30 Cara Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi (Alami, Terapi & Obat)

Menurut laporan WHO pada tahun 2011, diperkirakan sekitar 35 persen penduduk Indonesia mengalami dilema kadar kolesterol lebih tinggi dari batas normal.

Itu artinya sepertiga penduduk Indonesia berisiko tinggi terkena penyakit arteri.

Kolesterol merupakan sebuah metabolit yg di dalamnya ada kandungan lemak sterol.

Yang sebenarnya, kandungan kolesterol ini sendiri dibutuhkan oleh badan dalam membangun dinding sel, & membantu dalam pembuatan hormon.

Yang menjadi dilema yakni ketika kadar kolesterol melebihi batas normal, sehingga tragedi menyerupai itu buat munculnya banyak sekali macam penyakit kronis.

Kolesterol tinggi biasanya dikaitkan dengan a&ya pengendapan kolesterol berlebihan pada pembuluh darah, berakibat stroke & serangan jantung.

 persen penduduk Indonesia mengalami dilema kadar kolesterol lebih tinggi dari batas norm 30 Cara Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi (Alami, Terapi & Obat)
Sumber gambar: Thebluediamondgallery.com

Kolesterol tinggi berkaitan dengan resiko kanker payudara...
Menurut laman Kemenkopmk.go.id, kolesterol tinggi sanggup saja mengakibatkan kanker payudara,

Suatu studi menunjukkan, wanita dengan kolesterol tinggi dalam darah berisiko lebih besar menderita kanker payudara.

Demikian hasil dari studi pihak Algorithm for Comorbidities, Associations, Length of stay and Mortality (ACALM).

Sebuah studi yg menggunakan tikus sebagai objeknya menyimpulkan, menurunkan kolesterol mungkin mempunyai kegunaan untuk mencegah / mengobati kanker payudara.

Untuk hingga pada kesimpulan ini, para peneliti melaksanakan analisis retrospektif pada lebih dari satu juta pasien di Inggris, dalam rentag waktu tahun 2000 hinga 2013 menggunakan database ACALM.

Dalam database ini, diketahui sekitar 664.159 orang perempuan. Sebanyak 22.938 orang dari mereka menderita hiperlipidemia (penyakit akhir kadar lemak dalam darah meningkat) & 9.312 orang menderita kanker payudara.

Sementara 530 orang wanita menderita hiperlipidemia yg berkembang ke arah kanker payudara.

Yang Menyebabkan Kadar Kolesterol Tinggi
Hal yg mengakibatkan kadar kolesterol tinggi / meningkat di dalam darah, yaitu lantaran pola hidup serta pola makan yg salah.

Makanan yg dikonsumsi menjadikan tingginya kadar kolesterol di dalam darah, menyerupai kuliner yg mengandung lemak jahat, kuliner cepat saji, kuliner junk food & semacamnya.

Kurangnya acara fisik & olahraga mengakibatkan resiko yg lebih besar badan mengalami kadar kolesterol tinggi.

Kadar kolesterol tinggi terjadi lantaran penumpukan & menempelnya lemak pada dinding pembuluh darah.

Cara Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi
Cara menurunkan koleserol ini dibahas dari beberapa metode, yaitu dari segi:
  1. Gaya hidup
  2. Pola makan
  3. Pengoabatan alami (ramuan tradisional) & pengobatan modern (obat).

Gaya Hidup Sehat untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi:

1. Perhatikan makanan-makanan yg sanggup membahayakan kolesterol Anda
Ketika hasil diagnosa dokter menyatakan bahwa Anda mengalami kolesterol tinggi, maka hal yg pertama kali 'dinasehatkan' dokter yakni memperbaiki pola makan menjadi pola makan yg sehat.

Anda akan diperintahkan untuk tidak merokok, & juga mulai menyediakan waktu untuk berolah raga. Lakukan olahraga selama 20-30 menit dalam sehari.

Mengonsumsi kuliner yg sehat, yaitu berupa kandungan lemak jenuh yg rendah, hal ini sangat penting untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi yg Anda alami.

