11 Cara Mengatasi Mimisan Pada Ibu Hamil & Penyebabnya

Seperti dikehahui, ketika pertama kali mengalami masa-masa kehamilan, maka akan terdapat beberapa perubahan2 yg sanggup terlihat terperinci pada badan ibu hamil.

sepeti salah satunya ada beberapa Ibu hamil yg mengalami mimisan... Sekitar satu dari lima perempuan hamil bisa, mengalami mimisan.

Masalah mimisan ketika masa kehamilan ini mulai terjadi di final trimester pertama, yg kemudian akan terus berlanjut, hingga sanggup hilang dengan sendirinya sehabis masa melahirkan.

Yang perlu kita ketahui yaitu penyebab mimisan pada Ibu Hamil, dimana umumnya mimisan muncul disebabkan pecahnya pembuluh darah, khusus pada Ibu hamil lantaran dipicu dari perubahan2 dari hormon kehamilan, yaitu hormon progesteron & estrogen.

 maka akan terdapat beberapa perubahan2 yg sanggup terlihat terperinci pada badan ibu hamil 11 Cara Mengatasi Mimisan pada Ibu Hamil & Penyebabnya

Akibat keberadaan hormon progesteron & estrogen...
Keberadaan kedua hormon tersebut menjadikan teriritasinya & munculnya pera&gan pada organ hidung, sehingga hal ini yg memicu munculnya lendir di hidung.

Dimana perubahan2 hormon lantaran masa kehamilan menjadikan pembuluh darah di hidung membengkak, mengering, hingga akhirnya menjadi gampang berdarah.

Selain itu, secara bersamaan terjadi kondisi berupa peningkatan volume darah pada pembuluh darah yg ada di seluruh tubuh, termasuk pembuluh darah pada organ hidung.

Terjadinya peningkatan volume darah itu memperlihatkan tekanan pada pembuluh-pembuluh darah yg tipis, ibarat salah satunya di hidung sehingga menjadi pecah, hingga terjadilah perdarahan yg disebut dengan mimisan.

Seorang Ibu yg mengeluhkan sering mimisan ketika hamil, umumnya selama hadirnya hamil hingga ke masa 6 bulan, padahal sebelum hamil tidak pernah mengalami mimisan.

Dimana ibarat disinggung sebelumnya bahwa ibu hamil akan mengalami peningkatan hormon progesteron, yg tujuan dari hal itu yaitu supaya mempertahankan kehamilan hingga 9 bulan.

Tingginya kandungan hormon di dalam badan menimbulkan pelebaran pembuluh darah kecil yg ada di tempat hidung & juga gusi.

Sehingga tidaklah mengherankan bahwa seorang ibu hamil akan sering mengalami mimisan / juga perdarahan gusi.

Karena itu, hal ini merupakan kondisi yg normal, maka tidak perlu cemas berlebihan atas kondisi mimisan ibarat ini, cukup dengan sering berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan kondisinya baik / tidak.

Penyebab mimisan ringan...

Mimisan ringan pada ibu hamil umumnya berasal dari cuilan depan rongga hidung / anterior.

Biasanya duduk kasus mimisan ringan ini lantaran terjadi pilek pada hidung, infeksi sinus, alergi, sensitif pada cuaca yg sering berubah, kekurangan kandungan kalsium di dlaam tubuh, kekurangan vitamin C, & terdapat benda absurd yg masuk ke dalam hidung sehingga terjadinya duduk kasus iritasi.

Dimana duduk kasus mimisan ringan umumnya tidak berbahaya bagi ibu hamil.


Mimisan berat...

Untuk duduk kasus mimisan berat, yaitu kondisi ibu hamil mengalami mimisan yg masalahnya berasal dari dalam, yaitu pembuluh darah yg terletak di cuilan belakang hidung, yg balasannya bisa, menimbulkan perdarahan yg cukup berat.

Ibu hamil perlu waspada kalau mengalami mimisan yg frekuensinya cukup sering & pendarahannya cukup banyak. Sehingga perlu berkonsultasi dengan dokter, lantaran duduk kasus mimisan berat ini perlu segera diatasi.

Jika tidak segera diatasi, sanggup menjadikan ibu hamil kekurangan darah.

Masalah besar lainnya, bahwa mimisan berat yg menimbulkan banyak pendarahan sanggup mengindikasikan munculnya suatu penyakit berbahaya yg diderita ibu hamil seperti:
  1. Kanker darah (leukimia)
  2. Hemofilia (darah sulit membeku)
  3. Hipertensi tumor pada hidung
  4. Dan beberapa penyakit berbahaya lainnya.

[UPDATE]
Hal-hal lainnya yg bisa, memicu timbulnya mimisan:

Terkena benturan
dr Mahatma T Bawono, Sp THT-KL, dari Rumah Sakit Akademik UGM (RS UGM), menyatakan bahwa mimisan sanggup terjadi lantaran benturan pada area wajah. Mimisan lantaran benturan menurutnya sering dialami oleh anak-anak.

Seperti ketika jatuh di cuilan wajah yg bersahabat hidung, yg buat pembuluh darah menjadi tegang, alhasil memicu terjadinya pecah pada pemuluh darah di hidung.

Selain itu, kondisi dinding pembuluh darah pada belum dewasa masih belum terlalu kuat, sehingga rentan mengalami pecah pada pembuluh darah hidung.

Terlalu lelah
Berdasarkan klarifikasi dari dr Melisa Anggraeni, Mbiomed, SpA, mimisan sering terjadi pada belum dewasa dibandingan orang dewasa, lantaran struktur dinding pembuluh darah hidung yg rapuh.

