18 Diam-Diam Menjadi Berilmu (Dipraktekan, Bukan Hanya Sekedar Teori)

Kecerdasan bisa, diasah sehingga menjadi tajam, hanya dibutuhkan kemauan yg besar lengan berkuasa untuk terus mengasah kecerdasan. Pada asalnya tidak ada orang kurang pandai di dunia ini, yg ada adalah orang yg malas untuk membuatkan dirinya, sehingga beliau dipan&g orang sebagai orang yg bodoh.

Terutama untuk pada pemuda, maka jangan habiskan waktu Anda untuk hal yg tidak berguna, apalagi kerjaannya hingga tawuran menyerupai yg kita lihat beritanya di TV.

Lakukanlah banyak sekali hal yg berkhasiat, yg bisa, buat Anda bertambah pandai & wawasannya Anda semakin luas. Dengan begitu Anda akan menjadi orang yg lebih berkualitas.

 Kecerdasan bisa, diasah sehingga menjadi tajam 18 Rahasia Menjadi Pintar (Dipraktekan, Bukan Hanya Sekedar Teori)

Untuk bisa, menjadi pandai bukanlah hal yg tabu untuk dilakukan, Anda tidak perlu hingga mati-matian untuk bisa, menggapainya. Menjadi pandai itu adalah hal yg sederhana, hanya Anda harus mempunyai tekad yg kuat. Berikut klarifikasi lengkapnya di bawah ini.

1. Anda Harus Rajin Membaca Buku
Orang yg membaca buku identik dengan sebutan orang yg cerdas, hal ini benar a&ya. Adapun jenis buku yg Anda baca bukanlah novel & semacamnya, akan tetapi buku-buku yg bisa, menambah wawasan Anda, sehingga Anda bisa, menjadi orang yg berilmu.

Selain Anda harus melatih diri untuk rajin membaca buku (dalam waktu lama), Anda juga harus cerdas dalam menentukan buku yg berkualitas. Tentunya, yg diutamakan mencari buku yg isinya berkhasiat, & isinya juga buat rasa ingin tau tinggi untuk Anda.

Oleh lantaran itu, Anda dalam hidup ini minimal harus menyukai satu bi&g yg akan didalami secara detail, silahkan pilih yg Anda suka menyerupai bi&g sejarah, teknologi, politik, militer, ekonomi, agama, kesehatan & banyak lainya. Semakin banyak bi&g yg Anda bisa, kuasai maka Anda semakin luar biasa.

Dengan banyak membaca maka wawasan Anda akan semakin luas, yg dengan begitu Anda bisa, menjadi orang lebih produktif dalam menghasilkan wangsit & gagasan.

Yang utama dalam membaca adalah kualitas bukan kuantitas, pastikan Anda bisa, memahami dengan baik atas apa yg telah Anda baca.

Saat membaca maka otak akan bekerja untuk berusaha mengingat informasi-informasi yg masuk. Sering membaca buku mempunyai kegunaan untuk meningkatkan daya ingat. Selain itu, membaca buku menjadikan konsentrasi & daya tangkap semakin baik.

Penelitian membuktikan bahwa orang-orang yg rutin membaca buku mengalami lebih lambat penurunan fungsi kognitif sebesar 32 persen dibandingkan orang-orang yg malas membaca buku. Penelitian juga menyebutkan bahwa rajin membaca buku bisa mencegah Alzheimer.

2. Manfaatkan Waktu (Hal Ini Membuat Otak Selalu Berfikir & Terlatih)
Ketika se&g tidak ada pekerjaan / kegiatan, banyak orang yg menggunakan waktu lowong tersebut hanya untuk bermain game / media sosial.

Hal ini cukup disaygkan lantaran hendaknya Anda mekhasiatkan waktu untuk melaksanakan hal yg lebih berkualitas lagi, hal ini nantinya sanggup mengasah otak secara otomatis & realtime, yg khasiatnya bisa, meningkatkan ketajaman pikiran Anda.

Tidak hanya membaca buku, lantaran sepertinya hal yg berat bila acara tidak divariasikan. Anda juga bisa, melaksanakan aktivias olahraga, ikut kursus keahlian tertentu (online /pun offline), bergabung dengan komunitas sosial tertentu, & hal-hal yg positif lainnya.

Tapi, dari semua waktu Anda yg 24 jam dalam sehari, sangat disarankan biar Anda meluangkan sekitar 1 jam saja dalam sehari untuk menghafal (membaca buku & menghafal itu berbeda). Hal itu lantaran dikala menghafal maka otak benar-benar akan dilatih secara maksimal ketajamannya.

