15 Manfaat Minyak Zaitun: Untuk Kesehatan, Jantung, Kulit, Wajah, Rambut, Dll

Minyak zaitun awalnya terkenal dari daerah Mediterania. Minyak ‘Mediterania’ ini sudah sangat populer, bukan hanya di Indonesia tetapi juga di dunia.

Manfaatnya ada dari banyak segi, baik itu untuk kesehatan, kecantikan, & juga sering dipakai sebagai bahan2 untuk buat banyak sekali jenis masakan.

Untuk kualitas hidup & kesehatan yg lebih baik, maka disarankan supaya Anda mencoba mengganti konsumsi minyak goreng menjadi minyak zaitun.
 
Hanya saja, minyak super sehat ini harganya lebih mahal dibandingkan harga minyak goreng biasa. Sehingga, penggunaannya bisa, dengan selang-seling, yaitu terka&g menggunakan minyak goreng, terka&g minyak zaitun.

Tujuan menggunakan minyak zaitun (dalam hal kolesterol) untuk mencegah Anda terlalu sering menggunakan minyak goreng biasa. Dimana Minyak goreng biasa mengandung tinggi kolesterol.

Dengan begitu, Anda tidak diharuskan dalam menggoreng selalu menggunakan minyak zaitun. Khusus untuk penderita kolesterol tinggi saja yg sangat ditekankan untuk menggunakan minyak zaitun dalam menggoreng.

 Minyak zaitun awalnya terkenal dari daerah Mediterania 15 Manfaat Minyak Zaitun: Untuk Kesehatan, Jantung, Kulit, Wajah, Rambut, dll
Minyak Zaitun | Sumber gambar: Pixabay.com

Manfaat Minyak Zaitun:
  1. Mencegah Penyakit jantung
  2. Mengatasi Kolesterol Tinggi
  3. Mencegah Tekanan darah tinggi
  4. Melawan Kanker
  5. Mencegah Kanker payudara
  6. Mencegah Stroke
  7. Anti Inflamasi
  8. Membantu Menurunkan Berat Ba&
  9. Mendukung Kesehatan Otak
  10. Menjaga Suasana Hati (Mood)
  11. Mencegah & Mengobati Diabetes
  12. Untuk Kulit Wajah
  13. Untuk Kulit Tubuh
  14. Mencegah Penuaan Dini
  15. Lotion Rambut Alami

Berikut di bawah ini klarifikasi perihal khasiat minyak zaitun:

1. Mencegah Penyakit jantung
Mulai membiasakan menggunakan minyak zaitun daripada minyak goreng, bisa memperlihatkan khasiat untuk mencegah & menurunkan risiko penyakit jantung.

Banyak studi telah menemukan bahwa kolesterol jahat (LDL) yg tinggi di dalam badan memperlihatkan banyak persoalan kesehatan. Minyak zaitun yg mempunyai kandungan antioksi& besar lengan berkuasa yg dikenal sebagai polifenol, dinilai bisa berperan sebagai anti-inflamasi bagi badan & juga pelindung organ jantung.

Faktor menyerupai contoh makan yg buruk, stres / semacamnya bisa, menimbulkan pera&gan yg menjadi penyebab penyakit.

Pera&gan yg terjadi pada badan bahwasanya merupakan respon alami tubuh, bertujuan untuk melindungi dari serangan penyakit. Akan tetapi kalau kondisi terlalu parah, yg terjadi ialah kondisi pera&gan kronis.

Pera&gan kronis sanggup membahayakan, berupa kerusakan pada arteri & juga persoalan yg berkaitan dengan penyakit jantung, penyakit autoimun & lainnya.

Khasiat minyak zaitun ini, bisa mengatasi permasalahan inflamasi (pera&gan) yg berhu.bungan dengan jantung & pembuluh darah. Temuan ini menurut hasil sebuah studidi tahun  2009 yg dipublikasikan di Journal of Cardiovascular Pharmacology.

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa minyak zaitun berguna untuk menurunkan resiko hipertensi (tekanan darah tinggi), serta memperlihatkan pemberian pada arteri.

Beberapa studi menunujukan bahwa contoh makan orang Mediterania yg mengambil asupan minyak zaitun yg kaya akan alpha-linolenic acid (ALA), bisa menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 30 persen,  & menurunkan resiko serangan jantung sebesar 45 persen.


