17 Gaya Hidup Sehat Yang Penting Untuk Anda Lakukan

Tidak sedikit orang yg hingga ketika ini belum tahu caranya menjalani gaya hidup yg sehat.

Kalau diperhatikan pada orang yg menjalani gaya hidup yg buruk, menimbulkan hidupnya amat menderita, alasannya yaitu sering mengalami sakit, stres, / minimal mengalami penurunan kondisi kesehatan tubuh.

Kondisi badan & jiwa yg tidak fit menimbulkan acara yg dilakukan menjadi tidak maksimal, jiwa juga menjadi gampang tersulut emosinya.

Untuk itu, hal yg penting untuk mengetahui gaya hidup sehat, agat badan tetap sehat, terhindar dari aneka macam macam penyakit, & jiwa lebih tenang.

 Tidak sedikit orang yg hingga ketika ini belum tahu caranya menjalani gaya hidup yg seh 17 Gaya Hidup Sehat Yang Penting Untuk Anda Lakukan
Ayah & Anak Olahraga Bersama | Sumber gambar: Pixabay.com

Terdapat banyak hal sesungguhnya yg perlu diperhatikan untuk bisa, menjalankan gaya hidup yg sehat. Akan tetapi kalau diperhatikan dari hari ke hari, justru gaya hidup sehat semakin ditinggalkan banyak orang, apalagi anak muda kini yg merupakan penerus generasi bangsa, sukanya yg serba instan.

Mulai dari pola makannya, pola tidur, pola pikir. Pokoknya dalam duduk kasus gaya hidup pengennya yg instan-instan, sehingga jauh sekali dari kata sehat.

Gaya hidup yg jelek seperti...

Sudah umum menjadi kenyataan di masyarakat, kalau kita lihat banyak yg lebih suka untuk menyantap mie instan (dengan penuh bahan2 kimanya) dari pada makan sayur lalapan (yg sehat alasannya yaitu berisi sayuran hujau).

Kemudian, banyak yg lebih suka bega&g nonton DVD dari pada tidur di waktu yg lebih awal.

Manfaat tidur di waktu yg baik (jam 8-9 malam) supaya sanggup berdiri lebih pagi ketika waktu shubuh. Ini sangat menyehatkan, tetapi masih jarang yg melakukan.

Hal negatif lainnya, banyak yg lebih suka nongkrong nggak terang disana-sini dibandingkan dengan olahraga, membaca buku berguna & semacamnya.


Gaya Hidup Sehat yg Perlu Dilakukan Setiap hari

Hal menyerupai disebutkan diatas pertanda bahwa godaan untuk melaksanakan hal-hal yg negatif memang jauh lebih besar, alasannya yaitu memang sangat sesuai dengan hawa nafsu orang.

Cobalah buat daftar kebiasaan sehari-hari, kemudian bandingkan kegiatan negatif dengan kegiatan positif yg dilakukan, mana yg lebih banyak?

Yang sangat diharapkan bahwa belum dewasa muda sanggup lebih peduli dengan gaya hidup yg sehat, sehingga nantinya tidak menyesal sakit-sakitan ketika sudah tua.

Berikut di baawh ini beberapa gaya hidup sehat yg perlu untuk dilakukan sehari-hari:

1. Tidur Yang Cukup
Tidur ialah hal yg sangat penting dalam kehidupan, terutama untuk tidur malam ialah hak badan yg harus dipenuhi pada setiap harinya.

Sehingga dengan tidur yg cukup akan memperlihatkan badan menjadi segar di pagi hari esoknya, terutama bagi buruh di perusahaan yg bekerja dengan acara fisik yg tinggi, maka sangat membutukan kondisi badan yg fit.

Untuk waktu tidur yg dianjurkan yaitu jam jam 9 hingga jam 4 pagi / waktu shubuh, dimana ini ialah waktu tidur yg sangat sehat bagi tubuh.

Manfaat tidur di awal malam

Menyehatkan Jantung
Para peneliti di Jepang memperlihatkan hasil penelitiannya, bahwa seseorang yg tidur melebihi tengah malam akan mengalami resiko tinggi berupa pengerasan pada pembuluh darahnya jikalau dibandingkan orang yg tidur lebih awal. Dimana pengerasan pembuluh darah sanggup memicu timbulnya penyakit berbahaya lainnya yaitu penyakit jantung.

