26 Manfaat Buah Pir: Untuk Jantung, Pencernaan, Kanker, Stroke, Kecantikan Kulit, Rambut, Dll

Pada buah pir yg matang, mempunyai warna kulit yg kuning dengan sedikit bintik kecokelatan (terlihat samar-samar).

Buah pir mempunyai rasa manis yg sedikit ada rasa asam. Rasa buah pir ini menjadikannya sebagai buah yg sangat segar dikonsumsi ketika cuaca panas. Buah pir banyak disukai orang disebabkan rasanya yg segar manis.

 mempunyai warna kulit yg kuning dengan sedikit bintik kecokelatan  26 Manfaat Buah Pir: Untuk Jantung, Pencernaan, Kanker, Stroke, Kecantikan Kulit, Rambut, dll
Buah Pir | Sumber gambar: Pixabay.com

Kandungan Gizi Buah Pir
Berikut di bawah ini, kandungan gizi buah pir dalam 100 g: (sumber: wikipedia.org)
  • Vitamin A: 25 IU
  • Vitamin B6: 0 mg
  • Vitamin B12: 0 µg
  • Vitamin C: 4,3 mg
  • Vitamin D: 0 IU
  • Kalsium: 9 mg
  • Serat pangan: 3,1 g
  • Gula: 10 g
  • Protein: 0,4 g
  • Zat besi: 0,2 mg
  • Magnesium: 7 mg
  • Kalori (kcal): 57
  • Lemak jenuh: 0 g
  • Lemak tak jenuh gkamu: 0,1 g
  • Lemak tak jenuh tunggal  0,1 g
  • Kolesterol: 0 mg
  • Natrium: 1 mg
  • Kalium: 116 mg
  • Jumlah Karbohidrat: 15 g

Manfaat buah pir

1 . Mencegah kanker
Buah pir yg mempunyai serat yg banyak, bisa mengatasi sel-sel karsinogenik yg berbahaya bagi tubuh, biar nantinya bisa, dibuang dari dalam tubuh. Bahaya karsinogenik yaitu sanggup mengakibatkan terjadinya kanker usus besar, yg merupakan sebuah penyakit serius. Selain itu, konsumsi buah pir juga sanggup mencegah resiko kanker payudara, terutama pada mereka yg sudah memasuki umur tua.

Dari sumber laman Nih.Gov. Studi terbaru yg dilakukan para ilmuwan telah memperlihatkan bahwa serat kuliner mempunyai khasiat yg tidak bisa, diremehkan dalam menjaga kekuatan sistem kekebalan badan & mengatasi pera&gan. Hal ini berimplikasi baik pada menurunnya resiko penyakit jantung, kanker, diabetes, & duduk kasus obesitas.

2. Menyehatkan jantung
Di dalam buah pir mempunyai kandungna serat tidak mengecewakan banyak. Para hebat kesehatan sudah menjelaskan bahwa kandungan serat ini sangat penting bagi tubuh, lantaran fungsinya yg bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Teratasinya duduk kasus LDL (koleserol jahat) sangat penting untuk mencegah penyakit jantung yg sangat serius.

Dari sumber laman Medicalnewstoday.com. Peneliti Pangan & Gizi dari Institut Nasional of Medicine telah berbagi fatwa untuk kandungan serat. Dari penelitian yg dilakukannya, mereka merekomendasikan untuk laki-laki yg berumur di bawah 50 tahun biar mengkonsumsi 38 gram serat per hari, & perempuan yg berumur di bawah 50 tahun mengkonsumsi 25 gram serat per hari.

Untuk laki-laki yg berumur di atas 50 tahun disarankan mengkonsumsi 30 gram per hari. Adapun perempuan berusia diatas 50 tahun yaitu 21 gram per hari.

Ilmuwan dari pihak The National Institute of Medicine melaksanakan pengamtan pada beberapa penelitian besar. Maka disimpulkan bahwa diet dengan 14 gram serat untuk setiap 1.000 kalori, sudah bisa memperlihatkan penurunan yg signifikan risiko penyakit jantung koroner & diabetes tipe 2.

Dengan begitu, mengkonsumsi buah pir memperlihatkan khasiat bagi Anda biar terhindari dari penyakit jantung koroner.