Beberapa kuliner yg mengandung lemak jenuh tinggi, yg perlu Anda hindari, / minimal Anda batasi konsumsinya, yaitu:
  1. Kulit ayam
  2. Jeroan
  3. Daging kambing
  4. Daging belibis & kulit
  5. Santan
  6. Kerupuk
  7. Cumi
  8. Otak sapi
  9. Kue & biskuit
  10. Telur burung puyuh

Adapun bagi orang yg mengalami kadar trigliserida tinggi, maka disarankan untuk mengonsumsi kuliner yg mengandung asam lemak omega-3. Hal ini bertujuan semoga kadar trigliserida sanggup turun.

Mengonsumsi kuliner yg kaya akan asupan omega-3, misalnya ikan yg sangat sehat untuk dikonumsi. Manfaat dari mengkonsumsinya yaitu bisa meminimalisir dilema kadar trigliserida tinggi di dalam darah.

Namun, Anda tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsi asupan omega-3, lantaran bisa, meningkatkan resiko kegemukan.


2. Konsumsi kuliner kaya serat
Menurut Pritikin.com, yg terutama serat larut dari kuliner menyerupai kacang-kacangan, gandum, barley, buah-buahan, & sayuran.

Makanan alami kaya serat larut telah terbukti sangat baik untuk menurunkan kolesterol. sumber yg sangat baik termasuk gandum, oat bran, barley, kacang polong, ubi, kentang...

Lalu kacang-kacangan / biji, menyerupai kacang pinto, kacang hitam, & kacang polong.

Sayuran kaya serat larut termasuk wortel, kubis Brussel, bit, okra, & terong.

Sumber buah yg baik & kaya serat yaitu markisa, jeruk, pir, aprikot, nektarin, & apel.

3. Olahraga secara teratur
Hal rutin yg penting Anda lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol yakni dengan menurunkan berat ba&, dimana dengannya lemak / kalori akan terbakar di dalam tubuh.

Anda bisa, melaksanakan olahraga ringan setiap hari menyerupai jogging, / minimalnya olahraga 3 kali dalam seminggu.

Dengan rajin untuk berolahraga & mengeluarkan keringat, sangat mempunyai kegunaan untuk mengurangi kadar lemak jahat di dalam tubuh.

4. Senam / Aerobik
Dalam perjuangan menurunkan kadar kolesterol jahat, Anda bisa, menyediakan ketika dimana Anda melaksanakan senam aerobik yg menyenangkan. Lakukan secara rutin, Anda hanya perlu melakukannya selama 30 menit saja.

Jika bisa,, lakukan setiap hari. Aktivitas senam aerobik tidaklah berat, Anda hanya perlu melaksanakan yg ringan-ringan saja, tetapi harus rutin. Jika Anda bosan,bisa, memiih jenis olahraga lainnya.

loading...

5. Olahraga Air
Anda juga bisa, menentukan olahraga air untuk membantu menurunkan kolesterol. Jenis olahraga air yg umum yaitu berenang. Anda bisa, melaksanakan jenis olahraga ini, lakukan secara moderat saja. jangan memaksakan diri olahraga yg terlalu berat.

Apabila Anda belum berolahraga secara teratur, maka WAJIB semoga Anda memulai jadwal rutin olahraga. Kalau bisa, lakukan setiap hari, kalau tidak bisa, lalakukan semampuanya, minimal 3 kali dalam seminggu.

Anda juga disarankan berkonsultasi dengan dokter mengenai jenis olahraga yg paling mempunyai kegunaan bagi Anda.

Para ilmuwan sudah menjelaskan, bahwa khasiat olahraga terbukti mempunyai kegunaan untuk menjaga kekuatan tulang, mengurangi risiko kanker, diabetes, stroke, & obesitas.

Selain itu, olahraga sangat efektif untuk meningkatkan suasana hati, sehingga Anda sanggup lebih terhindari dari dilema stres.

6. Olahraga Ringan Seperti Bersepeda Mampu Menyeimbangkan Kadar Kolesterol
Tepatnya berapa porsi olahraga yg dibutuhkan sebagai cara menurunkan kolesterol memang menjadi perdebatan. Namun, WHO merekomendasikan, minimal, 30 menit per hari, dengan melaksanakan olahraga se&g hingga berat, menyerupai berjalan, jogging, bersepeda, / sekedar menyibukkan diri dengan berkebun.

7. Terapkan gaya hidup sehat
Gaya hidup sehat sangat dibutuhkan untuk diterapkan dalam perjuangan mengatasi dilema kolesterol tinggi. Penting mengonsumsi kuliner sehat & bergizi seimbang.