Tidur Pulas
Membiarkan diri tidur larut malam ialah hal yg buruk. Dan lebih jelek lagi jikalau membiarkan dirinya terus menerus tidur di larut malam, alasannya yaitu beresiko tinggi terjangkit insomnia yaitu sebuah penyakit yg buat kita susah tidur. Sehingga, berusahalah... untuk memaksakan diri untuk tidur di awal malam, jangan di waktu larut malam.

Lebih Bugar & Produktif
Kebugaran & produktif ini bisa, dengan gampang Anda peroleh dengan tidur yg nyenyak & berkulitas di malam sebelumnya. Dimana seseorang yg tidur lebih awal terbukti memperoleh energi yg lebih di pagi harinya.

Memperbaiki kualitas berfikir otak
Sebuah penelitian menemukan, bahwa tidur lebih awal terbukti berguna untuk memudahkan seseorang dalam berfikir, sehingga bisa dengan baik dalam menuntaskan semua pekerjaan & acara sehari-hari.

2. Sarapan Pagi Yang Sehat
Sarapan menjadi kunci utama untuk memulai hari melaksanakan aneka macam acara yg padat, dimana hidangan sarapan yg paling sempurna & sehat, yaitu mengkonsumsi kuliner yg tinggi protein & serat.

Kemudian di waktu sarapan, jangan berlebihan mengkonsumsi karbohidrat, alasannya yaitu malah sanggup menimbulkan badan menjadi mengantuk.

Sarapan Lebih Penting Dari Makan Siang Dan Malam

Sarapan ialah diam-diam untuk tetap sehat, demikian klarifikasi Dr. Mark Pereira dari Harvard Medical School.

Penelitian yg dilakukan tim dari Dr. Pereira menemukan hasil bahwa orang-orang yg sarapan pagi dengan rutin cenderung lebih sehat dari pada yg tidak melakukannya.

Hasil penelitian menyebutkan bahwa melewatkan sarapan sanggup meningkatkan risiko obesitas, diabetes & serangan jantung.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 2.500 partisipan untuk menganalisa pola makan mereka.

Dr. Pereira & timnya menyatakan bahwa orang-orang yg mempunyai kebiasaan sarapan maka mempunyai resiko yg kecil menderita obesitas daripada yg tidak sarapan.

Kemudian, dengan mempunyai kebiasaan sarapan di pagi hari akan menurunkan resiko badan terkena penyakit gula darah & kolesterol, serta juga membantu badan terhindari dari penyakit diabetes & serangan jantung.

Dimana brdasarkan klarifikasi dari tim peneliti, bahwa sarapan membantu untuk menstabilkan kadar gula darah, alasannya yaitu sarapan juga buat seseorang bisa dengna baik dalam mengendalikan nafsu makan.

“Hasil penelitian kami membuktikan sarapan memainkan tugas penting dalam mengurangi risiko diabetes tipe 2 & penyakit jantung, ini kenapa sarapan ialah kuliner paling penting,” ujar Dr. Pereira.

loading...

3. Rajin Berolahraga
Dimana badan yg jarang digerakan, / mempunyai sifat malas berolahraga maka sama saja dengan menabung penyakit di dalam tubuh, padahal olahraga tidak perlu yg berat-berat,

Anda bisa, melaksanakan olahraga santai menyerupai jogging, bersepeda, / bermain basket & lainnya,

Anda hanya perlu olahraga di pagi hari sekiar 15-20 menit, akan tetpai lakukan secara rutin.

4. Banyak Minum Air Putih
Mengapa air putih? alasannya yaitu air putih sangatlah sehat, dimana yg cukup menyedihkan bahwa banyak anak muda kini ini lebih suka untuk minum-minuman yg berwarna & raanya manis, / yg juga sangat sering dikonsumsi ialah minuman bersoda...

Sesekali boleh saja meminum minuman menyerupai itu alasannya yaitu memang rasanya lezat, akan tetapi yg paling utama ialah minum ai putih.

Dimana air putih mempunyai banyak khasiat kesehatan yg utama untuk tubuh, alasannya yaitu badan memerlukan cairan untuk aneka macam hal kebutuhan badan menyerupai untuk proses metabolisme, ca&gan air di dalam tubuh, kesehatan & kelancaran proses pencernaan, serta mempertahankan kondisi kelembaban kulit.

