12 Tips Mencegah Penyakit Liver [Penyebab & Pengobatannya]

Sangat ulet beraktifitas terka&g tanpa sadar sudah buat liver (hati) bekerja terlalu keras, yg melebihi kapasitas kinerja dari yg seharusnya.

Liver (hati) yaitu organ yg mempunyai fungsi paling penting, yaitu untuk membuang racun dari dalam tubuh, membentuk antibodi badan untuk pertahanan dari serangan penyakit, tubuh, & membantu proses metabolisme tubuh.

Untuk itu, sangatlah penting menjaga kesehatan hati. Termasuk menjaga kesehatan hati yaitu mengetahui penyebab, gejala-gejala & cara mencegah penyakit liver.

Organ hati juga berfungsi untuk membantu proses pencernaan makanan. Sehingga, dikala organ hati mengalami masalah, menjadikan sistem pencernaan serta fungsi membersihkan racun tidak bekerja optimal.

Ada cukup banyak hal yg sanggup menjadi penyebab penyakit liver, hal-hal yg berkembang di masyarakat memunculkan mitos, beberapa mitos tidak sepenuhnya salah, hanya perlu diluruskan biar lebih jelas.

 Sangat ulet beraktifitas terka&g tanpa sadar sudah buat liver  12 Tips Mencegah Penyakit Liver [Penyebab & Pengobatannya]

Beberapa anggapan yg berkembang di masyarakat yaitu:
1. Kurangnya istirahat, penyebab ini tidak sepenuhnya tepat. Keadaan badan yg kurang istirahat memang tidak baik, tetapi hal ini tidak pribadi mengakibatkan penyakit liver. Hanya saja, kurang istirahat mengakibatkan badan tidak fit, yg meningkatkan risiko terkena penyakit. 

2. Konsumsi obat yg terlalu banyak & lama, hal ini benar, dengan syarat jikalau mengkonsumsi obat di luar ajuan dokter, yg mengakibatkan resiko mengkonsumsi obat yg salah, obat terlalu keras, /pun jumlah & jangka waktunya konsumsi obat yg melebihi batas yg diperbolehkan. 

3. Mengkonsumsi parasetamol, hal ini juga ada benarnya, keseringan konsumsi parasetamol intinya tidak menjadi penyebab penyakit liver, tetapi jikalau konsumsi jumlah yg besar (berlebihan) dalam sehari, bisa, mengakibatkan penyakit liver.

Penyebab penyakit liver

1. Terjadinya infeksi
Infeksi menjadi penyebab utama dari penyakit liver. Virus yg menjangkiti mengakibatkan penyakit liver. Virus hepatitis terbagi 5 jenis yaitu Hepatitis A, B, C, D & E.

Hepatitis A yaitu jenis virus yg penularannya didapatkan melalui makanan. Sehingga mencegahnya dengan cara menghindari mengkonsumsi kuliner di yg tidak higienis & tidak sehat. Virus ini juga menjadi penyebab penyakit kuning.

Adapun Hepatitis B & C menginfeksi badan insan melalui darah /pun cairan tubuh. Resiko tinggi virus menjangkiti badan lantaran kegiatan penggunaan obat terlarang menggunakan jarum suntik, sikap jelek seksual, yg mengakibatkan tingginya tingkat penularan virus jenis ini.

Infeksi virus Hepatitis B / C yg sulit ditangani, jikalau kondisi penyakit liver sudah masuk stadium akhir.

2. Kebiasaan jelek mengkonsumsi alkohol
Kebiasaan konsumsi alkohol mengakibatkan hati menjadi berlemak, yg terkena resiko tinggi badan terkena penyakit liver tingkat akut.

Masalah ini masih jarang terjadi di Indonesia, lantaran kesadaran yg baik dari masyarakat di Indonesia, yg kebiasaan mengkonsumsi alkohol di Indonesia sangat rendah.

Sehingga jarang penduduk Indonesia yg terkena penyakit liver lantaran konsumsi alkohol.


3. Kelainan sistem kekebalan tubuh
Seseorang juga sanggup terkena penyakit liver lantaran terjadinya kelainan pada sistem kekebalan tubuh, akhir sistem kekebalan badan yg lemah, kondisi ibarat ini bisa, meningkatkan resiko terkena penyakit liver.