Manfaatkan waktu Anda untuk menghafal, minimal 1 jam dalam sehari. Hafalah hal-hal yg penting untuk Anda, tetapi jangan menghafal lagu lantaran tidak memperlihatkan khasiat yg signifikan.

Anda bisa, menghafal perkataan-perkataan ‘emas’ para tokoh dunia, menghafal Al-Qur’an & lainnya. Pokoknya hafal hal-hal yg berkhasiat.

Momen menghafal yg paling pas adalah dikala suasana se&g sepi & tenang, dimana tidak ada gangguan yg membuyarkan konsentrasi.

Adapun waktu menghafal yg baik, umumnya adalah pada malam hari & pagi hari. Buatlah kondisi badan yg fresh dikala meghafal, sehingga disarankan sebelum menghafal biar Anda mandi / mencuci muka.


3. Biasakan Untuk Menulis Berbagai Informasi Yang Anda Anggap Penting
Memang faktanya tidak semua orang mempunyai kebiasaan menulis informasi yg masuk ke pikirannya. Betapa banyak orang yg menghadiri suatu seminar, tetapi hanya sedikit yg menulis.

Demikian juga dikala rapat & mendengarkan banyak sekali masukan penting, tetapi jarang sekali orang yg menulisnya. Jika Anda model orang yg menyerupai ini, maka mulai kini jadilah orang yg terbiasa untuk menulis.

Anda bisa, menlis di laptop, gadget /pun buku tulis. Segala informasi penting yg masuk & berhasil dicerna pikiran Anda maka hendaknya ditulis. Melakukan kebiasaan ini akan mempunyai kegunaan untuk melatih otak, serta juga memperkuat daya ingat & daya pikir

4. Usakan Untuk Memilih Teman-Teman Yang Berkualitas
Teman-teman Anda akan sangat mempengaruhi banyak hal pada diri Anda, termasuk juga tingkat kecerdasan Anda. Dengan berada di tengah orang-orang yg mempunyai intelektualitas yg bagus, dikala Anda berdiskusi bersama mereka maka Anda akan ‘dipaksa' untuk berpikir kuat.

Hal ini bisa, buat pikiran Anda menjadi lebih tajam, semakin sering berdiskusi dengan orang-orang pandai maka semakin bagus.

Oleh lantaran itu, usahakan untuk menentukan teman-teman yg pandai (disamping juga harus baik & bisa, dipercaya). Dengan begitu, Anda sanggup mencar ilmu banyak hal dari mereka pada setiap waktu.

Usahakan diri Anda untuk berada di sekeliling orang-orang yg ‘hebat’, baik dalam hal pengetahuannya, pendidikannya, sifatnya & akhlaknya. Yang nantinya lama-kelamaan Anda secara otomatis akan memalsukan mereka.

Anda Jangan merasa rendah diri, justru seharusnya bersyukur lantaran Anda memperoleh hal penting yg buat Anda bisa, lebih pinar.

Besenang-senang bersama sobat boleh-boleh saja, menyerupai jalan-jalan, dll. Tetapi sangat penting dalam pertemanan yg Anda lakukan, masing-masing bisa, saling mengambil khasiat dari pertemanan mereka. Masing-masing saling bertukar pengetahuan.

5. Jadilah Orang Yang Suka Mengajarkan Orang Lain
Jika punya ilmu pada suatu bi&g, maka jangan pelit untuk men-sharenya. Sebenarnya metode ampuh biar ingatan pada suatu informasi bisa, lebih menempel di pikiran, yaitu dengan mengajarkan apa yg Anda ketahui tersebut.

Sehingga Anda nantinya secara otomatis akan mengulang-ulang informasi yg ada di pikiran Anda, dengan kata Anda mencar ilmu kembali pada hal yg telah Anda dengar / baca sebelumnya.

Dengan berhasil menjelaskan suatu hal secara baik & lancar, berarti Anda juga telah memahami dengan baik atas informasi yg Anda ketahui sebelumnya.

Suka mengajarkan hal mempunyai kegunaan pada oang lain, ternyata juga buat Anda akan terbiasa untuk berpikir. Hal ini buat daya pikir Anda menjadi lebih kuat.

loading...

6. Tingkatkan Daya Ingat Anda
Yang namanya kecerdasan seringkali dikaitkan dengan kemampuan mengingat yg baik. Pada tiap orang, punya timgkat memori & konsentrasi yg berbeda-beda. Untuk bisa, meningkatkan daya ingat, maka beberapa hal yg perlu Anda ketahui.

