28 Cara Mengatasi Penyakit Kulit Eksim (Penyebab & Ciri-Ciri Khasnya)

Eksim merupakan sebuah kelainan (penyakit) kulit kronis yg menjadikan potongan badan yg terkenanya akan terasa gatal.

Eksim terjadi lantaran pera&gan pada lapisan kulit, baik itu di lapisan epidermis maupun dermis.

Penyebab penyakit eksim di kulit (salah satunya) lantaran alergi. Eksim sebuah kondisi kulit yg ibarat aleregi, berupa kemerah-merahan & bersisik.

Penyakit eksim (istilah kedokteran disebut ra&g di kulit), dipicu lantaran a&ya zat asam yg berlebihan pada kelenjar getah bening. 

Penyebab lainnya lantaran terjadinya proses detoksifikasi pada badan melalui ginjal & lambung, yg melalui pori-pori kulit, sehingga bisa, memicu eksim..

Tkamu-tkamu dari eksim mirip kulit yg kemerah-merahan, juga sanggup berbentuk kulit yg kering, tetapi basah.

Ciri-ciri eksim juga sanggup berbentuk tebal & bersisik...Biasanya orang yg gres terkena eksim, warna kulitnya agak lebih merah, kemudian juga agak basah, yg juga disertai bengkak.

Adapun pada tahapan kronis / sudah lama, maka kulit akan lebih tebal, bersisik, kering, & warnanya agak kehitaman. Selain itu bisa, timbul bentuk gelembung-gelembung pada kulit.

Juga karakternya eksim ialah terjadinya inflamasi, ialah reaksi badan terhadap benda asing, yg ditkamui dengan rasa panas, bengkak, nyeri, & gangguan. Dampaknya bisa, buat potongan organ badan tidak bisa, difungsikan secara maksimal.

 kulit kronis yg menjadikan potongan badan yg terkenanya akan terasa gatal 28 Cara Mengatasi Penyakit Kulit Eksim (Penyebab & Ciri-ciri khasnya)

Gambar diatas, salah satu bentuk dari penyakit kulit eksim

Adapun eksim pada bayi biasanya muncul di pipi, dahi & kulit kepala. Kulit terasa gatal, tampak kemerahan, bersisik / ka&g terlihat agak basah, & bila digaruk mengakibatkan kerusakan pada barier kulit, bisa, berdampak jelek berupa infeksi akhir kuman.

Eksim merupakan pera&gan yg menahun, yg terjadi  pada lapisan atas kulit, yg mengakibatkan rasa gatal yg sangat. 

Eksim merupakan penyakit hipersensitif sehingga sering terjadi pada penderita rhinitis alergika, / penderita asma alergi.

Beberapa andal kesehatan meragukan eksim berhu.bungan dengan kondisi daya pertahanan badan (imun) yg berlebihan. Sehingga badan akan mengalami reaksi berlebihan terhadap basil / iritan yg bergotong-royong tidaklah berbahaya pada kulit...

...oleh lantaran itu, eksim sering ditemukan pada penderita yg mempunyai riwayat penyakit alergi / asma.

Penyebab Eksim

Adapun penyebab niscaya penyakit eksim hingga dikala ini masih belum diketahui. Sebagian para andal beropini bahwa eksim ini diturunkan secara genetik.

Demikian juga kondisi lingkungan dengan banyak sekali bahan2-bahan2 kimia mirip sabun, asap rokok, parfum, terlalu sering berada di ruangan ber-AC (dengan suhu di bawah 18 derajat Celsius), & sering menggunakan pakaian dari wol, ini semua menjadi pemicu dari terjadinya eksim.

Faktor yg memicu terjadinya penyakit eksim kering yg ditularkan lewat media seperti:
  1. Sabun /pun detergen
  2. Kain dari wol /pun jenis kain yg kasar
  3. Debu
  4. Alat kecantikan (Kosmetik)
  5. Perhiasan imitasi
  6. Daerah lembab pada kulit
  7. Kandungan yg tinggi zat kimia

Perlu diketahui, penyakit eksim ini gampang sekali menular, mirip menggunakan perperalatanan mandi secara bersamaan, pemakaian baju & celana yg telah terinfeksi, bersentuhan kulit pnderita, yg pada dasarnya terkena dengan potongan kulit eksim sehingga menyebar.

Timbulnya eksim pada bayi biasanya disebabkan perubahan2 kebiasaan makan, kemudian juga kebiasaan mengganti-ganti merek susu formula...

Selain itu bayi yg tidak mendapat konsumsi ASI yg cukup. Faktor lainnya ialah berupa perubahan2 cuaca, banyak keringat, sifat alergi terhadap sesuatu, & debu di rumah.

