8 Manfaat & Khasiat Buah Kolang Kaling

Buah ini sering disebut juga dengan nama buah atap, yg menjadi salah satu cemilan yg terkenal di masyarakat Indonesia.

Dengan bentuk buah kolang kaling yg lonjong, kenyal serta berwarna putih...

Tampilan tersebut buat buah kolang kaling ini sangat menarik & ditambah lagi dengan kandungan airnya yg sangat banyak.

Buah Kolang kaling sanggup dengan gampang untuk Kamu temui di pasar, terutama pada pasar tradisional yg banyak pedagang menjualnya.

Selain itu gampang ditemui pada masa Ramadhan / bulan puasa, disaat itu jumlahnya sanggup menjadi lebih banyak

Saat Ramadhan, banyak pedagang di pasar maupun di rumah yg berlomba-lomba untuk menjualnya..

Itu alasannya memang pada bulan pahala salah satu hidangan berbuka yg paling terkenal yaitu buah kolang kaling ini.

Kolang-kaling pada bahasa Belkamu disebut dengan Glibbertjes... Itu artinya yaitu buah dari pohon aren (Arena Pinnata).

Kandungan buah kolang-kaling...

Buah kolang-kaling ini dikenal mempunyai kadar air yg tidak mengecewakan tinggi, yaitu hingga 93%. 

Selain airnya, biji kolang-kaling juga mempunyai kandungan protein sebesar 0,69 gram, serta kandungan karbohidrat sebesar 4 gram.

Buah Kolang-kaling ini kaya akan kandungan potassium, besi, kalsium, vitamin A, vitamin B, vitamin C & juga gelatin.

 Buah ini sering disebut juga dengan nama buah atap 8 Manfaat & Khasiat Buah Kolang Kaling

Bentuk & tekstur buah kolang kaling ini buatnya terlihat unik, & sangat cocok sebagai tambahan es buah. Selain rasanya yg yummy & bentuknya yg sangat menarik, juga mempunyai kandungan gizi yg sangat berguna untuk kesehatan badan kita. 

Seperti di dalamnya terdapat kandungan mineral menyerupai protasium, iron, kalsium, dimana itu semua mempunyai khasiat yg sanggup memperlancar proses metabolisme serta buat badan menjadi sangat segar.

Buah kolang kaling ini sangat terkenal dengan dijadikan adonan es buah /pun cendol, di dalamnya mempunyai aneka macam khasiat & khasiat untuk kesehatan tubuh, berikut di bawah ini penjelasannya.

1. Untuk memperkuat tulang

Orang-orang sangat rajin untuk mengkonsumsi susu alasannya mempunyai kandungan kalsium yg tinggi untuk tubuh, sehingga susu sangat berguna untuk pertanaman tubuh, terutama untuk belum dewasa yg memang dalam masa pertanaman. 

Akan tetapi susu mempunyai risiko berupa kalori yg tinggi, sehingga apabila dikonsumsi secara berlebihan juga sangat tidak baik alasannya sanggup buat badan menjadi kegemukan.

Dan pada buah kolang kaling ini pada setiap 100 gram kolang-kaling mengandung 91 mg kalsium, se&gkan susu sapi murni pada setiap 100 gram susu sapi murni mengandung 125 mg kalsium. 

Sehingga dengan begitu mengkonsumsi buah kolang kaling ini juga bisa, dijadikan alternatif yg cukup baik sebagai sumber kalsium selain dari susu.

2. Sebagai masakan diet

Berdasarkan penelitian yg dilakukan oleh para ahlinya, bahwa pada 100 gram buah kolang-kaling ini mengandung hingga 0,69 gram protein, karbohidrat sebanyak 4,0 gram, kadar debu sebesar 1 gram, & serat garang sebesar 0,95 gram. 

Adapun untuk kadar air pada buah kolang-kaling ini sangat tinggi yaitu hingga 94% yg dengan kadar air tinggi tersebut buat buah kolang-kaling menjadi sangat segar di badan ketika Kamu konsumsi.

Kemudian pada kolang kaling juga terkandung gelatin yg mempunyai imbas bagi yg mengkonsumsinya akan timbul rasa kenyg.

Sehingga apabila Kamu mengalami keadaan keadaan nafsu makan yg berlebihan, maka jangan khawatir alasannya buah kolang-kaling ini akan buat hilang pada nafsu makan yg berlebihan itu.

3. Sebagai obat ra&g sendi.

Pada buah kolang-kaling mempunyai kandungan zat galaktomanan yg mempunyai khasiat untuk menyembuhkan / minimalnya sanggup meredakan penyakit pada ra&g sendi. 

Jika Kamu dalam proses pengobatan, maka Kamu sanggup memakan buah kolang-kaling ini sebanyak 100 gram / lebih sedikitnya pada setiap hanya. 

