28 Cara Menghilangkan Kutu Rambut & Telurnya (Metode Alami & Modern)

Baik laki-laki maupun perempuan tentunya merasa sangat terganggu dengan kutu rambut. Anda juga akan aib untuk menggaruk-garuk rambut / kepala ketika berada di tengah orang banyak.

Kutu rambut tinggal di kulit kepala & menghisap darah dari kulit kepala untuk bertahan hidup, hal ini mengakibatkan munculnya rasa gatal-gatal.

 Baik laki-laki maupun perempuan tentunya merasa sangat terganggu dengan kutu rambut 28 Cara Menghilangkan Kutu Rambut & Telurnya (Metode Alami & Modern)
Photo credit: MRAORAOR/Shutterstock.com

Akibat jelek kutu rambut bisa, mengakibatkan luka pada kulit kepala, yg sembuhnya bisa, sangat lama.

Kutu rambut sanggup berkembang biak dengan cara menempelkan telurnya di rambut, adapun ukuran kutu rambut sendiri hanya sepanjang 1-1.6 mm.

Penularan kutu rambut dari seorang ke orang lainnya, penyebabnya sebab menggunakan sisir yg sama, maupun berada pada kawasan tidur yg sama.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut

1. Dengan Peditox

Salah satu obat kutu rambut yg terkenal adalah peditox. Penggunaannya diklaim bisa, berguna untuk menghilangkan kutu rambut hingga telur-telurnya secara cepat.

 Baik laki-laki maupun perempuan tentunya merasa sangat terganggu dengan kutu rambut 28 Cara Menghilangkan Kutu Rambut & Telurnya (Metode Alami & Modern)

Kutu rambut harus segera diatasi, perkembangbiakan kutu rambut sangat cepat. Kutu betina bisa, mengeluarkan telur sebanyak enam butir dalam setiap harinya, kemudian hanya diharapkan sekitar satu ahad bagi telur tersebut untuk menetas.

Apabila cuma terdapat 3-4 kutu di kepala Anda, namun jumlahnya bisa, berlipat gkamu hanya dalam seminggu saja. Sehingga kutu rambut harus segera dibasmi.

Cara membasmi kutu rambut dengan peditox, Anda hanya perlu mengoleskan produk peditox pada rambut & kulit kepala.

Lalu remas-remas rambut biar cairan peditox sanggup mengenai semua potongan secara merata. Lalu gunakan shower cup / epilog kepala.

Diamkan dalam kondisi demikian, kalau bisa, hingga dua belas jam. Setelah itu, bersihkan kembali rambut & lakukan keramas.

Lalu Anda bisa, menggunakan sisir kutu (/ sisir yg rapat) untuk menyingkirkan kutu yg tersisa.

Bagaimana Peditox Bekerja
Kutu rambut yg sudah terkena peditox nantinya bisa, terbawa air ketika Anda keramas. Dengan peditox, kutu-kutu tersebut akan mati, termasuk mematikan telur kutu sehingga tidak bisa, menetas.

Dengan sekali pakai peditox, maka akan banyak kutu rambut yg dibasmi. Produk ini mempunyai kandungan Hexachlorocyclohexane sebesar 0,5% yg membunuh kutu di rambut & kulit kepala.

Produk peditox sendiri telah mempunyai ijin edar resmi dari Departemen Kesehatan. Namun, gunakan peditox sesuai kebutuhan, jangan berlebihan.

Hati-Hati dari Penggunaan Peditox Secara Berlebihan
Bahan aktif produk Peditox adalah Hexachlorocyclohexane 0,5% EC. Kandungan Hexachlorocyclohexane diluar negeri lebih dikenal dengan nama Lin&e. Ini termasuk jenis pesticida, penggunaan lin&e ini secara berlebihan bisa, menjadi racun syaraf, serta beresiko mengakibatkan kerusakan organ hati, ginjal, hingga kanker.

Perdagangan internasionalnya dibatasi & diatur oleh konvensi Rotterdam. Pada tahun 2009, penggunaan lin&e untuk pertanian tidak boleh di bawah Konvensi Stockholm ihwal polutan organik yg persisten. Pengecualian khusus untuk dipakai sebagai pengobatan farmasi berupa membasmi kutu & kudis

Untuk lebih lengkapnya mengenai klarifikasi bahan2 lin&e / hexachlorocyclohexane, baca Lin&e -- Wikipedia.org (Bahasa Ingris)

Di Indonesia sendiri pernah dilakukan penelitian terhadap produk Peditox, hasilnya bahwa penggunaannya harus hati-hati, tidak boleh berlebihan baik dari segi takaran maupun frekuensi penggunaan. Kesalahan penggunaan bisa, berakibat fatal.

2. Bawang Putih & Bawang Merah

 Baik laki-laki maupun perempuan tentunya merasa sangat terganggu dengan kutu rambut 28 Cara Menghilangkan Kutu Rambut & Telurnya (Metode Alami & Modern)


Aroma bawang putih yg menyengat sanggup buat kutu rambut tidak nyaman & lenyap dari rambut Anda.

Pertama-tama ulek 8-10 siung bawang putih. Lalu campurkan dengan 3 sdm air perasan jeruk nipis, sehabis itu kedua bahan2 diaduk hingga merata.

Lalu oleskan adonan ini secara merata ke potongan rambut, juga usahakan mengenai kulit kepala secara merata, kemudian diamkan selama 30 menit dalam kondisi demikian.

Setelah itu, bilas rambut hingga higienis kembali. Lakukan perawatan ini sebanyak dua kali dalam seminggu.

