14 Khasiat Bawang Merah Untuk Kesehatan, Jerawat, Mata, Jantung, Otak, Dll

Selain sanggup Anda khasiatkan untuk melezatkan masakan yg dikonsumsi, bawang merah juga mempunyai gizi yg sangat berguna bagi kesehatan, serta bisa, membantu untuk menyembuhkan penyakit

Di dalam bawang merah terkandung senyawa antioksi&, vitamin dam mineral. Selain itu, bawang merah mempunyai sifat sebagai anti-bakteri, anti-virus & anti-jamur.

Bawang merah bisa, dikhasiatkan salah satunya untuk menurunkan kadar gula darah, sehingga khasiat bawang merah ini penting bagi penderita diabetes.

 Selain sanggup Anda khasiatkan untuk melezatkan masakan yg dikonsumsi 14 Khasiat Bawang Merah Untuk Kesehatan, Jerawat, Mata, Jantung, Otak, dll
Bawang Merah | Sumber gambar: Freegreatpicture.com

Antioksi& yg terkandung di dalam bawang berfungsi untuk menagkal serangan radikal bebas pada tubuh. Bawang merah menjadi bumbu wajib di dapur, alasannya sanggup menguatkan rasa masakan.

Manfaat Bawang Merah

1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Mengonsumsi bawang merah bisa, memperkuat imun tubuh, sehingga badan tidak gampang terkena flu, batuk, pilek & penyakit lainnya. Dari laman Thetruthaboutcancer.com, bahwa bawang merah mengandung senyawa yg berfungsi untuk meningkatkan respon kekebalan badan secara keseluruhan.

Senyawa yg terkandung di dalam bawang merah juga berfungsi sebagai antibakteri, antijamur, & berfungsi untuk menangkal serangan virus. Hal ini sangat penting semoga sistem kekebalan badan bisa, berjalan dengan baik.

Kandungan flavonoid yg ditemukan di dalamnya berguna untuk imun tubuh. Allicin yg merupakan senyawa antioksi& besar lengan berkuasa berfungsi secara efektif untuk menghancurkan patogen yg melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, ancaman patogen yakni memicu perkembangan kanker.

2. Untuk Kesehatan Jantung
Di dalam bawang merah terkandung senyawa sulfida methylallyl & asam-amino welirang yg berguna untuk membantu mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Manfaat lainnya dari bawang merah yakni menjaga kestabilan tekanan darah, sehingga Anda terhindar dari duduk kasus hipertesi & penyumbatan arteri.

Para ilmuwan telah mengklaim bahwa bawang merah sanggup mencegah penyakit jantung. Peneliti dari Chinese University di Hong Kong menemukan bahwa khasiat bawang merah bisa menghilangkan kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh.

Dimana keberadaan kolesterol jahat dalam jumlah banyak di dalam badan mengakibatkan resiko serangan jantung & stroke.

Fungsi dari kandungan bawang merah juga mempertahankan kolesterol baik di dalam tubuh, kolesterol baik (HDL) berfungsi untuk membantu melindungi kesehatan organ jantung.

Zhen Yu Chen, yg memimpin penelitian ini menjelaskan bahwa studi ini untuk meneliti interaksi kandungan di dalam bawang merah dengan fungsi biologis.

Pada studi ini, para ilmuwan menggunakan obyek hamster, yg diberikan asupan bawang merah. Dimana kondisi hamster mengalami duduk kasus kolesterol tinggi.

Hasilnya, sehabis dilakukan pengamatan selama delapan minggu, kadar kolesterol jahat (LDL) pada hamster telah turun sekitar 20 persen.

Zhen Yu Chen menjelaskan bahwa hasil penelitian ini mendukung klaim bahwa konsumsi rutin bawang bisa menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

Bawang gotong royong telah usang dikenal mempunyai khasiat kesehatan untuk mencegah penyakit, serta juga mencegah penyakit ringan menyerupai batuk & pilek.


3. Mencegah Kanker
Bawang merah mempunyai kandungan vitamin A yg juga sebagai antioksi&, berfungsi untuk mencegah kanker, salah satunya yaitu jenis kanker rongga mulut.

Bawang merah juga berguna untuk mencegah jenis kanker hati. Kandungan di dalam bawang merah bekerja untuk menghancurkan sel-sel kanker.

Dari laman Mercola.com, mengungkapkan bahwa bawang (termasuk jenis bawang merah) kaya akan kandungan flavonoid yg telah dikaitkan dengan khasiat penurunan risiko kanker, penyakit jantung & diabetes.

