12 Manfaat Chia Seed Untuk Kesehatan, Diet, Ibu Hamil, Anak, Diabetes, Dll

Chia seed yakni sejenis biji-bijian yg berbentuk kecil, awalnya berasal & tumbuh di wilayah negara Meksiko & Amerika Selatan. Chia seed dikatakan juga merupakan jenis tumbuhan mint.

Chia seed kini sudah ada di Indonesia yg dijadikan masakan organik. Adapun untuk rasanya, chia seed memilki rasa yg agak hambar.

Warna chia seed bermacam-macam, menyerupai berwarna hitam, abu-abu, & ada juga yg berwarna hitam dengan bercak-bercak putih.

Di Indonesia, chia seed bisa, diperoleh di supermarket, selain itu terdapat toko masakan sehat yg juga menjual chia seed.

 awalnya berasal & tumbuh di wilayah negara Meksiko & Amerika Selatan 12 Manfaat Chia Seed Untuk Kesehatan, Diet, Ibu Hamil, Anak, Diabetes, dll
Chia Seed | Sumber gambar: Flickr.com

Kandungan chia seed tidak mengecewakan banyak, menyerupai serat, protein, asam lemak omega 3, mineral & lainnya. Berikut di bawah ini daftar nutrisi chia seed menurut isu dari laman Self.com, yaitu:
  • Serat (11g - 42% AKG)
  • Protein (4.4g - 9% AKG)
  • Asam lemak omega-3 (4915 mg)
  • Asam lemak omega-6 (1620 mg)
  • Kalsium (77 mg - 18% AKG)
  • Fosfor (265 mg - 27% AKG)
  • Kalium (44,8 mg - 1% AKG)
  • Zinc (1,0 mg - 7% AKG)
  • Tembaga (0,1 mg - 3% AKG)

Manfaat Konsumsi Chia Seed

1. Membantu Menurunkan Berat Ba&
Konsumsi chia seed ternyata sanggup membantu untuk mnurunkan berat ba&. Chia Seed umumnya dikhasiatkan untuk taburan masakan & minuman. Adapun di Amerika, chia seed sering dipakai sebagai taburan di atas yogurt, sereal, saus, sampai juga pada nasi.

Karena kandungannya yg kaya akan serat & protein, konsumsi chia seeds bisa membantu untuk menurunkan berat ba&. Banyak andal kesehatan yg meyakini bahwa biji chia bisa, membantu dalam perjuangan diet.

Sebuah hasil penelitian yg diterbitkan European Journal of Clinical Nutrition tahun 2010.

Kandungan serat larut dalam biji chia juga bekerja untuk mendukung pertanaman probiotik dalam usus, yg berguna untuk kesehatan pencernaan.

6. Meningkatkan Energi (Tenaga) untuk Beraktivitas
Anda bisa, mengonsumsi chia seed guna sebagai penambah tenaga bagi tubuh, hal itu lantaran kandungan yg banyak terdapat di dalam chia seed menyerupai omega-3, serat, karbohidrat, protein, antioksi& & kalsium. Sehingga banyak yg menyebut chia seed sebagai masakan super untuk kesehatan tubuh.

Kandungan-kandungan tersebut berfungsi sebgai kalori bagi tubuh, dimana kalori merupakan sumber pembentukan tenaga yg sangat diharapkan dalam sehari hari.

Dengan begitu, chia seed merupakan booster energi yg sangat mempunyai kegunaan pada tubuh. Dari laman Draxe.com, menyebutkan sebuah studi terbaru yg diterbitkan di Journal of Strength and Conditioning.

Studi tersebut menemukan bahwa mengkonsumsi chia seed bisa meningkatkan kinerja olahraga / latihan, bahkan sampai 90 menit lamanya. Mengambil asupan satu porsi chia seed sudah bisa, meningkatkan metabolisme badan & bahkan memperabukan lemak perut.

7. Untuk Pengobatan & Pencegahan Kanker
Umumnya pengobatan kanker kini ini masih menggunakan metode kemoterapi & bentuk-bentuk pengobatan medis semacamnya. Tapi, Anda juga bisa, memanfaakan bahan2 tradisional yg gampang didapatkan & hargnya murah berupa buah, sayur / masakan yg kaya akan kandungan antioksi&, salahnya satunya chia seed.

