35 Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Yg Membandel (Alami & Modern)

Masalah flek hitam ini memang sudah umum diketahui susah untuk dibersihkan. Kehadiran noda hitam ini buat percaya diri turun, & buat wajah tampak kurang menarik.

Seseorang bisa, saja menggunakan makeup untuk menutupi flek hitam, namun melaksanakan hal itu tidaklah bisa, menuntaskan problem yg sesungguhnya. Selain itu, para laki-laki tentunya tidak bisa, melakukannya.

 Masalah flek hitam ini memang sudah umum diketahui susah untuk dibersihkan 35 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yg Membandel (Alami & Modern)
Photo credit: Paperblog.com | Ayudachicas.com

Flek hitam yakni istilah untuk kumpulan pigmen alami / melanin. Bentuknya terlihat berupa bintik-bintik yg muncul di kulit wajah, selain itu bintik-bintik tersebut juga berpotensi muncul di area menyerupai bahu, lengan & lainnya.

Flek hitam disebut juga ephelis. Bintik-bintik akan lebih terlihat terang pada orang yg mempunyai kulit cerah.

Penyebab Flek Hitam

Timbulnya flek hitam akhir meningkatnya produksi melanosome dalam melanin, kondisi ini terjadi lantaran kulit yg terpapar sinar matahari dalam waktu cukup lama, & akhir hal-hal lainnya.

Melanin yakni pigmen yg menentukan warna kulit, rambut, mata, & beberapa area badan lainnya. Bagian kulit yg mempunyai lebih banyak melanosome maka warnanya akan lebih gelap dibandingkan kulit sekitarnya, hal ini yg sering disebut bintik-bintik hitam.

Nah, hal lainnya yg penting diketahui, flek hitam bisa, semakin gelap ketika terlalu sering (lama) terpapar sinar matahari.

Flek hitam bisa, berkurang dengan cara membatasi / mengurangi intensitas terkena paparan sinar matahari.

Selain itu, proteksi kulit ketika beraktifitas di luar ruangan sangatlah penting. Anda bisa, menggunakan tabir surya ketika menyerupai itu. Pilihlah produk pelembab wajah (tabir surya) yg mempunyai proteksi UVA & UVB  dengan minimal SPF 15.

Hal lainnya yg sangat penting yaitu minumlah air putih yg mencukupi kebutuhan Anda. Minum air putih mempunyai kegunaan untuk menjaga elastisitas kulit & untuk kesehatan badan secara umum.

Minum air sangat penting untuk mencegah kulit Anda dari mengalami dehidrasi. Kondisi kulit yg kehilangan cairan tubuh mengakibatkan kulit badan tidak bisa menahan paparan sinar matahari, sehingga mengakibatkan munculnya flek hitam.

Kondisi hormon yg tidak seimbang bisa, mengakibatkan problem hiperpigmentasi pada kulit. Wanita yg se&g dalam masa kehamilan maupun masa haid, akan rentan mengalami kondisi hormon yg tidak seimbang.

Pada dasarnya problem flek hitam tidak berbahaya. Hanya saja pada sebagian kecil kasus, flek hitam bisa, berpotensi sebagai suatu tanda-tanda penyakit, menyerupai neurofibromatosis & xeroderma pigmentosum.

Berikut di bawah ini cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami maupun modern:

1. Wajib Membersihkan Kulit Wajah

Anda jangan hingga malas untuk membasuh wajah dengan air bersih, apalagi ketika habis gres berpergian dari luar. Mencuci wajah menjadi suatu hal yg sangat penting.

 Masalah flek hitam ini memang sudah umum diketahui susah untuk dibersihkan 35 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yg Membandel (Alami & Modern)
Photo credit: Pexels.com

Dengan mencuci wajah secara teratur akan mempunyai kegunaan untuk membantu mencegah & menghilangan flek hitam pada kulit wajah.

Selain itu, mencuci wajah mempunyai kegunaan untuk banyal hal bagi kulit wajah,yaitu:
  • Membuat kulit wajah senantiasa sehat & terlihat segar.
  • Rutin mencuci wajah di pagi hari membatu mencegah munculnya kerutan pada wajah.
  • Mencuci wajah mengurangi imbas negatif debu, kotoran & polusi di udara.
  • Membersihkan wajah di malam hari mempunyai kegunaan untuk mengoptimalkan proses regenerasi kulit.
  • Mencegah kulit wajah terlihat kusam.
  • Mengurangi jerawat di wajah. Mencuci wajah sanggup membantu membersihkan kuman, bakteri, & juga menghambat pertanaman jerawat & komedo.
  • Rajin mencuci wajah mempunyai kegunaan untuk mencegah penuaan dini, menjaga keelastisan kulit, melembabkan kulit, & melancarkan sirkulasi darah.

2. Gunakan Air Lemon

Lemon gampang untuk ditemukan, di dalamnya terkandung vitamin C yg bisa, meringankan bintik hitam di wajah Anda. Penggunaan lemon bisa mengangkat / membersihkan sel kulit mati, serta mendorong pertanaman sel kulit gres yg optimal

 Masalah flek hitam ini memang sudah umum diketahui susah untuk dibersihkan 35 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yg Membandel (Alami & Modern)
Photo credit: Top10homeremedies.com

Berikut cara mekhasiatkan air lemon untuk menghilangkan flek hitam di wajah:
  1. Pertama-tama sediakan air lemon murni & juga bola kapas.
  2. Lalu, berikan sedikit saja air lemon pada bola kapas.
  3. Lalu, bola kapas tersebut dioleskan / digosok ke cuilan kulit wajah yg mengalami flek.
  4. Setelah megoleskan ke wajah, maka biarkan wajah dalam kondisi demikian (biarkan hingga mengering).
  5. Setelah itu barulah membilas wajah kembali dengan air bersih.
  6. Lakukan hal ini setiap hari selama dua ahad untuk mendapat hasil optimal.

Apabila Anda mempunyai kulit sensitif, maka bisa, diatasi dengan cara mencairkan (mencampur) air lemon dengan air biasa, madu / air mawar.

Jika Anda ingin buat sendiri air lemon, maka pertama-tama siapkan satu buah lemon segar, kemudian diperas & campurkan dengan air satu cangkir. Oleskan adonan tersebut pada flek hitam di kulit wajah.

Selain lemon, Anda juga bisa, menggunakan jus jeruk nipis untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Cara melakukannya yaitu sama dengan cara pada lemon.

Sebagai pemberitahuan, hindari penggunaan lemon /pun jeruk nipis pada cuilan kulit yg terluka. Selain itu, hindari sinar matahari sehabis menerapkan air lemon pada kulit wajah.

Jangan lupa untuk membersihkan wajah sebelum mengaplikasikan sari lemon ke kulit wajah.

Pastikan tidak membiarkan air perasan lemon melekat terlalu usang pada kulit wajah (misalnya 1 jam). Hal itu lantaran kandungan asam pada lemon bisa, mengakibatkan iritasi kulit.


3. Kunyit

Manfaat kunyit sangatlah banyak, salah satunya sanggup buat kulit lebih cerah. Anda bisa, mekhasiatkan bahan2 alami ini untuk menghilangkan flek hitam di kulit wajah.