Di dalam bawang merah terkandung quercetin, yg merupakan senyawa anti-kanker, yg telah terbukti bisa menurunkan inisiasi tumor kanker & juga menghambat pertanaman sel kanker pada ovarium, payudara & usus besar.

Manfaat lainnya juga bisa menurunkan risiko untuk kanker otak & kanker paru-paru. Senyawa quercetin juga berguna untuk menurunkan tekanan darah pada orang yg mengalami hipertensi, & juga mencegah terjadinya pelepasan histamin.

Kandungan yg ada di dalam bawang secara umum telah terbukti bisa untuk membantu menghambat perkembangan kanker usus & ginjal. Kandungan serat di dalam bawang membantu menurunkan risiko kanker, terutama kanker usus besar.

Senyawa anthocyanin yg memunculkan pigmen merah, ungu & biru pada bawang merah. Penelitian para hebat telah menemukan bahwa senyawa anthocyanin berguna untuk menurunkan risiko sejumlah penyakit, termasuk penyakit kanker yg sangat berbahaya.

4. Membantu Mengatasi Diabetes
Bawang merah mempunyai kandungan phyto-kimia berupa Alil disulfida & allium, kedua senyawa tersebut berfungsi untuk melawan penyakit diabetes.

Konsumsi bawang merah membantu untuk mengurangi kadar gula di dalam tubuh, sehingga Anda bisa, lebih terhindari dari duduk kasus yg ditimbulkan penyakit diabetes.

Dari laman Thetruthaboutcancer.com, bahwa bawang merah mempunyai nilai indeks glikemik yaitu 10, dari skala 0 hingga 100. Ini artinya bawang merah tidak sama sekali mempunyai imbas meningkatkan kadar glukosa dalam darah.

Mengonsumsi kuliner yg tidak buat meningkat kadar glukosa darah, berguna untuk mencegah & mengatasi penyakit diabetes tipe-2.

Terjadinya gangguan pada metabolisme glukosa berdampak pada diabetes, bahkan bisa, beresiko pada perkembangan kanker. Sangat penting mempertahankan tingkat insulin yg stabil di dalam tubuh, salah satunya caranya dengan mengonsumsi bawang merah.

Bawag merah yg mempunyai indeks glikemik rendah telah dikaitkan dengan beberapa khasiat sangat penting menyerupai menurunkan tekanan darah, mencegah terjadinya pengerasan pembuluh darah, memperlancar aliran darah, & mengontrol pembentukan sel lemak semoga tidak memperlihatkan dampak buruk.

5. Menjaga Kesehatan Otak
Manfaat konsumsi bawang merah bisa meningkatkan fungsi otak, serta mencegah resiko penyakit alzheimer. Penelitian menemukan bahwa konsumsi bawang meningkatkan kemampuan otak, hal itu alasannya di dalam bawang terkandung zat antioksi& yg berguna untuk memperkuat memori & menangkal resiko penyakit otak degeneratif.

Pada sebuah studi tahun 2005 yg dilakukan oleh ilmuwan Hokkaido Tokai University, menemukan bahwa kandungan senyawa welirang yg ditemukan di dalam bawang (termasuk bawang merah) berguna untuk meningkatkan memori & mencegah gangguan yg berkenaan dengan fungsi otak.

Hasil penelitian memperlihatkan bahwa ekstrak antioksi& dari bawang, termasuk senyawa sulfur, berguna untuk membantu peningkatan pembelajaran & memperkuat fungsi memori. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan obyek tikus sebagai percobaan.

Bawang merah mengandung senyawa penting yaitu anthocyanin & quercetin. Senyawa anthocyanin yakni kepingan dari kelompok fitokimia bioflavonoid.

Ilmuwan menjelaskan bahwa senyawa anthocyanin mempunyai fungsi dalam membantu meningkatkan kemampuan saraf, serta mencegah penurunan fungsi syaraf secara signifikan akhir usia.

Senyawa anthocyanin juga berguna untuk menjaga fungsi kognitif & membantu untuk pencegahan gangguan neurodegenerative.

Adapun quercetin yakni senyawa antioksi& flavonoid, yg berfungsi untuk menangkal serangan radikal bebas, serta mencegah kerusakan sel tubuh. Penelitian memperlihatkan bahwa senyawa quercetin berguna untuk membantu mencegah & mengatasi duduk kasus hipertensi, kolesterol tinggi & lainnya.

