11 Penyakit & Faktor Penghambat Kehamilan

Tentunya bagi perempuan akan sangat ingin mempunyai bayi / keturunan, maka dari itu penting menjaga kesehatannya. Pada bagi ibu hamil harus menjaga kesehatannya, lantaran hal itu akan berpegaruh pada janin yg ada di dalam kandungan.

Terlebih dalam bulan-bulan menunggu kelahiran sang bayi ke dunia ini, rentan terhadap penyakit-penyakit yg sanggup membahayakan.

Munculnya tkamu-tkamu / tanda-tanda yg sederhana bisa, menjadi tkamu munculnya penyakit yg bisa, menghambat kehamilan, untuk itu perlu mengetahui aneka macam tan&ya / gejalanya, untuk mengantisipasi.

Setelah menikah, tidak usang untuk para pasangan suami istri sanggup pribadi mendapatkan rezeki anak. Akan tetapi juga ada yg sudah bertahun-tahun bahkan puluhan tahun belum juga dikaruniai rezeki anak.

Faktor kesuburan /pun penyakit tertentu bisa, menjadi penyebab persoalan seorang perempuan sulit hamil. Demikian juga dalam masa kehamilan juga tidak terlepas dari yg namanya persoalan penyakit,

 Tentunya bagi perempuan akan sangat ingin mempunyai bayi / keturunan 11 Penyakit & Faktor Penghambat Kehamilan

Penyakit yg bisa, menghambat kehamilan

1. Faktor kekentalan darah
Sekitar 17% ibu hamil yg keguguran lantaran problem sindroma antikardiolipin / anti cardiolipin antibodies (ACA). Dimana badan menghasilkan antibodi yg justru menyerang antikardiolipin lantaran dianggap “musuh”. Kardiolipin adalah senyawa protein yg terdapat pada selaput sel pelindung organ, yg bekerja untuk mengentalkan darah.

Kondisi pengentalan darah, yg terjadi pada penderita ACA pada perempuan hamil mengakibatkan pembekuan darah di dalam pembuluh. Apabila terjadi di plasenta akan menghambat anutan oksigen & zat-zat gizi ke janin...

...yg beresiko tinggi menimbulkan terganggunya perkembangan janin, sampai yg terburuk menimbulkan bayi meninggal dunia.

Untuk mengatasinya, maka perlu investigasi darah di laboratorium untuk mengetahui senyawa protein ACA, mengukur kecepatan pembekuan darah, dll. Biasanya tes laboratorium dilakukan 6 ahad sekali.

Kemudian, biasanya pasien akan mengonsumsi obat dari resep dokter untuk menurunkan kadar senyawa ACA di dalam tubuh, sehingga mencegah terjadinya pengentalan darah yg memicu pembekuan darah & menghambat perkembangan janin.

2. Sperma suami bermasalah
Gerakan sperma lambat & istri alergi sperma suami sering menjadi faktor penghambat kehamilan, yg menjadi penyebab 15% persoalan sulit hamil. Gerakan sel-sel sperma lambat pada setiap kali berhu.bungan intim, menimbulkan sel sperma kesulitan untuk mencapai sel telur, maka pembuahan pun tidak terjadi.

Pada istri yg alergi sperma suami,hal itu terjadi lantaran kadar antibodi di dalam badan istri terlalu tinggi, yg malah menganggap sel sperma suami adalah “musuh.” Alhasil sel telur sulit untuk bisa, dibuahi.

Untuk mengatasinya, maka perlu memperbaiki contoh hidup suami /pun istri, menyerupai meningkatkan konsumsi makanan sumber vitamin E, menyerupai brokoli, kacang almond & buah alpukat. Hindari merokok, minum alkohol, makanan junk food & semacamnya.

Kemudian, perlu berkonsultasi dengan dokter, biasanya akan menjalani terapi penyuntikan leukosit suami kepada istri untuk menurunkan kadar antibodi. Sehingga sperma suami tidak lagi dianggap “musuh”, alhasil peluang kehamilan menjai besar.


3. Menopause dini
Di mas modern ini, tercatat sekitar 6-7% perempuan usia reproduktif mengalami menopause dini, yg menimbulkan sulit hamil, padahal usia di bawah 40 tahun tetapi kadar hormon estrogen sudah menurun...