3 . Mencegah osteoporosis
Kesehatan tulang benar-benar harus dijaga, apalagi kini banyak orang yg mempunyai pola makan yg jelek sehingga mengakibatkan gangguan pada organ tulang. Hal ini lebih penting lagi bagi mereka yg sudah berumur, dimana mereka akan sangat perlu menjaga kesehatan tulang, terutama untuk mencegah osteoporosis yg banyak menyerang orang yg tua.

Sehingga hal yg perlu dilakukan adaah mengontrol kestabilan pH tubuh, disamping yg paling utama yaitu memenuhi kebutuhan badan akan nutrisi kalsium, yg berasal dari kuliner / minuman sehat.

Untuk menjaga pH badan maka penting memperbaiki pola makan, Anda harus mulai rutin & jarin untuk mengkonsumsi sayuran & buah-buahan.

Buah pir mempunyai asupan boron yg berfungai untuk membantu memaksimalkan proses absorpsi kalsium untuk sistem tubuh.

4 . Baik untuk kesehatan pencernaan
Kandungan serat yg terkandung pada buah pir bersifat serat tidak larut, yg buatnya lebih gampang & lancar bergerak ketika melewati usus besar. Manfaat hal ini penting untuk mencegah duduk kasus polip usus. Buah pir yg kaya sehat ini sanggup Anda khasiatkan untuk meningkatkan kesehatan organ pencernaan.

Dengan menonsumsi kuliner yg kaya serat, berguna untuk sistem pencernaan. Kandungan serat bekerja untuk membantu badan dalam proses absorpsi vitamin & mineral yg dikonsumsi dari makanan. Yang bisa mencegah & meringankan penyakit sembelit, mencegah penyakit wasir, sampai bisa, mencegah kondisi serius berupa kanker usus besar.

5 . Baik untuk penderita diabetes 
Memang buah pir mempunyai rasa yg manis, sehingga yummy untuk dikonsumsi. Walaupun berasa manis begitu, buah pir ternyata hanya mempunyai indeks gliserin yg rendah. Hal ini buat buah pir tidak bermasalah sering dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain itu, kandungan serat yg tinggi pada bah pir, justru memperlihatkan dampak positif untuk membantu mengontrol kadar gula darah.

6 . Memberikan tenaga pada tubuh
Buah pir mempunyai kandungan zat glukosa yg tidak mengecewakan tinggi, pengaruh yg ditimbulkan bagi badan yaitu bisa menimbulkan kekuatan energi (tenaga) secara instan. Sehingga bagi Anda yg se&g mencicipi lemas & lemah pada badan (seperti tidak bertenaga) maka disarankan konsumsi buah pir, yg bisa memperlihatkan Anda tenaga secara cepat.

7. Menangkal serangan radikal bebas
Dialam kandungan terdapat buah pir terdapat nutrisi vitamin C, vitamin K, & mineral tembaga. Kandungan-kandungan tersebut sangat dibutuhkan badan dalam mengha&g serangan radikal bebas yg masuk ke dalam tubuh. Serangan radikal bebas ke dalam badan sangat berbahaya, lantaran beresiko mengakibatkan kerusakan sel tubuh, meningkatkan resiko penuaan dini, sampai yg paling jelek yaitu kanker.

Loading...

8. Meningkatkan sistem imun tubuh
Di dalam buah pir terdapat zat antioksi& yg cukup tinggi, berasal dari vitamin A, vitaminC, & mineral tembaga. Kandungan-kandungan tersebut berfungsi untuk meningkatkan fungsi sistem imun badan (kekebalan tubuh). Hal ini berguna biar badan tidak gampang jatuh sakit, sistem badan bisa untuk menangkal serangan-serangan penyakit.

Terutama penyakit yg paling sering menyerang badan yaitu flu. Anda akan menjadi tidak gampang terkena penyakit flu /pilek & batuk.

Kandungan vitamin C yg berfungsi sebagai antidioksi& berguna untuk meningkatkan sistem kekeblaan badan & mencegah infeksi, biar bisa melawan aneka macam serangan penyakit. Buah lainnya yg sanggup dikamulkan untuk menguatkan imun badan yaitu jeruk, lemon & strawberry.