Serangan radikal bebas sangat berbahaya, alasannya berdampak jelek pada banyak kepingan tubuh, menyerupai merusak kulit tubuh, mengakibatkan gangguan kemampuan kognitif, hingga bisa, memicu kanker.

Beberapa penelitian telah memperlihatkan bahwa konsumsi bawang berguna untuk meningkatkan memori (daya ingat).

Beberapa jenis kuliner yg bisa berguna untuk meningkatkan kemampuan otak & daya ingat yaitu anggur, blueberry, bit merah & terong. Makanan tersebut mempunyai banyak kandungan antosianin.

Adapun buah apel & brokoli kaya akan kandungan quercetin. Selain itu, bayam yg kaya akan kandugan asam folat berguna untuk melindungi diri dari kehilangan memori.

loading...

6. Menyembuhkan Sembelit
Kandungan di dalam bawang merah mempunyai fungsi untuk membantu proses pembuangan racun dari dalam tubuh. Pada sebuah artikel yg bejudul Onions & Digestion, menyebutkan bahwa bawang (termasuk bawang merah) mempunyai khasiat sebagai pengobatan herbal.

Bawang termasuk golongan allium sayuran. Jenis-jenis bawang berupa bawang merah, bawang putih, daun bawang, bawang hijau & daun bawang. Di dalam bawang terkandung senyawa sulfur, yg termasuk sulfida, thiosulfinates & sulfoxides.

Kandungan di dalam bawang bekerja untuk menghambat & mematikan pertanaman kuman berbahaya.

Bawang mengandung inlulin yg merupakan serat, khasiatnya untuk memungkinkan badan mempertahankan kuman baik & sehat, disamping itu zat yg terkandung di dalam bawang juga berfungsi untuk membunuh kuman jahat.

Manfaat dari keberadaan kuman baik yakni mempromosikan gerakan usus yg teratur & sehat. Adapun senyawa thiosulfinates berfungsi sebagai antibakteri, yg bekerja untuk membunuh kuman jahat di dalam tubuh.

Di dalam buku "Encyclopedia of Natural Medicine", menyebutkan bahwa sifat anti-bakteri dari senyawa thiosulfinates berfungsi untuk melawan kuman berbahaya, termasuk E. Coli, Bacillus subtilis & Salmonella.

7. Mengatasi Rambut Rontok
Bawang merah berguna untuk mengatasi duduk kasus rambut rontok, dimana senyawa sultur yg terkandung di dalam bawang merah berfungsi untuk membantu sirkulasi darah semoga lancar, serta sanggup memperkuat rambut.

Selain mengonsumsinya, Anda bisa, menerapkan bawang merah secara pribadi pada rambut, Caranya:
  1. Pertama-tama siapkan beberapa bawang merah.
  2. Lalu Anda haluskan bawang merah tersebut menggunakan blender (agar mudah). 
  3. Setelah bawang merah halus maka Anda bisa, mengaplikasikannya (mengoleskan) pada rambut. Sebelum mengaplikaskan-nya, hendaknya memijat kulit kepala menggunakan hot coconut oil, hal ini semoga pori-pori kulit menjadi terbuka. 
  4. Jika Anda telah simpulan mengoleskannya pada rambut & kulit kepala, maka tutup rambut menggunakan handuk (sebelumnya handuk dihangatkan). 
  5. Biarkan sekitar 15 hingga 30 menit, barulah rambut kembali dibilas hinggai bersih.

Pengaplikasian bawang merah pada rambut & kulit kepala secara langsung, selain berguna untuk mencegah rambut rontok, juga berguna untuk membantu menghilangkan ketombe & meningkatkan proses pertanaman rambut menjadi lebih baik.

Kandungan welirang yg di dalam bawang merah berguna untuk meningkatkan sirkulasi darah, menginduksi pertanaman rambut, & membantu mumbuka pori-pori kulit kepala yg tersumbat oleh folikel rambut.

8. Menyembuhkan Demam
Bawang merah mempunyai kandungan kalium, sulfur, serat, vitamin B & vitamin C. Selain itu, bawang merah rendah lemak, kolesterol & sodium.

Anda bisa, mekhasiatkan bawang merah untuk pengobatan, guna mengatasi penyakit ringan menyerupai demam, sakit tenggorokan, pilek , batuk, & alergi. Campuran madu & bawang merah yg dihaluskan bisa menyembuhkan penyakit tersebut.

Seperti contohnya kalau ingin meredakan flu yg dialami, maka caranya pertama-tama siapkan satu siung bawang merah kemudian diiris-iris.

