12 Manfaat Telur Untuk Kesehatan, Ibu Hamil, Rambut, Wajah, Diet, Jerawat, Otot, Dll

Telur sudah cukup dikenal sebagai sumber protein. Telur dimasak dengan aneka macam metode, menyerupai menggorengnya, merebus, hingga tidak jarang telur dijadikan gabungan sambal balado.

Berbagai kuliner yg menggunakan bahan2 dari telur terasa sangat nikmat, disamping itu telur mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan.

Bahkan telur dikatagorikan sebagai super food, yg berarti nutrisi di dalamnya dinilai sangat penting oleh para pakar kesehatan.

 Telur sudah cukup dikenal sebagai sumber protein 12 Manfaat Telur Untuk Kesehatan, Ibu Hamil, Rambut, Wajah, Diet, Jerawat, Otot, dll
Telur Ayam | Sumber gambar: Pixabay.com

Disarankan dalam memakan telur, hendaknya mengonsumsi baik itu kuning telurnya maupun putih telurnya. Hal itu lantaran pada keduanya terdapat nutrisi yg sama pentingnya, sehingga kurang dianjurkan hanya menentukan kuning / putihnya saja.

Kandungan Telur Sangat Bergizi
Telur adalah salah satu kuliner yg paling bergizi di planet ini. Pada semua potongan telur mengandung segala nutrisi yg diharapkan tubuh. Sebuah telur rebus tunggal saja berisi kandungan nutrisi berupa:
  1. Vitamin A: 6% dari kebutuhan harian.
  2. Folat: 5% dari kebutuhan harian.
  3. Vitamin B5: 7% dari kebutuhan harian.
  4. Vitamin B12: 9% dari kebutuhan harian.
  5. Vitamin B2: 15% dari kebutuhan harian.
  6. Fosfor: 9% dari kebutuhan harian.
  7. Selenium: 22% dari kebutuhan harian.
  8. Telur juga mengandung jumlah nutrisi yg masih layak pada Vitamin D, Vitamin E, Vitamin K, Vitamin B6, kalsium & seng.
  9. Mengandung 77 kalori, 6 gram protein & 5 gram lemak sehat.

Sumber gosip kandungan telur: Nutritiondata.self.com

Manfaat telur

1. Untuk Pembentukan Otot
Telur mengandung protein yg cukup tinggi berfuungsi untuk mengoptimakan perkembangan otot tubuh. Sehingga, banyak sekali binaragawan yg suka mengkonsumsi telur lantaran nutrisi protein di dalamnya yg tinggi. Yang berguna untuk membentuk otot badan dengan maksimal.

Dilansir dari laman Bodybuilding.com, Meningkatkan asupan telur adalah hal yg baik dilakukan guna meningkatkan massa otot tubuh. Telur berperan besar dalam membantu aktivitas diet sehat & terutama untuk binaragawan.

Nutrisi protein mempunyai khasiat yg penting untuk membangun otot. Kekurangan asupan protein menjadikan otot Anda tumbuh sangat lambat. Seorang binaragawan harus jauh lebih tinggi untuk mengonsumsi asupan protein daripada orang-orang secara umum.

Telur bernutrisi berprotein tinggi, selain itu juga kaya akan kandungan vitamin A, vitamin E & vitamin K. Kemudian juga mengandung aneka macam vitamin B menyerupai B12 (energi), riboflavin & asam folat.

Telur mempunyai kandungan delapan asam amino esensial yg mempunyai fungsi besar untuk membantu proses pemulihan otot yg optimal. Kemudian juga membantu badan supaya lebih maksimal dalam peresapan kalsium, zinc & besi.

Anda tidak perlu khawatir mengenai kandungan lemak di dalam telur. Bagian putih telur tidak mengandung lemak, adapun potongan kuning telur hanya mengandung sekitar 5 gram lemak, dimana secara umum kandungan lemak yg terdapat di dalam telur adalah lemak baik.

Binaragawan yg ingin meningkatkan massa otot, membutuhkan salah satunya kandungan lemak baik yg terkandung di dalam makanan, guna memperlihatkan energi bagi tubuh.