2. Mengatasi Kolesterol Tinggi
Minyak zaitun sanggup Anda khasiatkan untuk menurunkan kolesterol tinggi. Mengonsumsi minyak zaitun, dimana di dalamnya terkandung adonan antioksi& mempunyai khasiat penting dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi, maka Anda disarankan mengambil dua sendok makan minyak zaitun pada setiap harinya. Dalam mengonsumsinya bisa, dengan mencampurkan bersama salad.

Dari laman Livestrong.com. Walaupun salah satu penyebab kadar kolesterol tinggi alasannya yaitu mengkonsumsi terlalu banyak lemak. Perlu dikeahui, lemak yg terkandung di dalam minyak zaitun ialah jenis lemak sehat, sehingga tidak memperlihatkan masalah. Justru membantu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat.

Pada sebuah studi yg dilakukan tahun 1992, yg diterbitkan di "European Journal of Clinical Nutrition," dimana para peneliti yg terdiri dari para ilmuwan, meminta para penerima untuk mengkonsumsi banyak kuliner berupa mentega, dimana itu merupakan jenis kuliner yg mengandung lemak jahat.

Setelah itu, penerima diminta untuk mengonsumsi kuliner yg diperkaya dengan asupan minyak zaitun.

Kesimpulannya, para peneliti menemukan bahwa kondisi kolesterol membaik (baca: kolesterol menurun) sehabis penerima diminta beralih untuk mengonsumsi kuliner yg mempunyai minyak zaitun, sehabis sebelumnya penerima diminta mengonsumsi mentega.

Peneliti menyimpulkan bahwa minyak zaitun berguna dalam mengurangi kadar LDL yg membentuk kolesterol jahat.

Tom Mueller, seorang penulis buku "Extra Virginity: The Sublime and Sckamulous World of Olive Oil", di dalam sebuah wawancara di National Public Radio, dirinya menekankan bahwa minyak zaitun jenis extra-virgin memperlihatkan khasiat yg terbesar dalam menurunkan kadar kolesterol.

Minyak zaitun jenis ini mempunyai zat antioksi& yg lebih tinggi, yg sangat penting bagi kesehatan sistem kardiovaskular. Minyak zaitun jenis extra-virgin jauh lebih sehat daripada jenis minyak zaitun biasa.

Perbedaan Minyak Zaitun Jenis Virgin & Reguler (Biasa)

Minyak zaitun jenis virgin & extra virgin tergolong kategori ‘unrefined’. Adapun minyak zaitun yg pada produknya berlabel light / pure maka telah mengalami proses tertentu.

Minyak zaitun jenis virgin tidak melewati proses unrefined (pemurnian), yaitu tidak mengalami proses pemanasan /pun adonan bahan2 kimia.

Minyak zaitun virgin / extra virgin mempunyai kualitas yg paling bagus, tapi harganya juga lebih mahal dibandingkan minyak zaitun biasa (reguler).

Perlu diketahui, minyak zaitun tinggi kandungan kalori, sehingga jangan mengkonsumsi lebih dari jumlah yg dianjurkan. Pekhasiataan minyak zaitun untuk menurunkan tekanan darah & kolesterol, yaitu dengan menjadikan minyak zaitun sebagai pengganti mentega.

Alih-alih menggunakan minyak nabati untuk dipanggang, maka lebih baik menggunakan minyak zaitun. Manfaatkan minyak zaitun menyerupai untuk menumis sayuran.

3. Mencegah Tekanan darah tinggi
 Minyak zaitun awalnya terkenal dari daerah Mediterania 15 Manfaat Minyak Zaitun: Untuk Kesehatan, Jantung, Kulit, Wajah, Rambut, dll
Sumber gambar: Freestockphotos.biz
Minyak zaitun jenis extra virgin bisa berguna untuk menurunkan tekanan darah pada orang yg mengalami persoalan hipertensi. Anda bisa, memasukan minyak zaitun ke dalam daftar bahan2 kuliner sehari-hari yg dikonsumsi.

Dari laman Livestrong.com. Studi memperlihatkan bahwa minyak zaitun berperan dalam mencegah tekanan darah tinggi, akan tetapi tidak dalam mengobati tekanan darah tinggi. Sehingga kalau kondisi hipertensi sudah sangat buruk, maka hanya menggunakan minyak zaitun saja masih kurang.