Selain itu dengan minum air putih untuk mencegah badan terjangkit aneka macam penyakit.

5. Senyum
Cara yg paling gampang supaya Anda disenangi banyak orang yaitu dengan membiasakan diri tersenyum, dimana khasiatnya bukan hanya untuk orang lain alasannya yaitu senang melihat orang tersenyum, khasiatnya juga unutk diri sendiri alasannya yaitu dengan tersenyum sanggup buat suasana hatimu menjadi membaik.

Dimana senyum terbukti sanggup menyehatkan jiwa & tubuh. Untuk itu jangan hingga kita sudah pelit bersedekah, ternyata juga pelit seyum, sungguh keburukan diatas keburukan.

Manfaat Senyum bagi Kesehatan

Para ilmuwan menemukan hasil pennelitian bahwa tersenyum bisa, membantu menurunkan kadar stres & meningkatkan kesehatan jantung.

Sebuah riset di University of Kansas meneliti perihal besarnya khasiat dari tersenyum, dengan melihat aneka macam jenis senyum & kepedulian terhadap senyuman. Dimana senyum bisa mempengaruhi kemampuan seseorang dalam mengatasi stres yg dihadapinya.

“Peribahasa usang mengatakan, 'tahanlah rasa sakit tanpa mengeluh', telah memperlihatkan bahwa tersenyum tidak hanya penting untuk indikator kebahagiaan nonverbal, tetapi juga menjanjikan obat bagi semua jenis duduk kasus yg buat stres,” ujar Tara Kraft, menyerupai dikutip Daily Mail.

“Kami meneliti apakah peribahasa ini mempunyai imbas ilmiah, yakni apakah tersenyum benar-benar mempunyai hu.bungan dengan kesehatan.” Hasil penelitian memperlihatkan bahwa tersenyum memang menentukan imbas pada ksehatan.

Penelitian sebelumnya memperlihatkan hasil bahwa emosi positif bisa, membantu selama masa stres & tersenyum bisa, mempengaruhinya (untuk mengatasi stres & depresi). Namun, penelitian menyerupai ini gres pertama kalinya, yg tujuannya untuk mengetahui dampak senyum pada kadar stres.

Untuk penelitian, maka para ilmuwan merekrut 169 partisipan dari Midwestern University.

Riset ini dilakukan dalam dua tahap, yaitu latihan & pengujian.

Dalam latihan, partisipan dibagi menjadi tiga kelompok & dilatih melaksanakan aneka macam jenis ekspresi wajah.

Pada tahap pengujian, partisipan diminta untuk melaksanakan aneka macam acara sekaligus & acara yg cukup sulit, yg tidak mereka ketahui akan buat stres.


6. Konsumsi Makanan 4 Sehat 5 Sempurna
Hal yg penting untuk mengkonsumsi kuliner sehat & dibutuhkan tubuh, berupa buah-buahan, kuliner pokok, sayur-sayuran, lauk pauk menyerupai ikan & lainnya, serta susu, / bisa, juga mengkonsumsi madu, alasannya yaitu khasiat madu yg sangat besar.

Hindari / minimalisir aneka macam kuliner dengan model junk food, kuliner instan & semacamnya.

7. Perhatikan Waktu Kerja Anda
Dimana maksimal waktu bekerja ialah 10 jam dalam sehari, apabila hingga lebih dari itu (apalagi jikalau kenis pekerjaan cukup menguras fisik) maka sanggup menganggu keseimbangan tubuh, yg buat Anda terkena beberapa duduk kasus kesehatan.

8. Jauhi Rokok & Minuman Beralkohol
Jika Anda serius ingin sehat, dimana tidak diragukan lagi kebiasaan merokok & minum-minuman beralkohol mengakibatkan kerusakan pada organ-organ tubuh.

Hal ini sudah menjadi kesepakatan pada jago kesehatan & dokter, sehingga para perokok perlu berusaha semaksimal mungkin untuk bisa, berhenti merokok, caranya kurangi sedikit-demi-sedikit konsumsi rokok hingga karenanya sanggup berhenti merokok.

9. Jadikan Kamar Tidur yg Bersih & Sehat
Kamar tidur yg rapi & higienis tentunya akan buat Anda sangat nyaman, & ini merupakan kepingan penting dari gaya hidup sehat.