Untuk mengkonsumsi buah kolang-kaling ini (dalam keadaan yg demikian), maka disarankan untuk dikonsumsi dengan direbus tanpa menggunakan segala macam perwarna & gula.

4. Buah Kolang kaling kaya akan kandungan serat

Buah kolang kaling mengandung air & serat yg cukup banyak, dimana serat ini sebuah zat yg berguna bagi kesehatan pencernaan kita, dimana dengannya kita sanggup terhindari dari namanya susah buang air besar, sembelit & bahkan diare sekalipun. 

Dengan mengkonsumsi 5 hingga 10 butir kolang kaling pada setiap harinya, itu sangat berguna untuk memperlancar pencernaan Kamu, selain itu kolang kaling juga terkenal & sangat baik untuk menjalankan agenda diet yg sehat.

Loading...

5. Buah kolang kaling berguna untuk memperkuat tulang

Buah kolang kaling ini mempunyai khasiat & khasiat untuk memperkuat tulang & mencegah terjadinya osteoporosis. 

Dimana didalamnya terdapat kandungan kalsium 91 miligram kalsium untuk tiap 100 gram kolang-kaling, dimana ini sangat berguna dalam memenuhi kebutuhan kalsium pada tubuh, & Kamu sanggup menjadikannya buah kolang kaling ini sebagai alternatif pengganti susu.

6. Kaya akan kalsium

Buah kolang kaling yg kaya akan kalsium sangat baik untuk mencegah hal-hal yg tidak diinginkan menyerupai terjadinya persoalan kesehatan tulang, gigi & persendian badan yg tidak sanggup berfungsi menyerupai sedia kala.

Buah kolang kaling ini sanggup Kamu jadikan sebagai konsumsi sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan kalsium, utamanya untuk sebagian orang yg alergi pada susu sapi.

Dengan mengkonsumsi 100-200 gram kolang kaling dalam sehari, yg tentunya tanpa pemanis buatan /pun pewarna maka berguna untuk mencegah & mengobati persoalan pada ra&g persendian.

7. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat garang yg terkandung pada buah kolang-kaling hingga 39%, dimana ini berguna biar sanggup melancarkan pencernaan tubuh, kandungan serat disertai karbohidrat yg cukup tinggi buat kolang kaling berguna untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Selain juga sanggup melancarkan pencernaan, Kamu akan sanggup lebih gampang & teratur dalam pembuangan air besar, serta khasiat buah kolang kaling ini juga baik untuk menghindari terjadinya obesitas / kegemukan pada tubuh.

8.  Sebagai Obat gatal-gatal.

Buah Kolang kaling memang sudah diragukan lagi sangat berguna untuk kesehatan tubuh, akan tetapi getah pada kolang kaling juga katanya mempunyai khasiat untuk dijadikan obat gatal pada tubuh.

Akan tetapi untuk menerapkan ini diperlukan tutorial dari orang yg sudah & pengalaman dalam mengobati gatal dengan buah kolang kaling.

[UPDATE]
Untuk mengatasi persoalan perut

Buah kolang kaling sanggup mengobati rasa panas di perut. Ketika cuaca panas, maka minuman dengan bahan2 kolang kaling bisa menjaga badan terhidrasi & mengatasi ulang mineral yg hilang. Dengan begitu, kolang kaling cukup efektif dikhasiatkan dalam mengobati persoalan pencernaan & juga penyakit perut lainnya.


Pengolahan buah kolang-kaling

Untuk pemilihan bahan2, maka utamakan pilih buah aren yg setengah masak, dimana karakternya yaitu warna kulit yg terlihat masih hijau segar. Buah aren tersebut Kamu lepas satu per satu dari untaiannya, kemudian dimasukan ke dalam wadah.

Untuk cuilan pembakaran /pun perebusan buah Aren, maka terdapat dua buah cara tersebut dalam mengolah kolang-kaling, dengan memperabukan / merebusnya maka ini bertujuan untuk menghilangkan lendir buah.

Yang dimana lendir buah tersebut bisa, mengakibatkan gatal pada kulit. Untuk pelepasan kulit biji aren, maka pada kulit biji yg berwarna kuning dilepas dengan menggunakan pisau, biji yg sudah terlepas tersebut kemudian dicuci dengan air bersih.

Untuk perendaman biji aren, maka Kamu sanggup menyiapkan sebuah baskom, kemudian isi dengan air kapur, sesudah itu rendam biji aren yg sudah higienis tersebut ke dalam air kapur dengan waktu selama 2-3 hari. Tujuan dari melaksanakan hal ini yaitu biar semua kotoran terdapat pada biji buah aren akan diendapkan, sehingga terlepas dari buah.

Semoga berkhasiat.

Gunakan URL singkat: http://goo.gl/PzKmVj (untuk share artikel ini ke Twitter)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Manfaat & Khasiat Buah Kolang Kaling"

Posting Komentar