Dalam sehari-hari, disarankan untuk menggunakan sisir serit dalam menyisir rambut. Gunakan sisir biasa terlebih dahulu biar rambut tidak kusut, gres sehabis itu menggunakan sisir serit untuk menyaring kutu-kutu yg menjengkelkan.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Dengan Bawang Merah
Kutu rambut bisa, dibasmi dengan bahan2 alami bawang merah. Caranya:
  1. Pertama-tama siapkan 4-5 siung bawang merah, peralatan parut & wadah kecil. 
  2. Parutlah bawang merah, taruh hasilnya di wadah.
  3. Lalu parutan bawang merah dioleskan pada kulit kepala & rambut, usahakan secara merata.
  4. Lalu tutup rambut Anda dengan plastik epilog kepala (bisa, juga dengan handuk).
  5. Diamkan dalam kondisi demikian selama satu jam.
  6. Lalu bersihkan rambut kembali dengan air bersih, kemudian lakukan keramas.
  7. Lakukan perawatan alami ini tiga kali dalam seminggu.

Kutu & telurnya tidak bersarang pada akar/pangkal rambut saja, namun juga sering berada di potongan tengah maupun mendekati ujung rambut, sehingga pengolesan perlu dilakukan secara merata, kemudian diamkan selama sejam.

Nantinya kutu rambut tidak tahan dengan wangi bawang merah yg menyengat. Setelah Anda selesai melaksanakan perawatan, maka jangan lupa membersihkan rambut dengan cara keramas.


3. Jangan Malas Keramas

Bagi Anda yg se&g berusaha menghilangkan kutu rambut, maka keramas menjadi hal yg harus dilakukan secara rutin, setidaknya keramas dilakukan 3-4 kali dalam seminggu.

 Baik laki-laki maupun perempuan tentunya merasa sangat terganggu dengan kutu rambut 28 Cara Menghilangkan Kutu Rambut & Telurnya (Metode Alami & Modern)
Photo credit: tcsaba/Shutterstock.com

Pentingnya melaksanakan keramas untuk menjaga kesehatan rambut & kulit kepala, sehingga sanggup menekan jumlah kutu yg bersarang.

Kondisi rambut & kulit kepala yg kotor mengakibatkan kondisi parah kutu bersarang, & telur-telurnya yg menempel di rambut.

Keramas yg Disarankan
Cara keramas ketika mengalami kutuan ini agak berbeda. Anda bisa, melaksanakan keramas di wastafel (agar lebih mudah). Lalu letakan satu handuk di potongan pundak, & satu handuk lainnya untuk menutupi wajah.

Berdiriah kemudian menengadahkan kepala (posisi kepala menyerupai ketika rambut akan dicuci di salon). Lalu aplikasikan sampo secara merata, pijat rambut mulai dari akar hingga ujung rambut.

Setelah melaksanakan sampo maka bilaslah rambut, tapi jangan dikeringkan. Lalu oleskan conditioner pada rambut secara merata biar kutu gampang terangkat.

Supaya lebih mudah, bagilah rambut menjadi dua bagian, kemudian gunakan sisir serit dari akar hingga ujung rambut beberapa kali, lakukan pada semua sisi. Penggunaan sisir serit ini untuk mengangkat kutu keluar dari rambut Anda.

Jika sisir serit berhasil menjaring kutu, maka bersihkan sisir serit hingga tidak ada kutu & telurnya (sebelum dipakai kembali).

Perhatian!
Sebuah kesalahan jikalau Anda sering keramas di malam hari, kemudian dengan rambut basah-basah eksklusif dibawa tidur.

Demikian juga ketika Anda keramas di pagi hari, sebuah kesalahan jikalau rambut tidak dikeringkan, bahkan eksklusif dikuncir saja. Hal ini mengakibatkan rambut lembab & menjadi lingkungan yg cocok bagi para kutu untuk berkembang biak.

4. Daun Sirsak

Tidak semua orang bisa, menghilangkan kutu rambut dengan obat kimia pembasmi kutu. Dimana pada sebagian orang penggunaan obat kimia pembasmi kutu dinilai tidak cocok & menjadikan iritasi.

 Baik laki-laki maupun perempuan tentunya merasa sangat terganggu dengan kutu rambut 28 Cara Menghilangkan Kutu Rambut & Telurnya (Metode Alami & Modern)

Sehingga orang-orang bisa, menggunakan bahan2 alami daun sirsak dalam mengatasi problem ini. Berikut cara menghilangkan kutu rambut dengan daun sirsak:
  1. Siapkan daun sirsak, kemudian dilumatkan.
  2. Gunakan daun sirsak yg telah dilumatkan tersebut sebagai creambath. Usapkan daun ini pada semua potongan kulit kepala & rambut. 
  3. Lakukan secara perlahan, usahakan untuk mengenai semua potongan kulit kepala & rambut.
  4. Lalu bungkus rambut / kepala menggunakan handuk hangat.
  5. Diamkan dalam kondisi demikian selama 30 menit. 
  6. Setelah itu, barulah bilas rambut dengan air bersih.

Dengan pekhasiatan bahan2 alami daun sirsak ini akan membasmi kutu & telur-telurnya. Setelah kutu & telurnya hilang maka Anda harus selalu menjaga kebersihan rambut biar kutu tidak bersarang lagi di rambut Anda.

5. Minyak Zaitun

Penggunaan minyak zaitun bisa, melemaskan kutu di rambut. Selain itu minyak zaitun mengandung vitamin E yg berguna untuk kesehatan & keindahan rambut.

 Baik laki-laki maupun perempuan tentunya merasa sangat terganggu dengan kutu rambut 28 Cara Menghilangkan Kutu Rambut & Telurnya (Metode Alami & Modern)
Photo credit: Pexels.com

Untuk penggunaannya, tuangkan minyak zaitun ke telapak tangan secukupnya. Lalu gosok-gosokkan pada rambut sembari memijat kepala Anda, aplikasikan minyak zaitun secara merata pada rambut & kulit kepala.

Lalu gunakan epilog rambut / handuk, diamkan dalam kondisi demikian setidaknya 2-3 jam (kalau bisa, semalaman). Setelah itu, barulah membilas rambut dengan air bersih, & juga lakukan shampo.