Yang disaygnya, tidak sedikit orang yg ternyata malas untuk bersih-bersih kamar, yg karenanya buat mereka tidur di kamar yg di dalamnya menumpuk debu & barang-barang yg berantakan.

Sebenarnya sangat gampang supaya Anda bisa, rutin membersihkan kamar tanpa a&ya muncul rasa malas. Berikut langkah-langkah yg disarankan Anda melakukannya:
  1. Singkirkan kuliner yg tergeletak di lantai & daerah tidur, taruh di kulkas / daerah lainnya.
  2. Ambil pakaian yg kotor yg masih berada di kamar, segera taruh di mesin basuh supaya nantinya bisa, segera dicuci.
  3. Adapun untuk pakaian yg bersih, pastikan Anda meletakannya di lemari. Meja & di atas daerah tidur bukanlah daerah untuk menyimpan pakaian higienis Anda.
  4. Pada daerah tidur, lipat selimut serta rapihkan peletakan bantal & guling
  5. Bereskan meja jikalau dalam kondisi berantakan, serta pindahkan barang-barang milik Anda ke daerah seharusnya.
  6. Lalu Anda perhatikan & rapikan pada setiap sudut kamar tidur. 
  7. Bereskan juga aksesoris & barang-barang yg kecil, masukan ke dalam sebuah kotak, sehingga Anda nantinya bisa, gampang mencarinya. 
  8. Buang barang yg tidak dibutuhkan kebera&nya. Hindari terlalu banyak menyimpan barang yg tidak penting.
  9. Jika sudah selesai membersihkan kamar, maka rileksasi sejenak. Anda bisa, berbaring selama 20 menit untuk buat rileks badan & pikiran. Anda akan merasa nyaman dengan kondisi kamar yg benar-benar rapi & bersih.

10. Mulailah Membiasakan Diri Untuk Konsumsi Makanan Sehat
Penuhi kebutuhan badan akan asupan nutrisi yg penting, mulai dari asupan protein, serat, vitamin, & mineral. Anda harus berusaha untuk mempunyai pola makan yg sehat. Sebagai saran, hendaknya Anda lebih sering mengonsumsi kuliner yg dimasak di rumah.

Jangan teralalu sering membeli kuliner dari luar. Anda perlu mencoba untuk lebih sering memasak kuliner sendiri. Sebagai tips, ketika Anda akan memasak untuk makan malam, maka buatlah kuliner yg lebih banyak, yg nantinya disisakan untuk dimakan pada esok hari, baik itu pagi maupun siang hari.

Oleh kaena itu, untuk makan malam maka buatlah kuliner yg bisa, dihangatkan serta tidak cepat basi. Dengan cara ini maka Anda bisa, lebih gampang untuk lebih sering mengonsumsi kuliner sendiri. Buatlah kuliner yg sehat yg kaya akan asupan penting menyerupai disebutkan sebelumnya.

Anda bisa, merencanakan sebelumnya pada hidangan kuliner sehat yg ingin dikonsumsi. Dengan mempunyai planning yg matang, maka ini penting untuk mencegah Anda menentukan jenis kuliner kurang sehat menyerupai junk food / kuliner cepat saji.

Anda bisa, buat hidangan makanan, dengan mencari isu resepnya di majalah, internet maupun bertanya pada orang lain.

Selain itu, Anda bisa, menyiapkan kuliner ringan bagi Anda yg super sibuk. Hal ini berguna untuk mencegah Anda salah dalam menentukan makanan. Anda bisa, menyiapkan kuliner ringan sehat yg dibawa, bisa, berupa biji-bijian, kacang-kacangan, buah, sayur & lainnya.

11. Biasakan Diri Untuk Selalu Berpikir Positif
Segala hal yg dilakukan maka tentu sebelumnya memerlukan tugas & koordinasikan dengan otak. Sehingga mempunyai pikiran positif sangat penting, khasiatnya untuk mencegah terjadinya stres, meningkatkan rasa percaya diri, serta buat Anda bisa, lebih produktif. Memiliki pikiran yg negatif hanya akan menghambat diri Anda.

Untuk bisa, berpikir poisitif, hindarkan bergaul dengan orang-orang yg kurang baik. Carilah teman yg bisa, buat Anda mempunyai jiwa yg lebih baik.

Penting untuk menumbuhkan perilaku optimis dalam menjalani kehidupan. Dengan optimis & pikiran yg positif, tidak hanya baik untuk jiwa, tapi juga berdampak positif pada kesehatan tubuh.