Kandungan gizi yg ditemukan di dalam biji chia mempunyai khasiat yg sanggup menyehatkan & menyembuhkan. Bagi mereka yg menderita penyakit kanker, terutama kanker payudara & kanker serviks maka dianjurkan untuk sering mengonsumsi chia seed.

Kandungan di dalam chia seed berperan sebagai antikoagulan yg berfungsi menghambat pembekuan darah. Dimana kondisi badan yg se&g tekena penyakit kanker maka ketika itu se&g mengalami problem penyumbatan metabolisme, yg berimplikasi pada terjadinya problem pembekuan darah.

Mengonsumsi chia seed yg di dalamnya banyak terdapat kandungan zat besi & protein mempunyai kegunaan untuk membantu menghindari problem pembekuan darah, serta mempunyai kegunaan untuk mengoptimalkan pembentukan sel darah merah.

Serangan radikal bebas menjadi salah satu penyebab terdepan dari munculnya penyakit kanker. Masuknya radikal bebas ke dalam badan rentan terjadi ketika seseorang menjalani gaya hidup yg tidak sehat menyerupai minum minuman beralkohol, merokok, mengonsumsi junk food, sering terkena polusi udara & lainnya.

Mengonsumsi masakan sehat yg kaya akan kandungan antioksi&, bermafaat untuk menangkal serangan radikal bebas & mencegah radikal bebas merusak sel- sel badan yg dikhawatirkan memicu kanker.

Chia seed mempunyai khasiat sebagai antioksi& bagi tubuh, selain itu juga mempunyai kegunaan untuk menangkal serangan virus. Dimana berkembangnya virus di dalam badan sanggup mengakibatkan semakin rentannya sel kanker menyebar.

Penyebaran sel kanker akan menyerang banyak cuilan tubuh, hal ini sangat berbahaya. Keberadaan virus di dalam badan juga akan menghambat fungsi sistem kekebalan tubuh.

Kondisi melemahnya daya tahan badan serta lambatnya proses metabolisme tubuh, menjadikan sel kanker bisa, merajalela menyerang & menyebar di banyak cuilan tubuh. Konsumsi biji chia mempunyai kegunaan penting dalam mengurangi dampak kerusakan sel badan jawaban kanker.

Dari sebuah goresan pena yg berjudul Chia Seeds & Cancer, menjelaskan a&ya studi yg telah menemukan bahwa minyak biji chia mempunyai sifat anti-kanker. Sehingga disarankan berkonsultasi dengan dokter untuk menggunakan biji chia sebagai obat alami untuk penyembuhan & pencegahan kanker.

Sebuah studi yg diterbitkan di Journal of the International Society for the Study of Fatty Acids and Lipids pada Juli 2007 menemukan bahwa minyak dari biji chia mempunyai fungsi sebagai anti-kanker, terutama untuk menghindari pertanaman sel kanker di jaringan kelenjar payudara.

Minyak dari biji chia bekerja untuk mengurangi pertanaman tumor & metastasis dengan cara menghambat mitosis, dimana itu merupakan replikasi dari sel-sel kanker.

Hanya saja, minyak dari biji chia banyak terdapat kandungan asam alpha-linolenic. Pada sebuah studi yg dipublikasikan di “Journal of Nutrition” tahun 2004 mengungkapkan bahwa mengonsumsi masakan tinggi asam alpha-linolenic bisa, meningkatkan risiko kanker prostat pada pria.

Sehingga perlu menjadi pertimbangan, konsumsi biji chia dalam jumlah yg terlalu banyak justru berdampak jelek bagi kesehatan.


8. Menjaga Kesehatan Tulang & Gigi
Di dalam chia seed terkandung kadar kalsium yg sangat tinggi, lebih tinggi dibandingkan kadar kalsium yg terkandung di dalam susu skim. Rutin mengkonsumsi chia seed sangat mempunyai kegunaan untuk mengatasi problem kekurangan asupan kalsium pada tubuh.

