasiat untuk membersihkan sekitar 100 juta basil yg ada di verbal kita.

Dari Dailymail.co.uk, Para ilmuwan di University of Northumbria menemukan bahwa permen karet sanggup membersihkan gigi, bisa membersihkan miliaran basil dalam mulut, serta mengatasi plak & asam yg menyerang enamel gigi, yg bersiko menimbulkan gigi berlubang.

Uji klinis memperlihatkan bahwa mengunyah permen karet bebas gula yg mengandung Xylitol, berguna untuk kesehatan gigi, yg membantu mengurangi kerusakan gigi.


Penjelasan tambahan2

dr Frieda Hkamuyani, SpA dari RSIA Evasari menjelaskan, jikalau permen karet tertelan, yg pertama perlu dilihat dulu jenis prmen karetnya. Karena, terdapat 2 jenis permen karet, yaitu chewing gum adalah permen karet yg hanya bisa, dikunyah saja tidak bisa, digelembungkan. Yang kedua jenis bubble gum yg sanggup dibentuk menggelembung.

Untuk jenis chewing gum relatif lebih kondusif untuk anak, sebab kalaupun tertelan tidak begitu lengket. Adapun jenis buble gum bisa, mmberikan resiko ancaman serius jikalau terlelan, sehingga perlu diambil tindakan (seperti yg dusebutkan diatas).

Anak gres boleh mengonsumsi permen karet ketika umurnya di atas enam tahun. Kandungan sorbitol pada permen karet bisa, menimbulkan maslaah tanda-tanda diare jikalau tertelan, maslaah lainnya yaitu perut kembung.

Pada bayi & anak kecil, jikalau menelan permen karet sanggup menimbulkan tersedak & terhambatnya pedoman jalan napas, sehingga karenanya fatal. Hal itu sebab anak kecil (di bawah usia 6 tahun) belum mempunyai refleks yg begitu baik dalam menelan & memuntahkan benda yg masuk ke dalam tubuhnya

Beberapa imbas lainnya yg mungkin dialami yaitu keluhan diare, sering buang angin, & kembung, persoalan tersbut bisa, terjadi pada anak yg sudah beberapa kali mengalami permen karet tertelan.

Adapun ancaman yg paling serius adalah jikalau permen karet tertelan dalam jumlah banyak sekaligus, maka ketika di dalam lambung akan bercampur dengan kuliner lain juga, sehingga membentuk sebuah gumpalan besar yg menimbulkan persoalan penyumbatan usus.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahaya Permen Karet Apabila Tertelan [Cara Mengatasinya]"

Posting Komentar