10 Tips Penting Mandi Yg Baik, Sehat & Menyenangkan

Mandi umumnya dilakukan sebanyak 2-3 kali dalam sehari, dengannya badan terhindar dari kotoran penyakit, & ba& juga menjadi segar.

Karena orang yg jarang mandi, beresiko besar terkena problem kesehatan kulit menyerupai kulit terasa gatal-gatal, & malas mandi ini buat kita menjadi terlihat kusam & kelihatan tidak segar...

...masalah lainnya yaitu merusak penampilan, serta dibayg-baygi penyakit kulit, kotoran, keringat & debu yg melekat pada kulit. 

 dengannya badan terhindar dari kotoran penyakit 10 Tips Penting Mandi yg Baik, Sehat & Menyenangkan

Mandi juga menjadi cara terbaik untuk relaksasi diri dari segala kepenatan aktivitas yg dilakukan dalam seharian, & juga membantu merefesh pikiran.

Yang menjadi masalah, mungkin  kita justru mencicipi sesuatu yg LEBIH BURUK sehabis melaksanakan Mandi, menyerupai muncul dilema kulit yg terasa kering, gatal, rambut terasa kusut & aneka macam dilema lainnya.

Masalah menyerupai itu bisa, terjadi lantaran metode & rujukan mandi yg kurang baik, entah itu dalam penggunaan sabun, shampoo & hal lainnya yg buat kita sehabis mandi, justru mencicipi hal-hal yg jelek setelahnya.

Menurut penelitian terbaru, memperoleh hasil penelitiannya bahwa mandi tidak hanya baik untuk membersihkan badan dari kotoran serta meminimalisir stress, tetapi mandi punya tugas yg besar dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu untuk membantu kulit terhindar dari penyakit menyerupai eksema & bahkan membantu dalam menyembuhkan dilema medis yg serius.

Pada sebuah studi yg diterbitkan di New England Journal of Medicine, disana dijelaskan bahwa penderita diabetes yg melaksanakan terapi berupa setengah jam berendam di dalam kolam air hangat, berhasil menurunkan tingkat gula darah sekitar 13 persen.

Penelitian lainnya yg terpisah dilakukan di Negara Jepang, hasil penelitiannya memperlihatkan bahwa 10 menit berendam dalam air hangat berguna untuk memperbaiki kesehatan jantung baik laki-laki maupun wanita, membantu dalam menjalani test olahraga menjadi lebih baik & mengurangi rasa sakit di tubuh.

Tips Mandi yg sehat & menyenangkan...

Langsung saja berikut di bawah ini tips mandi yg baik & benar, sehingga nantinya sanggup menyehatkan tubuh.

1. Jangan Mandi Terlalu Lama

Mandi memang hal yg harus dilakukan setiap hari, minimal dua kali dalam sehari, tetapi bila mandi terlalu usang justru merupakan hal yg tidak baik.

Apalagi untuk Kamu yg suka mandi berendam yg terlalu lama, yg malah menjadikan kulit menjadi kering nantinya, sehingga bukannya kulit menjadi sehat nantinya, malah sebaliknya.

Berdasarkan klarifikasi dari parah andal bahwa mandi itu hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit saja, bahkan itu sudah waktu yg paling lama.

Sehingga hindari mandi hingga setengah jam, bahkan lebih, selain menghabiskan waktu, juga tidak sehat.



2. Hindari mandi dengan air yg terlalu panas

Mandi dengan air yg sangat panas harus dihindari, lantaran air yg terlalu panas tersebut sanggup mengakibatkan kulit menjadi kering-kering.

Direkomendasikan mandi dengan menggunakan air biasa saja, kecuali bila memang udara yg dingin, sehingga Kamu merasa tidak kuat.

Untuk itu, Kamu bisa, mandi dengan menggunakan air yg panasnya suam-suam kuku saja. 

3. Sabun yg Lembut

Yang amat penting diketahui dalam membersihkan ba& ketika mandi dengan menggunakan sabun, maka usahakan untuk tidak menggunakan sabun yg berpotensi buat kulit menjadi kering & kasar.

Hendaknya menggunakan sabun yg mempunyai daya pembersih yg lembut, serta mempunyai tingkat pH yg seimbang, hal ini sangat perlu semoga kulit terhindari dari yg namanya iritasi.

4. Jangan membiasakan menggosok badan dengan handuk

Untuk poin keempat ini mungkin Kamu menganggapnya aneh, lantaran umumnya sehabis mandi maka pastinya akan menggunakan handuk, yg mungkin Kamu selalu lakukan selama ini (selama bertahun-tahun).

Penting diketahui, bahwa hal ini tidak baik dilakukan bila terlalu sering, dimana menggosokan badan ke handuk sehabis mandi sanggup merusak kulit, serta juga menghilangkan kelembapan.

Untuk itu jangan terlalu sering menggosokan handuk ke tubuh...

Atau sebagai cara amannya Kamu boleh sering menggunakan handuk, syaratnya gunakan handuk yg permukaannya sangat halus.

