Apakah Boleh Buah Nangka & Sayuran Nangka Dikonsumsi Ibu Hamil?

Apakah boleh buah nangka dikonsumsi oleh ibu hamil? Sebuah topik yg akan dibahas pada kali ini mengenai buah nangka. Dimana buah nangka ini juga bisa, dikonsumsi menjadi sebuah sayur.

Terdapat beberapa info informasi mengenai "amankah buah nangka ini dikonsumsi oleh ibu hamil?", dimana sebagian ada yg menjawab aman, & sebagian lagi ada yg menjawab tidak kondusif yg harus dihindari oleh Ibu Hamil.



Yang menyampaikan tidak boleh, alasannya berdasarkan mereka buah tersebut sanggup mengakibatkan keguguran.

Sebelum membahas lebih dalam perihal boleh tidaknya ini, akan dibahas terlebih dahulu damai kandungan gizi & khasiat dari buah nangka ini.

Kandungan gizi buah nangka

Buah nangka ini mempunyai nama latin adalah Artocarpus heterophyllus, dimana asal buah nangka ini adalah dari Asia Tenggara & Asia Selatan.

Dengan begitu buah nangka ini dikenal sebagai buah tropis yg cukup sering ditemui sebagai hi&gan di Asia, & juga termasuk di Indonesia.

Dimana di Indonesia ini, buah nangka selain dikonsumsi secara langsung, juga sanggup diolah menjadi beraneka masakan ibarat sayur nangka, minuman es buah, & lainnya.

Kandungan gizi dari buah nangka, yg terkandung pada 165 gram buah nangka adalah kalori, protein (3 gram), lemak (1g), Air (121g), omega 3 (130mg), Vitamin C (23mg), Kalsium (40mg), kalium (739mg) & beberapa kandungan lainnya.

Berbagai kandungan gizi yg cukup banyak terdapat pada buah nangka, ibarat buah nangka ini kaya dengan kandungan vitamin A & C.

Kemudian juga kaya akan kandungan asam folat, tiamin, kalsium, magnesium, zat besi, kalium, serat & saponin.

Kandungan saonini sanggup berperan sebagai anti kanker pada tubuh.

Buah nangka ini rendah akan kolesterol, lemak jenuh &sodium, sehingga kalau dikonsumsi secara rutin tentunya tidak berbahaya untuk tubuh, bahkan justru mempunyai khasiat yg besar.

Manfaat umum pada buah nangka, yaitu:
  1. Kandungan magnesium yg banyak terkandung pada buah nangka mempunyai kegunaan untuk membantu perembesan kalsium tubuh, dimana pada buah nangka juga terkandung Kalsium yg tinggi yg berguna untuk memperkuat tulang.
  2. Pada buah Nangka juga terkandung zat besi yg mempunyai khasiat untuk memperlancar peredaran darah di dalam tubuh, serta juga mencegah terjadinya anemia.
  3. Kandungan Kalium berguna untuk membantu menurunkan tekanan darah, sangat berguna untuk mengurangi risiko serangan jantung, & juga termasuk stroke.
  4. Kandungan serat mempunyai kegunaan untuk mencegah terjadinya sembelit, yg berguna untuk memperlancar buang air besar.
  5. Kandungan Fruktosa & Sukrosa mempunyai kegunaan untuk menambah energi pada tubuh, tanpa a&ya resiko kolesterol pada tubuh.
  6. Kandungan anti-kanker mempunyai kegunaan untuk melawan radikal bebas, & menghambat terjadinya degenerasi sel.
  7. Kandungan anti-ulterasi mempunyai kegunaan untuk melindungi usus dari luka, membantu proses penyembuhan borok, & menjaga kesehatan pencernaan.
  8. Vitamin A pada buah nangka mempunyai kegunaan untuk menjaga kesehatan mata.


Efek samping dari mengonsumsi buah nangka

Selain mempunyai khasiat yg banyak, Buah nangka juga memperlihatkan efek samping yg perlu untuk diketahui.