Keberadaan kandungan kalsium di dalam badan sangat penting untuk menjaga kesehatan & kekuatan pada tulang & gigi, mencegah penyakit osteoporosis, menjaga kekuatan sendi tubuh, & membantu memperbaiki fungsi tubuh.

Dari laman Allwomenstalk.com, menyebutkan bahwa satu porsi biji chia mempunyai 18% dari asupan harian yg direkomendasikan untuk kalsium. Kalsium termasuk cuilan mineral yg berfungsi mempertahankan kesehatan tulang yg baik & juga menjaga kesehatan mulut.

Selain itu, di dalam chia seed terkandung fosfor, yg merupakan juga jenis mineral berfungsi menjaga kekuatan tulang & gigi. Satu porsi biji chia memenuhi 27% dari nilai harian yg direkomendasikan untuk fosfor.

Anda sanggup mekhasiatkan masakan chia seed untuk membantu mencegah penyakit osteoporosis, yg banyak menyerang ketika seseorang memasuki masa usia tua.

Dari laman Draxe.com, menjelaskan bahwa kandungan zinc yg ada di dalam chia seed mempunyai kegunaan untuk membantu membersihkan plak pada gigi & mulut, selain itu mempunyai pengaruh antibakteri yg berfungsi untuk membunuh kuman penyebab anyir mulut. Kandungan vitamin A & fosfor juga berperan dalam menjaga kesehatan gigi & mulut.

9. Membantu Membersihkan Jerawat
Di dalam chia seed terdapat kandungan menyerupai zinc yg mempunyai kegunaan untuk melawan problem jerawat. Selain itu chia seed juga mempunyai kandungan omega 3 yg berfungsi untuk membantu melembabkan kulit & buat infeksi lebih kempes secara alami.

Kandungan omega-3 juga berfungsi untuk mencegah iritasi pada kulit & membantu mengoptimalkan proses penyembuhan luka bekas jerawat. Adapun kandungan protein berfungsi untuk memperbaiki sel kulit wajah yg rusak jawaban jerawat.

Adapun kandungan zinc mempunyai fungsi sebagai anti-aging (anti-penuaan) & membantu mencegah jerawat.

10. Mengoptimalkan Proses Pembuangan Racun dari Dalam Tubuh
Manfaat chia seed sanggup membantu proses detoksifikasi untuk mengeluarkan racun & sisa metabolisme badan dengan melalui proses keringat, buang air kecil & buang air besar. Dimana lancarnya proses buang air besar maupun buang air kecil sangatlah penting.

Mengonsumsi chia seed berfungsi biar proses buang air besar bisa, teratur, sehingga racun-racun dari dalam badan bisa, keluar secara maksimal. Hal ini dibantu dengan kandungan serat di dalam chia seed yg cukup tinggi. Mengonsumsi chia seed membantu untuk kelancaran pencernaan.

11. Untuk Ibu Hamil
Chia seeds kaya akan nutrisi yaitu berupa serat, protein, omega-3, antioksi&, potasium, kalsium, magnesium, fosfor, zinc, vitamin B1 (thiamine), & vitamin B2 & vitamin B3 (niacin). Kandungan nutisi tersebut sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Satu porsi chia seeds memenuhi sebanyak 15% kebutuhan protein harian & sepertiga kebutuhan serat harian bagi ibu hamil .

Dari laman Newhealthadvisor.com, menjelaskan bahwa mengkonsumsi biji chia pada masa kehamilan sanggup mempunyai kegunaan bagi perkembangan bayi, disamping juga mempunyai kegunaan untuk kesehatan ibu hamil sendiri.

Biji chia kaya akan kandungan asam lemak Omega-3 yg khasiatnya sangat penting untuk kesehatan & perkembangan otak bayi di dalam kandungan. Tapi penting diingat, bahwa kandungan omega-3 pada chia seed (& tumbuhan nabati pada umumnya) berupa alpha linolenic acid (ALA), sehingga Ibu hamil tetap perlu mengonsumsi masakan menyerupai ikan untuk mendapat asupan DHA.

Mungkin Anda tidak tahu bahwa chia seed mempunyai kandungan kalsium sebanyak lima kali lipat dibandingkan susu, & asupan kalsium mempunyai fungsi penting dalam proses pengembangan kerangka janin / bayi, terutama pada masa trimester terakhir.