9. Baik untuk bayi di dalam kandungan
Kandungan asam folat yg ada di dalam buah pir, memperlihatkan khasiat besar untuk perempuan hamil. Dimana asupan asam folat yg dikonsumsi ibu hamil akan bekerja untuk menjaga perkembangan & pertanaman bayi, sehingga mencegah bayi lahir dalam kondisi cacat. Untuk itu, disarankan ibu hamil untuk mengonsumsi buah pir, walaupun itu hanya sesekali saja (yg penting ibu hamil mengonsumsinya).

10 . Sehat untuk anak & bayi
Dalam cara merawat anak bayi, terutama dalam masa penyapihan maka disarankan bagi orang renta biar memperlihatkan konsumsi buah pir pada mereka. Hal itu disebebkan buah pir hanya mempunyai tingkat keaasamannya & reaksi alergi yg sangat rendah. Hal ini penting bagi bayi biar tidak mengalami gangguan pencernaan ketika mengonsumsinya.

Cara memperlihatkan kuliner buah pir pada bayi, pertama-tama kupas buah pir kemudian dipanaskan, sehabis itu gres dijadikan bubur. Tetapi perlu diketahui, bahwa buah pir jangan diberikan kepada bayi maupun belum dewasa ketika mereka terkena diare.

11. Mengontrol tekanan darah
Di dalam buah pir mempunyai kandungan senyawa antidioksi& & antikarsinogen glutathione yg fungsinya sangat penting, yaitu menjaga tekanan darah biar tetap dalam batasan normal.  Buah pir mempunyai kandungan kalium yg berfungsi membantu kestabilan detak jantung, serta menjaga fungsi otot-otot.

12. Mencegah stroke
Dari laman Healthyeating.Sfgate.com. Konsumsi buah pir membantu untuk menurunkan resiko penyakit stroke. Pada sebuah hasil penelitian ilmiah, yg diterbitkan tahun 2011 di American Heart Association, mememukan bahwa konsumsi satu buah pir dalam sehari bisa menurunkan risiko stroke sampai 52 persen.

Mengonsumsi pir memperlihatkan peluang untuk menurunkan risiko final hayat akhir penyakit jantung. Pada sebuah laporan penelitian tahun 2007 yg diterbitkan di “American Journal of Clinical Nutrition” melaporkan bahwa senyawa flavonoid di dalam buah pir berguna menurunkan risiko penyakit jantung. Konsumsi buah pir mencegah penyakit stroke & jantung.

13. Menyegarkan & menyehatkan tenggorokan
Kandungan di dalam buah pir yg bersifat medinginkan & menyegarkan, memperlihatkan khasiat bagi tenggorokan Anda biar tetap merasa segar, terutama ketika kondisi cuaca yg panas. Selain itu, konsumsi buah pir membantu untuk mengatasi duduk kasus pada teggorokan. Buah pir ketika kondisi udara panas, sangat disarankan untuk dikonsumsi dalam bentuk jus buah pir.


14. Mengatasi pera&gan
Sifat anti inflamasi yg dimiliki buah pir mempunyai khasiat untuk mencegah /pun meredakan duduk kasus pera&gan, salah satu misalnya arthritis.

15 . Mencegah sesak napas
Penyakit sesak napas ini umumnya akan lebih sering terjadi ketika kondisi isu terkini panas, dimana hawa panasnya menimbulkan orang-orang rentan untuk mengalami sesak napas. Sehingga ketika kondisi cuaca yg terasa panas, disarankan untuk memakan buah pir yg juga membantu meredakan suhu sangat panas di dalam tubuh.

16 . Mencegah timbulnya tkamu penuaan dini
Bagi Anda yg khawatir bisa, terkena duduk kasus penuaan dini, maka Anda bisa, mengkamulkan proteksi dari kandungan buah pir ini, yg khasiatnya bisa mencegah penuaan dini. Buah pir mempunyai banyak kandungan vitamin C, vitamin K & mineral tembaga. Dimana kandungan yg ada di dalam buah pir bisa, berperan sebagai antidioksi& yg bisa menangkal serangan radikal bebas.

Sehingga sanggup menjaga sel-sel kulit dari kerusakan akhir radikal bebas. Manfaat yg diperoleh yaitu bisa menurunkan kemungkinan timbulnya garis-garis halus di akrab kawasan mata & bibir.