Pada penelitian yg pernah dilakukan menemukan bahwa kutu yg terendam dalam minyak zaitun selama lebih dari 2 jam, akan mati sebab sesak napas. Dengan tidak bisa, bernapas maka kutu-kutu tersebut akan segera mati.

Dalam perawatan, bungkuslah kepala dengan epilog plastik, pastikan tidak ada udara yg masuk. Biarkanlah rambut terbungkus rapat, setidaknya selama 3 jam. Hal ini biar kutu rambut tidak bisa, bernapas.

Pada goresan pena berjudul 20 Ways to Kill Head Lice -- Health.com menjelaskan bahwa minyak zaitun dinilai sanggup buat kutu tercekik & mati. Dalam penggunaannya Anda perlu mengoleskan secara merata pada rambut & kulit kepala, kemudian dibiarkan semalam dengan mengenakan topi mandi.

Perlunya dibiarkan semalaman sebab kutu bisa, bertahan tanpa bernafas selama berjam-jam. Sehingga usahakan perawatan dengan minyak zaitun ini dilakukan sebelum Anda tidur. Nantinya, pada pagi hari gunakan sisir untuk membasmi kutu.

Loading...

6. Jaga Kebersihan Kamar, Kasur, Bantal, dsb

Dalam perjuangan membasmi kutu, faktor kebersihan adalah yg sangat penting diperhatikan. Selain menjaga kebersihan tubuh, Anda juga harus menjaga kebersihan lingkungan, terutama pada kamar yg merupakan kawasan Anda tidur semalaman.

 Baik laki-laki maupun perempuan tentunya merasa sangat terganggu dengan kutu rambut 28 Cara Menghilangkan Kutu Rambut & Telurnya (Metode Alami & Modern)
Photo credit: Pixabay.com

Apabila kamar & kasur berserakan & tidak dibersihkan, mengakibatkan resiko kutu-kutu akan bersarang disana, yg mengakibatkan Anda akan semakin sulit untuk membasmi kutu sepenuhnya sebab linkungan yg bermasalah.

Dengan lingkungan yg higienis (terutama pada kawasan tidur, bantal, dsb) maka akan memudahkan Anda dalam perjuangan menghilangkan kutu di rambut.

7. Gunakan Asam Cuka

Asam cuka merupakan cairan yg sanggup secara efektif untuk mengusir kutu-kutu dari rambut. Tingginya kandungan asam asetat yg ada di dalam cuka bisa untuk membunuh kutu rambut secara cepat, serta membasmi telur-telur kutu yg menempel di rambut.

 Baik laki-laki maupun perempuan tentunya merasa sangat terganggu dengan kutu rambut 28 Cara Menghilangkan Kutu Rambut & Telurnya (Metode Alami & Modern)
Photo credit: Freegreatpicture.com

Cara mekhasiatkan asam cuka dalam mengatasi kutu rambut, pertama-tama sediakan 2 sdm cuka, kemudian campurkan dengan 2 sdm minyak kelapa secara merata.

Lalu oleskan adonan tersebut pada kulit kepala & rambut, disarankan untuk dilakukan sebelum tidur.

Lalu pakailah shower cap (penutup rambut), biarkan dalam kondisi demikian semalaman.

Lalu pada pagi harinya, bilaslah rambut dengan air higienis & lakukan shampo. Perawatan ini dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu, selama 2 bulan.

Artikel berjudul “20 Ways to Kill Head Lice” menyebutkan bahwa cuka dinilai sanggup melarutkan “lem lengket” yg dipakai oleh kutu betina untuk menempelkan telurnya ke rambut. Asam asetat bekerja untuk membasmi telur kutu secara efektif.

8. Shampo Lin&e 1%

Berkaitan dengan poin no.1 ihwal penggunaan peditox untuk menghilangkan kutu rambut, dimana bisa, dikatakan produk Peditox termasuk dari kategori Sampo Lin&e.

Pada artikel berjudul “20 Ways to Kill Head Lice” menyebutkan bahwa Shampo Lin&e sanggup membunuh kutu rambut & telurnya, namun imbas penggunaannya dicurigai mengandung dampak karsinogen pada manusia.

Penggunaan berlebihan / penyalahgunaan bahan2 Lin&e sanggup mengakibatkan imbas samping yg serius, menyerupai kejang-kejang, kanker, hingga kematian.

Bahkan jikalau dipakai sesuai petunjuk, zat kimia Lin&e sanggup mengakibatkan kejang pada beberapa orang, berdasarkan Food and Drug Administration.

Tidak lagi direkomendasikan oleh American Academy of Pediatrics untuk membunuh kutu, & juga tidak dianjurkan untuk anak-anak, orang yg berusia uzur, & orang yg beratnya kurang dari 110 kg. Penggunaan Shampo Lin&e hanya dilakukan untuk orang-orang yg telah gagal dalam mengobati kutu dengan cara lainnya. Hati-hati dalam penggunaannya.


9. Minyak Kayu Putih

Anda sanggup menghilangkan kutu rambut dengan menggunakan bahan2-bahan2 yg ada di rumah, menyerupai minyak kayu putih.

 Baik laki-laki maupun perempuan tentunya merasa sangat terganggu dengan kutu rambut 28 Cara Menghilangkan Kutu Rambut & Telurnya (Metode Alami & Modern)

Minyak kayu putih umumnya diharapkan untuk menghangatkan ba& maupun meringankan flu. Selain itu, Anda bisa, memakainya untuk menghilangkan kutu rambut. Berikut caranya di bawah ini.

Siapkan:
  • 6 sdm minyak kayu putih
  • 2 buah jeruk nipis

Langkah-langkahnya:
  1. Di dalam sebuah wadah, campurkan minyak kayu putih & jeruk nipis.
  2. Aduk hingga kedua bahan2 tersebut tercampur secara merata.
  3. Lalu aplikasikan adonan tersebut ke semua potongan rambut secara merata.
  4. Oleskan sembari memijat biar meresap. 
  5. Oleskan juga pada kulit kepala.
  6. Setelah selesai mengaplikasikan (mengoleskan), maka diamkan selama 2 jam. 
  7. Lalu bilaslah rambut dengan air hangat hingga bersih.
  8. Lalu lakukan keramas menyerupai biasa.