...yg mengakibatkan badan tidak bisa lagi menghasilkan sel-sel telur matang yg siap dibuahi. Walaupun ada jutaan sel sperma yg dikeluarkan ketika berhu.bungan intim, tetapi tidak ada satu pun sel telur matang yg sanggup dibuahi untuk menghasilkan kehamilan.

Untuk mengatasi perlu berkonsultasi ke dokter, biasanya dokter akan menerapkan terapi suntikan hormon estrogen / kombinasi estrogen & progesteron untuk meningkatkan kadarnya di dalam tubuh.

Tujuan dari terapi yg dilakukan biar organ-organ reproduksi bisa kembali aktif, termasuk indung telur yg bisa memproduksi sel telur yg matang & siap dibuahi.

4. Endometriosis
Faktor yg mengakibatkan kehamilan sulit terjadi, salah satunya lantaran penyakit Endometriosis. Sekitar 5%-15% perempuan usia reproduktif mengalaminya persoalan ini, & banyak yg tidak menyadari kebera&nya.

Penyebab endometriosis lantaran a&ya persoalan pada jaringan pembentuk dinding rongga rahim (endometrium), yg tumbuh di luar rongga rahim (salah tempat), menyerupai di bersahabat jalan masuk telur / indung telur (ovarium).

Sehingga berakbiat terjadinya pelekatan di sekitar jalan masuk telur yg mengganggu proses pembuahan. Alhasil, ovarium beresiko gagal melepaskan sel telur yg sudah matang untuk dibuahi sel sperma, yag hasilnya tidak terjadi pembuahan.

Yang sering terjadi gerakan sel-sel sperma terhambat lantaran jalan masuk telur yg menyempit, yg buat sel-sel sperma sulit mencapai sel telur yg akan dibuahi.

Endometriosis jug dikatakan, kondisi serpihan dinding di dalam rahim yg berkembang membentuk sarang kecil, yg sesudah itu menjadi besar & terus berkembang di dalam indung telur, sampai terus menjalar sampai ke cuilan peralatan reproduksi.

Endometriosis bisa, menimbulkan timbulnya rasa sakit pada masa haid, / juga ketika berhu.bungan antara pasangan.

Beberapa cara mengatasi Endometriosis:
1. Gunakan obat pereda rasa nyeri, beberapa jenisnya menyerupai aspirin & ibuprofen. Tetapi ada sebagian perempuan mungkin memerlukan jenis obat yg lebih kuat.

2. Terapi hormon. Dokter mungkin akan menyarankan terapi hormon. Terapi hormon bervariasi, seringnya dokter yg akan menetukan jenis terapi hormon yg cocok untuk kondisi pasien.

3. Mintalah dokter untuk sekaligus mengobati endometriosis ketika dignosa, lantaran ketika diagnosa dengan mekanisme laparoskopi, dokter sesungguhnya bisa, sekaligus memperabukan sel-sel endometrium, guna mengurangi gejala.

4. Operasi, menyerupai laparotomi (pembedahan perut) / histerektomi (pengangkatan rahim, jalan masuk tuba, & ovarium), guna membersihkan badan dari endometriosis. Waktu pemulihannya sesudah operasi, selama beberapa bulan.

(Terapi alternatif untuk mengobati endometriosis)
5. Memperbaiki asupan nutrisi, caranya yaitu berkonsultasi dengan hebat gizi. Dengan asupan nutrisi yg baik & tepat, mempunyai kegunaan untuk mengurangi rasa nyeri tanggapan endometriosis.

6. Akupunktur, dinilai bisa untuk mengurangi rasa nyeri, walaupun biasanya khasiatnya tidak terasa dengan segera. Melakukan akupunktur untuk mengurangi nyeri & mendorong relaksasi tubuh.

7. Berkonsultasi dengan dokter guna mengetahui pengobatan alternatif yg tepat, sehingga pengobatan alternatif yg diambil akan kondusif untuk dilakukan.

Loading...

(Cara alami mengobati endometriosis)
8. Konsumsi temu putih. Yang paling bagis yaitu dimakan secara mentah (lalapan), tetapi selain itu juga bisa,, yaitu dengan diparut & diperas airnya, kemudian diminum 1-2 kali dalam sehari.

9. Umbi daun dewa. Anda haluskan, kemudian ambil airnya (caranya dengan peras menggunakan air matang), kemudian diminum sehari sekali.