Pada sebuah studi tahun 2004 yg dipublikasikan di jurnal "Clinical Nutrition", sebuah penelitian yg mencoba mengetahui khasiat minyak zaitun extra-virgin, yg melibatkan pasien lansia yg menjalani pengobatan medis untuk tekanan darah tinggi.

Penelitian ini guna mengetahui tingkat perubahan2 tekanan darah para peserta. Beberapa pasien berusia lanjut yg mengalami tekanan darah tinggi, diberikan minyak zaitun extra-virgin, sementara yg lain diberikan minyak .bunga matahari.

Maka sehabis empat minggu, hasil memperlihatkan bahwa konsumsi minyak zaiun extra-virgin sanggup menurunkan tekanan darah lebih banyak daripada konsumsi minyak .bunga matahari.

Dengan hasil studi ini, maka khasiat minyak zaitun extra-virgin bisa mencegah tekanan darah tinggi & juga bahkan bisa menurunkan hipertensi.

4. Melawan Kanker
 Minyak zaitun awalnya terkenal dari daerah Mediterania 15 Manfaat Minyak Zaitun: Untuk Kesehatan, Jantung, Kulit, Wajah, Rambut, dll
Sumber gambar: Wikimedia.org
Menurut sebuah studi tahun 2004 yg juga diterbitkan di dalam European Journal of Cancer Prevention, minyak zaitun mengandung zat antioksi& yg melimpah. Sehingga dikatakan bahwa minyak zaitun sebagai kuliner yg terbaik dalam hal kandungan antioksi&.

Minyak zaitun sangat besar khasiatnya terutama pada minyak zaitun yg belum mengalami proses dipanaskan yg tinggi. Yang berisi kandungan acteosides, tyrosol, hydroxytyrosol & fenil asam propionat.

Buah zaitun & minyak zaitun mengandung sejumlah besar senyawa lainnya yg mempunyai khasiat sebagai anti-kanker. Kandungan tersebut ialah squalene, terpenoid & lipid asam oleat.

Peneliti merasa bahwa konsumsi minyak zaitun mempunyai bantuan penting & sangat menguntungkan dalam pencegahan kanker. Yang hal ini umum disebut sebagai ‘diet Mediterania’.

loading...

5. Mencegah Kanker Payudara
Untuk para wanita, mengonsumsi minyak zaitun diperlukan bisa, memperlihatkan khasiat untuk menurunkan risiko kanker payudara.

Sebuah penelitian yg telah dilakukan di negara Spanyol, dimana para peneliti memperoleh kesimpulan dari hasil penelitian yg dilakukannya bahwa mengonsumsi empat sendok minyak zaitun dalam sehari bisa mencegah kanker payudara.

Penelitian tersebut melibatkan sebanyak 4200 perempuan dengan umur antara 60 sampai 80 tahun. Mereka dikelompokan menjadi tiga. Dimana pada setiap kelompok akan memperoleh hidangan kuliner mediterania yg berbeda-beda.

Pada kelompok yg pertama memperoleh tambahan2 minyak zaitun dalam hidangan makanannya. Kelompok kedua memperoleh kacang-kacangan. Kelompok ketiga diperintahkan untuk melaksanakan diet rendah lemak secara umum.

Pelu diketahui, hidangan diet mediterania yaitu menerapkan contoh makan berupa mengonsumsi sayur-sayuran, buah, ikan, daging & kacang-kacangan.

Penelitian ini berlangsung selama lima tahun, & hasilnya berhasil mencapai titik terang bahwa mereka yg diminta rutin mengonsumsi minyak zaitun (kolompok pertama) ternyata mempunyai risiko lebih rendah sebesar 68% terkena kanker payudara.

Dimana cara konsumsi penambahan2 empat sendok minyak zaitun pada hidangan makanan, yaitu ditambahkan ke dalam roti, salad & kuliner secara umum.

Dr. Miguel Angel Martines Gonzales, seorang peneliti dari University of Navarra, Spanyol, menjelaskan minyak zaitun mempunyai zat-zat di dalamnya yg fungsinya bisa menghambat proses perkembangan sel kanker.