Yang pertama, Anda harus mempunyai jadwal rutin olahraga, & juga miliki tidur yg nyenyak, hendaknya mematikan lampu dikala tidur.

Agar daya ingat & konsentrasi Anda bisa, lebih tajam, maka hindari memikirkan terlalu banyak hal-hal yg tidak penting. Kebiasaan memikirkan banyal hal yg tidak penting ternyata bisa, buat Anda nantinya sering lupa.

7. Kembangkan Rasa Ingin Tahu dalam Diri Anda
Jika kita merenungkan, bagaimana ada orang-orang yg tahu begitu banyak hal, dengan kata lain wawasannya sangat luas? Ingatan yg baik mungkin hanya menjadi salah satu jawabannya. Disamping itu, yg harus dimiliki adalah rasa ingin tahu yg besar.

Sebuah kesalahan bila seseorang sudah puas dengan kondisi wawasan & pengetahuan yg minim, sehingga terlalu banyak hal-hal penting yg tidak diketahui. Hal ini akan buatnya kesulitan dalam berdiskusi dengan orang-orang, & juga kesulitan dalam memperlihatkan gagasan & wangsit yg baik.

Sebenarnya, intinya semua orang mempunyai rasa ingin tahu. Tumbuhnya rasa ingin tahu pada sesuatu hal yaitu dengan mengetahui “apakah hal tersebut penting & menarik?”

Disinilah pentingnya biar kita menjadi orang yg mempunyai wawasan luas, sehingga hal ini nantinya akan terus berkembang. Dimana jiwa akan terus ingin terpacu untuk mengetahui secara lebih mendalam (detail) dari hal-hal yg gres diketahui secara garis besarnya saja.

Ingatlah, segala inovasi bersejarah yg telah terjadi di seluruh dunia, hal itu didasari dari rasa keingintahuan yg besar lengan berkuasa dari para penemunya. Milikilah rasa ingin tahu yg positif, yg khasiatnya bisa, buat Anda menjadi orang yg lebih pandai & berkualitas.

8. Jika Ingin Bermain, Pilih Permainan Yang Edukatif & Menyenangkan
Permainan identik dengan hal yg menyenangkan. Namun, permainan yg dilakukan hendaknya juga mempunyai nilai edukatif sehingga anggun untuk otak. Silahkan Anda mainkan banyak sekali jenis permainan yg menyenangkan, namun buat Anda juga berpikir lebih baik. Seperti sudoku, teka-teki silang, tic tac toe, halma, minesweeper, lego, rubik & scrabbles.

9. Miliki Motivasi Yang Kuat Untuk Menjadi Orang Pintar
Hakekatnya orang yg pandai adalah mereka yg rajin mencar ilmu & mau bekerja keras. Orang pandai itu sebetulnya hanyalah orang yg sudah “tahu duluan” / lebih dahulu paham. Sehingga perbedaan kepintaran itu hakekatnya adalah duduk masalah waktu saja.

Tidaklah ada sesuatu yg secara mutlak di luar jangkauan untuk dipahami, itu berarti dengan bersungguh-sungguh dengan menyediakan segalanya berupa pikiran, waktu & tenaga maka Anda berpeluang besar untuk bisa, memahami banyak hal.

Entah Anda percaya / tidak, segala ilmu bisa, Anda peroleh bila Anda bersedia untuk mencaritahunya. Anda bisa, untuk menguasai ilmu dalam bi&g apapun, namun tentunya dengan pengorbanan berupa pikiran, tenaga & waktu yg tidak sedikit.

Yang perlu Anda ingat, bahwa di luar sana ada banyak orang yg lebih pandai dari Anda, dimana mereka mengetahui sesuatu hal yg tidak Anda ketahui.

Sehingga, untuk bisa, menjadi pandai maka Anda harus menjadi orang yg mau menjadi murid pada mereka yg mempunyai ilmu lebih banyak. Anda akan terkejut, banyak hal yg bisa, kita Anda pelajari darinya.


10. Miliki Tujuan Yang Jelas Dalam Belajar
Munculnya keinginan mencar ilmu lantaran ada tujuannya. Sehingga orang yg mempunyai tujuan yg terang dalam mencar ilmu akan mempunyai motivasi jauh lebih tinggi dibandingkan orang yg tidak tahu apa tujuan dari belajarnya.

Kalau melihat fakta miris di jaman sekarang, bisa, dikatakan sebagian besar murid ternyata malas-malasan untuk mencar ilmu dikala disekolah. Hal itu disebabkan banyak pelajaran (yg dari mereka pelajari), mereka tidak mengetahui apa tujuan & khasiat nyata-nya dalam kehidupan sehari-hari.