10. Membuat resep jamu mengobati endometriosis, dengan bahan2:
  • 10 gram kunyit kering
  • 10 gram temu putih kering
  • 10 gram tapak liman kering
  • 30 gram cakar ayam segar
  • 15 gram pegagan kering

Cara Pembuatan, kupas Kunyit & temu putih, kemudian memarkan. Setelah itu rebus dengan 1 liter air sampai tersisa setengahnya. Dinginkan, kemudian disaring. Diminum sekitar 3 kali dalam sehari

5. Gonore
Gonore adalah kondisi infeksi pada peralatan kelamin, dimana hal itu muncul lantaran dari bakteri-bakteri gonokokus. Infeksi yg timbul menyerupai ini bisa, menimbulkan kemandulan, ra&g sendi, kerusakan pada hati, & lainnya.

Gonore / kencing abses merupakan penyakit menular seksual yg disebabkan basil Neisseria gonorrhoeae (gonococcus). Bakteri gonococcus biasanya ditemukan di cairan penis & vagina dari orang yg terinfeksi.

Bakteri gonore tidak bisa, bertahan hidup di luar badan insan untuk waktu yg lama, sehingga tidak menular melalui dudukan toilet, perperalatanan makan & minum, mengembangkan handuk, kolam renang, ciuman, & pelukan.

Gejala Gonore
Sekitar 10 persen laki-laki yg terinfeksi & 50 persen dari perempuan yg terinfeksi tidak mengalami tanda-tanda yg dirasakan, sehingga banyak kasus penderita gonore menularkannya kepada pasangannya tanpa disadari.

Gejala gonore biasanya (pada laki-laki maupun wanita) yaitu nyeri (sakit) ketika buang air kecil & keluarnya cairan kental berwarna kuning / hijau dari vagina / penis. Sehingga gonore sering disebut ‘kencing nanah’.

Pada wanita, infeksi akan menjalar ke organ panggul bila tidak segera diobati, sampai bisa, terus mengakbiatkan pendarahan pada vagina, sakit pada perut cuilan bawah & demam.

Diagnosis gonore
Sampel urine menjadi dengan metode yg sering digunakan, baik pada laki-laki maupun wanita. Pemeriksaan sampel urine pada perempuan tidak begitu akurat, sehingga investigasi yg dilakukan sering dengan mengambil sampel cairan vagina.

Pengobatan & pencegahan gonore
Dokter biasanya memperlihatkan satu suntikan antibiotik & satu tablet antibiotik untuk mengobati gonore.

Gejala tanggapan basil gonore sanggup membaik sesudah beberapa hari, dengan melaksanakan pengobatan gonore yg efektif serta sempurna waktu (tidak ditunda-tunda). Hal itu lantaran penyakit gonore yg dibiarkan sanggup menjadi ancaman yg fatal.

Pastikan Anda & pasangan Anda tidak berhu.bungan seks sampai perawatan benar-benar tuntas (sembuh), yg ditkamui dengan investigasi ulang yg hasilnya bahwa Anda negatif menderita gonore.

Penyakit gonore bisa, kambuh apabila tdak melaksanakan hu.bungan seks yg sehat & aman.Hal terpenting untuk mencegah infeksi menular seksual adalah tidak berganti-ganti pasangan seksual, jangan melaksanakan hu.bungan seksual bila belum menikah.


6. Kanker rahim, indung telur, dll
Kanker merupakan sebuah kondisi terjadi pertanaman pada sel-sel badan yg tidak normal, / sanggup juga dikatakan tidak terkontrol.

Sel-sel badan yg berkembang dengan tidak normal tersebut nantinya menyebar ke seluruh tubuh, sehingga buat fungsi-fungsi organ badan menjadi terganggu.

Terdapat jenis penyakit kanker yg menimbulkan terganggunya kehamilan, bahkan bisa, mengakibatkan seorang perempuan sulit hamil menyerupai kanker rahim, kanker indung telur, kanker verbal & leher rahim, sampai kanker payudara.

Kehamilan yg terganggu penyakit kanker beresiko mengakibatkan bayi lahir prematur, lahir cesar, bahkan keguguran.