Setelah itu Anda cium baunya, dekatkan irisan bawang merah ke hidung, khasiatnya untuk buat hidung menjadi lega, rasa tersumbat di hidung berkurang, serta bernapas lebih mudah.

Akan tetapi, dalam mendekatkan irisan bawang putih, maka jangan terlalu bersahabat pada hidung, yg dampaknya malah akan menjadikan rasa pedih.

Untuk mengatasi demam, maka irisan bawang merah ditaruh di atas dahi yg se&g demam. Efeknya mungkin akan sedikit menjadikan rasa pedih, tetapi cara ini ampuh untuk menurunkan demam.

Kalau Anda rasa kulit ternyata tidak cocok ditempelkan dengan irisan bawang putih, maka jangan lakukan metode pengobatan ini.


9. Bawang Merah Untuk Bayi
Campuran bawang merah & minyak telon bisa mengobati kembung bayi. Dokter seorang hebat anak, dr Melisa Anggraeni, MBiomed, SPA, menjelaskan bahwa mengkombinasikan minyak telon & bawang merah untuk mengobati kembung yakni cara tradisional yg gotong royong telah poluler di masyarakat.

Hanya saja, dr Melisa mengungkapkan bahwa ramuan tersebut cuma bertujuan untuk menghangatkan saja. dr. Melisa menjelaskan bahwa bawang merah yg dicampur telon sanggup menghangatkan perut bayi.

Akan tetapi, bawang merah mempunyai sifat panas & iritatif untuk kulit, sehingga penggunaannya pada bayi harus ekstra hati-hati. Sehingga, alasannya alasan inilah dr Melisa lebih menyarankan untuk menggunakan baby oil yg jauh lebih aman.

Munculkan duduk kasus perut kembung pada bayi alasannya bayi mengisap udara dari botol susu yg kosong. Tkamu perut kembung pada bayi yakni kondisi perut terlihat lebih besar dari biasanya. Selain itu, ketika ditekan maka perut bayi terasa agak keras.

10. Membantu Proses Detoksifikasi, & Membersihkan Kulit
Dari laman Thetruthaboutcancer.com, bahwa zat antioksi& yg terkandung di dalam bawang merah berguna untuk pencegahan resiko kanker, memperbaiki DNA & kerusakan jaringan, membersihkan zat karsinogen dari organ hati, & membantu proses detoksifikasi pada tubuh.

Terdapatnya senyawa welirang yg tinggi di dalam bawang merah berguna untuk mengoptimalkan proses detoksifikasi secara alami. Senyawa ini ini bekerja untuk mengikat zat menyerupai logam berat yg ada di dalam darah, serta membasmi & membuang racun tersebut dari dalam tubuh.

Pada bawang terkandung senyawa quercetin yg tinggi. Senyawa quercetin berfungsi untuk merangsang fungsi organ hati semoga bekerja lebih baik untuk proses detoksifikasi racun & zat berbahaya.

Dalam metode pengobatan Cina, mempercayai bahwa kaki mempunyai kontak secara pribadi pada semua organ badan kepingan dalam.

Dan, menyerupai disebutkan sebelumnya bahwa bawang merah (& beberapa jenis bawang lainnya) mempunyai fungsi sebagai anti-bakteri & membersihkan racun yg ada di dalam tubuh.

Dunia medis sudah membenarkan bahwa kaki mempunyai hu.bungan secara pribadi pada sistem saraf tubuh. Dimana kaki mempunyai kurang lebih 7.000 titik saraf yg koneksinya pribadi ke banyak sekali organ badan kepingan dalam.

Di Cina, sebuah merode tradisional yg dinilai sangat baik dalam menjaga kesehatan saraf di kaki yg terhubung ke seluruh baigan tubuh, yaitu dengan mekhasiatkan bawang, salah satunya bawang merah.

Apabila Anda mau membersihkan tubuh, maka tidak lagi harus sering-sering ke sauna. Karena dengan cara sederhana & murah, dimana hanya dengan mengiris tebal bawang merah, kemudian menaruh potongannya di telapak kaki.

Agar bawang bisa, selalu melekat pada kaki, maka bisa, dengan menggunakan kaus kaki setelahnya. Manfaatnya diyakini bisa membersihkan kulit, serta membunuh kuman & kuman yg ada pada tubuh. 

11. Membersihkan Jerawat
Selain mengonsumsi bawang merah berguna untuk membersihkan racun & kotoran dari dalam tubuh, maka Anda juga bisa, mekhasiatkan bawang merah untuk membersihkan bisul secara langsung.

