33 Penyebab Timbulnya Bisul (Cara Ampuh Mengatasinya)

Permasalahan jerawat di kulit wajah banyak dikeluhkan orang-orang, terutama wanita. Hal yg memungkinkan memicu timbulnya jerawat yaitu perubahan2 hormonal yg merangsang kelenjar minyak di kulit.

Bentuk perubahan2 hormonal lainnya yaitu ketika masa menstruasi, kehamilan, penggunaan pil KB, & kondisi stres.

Jerawat Sudah tidak abnormal lagi, terutama dikalangan wanita, lantaran perempuan sangat sensitif dengan yg namanya problem jerawat, tumbuh 1 saja sudah buatnya merasa memperoleh tragedi besar.

Selain itu, terdapat beberapa kuliner penyebab jerawat, dimana itu banyak dikonsumsi orang-orang, sehingga memicu resiko tinggi timbulnya jerawat.

 Permasalahan jerawat di kulit wajah banyak dikeluhkan orang 33 Penyebab Timbulnya Jerawat (Cara Ampuh Mengatasinya)

Penyebab timbulnya jerawat:

1. Masalah kebersihan wajah.
Terjadinya problem penyumbatan pada pori-pori wajah akhir beberapa faktor, yg umum terjadi yaitu lantaran malas mencuci wajah, kesalahan dalam pengaplikasian kuas make-up, penggunaan spons bedak yg telah lama.

Hal lainnya yg jarang diperhatikan, yaitu penggunaan handuk yg tidak sehat, dimana yg sering terjadi yaitu sering menyebarkan handuk dengan orang lain & handuk tidak disimpan di tempat yg baik / bersih.

Masalah-masalah yg ditimbulkan dari kurang menjaga kebersihan wajah, yaitu berupa penyebaran basil yg beresiko menyumbat pori-pori wajah. Hal ini yg akhirnya menimbulkan problem jerawat di wajah.

Untuk itu penting memcuci / membersihkan wajah secara rutin guna mencegah pori-pori tersumbat.

2. Faktor Jenis kulit.
Hal ini bisa, mempengaruhi resiko timbulnya jerawat. Dimana jerawat sanggup muncul sendiri pada orang yg mempunyai jenis kulit wajah berminyak. Sehingga perlu perjuangan ekstra dalam menjaga kebersihan wajah yg gampang berminyak.

3. Faktor Keturunan.
Biasanya lantaran orang tuanya berjerawat, maka hal ini bisa, meningkatkan resiko anaknya juga mengalami problem serupa.

4. Stress.
Stress juga bisa, meningkatkan resiko timbulnya jerawat, hal itu lantaran orang mengalami depresi berakibat metabolisme tubuhnya terganggu, yg akhirnya bisa, memicu timbulnya jerawat di wajah, selain juga menganggu kesehatan badan secara umum.

5. Hormonal.
Faktor hormonal pada perempuan biasanya ketika kondisi hormon progesteron yg bekerja & memici munculnya kadar minyak berlebih, yg kemudian memicu munculnya jerawat.

Faktor hormonal ini umumnya terjadi ketika menstruasi /pun ketika hamil. Mengatasinya dengan konsumsi kuliner bergizi, hindari kuliner yg memicu jerawat, penting juga menjaga selalu kebersihan wajah.

6. Infeksi.
Masalah ini biasanya terjadi ketika seseorang sadar-tak sadar memencet komedo di wajah dengan menggunakan tangan. Hal ini menimbulkan timbulnya jerawat & infeksi pada wajah, lantaran menyebarkan kuman yg berasal dari tangan.

7. Produksi minyak berlebihan.
Hal ini lantaran kelebihan kelenjar minyak lantaran badan “terlalu giat” memproduksi hormon androgen. Dimana kelenjar minyak yg berlebih bercampur dengan sel kulit mati. Campuran yg akhirnya menjadi tebal & lengket akan membentuk penyumbat, yg akhirnya timbul bintik hitam (/ lainnya) di wajah.