Dokter biasanya menyarankan ibu hamil penderita kanker untuk menjalankan pengobatan, operasi & kemoterapi untuk memberantas sel kanker. Obat-obatan yg diberikan tentu harus sesuai dengan resep dokter sehingga tidak membahayakan janin.

Operasi juga dilakukan dengan pengawasan hebat anestesi yg memperhitungkan kesehatan kehamilan. Adapun kemoterapi umumnya dilakukan sesudah trimester pertama, lantaran pada masa ini organ janin telah terbentuk.

Karena ancaman kanker pada kehamilan, penting ibu hamil untuk selalu mewaspadainya, & menjalani contoh hidup yg sehat, menyerupai tidak merokok, tidak minum-minuman alkohol & bersoda, tidak konsumsi junk food, dll.

7. Gangguan jantung
Ini disebut juga dengan gagal jantung, / terjadi kelainan jantung bawaan, dimana persoalan ini menimbulkan Ibu hamil mengalami resiko lebih tinggi terkena keguguran.

Selain itu juga sanggup menimbulkan bayi lahir prematur, & berat ba& bayi yg gres lahir rendah (ringan).

Masalah gangguan jantung hendaknya dikonsultasikan dengan dokter, investigasi kesehatan sebelum kehamilan sangat diperlukan, guna mengurangi risiko persoalan kesehatan pada ibu & janin.

Beberapa bahan2 makanan mempunyai kegunaan untuk membantu menjaga kesehatan jantung menyerupai oatmel yg bisa menyerap kolestrol jahat, ikan yg mengandung omega 3 yg bisa memperbaiki denyut jantung. Lalu lengkapi dengan sayuran hijau menyerupai bayam, dsb, lantaran kandungan serat & potasiumnya yg mengurangi risiko penyakit jantung.

Hal yg penting untuk mengatur waktu istirahat, jangan tidak terlalu lelah lantaran akan membebani jantung (menjai sesak), sehinga mencegah sirkulasi darah & oksigen berkurang.

Seorang Ibu perlu memperlihatkan ASI, lantaran ini membantu untuk menyusutkan lemak di cuilan perut, yg mempunyai kegunaan untuk menurunkan risiko penyakit jantung secara umum.

8. Penyakit infeksi
Jenisnya menyerupai infeksi jalan masuk kemih. Yang menimbulkan meningkatkan resiko terjadinya persalinan dini, / menimbulkan pecahnya ketuban sebelum waktunya.

Masalah infeksi ini, selain membahayakan Ibu hamil, juga membahayakan janin, yg sanggup mengakibatkan cacat bawaan pada janin.

Gejalanya yaitu rasa ingin selalu buang air kecil, nyeri / perih ketika buang air kecil, warna urin keruh, & bau urin menyengat. Adapun infeksi pada ureter & ginjal mencakup nyeri pada cuilan selangkangan, mual, & demam.

Jenis infeksi lainnya yaitu sitomegalovirus, dimana jenis infeksi ini tidak kalah bahayanya lantaran menimbulkan rusaknya fungsi organ hati pada janin, kemudian ada juga infeksi yg menimbulkan rusaknya fungsi otak janin.

9. Tekanan darah tinggi
Hipertensi dalam kehamilan sesungguhnya hal yg umum terjadi pada ibu hamil. Sekitar 10 persen ibu hamil mengalami kondisi ini ketika hamil.

Jika dibiarkan, hipertensi beresiko tinggi mengakibatkan kondisi praeklamsia. Seorang perempuan dikatakan terkena hipertensi pada masa kehamilan, ketika tekanan darahnya di atas 140/90 mm Hg.

Beberapa jenis hipertensi dalam kehamilan, yaitu hipertensi kronik, hipertensi kronik dengan praeklamsia, hipertensi gestasional, praeklamsia & eklamsia.

Hipertensi yg tidak ditangani dengan baik bisa, berdampak negatif bagi bayi & Anda sendiri. Aliran darah ke plasenta berkurang, menimbulkan bayi dalam kandungan tidak menerima cukup oksigen & nutrisi.

Janin yg tidak cukup dalam mendapatkan oksigen & nutrisi, buat pertanaman janin terhambat, beresiko bayi lahir dengan berat ba& rendah, / juga lahir prematur.

Bayi juga bisa, beresiko meninggal dalam kandungan lantaran tidak mendapatkan asupan oksigen & nutrisi yg cukup. Hal yg penting, bayi dikandung oleh ibu dengan tekanan darah normal.