17. Membantu biar kulit halus & lembut
Asupan tinggi serat pada buah pir mempunyai tugas besar dalam menjaga kesehatan kulit, juga biar kulit tetap lembut & halus. Asupan serat bekerja untuk membatasi frekuensi masuknya gula ke dalam darah, khasiat yg diperoleh yaitu bisa menghindarikan kulit mengalami kerusakan kolagen.

Dimana kerusakan kolagen pada kulit sanggup terjadi akhir lonjakan jumlah gula di dalam darah. Dengan mengonsumsi buah pir membanu Anda biar sanggup mempunyai kulit yg lembut & halus.

18. Mengatasi jerawat
Anda juga sanggup mengatasi duduk kasus jerawat dengan menggunakan buah pir, lantaran di dalam buah pir terdapat nutrisi vitamin & mineral. Kandungan tersebut juga bermafaat untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga juga berdampak baik bagi kulit. Dimana kulit wajah sanggup secara maksimal untuk menangkal serangan bakteri, kuman & infeksi, sehingga membantu mengatasi jerawat.

19. Mengatasi duduk kasus kulit berminyak
Buah pir yg enak rasanya ini juga berguna bagi Anda yg mengalami duduk kasus kulit berminyak. Selain dikonsumsi, Anda juga mekhasiatkan buah pir sebagai masker wajah, caranya: pertama-tama hancurkan buah pir, kemudian campur dengan madu.

Setelah itu akan terbentuk ramuan pasta, yg sanggup Anda gunakan menjadi masker. Oleskan secara merata ramuan tersebut pada wajah, biarkan sampai kandungan di dalam ramuan menyerap ke dalam wajah, sehabis kering di wajah tunggu beberapa lama.

Setelah itu gres bilas menggunakan air bersih. Anda bisa, melaksanakan terapi masker wajah ini sebanyak tiga kali dalam seminggu.

20. Sebagai pelembab kulit alami
Buah pir sanggup Anda kamulkan untuk bisa, mendapat khasiat kulit yg lembab, sehingga Anda terhindar dari duduk kasus kulit kering & bersisik. Di dalam buah pir terdapat zat humectants alami yg berfungsi untuk menjaga keseimbangan air. Senyawa alami tersebut mempunyai tugas dalam menjaga kelembaban kulit.

Dimana banyak produsen perawatan kulit yg menggunakan ekstrak buah pir sebagai bahan2 pembuatan produk lotion pelembab kulit. Anda bisa, mengonsumsi jus buah pir sehingga memperoleh kulit yg lembut & halus.

21. Perawatan & kesehatan bibir
Buah pir mempunyai kandungan asam laktat yg berfungsi untuk menjaga sel-sel di bibir. Sehingga bibir tetap bisa, dalam kondisi sehat, segar & bisa terhidrasi lebih usang (bibir terhindar dari kehilangan cairan tubuh / kekeringan). Manfaatnya biar bibir bisa, menjadi lebih lembut & halus.

22. Sebagai scrub alami
Buah pir sanggup Anda khasiatkan untuk mengatasi duduk kasus sel-sel kulit mati, sehingga Anda sanggup secara maksimal untuk menyingkirkan sel kulit mati yg terdapat di lapisan permukaan kulit tubuh. Ekstrak buah pir umumnya banyak dipakai dalam buat kulit biar lebih lembut. Hal itu lantaran di dalam kandungan buah pir mempunyai zat yg bisa mempercepat pergantian sel kulit.

23. Baik dikonsumsi bagi yg mempunyai rambut kering
Di dalam buah pir terdapat kandungan yg mempunyai sifat pelembab yg fungsinya untuk meminimalisir duduk kasus kekeringan pada rambut. Pada buah pir terdapat kandungan vitamin C yg berfungsi sebagai antioksi& alami, salah satu khasiatnya untuk menghaluskan ramut, dimana zat antidioksi& bisa menjaga kesehatan sel-sel rambut.

Untuk Anda yg mengalami rambut keriting, maka buah pir ini sanggup kau khasiatkan. Kandungan di dalamnya bisa mencegah rambut kusut & kusam. Sehingga dengan khasiatnya tersebut, Anda sanggup lebih gampang untuk mengatur rambut keriting.