Selain itu bila tidak terburu-buru, Kamu bisa, mengganti kebiasaan menggosok menggunakan handuk diganti dengan menepuk-tepukan tangan pada kulit untuk mengeringkan ba&.

Dengan begitu, jangan lupa untuk menghindari mandi yg terlalu lama, hindari juga mengeringkan ba& dengan menggunakan handuk terlalu keras sehingga merusak ba&, serta hindari menggunakan sabun yg terlalu keras menekan pada kulit.

Adapun untuk keramas maka cukup maksimalnya 1 kali saja dalam sehari.

Loading...

5. Urutan mandi yg baik

Umumnya kebanyakan orang mandi dengan secara pribadi mengguyur semua belahan ba&, cara mandi menyerupai itu menimbulkan resiko kita bisa, terkena masuk angin & influenza...

Serta hawa panas badan menjadi “terperangkap” di dalam tubuh, yg dengan begitu keseimbangan hawa di dalam badan dengan lingkungan menjadi kurang baik.

Hal ini mengakibatkan badan menjadi gampang terjangkit penyakit & badan juga kurang nyaman jadinya.

Berikut di bawah ini cara mandi yg benar sehingga nantinya sanggup meningkatkan kesehatan tubuh:
  1. Pertama-tama menyiram badan mulai dari ujung jari kaki hingga ke arah atas hingga belahan lutut (bagian kanan & kiri sekaligus).
  2. Lalu menyiram air dari lutut hingga ke perut 
  3. Menyiram air mulai dari perut hingga ke pundak
  4. Menyiram air mulai jari ujung jari tangan hingga ke pundak
  5. Menyiram air dari leher hingga ke kepala. 
  6. Setelah itu gres Kamu bisa, dengan bebas mengenai / menyiram seluruh tubuh.

Dengan begitu, secara umum kita hendaknya mandi mulai dari belahan bawah terlebih dahulu, yg tujuannya semoga hawa panas badan nantinya terangkat ke belahan atas tubuh, semoga sanggup dengan gampang dibuang / keluar lewat lubang-lubang (rongga) tubuh, menyerupai melalui mulut, hidung & telinga. 

Juga ketika menyiram perut & dada maka seringnya akan mencicipi cuek / merinding, lantaran se&g bergeraknya hawa panas badan dari belahan bawah ba& ke belahan atas.

Dengan mandi menggunakan metode ini selama 3 bulan, maka Kamu akan mencicipi ba& menjadi lebih segar & ringan.

6. Menggunakan sabun yg mengandung scrub

Usahakan membeli & menggunakan sabun yg mengandung scrub, dimana khasiatnya  agar sel-sel mati pada badan mengelupas, sehingga dengan begitu semua kotoran & sel mati menjadi hilang / terbuang  dari tubuh.

7. Hindari terlalu sering menggunakan air panas

Terlalu sering menggunakan air panas, selain akhir buruknya yaitu mengeringkan kulit, air panas juga mengakibatkan minyak alami di dalam badan keluar sehingga buat pembuluh darah halus bisa, muncul di wajah.

8. Disarankan mandi menggunakan gayung

Hal itu lantaran mandi menggunakan gayung ternyata sanggup buat badan menjadi lebih bugar, serta menggunakan gayung akan lebih menghemat air dibandingkan dengan menggunakan shower..

9. Jika ingin juga mandi air hangat... maka bisa, diselang-seling saja mandi air biasa & air hangat

Kamu bisa, secara “bergantian” mandi menggunakan air biasa & air hangat, lantaran ini juga dinilai berguna untuk memperlancar sirkulasi & metabolisme darah di dalam tubuh,..

Sehingga sedikit banyak sanggup berguna untuk menghilangkan nyeri & rasa lelah berlebih, serta jiwa & badan menjadi lebih terasa segar.

Tetapi ingat, hindari selalu mandi dengan air hangat. Bahkan lebih bagusnya yaitu sering mandi dengan air biasa, sehingga mandi dengan air hangat sesekali saja.

[PENELITIAN]
Mandi air cuek lebih menyehatkan dari pada air hangat

Hasil penelitian yg dipublikasikan Healthmeup, bahwa mandi air cuek berguna untuk meningkatkan metabolisme, mencegah terjadinya cedera otot & mengatur kadar asam urat semoga tetap baik.

Manfaat mandi air cuek (biasa) selanjutnya yaitu untuk kesuburan pria. Yang sebaliknya, mandi air panas jutru tidak baik untuk testis Anda, lantaran bisa, menjadikan resiko penurunan jumlah sperma.

Manfaat selanjutnya yaitu membangun kekebalan & meningkatkan metabolisme tubuh. Dimana mandi air biasa sanggup meningkatkan sel darah putih, sehingga meningkatkan metabolisme. Yang setelahnya, meningkatkan panas badan & sistem kekebalan badan dengan melepaskan sel darah putih.