Tips Mengatasi & Mencegah Eksim


1. Cari tahu pemicu kulit eksim.

Perhatikan apa yg Kamu makan? 

Ketika tanda-tanda penyakit Eksim muncul mirip terasa gatal / muncul warna merah. Segera eksklusif diingat-ingat sebelumnya, apa yg dimakan & dikenakan pada tubuh, kemudian cepat hindari hal tersebut, biar tidak terulang munculnya rasa sangat gatal di kemudian hari.

Umumnya pemicu eksim berbeda-beda bagi setiap orang. Satu orang mungkin sensitif dari bahan2 wol, sementara orang lainnya sensitif terhadap bahan2 kimia dalam parfum. Karena pemicu eksim setiap orang tidak benar-benar diketahui. Kamu perlu mencari tahunya sendiri. 

Kamu bisa, mencatat masakan apa yg dimakan dalam satu hari, & ketahui & catat perubahan2 yg terjadi.

2. Gunakan produk Salep88 (harganya murah, & dijual di warung)

Ada dongeng konkret seseorang yg sembuh dari Eksim (minimal gatalnya berkurang), yg sebelumnya eksim sangat terasa gatal di potongan selangakangan, akan tetapi kini sudah berkurang gatalnya & semakin terus berkurang, dengan menggunakan Salep 88.

Kamu bisa, mencobanya dengan mengoleskan sedikit saja (jangan banyak-banyak, lantaran tidak mengecewakan panas salep ini) ke potongan yg gatal.

Salep 88 tersebut umumnya banyak dijual di warung, gunakan tetapi JANGAN BERLEBIHAN & jangan terlalu sering, cukup mengoleskan maksimal sebanyak 2-3 kali dalam sehari.


3. Segara basuh pakaian penderita

Penting untuk mencuci pakaian dalam dengan segera (sehabis digunakan), tujuannya mencegah berkembangnya jamur pada tumpukan pakaian yg kotor.

Sehingga PENTING memisahkan antara pakaian (baju & celana) penderita eksim dari yg lainnya. Supaya jamur tidak menyebar.

4. Menjaga kulit tetap lembap & bersih

Ganti pakaian yg lembab / berair lantaran keringat.

Gunakan pelembap & tidak perlu mandi dengan air panas, cukup gunakan air biasa. Tetapi bila ingin mandi air panas maka tidak mengapa, lantaran ada yg menyampaikan air panas baik untuk membunh kuman.

5. Jika berolahraga...

Setelah berolahraga yg biasanya mengeluarkan keringat berlebihan. Penting mencuci pangkal paha & pantat & sekitar dubur hingga higienis dengan air sabun.

Kenakan pakaian longgar, hindari pakaian yg terbuat dari kain yg menimbulkan gatal, mirip wol. Kain bertekstur lembut mirip kain katun & sutra yg mengiritasi kulit.

Saat berolahraga, kenakan pakaian olahraga yg bisa menjaga suhu kulit tetap dingin. Untuk menghindari berkeringat yg terlalu banyak, yg melekat pada kulit eksim sehingga memperparah penyakit eksim.

6. Ganti pakaian (celana & baju) sehabis mandi

Selalu mengganti pakaian sehabis mandi, serta sehabis bekerja di luar rumah (apalagi bila hingga mengeluarkan kehingat, bahkan badan kotor), sehingga balasannya sanggup terhindar dari jamur yg sanggup menyebar ke tubuh.

7. Gunakan pakaian yg longgar

Meminimalisir kelembaban di sekitar pangkal paha dengan menggunakan pakaian longgar & berbahan2 kapas, tujuannya untuk menyerapan keringat dengan lebih mudah. Sehingga timbulnya penyakit eksim sanggup terminimalisir.

Menghindari pakaian dengan serat sintetis, serta secara umum hindari pakaian yg gampang mengeluarkan keringat di potongan lekukan tubuh, mirip selangkangan dll

8. Hindari (/ jangan biasakan) menggaruk

Eksim memang selalu menimbulkan rasa gatal pada kulit, tetapi menggaruknya sanggup memperburuk kondisi eksim, yg berisiko buat kulit semakin terinfeksi bakteri.

Khususnya pada anak-anak, penting untuk potong kuku untuk mengurangi risiko kerusakan kulit lantaran menggaruk. Adapun pada bayi, maka bisa, dengan menawarkan sarung tangan biar garukannya tidak buat kulitnya terluka.

Loading...

9. Makanan yg tidak boleh untuk penderita eksim 

Makanan yg memperparah iritasi kulit & eksim yg diderita, mirip telur, kacang-kacangan, susu (susu sapi terutama), ragi, kacang kedelai, teung terigu & alkohol.

