8 Fakta Penggunaan Alat Kontrasepsi Iud

 merupakan jenis alat kontrasepsi jangka panjang 8 Fakta Penggunaan Alat Kontrasepsi IUD
IUD (intrauterine device) merupakan jenis alat kontrasepsi jangka panjang, yg mempunyai efektivitas lebih tinggi dibandingkan kontrasepsi oral. Alat kontrasepsi yg juga sering disebut KB Spiral ini berbentuk menyerupai abjad T, berukuran sekitar 3 cm & terbuat dari plastik, dna hanya boleh dipasang  atau dilepas kembali oleh dokter kandungan atau bi& ke dalam rahim.

Alat Kontrasepsi IUD bekerja dengan cara mencegah sel telur dibuahi sel sperma. Dan dengan semakin banyaknya peminat IUD, Tips Kesehatan Keluarga Bunda akan menjelaskan menganai beberapa fakta seperuta IUD, yg diantaranya adalah:

IUD Lebih efektif dibandingkan pil KB yg hanya mempunyai tingkat egektivitas 92-97, se&gkan IUD mempunyai tingkat efektivitasnya mencapai 99%.

Pemasangan IUD tidak selalu menyakitkan, alasannya prosesnya dapat dilsayakan tidak lebih dari 5 menit. Pemasangan Alat Kontrasepsi ini dilsayakan sesudah masa menstruasi, dimana verbal rahim terbuka lebih lebar.

Pengguna IUD akan mengalami haid lebih berat atau bahkan tidak mengalami haid sama sekali. Hal ini tergantung kau menentukan IUD yg mempunyai hormon atau tidak. IUD yg mengandung hormon progesteron akan menciptakan periode menstruasi lebih singkat, bahkan 20 % perempuan yg memakai IUD tidak mengalami haid. IUD tanpa hormonal akan biasanya akan menciptakan darah haid yg keluar lebih banyak & Siklus Menstruasi terjadi lebih lama.

IUD merupakan alat kontrasepsi yg sangat aman, alasannya ketika ini telah didesain sedemikian rupa sehingga tidak menyebabkan jerawat panggul & infertilitas. WHO & American Medical Association juga menyebut IUD merupakan alat kontrasepsi paling aman, efektif & tahan usang dipakai pada wanita.

Pengguna IUD tidak perlu repot mengingat jadwal minum pil harian atau menyuntikkan hormon setiap satu atau tiga bulanan sekali. Hal ini dikarenakan  IUD dapat bertahan 3 hingga 10 tahun (tergantung model apa yg Anda pilih).

IUD tidak mengganggu relasi suami istri, alasannya benang IUD dibentuk dari materi yg sangat lembut. Rasa tidak nyaman yg mungkin dirasakan laki-laki dapat terjadi apabila dokter memotong benangterlalu pendek, sehingga dapat diperbaiki oelh dokter yg memasang.

Harga Pemasangan IUD lebih Murah, apabila dibandingkan dengan penggunaan Alat Kontrasepsi lain. Hal ini tentu dihitung dari seberapa efektif jangka waktu IUD dalam mengetaur jarak kehamilan, yg tentu terhitung tahunan.

IUD tidak mengganggu kesuburan Wanita, alasannya menurut penelitian sekitar 85 % perempuan akan mendapat kehamilan kembali l dalam periode satu tahun sesudah IUD dilepas. Hal ini tentu saja apabila kegiatan kehamilan sebelumnya tidak mengalami masalah.

Ringkasan:
  • Alat Kontrasepsi IUD dapat bertahan dalam jangka panjang bahkan mencapai 10 tahun tergantung dari jenis yg kau pilih,
  • Desain IUD ketika ini telah sangat aman, sehingga tidak menyebabkan jerawat panggul atau gangguan kesuburan,
  • IUD mempunyai tingkat efektivitas hingga mencapai 99% & merupakan alat kontrasepsi yg paling murah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Fakta Penggunaan Alat Kontrasepsi Iud"

Posting Komentar