Selain itu, khasiat kandungan di dalam minyak zaitun juga bisa bekerja untuk mematikan sel-sel badan yg tidak normal (berpotensi berbahaya).

Adapun banyak sekali cara untuk mencegah kanker payudara yaitu selalu memasukan hidangan sayur-sayuran & buah ke dalam hidangan makanan, menghindari junk food (termasuk kuliner cepat saji), tidak merokok, tidak minum-minuman keras / beralkohol, serta menerapkan contoh hidup yg sehat.

6. Mencegah Stroke
Pada hasil penelitian yg telah dilakukan, menemukan bahwa mengkonsumsi minyak zaitun bisa buat lebih rendah resiko seseorang terkena stroke.

Orang yg sudah uzur bisa, tercegah lebih baik dari resiko terkena stroke, dengan syarat mereka rutin mengonsumsi minyak zaitun.

Sujumlah ilmuwan yg berasal dari National Institute of Health and Medical Research di Bordeaux, Perancis, melaksanakan penelitian dengan melibatkan sebanyak 7.625 orang yg berumur diatas 65 tahun.

Penelitian ini berlangsung selama lima tahun. Dengan membagi penerima menurut kebiasaan mereka dalam mengonsumsi minyak zaitun. Mulai dari orang-orang yg rutin mengonsumsi minyak zaitun, sampai orang-orang yg sama sekali tidak mengonsumsinya.

Peneltiian juga melaksanakan penyesuaikan dari banyak sekali faktor, menyerupai acara fisik sehari-hari, berat tubuh, & contoh makan secara keseluruhan.

Hasil penelitian selama lima tahun ini, menemukan bahwa orang-orang yg rutin mengonsumsi minyak zaitun mempunyai risiko lebih rendah terkena stroke sebanyak 41 persen, dibandingkan orang-orang yg sama sekali tidak mengonsumsi minyak zaitun.  

Studi itu berhasil menemukan keterkaitan perihal khasiat minyak zaitun bagi penurunan resiko stroke.

"Orang yg mengonsumsi minyak zaitun mungkin sangat berbeda dibandingkan orang yg tidak mengonsumsinya" kata Dr Nikolaos Scarmeas, seorang neurolog di Columbia University Medical Center di New York.

Dr Nikolaos menegaskan bahwa penelitian ini bersifat observasional. Dia juga menjelaskan bahwa khasiat minyak zaitun bisa, lebih besar kalau orang-orang melaksanakan contoh hidup yg baik, menyerupai rutin berolahraga, mengonsumsi kuliner yg sehat & menghindari kuliner yg kurang sehat.

"Stroke biasa terjadi di kalangan orang yg berusia lanjut & minyak zaitun menjadi cara yg gampang & murah untuk membantu mencegahnya" kata Cecilia Samieri, pemimpin studi ini.

Temuan ini dipublikasikan di jurnal media American Academy of Neurology.

7. Anti Inflamasi
Minyak zaitun mempunyai kandungan polifenol yg merupakan salah satu jeniz zat antidioksi& kuat. Manfaatnya untuk melindungsi sel-sel badan dari serangan & kerusakan. Senyawa polifenol mempunyai sifat anti inflamasi yg sangat berguna.

Berbagai penelitian yg telah dilakukan, juga menyebutkan mengenai khasiat senyawa polifenol dalam menjaga keseatan tulang & pencernaan.

Penelitian lainnya menemukan bahwa mengonsumsi minyak zaitun berguna untuk meningkatkan fungsi kognitif & memori otak.

8. Membantu Menurunkan Berat Ba&
 Minyak zaitun awalnya terkenal dari daerah Mediterania 15 Manfaat Minyak Zaitun: Untuk Kesehatan, Jantung, Kulit, Wajah, Rambut, dll
Sumber gambar: Pixnio.com
Memilh konsumsi lemak yg sehat berguna untuk mencegah kelebihan insulin. Insulin merupakan hormon yg berfungsi mengontrol kadar gula darah, yg efeknya bisa, memperlihatkan resiko peningkatan berat ba& secara berlebihan.

Lemak sehat yaitu yg nantinya sanggup mengenygkan lebih dalam, / membantu mengurangi rasa lapar. Yang dengan begitu tercegah dari harapan makan berlebihan.

Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak penelitian justru menemukan bahwa diet rendah lemak kurang memperlihatkan hasil untuk penurunan berat ba&.