Mimisan lantaran rasa sangat lelah, umumnya itu dianggap masuk akal bagi anak-anak, yg mimisan bisa, berhenti dengan sendirnya, / dengan mendapat pertolongan pertama oleh orang bau tanah / penamping sang anak.

Rasa sangat lelah selain bisa, menimbulkan mimisan pada anak, juga bisa, terjadi pada orang dewasa, tetapi resiko orang sampaumur mengalaminya lebih kecil dibandingkan dengan anak-anak.

Suhu ekstrem
Suhu yg terlalu panas / terlalu masbodoh akan membawa udara yg kering, hidung yg kering rentan mengalami iritasi, sehingga ukiran sedikit saja pada dinding pembuluh darah di hidung bisa, menimbulkan pendarahan, sehingga timbul mimisan

Banyak dokter da hebat kesehatan yg menyarankan menggunakan masker pada cuaca yg dingin, guna mencegah timbulnya mimisan lantaran perubahan2 suhu ekstrem. Demikian juga hati-hati dalam membuang ingus, lakukan secara perlahan.

Rasa Stress
dr Marissa Pudjiadi , SpA menjelaskan, bahwa walaupun jarang tetapi rasa stres bisa, memicu timbulnya mimisan. Rasa sres bisa, memicu timbulnya asma yg tengah diidap, yg sehabis itu memperlihatkan resiko penyakit lainnya, yaitu mimisan.

Berdasarkan informasi penlitian yg diterbitkan oleh British Medical Journal tahun 2011, bahwa stres bisa, memicu mimisan akhir a&ya hu.bungan dengan lonjakan tekanan darah. Karena rasa stres bisa, buat naiknya tekanan darah.

Dengan peningkatan tekanan darah tersebut, menimbulkan resiko pembuluh darah hidung yg ringkih mengalami pecah.

loading...

Beberapa hal yg perlu diketahui ketika terjadi mimisan pada Ibu Hamil:
  1. Ketika mimisan, maka duduk saja dengan tenang, kemudian arahkan kepala ke depan, kemudian tekan kedua cuping hidung selama 5 hingga 10 menit, dalam keadaan ibarat itu (sementara) bernafas dari mulut. Jangan berbaring / mendongakan kepala ke atas, lantaran darah yg ada di hidung sanggup tertelan sehingga buat timbulnya rasa mual.
  2. Menekan kedua cuping hidung bersamaan berfungsi untuk menghentikan perdarahan yg terjadi, caranya gampang hanya dengan menggunakan ibu jari & telunjuk, lalukan sekitar 10 menit, / lebih usang dari itu kalau perdarahan belum juga berhenti.
  3. Jaga kondisi kelembaban hidung supaya tetap dalam kondisi yg baik, caranya dengan minum banyak air putih. Bahkan apabila memang diharapkan maka pakai cairan tetes hidung untuk menjaga kelembaban hidung tetap terjaga, sehingga meminimalisir mimisan.
  4. Bisa juga melaksanakan pengompresan hidung dengan menggunakan es, tujuannya supaya organ pembuluh darah yg ada di sekitar hidung mengerut, sehingga perdarahan sanggup berhenti.
  5. Walaupun mimisan sudah berhenti, maka setelahnya perlu berhati-hati. ketika ingin bersin / membuang ingus, hindari bersin yg terlalu keras lantaran berakibat pada gumpalan darah yg sudah terbentuk menjadi terlepas lagi. 
  6. Kemudian dalam waktu 24 jam sehabis mimisan, maka jangan biasakan membungkuk, serta hindari banyak sekali kegiatan yg berat, hingga akhirnya duduk kasus mimisan ini semakin membaik kondisinya.
  7. Adapun apabila mimisan berlangsung lebih dari 30 menit, maka sangat dianjurkan untuk ke dokter supaya mendapat peanganan yg lebih tepat..
  8. Demikian juga ketika mimisan sering terjadi, ibarat 2 kali / lebih dalam seminggu, maka perlu memberitahukan & memeriksakannya ke dokter untuk memperoleh penanganan yg tepat.
  9. Demikian juga, perlu ke dokter ketika terjadi duduk kasus pendarahan hebat dari belakang hidung, dimana pendarahan yg banyak, sulit untuk ditangani sendiri, sehingga perlu dukungan tenaga medis yg tentunya juga sudah lebih berpengalaman.
  10. Yang sangat penting jangan lupa banyak minum air putih, tujuannya supaya lapisan pembuluh darah tipis di hidung tidak kering.
  11. Demikian juga jangan melaksanakan kegiatan yg sanggup melukai hidung, ibarat kebiasaan mengorek hidung, / juga hindari bersin yg terlalu keras.


[UPDATE]
Menggunakan Daun Sirih
Mengatasi duduk kasus mimisan bisa, menggunakan daun sirih.

Caranya, pertama-tama ambilah 1 lembar daun sirih yg masih muda, sehabis itu basuh hingga bersih.

Lalu remas & gulung daun sirih sehingga bentuknya ibarat corong, kemudian sumbatkan ke lubang hidung.

Dalam keadaan menyumbatkan ke hidung, diamkan beberapa ketika & biarkan posisi wajah menengadah ke atas.

Daun sirih berkhasiat untuk membantu mengecilkan pembuluh darah, sehingga nantinya pendarahan sanggup berhenti degnan sepenuhnya.

Jika Kamu mengalami mimisan, maka jangan panik, penting untuk selalu tetap tenang.

Kamu bisa, melaksanakan pertolongan pertama hanya dengan daun sirih tersebut.

Jika pendarahan masih saja terjadi, maka hal berikutnya yg perlu dilakukan yaitu segera pergi ke dokter / rumah sakit terdekat untuk memperoleh  penanganan lebih lanjut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "11 Cara Mengatasi Mimisan Pada Ibu Hamil & Penyebabnya"

Posting Komentar