Ingat, sehabis Anda terbebas dari kutu rambut, jangan menggunakan sisir rambut yg telah dipakai orang lain.

10. Minyak Atsiri

Hasil penelitian klinis telah menawarkan beberapa minyak esensial spesifik mempunyai imbas toksik pada kutu & telurnya.

 Baik laki-laki maupun perempuan tentunya merasa sangat terganggu dengan kutu rambut 28 Cara Menghilangkan Kutu Rambut & Telurnya (Metode Alami & Modern)
Photo credit: liza54500/Shutterstock.com

Nah, beberapa jenis minyak esensial “anti-kutu” ini menyerupai minyak esensial pohon teh, minyak esensial adas, & kenanga (ylang ylang essential oil). Minyak esensial Lavender & eucalyptus juga telah terbukti efektif untuk bekerja membasmi kutu.

Sebuah penelitian di tahun 2010 menemukan bahwa penggunaan lotion topikal yg mengandung 10% minyak pohon teh & 1% minyak lavender sanggup secara efektif membasmi kutu hingga 97,6%.

Anda bisa, menggabungkan minyak penting yg efektif membunuh kutu dengan minyak kelapa. Sebuah studi yg diterbitkan dalam European Journal of Pediatrics menemukan bahwa kombinasi minyak kelapa & minyak esensial anise sanggup secara efektif untuk menghilangkan kutu secara alami.

Pada penelitian lain yg diterbitkan di Israel Medical Association Journal menemukan kesuksesan yg lebih besar lagi dengan menggunakan kombinasi minyak kelapa, minyak adas manis & minyak kenanga.

Campuran ini dioleskan selama 15 menit setiap tiga kali pada interval lima hari. Pengobatan kutu alami ini berhasil pada 92,3% bawah umur & tidak menjadikan imbas samping berbahaya. Penelitian itu dengan melibatkan bawah umur yg berusia antara 6-14 tahun.

11. Minyak Kelapa & Minyak Atsiri

Masih pada artikel berjudul How to Get Rid of Lice: 8 Natural Remedies -- Draxe.com, menjelaskan ihwal resep pengolahan minyak kelapa + minyak atsiri untuk membasmi kutu rambut.

Siapkan bahan2-bahan2:
  • 3 sdm minyak kelapa
  • 1 sdt minyak kenanga
  • 1 sdt minyak adas (anise oil), / minyak pohon teh, / minyak anti-kutu lainnya sesuai dengan yg Anda miliki.
  • 2 cangkir cuka sari apel
  • 1 gelas air

Ini resep bahan2 untuk rambut sepanjang bahu, jikalau rambut lebih panjang maka siapkan bahan2 lebih banyak dua kali lipat resep tersebut.

Langkah-langkahnya:
  1. Di dalam sebuah wadah, campurkan secara merata minyak kelapa, minyak kenanga, & minyak esensial lainnya.
  2. Setelah itu, oleskan adonan minyak tersebut ke seluruh kulit kepala, pijat dengan baik, & usahakan ramuan mengenai semua potongan rambut.
  3. Lalu sisirlah rambut (gunakan sisir gigi yg bagus).
  4. Lalu tutupi kepala mengunakan topi mandi & semacamnya.
  5. Biarkan dalam kondisi tersebut selama dua jam.
  6. Lalu angkat tutup kepala secara hati-hati.
  7. Lalu sisir rambut lagi, & dibilas hingga higienis sebanyak dua kali.
  8. Sementara rambut masih basah, campurkan bahan2 berupa 2 cangkir cuka sari apel & 1 gelas air,  kemudian masukan ke dalam botol semprot kecil. 
  9. Lalu setengah dari adonan tersebut disemprotkan ke kulit kepala & rambut (lakukan dengan hati-hati, jangan hingga mengenai mata).
  10. Setengah adonan lainnya dituangkan ke atas rambut, kemudian lakukan pijit ringan.
  11. Lalu bilas rambut secara menyeluruh, hingga rambut kembali bersih.
  12. Lalu sisir rambut menggunakan sisir kutu.

Seberapa sering melaksanakan perawatan ini? 1-2 kali dalam seminggu, selama beberapa bulan.

loading...

12. Manfaatkan Air Lemon

Pada goresan pena berjudul How to Get Rid of Head Lice -- Top10homeremedies.com menyebutkan bahwa beberapa bahan2 alami menyerupai lemon, almond & lainnya sanggup dikhasiatkan untuk menghilangkan kutu & telur dari kulit kepala.

 Baik laki-laki maupun perempuan tentunya merasa sangat terganggu dengan kutu rambut 28 Cara Menghilangkan Kutu Rambut & Telurnya (Metode Alami & Modern)
Photo credit: Pixabay.com

Lemon sanggup dipakai untuk membasmi kutu sebab sifatnya yg asam. Oleskan air lemon segar ke potongan kulit kepala & rambut secara merata. Lalu diamkan selama 30 menit.

Setelah itu aplikasikan cuka ke rambut & kulit kepala, diamkan beberapa menit saja, kemudian bersihkan rambut dengan air suam-suam kuku (jangan terlalu panas). Lakukan perawatan ini seminggu sekali.

Cara lainnya yg lebih ampuh dalam menghilangkan kutu rambut:
  1. Buatlah pasta halus dari empat siung bawang putih besar. 
  2. Di dalam sebuah wadah, campurkan satu sdm air lemon segar dengan pasta halus tersebut.
  3. Lalu oleskan adonan alami ini ke kulit kepala & rambut sembari memijat.
  4. Lalu bungkus rambut dengan handuk tebal.
  5. Diamkan dalam kondisi demikian selama setengah jam. 
  6. Lalu bilas rambut dengan air bersih, kemudian lakukan sampo. 
  7. Ulangi perawatan ini selama lima hari berturut-turut untuk membunuh kutu rambut.