Saat badan disiram air dingin, secara otomatis badan nantinya menghasilkan panas, yg hal ini buat metabolisme badan cepat meningkat. Ketika kondisi ini, maka karbohidrat & lemak dibakar sehingga buat badan merasa hangat (padahal sebelumnya mandi air cuek / biasa).

Manfaat lainnya dari mandi air cuek yaitu menurunkan resiko badan terkena nyeri kronis & termasuk nyeri tubuh, meningkatkan kesehatan rambut, menjaga fungsi ginjal, menurunkan resiko pembengkakan, hingga berguna dalam mengatur sistem saraf otonomik.

10. Hindari mandi pada malam hari

Hal itu lantaran sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh, serta “mengun&g” aneka macam penyakit, disarankan mandi pada pagi & sore hari.

Apabila pada siang hari terasa sangat panas, maka Kamu bisa, mandi ringan pada siang hari yg sangat panas itu.



[UPDATE] 

Perhatikan 7 area badan penting dikala mandi:

  1. Leher. Apabila tidak higienis (dalam membersihkan leher) menjadikan kulit kemerahan, gatal, bersisik disebabkan kuman epidermofiton & trikofiton.
  2. Kaki. Apabila tidak higienis menjadikan kutu air / tinea pedis lantaran kuman epidermofiton & Trikofiton.
  3. Belakang Telinga. Apabila tidak higienis mengakibatkan bisul / impetigo, lantaran berkmbangnya basil stafilokokus aureus disana.
  4. ketiak. Apabila tidak higienis menjadikan timbulnya bisul, budukan & gatal akhir kuman pediculus humanus.
  5. Punggung. Apabila tidak hingga higienis menjadikan timbulnya panu.& jerawat di punggung.
  6. Lipatan Tangan. Apabila tidak hingga higienis bisa, buat belahan lipatan tangan mengalami kemerahan & gatal.
  7. Selangkangan. Apabila tidak hingga higienis menjadikan timbulnya, budukan, gatal akhir kuman phthirus pubis, kandidiasis (infeksi akhir jamur Candida), Tinea Cruris / kurap (akibat infeksi jamur dermatofita)

[UPDATE]
Tips mandi lainnya

Mandi untuk mengatasi stress
Ketika mengalami stress, depresi / pikiran yg berat, maka mandi air cuek bisa, menjadi pilihan yg sangat baik. Untuk temperatur yg dianjurkan yaitu sekitar 12-18 derajat Celsius. Mandi air cuek berguna untuk meredakan ketegangan.

Mandi untuk mengeluarkan racun
Untuk mengeluarkan racun maka yg disarakan mandi dengan air hangat, yaitu sekitar 32-35 derajat Celsius yg akan membuka pori-pori badan guna melancarkan proses mengeluarkan toksin (racun) dari alam tubuh.

Manfaat lainnya mandi air hangat yaitu membantu menurunkan tingkat gula darah, mengurangi nyeri akhir sakit otot & membantu menjaga kesehatan usus besar. Adapun waktu yg dianjurkan untuk mandi hangat yaitu selama 10-20 menit, jangan lebih dari itu lantaran justru kurang baik.

Mengatasi Eksema
Jika mengalami dilema kulit tertentu menyerupai eksema, ruam / gatal-gatal, maka bisa, memasukan baking soda (sodium bicarbonate) secukupya ke dalam kolam mandi, lantaran ternyata memperlihatkan khasiat yg besar.

Dimana zat sodium bicarbonate berperan sebagai antiseptik. Untuk melakukannya, isi air dengan air hangat kuku, sehabis itu masukan kira-kira satu pound baking soda, kemudian aduk hingga rata (bisa, menggunakan tangan).

Dianjurkan untuk berendam selama 10-20 menit. Jangan lebih dari itu.

Mengatasi flu & Sakit Kepala
Dengan hanya berendam kaki dalam air hangat memperlihatkan khasiat untuk membantu mengatasi penyakit sakit kepala & flu, disamping juga pastinya akan menyegarkan kaki.

Untuk melakukannya, hanya perlu memasukan air hangat dalam bak, tidak usah banyak-banyak yg  penting bisa, menutupi kaki, sehabis itu masukan beberapa tetes minyak, menyerupai lavender, peppermint maupun lemon.

Adapun waktu merendam kaki yaitu 10-20 menit, sehabis itu cuci dengan menggunakan air cuek / biasa.

Insomnia
Merendam kaki menggunakan air cuek mempunyai khasiat untuk mengatasi dilema insomnia / dilema susah tidur di awal malam.

Kamu hanya perlu memasukan kaki hingga kaki terasa dingin, lakukan beberapa menit saja, jangan lama-lama, sesuai dengan kemampuan kaki, bila kaki sudah terasa kedinginan / tidak nyaman maka segera hentikan.

Dengan melaksanakan ini juga berguna untuk mengatasi kaki lelah.

Semoga berkhasiat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Tips Penting Mandi Yg Baik, Sehat & Menyenangkan"

Posting Komentar