8. Bakteri.
Bakteri yg disebut p. acne, perlu Anda ketahui bahwa bakeri ini sering berkembang biak di kelenjar sebaceous yg mengalami problem penyumbatan. Yang alhasil menghasilkan zat-zat yg mengakibatkan terjadinya iritasi di kawasan sekitarnya.

Kelenjar tersebut sanggup terus membengkak, bahkan bisa, pecah, yg berakibat timbulnya ra&g pada kulit.


Makanan penyebab jerawat:

1. Gorengan
Terutama untuk yg mempunyai problem jerawat pada wajah, perlu menghindari makan gorengan, lantaran mengandung banyak minyak yg memicu timbulnya jerawat.

2. Cokelat
Cokelat yg rasanya amat lezat, ternyata bisa, menjadi penyebab timbulnya jerawat pada wajah. Sehingga kalau memang Anda pencinta cokelat, boleh saja konsumsi cokelat, tetapi HARUS dibatasi.

3. Susu
Susu memang mengandung banyak kalsium yg mempunyai kegunaan bagi tubuh, tetapi khusus susu sapi mempunyai kandungan yg menghasilkan produksi hormon yg memicu kadar minyak dalam tubuh. Sehingga meingkatkan resiko timbulnya jerawat. Adapun bagi orang yg hanya mempunyai sedikit kadar minyak pada wajah maka tidak mengapa konsumsi susu, termasuk susu sapi ini.

4. Alkohol
Alkohol sudah tidak diragukan bahayanya, salah satu dampak dari alkohol yaitu buat badan dehidrasi. Kondisi badan yg mengalami kehilangan cairan tubuh & kering, buat jerawat gampang muncul.

5. Garam
Sebenarnya garam tidak mengapa kalau dikonsumsi dalam jumlah normal (tidak berlebihan). Adapun konsumsi garam terlalu banyak buat badan menahan banyak air, yg berakbiat terjadinya pera&gan pada kulit & memicu jerawat pada wajah.

6. Kacang-kacangan
Khususnya jenis kacang tanah, yg menunjukkan imbas sensitif pada wajah & gampang berjerawat. Hal iu lantaran kacang tanah mempunyai kandungan minyak yg sangat tinggi, yg menunjukkan dampak jelek bagi wajah. Untuk itu, bukan hal yg baik terlalu sering ngemil kacang-kacangan.

7. Kuning telur 
Sebenarnya kuning telur mempunyai imbas samping yg kurang baik bagi kesehatan kulit. Kuning telur bisa, memicu timbulnya jerawat, lantaran kandungan di dalam kuning telur tedapat lemak tinggi. Apabila dikonsumsi terlalu sering menimbulkan timbunan lemak di dalam tubuh.

8. Kerang-kerangan
Makanan yg dibentuk dari bahan2 jenis kerang-kerangan kalau dikonsumsi secara berlebihan & terus-menerus berakibat kerusakan pada kulit, yg akhirnya sanggup meningkatkan resiko jerawat di wajah. Sebagai gantinya, utamakan konsumsi sayur-sayuran yg sehat.

Penyebab lain timbulnya jerawat di wajah:
  1. A&ya perubahan2 acara hormon di dalam tubuh
  2. Kelenjar minyak yg sangat aktif (Hiperaktif)
  3. Bakteri yg menyebar di pori-pori kulit
  4. Terkena banyak sekali macam polusi udara
  5. Sering menggaruk wajah, serta timbulnya iritasi di jerawat
  6. Menkonsumsi pil KB
  7. A&ya darah kotor
  8. Terjadi penyumbatan pori-pori wajah lantaran sel kulit mati tidak terangkat
  9. Merokok & meminum alkohol
  10. Alergi pada bahan2 kandungan di dalam kosmetik
  11. Kekurangan asupan vitamin A. Makanan kaya vitamin A yaitu wortel, ubi, bayam dll
  12. Kekurangan vitamin B2 menyerupai ikan , susu dll
  13. Kebiasaan jelek tangan memegang benda kotor, kemudian eksklusif memegang wajah tanpa dicuci
  14. Kebiasaan jelek memegang jerawat, berakibat kondisi jerawat bertambah parah
  15. Terlalu sering terkena sinar matahari secara langsung
  16. Jarang mencuci muka sehabis beraktifitas berat
  17. Jarang shampo, menimbulkan rambut kotor yg rentan melekat pada wajah

loading...