13. Almond

Kacang almond dinilai sebagai bahan2 alami yg sanggup secara efektif untuk membasmi kutu rambut. Berikut cara mekhasiatkannya:
  1. Rendamlah 10 kacang almond dalam air dalam semalam.
  2. Pada keesokan paginya, kupas & hancurkan kacang almond menjadi berbentuk pasta kental.
  3. Lalu campurkan tiga sdm jus lemon ke dalam pasta.
  4. Lalu oleskan pasta tersebut ke kulit kepala secara menyeluruh.
  5. Setelah itu diamkan selama dua jam.
  6. Lalu basuh higienis rambut dengan air biasa.

Lakukan perawatan ini seminggu sekali selama dua bulan.

14. Minyak Pohon Teh 

Pada goresan pena berjudul 14 Effective Home Remedies To Get Rid Of Nasty Head Lice -- Stylecraze.com menyebutkan beberapa bahan2 alami untuk menghilangkan kutu menyerupai minyak pohon teh, produk listerin, minyak zaitun, minyak kelapa, alkohol, minyak nabati, baking soda, & garam.

 Baik laki-laki maupun perempuan tentunya merasa sangat terganggu dengan kutu rambut 28 Cara Menghilangkan Kutu Rambut & Telurnya (Metode Alami & Modern)
Photo credit: marrakeshh/123rf.com

Tea tree oil / minyak pohon teh sanggup membantu untuk membasmi kutu rambut. Minyak pohon teh mengandung zat yg berfungsi sebagai insektisida bagi kutu, bahkan sanggup membunuh kutu dalam waktu sekitar 30 menit.

Siapkan bahan2-bahan2 berupa:
  • Minyak pohon teh
  • Handuk
  • Sisir

Langkah-langkahnya:
  1. Oleskan beberapa tetes minyak pohon teh ke kulit kepala & rambut, usahakan perawatan ini dilakukan sebelum tidur.
  2. Setelah selesai mengoleskan, letakkan handuk halus menutupi rambut (/ bisa, juga di atas bantal), kemudian tidur menyerupai biasanya.
  3. Nah, pada pagi harinya, sisir rambut dengan perlahan untuk membuang semua kutu & telurnya yg telah mati.

Seberapa sering melaksanakan perawatan ini? Ulangi setiap 1-2 hari selama seminggu.

Mengapa ini bekerja? Minyak pohon teh bekerja sebagai pembasmi kutu alami & mencegah bisul kutu rambut. Minyak pohon teh mempunyai imbas insektisida & ovumidal yg membunuh kutu & telurnya. Bahkan tingkat maut kutu bisa, mencapai 100% berdasarkan penelitian yg dilakukan pada tahun 2012.

Sebelum melaksanakan perawatan ini, Anda perlu memastikan tidak ada reaksi alergi dengan cara membubuhi sedikit minyak pohon teh pada kulit (misalnya kulit punggung).

Dari artikel berjudul Head lice: How to avoid them, get rid of them and keep them away -- ABC.net.au, seorang Pakar entomologi kesehatan masyarakat berjulukan Dr Cameron Webb membenarkan bahwa  Minyak pohon teh sebagai pengobatan alami yg terkenal untuk menghilangkan kutu kepala, dimana terdapat bukti ilmiah yg menawarkan bahwa ini berhasil, walaupun keefektifitasan-nya tidak terlalu tinggi.

15. Produk Listerin

Pada artikel dari laman Stylecraze.com tersebut juga menyebutkan bahwa produk Listerin sanggup berguna untuk membasmi kutu rambut. Hal itu sebab produk Listerine mengandung eukaliptus & timol yg efektif dalam membunuh kutu.

 Baik laki-laki maupun perempuan tentunya merasa sangat terganggu dengan kutu rambut 28 Cara Menghilangkan Kutu Rambut & Telurnya (Metode Alami & Modern)
Photo credit: Lemau Studio/Shutterstock.com

Bahan-bahan2 yg perlu Anda siapkan yaitu Listerine obat kumur, topi shower, sisir kutu, dua handuk, & cuka putih.

Caranya dengan mencuci / membasahi kepala / rambut Anda dengan listerin. Lalu bungkus rambut dengan kantong plastik, topi shower & semacamnya. Lalu diamkan selama satu jam.

Setelah itu aplikasikan cuka pada rambut, kemudian tutup lagi dengan topi shower selama satu jam. Lalu bilas rambut dengan air higienis & lakukan shampo. Terakhir sisir rambut Anda menggunakan sisir kutu (yg bergigi rapat).

Bau berpengaruh Listerine mengakibatkan kutu tidak tahan dengan wangi peppermint menyerupai itu. Dengan membasahi rambut menggunakan Listerine akan sanggup membunuh kutu & juga merontokkan telur kutu.

Berhati-hatilah terhadap penggunaan produk Listerine ini sebab bisa, masuk ke dalam telinga, mengenai mata, & menyengat luka terbuka. Basahi rambut dengan Listerine secara menyeluruh kemudian tutup dengan topi mandi.

16. Minyak Kelapa 

Seperti halnya minyak zaitun, kandungan di dalam minyak kelapa bekerja untuk mencekik & membunuh kutu, serta membasmi telurnya yg menempel di folikel rambut. Kemudian, gunakan sisir kutu untuk bisa, menghilangkan kutu & telurnya di rambut seluruhnya.