Telur mengandung kolesterol, tetapi secara umum tidak membahayakan, hanya saja Anda tetap perlu membatasi konsumsi telur. Telur gampang dicerna & diserap oleh tubuh. Telur menjadi asupan yg sering dipilah untuk diet seimbang bagi binaragawan.


2. Baik Untuk Ibu Hamil
Menurut laman Momjunction.com Telur merupakan sumber nutrisi yg luar biasa, yg mengandung nutrisi berupa mineral, protein, lemak, vitamin A & D, yg semua kandungan tersebut penting bagi perempuan hamil.

Berikut ini adalah beberapa khasiat makan telur bagi Ibu hamil:

—Kaya Asupan Protein. Tingginya kandungan protein di dalam telur sangat penting untuk pertanaman janin di dalam kandungan. Dimana sangat dibutuhkan nutrisi protein untuk setiap sel dari janin yg berkembang.

—Untuk Perkembangan Otak Janin. Telur mengandung asam lemak Omega 3 & kolin, yg mempunyai fungsi yg besar dalam menjaga kesehatan otak & pertanaman bayi secara keseluruhan. Hal ini juga penting untuk mencegah timbulnya cacat saraf pada janin.

—Mengatur Kolesterol. Apabila kadar kolesterol darah Anda dalam kondisi normal, maka Anda disarankan untuk mengkonsumsi satu / dua telur dalam sehari, hal ini untuk menyeimbangkan kadar lemak jenuh di dalam tubuh. Adapun kalau Anda mengalami kadar kolesterol tinggi, maka penting untuk membatasi konsumsi kuning telur selama masa kehamilan.

—Kalori. Telur mengandung sekitar 70 kalori, yg membantu untuk memenuhi asupan kebutuhan kalori harian badan yaitu sebesar 200 hingga 300 kalori. Hal ini berguna untuk memenuhi kebutuhan asupan badan ibu hamil & juga janin di dalam kandungan.

Seiring dengan khasiatnya, telur juga mempunyai faktor risiko yg berbahaya bagi ibu hamil. Seorang Ibu hamil harus menghindari mengonsumsi telur yg masih mentah / setengah matang.

Dikhawatirkan menyerupai telur rebus yg belum matang maka akan membawa basil salmonella.

Oleh lantaran itu, selama masa kehamilan, Anda harus memasak telur hingga benar-benar matang, yaitu hingga putih telur & kuning telur bermetamorfosis padat sepenuhnya. Sehingga basil tersebut akan terbunuh, maka telur kondusif & sehat untuk dikonsumsi.

Walaupun keracunan jawaban basil salmonella tidak membahayakan bayi di dalam kandungan, tetapi tetap saja jawaban yg ditimbulkan cukup buruk, yg menjadikan Ibu Hamil beresiko mengalami:
  1. Diare & muntah yg parah
  2. Sakit perut
  3. Mengalami suhu badan yg tinggi
  4. Sakit kepala

Berapa Banyak Telur Yang Boleh Dimakan Wanita Hamil?

Kuning telur mengandung sekitar 185 miligram kolesterol. Dimana batasan orang cukup umur boleh mengkonsumsi maksimal 300 miligram. Oleh lantaran itu, selama kehamilan maka Ibu Hamil boleh mengonsumsi dua telur dalam sehari, tetapi hindari lebih dari itu.

Makan 2 telur setiap hari tidak berbahaya. Akan tetapi, kalau Anda se&g mengalami kadar kolesterol tinggi /pun kelebihan berat ba& maka makan telur setiap hari bisa, meningkatkan risiko komplikasi penyakit berbahaya.

Ba& ‘US National Institute of Health’ juga menyarankan supaya membatasi konsumsi telur, terutama kuning telur. Sehingga, kalau ingin makan telur maka Ibu hamil jangan terlalu banyak mengonsumsi kuning telurnya.

Pilihan terbaik adalah mengutamakan konsumsi putih telur (jika Anda mengonsumsi banyak telur dalam sehari). Oleh lantaran itu, sesekali Anda bisa, memperlihatkan kuning telur pada orang lain, adapun Anda hanya mengonsumsi putih telurnya saja.