Para murid tidak mengetahui secara nyata, apakah ilmu yg dipelajarinya nantinya akan bisa, dipakai / tidak.

Oleh lantaran itu, sangat penting untuk mempunyai tujuan yg terang dalam melaksanakan suatu kegiatan. Hal itu lantaran semakin besar lengan berkuasa tujuan Anda maka nantinya akan semakin besar motivasi yg Anda miliki.

Anda bisa, jauh lebih cepat & pandai dalam mencar ilmu bila Anda mempunyai minat / ketertarikan pada hal yg ingin Anda pelajari.

Ketika di sekolah, sangat sulit bagi murid biar bisa, mempunyai ketertarikan pada semua pelajaran yg ada.

Hal itu lantaran kondisi lebih banyak didominasi sistem yg ada di sekolah dikala ini yaitu memaksa murid untuk diisi otaknya dengan terlalu banyak hal, bahkan termasuk hal yg tidak disukai si murid. Kondisi ini bisa, menjadi pembunuh passion & kreativitas anak.

Belajar adalah hal yg penting untuk dilakukan secara berkesinam.bungan. Walaupun Anda sudah bekerja, bukan berarti menjadi alasan Anda untuk malas belajar.

Carilah & pelajari sesuatu yg Anda suka, dengan kata lain Anda harus menemukan passion yg cocok untuk diri Anda sendiri, hal ini akan buat Anda bisa, lebih cepat belajar.

Anda tentu mempunyai bakat, pada setiap orang mempunyai kelebihannya masing-masing. Tetapi talenta yg dimiliki bisa, menjadi tidak istimewa bila tidak diasah dengan baik.

Saat kuliah maka Anda bisa, menentukan jurusan yg lebih fokus, hal ini sangat baik lantaran buat waktu Anda menjadi sangat efektif. Anda bisa, lebih fleksibel dalam mengasah talenta Anda, & menguasainya dengan baik.

Jika seseorang jago (bakat) dalam pelajaran biologi semenjak SMA, beliau juga suka mempelajari wacana kehidupan alam & makhluk hidup, serta dirinya mempunyai cita-cita untuk menjadi seorang dokter. Maka dengan begitu dirinya akan bisa, mencar ilmu 3x lebih cepat dari mereka yg tidak mempunyai talenta yg tujuanya yg jelas.

Sebagai pola di dunia kasatmata yaitu Mark Zuckerberg. Saat kuliah dirinya mengambil jurusan psikologi & ilmu komputer.

Hal ini buat dirinya yg mempunyai kemampuan programming, sangat suka untuk buat sebuah wadah yg menghubungkan orang satu sama lainnya, maka dari talenta & passionnya tersebut kesannya bisa, muncul situs jejaring sosial sekelas Facebook.com.

Coba baygkan bila Mark Zuckerberg tidak paham ilmu coding & tidak suka ilmu psikologi, maka beliau tidak bisa, buat situs jejaring sosial raksasa tersebut.

11. Jalani Pola Hidup yg Sehat
Tidur cukup & nyenyak sangat dibutuhkan biar Anda di pagi hari sudah kembali dalam kondisi fresh, sehingga bisa, berpikir dengan lebih jernih. Orang-orang yg pandai tentunya mereka yg bisa, berpikir secara jernih, & mempunyai tingkat konsentrasi yg baik.

Saat tidur, otak juga memproses semua informasi yg telah diperoleh sebelumnya, sehingga Anda tidak gampang lupa pada informasi yg telah diketahui sebelumya.

Selain tidur yg berkualitas, Anda juga harus mengonsumsi asupan yg bergizi. Dimana organ otak sangat membutuhkan energi biar sanggup bekerja dengan baik.

Makanan yg disarankan untuk sering dikonsumsi, dimana kandungan di dalamnya baik untuk otak yaitu telur & ikan. Di dalamnya terdapat kandungan asam lemak omega 3 yg mempunyai kegunaan untuk meningkatkan fungsi otak.

Hal penting lainnya, di pagi hari Anda harus selalu sarapan, serta hindari masakan menyerupai gorengan, mie instan, minuman bersoda, minuman beralkohol, masakan cepat saji & junk food.

12. Ketahui Teknik Para Jenius dalam Pemecahan Problem
Mereka orang yg jenius sudah terbiasa untuk melihat suatu permasalahan dari bermacam-macam perspektif. Adapun orang pada umumnya hanya melihat suatu permasalahan hanya dari satu persepktif saja.