Jika Anda terkena hipertensi ketika hamil, maka periksakan diri ke dokter kandungan biar kondisi Anda tetap terjaga. Dokter biasanya memperlihatkan resep obat untuk menurunkan tekanan darah.

Penting untuk mengikuti semua petunjuk & takaran minum yg dianjurkan dokter. Kemudian, selalu terapkan gaya hidup sehat ketika hamil,seperti konsumsi makanan yg bergizi, sayur, buah, daging tanpa lemak, & susu rendah lemak.

Hindari makanan yg mengandung garam tinggi, hindari juga merokok & mengonsumsi minuman beralkohol & bersoda.

10. Toksoplasmosis

 Tentunya bagi perempuan akan sangat ingin mempunyai bayi / keturunan 11 Penyakit & Faktor Penghambat Kehamilan

Sekitar 40% ibu hamil berisiko terkena toksoplasmosis. Parasit toxoplasma gondi yg menjadi penyebab toksoplasmosis, buat badan ibu hamil membentuk antibodi khas, yaitu IgM & IgA.

Antibodi tersebut justru malah menimbulkan terjadinya keguguran, / janin yg dikandung mengalami gangguan proses tumbuh-kembangnya, sehingga bemberikan resiko bayi lahir cacat.

Penyebab timbulnya toksoplasmosis:
  1. Menyentuh kotoran kucing yg terinfeksi 
  2. Makan daging mentah / setengah matang, sehingga keadaan daging tersebut bisa, menginfeksi
  3. Menyentuh verbal sesudah menyentuh daging.
  4. Toksoplasmosis sanggup ditularkan dari transfusi darah / juga transplantasi organ (jarang terjadi).
  5. Mengonsumsi daging yg tercemar benalu toxoplasma, terutama babi, domba, & daging rusa.
  6. Konsumsi makanan yg tercemar oleh benalu toxoplasma melalui media pisau, perperalatanan, talenan, & lainnya yg sebelumnya kontak dengan daging mentah & daging yg terkontaminasi.
  7. Minum air yg tercemar benalu Toxoplasma
  8. Penerima transplantasi organ terinfeksi lantaran mendapatkan organ dari donor toxoplasma-positif. 
  9. Adapun yg sanggup meningkatkan risiko toksoplasmosis yaitu HIV/AIDS & kanker yg dialami
Sumber: "Penyebab timbulnya toksoplasmosis" dari laman Cdc.gov & sumber lainnya.

Gejala toksoplasmosis jarang menimbulkan gejala. Kalaupun ada, biasanya:
  1. Bengkak pada kelenjar getah bening
  2. Demam
  3. Tubuh terasa lemah & lesu yg kurang wajar
  4. Sakit tenggorokan
  5. Nyeri otot
  6. Ruam.

Sistem kekebalan badan yg lemah bisa, semakin memperburuk infeksi toksoplasmosis, yg infeksinya bisa, menjalar ke otak (ensefalitis), mata (korioretinitis), & paru-paru (pneumonitis). Gejala yg dirasakan berupa demam, badan kejang, sakit kepala, cacat visual, gangguan kemampuan bicara & gerakan, & mengalami sesak napas.

Selain investigasi fisik & riwayat kesehatan, investigasi darah perlu untuk mengetahui antibodi yg diproduksi oleh tubuh, guna melawan toksoplasmosis. Adapun investigasi laboratorium untuk mengetahui protozoa yg menyebabkannya.

Jika yg terinfeksi adalah perempuan hamil, perlu dilakukan tes prenatal, termasuk USG & amniocentesis (pemeriksaan air ketuban), guna mengetahui apakah janin sudah ikut terinfeksi / tidak.

Pengobatan toksoplasmosis
Penderita toksoplasmosis yg dalam kondisi sehat (sistem imun baik) & tidak dalam keadaan hamil, umumnya tidak memerlukan pengobatan intensif, hal itu lantaran gejalanya yg biasanya hilang dalam sebulan.

Adapun penderita toksoplasmosis pada orang dengan sistem imun (kekebalan tubuh) yg lemah, maka perlu menggunakan obat anti-toksoplasmosis selama 1 bulan / lebih.