Yang pertama buah nangka sanggup mengakibatkan terjadinya reaksi alergi pada beberapa kasusnya...

...shingga kalau Kamu memang termasuk orang yg alergi memakan buah nangka, maka lebih baik menghindarinya.

Efek samping kedua adalah sanggup meningkatkan koagulasi untuk orang yg menderita kelainan darah.

Efek samping ketiga adalah sanggup mengubah tingkat toleransi glukosa pada pasien diabetes, sehingga untuk penderita diabetes tidak dianjurkan mengkonsumsi buah nangka.

Apakah boleh buah nangka dikonsumsi oleh ibu hamil?

Banyak juga orang yg menganggap bahwa mengkonsumsi buah nangka selama masa kehamilan sanggup menjadikan terjadinya resiko keguguran, akan tetapi informasi tersebut hanya gres sebatas mitos saja.

Karena memang belum ada andal kesehatan yg menyatakan demikian dengan klarifikasi ilmiahnya.

Dan, ternyata buah nangka yg sangat kaya akan nutrisi, memilki khasiat untuk ibu hamil & janin, sehingga untuk ibu hamil bahu-membahu masih boleh mengkonsumsi buah nangka ini.

Kandungan vitamin A yg terdapat pada buah nangka mempunyai khasiat untuk perkembangan janin, kemudian sangat berperan untuk pembentukan fungsi organ mata dari sang janin.

Kandungan vitamin B3 pada buah nangka buat hormon menjadi lebih baik, meningkatkan imunitas, serta mempunyai kegunaan menghindari terjadinya resiko stres pada perempuan hamil.

Adapun kandungan magnesium & kalsium mempunyai kegunaan untuk bagi ibu hamil, dimana selama masa hamil akan membutuhkan kalsium yg tinggi.

Kalsium mempunyai kegunaan untuk membantu pertanaman tulang & gigi pada janin.

Sementara zat besi mempunyai kegunaan untuk memenuhi kebutuhan zat besi perempuan selama masa hamil, serta sanggup mencegah terjadinya anemia.

Loading...

Ibu hamil hanya perlu membatasi mengkonsumsi buah nangka...

Walaupun mempunyai khasiat, ibu hamil tidak disarankan mengkonsumsi nangka dalam jumlah yg sangat tinggi. Karena kandungan serat yg tinggi pada buah nangka kalau dikonsumsi secara berlebihan sanggup mengakibatkan diare untuk perempuan hamil.

Untuk itu, hendaknya buah nangka dikonsumsi secara wajar, buah nangka ini kondusif & boleh dikonsumsi oleh perempuan hamil (asal tidak berlebihan).

Ibu hamil juga perlu membatasi konsumsi sayur nangka...

Perlu diketahui, bahwa sayur nangka bisa, buat perut sangat bersiko memproduksi gas berlebihan yg mengakibatkan kembung pada perut.

Walaupun bahu-membahu tidaklah semua ibu hamil mengalami perut kembung alasannya mengkonsumsi sayur nangka, hal itu alasannya sensitifitas perut terhadap buah nangka berbeda antar orang.

Adapun, Ibu hamil yg memang senstif dengan sayuran nangka, maka lebih baik menghindari mengkonsumsinya.

Kondisi perut yg kembung menjadikan rasa yg tidak nyaman, alasannya terdapat beberapa masalah persoalan perut kembung menimbulkan persoalan pada kesehatan janin apabila tidak diatasi dengan baik.


Demikian juga, faktanya sayur nangka tidak mempunyai gizi / nutrisi yg mempunyai kegunaan untuk bayi.

Apabila hanya mengkonsumsi sayuran nangka tidak berlebihan, adalah 1-2 kali dalam seminggu, maka masih diperbolehkan. Tetapi ingat!! Jangan membiasakan diri mengkonsumsi sayuran nangka ketika masa kehamilan.

Baca juga:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apakah Boleh Buah Nangka & Sayuran Nangka Dikonsumsi Ibu Hamil?"

Posting Komentar