Kandungan di dalam kunyit mempunyai kegunaan untuk memperbaiki kerusakan kulit akhir serangan radikal bebas, mengurangi pigmentasi kulit yg berlebihan, & mencegah perubahan2 warna kulit.

Pekhasiatan kunyit ini juga bisa, secara efektif untuk menghilangkan bintik-bintik akhir sengatan matahari, & juga menghilangkan bintik-bintik penuaan dengan cepat.

 Masalah flek hitam ini memang sudah umum diketahui susah untuk dibersihkan 35 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yg Membandel (Alami & Modern)
Kunyit, Susu & Air Lemon untuk Mengatasi Flek Hitam | Photo credit: Fabhow.com

Berikut cara pekhasiatan kunyit untuk hal-hal tersebut:
  1. Pertama-tama siapkan 2 sdt kunyit, sedikit susu, & air lemon.
  2. Lalu buatlah pasta tebal dari adonan tersebut (dua sendok teh kunyit, susu & air lemon).
  3. Setelah selesai buat pasta, maka segera oleskan pada kulit wajah yg mengalami flek hitam.
  4. Jika Anda telah selesai mengoleskan, maka diamkan dalam kondisi menyerupai itu selama beberapa menit, kemudian baruah bersihkan wajah kembali dengan air suam-suam kuku.

4. Gel Lidah Buaya

Manfaat kandungan di dalam pengecap buaya, mempunyai banyak khasiat penyembuhan, termasuk sanggup membantu membersihkan flek / bintik hitam pada kulit tubuh.

 Masalah flek hitam ini memang sudah umum diketahui susah untuk dibersihkan 35 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yg Membandel (Alami & Modern)
Photo credit: Wikimedia.org

Gelnya mempunyai zat polisakarida yg mempunyai fungsi untuk merangsang pertanaman sel kulit baru, menghilangkan / memudarkan bintik hitam, & bahkan sanggup membantu menyembuhkan bekas luka.

Pada penelitian tahun 2010 yg pernah dipublikasikan di Journal of Chemical and Pharmaceutical Research, menemukan segu&g khasiat gel pengecap buaya untuk kulit tubuh.

Hasil studi menemukan bahwa kandungan di dalam gel pengecap buaya bisa mempunyai kegunaan dalam mendorong proses pembersihkan noda / flek hitam pada kulit. Selain itu mempunyai kegunaan untuk menjadikan kulit lebih cerah.

Pekhasiatan pengecap buaya menjadi cara alami menghilangkan flek hitam di wajah / pipi. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Sebelumnya, bersihkan wajah Anda dengan air.
  2. Lalu ekstrak gel pengecap buaya segar (dari daun pengecap buaya).
  3. Lalu terapkan gel tersebut pada cuilan flek hitam di wajah.
  4. Setelah itu, pijat secara perlahan cuilan tersebut dengan menggunakan ujung jari (2-3 menit saja).
  5. Setelah selesai memijat, maka biarkan saja wajah dalam kondisi demikian selama 15 menit.
  6. Lalu barulah membilas wajah Anda hingga benar-benar bersih.

Lakukanlah perawatan dengan menggunakan pengecap buaya ini setiap hari, selama beberapa minggu, hingga memudarkan bintik hitam pada kulit.

Pada laman tanya-jawab Quora, seorang bertanya apakah pengecap buaya membantu mengurangi flek hitam di wajah?

Pertanyaan ini dijawab oleh Sonali Dhomne, seorang Nutritionist & Beautician. Dia menyampaikan benar bahwa pengecap buaya sanggup menghilangkan flek hitam di wajah. Hanya saja. perawatan harus rutin dilakukan.

Sonali Dhomne menjelaskan wacana bagaimana pengecap buaya bisa, membantu menghilangkan bintik hitam di wajah, yaitu:
  • Lidah buaya mempunyai zat yg berfungsi untuk untuk mencegah problem pada jaringan epitel, & secara umum membantu untuk mengatasi problem kerusakan kulit.
  • Lidah buaya sanggup melembabkan kulit, buat kulit lebih lentur & kencang, serta mendorong proses revitalisasi & peremajaaan kulit.
  • Kandungan di dalam pengecap buaya mempunyai kegunaan untuk menenangkan kulit yg teriritasi / mengalami pera&gan.
  • Sifat antibakteri yg kuat di dalamnya mempunyai kegunaan untuk pengobatan kompleks dari banyak jenis abses jamur, basil a& virus.

5. Kentang

Kentang bisa, Anda khasiatkan untuk menghilangkan flek hitam di wajah yg membandel. Kandungan di dalam kentang mempunyai imbas pemutih alami, yg mempunyai kegunaan untuk membantu memudarkan noda hitam maupun bekas luka pada kulit tubuh.

 Masalah flek hitam ini memang sudah umum diketahui susah untuk dibersihkan 35 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yg Membandel (Alami & Modern)
Photo credit: Pixabay.com

Pati dalam kentang membantu mengurangi pigmentasi pada kulit, sementara enzim di dalamnya mempunyai kegunaan untuk menjaga kesehatan kulit.

Untuk penggunaan bahan2 alami kentang ini dalam menghilangkan flek hitam, maka terdapat beberapa metodenya.

Metode 1
Pertama-tama potong kentang. Lalu tempelkan satu irisan kentang secara pribadi pada cuilan flek hitam di wajah.

Setelah selesai menempelkan, biarkan saja selama beberapa menit, kemudian bersihkan wajah kembali menggunakan air suam-suam kuku.

Metode 2
Kupas & parut kentang. Lalu campurkan 1 sendok teh madu dengan kentang yg telah diparut tersebut di dalam sebuah wadah.

Setelah tercampur, maka ramuan tersebut dioleskan sebagai masker di wajah Anda.

Setelah selesai mengoleskan, biarkan saja masker tersebut melekat di wajah selama 15 menit (sampai kering).

Setelah itu, barulah membilas wajah dengan air suam-suam kuku.

Metode 3
Pertama-tama ekstrak jus 1 kentang. Lalu campurkan dengan sedikit air jeruk nipis & sejumput debu kunyit.

Setelah semua bahan2 alami tersebut tercampur, maka oleskan pada cuilan flek hitam di wajah. Biarkan ramuan tersebut mengering, kemudian bersihkan wajah kembali dengan air bersih.

Loading...

6. Bubuk Kayu Cen&a

Top10homeremedies menyebutkan bahwa bahan2 alami cen&a ini bisa, membantu membersihkan flek hitam di wajah. Di dalamnya mengandung minyak alami yg sanggup bekerja secra efektif untuk memudarkan bahkan membersihkan bintik hitam secara alami.

 Masalah flek hitam ini memang sudah umum diketahui susah untuk dibersihkan 35 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yg Membandel (Alami & Modern)
Photo credit: Top10homeremedies.com

Selain itu, kandungan minyak alami tersebut juga membantu untuk menyehatkan kulit wajah.