Cara Mengatasi Jerawat

Sebenarnya terdapat banyak cara untuk mengatasi jerawat yg muncul pada wajah, selain itu jerawat juga bisa, ada di punggung.

Umumnya yg dilakukan orang-orang adalah membeli obat di apotik, / pergi kedokter / klinik. Selain itu, Anda bisa, menggunakan bahan2-bahan2 alami untuk menghilangkan jerawat.

Yang paling disarankan adalah menggunakan bahan2-bahan2 alami, lebih kondusif dibandingkan menggunakan obat yg mengandung bahan2 kimia, lantaran bisa, mempunyai resiko dari imbas bahan2 kimia di dalam obat.

Menghilangkan jerawat secara herbal & alamiah

#1 Menggunakan buah lemon
Buah lemon kaya vitamin C, yg sangat baik dipakai untuk mengobati jerawat, lemon mempunyai kegunaan mengecilkan jerawat dengan cepat.

Akan tetapi, syaratnya adalah menggunakan lemon yg masih segar, selain itu jangan menggunakan lemon pada kulit yg sensitif.

Berikut di bawah ini langkah-langkahnya:
  1. Sediakan 1-2 buah lemon segar
  2. Lalu peras lemon & taruh airnya pada wadah
  3. Lalu cuci air lemon tersebut pada wajah yg berjerawat, cuci menggunakan kapas
  4. Hati-hati dalam melakukannya, jangan hingga kena mata, lakukan ini sebelum tidur malam.

#2 Masker pepaya
Penggunaan masker yg disarankan lantaran aman, yaitu menggunakah bahan2-bahan2 dari alam, yg tidak menimbulkan imbas samping, menyerupai resiko yg sering terjadi pada penggunaan bahan2-bahan2 yg terbuat dari kimia.

Bahan alami ini menyerupai pepaya, yg sanggup mencerahkan wajah & menghilangkan jerawat yg melekat pada wajah.

Cara memakainya, tinggal menghaluskan pepaya yg sudah disediakan. Kemudian oleskan pada wajah secara merata, kemudian diamkan kurang lebih 15 menit. Setelah itu cuci dengan air hangat hingga bersih.

#3 Menggunakan Es Batu
Es kerikil bisa meningkatkan sirkulasi darah di area sekitar jerawat, yg juga sanggup mengecilkan pori-pori pada kulit, hingga menghilangkan kotoran pada kulit & minyak berlebih di wajah. Caranya:
  1. Siapkan es kerikil secukupnya saja
  2. Lalu bungkus menggunakan kain bersih
  3. Tempelkan di potongan yg ada berjerawat
  4. Anda bisa, tahan selama beberapa menit, kemudian lepaskan.
  5. Apabila memang tidak berpengaruh menahan rasa dinginnya maka segera lepaskan, jangan dipaksakan.
  6. Anda bisa, menulanginya berkali-kali, sekitar 10 kali / lebih


#4 Menggunakan Madu
Madu mempunyai kandungan antibiotik yg tinggi, yg bisa mencegah infeksi menyebar & mencegah ra&g pada jerawat. Cara buat ramuan menggunakan madu, yiatu:
  1. Siapkan madu alami (jangan madu buatan pabrik)
  2. Siapkan kapas
  3. Lalu oleskan madu pada jerawat dengan menggunakan kapas
  4. Diamkan sekitar 20-30 menit
  5. Setelah itu, bersihkan wajah menggunakan air bersih