4. Faktor keturunan / genetika
Untuk duduk kasus ini terjadinya lantaran penyakit hati bisa, menular melalui pedoman darah, Penyakit liver sanggup menjangkiti seseorang lantaran faktor keturunan, dimana a&ya gen abnormal yg berasal dari salah satu orang tua, sehingga meningkatkan resiko penyakit hati. 

Beberapa penyakit hati yg terjadi dari lantaran keturunan yaitu: hemochromatosis, hyperoxaluria & oxalosis, & penyakit wilson

5. Batu empedu
Batu empedu yg tertimbun di dalam kantung empedu menawarkan resiko penyakit kuning, kondisi itu menjadikan terjadinya sumbatan pada susukan pengeluaran empedu, yg jadinya empedu sulit bahkan tidak bisa, untuk dibuang melalui usus.

Kemudian, cairan empedu itu bisa, naik ke liver, sehingga mengakibatkan kerusakan pada organ hati.

Empedu yg tidak bisa, / sulit dibuang menjadikan kulit menjadi berwarna kuning. Untuk menghadapi duduk kasus ini, perlu secepatnya berkonsultasi ke mahir kesehatan / dokter.

6. Penyakit Liver Karena Kanker
Kanker sanggup menjadi lantaran rusaknya organ hati / liver, keganasan penyakit kanker ini menjadikan menurunnya fungsi hati, yg secara umum beresiko membahayakan seluruh anggota tubuh. 

Beberapa jenis penyakit liver yg terjadinya lantaran dipicu penyakit kanker yaitu: kanker hati, kanker susukan empedu & hati adenoma.

7. Karena tumpuan hidup yg tidak sehat
Kebiasaan yg buat seseorang sangat gampang terkena penyakit liver, yaitu kebiasaan yg buruk, yg WAJIB dihindari, ibarat merokok, minum alkohol, minum minuman keras, mengonsumsi kuliner tidak sehat (utamanya ibarat junk food & fast food)...

...konsumsi kuliner berminyak berlebihan (seperti gorengan), mengkonsumsi kandungan lemak yg berlebihan, sering bega&g hanya untuk melaksanakan hal yg tidak penting, & minum-minuman bersoda.

Gejala awal (karakter) penyakit liver:
  1. Perut cenderung berkembang menjadi lebih buncit, hal ini lantaran tejadinya pembengkakan di tulang rusuk serpihan kanan bawah.
  2. Sering nyeri pada area perut, bahkan terka&g hingga bengkak
  3. Tubuh terlalu gampang & lelah (yg tidak wajar)
  4. Timbul rasa mual & muntah
  5. Terjadi perubahan2 warna kulit & mata menjadi warna agak kekuning-kuningan. Inilah yg sering disebut oleh masyarakat sebagai penyakit kuning
  6. Air seni berubah warna menjadi kuning gelap
  7. Terjadi perubahan2 pada bentuk kuku menjadi lebih melengkung & mengalami keputihan
  8. Menurunnya nafsu makan lantaran berat ba& yg menurun
  9. Sering mengalami mimisan
  10. Tubuh gampang memar (karena kekurangan zat protein)
  11. Terlalu sering buang air kecil.
  12. Tubuh gampang merasa dahaga.
  13. Bau pada mulut
  14. Bau ba& yg tidak sedap.
  15. Mengalami anemia
  16. Kulit & mata cenderung berwarna kekuningan 
  17. Terjadinya nyeri pada organ perut, bahkan mengalami pembengkakan 
  18. Terjadinya pembengkakan pada serpihan kaki, terka&g pada pergelangan kaki 
  19. Kulit yg terasa sering gatal 
  20. Warna tinja yg pucat, bahkan terka&g bisa, disertai dengan darah 

Pengobatan penyakit liver

Usaha untuk mengatasi penyakit liver sangatlah penting Hal mengerikan dari penyakit liver yaitu terjadinya sirosis / yg sering disebut dengan pengerasan liver, lantaran terjadinya duduk kasus komplikasi, demikian juga duduk kasus kanker liver yg tidak kala bahayanya.

Untuk mengatasi penyakit liver tergantung dari penyebabnya, apabila penyakit liver yg terjadi lantaran infeksi bisa, diatasi dengan menggunakan obat-obatan anti-virus.