Selain itu, hindari melaksanakan hal-hal buruk, menyerupai kebiasaan jelek merokok, minum-minuman alkohol (di Indonesia termasuk minuman keras), hingga batasi konsumsi junk food / fast food (seperti mie instan, dll).


8. Hindari konsumsi kuliner mengandung banyak kolesterol
Dalam perjuangan menurunkan kolesterol di dalam darah, maka Anda harus mengurangi semampu mungkin kuliner yg mengandung kolesterol tinggi, Anda harus menghindari (mambatasi) konsumsi menyerupai gorengan, daging jeroan, kerang, cumi-cumi, telur puyuh & kepiting.

Selain itu, pastinya kau harus menghindari dari mengkonsumsi kuliner cepat saji & junk food. Menurut laman, Pritikin.com bahwa untuk mencegahbahaya kolesterol, penting membatasi asupan kuliner yg terkandung banyak lemak jenuh, lemak trans, & kolesterol makanan.

Makanan dengan banyak lemak jenuh termasuk mentega, daging berlemak menyerupai daging merah, produk susu yg tinggi lemak, minyak sawit, & minyak kelapa. Makanan enak tersebut boleh Anda makan, tapi HARUS dibatasi.

Makanan yg mempunyai lemak trans tinggi. yg juga menjadi sumber kolesterol makanan, menyerupai kuning telur, daging organ, & kerang. Konsumsi itu semua perlu dibatasi.

Adapun jenis lemak yg baik untuk badan yaitu omega-3 asam lemak, yg mempunyai kegunaan melindungi badan terhadap penyakit jantung.

Sumber kuliner lemak omega 3 yg baik untuk dikonsumsi yaitu salmon, mackerel, halibut, trout, herring, & sarden.

Makanan Sehat untuk Menurunkan Kolesterol

9. Konsumsi Sayuran (Wajib Setiap Hari)
Ini menjadi sebuah kebiasaan yg harus dilakukan secara terus-menerus. Sebuah hal yg sangat baik untuk dilakukan, bukan hanya bagi orang yg mengalami kolesterol tinggi, namun juga bagi semua orang (dalam kondisi sehat maupun tidak sehat) yaitu banyak-banyak mengkonsumsi sayuran.

Dimana pada sayuran terdapat kandungan serat & antioksi& tinggi, yg ini sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Antioksi& yg terkandung di dalam kandungan sayuran berupa khasiat betakaroten, Vitamin A, Vitamin C & Vitamin E.

Fungsi kandungan Antioksi& di dalam badan untuk menangkal radikal bebas, dimana radikal bebas mengakibatkan timbulnya penyakit berbahaya di dalam tubuh.

Manfaat antidioksi& selanjutnya yaitu bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi. Untuk itu jangan hingga dalam sehari-hari kita tidak mengkonsumsi sayuran, lantaran khasiatnya yg sangat besar untuk kesehatan tubuh.

10. Konsumsi Alpukat
Nah, siapa yg tidak dengan buah yg rasanya amat enak ini. Selain Alpukat punya rasa yg enak di lidah, juga mempunyai khasiat untuk kesehatan, yaitu sanggup menurunkan kadar kolesterol jahat.

Alpukat mengandung lemak tak jenuh, yg lemak tersebut justru baik bagi tubuh.

Kalau bisa,... Anda mengkonsumsi 1 buah alpukat yg masih mentah (tidak di jus), Anda bisa, melakukannya setiap hari, / minimal seminggu sekali.

11. Konsumsi Delima
Selain Alpukat, dengan rajin memakan buah delima merah akan memperlihatkan khasiat untuk menurunkan kolesterol secara alami.

Manfaat lainnya berperan untuk membantu mengurangi plak arteri & meningkatkan oksida nitrat di dalam tubuh.

12. Makan Buah Belimbing Manis
Konsumsi satu buah belimbing pada pagi & malam hari, Anda perlu lakukan secara rutin, minimal 1 kali dalam seminggu

13. Konsumsi Buah Jeruk
Pada buah Jeruk kaya akan kandungan Vitamin C yg sangat tinggi, yg buah jeruk juga mempunyai kandungan antioksi&, yg sanggup mencegah badan terjangkit radikal bebas.

Anda bisa, mengkonsumsi segelas jus jeruk pada setiap harinya, ini mempunyai kegunaan untuk meningkatkan kadar HDL di dalam tubuh.