 Baik laki-laki maupun perempuan tentunya merasa sangat terganggu dengan kutu rambut 28 Cara Menghilangkan Kutu Rambut & Telurnya (Metode Alami & Modern)
Photo credit: Africa Studio/Shutterstock.com

Siapkan bahan2 & peralatan berupa:
  • Minyak kelapa
  • Topi mandi sekali pakai
  • Sampo
  • Sisir kutu
  • Kondisioner

Apa yg harus dilakukan:
  1. Hangatkan minyak kelapa, kemudian tunggu beberapa ketika biar tidak terlalu panas, sehabis itu gres oleskan ke kulit kepala secara perlahan. 
  2. Lakukan pengolesan sembari memijat selama beberapa menit.
  3. Setelah mengoleskan secara merata maka tutuplah rambut Anda menggunakan topi mandi, tutup shower / semacamnya.
  4. Diamkan dalam kondisi demikian selama dua jam. 
  5. Lalu gunakan sisir kutu untuk menghilangkan kutu & telurnya yg mati.
  6. Lalu bilas rambut dengan air bersih, kemudian lakukan shampoo menyerupai biasa.
  7. Setelah rambut kering, oleskan minyak kelapa hangat lagi, tutup dengan topi mandi, & biarkan di malam hari.
  8. Saat pagi harinya, sisir rambut menggunakan sisir kutu untuk menghilangkan semua kutu & telurnya yg masih tersisa.
  9. Lalu bersihkan kembali rambut Anda.

Seberapa Sering Melakukan Perawatan Ini? Satu kali / dua kali dalam seminggu, hingga risikonya kutu hilang.

17. Alkohol 

Benzil alkohol adalah sejenis pediculicide yg sanggup bekerja untuk membunuh kutu. Jenis bahan2 kimia ini disetujui oleh FDA, & sanggup dipakai untuk anak di atas usia enam bulan. Hal ini berdasarkan penelitian yg dipublikasikan tahun 2010.

 Baik laki-laki maupun perempuan tentunya merasa sangat terganggu dengan kutu rambut 28 Cara Menghilangkan Kutu Rambut & Telurnya (Metode Alami & Modern)
Photo credit: Shutterstock.com | By Lars Hallstrom

Bahan & peralatan yg perlu disiapkan:
  • Larutan alkohol benzil
  • Sisir kutu

Caranya:
  1. Oleskan larutan alkohol pada kulit kepala & rambut dengan hati-hati. 
  2. Diamkan selama 10 menit saja.
  3. Lalu bilas rambut dengan air higienis di baskom.
  4. Lalu sisirlah kutu dengan menggunakan sisir kutu bergigi rapat.

Ulangi proses ini seminggu kemudian untuk membunuh sisa kutu (dari telur tersisa yg menetas).

Peringatan: Berhati-hatilah terhadap penggunaan alkohol benzil, jangan hingga terkena potongan badan yg berbahaya. Cuci tangan dengan saksama sehabis aplikasi & pembilasan.

18. Minyak Nabati (Minyak Sayur)

Apabila Anda tidak mempunyai minyak atsiri maka Anda bisa, menggunakan minyak sayur untuk membasmi kutu rambut. Minyak sayur/nabati bekerja dengan cara yg sama menyerupai minyak lainnya untuk bisa, membunuh kutu di rambut.

 Baik laki-laki maupun perempuan tentunya merasa sangat terganggu dengan kutu rambut 28 Cara Menghilangkan Kutu Rambut & Telurnya (Metode Alami & Modern)
Photo credit: Shutterstock.com | By Aleksandrs Samuilovs

Siapkan bahan2 & peralatan:
  • Minyak sayur
  • Topi shower
  • Sampo
  • Sisir kutu

Langkah-langkahnya:
  1. Oleskan minyak sayur ke rambut & kulit kepala, sembari memijat lembut.
  2. Lalu tutup rambut menggunakan topi shower, & biarkan selama semalam.
  3. Pada keesokan harinya, bilas rambut dengan air bersih, & lakukan sampo.

Seberapa Sering Melakukan Ini? Ulangi setiap malam hingga semua kutu & telur hilang.

19. Baking Soda

Baking soda sanggup meringankan rasa gatal di kulit kepala. Jika dikombinasikan dengan conditioner, sanggup berguna untuk membunuh kutu kepala dengan cara mengganggu sistem pernafasan kutu.

Siapkan bahan2 & peralatan:
  • 1 part baking soda
  • 3 part kondisioner
  • Sisir kutu

Langkah-langkahnya:
  1. Campurkan baking soda & kondisioner.
  2. Setelah tercampur rata maka oleskan ke seluruh kulit kepala & rambut.
  3. Lalu gunakan sisir kutu untuk menyisir semua potongan rambut.
  4. Setelah menyisir semua potongan rambut, maka bilas rambut menggunakan air bersih, & lakukan sampo.

Ulangi perawatan ini setiap hari selama beberapa hari, biar bisa, menghilangkan kutu secara efektif.

20. Garam

Garam bisa, menjadi antiseptik alami & sanggup membunuh kutu. Campuran garam & cuka sanggup dilakukan untuk membasmi kutu & telurnya di rambut.

 Baik laki-laki maupun perempuan tentunya merasa sangat terganggu dengan kutu rambut 28 Cara Menghilangkan Kutu Rambut & Telurnya (Metode Alami & Modern)
Photo credit: Shutterstock.com | By Y Photo Studio

Siapkan bahan2 & peralatan:
  • ¼ cangkir garam
  • ¼ cangkir cuka
  • Botol semprotan
  • Topi shower

Langkah-langkahnya:
  1. Campurkan garam & cuka secara merata.
  2. Tangkan adonan ke dalam botol semprot.
  3. Lalu semprotkan ke seluruh potongan kulit kepala & rambut (hati-hati ketika menyemprotkan di bersahabat mata & telinga).
  4. Lalu tutup rambut menggunakan topi shower / semacamnya.
  5. Diamkan dalam kondisi demikian selama 1-2 jam.
  6. Cuci higienis rambut dengan air, kemudian lakukan sampo & oleskan kondisioner.

Seberapa sering melaksanakan ini? 2-3 kali dalam seminggu.

Anda juga bisa, mengombinasikan garam dengan bawang merah / lainnya yg efektif untuk membunuh kutu rambut.