Orang-orang yg jenius sangat produktif. Dimana terbiasanya mereka untuk berpikir, buat mereka banyak menghasilkan karya-karya dalam bentuk apapun. Orang jenius bisa dengan sangat baik dalam memaksimalkan pekhasiatan dari kapasitas otaknya.

Pikiran bila dioptimalkan secara baik bisa, merangsang neuron otaknya yg jumlahlah sekitar 1 triliun (bahkan bisa, jauh lebih dari itu).

Para ilmuwan menjelaskan bahwa triliunan neuron itu bisa, saling berkaitan antara satu sama lainnya, yg nantinya akan membentuk synapsis (sam.bungan). Informasi di pikiran (otak) bisa, berjalan lancar dengan mempunyai zat protein yg disebut myelin.

Ketika mendapatkan informasi baru, kemudian bila ingin mereview / memikirkan kembali informasi yg masuk tersebut, maka myelin akan membentuk di sepanjang akson. Dengan rajin untuk memasukan informasi mempunyai kegunaan ke pikiran, maka selubung myelin nantinya terbentuk semakin besar lengan berkuasa & kebal.

Oleh lantaran itu, menurut fakta tersebut maka mulai kini Anda harus menjadi orang yg rajin membaca. Dimana membaca akan memperlihatkan rangsangan pada otak, yg buat Anda bisa, menjadi lebih cerdas, menangkap informasi dengan lebih baik, peningkatan kemampuan dalam menganalisa.

Hal lainnya, bila Anda sering menggunakan kalkulator, maka mulai kini kurangi kebiasaan menggunakan kalkulator, gunakan kalkulator bila memang darurat saja.

Hal itu lantaran ketergantungan pada kalkulator akan buat pikiran Anda menjadi ‘manja’. Kondisi ini mengakibakan selubung Myelin melemah, yg buat daya pikir menjadi lambat serta menurunkan tingkat kreatifitas.

13. Orang Jenius Terbiasa Untuk Selalu Mencoba 
Hal luar biasa pada mereka yaitu hampir tidak pernah berhenti untuk mencoba. Ketika strateginya / rencananya belum berhasil, hal ini justru buat mereka SEMAKIN TERPACU untuk bisa, berhasil & menguasainya. Ketika tidak berhasil dalam satu metode, maka dengan gampang mereka bisa, buat metode lainnya yg lebih efektif.

Umumnya orang jenius sangat luar biasa dalam buat sistem belajarnya sendiri, dimana mereka adalah orang-orang yg tidak gampang tegantung pada orang lain.

14. Lakukan Kebiasaan-kebiasaan yg Mengasah Otak
Beberapa pola yg bisa, Anda lakukan (tidak semuanya perlu dilakukan), yaitu  menghafalkan sesuatu yg disukai, menghafal nomor telepon teman-teman, mengingat cerita perjalanan hidup Anda, meneliti pengeluaran finansial Anda, melatih diri untuk mengamati sesuatu secara lebih detail, menekuni hobi dengan sungguh-sungguh, mempelajari hal gres yg berkhasiat, dll.

Anda bisa, memelajari kosakata gres pada setiap harinya, dengan cara mengeksplor isi kamus kemudian mencari istilah / kata yg diketahui, kemudian dipahami & dihafalkan dengan baik. Ketika Anda menemukan kata / istilah baru, maka segera cari artinya di kamus. Hal ini lebih baik daripada hanya sekedar berdiam diri (bengong).

Selain itu, kalau mau & tidak merepotkan silahkan Anda untuk memperlajari bahasa baru, hal ini tentu mempunyai kegunaan & juga sangat melatih otak untuk lebih pintar.

Anda juga bisa, menekuni hobi yg Anda sukai, bila Anda berada di bi&g komputer, maka bisa, mencoba untuk menguasai pemograman C++, buat software & lainnya.

Hal Lainnya:

15. Jadilah Orang Yang Hidupnya Teratur. Anda harus melatih diri untuk bisa, mengatur waktu dengan baik. Dimana bila administrasi waktu jelek akan menyebabkan Anda menjadi tidak produktif.

16. Mengetik memang lebih praktis, namun menulis dengan tangan ternyata bisa, memperlihatkan stimulasi pada munculnya ide.

17. Selalu bawa buku catatan, lantaran Anda tidak pernah tahu kapan wangsit itu akan datang. Hal ini memudahkan Anda untuk mecatat ide-ide.

18. Jadilah orang yg berpikir kritis, sehingga tidak semua informasi boleh ditelan mentah-mentah. Jika ada informasi yg tidak benar maka Anda harus membuangnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "18 Diam-Diam Menjadi Berilmu (Dipraktekan, Bukan Hanya Sekedar Teori)"

Posting Komentar