14. Konsumsi Temulawak
Anda ambil temulawak, sehabis itu kupas, & parut setelahnya. Kemudian Anda kasih air panas dengan secukupnya, biarkan saja hingga hingga mengendap.

Ketika sudah dingin, maka buang endapannya, sehabis itu minum. Lakukan setiap hari.

15. Utamakan Makan Nasi Merah daripada Nasi Putih
Agar sukses untuk menurunkan kolesterol, hendaknya konsumsi beras merah lantaran lebih sehat. Kandungan nutrisi pada beras mereh berupa mineral & vitamin alami mempunyai kegunaan untuk meningkatkan metabolisme tubuh, serta bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah.

Hal baik lainnya, beras merah yakni jenis kuliner yg sangat baik bagi penderita diabetes. Serta khasiat lainnya yaitu bisa mencegah penyakit stroke.

16. Minyak Zaitun
Minyak zaitun kaya antioksi& & lemak tak jenuh yg mempunyai kegunaan untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi. Minyak Zaitun bisa meningkatkan kolesterol baik (HDL) sehingga mengonsumsinya sangat sehat bagi tubuh.

Konsumsi sekitar 2 sendok makan minyak zaitun yg setiap hari yg dicampur dengan kuliner Anda. Seperti Anda sanggup mencampurkan ke dalam sayuran.

Hanya saja minyak zaitun tinggi kalori, sehingga tidak baik mengonsumsi minyak zaitun secara berlebihan.

17. Mengkonsumsi Tomat
Tomat mengandung senyawa likopen berfungsi untuk kesehatan organ jantung. Manfaatnya bisa menurunkan resiko serangan jantung & stroke. Mengkonsumsi tomat secara rutin bisa menurunkan kolesterol jahat di dalam darah.

18. Ikan Salmon
Ikan Salmon mengandung Omega-3 yg mempunyai kegunaan untuk meminimalisir dilema kolesterol tinggi. Kandungan di dalam Ikan Salmon ini bisa, membantu menurunkan kadar trigliserida & meningkatkan kolesterol baik (HDL). hal ini baik untuk mencegah penyakit jantung.

Disarankan mengonsumsi ikan salmon minimal 2 porsi setiap minggu.

19. Teh Hijau
Minum teh hijau setiap hari bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi. Hal itu lantaran di dalam teh hijau mengandung senyawa yg bisa mencegah peresapan kolesterol di kanal pencernaan.

Manfaat lainnya, mengonsumsi teh hijau bisa mencegah terjadinya penimbunan plak di arteri, serta menurunkan risiko terkena stroke & serangan jantung.

20. Kacang Almond.
Sejumlah penelitian melaporkan bahwa terjadi penurunan kadar kolesterol jahat (LDL) sebesar 10% pada penderita yg mengkonsumsi almond, dibandingkan penderita yg tidak mengonsumsi almond.

21. Gandum
Penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi Gandum sanggup menurunkan kolesterol jahat sebesar 5,3% dalam hanya 6 minggu. Hal itu lantaran gandum mengandung beta-glukan, suatu zat yg berfungsi menyerap LDL.

22. Bawang Putih
Bawang putih sanggup mencegah terjdinya pembekuan darah, mencegah tekanan darah tinggi & mencegah penyakit jantung / stroke. Menurut Laporan National Institute of Integrative Medicine, menjelaskan bahwa ekstrak bawang putih efektif untuk mengatasi tekanan darah, & juga sebagai obat alami untuk menurunkan kolesterol.

Anda bisa, mengonsumsi bawang putih dalam bentuk kuliner menyerupai sup.

23. Kedelai
Kedelai kaya akan serat, rendah & tidak mengandung kolesterol. Pada penelitian yg dipublikasikan di The Journal of Nutrition. Menyebutkan bahwa penderita koleserol tinggi yg mengkonsumsi kedelai setiap harinya mengalami penurunan kolesterol jahat (LDL) hampir 10 persen.

Cara yg paling disarankan yaitu merebus kedelai untuk dikonsumsi. Anda juga sesekali bisa, menjadikan tahu sebagai pengganti daging. Tahu berasal dari bahan2 kedelai.