Setelah meninjau lima uji coba dengan total 447 orang, peneliti dari University Hospital Basel di Swiss menemukan bahwa yg orang-orang diperintahkan untuk melaksanakan diet rendah karbohidrat bisa, lebih efektif untuk menurunkan berat ba& daripada orang-orang diperintahkan diet rendah lemak.

Pada sebuah studi tahun 2002 yg diterbitkan di "Women’s Health Journal", menemukan bahwa diet yg diperkaya minyak-zaitun mempunyai efektifitas lebih baik untuk penurunan berat ba& dibandingkan diet rendah lemak stkamur. Perbandingan ini dilakukan & dicermati dalam delapan minggu. 



9. Mendukung Kesehatan Otak
Dari laman Draxe.com. Organ Otak banyak terdiri dari asam lemak, dimana fungsi organ ini amat dibutuhkan dalam menjalankan aktifitas sehari-hari, untuk membantu mengatur suasana hati, untuk berpikir jernih & mengingat (memori).

Minyak zaitun merupakan sumber lemak sehat, yg sering dianggap sebagai ‘makanan otak’, hal itu alasannya yaitu khasiatnya yg bisa meningkatkan fokus & memori (daya ingat).

Manfaat minyak zaitun juga sanggup membantu melawan resiko penyakit yg berkaitan dengan usia, menyerupai demensia / penyakit Alzheimer. Selain itu juga berguna untuk mencegah pera&gan otak & penurunan fungsi kognitif.

10. Menjaga Suasana Hati (Mood)
Dari laman Draxe.com. Minyak zaitun mempunyai kandungan lemak sehat & mempunyai fungsi sebagai anti inflamasi yg berguna untuk mencegah terjadinya gangguan fungsi neurotransmitter.

Pakar kesehatan menyebutkan, menerapkan diet rendah lemak (mengurangi asupan lemak dari kebutuhan) bisa, menimbulkan resiko lebih tinggi mengalami depresi & kecemasan.

Kondisi mood yg buruk, stres & depresi terjadi akhir organ otak tidak mendapat jumlah yg cukup dari pasokan hormon serotonin / dopamine, dimana hormon tersebut sering disebut sebagai "hormon bahagia".

Sebuah studi tahun 2011 yg dilakukan oleh University of Las Palmas di Spanyol, menemukan bahwa jenis lemak tak jenuh (tunggal & gkamu) berdampak positif untuk mencegah terjadinya depresi.

Adapun kandungan lemak trans (jenis lemak yg buruk) sanggup meningkatkan risiko seseorang terkena depresi.

Dengan begitu, minyak zaitun yg mempunyai kandungan lemak baik berguna untuk memperbaiki mood (suasana hati) & membantu mencegah depresi.

11. Mencegah & Mengobati Diabetes
 Minyak zaitun awalnya terkenal dari daerah Mediterania 15 Manfaat Minyak Zaitun: Untuk Kesehatan, Jantung, Kulit, Wajah, Rambut, dll
Sumber gambar: Pixabay.com
Dari laman Draxe.com. Asam lemak mempunyai fungsi yg bisa, mensugesti metabolisme glukosa di dalam tubuh, yg berhu.bungan dengan insulin.

Penelitian telah menemukan bahwa mengkonsumsi asupan lemak “polyunsaturated & monounsaturated” (jenis yg ditemukan dalam minyak zaitun) berdampak positif pada sensitivitas insulin, yg kemungkinan bisa untuk menurunkan resiko diabetes tipe 2.

Mengonsumsi karbohidrat berpotensi meningkatkan gula darah, alasannya yaitu menyediakan glukosa. Adapun lemak sehat yg dikonsumsi berfungsi untuk membantu menstabilkan kadar gula darah & juga mengatur insulin.

Mulai mengkonsumsi minyak zaitun menjadi langkah yg bagus, yg membantu Anda mencegah ngidam gula & mencegah komplikasi akhir diabetes.

12. Untuk Kulit Wajah
Sesekali sebagai pengganti produk pembersih make up, Anda sanggup mekhasiatkan minyak zaitun untuk menghapus sisa make up yg ada di wajah. Betapa banyak merek kosmentik yg buat produk pembersih wajah dengan bahan2-bahan2 dari minyak alami, salah satunya ialah minyak zaitun.