Ubah hidangan masakan yg menjadikan kondisi semakin jelek pada eksim yg diderita. Termasuk perlu membatasi (jangan sering) mengkonsumsi daging, terutama ikan yg bisa, brdampa jelek pada eksim.

Kurangi susu & produk olahan susu. Susu sapi termasuk pemicu utama eksem, Susu sapi mempunyai pH yg cukup asam yg bisa, memperparah penyakit eksim.

Ada banyak pengganti susu sapi, Kamu boleh konsumsi kopi tanpa susu. Diperbolehkan sesekali mengkonsumsi susu kambing, domba, / kerbau (jangan susu sapi).

Menghentikan konsumsi produk olahan susu maka perlu menggantinya dengan sumber kalsium & vitamin D lainnya, mirip sayuran berdaun hijau, kale / almon.

10. Gunakan humidifier untuk kelembaban udara

Udara kering di kamar & rumah sanggup memperparah eksim, lantaran kulit mengalami kehilangan cairan tubuh & pecah-pecah. Untuk mengatasinya bisa, dengan peralatan humidifier udara, yg fungsinya untuk menawarkan kelembapan di udara & kulit tubuh.

Selain itu, Kamu bisa, melembapkan udara di ruangan tanpa perlu membeli humidifier. Dimana dengan flora di dalam ruangan sudah mencukupi untuk meningkatkan kelembapan secara alami. Kamu bisa, menerapkan hal ini.

11. Jagalah kebersihan rumah

Hindari materi penyebab alergi mirip tungau debu, bulu hewan, serbuk sari .bunga & jamur yg bisa, memicu rasa gatal akhir eksim.

Untuk lebih mudahnya Kamu bisa, menggunakan penyedot debu dengan saringan yg rapat, Kamu perlu sering-sering membersihkan ruangan rumah.

12. Jaga berat ba&

Berat ba& yg berlebih beresiko menimbulkan sering terjadi ukiran kulit, yg bisa, mengakibatkan eksim bertambah parah. Dimana  makanan bisa, menjadi pelopor munculnya eksim. Faktor-faktor ini berbeda-beda antara satu orang dengan orang lainnya.

Hindarilah masakan yg diproses sebisa, mungkin. Utamakan menentukan yg bahan2 organik / alami, mirip buah-buahan & sayuran segar. kurangi konsumsi daging merah dalam perjuangan diet.

Disarankan rajin mengonsumsi kandungan omega-3 untuk menjaga kelembutan & kelembapan kulit.

13. Minum tambahan alami. 

Ada banyak tambahan alami untuk meredakan tanda-tanda eksem, berikut klarifikasi menurut jenis kandungan:

Asam lemak berkhasiat untuk mengurangi kulit kering &pera&gan, Asam lemak omega-3 berguna sebagai antiinflamasi.

Adapun asam lemak omega-6 malah bisa, memicu pera&gan. Sebuah penelitian memperlihatkan bahwa 1,8 gram EPA (suatu senyawa asam lemak omega-3) yg diminum setiap hari selama 12 minggu, berguna untuk mengurangi eksem.

Vitamin A, D & E berguna untuk mengembalikan kelembapan kulit, memacu produksi kolagen, & melindungi badan dari radikal bebas.

Asam gamma linolenat diyakini sanggup meredakan pera&gan kulit & memperbaiki keseimbangan lipid di dalam kulit.

14. Mewaspadai sinar matahari. 

Terkena matahari bisa, menjadikan banyak berkeringat yg keluar. Walaupun bergotong-royong sinar matahari membantu untuk meringankan tanda-tanda eksim atopik, akan tetapi usahakan untuk menghindarinya dari kulit terbakar sinar matahari, & juga keringat berlebih yg keluar dari kulit.

15. Menghindari stres.

Stres ternyata mempunyai hu.bungan dengan eksim. Kondisi jiwa yg stres bisa, menjadikan kondisi ruam eksim semakin memburuk. Sehingga selain kesehatan tubuh, juga penting menjaga kesehatan pikiran & jiwa guna terhindar dari rasa stres & depresi.

16. Gunakan obat Pelembap

Pelembap emolien berfungsi untuk mengurangi hilangnya cairan badan dari kulit, yg bekerja untuk buat lapisan pelindung di atas kulit. Dimana kulit kering akhir eksim maka perlu dijaga kondisinya biar tetap lembap.

Terdapat banyak produk pelembap yg dijual di pasaran. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk bisa, mengetahui pelembap yg baik, kondusif & cocok dipakai olehmu.

Pelembap boleh dipakai bersamaan dengan obat oles steroid, terutama ketika terjadi pera&gan pada kulit. Penggunaan produk pelembap sangat disarankan ketika eksim kambuh, yg ketika itu kulit sangat butuk dengan kondisi kelembapan.

loading...