#5 Menggunakan Bawang Putih
Bawang putih mempunyai sifat anti jamur, antiseptik, antioksi& & anti virus yg sanggup mengatasi & mempercepat proses penyembuhan jerawat. Cara penggunannya:
  1. Ambilah bawang putih
  2. Potong 1 siung bawang putih menjadi 2 bagian
  3. Gosok-gosokkan bawang putih yg telah dipotong itu ke jerawat, lakukan selama 5-10 menit
  4. Setelah selesai, terakhir cuci wajah menggunakan air bersih

#6 Menggunakan Buah Tomat
Caranya:
  1. Sediakan 1 buah tomat yg matang (berwarna kemerahan)
  2. Potong buah tomat menjadi irisan tipis-tipis
  3. Anda tutup area jerawat dengan beberapa irisan tomat itu
  4. Diamkan selama 10-15 menit
  5. Setelah selesai, tinggal cuci muka menggunakan air bersih

#7 Beras Jepang
Beras jepang juga sanggup menghilangkan jerawat pada wajah, lantaran kandungan squan oil di dalam beras jepang mempunyai kegunaan untuk buat kulit lebih lembut.

Cara memakainya, ketika se&g memasak beras jepang, dimana beras tersebut belum hingga matang, maka segera ambil airnya & diamkan hingga dingin.

Setelah itu, tinggal dipakai dengan membasuhkan air tersebut pada wajah, hingga wajah menjadi lebih bersih. Setelah itu, gres cuci muka menggunakan air biasa.

#8 Menggunakan uap
Di Eropa, uap sering dipakai sebagai bahan2 kecantikan kulit maupun rambut. Manfaat menggukan uap yaitu buat pori-pori wajah akan terbuka, yg berfungsi untuk memberi jalan minyak (yg meumpuk di dalam wajah) untuk segera keluar.

Jerawat muncul lantaran minyak menumpuk yg tidak sanggup keluar melalui pori-pori wajah, hal itu lantaran tertutup yg lama-kelamaan muncul jerawat.
.ma masukkan air panas ke dalam wadah, sehabis itu posisikan wajah sempurna di atas wadah yg berisi air panas tersebut (Ingat! Wajah jangan dimasukan ke dalam air).

Lakukan hanya beberapa menit, sehabis itu bilas wajah menggunakan air hangat. Hati-hati, jangan hingga wajah terkena air panas).

#9 Menggunakan mentimun
Mentimun sudah cukup dikenal sanggup dipakai sebagai masker wajah, yg sanggup menunjukkan kesehatan & kehalusan pada kulit wajah.

Kandungan di dalam mentimun bekerja sebagai anti-inflamasi, yg bisa mengobati jerawat yg mulai memerah & muncul pera&gan.

Cara Penggunaan untuk  jerawat baru:
  1. Iris mentimun segar menjadi beberapa bagian
  2. Lalu letakkan pada kawasan jerawat
  3. Biarkan selama 30-60 menit
  4. Setelah itu, bilas menggunakan air bersih
  5. Lakukan hal ini secara rutin, usahakan setiap hari hingga jerawat hilang

Cara Penggunaan untuk jerawat yg sudah usang / membandel:
  1. Jus mentimun segar (tanpa air)
  2. Jadikan masker pada wajah
  3. Biarkan 30-60 menit
  4. Setelah itu, bilas wajah menggunakan air hangat
  5. Lakukan secara rutin hingga jerawat akhirnya hilang.

Menghilangkan jerawat menurut contoh hidup & kebiasaan

Hindari tangan memegang wajah dalam keadaan tidak bersih. Ini adalah hal yg simple & mudah, akan tetapi sering tidak disadari banyak orang yg mengalami problem jerawat. Tangan yg dipakai untuk memegang segala benda, terdapat basil & kotoran.

Sehingga dalam kondisi tangan kotor, jangan hingga memegang wajah bahkan potongan jerawat. Sebelum memegang wajah, pastikan tangan higienis dahulu.