Berpikir positif akan memperlihatkan banyak khasiat untuk kehidupan Anda, Anda bisa, lebih optimis & mempunyai motivasi yg kuat. Berpikir positif sanggup memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dimana para peneliti menemukan bahwa berpikir positif buat Anda bisa, tetap sehat, terhindar dari stres & memperpanjang usia.

Sebuah penelitian oleh dr. Suzanne Segerstrom dari Mayo Clinic Amerika, menemukan bahwa perilaku optimis di dalam hidup sangat baik untuk kesehatan fisiologis & psikologis seseorang, hal ini menurutnya berguna untuk mencegah terjadinya proses penuaan yg terlalu cepat.

Berpikir positif sanggup menghilangkan stres, dimana berpikir positif buat Anda bisa berpikir lebih luas, sehingga buat Anda nantinya bisa, berpikir dari sudut pan&g yg lebih baik. Hal ini sangat penting supaya Anda bisa dengan baik & sempurna dalam mengatasi segala problematika kehidupan.

Dengan berpikir positif akan sanggup meningkatkan kesehatan, termasuk penurunan resiko penyakit kardiovaskular. Dengan berpikir positif juga menjadikan Anda bisa, lebih tangguh & tahan banting dari aneka macam tekanan & duduk kasus yg tiba menerpa.

Untuk bisa, berpikir positif, kita perlu melatih diri untuk mempunyai nalar yg sehat & jernih. Sebagai contoh, perhatian kondisi di jalanan, Anda akan melihat banyak hal yg tidak masuk akal. Salah satunya: ada orang yg mempertaruhkan nyawanya di jalanan untuk bisa, pulang lebih cepat, / bahkan melaksanakan itu hanya alasannya yaitu emosi.

Untuk bisa, berpikir positif maka jangan hanya berfokus pada apa yg tidak Anda miliki. Anda perlu melihat a&ya hal-hal baik di dalam diri Anda, niscaya ada kok. Sehingga nantinya Anda bisa, bersyukur dalam hidup & menghargai apa yg Anda miliki. Hal ini berguna supaya Anda bisa, berpikir positif.

Selain itu, berbuat baik pada orang lain memperlihatkan khasiat sangat besar. Saat membantu orang lain maka akan timbul secara otomatis rasa senang & puas di dalam hati, sehingga nantinya hal ini menimbulkan pikiran positif.

Anda harus berhenti menghabiskan banyak waktu dari berpikir yg tidak-tidak, hindari pikiran yg tidak berguna & tidak produktif, hindari pikiran yg buat timbulnya rasa stress, khawatir maupun ragu-ragu. Otak memang senjata insan yg sangat penting, tetapi jikalau dipakai dengan benar justru bisa, menjadi bumerang yg mencelakakan.

Dengan rileks & realistis (apa a&ya) dalam berpikir, maka sangat membantu Anda untuk mempunyai pikiran yg positif. Hindari memikirkan hal-hal terbelakang & yg tidak penting.

Untuk berpikir positif, maka Anda harus menjauhi pikiran negatif. Pikiran negatif bisa, benar-benar muncul di pikiran Anda ketika Anda bergaul dengan orang-orang yg membenarkan pikiran negatif tersebut.

Berpikir positif buat kita bisa, menemukan a&ya pesan yang tersirat & pelajaran dibalik kesalahan. Walaupun hal yg salah tetaplah salah, tapi dibalik hal yg jelek niscaya tetap ada hikmahnya. Hikmah inilah yg seharusnya Anda ambil & khasiatkan dalam hidup Anda.

12. Pastikan Udara Bersih di Sekitar
Untuk Anda yg berdomisili di wilayah pedesaan yg masih hijau, maka bisa, dengan gampang untuk memperoleh udara yg segar & bersih. Akan tetapi untuk mereka yg berdomisili di wilayah perkotaan maka dibutuhkan perjuangan untuk mempunyai udara yg higienis di sekitar rumah.

Salah satunya Anda bisa, menanam tanaman di sekitar rumah, yg khasiatnya sangat penting untuk kebersihan & kesehatan masyarakat sekitar.