Chia seed mempunyai kandungan zat besi. Fungsi zat besi ini dibutuhkan oleh sel-sel darah merah dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Kecukupan akan terpenuhinya kandungan zat besi amat penting pada masa kehamilan, untuk mengoptimalkan proses pemikiran darah di dalam tubuh, yg temasuk untuk kebutuhan bayi di dalam kandungan itu sendiri.

Mengkonsumsi biji chia selama kehamilan mempunyai kegunaan untuk memperlihatkan lebih banyak energi bagi ibu hamil, sekaligus juga untuk mencegah terjadinya diabetes & kenaikan berat ba& yg berlebihan.

Konsumsi biji chia sanggup mencegah / mengurangi kram, terutama di cuilan kaki. Selain itu mencegah resiko persalinan prematur.

12. Untuk Anak
Chia seed disarankan untuk diberikan pada bawah umur lantaran mereka masih dalam masa pertanaman, Anda bisa, memberikannya susu rendah kalori / yogurt yg kemudian dimasukan chia seed ke dalamnya.

Dengan begitu anak akan memperoleh kandungan gizi yg semakin banyak. Hal ini sangat penting untuk kesehatan anak, serta berfungsi untuk membantu meningkatkan kecerdasan otak  anak secara alami.

Cara Mengkonsumsi Chia Seed:
  • Penyajian biji chia bisa, dibentuk menjadi bentuk jelly (agar-agar). Caranya dengan melarutkan 8 sendok makan biji chia bersama 2 gelas air putih, kemudian aduk merata, kemudian simpan di dalam kulkas.
  • Selain kau bisa, mengonsumsinya dalam bentuk jelly, jelly chia seed ini bisa, Anda tambahkan pada puding /pun saus salad.
  • Biji chia mempunyai tekstur yg lembut, yg bisa, dicampurkan dengan yogurt, sereal,  sayuran, nasi & juga pada beberapa jenis minuman.
  • Anda bisa, mekhasiatkan chia seed dengan memasukkannya ke dalam minuman jus.
  • Mekhasiatkan biji chia juga bisa, dengan menebarkannya diatas buah yg sudah dipotong-potong.
  • Jika merendam biji chia dengan lebih lama, maka kandungan nutrisinya menjadi semakin tinggi.

Hal yg Penting Diketahui dalam Mengonsumsi Chia Seed
Makanan chia seed bersifat mengikat air disekitar jalan masuk esofagus yg terka&g bisa, mengakibatkan masakan tidak berjalan dengan lancar. Oleh lantaran itu dalam mengonsumsi chia seed, Anda harus mengunyah chia seed sampai dipastikan halus sebelum masuk ke kerongkongan.

Konsumsi chia seed sanggup memperabukan lemak & menekan rasa lapar, sehingga konsumsi chia seed tidak dianjurkan bagi mereka yg mempunyai badan kurus.

Konsumsi chia seed secara berlebihan & jarang minum air, berpotensi bisa, terjadi penumpukan di lambung lantaran sifatnya yg sulit dicerna, yg balasannya bisa, menimbulkan rasa mual & nyeri pada ulu hati. Hal itu lantaran chia seed mempunyai tekstur yg sangat padat & kenyal.

Pada sebagian orang, ada yg mengalami muncuknya alergi sesudah mengonsumsi chia seed, berupa ruam ruam kemerahan yg gatal. Hal itu lantaran a&ya kandungan lemak jenuh di dalam chia seed.

Munculnya alergi umumnya disebabkan badan menolak masuknya zat yg dinilai asing, yg kemudian badan secara otomatis memperlihatkan respon berupa mengirim antibodi yg bersama-sama bekerja untuk penangkal serangan penyakit.

Hal tersebut balasannya menimculkan bentuk ruam ruam kemerahan pada kulit. Sehingga ruam kemerahan bersama-sama sebagai respon dari badan yg memperlihatkan pesan pada seseorang bahwa dirinya tidak cocok untuk mengonsumsi masakan tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "12 Manfaat Chia Seed Untuk Kesehatan, Diet, Ibu Hamil, Anak, Diabetes, Dll"

Posting Komentar