Minyak zaitun bisa, dikhasiatkan untuk menghilangkan make up. Dokter kulit menyebutkan bahwa produk cleansing oil (pembersih wajah) umumnya bebas dari bahan2 kimia berbahaya, alasannya yaitu dibentuk dari bahan2 alami yg aman.

Minyak zaitun sanggup Anda aplikasikan sebagai masker wajah. Penggunaannya mudah, hanya dengan mengoleskan minyak zaitun jenis extra virgin pada ke wajah.

Cara penggunaan lainnya:
  1. Pertama-tama siapkan cuka sari apel, minyak zaitun, & madu
  2. Kemudian campur 1 sendok teh minyak zaitun, 2 sdt cuka sari apel, & 1 sdt madu. 
  3. Setelah tercampur, maka oleskan pada wajah.
  4. Lalu diamkan selama 10-15 menit. 
  5. Setelah itu, barulah bilas menggunakan air hangat.
  6. Lalu keringkan wajah menggunakan handuk bersih.

13. Untuk Kulit Tubuh
Minyan zaitun sanggup Anda khasiat untuk mengatasi persoalan kulit kering, serta melembapkan kulit. Minyak zaitun umumnya tidaklah mengakibatkan alergi, hanya saja hindari mengoleskan minyak zaitun ke kulit yg berjerawat.

Dari hasil penelitian para ilmuwan, menyebutkan bahwa minyak zaitun bisa berfungsi dalam membantu pemberian kulit dari resiko penyakit kanker kulit.

Minyan zaitun mempunyai kandungan zat antioksi& & antiinflamasi yg ada berguna untuk menghaluskan & juga buat kulit menjadi tampak berseri.

Manfaat minyak zaitun ini, selain diperoleh dengan cara mengoleskan ke kulit. Juga mengonsumsi minyak zaitun memperlihatkan khasiat kesehatan pada kulit, dengan cara mencegah pera&gan kulit & mencegah serangan radikal bebas ke kulit. Yang khasiatnya juga untuk membantu mencegah munculnya kerutan kulit.

Minyak zaitun memang jenis minyak alami, hanya saja dikala sehabis dioleskan muncul imbas berupa alergi, maka hentikan pemakaian. Jangan diteruskan.

14. Mencegah Penuaan Dini
Minyak zaitun mempunyai kandungan zat linoleic acid yg berguna untuk menjaga kadar air pada kulit wajah. Hal ini berguna untuk mencegah munculnya tkamu-tkamu penuaan dini menyerupai keriput.

15. Lotion Rambut Alami
Mengaplikasikan minyak zaitun pada rambut, tujuannya untuk memberi ketahanan yg besar lengan berkuasa pada rambut dari persoalan kerusakan. Untuk penggunaannya, hanya dengan cara mengoleskan minyak zaitun ke kulit kepala.

Saat mengoleskan, Anda bisa, memperlihatkan pijatan beberapa kali, membantu supaya kandungan minyak zaitun bisa, secara maksimal meresap ke kulit kepala.

Setelah selesai mengoleskan minyak zaitun, kemudian tutup rambut menggunakan handuk, lakukan selama 10 menit. Selesai.

Penutup

Simpan minyak zaitun di tempat yg gelap, jauhkan dari cahaya & hindari dari tempat yg berhawa panas. Anda disarankan menyimpannya di botol kedap udara /pun kaleng logam.

Jika ingin menyimpannya di kulkas, memang sanggup merubah tekstur & warna minyak zaitun. Tapi, tidak mengapa alasannya yaitu tidak menurunkan kualitasnya. Dimana nantinya kondisi minyak zaitun bisa, kembali menyerupai semula.

Pastikan produk minyak zaitun yg dibeli telah terdaftar di BPOM RI.  Walaupun minyak zaitun menyehatkan, Anda tetap jangan berlebihan dalam mengonsumsinya. Manfaatkan minyak zaitun secara bijak guna memperoleh khasiat terbaik.

Bagi ibu hamil & menyusui, hendaknya me-minimalkan konsumsi minyak zaitun. Demikian juga bagi orang yg ingin menjalani operasi. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "15 Manfaat Minyak Zaitun: Untuk Kesehatan, Jantung, Kulit, Wajah, Rambut, Dll"

Posting Komentar