Referensi
Mengenai makanan-makanan yg sanggup menurunkan kadar kolesterol jahat menyerupai ikan salmon, alpukat, tomat, sayuran, dll. Anda bisa, melihat referensinya (untuk lebih jelasnya) di laman:

Ramuan Tradisional untuk Menurunkan Kolesterol

24. Rebusan Air Ketumbar
Kandungan alami di dalam ketumbar bisa, meningkatkan kolesterol baik (HDL) & mengurangi kolesterol jahat (LDL). Manfaat ketumbar juga membantu proses peresapan gula, yg bisa menurunkan resiko penyakit diabetes.

Cara:
  1. Masak 2 sendok ketumbar dengan 1 gelas air hingga mendidih.
  2. Saring, kemudian dinginkan air ramuan tersebut.
  3. Lalu minum pada pagi & sore hari.
  4. Untuk meningkatkan khasiat, maka Anda bisa, menambahkan madu / susu.

25. Minum Cuka Sari Apel
Cuka sari apel merupakan obat alami yg mempunyai kegunaan untuk mengatasi banyak gangguan penyakit. Penggunannya juga sanggup dikamulkan dalam perjuangan menurunkan kolesterol tinggi.

Hal itu lantaran cuka sari apel mempunyai kandungan asam yg tidak mengecewakan banyak. Akan tetapi, ramuan ini tidak boleh bagi penderita maag.

Cuka sari apel mempunyai zat antidioksi& berupa flavonoid yg bekerja untuk menghancurkan kolesterol jahat & trigliserida di dalam tubuh.

Adapun cuka sari apel yg disarankan Anda gunakan yakni yg berasal dari bahan2 apel murni, dengan kata lain tanpa a&ya adonan bahan2 lain.

Minum satu sendok teh cuka sari apel dengan segelas air hangat. Lakukan satu kali dalam sehari, selama 30 hari.

Anda boleh menambahkan sedikit jus jeruk / jus apel, jikalau kurang suka dengan rasa asam dari cuka ini.

26. Minum Teh Hitam
Minum teh hitam bisa menurunkan kolesterol.  Penelitian yg dilakukan oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat, menemukan bahwa minum lima cangkir teh hitam dalam satu ahad bisa menurunkan kadar kolesterol hingga 10%.

Anda bisa, mengonsumsi teh hitam setiap pagi / sore hari, hendaknya tanpa tambahan2 gula.

Mengatasi Kolesterol Tinggi dengan Obat
Dalam pengobatan, dokter umumnya menyarankan pasien semoga menggunakan obat penurun kadar kolesterol tingg. Berbagai jenis obat penurun kolesterol mempunyai fungsi yg berbeda-beda. Sehingga, semoga bisa, mengetahui jenis obat yg dibutuhkan untuk bisa, mengatasi kolesterol, maka konsultasikan dengan dokter.

Beberapa obat penurun kadar kolesterol tinggi yg diresepkan dokter yakni statin, aspirin, & ezetimibe.

Golongan obat Statin bekerja untuk memblokir enzim dalam hati yg bertugas memproduksi kolesterol, sehingga hal ini berguna untuk menurunkan kadar kolesterol.

Jika diresepkan oleh dokter, biasanya pasien akan mengonsumsi jenis obat statin seumur hidup. Dimana apabila konsumsi obat statin dihentikan, bisa, memicu kadar kolesterol kembali naik.

Beberapa jenis obat golongan statin yg diresepkan dokter menyerupai simvastatin, atorvastatin, & rosuvastatin.

Efek samping dari menggunakan obat golongan statin berupa gangguan perut & nyeri otot.

Selain statin, pinjaman jenis obat aspirin dengan takaran rendah mungkin diresepkan dokter. Tujuan pinjaman takaran rendah aspirin untuk mencegah terbentuknya gumpalan darah.

Terka&g pada sebagian pasien, penggunaan jenis obat statin bisa, berdampak jelek pada penyakit lainnya yg diderita. Dengan begitu, maka dokter mungkin meresepkan obat jenis ezetimibe.

Jenis obat ezetimibe berfungsi untuk mencegah terjadinya peresapan kolesterol di dalam usus yg berasal dari makanan.

Penderita mungkin diresepkan dokter untuk mengonsumsi ezetimibe & statin secara bersamaan, apabila dilema kadar kolesterol tinggi tidak mempan untuk diatasi hanya dengan obat statin.

Efek samping yg timbul dari kombinasi statin & ezetimibe yaitu gangguan pada perut / nyeri pada otot.