Adapun untuk penyakit liver lantaran kebiasaan jelek mengkonsumsi alkohol yaitu dengan menghentikan konsumsi alkohol, itu yg paling penting, sembari melaksanakan konsultasi ke ahlinya.

Adapun jikalau sudah hingga tahap kerikil empedu, maka penting untuk berkonsultasi ke dokter, sehingga mendapat penanganan yg tepat.

Untuk menjaga kesehatan organ hari / liver ini tidaklah rumit, dimana kita hanya perlu mengkonsumsi kuliner yg sehat, yg juga rendah lemak, kemudian hindari minum alkohol & merokok.

Loading...

Pengobatan dengan cara tradisional menggunakan tanaman-tanaman, yg masih sangat dipercaya oleh masyarakat, yaitu:

1. Menggunakan temulawak
Temulawak banyak dipercaya masyarakat untuk mengobati penyakit liver secara ampuh. Kandungan di dalam temu lawak dinilai brkhasiat untuk memperkuat sel-sel liver & menjaga daya tahan tubuh.

Kandungan curcumin di dalam temulawa, buatnya bisa mencegah terjadinya pera&gan & anti hepatotoksik, yg sangat penting dalam menjaga kesehatan hati.

2. Dengan daun sambiloto

 Sangat ulet beraktifitas terka&g tanpa sadar sudah buat liver  12 Tips Mencegah Penyakit Liver [Penyebab & Pengobatannya]

Dengan kandungan zat andrographolid di dalamnya, memang akan menawarkan rasa pahit ketika mengkonsumsi pada daun sambiloto.

Tetapi mempunyai khasiat yg penting, fungsi zat andrographolid ini untuk menghancurkan inti sel tumor, & menjaga kemampuan daya tahan tubuh.

3. Dengan kunyit
Fungsi tumbuhan kunyit yg sudah sangat dikenal yiatu mengatasi pera&gan & pembengkakan. Kunyit mempunyai kandungan kurkimin yg mempunyai kegunaan untuk menyembuhkan penyakit liver.

4. Buah Malaka untuk kesehatan liver
Buah malaka mempunyai kegunaan membantu mengobati penyakit liver pada anak & orang dewasa. Selain itu mempunyai beberapa khasiat lainnya yaitu untuk kesehatan mata, mencegah katarak / rabun, membantu perembesan kalsium pada badan sehingga untuk memperkuat tulang & gigi, mengobati diabetes, & membersihkan ginjal.

Kandungan Vitamin C & anti oksi& yg tinggi di dalam buah malaka mempunyai kegunaan untuk menghambat pertanaman sel-sel kanker yg berjulukan sel karsinogenik, & mengatasi radikal bebas yg menyerang organ hati.

Rajin mengkonsumsinya menawarkan khasiat untuk kesehatan liver (hati). Kandungan seratnya yg tinggi mempunyai kegunaan memperlancar pencernaan & untuk membersihkan usus. Cara mengolah buah malaka untuk penyakit liver sirosis:

Pertama-tama basuh beberapa buah malaka & keluarkan bijinya, kemudian masukkan ke dalam blender.

Tambahkan 1 sendok teh madu biar lebih nikmat, & menghilangkan rasa asam & getirnya. Setelah itu Kamu tinggal mengkonsumsi jus buah ini, disarankan 4-7 kali dalam seminggu.

Pencegahan penyakit liver

1. Batasi asupan cairan sodium
Cairan sodium yg berlebihan dikonsumsi berakibat meningkatkan resistensi cairan, yg menawarkan resiko pembengkakan.

Sodium tolong-menolong merupakan mineral yg diharapkan untuk menjaga tekanan darah & keseimbangan cairan normal didalam tubuh, & transmisi impuls saraf.

Membatasi asupan sodium, maka perlu membiasakan diri membaca label kuliner untuk menilik tingkat sodium per porsi, menentukan pilihan kuliner dengan kandungan sodium rendah.

Beberapa jenis kuliner yg tinggi kandungan sodium, yg perlu dibatasi konsumsinya yaitu garam, sup sayuran dalam kaleng, daging olahan, bumbu tertentu, keju & jens-jenis kuliner ringan.

Saat kondisi liver mengalami masalah, mengakibatkan sistesis protein menurun di dalam hati, menjadikan kemampuan darah untuk mempertahankan cairan akan menurun.