3. Untuk Rambut
Rambut sering dikatakan sebagai mahkota. Keadaan rambut yg kurang nutrisi sehingga kurang sehat, juga akan merusak keindahan rambut, dimana ramut telihat kusam & tidak lezat dipan&g.

Dari laman Livestrong.com memaparkan wacana cara mekhasiatkan telur untuk keindahan & pertanaman rambut yg baik. Pekhasiatan telur ini sanggup mengoptimalkan pertanaman rambut, hal itu lantaran telur mengandung protein yg cukup tinggi. Dimana rambut terdiri dari 70 persen protein keratin.

Dengan khasiat protein di dalam telur membantu memperbaiki & membangun kembali rambut rusak, yg risikonya juga bisa memperkuat rambut.

Untuk mekhasiatkan telur ini, pertama-tama pecahkan telur, & tempatkan putih telur & kuning telur ke dalam mangkuk.

Lalu tambahkan 1 sdm minyak zaitun. Campurkan telur & minyak zaitun, kemudian gunakan garpu untuk mengaduk.

Anda perlu menempatkan sepotong bungkus plastik di atas mangkuk, sebelum Anda siap untuk memakainya.

Cara mengaplikasikan ramuan telur tersebut:
  1. Lakukan terapi ini di kamar mandi.
  2. Taruh ramuan telur di tempat yg erat kamar mandi, supaya gampang untuk diambil nantinya.
  3. Cuci rambut Anda dengan shampoo terlebih dahulu guna menghilangkan penumpukan kotoran & minyak alami di rambut.
  4. Keringkan rambut, caranya peras rambut dari kelebihan air. Kemudian tempatkan handuk di atas rambut guna menghilangkan lebih banyak air. Tetapi tentunya ini tidak bisa, untuk menjadikan rambut kering sepenuhnya.
  5. Aplikasikan ‘kondisioner’ telur ini untuk semua potongan rambut, lakukan secara perlahan. Dan pastikan mengenai semua potongan hingga ujung helai rambut.
  6. Setelah itu, biarkan ramuan alami ini bekerja selama 10-20 menit.
  7. Setelah menunggu 10-20 menit, barulah basuh ramuan telur tersebut hingga higienis dari rambut.
  8. Kemudian oleskan kondisioner pelembab, kemudian biarkan beberapa menit saja (minimal 2 menit).
  9. Terakhir, basuh lagi rambut menyerupai biasa hingga benar-benar bersih.

Beberapa peralatan & bahan2 yg perlu dipersiapkan untuk melaksanakan terapi alami ini yaitu mangkuk, pengadukan, garpu, 1 butir telur, 1 sdm minyak zaitun, bungkus plastik, shampo, handuk, topi mandi, kondisioner pelembab.

Topi mandi bisa, Anda gunakan ketika menunggu 10-20 menit tersebut (yaitu sesudah Anda mengoleskan ramuan telur yg Anda buat). Hal ini untuk mengoptimalkan peresapan nutrisi ke rambut.

loading...

4. Menghaluskan Kulit Wajah & Mengatasi Jerawat
Bukan hanya alpukat & tomat yg sanggup dikamulkan untuk menjadi masker wajah. Telur potongan putihnya sanggup juga dikhasiatkan untuk buat kulit wajah menjadi cerah.

Dilansir dari Bellatory.com, bahwa putih telur sangat elok untuk mengencangkan kulit, mengatasi permasalahan kulit berminyak, mencegah jerawat, mengecilkan pori-pori besar pada permukaan kulit, & mengurangi kelebihan sebum.

Kondisi pori-pori yg besar beresiko menjadi tempat berkembang biak bakteri, yg kemudian memuculkan dilema jerawat & kista. Dengan begitu, putih telur bisa, membantu untuk mengurangi dilema jerawat.

Putih telur mengandung bahan2 yg dikenal dengan nama ‘lisozim’, ini adalah enzim yg berfungsi untuk membunuh basil penyebab jerawat.

Lihatlah semua nutrisi yg ada di dalam telur yg berguna bagi kulit:

Protein, untuk perbaikan & pertanaman jaringan kulit.

Kalium, berguna untuk melembabkan kulit, dengan mempertahankan kelembaban di sel-sel kulit.