Menurunkan Trigiserida dengan Obat
Niacin umumnya diresepkan dokter bagi pasien yg mempunyai kadar trigiserida tinggi. Niacin yakni bentuk vitamin B yg terdapat pada kuliner maupun pelengkap multivitamin. Tetapi, penggunaan Niacin dalam takaran tinggi menjadikan timbulnya kemerahan pada kulit.

Niacin tidak dianjurkan bagi pasien yg mengalami sakit maag, sakit perut & gangguan pencernaan. Pasien yg diresepkan niacin, sebelumnya akan diminta menjalani tes darah semoga mengetahui kondisi organ hati berfungsi dengan baik.

Selain niacin, obat golongan fibrat juga mungkin diresepkan dokter untuk menurunkan kadar trigliserida tinggi.

Jenis Obat Kolesterol Generik & Paten
Mengkonsumsi obat penurun kolesterol yakni sebuah cara yg banyak dilakukan orang untuk menurunkan kolesterol tinggi. 

1. Obat Kolesterol Generik
Berikut beberapa golongan obat kolesterol generik yaitu :

-Golongan Statin
Jenis obat ini bekerja untuk menghambat sintesis kolesterol di hati. Yang termasuk golongan statin yaitu jenis obat:
  1. Simvastatin takaran 5-40 mg.
  2. Lovastatin takaran 10-80 mg.
  3. Pravastatin takaran 10-40 mg.
  4. Fluvastatin takaran 20-80 mg.
  5. Atorvastatin takaran 10-80 mg.

-Golongan Asam Fibrat
Golongan obat ini bekerja untuk membantu meningkatkan kinerja lipoprotein lipase. Selain itu berfungsi untuk menghambat produksi VLDL di hati & mengoptimalkan fungsi reseptor LDL. Jenis obat yg termasuk golongan asam fibrat, yaitu: 
  1. Gemfibrozil takaran 300 mg.
  2. fenofibrat takaran 160 mg.

-Golongan Asam Nikotinat
Golongan obat ini bekerja menurunkan produksi VLDL di hati, yg nantinya berguna dengan menurunnya kadar kolesterol jahat & trigliserida.

-Golongan Resin
Bekerja untuk mengikat asam empedu yg terdapat di dalam usus, & meningkatan proses pengubahan2 kolesterol di dalam hati menjadi asam empedu. Hal ini mempunyai kegunaan semoga kandungan kolesterol di organ hati. Jenis golongan obat resin yaitu:
  1. Kolestiramin, takaran 8-16 gram.
  2. Colestipol, takaran 10-20 gram.
  3. Colesevelam, takaran 6,5 gram.

-Golongan Penghambat Absropsi Kolesterol 
bekerja  untuk menghambat peresapan kolesterol dari usus, tetapi golongan obat ini tidak bekerja untuk mencegah peresapan trigliserida, asam lemak & asam empedu. Jenis obat golongan ini yaitu Ezetimibe 10 mg.

2. Obat Kolesterol Paten

-Golongan Statin, yaitu:
  1. COLESTAT (simvsastatin), 10 mg.
  2. KOLESKOL (pravastatin), 10 mg.
  3. LIPINORM (simvastatin), 10 mg.
  4. LOTYN (lovastatin), 10 mg.
  5. LIPITOR (atorvastatin), 10 mg, 20 mg, 40 mg.
  6. LITORCOM (atorvastatin), 10 mg, 20 mg.
  7. STATOR (atorvastatin), 10 mg, 20 mg.

-Golongan Asam Fibrat, yaitu:
  1. EVOTHYL (fenofibrat), 300 mg.
  2. FIBRAMED (fenofibrat,) 300 mg.
  3. LIFIBRON (gemfibrozil), 300 mg, 600 mg.
  4. YOSENOB (fenofibrat), 300 mg.
  5. ZUMAFIB (fenofibrat), 300 mg.

Penutup
Apabila tips-tips yg disebutkan di atas tetap tidak bisa menurunkan kadar kolesterol (tidak ada imbas positif yg dirasa), dimana risiko penyakit jantung dikhawatirkan mengintai, maka Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter.

Umumnya dokter melaksanakan pengobatan dengan memperlihatkan resep obat penurun kolesterol, menyerupai statin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "30 Cara Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi (Alami, Terapi & Obat)"

Posting Komentar