Rajin cuci muka.
Faktor utama penyebab jerawat yaitu produksi minyak pada kulit wajah, bakteri, sel kulit mati, & pori-pori tersumbat. Dengan rajin mencuci muka maka ini sangat penting untuk membersihkan wajah dari bakteri, kotoran & sel kulit mati.

Rajin olahraga.
Apa hu.bungannya olahraga dengan jerawat? Intinya dengan melaksanakan olahraga maka badan nantinya berkeringat, dimana keringat berguna untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Kulit epidermis pada wajah butuh detoksifikasi (mengeluarkan racun), yg hal ini penting untuk mambantu menghilangkan jerawat dengan cepat.

Hati-hati dalam menggunakan komestik.
Hentikan penggunaan komestik kalau ternyata menimbulkan jerawat, terlebih lagi produk kosmetik yg tidak jelas. Hal itu lantaran beberapa kosmetik mengandung bahan2 kimia yg memicu timbulnya jerawat. Untuk itu, perlu waspada dalam penggunaan bahan2 kosmetik.

Jangan memencet jerawat.
Penting selalu diingat bahwa jerawat dihentikan dipencet, apalagi pada jerawat yg gres tumbuh. Memencet jrawat megakibatkan problem pera&gan, menimbulkan iritasi baru, & buat kondisi jerawat semakin parah.

Hindari stres.
Perlu diktahui bahwa reaksi kimia yg ditimbulkan akhir stres /pun berpikir terlalu berat menimbulkan meningkatnya produksi hormon yg efeknya memicu tumbuhnya jerawat di wajah dengan subur.

Minum air putih.
Konsumsi Air putih (bukan minuman bersoda, dll) mempunyai kegunaan dalam mengoptimalkan proses detoksifikasi, serta membantu proses peredaran darah di dalam badan menjai lancar. Hal ini penting untuk mengatasi problem yg berkaitan dengan jerawat.

Jangan hingga malas mandi. 
Hal ini sangat penting, apabila Anda selama ini mandi 2 kali sehari, / bahkan hanya 1 kali sehari, maka kini tambah menjadi 3x sehari. Mandi sangat berguna untuk menghilangkan stres, buat pikiran fresh, membersihkan kulit secara umum, & menunjukkan kesejukan pada wajah.

Tidur yg cukup.
Tidur yg baik & cukup beguna dalam membantu proses detoksifikasi (penbuangan racun) daru dalam tubuh, hal ini membantu juga dalam upaya menghilangkan kotoran & jerawat dengan lebih maksimal. Manfaat lainnya yaitu membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, kemudian mengoptimalkan proses pergantian sel kulit mati menjadi sel yg gres dengan lebih cepat.

Jangan lupa konsumsi buah & sayuran.
Agar wajah sanggup selalu sehat & juga higienis dari kotoran & bekteri, maka sanggup dibantu dengan membiasakan konumsi buah-buahan & sayuran, kemudian perbanyak minum air putih guna mencegah kehilangan cairan tubuh & melancarkan proses pembuangan racun dari dalam tubuh.

Tips lainnya:
1. Jangan memecah jerawat lantaran memicu infeksi di potongan bawah kulit & memicu lebih banyak sumbatan & pembengkakan.
2. Memecah bisul kecil juga sanggup menimbulkan bekas luka di wajah.

3. Menahan diri biar tidak menyentuh wajah dengan tangan. Jika ingin menyentuh wajah pastikan terlebih dahulu mencucil tangan dengan air hingga bersih.

4. Bersihkan Kacamata secara teratur lantaran ada resiko reidu kulit & sebum yg melekat akhir kacamata yg kotor.

5. Gunakan pakaian yg longgar biar memberi kulit ruang untuk bernapas, hal ini mencegah jerawat muncul di pundak / punggung.

6. Pakai kosmetik yg tidak mengandung minyak lantaran sanggup menyumbat pori-pori.
Jangan tidur dengan make up yg belum dibersihkan.