Langsung saja berikut caranya:
  1. Sediakan 1 sdm debu cen&a, 1 sdm gliserin & 3 sdm air mawar. 
  2. Jika Anda tidak mempunyai air mawar, maka bisa, diganti dengan madu / susu.
  3. Campurkan ketiga bahan2 tersebut (bubuk cen&a, gliserin & air mawar) di dalam sebuah wadah.
  4. Campurkan secara merata hingga menbentuk menyerupai pasta tebal.
  5. Lalu oleskan pasta tersebut ke area kulit yg ada flek hitamnya.
  6. Setelah selesai mengoleskan, maka biarkan saja selama beberapa menit. 
  7. Lalu bersihkan wajah kembali menggunakan air hangat.

Lakukan perawatan menggunakan bahan2 debu cen&a ini sebanyak satu kali dalam sehari.

7. Air Lemon & Yoghurt

Air lemon mempunyai khasiat yg sangat bagus untuk mencerahkan kulit. Demikian juga dengan yogurt, kombinasi keduanya bisa menghilangkan flek hitam secara alami dalam waktu singkat. Selain itu, kulit wajah akan lebih cerah.

 Masalah flek hitam ini memang sudah umum diketahui susah untuk dibersihkan 35 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yg Membandel (Alami & Modern)
Photo credit: Shutterstock.com

Berikut di bawah ini langkah-langkahnya:
  1. Siapkan 1 lemon, & 1 sdm yogurt segar.
  2. Lalu peras lemon, tampung di sebuah wadah / mangkuk yg bersih.
  3. Lalu tambahkan 1 sdm yogurt ke dalam wadah tersebut.
  4. Lalu aduk hingga merata.
  5. Setelah selesai diaduk, maka oleskan pada cuilan wajah.
  6. Diamkan selama 30 menit.
  7. Setelah itu barulah membersihkan wajah kembali.

Seberapa sering melaksanakan perawatan ini? Dua kali dalam seminggu.

PERINGATAN
  • Hindari penggunaan bahan2 lemon di bersahabat area mata, lantaran kulit di area ini sangat sensitif.
  • Setelah mengaplikasikan masker lemon, hindari berada di bawah sinar matahari langsung.
  • Gunakan hanya air lemon segar. Hindari penggunaan dari produk kemasan lantaran mengandung bahan2 pengawet yg bisa, membahayakan kulit tubuh.

8. Kentang & Madu

Anda bisa, memperoleh khasiat besar dari perawatan kulit, dengan mengombinasikan madu & kentang. Campuran kedua bahan2 ini nantinya akan menjadi masker wajah yg sangat bagus untuk menghilangkan flek hitam di wajah.

 Masalah flek hitam ini memang sudah umum diketahui susah untuk dibersihkan 35 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yg Membandel (Alami & Modern)

Bahan & peralatan yg perlu Anda siapkan:
  • 1 kentang
  • 1 sendok teh madu
  • Parutan

Langkah-langkahnya:
  1. Pertama-tama parut kentang dengan tekstur halus.
  2. Lalu campurkan kentang tersebut dengan satu sendok teh madu di dalam sebuah wadah.
  3. Jika campurannya terlalu kering, maka tambahkan lebih banyak madu, / bisa, juga dengan sedikit air.
  4. Lalu adonan tersebut dioleskan sebagai masker wajah. Oleskan secara merata di wajah.
  5. Setelah itu biarkan selama 15 menit.
  6. Lalu bilas wajah kembali dengan air hingga benar-benar bersih.

Seberapa sering melaksanakan perawatan ini? Setiap hari (/ beberapa kali dalam seminggu).

PERINGATAN
  • Anda harus menghentikan penggunaan apabila mengalami kemerahan / iritasi sehabis mengoleskan kentang ke kulit.
  • Jika terjadi iritasi, maka segera bilas wajah dengan air bersih.


9. Kentang & Air Lemon

Baik kentang maupun lemon mempunyai khasiat untuk mencerahkan & memutihkan kulit. Hal itu lantaran di dalam kentang & lemon terkandung vitamin C yg tinggi.

 Masalah flek hitam ini memang sudah umum diketahui susah untuk dibersihkan 35 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yg Membandel (Alami & Modern)

Sehingga kombinasi kedua bahan2 alami ini bisa, dikhasiatkan untuk menghilangkan flek hitam pada kulit wajah, serta sanggup mencerahkan kulit.

Bahan & peralatan yg perlu disiapkan:
  • 1 kentang
  • 1 sdm air lemon
  • 1 cangkir air panas
  • Bola kapas
  • Sebuah pisau

Langkah-langkahnya:
  1. Potong kentang dengan irisan tipis-tipis. Lalu rendam di dalam secangkir air panas yg mendidih.
  2. Biarkan irisan kentang di dalam cangkir berisi air tersebut selama 30 menit.
  3. Lalu keluarkan irisan kentang dari dalam cangkir (air di dalam cangkir jangan dibuang).
  4. Lalu masukan 1 sdm air lemon ke dalam cangkir tersebut.
  5. Nah, Anda perlu mendinginkan adonan air kentang & air lemon tersebut selama 60 menit.
  6. Setelah itu, oleskan adonan hirau taacuh tersebut ke cuilan flek hitam di wajah (gunakan bola kapas).
  7. Setelah selesai mengoleskan, diamkan selama 15-20 menit.
  8. Lalu bersihkan wajah kembali dengan air bersih.

Seberapa sering melaksanakan perawatan ini? Dua kali dalam sehari (boleh juga satu kali dalam sehari).

10. Kunyit, Air Lemon & Susu

Kunyit sangat terkenal di India. Di India, kunyit menjadi bahan2 ramuan kesehatan yg sangat penting, bahan2 untuk masakan, hingga bahan2 untuk ramuan kecantikan.

 Masalah flek hitam ini memang sudah umum diketahui susah untuk dibersihkan 35 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yg Membandel (Alami & Modern)

Kunyit mengandung kurkumin, yg merupakan antioksi& kuat berfungsi untuk melawan radikal bebas. Selain itu menunjukkan khasiat untuk menghilangkan / mengurangi bintik hitam di kulit wajah.

Karena warna kuningnya yg  berpigmen, sehingga mungkin penggunaan kunyit agak menyeramkan untuk diletakkan di wajah. Namun, Anda tidak perlu khawatir lantaran warna kuning “menyeramkan” yg timbul akhir penggunaan kunyit, tidak berdampak negatif pada kulit.

Anda bisa, mengombinasikan kunyit, air lemon, & susu. Campuran ketiga bahan2 alami ini mempunyai kegunaan untuk menghilangkan flek hitam di wajah yg membandel.

Bahan-bahan2 yg perlu disiapkan:
  • ½ sdt kunyit
  • 1 sdt air lemon
  • 2 sdm susu

Langkah-langkahnya:
  1. Campurkan kunyit (dihaluskan), air lemon, & susu di dalam sebuah wadah (mangkuk).
  2. Campurkan ketiga bahan2 alami tersebut hingga merata.
  3. Lalu oleskan ramuan pasta tersebut di semua cuilan wajah Anda.
  4. Pijat secara perlahan pasta di cuilan kulit yg mengalami flek hitam.
  5. Setelah itu, diamkan selama 15 menit.
  6. Lalu barulah bersihkan wajah kembali dengan air.