21. Gunakan Pengering Rambut

Beberapa metode menghilangkan kutu, diantaranya menggunakan pengering rambut, metode shrink wrap, & menggunakan mayonnaise.

Anda bisa, menggunakan pengering rambut untuk membasmi kutu & telurnya di rambut. Dalam sebuah penelitian, metode menggunakan udara panas telah terbukti untuk menghilangkan telur kutu rambut secara efektif.

Sebanyak 89% telur kutu mati, namun hanya 10% dari kutu rambut yg sanggup mati. Oleh sebab itu, penggunaan hair dryer ini dilakukan pada ketika rambut gres saja dicuci, hal ini sanggup memperbesar peluang untuk membasmi kutu rambut sebanyak-banyaknya.

22. Metode Shrink Wrap

Metode Shrink Wrap gotong royong tidak melibatkan proses membungkus rambut dengan bahan2 apapun. Metode ini dinilai cukup efektif & bahkan direkomendasikan oleh sebagian dokter, dimana metode ini pernah dimuat di Health.com menyebutkan bahwa kutu sanggup membuka & menutup lubang pernafasannya untuk menghindari sesak napas, sehingga belum ada jaminan bahwa bahan2 mayones sanggup bekerja secara efektif untuk membunuh kutu.

Hanya saja beberapa orang telah mencoba melaksanakan perawatan dengan mayones, & memperoleh khasiat darinya.

24. Lidah Buaya

 Baik laki-laki maupun perempuan tentunya merasa sangat terganggu dengan kutu rambut 28 Cara Menghilangkan Kutu Rambut & Telurnya (Metode Alami & Modern)
Photo credit: Maxpixel.freegreatpicture.com

Lidah buaya mengandung bradykinase, ini merupakan zat alami yg sanggup berguna untuk meredakan rasa gatal jawaban kutu & telur kutu di kepala.

Cara mekhasiatkan pengecap buaya untuk membasmi kutu, yaitu dengan membelah pengecap buaya kemudian diambil isinya. Setelah itu oleskan pada rambut & kulit kepala.

Dalam kondisi demikian biarkan selama beberapa saat. Setelah itu barulah bilas rambut dengan air bersih, & keramas menyerupai biasa.

25. Minyak Evening Primrose

Evening primrose adalah jenis .bunga yg sudah terkenal di negara-negara Amerika Selatan. Minyak dari .bunga ini sanggup Anda gunakan untuk membasmi gatal, kutu & juga serangga.

 Baik laki-laki maupun perempuan tentunya merasa sangat terganggu dengan kutu rambut 28 Cara Menghilangkan Kutu Rambut & Telurnya (Metode Alami & Modern)
Photo credit: Pixabay.com

Anda sanggup mekhasiatkan .bunga evening primose untuk mengatasi kutu rambut. Caranya hanya dengan mengoleskan secara tipis-tipis pada potongan kulit kepala sembari memijat.

Biarkan selama semalaman, & ketika pagi harinya barulah dicuci higienis kembali.

26. Bawang Bombay

Bawang bombay tidak cuma sanggup dipakai untuk memasak masakan lezat, Anda sanggup mekhasiatkan bawang bombay ini untuk menghilangkan kutu & telurnya di rambut.

 Baik laki-laki maupun perempuan tentunya merasa sangat terganggu dengan kutu rambut 28 Cara Menghilangkan Kutu Rambut & Telurnya (Metode Alami & Modern)
Photo credit: Shutterstock.com | By EM Arts

Anda hanya perlu membelah bawang bombay, kemudian oleskan getahnya pada kulit kepala. Manfaat lainnya dari bawang bombay yaitu melembapkan kulit kepala, & sanggup dipakai untuk menghilangkan jerawat.

27. Hair Styling Gel / Petroleum Jelly

Laman Health.com menyebutkan bahwa tidak banyak penelitian yg pertanda bahwa pengaplikasian styling gel / petroleum jelly (Vaseline) sanggup membunuh kutu kepala, meskipun menyerupai halnya minyak zaitun, banyak orang yg mengaku petroleum jelly sanggup membasmi kutu rambut.

 Baik laki-laki maupun perempuan tentunya merasa sangat terganggu dengan kutu rambut 28 Cara Menghilangkan Kutu Rambut & Telurnya (Metode Alami & Modern)
Photo credit: Gettyimages.com / By Glowimages

Sebuah studi menemukan bahwa petroleum jelly bekerja lebih baik daripada pengobatan di rumah lainnya dalam membunuh kutu rambut. Namun, Asosiasi Pediculosis Nasional memperingatkan bahwa produk petroleum jelly menyerupai Vaseline mungkin sulit dihilangkan.

Aplikasikan petroleum jelly pada rambut & kulit kepala, kemudian tutupi dengan topi, & basuh keesokan paginya.

Lalu gunakan sisir kutu untuk menjaring banyak kutu di rambut. Ulangi perawatan ini satu ahad lalu.

28. Gunakan Sisir Kutu (Serit)

Sisir serit dibentuk khusus untuk menyaring & menghilangkan kutu rambut maupun telurnya yg menempel pada folikel rambut. Bentuknya menyerupai mirip sisir biasa, tapi mempunyai gigi yg lebih rapat.

 Baik laki-laki maupun perempuan tentunya merasa sangat terganggu dengan kutu rambut 28 Cara Menghilangkan Kutu Rambut & Telurnya (Metode Alami & Modern)

Dalam pemakaian sisir serit ini, sebelumnya Anda perlu membahasi rambut dengan kondisioner, / bahkan minyak kelapa. Hal ini dimaksudkan biar kutu & telurnya sanggup lebih gampang menempel pada sisir serit.

Lalu sediakan kertas putih di depan Anda. Kemudian mulailah untuk menyerit rambut dengan perlahan.

Prosesnya dimulai dari potongan depan, samping & belakang. Lakukan secara perlahan biar proses menyerit bisa, maksimal mengenai semua potongan rambut & kulit kepala.