17. Obat oles & tablet kortikosteroid

Ketika kulit mengalami inflamasi, obat oles kortikosteroid bisa, dipakai dalam mengatasinya. Kerja obat ini akan meminimalisir duduk perkara inflamasi pada kulit tersebut. Dalam penggunaan obat oles kortikosteroid, maka perlu diresepkan sesuai dengan kondisi eksim.

Dalam penggunannya, Kamu perlu mengIkuti ajuan dokter untuk lebih amannya, selain itu penting untuk membaca petunjuk yg biasanya terdapat pada pada produk kemasan, sehingga sanggup menghindari hal-hal yg tidak diinginkan.

Obat oles kortikosteroid unya imbas samping, ialah menimbulkan resiko penipisan lapisan kulit. Efek samping lainnya dari tablet kortikosteroid ialah hipertensi & osteoporosis.Sehingga penggunaan tablet kortikosteroid biasanya diresepkan dokter hanya dalam jangka pendek.

18. Penggunaan antihistamin

Ketika di dalam badan terdapat unsur yg mengakibatkan reaksi alergi maka badan melepaskan histamin, yg memicu terjadinya beberapa tanda-tanda kulit mirip ruam, gatal-gatal & pembengkakan. Dengan penggunaan antihistamin, mempunyai khasiat sebagai obat menghentikan imbas histamin tersebut di dalam darah.

19. Penggunaan antibiotik

Apabila tanda-tanda ruam / luka eksim terlihat mengalami infeksi, maka biasanya dokter akan meresepkan antibiotik. Apabila kondisi infeksi kulit cukup besar, maka biasanya dokter akan meresepkan obat berupa tablet / kapsul antibiotik

Adapun bila kondisi iinfeksi kecil, biasanya dokter menawarkan resep antibiotik yg hanya berupa bentuk krim / salep, yg dioleskan pada tempat kulit yg terinfeksi (obat luar).

Cobalah lemon ke kulit eksim (hati-hati penggunannya)
Caranya, pertama-tama potong lemon menjadi dua bagian, kemudian letakkan / tempel ke potongan kulit yg terkena eksim.

Melakukan ini menawarkan efek, kulit mungkin akan terasa sedikit menyengat, tetapi penggunaan lemon hanya bisa, terasa perih ketika menggaruk kulit...

...sehingga pastikan dalam penggunaan lemon ini, kulit tidak ada yg lecet lantaran garukan / semacamnya, untuk meminimalisir rasa perih.

Rasanya sedikit perih dari penggunan lemon mempunyai khasiat untuk mengatasi pera&gan di bawah kulit.

20. Konsultasi ke dokter

Untuk menghilangkan rasa gatal, maka biasanya dokter akan menawarkan antihistamin, yg sanggup mengurangi rasa gatal, sehingga sanggup lebih nyaman.

Adapun Eksim pada bayi sanggup diatasi dengan krim anti inflamasi yg dengan resep dokter, krim ini bertujuan untuk menghilangkan kemerahan & pembengkakan pada kulit.

Tips Lainnya...

21. Menghindari benda yg mengakibatkan iritasi. Sabun & parfum yg buat kulit kering, pakaian & kain yg buat kulit terasa gatal.

22. Jangan bertukar pakaian & handuk pada penderita eksim. Handuk penderita eksim jangan hingga dipakai orang lain.

23. Setelah mandi, keringkan kulit menggunakan handuk yg lembut & tidak mengakibatkan kulit iitasi.

24. Jika terdapat luka, maka hindari digosok / diraruk dengan apa pun

25. Disarankan menggunakan pelembap kulit sehabis mandi, biar kelembapan kulit terjaga


26. Disarankan mengunjungi dokter ketika timbul rasa gatal yg sangat mengganggu, terutama bila tidak teratasi dengan penggunaan obat / losio oles. Sehingga mungkin diharapkan obat dalam untuk mengatasinya, yg tentunya sesuai dengan resep dokter.

27. Tidur dengan teratur. Apabila sulit tidur, maka bisa, mandi berendam sebelum tidur. Selain itu usahakan biar kondisi kamar tidur Anda cenderung hambar guna menghindari keringat di malam hari, serta matikanlah hindari gadget, TV, dsb, satu jam sebelum tidur.

28. Selalu berdoa kepada Allah, biar menawarkan izin kesembuhan bagi Kamu & orang-orang lainnya yg menderita eksim.

Semoga berkhasiat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "28 Cara Mengatasi Penyakit Kulit Eksim (Penyebab & Ciri-Ciri Khasnya)"

Posting Komentar