13. Pilih Yang Alami
Pilih yg alami menyerupai pada perawatan wajah, rambut & badan secara umum. Maka jikalau ingin menggunakan produk-produk perawatan badan menyerupai itu, maka pastikan bahan2 kandungan di dalamnya tidak berbahaya bagi tubuh, usahakan untuk sebisa, mungkin menentukan menggunakan bahan2 yg alami.

Kalau bisa, yg 100% alami, sebagai contohnya, Anda bisa, menggunakan masker mentimun untuk perawatan wajah. Atau Anda bisa, mekhasiatkan bahan2-bahan2 alami lainnya yg sesungguhnya jumlahnya sangat banyak.

14. Buang Kebiasaan Buruk
Beberapa bentuk kebiasaan jelek yg perlu Anda hindari yaitu makan yg berlebihan, bega&g yg terlalu sering, malas mandi, malas menggosok gigi, merokok, minum alkohol, banyak konsumsi kuliner bagus & kuliner tinggi lemak, dll.

15. Menjaga Kebersihan Lingkungan
Penyebaran kuman & virus menimbulkan penyakit banyak muncul di daerah yg kotor. Oleh alasannya yaitu itu, hal yg sangat penting untuk secara rutin membersihkan lingkungan daerah tinggal Anda. Seperti pekarangan rumah, / yg paling utama ialah membersihkan pada daerah yg Anda sering berada disitu.

16. Evaluasi Kondisi Kesehatan Anda
Seperti salah satunya Anda mengevaluasi acara fisik yg dilakukan. Anda perlu merenungi sebentar perihal apa yg Anda lakukan selama ini, apakah rutin berolahraga? Atau apakah acara Anda dari pagi hingga malam ialah duduk mengetik di depan komputer? Anda perlu merenungkan hal-hal menyerupai ini.

Pakar kesehatan sudah menjelaskan & memperlihatkan tawaran untuk berolahraga dengan waktu total setidaknya ialah 75 menit pada setiap minggu.

Anda juga perlu mengevalusi perihal kuliner apa saja yg telah Anda konsumsi. Sehingga hal ini nantinya bisa, menyadarkan diri Anda supaya tercegah dari asupan kuliner yg kurang sehat.

Anda juga mengevaluasi kesehatan korelasi sosial yg dilakukan selama ini. Anda perlu memikirkan supaya hu.bungan Anda & pasangan bisa, berjalan dengan harmonis. Demikian juga memikirkan supaya hi.bungan Anda dengan rekan kerja & atasan bisa, selalu baik.

Anda juga perlu berusaha menemukan orang-orang & lingkungan yg bisa, memperlihatkan support pada Anda dengan baik.

17. Gaya Hidup Sehat Seperti Rosul
Rasulullah ialah orang yg tidur di awal waktu (setelah waktu shperalatan Isya) & berdiri sebelum waktu azan shubuh. Rasulullah kurang suka berbincang-bincang sesudah waktu isya, yg diperintahkannya kepada umatnya ialah tidur sesudah waktu shperalatan Isya.

Rasulullah sering berpuasa. Dan ternyata dari penelitian para jago kesehatan, menemukan bahwa berpuasa mempunyai khasiat kesehatan yg luar biasa. Termasuk yg sangat penting ialah mencegah resiko penyakit hipertensi, serangan jantung, kanker & diabetes.

Rasullullah juga bukan orang yg pemarah. Beliau suka menasehatkan supaya jangan marah. Nasihat ini pertanda bahwa kebersihan jiwa ialah hal yg super penting. Penelitian pertanda bahwa tidak gampang murka ternyata sangat menyehatkan tubuh.

Rasul sangat menjaga kebersihan gigi & mulut. Beliau seringkali bersiwak secara rutin. Selain itu, pola makan Rasulullah tidak berlebihan, bahkan dia sering berpuasa.

Makanan / minuman yg sering dia konsumsi ialah air putih, kurma, madu, minyak zaitun & daging kambing. Beliau terbiasa untuk mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa dalam setiap harinya.

Beliau juga menganjurkan umatnya berolahraga. Jenis olahraga yg suka dia lakukan ialah berlari, bergulat, & memanah. Beliau juga menganjurkan umatnya untuk berbekam.

Dalam bersosialisasi, Rasullullah ialah orang yg gampang tersenyum, tidak gampang marah, suka menyambung tali silaturahmi, serta mempunyai sifat jujur & amanah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "17 Gaya Hidup Sehat Yang Penting Untuk Anda Lakukan"

Posting Komentar