Seberapa sering melaksanakan perawatan ini? Setiap hari (boleh juga beberapa kali dalam seminggu)

11. Kunyit, Minyak Zaitun & Yogurt

Kunyit & yogurt bekerja untuk memudarkan bintik hitam membandel di wajah. Adapun minyak zaitun bekerja untuk melembabkan kulit dari dalam. Cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan minyak zaitun ini merupakan wangsit yg bagus

 Masalah flek hitam ini memang sudah umum diketahui susah untuk dibersihkan 35 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yg Membandel (Alami & Modern)

Bahan-bahan2 yg disiapkan:
  • ½ sdt kunyit
  • 1 ½ sdm yoghurt
  • 1 sendok teh minyak zaitun

Langkah-langkahnya:
  1. Di dalam sebuah wadah, campurkan kunyit, yogurt & minyak zaitun.
  2. Campurkan ketiga bahan2 alami tersebut hingga merata.
  3. Lalu oleskan pasta di semua cuilan wajah (sembari memijat area flek hitam di wajah dengan gerakan melingkar).
  4. Diamkan selama 15-20 menit.
  5. Setelah itu, bersihkan wajah kembali dengan air bersih.

Seberapa sering melaksanakan perawatan ini? Tiga kali dalam seminggu.

PERINGATAN
Jangan biarkan bahan2 kunyit melekat di wajah Anda lebih dari 20 menit lantaran bisa, buat bekas agak kuning pada kulit dalam waktu beberapa hari.

Oleh lantaran itu, pastikan Anda membasuh wajah kalau sudah memasuki waktu 15-20 menit penggunaan. Dan gunakan pembersih untuk menyeka cuilan pasta yg tertinggal di wajah.

Pakai handuk di sekitar leher Anda, lantaran bahan2 kunyit bisa, menodai pakaian Anda menajdi berwarna kuning.

loading...

12. Bawang

Walaupun bawang mempunyai anyir yg menyengat, namun bawang dipenuhi dengan vitamin A, C, & antioksi& yg kuat. Manfaatnya bisa melindungi kulit badan dari paparan radikan bebas & sinar ultraviolet matahari penyebab munculnya keriput dini pada kulit.

 Masalah flek hitam ini memang sudah umum diketahui susah untuk dibersihkan 35 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yg Membandel (Alami & Modern)
Photo credit: Pixabay.com

Manfaat ini ditambah lagi dengan phytochemical yg kaya mineral belerang, yg dengan kandungan penting di dalamnya, penggunaan bawang ini sanggup secara efektif untuk membantu menghilangkan semua bintik hitam pada kulit.

Anda bisa, mengombinasikan bawang merah & bawang putih. Kombinasi keduanya sangat kuat untuk mengatasi problem flek hitam di kulit wajah.

Bahan & peralatan yg disiapkan:
  • ½ siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • Bola kapas
  • Blender
  • Saringan

Langkah-langkahnya:
  1. Di dalam belender, campurkan bawang merah & bawang putih, kemudian jalankan blender.
  2. Setelah itu, ambil & saring adonan tersebut.
  3. Dengan menggunakan bola kapas, oleskan adonan tersebut pada cuilan flek hitam di wajah.
  4. Setelah selesai mengoleskan, diamkan hingga mengering.
  5. Lalu bilas wajah kembali dengan air hingga benar-benar bersih.

Seberapa sering melaksanakan perawatan ini? Setiap malam sebelum tidur.

13. Bawang Merah & Madu

Sementara kandungan di dalam bawang merah bekerja untuk melawan bintik hitam pada kulit, adapun kandungan di dalam madu bekerja untuk melembabkan kulit Anda.

 Masalah flek hitam ini memang sudah umum diketahui susah untuk dibersihkan 35 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yg Membandel (Alami & Modern)

Bahan & peralatan yg perlu Anda siapkan:
  • 1 sdm bawang merah yg telah dihancurkan
  • 2 sdm madu
  • Bola kapas

Langkah-langkahnya:
  1. Campurkan di dalam sebuah mangkuk, yaitu bawang merah (yg telah diancurkan) & madu.
  2. Campurkan kedua bahan2 alami ini hingga tercampur rata.
  3. Dengan menggunakan bola kapas, oleskan hasil adonan tersebut pada cuilan flek hitam di wajah Anda.
  4. Lalu diamkan selama 30 menit.
  5. Setelah itu barulah membersihkan wajah kembali dengan air.

Seberapa sering? Setiap hari.

14. Nanas

Nanas merupakan buah yg sangat lezat. Anda bisa, mekhasiatkannya untuk perawatan kulit. Di dalam nanas terkandung senyawa antioksi& yg tinggi, serta vitamin A & C yg berfungsi untuk melawan serangan radikal bebas, serta meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

Berbagai kandungan yg ada di dalam nanas membantu untuk mengatasi problem pigmentasi & bintik hitam pada kulit. Nanas juga mengandung bromelain yg mempunyai kegunaan untuk melembutkan, mengencangkan & meningkatkan elastisitas kulit. Hal ini juga mencegah terjadinya keriput dini.

Yang perlu Anda siapkan:
  • ¼ buah nanas
  • Blender
  • Bola kapas
  • Saringan

Langkah-langkahnya:
  1. Hancurkan / blender buah nanas hingga halus.
  2. Setelah itu saring jus nanas ini.
  3. Dengan menggunakan bola kapas, oleskan “jus nanas” ini pada flek hitam di kulit pipi Anda.
  4. Setelah selesai mengoleskan, tunggu sejenak, kemudian bersihkan wajah kembeli dengan air.

Seberapa sering melaksanakan perawatan ini? Setiap hari.

15. Nanas & Yogurt

Asam laktat dari yogurt bekerja secara efektif bersama dengan antioksi& dalam nanas. Kombinasi keduanya bisa membantu menghilangkan bintik hitam pada kulit wajah.

 Masalah flek hitam ini memang sudah umum diketahui susah untuk dibersihkan 35 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yg Membandel (Alami & Modern)

Bahan yg perlu disiapkan:
  • 2 sdm jus nanas (nanas dihancurkan dengan blender)
  • 2 sdm yoghurt

Caranya:
  1. Campurkan jus nanas & yogurt di dalam sebuah wadah.
  2. Campurkan keduanya hingga membentuk pasta kental.
  3. Lalu oleskan pasta tersebut pada kulit wajah.
  4. Setelah selesai mengoleskan, diamkan dalam kondisi menyerupai itu selama 25 menit.
  5. Lalu bersihkan wajah kembali dengan air.

Seberapa sering melaksanakan perawatan ini? Tiga kali dalam seminggu.

PERINGATAN
Lakukan uji tempel jus nanas di lengan bawah Anda, untuk menyelidiki apakah bereaksi negatif pada kulit.

Blender nanas oleh Anda sendiri, jangan membeli jus nanas di toko lantaran mengandung pengawet kimiawi yg bisa, merusak kulit.

Jika Anda mengekstrak dari satu nanas penuh, Anda bisa, menyimpan & memakainya untuk perawatan berikutnya, sehingga sangat menghemat waktu.

Kombinasikan perawatan dari luar & dari dalam. Dengan minum segelas jus nanas setiap hari maka mempunyai kegunaan untuk mempercepat proses menghilangkan flek hitam di wajah, & secara umum buat kulit lebih sehat & indah.