Riboflavin, berguna untuk menghilangkan racun & sel-radikal bebas yg merusak, & memicu kerutan pada kulit.

Magnesium, membantu Anda untuk mempunyai kulit bercahaya & bisa, tampak lebih muda. Kandungan ini penting untuk membantu memperlambat proses penuaan kulit.

Untuk mekhasiatkan telur menjadi masker wajah, maka diharapkan tambahan2 bahan2, yaitu jus lemon & madu.

Bahan yg perlu disiapkan:
  • 1 putih telur
  • 1 sendok teh jus lemon segar
  • ½ sendok teh madu

Sekarang mari kita lihat khasiat dari masing-masing bahan2 tambahan2 ini:
—Madu, mempunyai sifat antiseptik & antibakteri. Yang juga berguna sebagai pelembab kulit & membantu mencerahkan kulit.

—Jus lemon, sebagai astringent berpengaruh yg berfungsi untuk menghancurkan basil penyebab jerawat. Selain itu, berguna untuk mencerahkan kulit wajah.

Cara buat ramuannya:
  1. Dialam mangkuk, Masukan putih telur & jus lemon, kemudian kocok keduanya hingga bercampur & muncul busa. 
  2. Lalu tambahkan ½ sendok teh madu, aduk rata kembali.
  3. Cuci wajah menggunakan air hangat, tujuannya untuk membuka pori-pori Anda. Anda bisa, mencuci wajah menggunakan tangan (yg sebelumnya dibersihkan) / menggunakan bola kapas. 
  4. Kemudian oleskan gabungan ramuan yg dibentuk tadi ke wajah Anda. Dalam mengoleskan hindari tempat yg sensitif, menyerupai di sekitar ekspresi & mata.
  5. Lalu bersantai-lah menunggu ramuan tersebut meresap di wajah Anda, hingga risikonya kering. Waktu menunggu selama 10-15 menit. 
  6. Setelah gabungan benar-benar kering di wajah, maka gosok & bersihkan wajah secara lembut menggunakan air hangat. Lakukan menggosok menggunakan air hangat dengan gerakan melingkar. 
  7. Setelah wajah higienis maka keringkan wajah, Anda akan mencicipi sensasi kehalusan pada kulit wajah Anda.

Ketika Anda mengoleskan ramuan, mulailah dari bawah ke atas. Mulai dari dagu, kemudian ke pipi, hingga risikonya ke dahi. Lakukan pengolesan dengan gerakan melingkar secara lembut.

5. Mencerahkan Kulit Wajah
Menurut laman Bellatory.com. Selain sanggup dikhasiatkan untuk menghaluskan kulit wajah, masker putih telur juga bisa, Anda khasiatkan untuk mencerahkan kulit. Untuk buat resep ramuan ini, Anda juga memerlukan kunyit.

Bahan ygperlu disipakan:
  • 1 sendok teh jus jeruk
  • 1 putih telur
  • 1 sendok teh abu kunyit

Kunyit, kandungan di dalamnya berguna untuk mengurangi bintik-bintik gelap yg disebabkan oleh jerawat.

Cara pembuatan ramuannya
  1. Masukan putih telur & jus jeruk ke dalam mangkuk kecil
  2. Lalu aduk hingga menjadi berbusa.
  3. Lalu tambahkan abu kunyit, aduk rata kembali secara perlahan.
  4. Oleskan gabungan ramuan tersebut ke wajah Anda (Pastikan tangan sudah dibersihkan).
  5. Oleskan sambil memijat lembut dengan gerakan melingkar pada wajah. Tujuannya supaya nutrisi ramuan lebih meresap ke kulit.
  6. Setelah selesai mengoleskan, biarkan selama 15 menit. Anda bisa, berbaring.
  7. Setelah 15 menit selesai dimana masker mengering, kemudian gosok masker dari wajah Anda. 
  8. Lalu oleskan pelembab alami yg tepat yaitu 3-4 tetes minyak zaitun.

Dalam melaksanakan terapi ramuan ini, pakaian bisa, saja terkena noda kuning dari kunyit yg sulit menghilang, walaupun sudah ducuci.