Bawang merah mempunyai sifat sebagai anti-bakteri, antiseptik, anti-biotik & anti-pera&gan. Cara mekhasiatkannya:
  1. Pertama-tama siapkan satu bawang merah saja.
  2. Setelah itu, haluskan bawang merah, hingga benar-benar halus (bisa, dengan cara diparut).
  3. Lalu campurkan dengan minyak zaitun (gunakan wadah).
  4. Setelah dicampurkan, maka Anda tinggal mengaplikasikannya (mengoleskan) pada bisul yg ada di kulit.
  5. Setelah simpulan mengoleskan, maka biarkan saja selama 20 menit.
  6. Setelah itu barulah bilas menggunakan air hangat hingga bersih.

Dalam mekhasiatkan bawang merah untuk mengatasi jerawat, maka penting diingat, bahwa kandungan yg ada di dalam bawang merah memperlihatkan imbas berupa rasa panas di kulit.

Sehingga kalau kondisi kulit sensitif, dimana muncul imbas samping yg mengakibatkan rasa panas /pun perih yg terasa sangat menyakitkan (seperti terbakar), maka hentikan penggunaan.

12. Menghambat Perkembangan Tumor
Dari laman Thetruthaboutcancer.com, menjelaskan bahwa senyawa anthocyanin yg ada di dalam bawang merah berguna dalam melindungi badan dari resiko pertanaman tumor.

Senyawa anthocyanin berfungsi untuk menghambat perkembangan sel kanker, serta mencegah sel kanker menyebar ke organ / jaringan badan lainnya, yg dikhawatirkan penyebaran sel kanker sanggup memicu timbulnya tumor.

Senyawa anthocyanin juga berfungsi untuk menghambat angiogenesis. Angiogenesis merupakan kondisi pertanaman pembuluh darah gres yg nantinya dipakai sel kanker untuk berkembang.

Dengan menghambat angiogenesis, hal ini sangat penting semoga sel kanker tidak bisa, untuk membentuk tumor, serta sel kanker tidak bisa, untuk menyebar ke kepingan jaringan badan lainnya.

Senyawa quercetin juga mempunyai tugas penting dalam menangkal radikal bebas, yg juga berkontribusi untuk mencegah pertanaman sel tumor.

13. Memuaskan Hu.bungan di Ranjang
Mengonsumsi bawang sanggup meningkatkan gairah seksual. Zat antioksi& yg terdapat di dalam bawang berguna secara alami untuk meningkatkan jumlah sperma pria.

Dimana pada penelitian yg sudah dilakukan, menemukan bahwa kandungan di dalam bawang & jahe bisa meningkatkan kadar sperma & libido.

Di dalam bawang merah terkandung senyawa sulfida yg berguna untuk mengontrol kadar kolesterol, mengatasi hipertensi, & meningkatkan sirkulasi darah. Lancarnya sirkulasi darah pada tubuh, termasuk pada kepingan penis, berguna untuk memperkuat gairah ketika di kawasan tidur bersama pasangan.

Selain itu, pada penelitian yg dilakukan oleh ilmuwan di Tabriz University di Iran, menemukan bahwa konsumsi bawang berguna untuk meningkatkan kadar testosteron, yg berguna untuk meningkatkan gairah ketika hu.bungan intim. 

14. Membuat Tidur Lebih Nyenyak
Kandungan folat yg ada di dalam bawang berguna untuk menurunkan tanda-tanda stres & depresi, dimana fungsinya yg membantu mencegah berlebihannya kadar homosistein. Bahaya tingginya kadar homosistein yaitu menghambat pasokan darah & nutrisi lainnya ke organ otak.

Kondisi kadar homosistein yg terlalu banyak berdampak pada terganggunya produksi hormon penting menyerupai serotonin, dopamine, & norepinephrine. Hormon-hormon tersebut berfungsi untuk menjaga suasana hati semoga tetap baik & stabil, serta buat tidur bisa, lebih nyaman, sehat & berkualitas.

Penutup
Dalam mengonsumsi bawang merah, maka pilih bawang merah yg bersih, keras & mempunyai kulit yg kering. Hindari menentukan bawang yg terlihat a&ya tkamu-tkamu pembusukan. Dalam menyimpan bawang, simpan di kawasan yg jauh dari cahaya terang / jauh dari sinar matahari.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "14 Khasiat Bawang Merah Untuk Kesehatan, Jerawat, Mata, Jantung, Otak, Dll"

Posting Komentar