16. Cuka Apel & Madu

Cuka sari apel penuh dengan antioksi& menyerupai vitamin A, B-complex, C, & E yg mempunyai kegunaan untuk kesehatan & tampilan kulit. Termasuk mempunyai kegunaan untuk menghilangkan flek hitam, dimana cuka apel mengandung asam alfa hidroksi.

Kandungan di dalam cuka sari apel juga bekerja untuk mengangkat sel kulit mati, mendorong pertanaman sel kulit baru, & mencegah jerawat.

Campuran cuka sari apel & madu menjadi obat alami yg efektif untuk menghilangkan bintik hitam di kulit.

Siapkan bahan2-bahan2:
  • 1 sdt cuka sari apel
  • 1 sdt madu
  • 1 sdt air
  • Bola kapas

Langkah-langkahnya:
  1. Di dalam sebuah wadah, encerkan cuka sari apel dengan air.
  2. Lalu tambahkan madu ke dalamnya.
  3. Campurkan semua bahan2 tersebut hingga merata.
  4. Lalu gunakan bola kapas untuk mengoleskan adonan tersebut ke flek hitam di wajah.
  5. Diamkan selama 15 menit.
  6. Lalu bersihkan wajah kembali dengan air.

Seberapa sering melaksanakan perawatan ini? Setiap hari.

17. Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yg membantu untuk mengurangi bintik hitam, membersihkan sel kulit mati, & menghambat produksi tirosinase di kulit.

 Masalah flek hitam ini memang sudah umum diketahui susah untuk dibersihkan 35 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yg Membandel (Alami & Modern)
Photo credit: Pixabay.com

Bahan & peralatan yg perlu disiapkan:
  • Buah pepaya secukupnya
  • Blender

Langkah-langkahnya:
  1. Blender pepaya hingga menjadi pasta kental.
  2. Oleskan pasta pepaya di semua cuilan wajah.
  3. Lalu diamkan selama 20 menit.
  4. Bersihkan wajah kembali dengan air.

Seberapa sering melaksanakan perawatan ini? Tiga kali dalam seminggu.

PERINGATAN
Terutama bagi orang yg mempunyai kulit sensitif, pastikan untuk menentukan jenis pepaya yg sudah matang, lantaran lebih lembut pada kulit.

Karena bubur pepaya mengandung lateks, pastikan Anda melaksanakan tes tempel pada lengan cuilan bawah, untuk menyelidiki apakah Anda alergi terhadapnya. 

18. Tomat & Air Lemon

Tomat mengandung vitamin A, B, & C yg mempunyai kegunaan untuk meningkatkan produksi kolagen, menjaga elastisitas kulit. mengurangi flek hitam di wajah, mencegah dampak radikal bebas pada kulit, serta buat kulit lebih sehat & bersinar.

 Masalah flek hitam ini memang sudah umum diketahui susah untuk dibersihkan 35 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yg Membandel (Alami & Modern)

Tomat juga mengandung mineral menyerupai kalsium, potassium, & magnesium yg mempunyai kegunaan untuk melembabkan kulit.

Anda bisa, mengombinasikan tomat & air lemon untuk mengurangi bintik hitam pada kulit. Air lemon berhasiat untuk mencerahkan kulit, sementara tomat untuk kolagen & peremajaan kulit.

Siapkan bahan2:
  • 2 sdm tomat yg telah dihancurkan (diblender)
  • 1 sdm air lemon

Langkah-langkahnya:
  1. Campurkan kedua bahan2 tersebut di dalam sebuah mangkuk bersih.
  2. Campurkan secara merata.
  3. Lalu, dengan menggunakan bola kapas, oleskan adonan tersebut ke wajah Anda, terutama pada cuilan flek hitam.
  4. Biarkan wajah dalam kondisi demikian hingga ramuan mengering.
  5. Setelah itu barulah membersihkan wajah dengan air.

Seberapa sering melaksanakan perwatan ini? Setiap hari.

PERINGATAN
Karena tomat bersifat asam, mungkin bisa, menjadikan imbas samping pada kulit sensitif. Oleh lantaran itu, lakukan uji tempel sebelum melaksanakan perawatan ini.

Gunakan tomat yg segar & organik. Dan tambahkan tomat ke makanan harian Anda semoga mengoptimalkan khasiat ini (penghilangkan flek hitam di wajah).

19. Mentimun, Gel Lidah Buaya & Air Lemon

Mentimun mempunyai kadar air yg sangat tinggi, yg menjadikannya sebagai pelembab jago untuk kulit Anda. Yang sangat hebat, mentimun mempunyai semua antioksi& penting menyerupai vitamin A, B5, C, E, & K, serta kandungan lainnya yg berfungsi untuk banyak hal, menyerupai mencegah penuaan dini, memudarkan bekas jerawat & bintik-bintik (termasuk flek hitam di wajah).

 Masalah flek hitam ini memang sudah umum diketahui susah untuk dibersihkan 35 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yg Membandel (Alami & Modern)

Campuran mentimun, gel pengecap buaya & air lemon efektif untuk mengatasi problem bekas jerawat & flek hitam di wajah.

Siapkan bahan2 & peralatan:
  • 1 mentimun
  • ½ sdt gel pengecap buaya
  • 1 sdm air lemon
  • Blender

Langkah-langkahnya:
  1. Blender mentimun hingga hancur.
  2. Lalu campurkan dengan gel pengecap buaya & air lemon di dalam sebuah wadah.
  3. Lalu oleskan hasil adonan tersebut sebagai masker wajah.
  4. Diamkan selama setengah jam.
  5. Lalu barulah membilas wajah kembali dengan air bersih.

Seberapa sering melaksanakan perawatan ini? Setiap hari.

20. Mentimun & Yogurt

Kombinasi antara mentimun & yogurt sanggup secara efektif untuk mengurangi flek hitam di kulit pipi Anda, selain itu juga sanggup melembabkan kulit, menyehatkan kulit, & buat kulit lebih bercahaya.

Siapkan bahan2 & peralatan:
  • 1 mentimun
  • 2 sdm yoghurt
  • Blender

Langkah pembuatannya:
  1. Blender mentimun & yogurt hingga menjadi pasta kental.
  2. Oleskan pasta tersebut di kulit wajah Anda.
  3. Diamkan selama 40 menit.
  4. Bilas wajah dengan dengan air higienis kembali.

Seberapa sering? Setiap hari.

PERINGATAN
Tidak ada risiko menggunakan mentimun secara eksternal, sehingga Anda bisa, menggunakan bahan2 alami ini pada kulit tanpa keraguan.

21. Susu & Madu

Susu bisa, menjadi penyelamat untuk kulit Anda, di dalamnya terkandung vitamin A & biotin, yg mengatasi permasalahan kulit kering. Lalu ada vitamin D & kalsium yg berfungsi untuk mendorong produksi kolagen di kulit Anda.