24. Menghilangkan duduk kasus rambut kusam
Masalah rambut kusam ini banyak dikeluhkan orang-orang, terutama bagi mereka yg mempunyai rambut panjang, yaitu dari kalangan wanita. Dengan mekhasiatkan buah pir, Anda bisa, mengatasi rambut kusam. Manfaatkan buah pir sebgai masker rambut. Caranya: pertama-tama campurkan ekstrak 1 buah pir dengan 2 sendok makan cuka sari apel, kemudian juga masukan air sekiranya.

Kemudian tinggal diaplikasikan pada ramut, sehingga nantinya Anda akan mempunyai rambut berkilau, serta terhindar dari duduk kasus rambut kusam. Dalam penggunaan buah pir, pilih buah pir yg segar & matang.

25. Menutrisi Rambut
Kandungan sorbitol / glusitol di dalam buah pir mempunyai fungsi untuk menjaga kelembapan rambut, memberi nutrisi akar rambut & menjaga kulit kepala biar terjaga kesehatannya. Dengan mengonsumsi buah pir mempunyai kegunaan biar rambut Anda terjaga kesehatan & kebutuhan nutrisinya perpenuhi.

26. Tidak mempunyai resiko alergi
Dengan makan buah pir, membantu Anda biar tidak gampang terkena alergi, hal ini menjadi keistimewaan tersendiri bagi buah pir yg tidak menimbulkan duduk kasus alergi. Hal inilah yg buat Ibu-ibu suka memperlihatkan buah pir pada anak, walaupun masih bayi / balita.

Dari laman Popsugar.com. Buah pir termasuk jenis buah hypoallergenic, yg berarti orang-orang yg mengalami duduk kasus alergi makanan, biasanya bisa, makan pir tanpa pengaruh samping.

Cara menentukan buah pir yg benar
Anda hendaknya menentukan buah pir yg matang, lantaran memperlihatkan khasiat kandungan yg terbaik, disamping juga enak rasanya. Pilihlah buah pir yg berwarna kuning keemasan & tercium kedaluwarsa harum darinya. Pir yg berkualitas mempunyai kulit yg lembut & tanpa cacat luka.

Anda bisa, mengecek pada cuilan atas buah, yaitu di akrab dengan batang buah. Pastikan permukaannya tidak terlalu lembek & tidak terlalu keras. Untuk mengeceknya, tekan pelan saja menggunakan ujung jari Anda, bukan meremas di semua cuilan buah.

Hindari menentukan buah yg terdapat memar & goresan. Ushakan membel buah yg masih ada tangkainya. Hal itu lantaran menkamukan buah pir masih segar.

Apabila Anda membeli buah pir untuk eksklusif dikonsumsi nantinya, maka pilih buah yg agak lembut ketika ditekan. Adapun kalau Anda membeli buah pir untuk disimpan di kulkas dalam waktu yg agak lama, maka pilih buah pir yg dagingya masih cenderung keras.

Tips Mengkonsumsi buah Pir
Beli buah pir yg segar, sehabis itu basuh / bersihkan kemudian keringkan, sehabis itu makan bersama dengan kulitnya. Sehingga Anda akan memperoleh khasiat nutrisi yg maksimal, yaitu berupa serat, vitamin, fitonutrien & antioksi&.

Jika Anda ingin memotong buah pir, maka pastikan pisau yg dipakai dalam kondisi bersih.

Efek samping mengkonsumsi buah pir
Buah-buahan menyerupai apel & pir kaya akan kandungan fruktosa, bahkan lebih tinggi dibandingkan glukosa. Mengonsumsi buah pir intinya sangat aman, hanya saja dalam kondisi tertentu /pun mengonsumsi buah pir dalam jumlah yg tinggi sanggup mengakibatkan pengaruh samping, berupa perut kembung, meningkatkan gas di perut, nyeri & diare bagi orang yg mengalami duduk kasus iritasi usus besar.

Referensi lainnya: Stylecraze.com: 30 Amazing Benefits Of Pears (Nashpati) For Skin, Hair, And Health

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "26 Manfaat Buah Pir: Untuk Jantung, Pencernaan, Kanker, Stroke, Kecantikan Kulit, Rambut, Dll"

Posting Komentar