4 Manfaat Dan Kelebihan Mata Air Pegunungan

Seperti yg sudah kita ketahui, air merupakan sebuah kebutuhan yg termasuk paling penting.

Secara umum, air biasa dipakai sehari-hari untuk minum, memasak makanan, membersihkan ba& / mandi & banyak kegunaan lainnya.

Khusus pada kali ini kita akan membahas perihal kegunaan air sebagai minuman untuk badan kita.

Berbeda dengan kegunaan air dari mencuci pakaian, mandi & sebagainya, untuk menggunakan air sebagai makan & minum tentunya diharapkan kualitas air yg sebaik mungkin...

...karena hal tersebut menygkut perihal duduk kasus kesehatan.

Sehingga untuk duduk kasus kualitas air yg diminum ini benar-benar harus diperhatikan alasannya yaitu tugas vital air untuk kesehatan tubuh.


Manfaat & kelebihan mata air pegunungan

1. Aman dari bakteri

Air yg berasal dari pegunungan, tentunya akan mengalir dari tempat yg tinggi ke tempat yg rendah.
Dengan mengalirnya air dari tempat tinggi ke tempat yg rendah akan buat basil tidak sanggup berkembang, alasannya yaitu basil biasanya akan berkembang biak di tempat-tempat air yg hening / diam.

Sehingga air yg kualitasnya paling aman dari basil ialah air yg berasal dari mata air pegunungan.


2. Mengandung oksigen yg cukup

Seperti yg dijelaskan sebelumnya bahwa air pegunungan berada di dataran yg tinggi...

...karena berada di dataran tinggi, maka air pegunungan akan mengandung oksigen yg lebih banyak dibandingkan dengan air yg berada di dataran rendah.

Sehingga, dengan kandungan oksigen yg tinggi, buat mata air pegunungan sangat menyehatkan tubuh.

3. Mendapat sinar matahari langsung

Kelebihan lainnya yg dimiliki oleh air pegunungan ialah air pegunungan mendapat eksklusif sinar matahari.

Air yg terkena eksklusif sinar matahari, maka airnya akan mengandung ultraviolet yg sangat berguna untuk kesehatan tubuh.

Se&gkan untuk air tanah tidak mendapat sinar matahari.

4. Terhindar dari bahan2 kimia

Seperti yg diketahui oleh banyak orang bahwa Air pegunungan sangat terbebas dari aktifitas pabrik yg banyak membuang limbah...

Sehingga mata air pegunungan benar-benar sangat aman dari yg namanya bahan2 kimia.

Bahan kimia (apabila bekas limbah pabrik) sangat berbahaya untuk badan kalau kandungan bahan2 kimia tersebut hingga masuk ke dalam tubuh.

Termasuk air yg diambil dari sungai / tanah, kemudian akan mengalami pengolahan dengan bahan2 kimia ibarat soda as, gas flour, PAC, costic, & juga kaporit.

Air yg mengalami pengolahan ibarat disebutkan sebelumnya, tentunya sudah menurun kualitasnya.

Sehingga apabila kita benar-benar ingin minum air yg kualitasnya semupurna, maka hanya terdapat pada mata air pegunungan.

loading...

Sumber air terbaik ialah mata air pegunungan

Para andal hidrogeologi menyerukan bahwa sumber air terbaik berasal dari mata air pegunungan vulkanik. Hal ini alasannya yaitu mata air pegunungan vulkanik memenuhi ketiga syarat karakteristik sumber air tanah, yaitu kualitas, kuantitas & kontinuitas.

Kuantitas dipengaruhi oleh curah hujan, siklus air & kondisi hidrogeologis area di sekitar sumber daya air.

Kualitas dipengaruhi oleh faktor alami (seperti kondisi pada komposisi tanah & batuan), faktor acara insan & faktor kontinuitas (keseimbangan antara pemakaian & ketersediaan air).

Prof. Dr. Ir. Sari B Kusumayudha, M.Sc., andal hidrogeologi dari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, menjelaskan bahwa air menempati hampir dua pertiga dari luas permukaan bumi, & memberi warna biru saat bumi dipan&g dari ruang angkasa.

Volume air maritim lebih-kurang 97,2%, & air tawar hanya sekitar 2,8 %.

Dari jumlah air tawar yg ada di bumi, bahwa 2,41% di antaranya berupa es di kutub, & 0,61% berupa air tanah.

Sisanya (0,61% ) dibagi menjadi air permukaan, air pelembab tanah, & air yg terdapat di dalam atmosfer.

Sehingga Prof. Dr. Ir. Sari B Kusumayudha, M.Sc mengingatkan akan pentingnya mempertahankan kuantitas & kualitas air tawar yg baik.

Terbentuknya air tanah bermula dari siklus hidrologi, dimana awan tersusun oleh jutaan tetes kecil air, yg sangat ringan, sehingga tetesan ini sanggup melayg di udara, kemudian terangkat oleh fatwa udara hangat dari darat, hingga hasilnya bermetamorfosis tetesan air hujan yg jatuh ke bumi.

Air tersebut meresap & tersimpan ke bawah permukaan tanah, kemudian alasannya yaitu imbas gaya gravitasi bergerak secara vertikal, air menembus lapisan-lapisan tanah hingga ke zona jenuh air, hingga tersimpan di dalam lapisan batuan pembawa air yg disebut akuifer.

Akuifer marupakan pembentukan batuan yg sanggup menyimpan & meloloskan air dalam jumlah banyak, yg bermanfaaat untuk memperlihatkan pasokan kepada mata air (termasuk sumur).

Indonesia mempunyai curah hujan yg relatif tinggi. Dan secara geologis, Indonesia terletak di kawasan busur gunung api.

Di Indonesia terdapat lebih dari seratus gunung api aktif (ada juga yg non aktif).

Gunung-gunung api membentuk lapisan-lapisan batuan yg sangat aman yg berperan sebagai sebagai akuifer.

Dr. Ir. Heru Hendrayana, andal hidrogeologis dari Universitas Gadjah Mada menjelaskan bahwa air tanah yg tersimpan di dalam akuifer dengan ke dalaman hingga ratusan meter di bawah permukaan tanah, mempunyai waktu tinggal (residence time) dalam waktu beberapa hari hingga ada yg jutaan tahun.

Adapun selama pengalirannya, air tanah mengalami proses-proses yg buat air tanah sanggup mengadung macam-macam mineral...

...dimana itu juga dipengaruhi lokasinya, sehingga setiap tempat mempunyai kualitas yg berbeda-beda.


Selanjutnya, air tanah (dengan beberapa proses lainnya) sanggup muncul ke permukaan, yg ini disebut sebagai mata air.

Sehingga, disini lah fungsi mata air yg sangat diharapkan oleh makhluk hidup, guna memperoleh air dengan sangat gampang & berkualitas tinggi, sehingga sangat penting untuk menunjang kesehatan tubuh.

Terutama mata air di pegunungan, yg dinilai sebagai sumber mata air yg paling baik, baik itu dari segi kuantitas (jumlahnya) maupun kualitasnya.

Dimana banyaknya debit mata air di pegunungan umumnya besar, serta terus menerus ada, hal itu dipicu daerahnya yg mempunyai intensitas curah hujan tinggi & mempunyai tempat tangkapan air yg baik.

Gunakan URL singkat: http://goo.gl/puWGMc (untuk share artikel ini ke Twitter)

Semoga berguna klarifikasi perihal kelebihan mata air pegunungan. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Manfaat Dan Kelebihan Mata Air Pegunungan"

Posting Komentar