 Masalah flek hitam ini memang sudah umum diketahui susah untuk dibersihkan 35 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yg Membandel (Alami & Modern)

Vitamin A & B6 berfungsi untuk mengoptimalkan proses penumbuhan sel kulit baru. Asam laktat, vitamin D, & vitamin B12 berfungsi untuk membersihkan sel kulit mati dari kulit Anda, & mengatasi permasalahan segala jenis pigmentasi, termasuk bintik hitam.

Selain itu, Anda bisa, menghilangkan flek hitam di wajah dengan madu, yg dikombinasikan dengan susu.

Bahan & peralatan yg perlu disiapkan:
  • 4 sdm susu
  • 2 sdm madu
  • Bola kapas

Langkah-langkahnya:
  1. Campurkan susu & madu di dalam mangkuk. Kocok-kocok hingga tercampur rata.
  2. Dengan menggunakan bola kapas, oleskan adonan tersebut ke kulit wajah.
  3. Saat mengoleskan, sembari pijat-pijat pada cuilan flek hitam dengan gerakan melingkar.
  4. Diamkan wajah dalam kondisi demikian selama 10 menit.
  5. Lalu bilas wajah hingga higienis kembali.

Seberapa sering melaksanakan perawatan ini? Setiap hari.

PERINGATAN
Jangan membeli susu yg berasal dari ternak yg disuntik dengan hormon (untuk meningkatkan produksi menyusui mereka). Hormon ini berdampak jelek pada kulit. Usahakan menggunakan susu organik untuk menghindari imbas samping tersebut.

Bagi orang dengan kulit berjerawat jangan menggunakan susu, lebih baik gunakan yogurt.

22. Madu & Tomat

Madu telah dipakai secara medis & kosmetik semenjak ribuan tahun lalu, menyerupai pada zaman mesir kuno. Madu bekerja sebagai pelembab & pembersih kulit yg sangat baik, serta melawan jerawat & segala tkamu penuaan dini.

 Masalah flek hitam ini memang sudah umum diketahui susah untuk dibersihkan 35 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yg Membandel (Alami & Modern)


Madu bekerja untuk membersihkan semua sel kulit mati, & mempromosikan pertanaman sel kulit baru. Kombinasi madu & jus tomat sangat baik untuk menghilangkan flek hitam pada kulit, & menjaga kulit semoga infinit muda.

Siapkan bahan2 & peralatan:
  • 1 sdm madu
  • 2 sdm tomat yg dihancurkan / diblender
  • Bola kapas

Langkah-langkahnya:
  1. Campurkan madu & jus tomat di dalam sebuah wadah, hingga membentuk pasta.
  2. Dengan menggunakan bola kapas, oleskan pasta tersebut ke cuilan flek hitam di wajah. 
  3. Diamkan dalam kondisi demikian hingga mengering.
  4. Lalu bersihkan wajah kembali dengan air.

Seberapa sering melaksanakan perawatan ini? Dua kali dalam sehari.

PERINGATAN
Bagi Anda yg mempunyai kulit berminyak, hendaknya melaksanakan uji tempel sebelum melaksanakan perawatan dengan madu, hal ini untuk menyelidiki bagaimana kulit Anda bereaksi terhadapnya.

Gunakan madu mentah / organik, jangan menggunakan madu olahan.

23. Strawberry & Madu

Strawberry yg terlihat imut & rasanya enak, ternyata mempunyai kegunaan untuk menghilangkan bintik hitam & mencerahkan kulit. Di dalam Strawberry terkandung asam salisilat, yg merupakan bahan2 terkenal dipakai di banyak produk perawatan kulit, lantaran asam salisilat merupakan exfoliant yg hebat, & efektif membersihkan sel kulit mati.

 Masalah flek hitam ini memang sudah umum diketahui susah untuk dibersihkan 35 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yg Membandel (Alami & Modern)

Kandungan di dalam strawberry bekerja untuk melembabkan & melembutkan kulit dari dalam. Kandungan asam alfa hidroksi berfungsi untuk mengelupas lapisan paling atas kulit, adapun asam ellagic berfungsi untuk mencerahkan kembali cuilan flek hitam pada kulit.

Siapkan bahan2 & peralatan:
  • 4-5 buah strawberry
  • 1 sdm madu
  • Blender

Langkah-langkahnya:
  1. Blender buah strawberry hingga halus.
  2. Lalu campurkan strawberry tersebut dengan madu di dalam sebuah wadah.
  3. Campurkan kedua bahan2 alam ini hingga membentuk menjadi pasta.
  4. Oleskan pasta ke kulit wajah Anda.
  5. Lalu diamkan saja selama 40 menit
  6. Terakhir, cuci wajah dengan air hangat hingga higienis kembali.

Seberapa sering melaksanakan perawatan ini? Setiap hari (/ beberapa kali dalam seminggu).

PERINGATAN
Sifat asam strawberry buat kulit Anda lebih peka terhadap sinar UV matahari. Sehingga jangan lupa mengoleskan tabir surya ketika Anda akan keluar rumah.

Gunakan hanya strawberry organik. Stroberi non-organik bisa, terkena paparan pestisida & insektisida yg membahayakan kulit.

24. Suplemen Vitamin E

Banyak dermatologists menyatakan bahwa minyak vitamin E mempunyai banyak khasiat besar bagi kulit, salah satunya yakni menghilangkan bintik hitam pada kulit. Inilah sebabnya viamin E umum ditemukan di banyak produk perawatan kulit.

 Masalah flek hitam ini memang sudah umum diketahui susah untuk dibersihkan 35 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yg Membandel (Alami & Modern)
Photo credit: Istockphoto.com | Gettyimages.com

Vitamin E merupakan antioksi& yg berfungsi untuk melawan radikal bebas penyebab kerusakan kulit & penuaan. Suplemen vitamin E juga bekerja untuk memperbaiki sel-sel kulit yg rusak.

Di dalam penggunaannya, minyak vitamin E tidak perlu dicampur dengan bahan2 lain. Yang Anda butuhkan yakni sebotol minyak vitamin E.

Cara penggunaannya, umumnya dengan mengoleskan beberapa tetes saja minyak vitamin E pribadi ke titik flek hitam di kulit.

Pastikan jari Anda higienis ketika mengoleskan. Perawatan ini dilakukan setiap hari, sebelum tidur.

Selain itu, Anda bisa, menentukan perawatan dengan pemanis kapsul Vitamin E. Siapkan sebuah kapsul vitamin E, ambilah minyak dari kapsul vitamin E tersebut (taruh ke jari Anda). Lalu gosokan pada cuilan flek hitam di wajah.

Sebagai peringatan, beberapa orang bisa, alergi terhadap minyak vitamin E. Lakukan uji tempel pada cuilan lengan bawah Anda.

Karena vitamin E hadir dalam bentuk minyak tebal sehingga Anda jangan mencucinya, lantaran bisa, mengakibatkan wajah berminyak sepanjang hari. Oleh lantaran itu, yg terbaik yakni menerapkan vitamin E di malam hari, menggantikan pelembab.

25. Lindungi Kulit dari Sinar Matahari

Sebelum pergi keluar rumah, disarankan semoga Anda menggunakan tabir surya (anti UV). Hal ini penting untuk melindungi kulit tubuh, terutama dalam problem flek hitam di kulit wajah.