Setelah menyerit, Anda akan melihat banyak kutu berjatuhan di kertas putih.

Pertanyaan yg Sering Diajukan

Apakah Pewarna Rambut Membunuh Kutu?
Ya, pewarna rambut bisa, membunuh kutu. Bahan kimia yg terkandung di beberapa pewarna rambut, contohnya amonia, mempunyai fungsi untuk membunuh kutu. Tapi, pewarna rambut tidak sanggup membunuh telur kutu, sebab bahan2 kimia ini tidak bisa menembus ke dalam cangkang telur kutu.

Bisakah Keramas Rambut Membunuh Kutu?
Apabila Anda keramas menggunakan sampo biasa maka itu tidak akan membunuh kutu yg ada di rambut. Agar bisa, membunuh kutu maka gunakan shampo khusus yg dibentuk untuk membasmi kutu, menyerupai produk shampo yg mengandung minyak pohon teh, minyak kayu putih / lainnya.

Haruskah Saya Mencukur Pendek Rambut Saya Untuk Membasmi Kutu Rambut?
Memang dengan menghapus lingkungan kutu berada (yaitu di rambut) sanggup menyingkirkan kutu & telurnya secara efektif. Namun, langkah ini terlalu ekstrem sehingga jangan dahulu dilakukan. Ada banyak solusi lainnya untuk menghilangkan kutu rambut.

Bolehkan Menggaruk Kulit Kepala Keras-Keras Karena Gatal?
Hendaknya Anda berusaha untuk tidak sering menggaruk kepala ketika kutu menyerang. Goresan kuku bisa, melukai kulit & mengakibatkan bisul lebih lanjut. Dalam kasus lebih parah, rambut bisa, rontok & area kulit terinfeksi.

Hal Penting Untuk Diketahui

1. Jangan menyebarkan barang apapun milik orang yg terkena dampak menyerupai sisir, handuk, topi, dll.

2. Potong kuku Anda biar menghindari luka ketika menggaruk.

3. Tutup semua barang terdampak yg tidak bisa, dicuci di dalam kantong plastik selama seminggu.

4. Ada sedikit alasan untuk khawatir ihwal pakaian yg dikenakan beberapa hari yg lalu, karpet, /pun furnitur. Vakum semua pelapis, kasur, karpet, dll. Gunakan penyedot debu untuk membersihkan lantai & furnitur yg berkain.

5. Bersihkan sumber penularan, basuh barang menyerupai topi & sarung bantal yg bersentuhan eksklusif dengan kepala.

6. Rajin-rajinlah menggunakan sisir serit, biar kutu bisa, segera hilang semuanya dari kepala.

7. Rendam sisir, sikat, & peralatan rambut lainnya ke dalam air panas selama 5-10 menit.

8. Pastikan untuk rajin-rajin mencuci & mengganti bantal / sarung bantal.

9. Untuk memastikan apakah Anda terinfeksi kutu rambut / tidak, para jago menyarankan untuk mengunjungi dokter. Dokter biasanya akan menyisir rambut menggunakan sisir bergigi rapat, hingga mencari kutu & telurnya melalui mikroskop.

10. Pada beberapa orang, rasa gatal bisa, berlanjut hingga 7-10 hari semenjak semua kutu & telurnya dibunuh. Untuk mengurangi rasa gatal, penderita bisa, menggunakan krim steroid / losion calamine.

11. Untuk gatal-gatal yg lebih parah, penderita mungkin memerlukan obat antihistamine / krim cortisteroid yg lebih kuat. Namun penggunaannya perlu dikonsultasikan dengan dokter.

12. Anda tidak perlu menyemprotkan pestisida di dalam rumah untuk membunuh kutu, hal itu sebab kutu tidak bisa hidup lebih dari 24 jam di luar kulit kepala.

13. Daripada menyemprotkan pestisida, lebih baik Anda mencuci pakaian, bantalan kawasan tidur, sisir & aksesoris menggunakan air bersuhu 55 derajat celcius / lebih.

14. Kutu rambut hanya bisa, menular dari insan ke insan lainnya. Kutu rambut insan tidak bisa, menular ke hewan peliharaan, demikian juga sebaliknya, hal itu sebab jenis kulit & kutu yg berbeda.

15. Kutu rambut tidak bisa, melompat jauh / terbang. Jika Anda pernah mendengar bahwa kutu rambut bisa, terbang antar rambut manusia, maka pernyataan ini hanyalah mitos. Tidak benar bahwa kutu rambut bisa, melompat jauh.

16. Ukuran kutu rambut bervariasi, yg tergantung dari umur & banyaknya darah yg dikonsumsi. Secara umum ukuran kutu rambut adalah sebesar biji wijen. Warnanya juga majemuk menyerupai hitam, abu-abu, & cokelat.

17. Kutu suka bersembunyi di kawasan gelap, sehingga kutu jarang sekali terlihat di permukaan rambut. Kutu suka bersembunyi di lokasi gelap & bersuhu hangat menyerupai potongan belakang indera pendengaran & akar rambut.

18. Biasanya kutu betina bertelur 1-2 hari sehabis pembuahan dari kutu jantan. Jumlah telur yg dihasilkan sanggup mencapai 10 telur dalam sehari.

19. Kutu lebih menyukai cuaca panas daripada dingin. Kutu-kutu akan bereproduksi lebih cepat ketika kondisi kulit kepala terasa panas / hangat.

20. Adapun usia hidup kutu selama 1 bulan. Kutu remaja akan mati dengan sendirinya.

21. Telur kutu secara sekilas tampak menyerupai ketombe, tapi keduanya sangatlah berbeda. Ketombe gampang sekali jatuh ketika dikebas dari rambut, adapun telur kutu menempel erat pada rambut menyerupai lem. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "28 Cara Menghilangkan Kutu Rambut & Telurnya (Metode Alami & Modern)"

Posting Komentar