Saat mengalami kerusakan hati, kemungkinan dokter akan meminta untuk mengurangi asupan natrium biar tidak lebih dari 1.500 mg dalam sehari.


2. Konsumsi bawang putih
Bawang putih merupakan rempah dapur dengan banyak khasiat kesehatan, salah satunya mengaktifkan enzim di dalam hati, guna membantu badan mengeluarkan racun.

Bawang putih juga mengandung senyawa selenium & allicin yg mempunyai kegunaan untuk membantu pencucian organ hati. Untuk itu, sertakan bawang putih di dalam kuliner yg Anda konsumsi 

3. Jeruk bali
Jeruk bali punya kadar antioksi& & vitamin C yg tinggi, yg sangat penting untuk mencegah penyakit liver,  kandungan senyawa di dalam jeruk bali lainnya mempunyai kegunaan membersihkan hati secara alami.

Mengonsumsi segelas air jeruk bali sudah sanggup mempunyai kegunaan untuk meningkatkan jumlah produksi enzim detoksifikasi, yg dengan begitu proses pengeluaran racun serta karsinogen akan semakin meningkat.

4. Wortel
Wortel mengandung senyawa beta-karoten serta flavonoid yg mempunyai kegunaan untuk membantu badan dalam merangsang & meningkatkan fungsi organ liver (hati).

5. Teh hijau
Teh hijau juga sangat mempunyai kegunaan untuk kesehatan organ hati, kandungan antioksi& berupa catechin berguna untuk untuk membantu kinerja organ hati. Manfaat teh hijau yg paling terkenal yaitu baik untuk perjuangan diet tubuh.

6. Sayuran hijau
Sayuran berdaun hijau bisa menjaga kesehatan liver dari banyak sekali penyakit. Hal itu kandungan klorofil yg tinggi di dalam sayuran yg berfungsi untuk menghisap racun di dalam pedoman darah.

Sayuran hijau juga mempunyai kegunaan untuk menetralisir logam berat di dalam tubuh, pestisida & bahan2 kimia berbahaya lainnya, yg buat fungsi organ hati akan semakin kuat.

7. Selalu menjaga kebersihan badan & kebersihan di lingkungan sekitar.

8. Penting menjaga keseimbangan asupan nutrisi, vitamin & mineral.

9. Hindari penggunaan obat-obatan terlarang yg memicu penyakit liver

10. Hati-hati dalam penggunaan perperalatanan pribadi ibarat gunting kuku, peralatan cukur, dll. Karena dikhawatirkan menjadi media rentan berbagi virus & bakteri.

11. Pastikan air minum yg dikonsumsi terjaga kebersihan & kualitasnya.

12. Konsumsi jenis kuliner yg mempunyai kegunaan untuk menjaga kesehatan organ hati, & biar fungsi organ hati tetap baik, (menurut Globalhealingcenter.com) ibarat buah apel yg tinggi kandungan pektin, yg membersihkan & melepaskan racun dari susukan pencernaan.

Biji-bijian ibarat seolah-olah quinoa, millet, & gandum, yg mengandung gluten. Lemon & Limes
mengandung tinggi vitamin C, mempunyai kegunaan untuk buat racun gampang dibuang dari dalam tubuh, & merangsang fungsi organ hati.

Kenari tinggi asam amino arginin, yg membantu hati dalam mendetoksifikasi amonia. Kandungan glutathione yg tinggi & omega-3 asam lemak, mempunyai kegunaan untuk membantu proses pencucian hati. Pastikan Anda mengunyah dengan baik kacang (sampai mereka cair) sebelum menelan.

Kubis ibarat brokoli & kembang kol yg khasiatnya membantu merangsang dua enzim hati untuk detoksifikasi tubuh. Kunyit juga membantu meningkatkan detoksifikasi hati.

Bawang putih mengaktifkan enzim hati untuk menghancurkan racun di dalam tubuh, senyawa alami allicin & selenium membantu dalam pencucian hati.

Beets & wortel tinggi kandungan flavonoid & beta-karoten yg membantu merangsang & meningkatkan fungsi hati secara keseluruhan.

Teh hijau penuh dengan antioksi& berupa snyawa catechin yg membantu fungsi hati & meningkatkan diet secara keseluruhan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "12 Tips Mencegah Penyakit Liver [Penyebab & Pengobatannya]"

Posting Komentar