Walaupun badan insan membutuhkan vitamin D alami yg bisa, didapatkan dari sinar matahari. Namun jangan hingga terlalu usang berada di bawah sinar matahari langsung.

Pada orang-orang berkulit cerah, terlalu usang berada di bawah sinar matahari, selain bisa, terkena paparan radiasi UV, juga berisiko terkena penyakit kanker kulit.

Trik lainnya yaitu menggunakan topi lebar untuk melindungi badan (terutama wajah) dari sinar matahari. Perhatikan jam-jam ketika matahari se&g bersinar dengan sangat teriknya.

26. Konsumsi Makanan Kaya Antioksi&

Untuk mencegah & membantu menghilangkan flek hitam di kulit wajah, maka disarankan mengonsumsi makanan yg mengandung antioksi& tinggi.

 Masalah flek hitam ini memang sudah umum diketahui susah untuk dibersihkan 35 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yg Membandel (Alami & Modern)
Photo credit: Pxhere.com

Pada jenis sayuran-sayuran, yaitu wortel, brokoli, kol, kubis, tomat, sawi hijau, lobak, & paprika merah.

Pada buah-buahan, yaitu strawberry, blueberry, blackberry, anggur berwarna merah, apel, kismis merah, jeruk, plum, chery & aprikot.

Pada jenis kacang-kacangan, yaitu kacang merah, almond & kenari.

Pada jenis biji-bijian yaitu gandum & beras merah.

Pada jenis bumbu dapur, yaitu jahe, cabai, bawang merah, bawang putih, kunyit, minyak kenari, & minyak zaitun.

27. Minum Air Putih yg Cukup

Agar flek hitam bisa, lebih cepat hilang maka perbanyak minum air putih. Minum air putih yg rutin mempunyai kegunaan semoga metabolisme badan berjalan lancar, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghidrasi kulit, menyehatkan kulit, menghilangkan flek hitam pada kulit, dll.

 Masalah flek hitam ini memang sudah umum diketahui susah untuk dibersihkan 35 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yg Membandel (Alami & Modern)
Photo credit: Freegreatpicture.com

Menghadapi problem kulit apapun, maka selalu khasiatkan air putih untuk membantu mengatasinya, selain juga perlu melaksanakan perawatan-perawatan lainnya.

Bintik-bintik hitam pada kulit bisa, memudar & hilang kalau Anda memenuhi asupan air putih.

Minum air putih akan mengoptimalkan proses membuang racun di dalam tubuh, khasiat ini termasuk sanggup membersihkan kulit tubuh.

Dengan minum air putih, maka kulit akan lebih terlihat segar, cerah, lembab & juga sehat.

28. Menghilangkan Flek Hitam dengan Uap

Uap merupakan suatu cairan yg berbentuk gas, dihasilkan dari air yg dipanaskan hingga mendidih. Uap air seringkali dikhasiatkan dalam perawatan sauna, spa, steaming, dll.

 Masalah flek hitam ini memang sudah umum diketahui susah untuk dibersihkan 35 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yg Membandel (Alami & Modern)
Photo credit: Shutterstock.com

Uap bisa, Anda manfaakan untuk membantu menghilangkan flek hitam. Anda hanya perlu meletakkan posisi wajah di atas ember yg berisi air panas. Lakukan sekitar 5-10 menit hingga uap meresap pada wajah.

Jangan memaksakan diri kalau sudah terasa terlalu panas. Selain itu, posisi wajah jangan terlalu bersahabat dengan sumber uap tersebut.

Lakukan perawatan sederhana ini secara teratur setiap hari. Perawatan dengan mekhasiatkan uap air ini bisa, mempunyai kegunaan untuk:
  • Mencerahkan kulit wajah secara alami.
  • Meningkatkan sirkulasi darah sehingga lebih banyak oksigen serta nutrisi yg mengalir pada wajah.
  • Menghilangkan bakteri, kotoran, sel kulit mati, & minyak berlebihan pada kulit wajah. 
  • Mengeluarkan racun dari dalam kulit, bersamaan dengan keringat yg keluar di kulit wajah.
  • Menjadikan kulit wajah lebih segar & bersinar secara alami.
  • Mencegah & menghilangkan komedo secara alami.
  • Merangsang pertanaman sel kulit baru, sehingga flek hitam pada kulit wajah akan menghilang secara alami.

Untuk mendapat hasil yg lebih maksimal, kombinasikan air mendidih dengan bahan2 menyerupai mint, chamomile, garam, potongan buah lemon, & lavender.

29. Krim Pemutih

Krim pemutih sanggup dipakai untuk menghilangkan flek hitam yg tampak di kulit. Penggunaan krim / lotion pemudar sangat simple & mudah, hanya saja penggunaannya harus sesuai dengan petunjuk. Pilih produk yg mengandung hydroquinone, kojic acid / glycolic acid.

Produk dengan bahan2-bahan2 tersebut bekerja secara efektif untuk mencerahkan kulit, yg kondusif dipakai kalau sesuai aturan.

Hal yg perlu diketahui dalam penggunaan krim untuk memudarkan flek hitam ini, akan memerlukan waktu yg cukup lama.

Pada goresan pena berjudul “How to Get Rid of Dark Spots on the Face” -- Healthline.com menyebutkan bahwa salah satu pengobatan paling terkenal untuk mengatasi problem flek hitam yaitu penggunaan krim mengandung hydroquinone. Food and Drug Administration (FDA) memberi hukum untuk membatasi konsentrasi penggunaan bahan2 aktif ini.

Walaupun hydroquinone dianggap kondusif untuk dipakai dalam produk kosmetik, namun pembatasan hydroquinone harus dilakukan, lantaran bisa, menjadikan risiko jelek kalau dipakai pada konsentrasi yg lebih tinggi.

Hendaknya penggunaan produk yg mengandung hydroquinone secara jangka pendek. Apabila di dalam penggunaannya menjadikan iritasi, maka hentikan penggunaan segera.

30. Cukupi Kebutuhan Tidur

Baik-tidaknya contoh tidur sangat mensugesti kondisi kulit tubuh. Saat tidur, terjadi proses regenerasi sel-sel di dalam tubuh, salah satunya sel kulit.

 Masalah flek hitam ini memang sudah umum diketahui susah untuk dibersihkan 35 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yg Membandel (Alami & Modern)
Photo credit: Pixabay.com

Kurangnya tidur maupun terlalu sering berga&g, maka akan berdampak pada regenerasi sel kulit yg terhambat. Sehingga kurang tidur akan mengakibatkan munculnya tkamu penuaan dini, & secara umum kuat jelek pada kulit.

Oleh lantaran itu, bagi Anda yg se&g berusaha untuk menghilangkan flek hitam di wajah, maka cukupi kebutuhan tidur dengan baik.

31. Hindari Stres

Stres memang benar-benar bisa, berdampak pada kesehatan badan secara umum, termasuk kulit. Saat seseorang stres, zat radikal bebas yg berada di dalam badan akan berkembang dengan cepat.

Kondisi stres berkepanjangan mengakibatkan knodisi kulit akan semakin buruk. Sehingga bagi Anda yg se&g berusaha menghilangkan flek hitam, maka hindari stres. Termasuk kurang tidur bisa, mengakibatkan stres.