Pada seorang perempuan hamil terinfeksi se&gkan janinnya tidak, biasanya akan diberikan antibiotik spiramisin.

Ibu hamil yg janinnya juga ikut terinfeksi toksoplasmosis diberikan kombinasi obat menyerupai spiramisin, pirimetamin, sulfadiazin, asam folinat.

Pencegahan toksoplasmosis
  1. Ketika berencana hamil /pun di awal kehamilan, maka perlu konsultasi dengan dokter, serta melaksanakan tes darah untuk mengetahui apakah tubuhnya kebal terhadap toksoplasmosis. 
  2. Jangan konsumsi daging mentah / setengah matang. 
  3. Setelah menyentuh daging mentah, jangan menyentuh mata, verbal & hidung.
  4. Ketika gres saja menyentuh daging mentah, maka usahakan segera basuh tangan. Cuci juga pisau dengan sabun bersih, & peralatan-peralatan lainnya yg terkena kontak dengan daging mentah. 
  5. Cuci semua sayuran & buah-buahan sebelum dikonsumsi.
  6. Jangan ada pasir di halaman rumah (apalagi di dalam rumah) lantaran itu akan dipakai kucing untuk membuang kotoran di bersahabat lingkungan, yg hasilnya bisa, beresiko menjadi penyakit bagi manusia.
  7. Jangan memperlihatkan kucing daging mentah / daging setengah matang.
  8. Jangan menggunakan kucing untuk berburu tikus / burung, lantaran ada kemungkinan kucing  terkena infeksi, & akhinya menyebar ke insan (karena kucing berada bersahabat di lingkungan manusia).
  9. Jangan mengadopsi kucing liar, baik itu yg yg cukup umur maupun belum dewasa kucing. 
  10. Saat Anda se&g hamil lebih baik hindari kucing.
  11. Jika daging ingin disimpan maka boleh selama beberapa hari dengan suhu di sub-nol (0 ° F) sebelum dimasak. Hal ini untuk mencegah infeksi.
  12. Pakailah sarung tangan ketika berkebun & selama kontak dengan tanah / pasir, lantaran mungkin tercemar dengan kotoran kucing yg mengandung toksoplasma. Cuci tangan dengan sabun sampai higienis sesudah berkebun / sesudah kontak dengan tanah / pasir.
Sumber: "pencegahan toksoplasmosis" dari laman Cdc.gov & sumber lainnya

11. Hepatitis B
Hepatitis B yg dialami ibu hamil, apabila tidak ditangani dengan baik & cepat, sanggup menimbulkan ancaman bagi janin berupa terjadinya penyakit pengerasan hati, sampai persoalan kanker hati.

Hepatitis B ditularkan melalui kontak dengan darah & cairan-cairan badan lainnya menyerupai air mani, cairan vagina, air liur & air ketuban.

Gejalanya berupa demam tinggi, mual-muntah, gampang sekali lelah, kulit & bola mata berubah menjaid warna kuning, warna air seni cokelat (mirip air teh), tinja menyerupai adukan semen.

Ketika berkonsultasi dengan dokter, biasanya ibu hamil dengan hepatitis B akan diberikan suntikan hepatitis B imunoglobin.

Ketika ketika bayinya lahir terkena injeksi sejenis maka akan diimunisasi hepatitis B ketika usianya 1 minggu, 1 bulan & 6 bulan, guna mengurangi risiko tertular hepatitis B.

Saat ini, setiap bayi yg lahir mendapatkan imunisasi hepatitis B, baik ibunya mengidap virus hepatitis B maupun tidak.

Penutup

Berbagai penyakit yg disebutkan diatas adalah persoalan yg serius, sehingga penting dilakukan ibu hamil melaksanakan investigasi rutin selama masa kehamilan...

...karena dikhawatirkan pada beberapa jenis penyakit tidak mengambarkan tanda-tanda yg sanggup terdeteksi oleh penderitanya, sehingga menjadi terlambat dalam mengantisipasi penyakit tersebut.

Tidak perlu terlalu khawatir, penyakit-penyakit yg memang membahayakan kehamilan tersebut sanggup diatasi dengan berkonsultasi kepada dokter, yg akan melaksanakan tindakan-tindakan sempurna apabila terjadi masalah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "11 Penyakit & Faktor Penghambat Kehamilan"

Posting Komentar