7. Bersihkan rambut secara teratur lantaran rambut sanggup mengumpulkan sebum & residu kulit.

8. Hindari paparan sinar matahari berlebih terhadap wajah.

9. Meski kebersihan wajah sudah dijaga dengan baik & teratur, tetapi tetap bisa, menunjukkan resiko tinggi munculnya jerwat lantaran dipicu oleh hal-hal lain, menyerupai problem mood (perubahan2 suasana hati), perubahan2 cuaca /pun jenis makanan.

10. Semua jenis kosmetik menyerupai krim pelembab, & lotion yg mengandung minyak berakibat penyumbatan pada pori-pori wajah.

Mengobati jerawat menurut jenisnya (dengan obat kimia)

Jenis jerawat juga penting diketahui. Dengan mengetahui perbedaan dari jenis-jenis jerawat maka  kita sanggup mengetahui cara mengatasi permasalahan jerawat dengan lebih tepat. Berikut jnis-jenis jerawat yg cukup banyak:

1. Whiteheads (komedo tertutup), berupa jenis bisul kecil akhir sebum yg terinfeksi basil di bawah permukaan kulit, ukurannya sangat kecil.

2. Blackheads (komedo terbuka), terlihat terang lantaran muncul di permukaan kulit & berwarna hitam. Komedo ini tidak disebabkan kotoran, sehingga membersihkan wajah saja tidak bisa menghilangkannya.

3. Papula adalah jenis jerawat yg muncul di permukaan kulit berbentuk benjolan kecil & berwarna merah muda.

4. Pustules berbentuk benjolan berwarna merah muda di potongan pangkal & berisi nanah di potongan atas.

5. Nobules adalah jerawat berukuran besar & menyakitkan kalau disentuh.

6. Kista adalah jerawat yg menyakitkan kalau disentuh & berisi penuh dengan nanah. Jika hingga meletus berakibat timbulnya bekas jerawat yg sulit dihilangkan.

Mengobati jerawat ringan
Umumnya masyarakat mengobati jerawat menggunakan obat-obatan / salep yg dibeli di apotik tanpa resep dokter. Obat jerawat yg dipakai menyerupai OTC (Over The Counter) yg mengandung bahan2 aktif menyerupai resorsinol, benzoyl peroxide, salicylic acid, sulfur, retin-a, & azelaic acid.

Obat jerawat yg bisa, dibeli di apotik, umumnya dalam bentuk gel, sabun & krim. Tips untuk Anda yg mempunyai kulit wajah sensitif, disarankan menentukan yg jenis krim. Adapun jenis gel biasanya mengandung alkohol, yg mempunyai imbas buat kulit wajah kering, jenis gel cocok dipakai bagi orang yg mengalami banyak kulit berminyak.

Mengobati jerawat parah
Sebenarnya, apabila mengalami problem jerawat pada tingkat parah, disarankan untuk pergi ke dokter seorang jago kulit, guna memperoleh pengobatan yg sempurna & efektif bagi kulit kamu.

Umumnya dokter meresepkan obat berbentuk krim, selain itu juga menunjukkan pasien obat antibiotik yg bekerja untuk membasmi pertanaman basil serta mencegah pera&gan pada kulit. Obat antibiotik yg sering diresepkan yaitu jenis eritromisin & tetrasiklin.

Mengobati jerawat kista
Jenis kista ini paling sulit disembuhkan, serta gampang menimbulkan bekas. Seorang dokter seorang jago kulit bisa, menyuntikkan kortikosteroid yg telah diencerkan untuk mengobati jerawat kista yg mera&g, serta untuk mencegah problem jaringan parut.

Selain injeksi kortikosteroid, terka&g dokter juga menunjukkan isotretinoin yg bekerja dalam mengobati jerawat kista yg sudah sangat parah, yg tidak bisa, disembuhkan dengan jenis obat lain.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "33 Penyebab Timbulnya Bisul (Cara Ampuh Mengatasinya)"

Posting Komentar