32. Pilih Tabir Surya yg Tepat

Produk tabir surya (sunblock) berfungsi untuk melindungi kulit dari ancaman paparan sinar matahari yg bisa, memicu produksi melanin, yaitu pigmen penentu warna kulit, yg mengakibatkan warna kulit menjadi gelap.

Kadar SPF (Sun Protection Factor) yg berbeda-beda disebabkan oleh lamanya waktu perlindungannya. Dimana perhitungannya menurut dari setiap angka SPF.

Misalnya kalau Anda menggunakan SPF 50, maka perlindungannya sekitar 500 menit (8 jam lebih). Adapun SPF 30 maka perlindungannya sekitar 300 menit.

Adapun kadar SPF yg lebih tinggi tidak terlalu berbeda khasiatnya dengan kadar SPF yg lebih rendah. Sehingga pemilihan kadar SPF diubahsuaikan dengan lamanya kebutuhan Anda.

Mengenai SPF berfungsi untuk wajah berminyak, hal ini mungkin terdapat tambahan2 kandungan lain pada produk tabir surya yg dibeli.

33. Laser Treatment (Perawatan Laser)

Perawatan laser sangat bergantung pada kondisi warna & ukuran flek hitam di kulit, serta seberapa dalam warnanya.

Perawatan laser umumnya menunjukkan hasil yg cepat. Frekuensi / sesi perawatan juga tergantung pada kondisi flek hitam.

 Masalah flek hitam ini memang sudah umum diketahui susah untuk dibersihkan 35 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yg Membandel (Alami & Modern)
Laser Treatment | Photo credit: Wikimedia.org

Hal yg penting diketahui bahwa dengan menjalani Laser Treatment maka akan mengakibatkan kulit Anda menjadi sangat sensitif.

Sehingga sangat penting semoga Anda selalu menyediakan tabir surya, serta hindari / minimalisir berada di bawah sinar matahari pribadi sehabis melaksanakan Laser Treatment.

Pada laman tanya jawab bersama dokter yg berjudul “Laser Treatment for Dark Circles and Dark Spots on Face is Effective?” -- Realself.com, seseorang bertanya: “Hai, saya gadis berusia 25 tahun. Saya mempunyai bintik hitam di bawah mataku. Saya mencoba setiap pengobatan di rumah & semua produk, namun belum membuahkan hasil. Saya ingin menyingkirkannya, saya terlihat jelek ketika pergi bekerja, tolong beritahu aku?

Pertanyaan ini dijawab oleh beberapa dokter, berikut di bawah ini pemaparannya.

Roy A. David, MD menjawab bahwa pengobatannya tergantung pada penyebabnya. Jika penyebabnya yakni hiperpigmentasi maka krim pemutih dengan produk tipe retinol bisa, mengatasi problem bintik hitam di wajah.

Shankar Lakshman, MD menjawab bahwa bintik / bulat hitam di bawah mata mungkin berasal dari pembuluh darah yg mengalami masalah. Perawatan yg kondusif untuk menghilangkan bintik hitam yakni dengan menggunakan produk krim yg mengandung hydroquinone pada tingkat yg rendah. Anda perlu menghindari paparan sinar matahari ketika menggunakan krim ini. Adapun beberapa perawatan laser bisa, membantu, tapi saya selalu berhati-hati dengan laser, terutama di cuilan bersahabat mata Anda. Semoga ini bisa, membantu!

Kenneth B. Hughes, MD menjawab bahwa tingkat problem menyerupai pada bintik hitam /pun pigmentasi kulit tergantung pada kondisi kulit. Perawatan laser tertentu bisa, menghilangkan flek / bintik hitam.

Apakah Perawatan Laser Aman?
Seorang  berjulukan Amna kkhan yg berumur 14 tahun bertanya: “Saya mempunyai noda hitam di wajah aku. Apakah laser berbahaya bagi aku? Dokter menyarankan perawatan laser tapi keluarga saya tidak setuju, mereka berpikir bahwa laser sangat berbahaya untuk anak berusia 14 tahun.”

Michael Constantin Gartner, DO menjawab bahwa perawatan laser tidak berbahaya kalau dilakukan dengan benar. Namun Anda bisa, melaksanakan jenis perawatan lain, yaitu dengan menggunakan krim yg mengandung hydroquinone, yg diterapkan setiap hari. Ini bisa, membantu Anda dalam menghilangkan flek hitam di wajah.

34. Chemical Peels

Chemical Peels merupakan jenis perawatan kulit yg melibatkan penerapan bahan2 kimia, yg bekerja semoga kulit melepuh & terkelupas, sehingga mengaktifkan sel regeneratif, lapisan yg gres dari kulit.

Perawatan kulit ini kedengarannya menakutkan, namun tolong-menolong penggunaan bahan2 kimia tersebut tidak menjadikan rasa sakit, hal yg kemungkinan terjadi yakni rasa sensasi kesemutan.

Penerapan Chemical peels bergantung pada tingkat warna & ke dalaman flek hitam. Selain itu, bahan2 kimia yg nantinya bekerja untuk mengupas kulit akan bervariasi.

Kondisi kulit superfisial akan menggunakan asam alfa-hidroksi menyerupai asam glikolat / asam laktat. Kulit tingkat se&g akan menggunakan asam trikloroasetat. Kulit terkuat menggunakan fenol.

Jumlah sesi perawatan tergantung dari kondisi bintik hitam yg dialami. Kulit Anda akan menjadi sangat sensitif sehabis menjalani perawatan Chemical Peels. Gunakan tabir surya ketika Anda keluar rumah.

35. Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi sering dipakai untuk meremajakan kulit secara efektif, yg khasiatnya ini juga sanggup menghilangkan flek hitam.

Mikrodermabrasi juga dilakukan untuk mengatasi problem kulit bopeng, menghilangkan jerawat, mencerahkan wajah, menyamarkan garis halus wajah, & menghaluskan kulit.

Walaupun menunjukkan hasil yg menjanjikan, mikrodermabrasi tidak boleh dilakukan untuk beberapa jenis kulit.

Mikrodermabrasi yakni tindakan sejenis pengelupasan (exfoliation) dengan menggunakan kristal-kristal mikro untuk menghilangkan sel-sel kulit mati, & merangsang proses penumbuhan sel kulit baru.

Efek Sampingnya
Karena mikrodermabrasi yakni praktik pengelupasan, hal ini bisa, mengakibatkan kulit terlihat kemerahan & lebih sensitif dari biasanya.

Mikrodermabrasi bisa, mengganggu bagi beberapa jenis kulit. Efek samping terburuk yaitu kemerahan yg utamanya di area mata yg merupakan kawasan kulit lebih tipis dari area lainnya.

Pada sebagian kasus, perawatan ini bisa, mengakibatkan kulit berdarah. Hendaknya tidak menggunakan riasan apapun sehabis mikrodermabrasi.

Kondisi kulit yg tidak boleh untuk melaksanakan mikrodermabrasi yaitu kulit yg gres terbakar sinar matahari, luka terbuka, eksim, dermatitis & rosacea. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "35 Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Yg Membandel (Alami & Modern)"

Posting Komentar