Hendaknya Anda ketika menggunakan masker selama 15 menit, sementara tahan diri dari berbicara / tersenyum, kondisi peregangan kulit wajah (saat menggunakan masker) bisa, menimbulkan resiko keriput.

6. Mengatasi Kulit Wajah Kering
Menurut laman Bellatory.com. Anda bisa, mekhasiatkan putih telur untuk mengatasi dilema kulit. Dimana khasiatnya hampir sama menyerupai yg terdapat pada alpukat, & sangat baik untuk dikombinasikan. Yang khasiatnya untuk melembabkan kulit, menghindrasi kulit, buat kulit kenyal & lembut.

Bahan yg perlu Anda persiapkan:
  • 1 putih telur
  • ¼ alpukat matang
  • 1 sendok teh yogurt

Alpukat berguna untuk melembabkan kulit & buat kulit tampak bercahaya.

Yogurt berguna untuk menghilangkan basil penyebab jerawat, mengatasi kulit kering, kulit terkelupas, melembutkan kulit, kulit kenyal, & buat Anda abadi muda.

Cara buat ramuannya:
  1. Dengan menggunakan garpu, ambil isi alpukat, hingga nantinya dijadikan pasta.
  2. Lalu tambahkan putih telur & yogurt & aduk rata di dalam wadah.
  3. Lalu, aplikasikan ramuan ini ke wajah Anda menggunakan jari (sebelumnya dibersihkan).
  4. Biarkan masker selama 15 menit.
  5. Setelah itu. basuh masker menggunakan air hangat.
  6. Keringkan wajah Anda menggunakan handuk. 

Dalam menentukan alpukat, pilih alpukat yg matang sehingga lebih gampang untuk dijadikan pasta. Dalam menentukan yogurt, pilih yg tanpa gula.


7. Menjaga kesehatan mata
Telu mengandung vitamin A yg berguna penting untuk kesehatan mata. Akibat kekurangan vitamin menjadikan kesehatan & ketajaman mata berkurang. Masalah lainnya dari kekurangan vitamin A adalah meningkatkan resiko penyakit degenerasi makula serta katarak.

Telur juga mengandung Zeaxanthin & Lutein yg merupakan dua jenis antioksi& berguna untuk fungsi organ mata, serta juga melindungi mata dari gangguan & serangan dari luar.

Studi memperlihatkan bahwa dengan mengkonsumsi jumlah yg cukup kandungan antidioksi& Lutein & Zeaxanthin, secara signifikan bisa mengurangi risiko katarak & degenerasi makula, yg merupakan dua jenis gangguan mata sangat umum terjadi. sumber

9. Untuk Kesehatan Tulang
Telur mengandung vitamin D yg berfungsi untuk membantu proses peresapan kalsium bagi tulang. Sehingga khasiatnya sangat penting untuk mencegah terjadinya pengereposan tulang. Hal ini sangat baik kalau Anda bisa memenuhi asupan kalsium dengan baik.

10. Untuk Kuku & Rambut
Telur mempunyai khasiat kesehatan untuk rambut & kuku, dimana telur mempunyai nutrisi berupa vitamin A, vitamin E, asam amino & mineral. Seringkali rambut & kuku dijadikan indikator akan kondisi tubuh, apakah badan dalam keadaan baik / apakah telah tercukupi nutrisi tubuh

Asupan vitamin A, vitamin B12, welirang yg erkandung di dalam telur berguna untuk kesehatan & kekuatan rambut.

11. Untuk Kekebalan Tubuh
Telur juga berguna untuk memperkuat sistem imun tubuh. Dengan kondisi sistem kekebalan badan yg baik maka badan tidak gampang untuk jatuh sakit. Penyakit yg umum menyerang adalah flu, Anda tidak akan gampang terkena flu dengan syarat menjaga sistem imun badan supaya tetap baik.

Kandungan vitamin A, vitamin B12 & selenium yg terkandung di dalam telur, menjadi kunci penting untuk mempunyai sistem imun badan kuat.

12. Menyehatkan organ otak
Telur mengandung vitamin & mineral yg tinggi, yg diharapkan untuk mengoptimalkan fungsi sel di dalam tubuh, termasuk otak, sistem saraf, memori & juga metabolisme badan yg lancar.

Berikut ringkasan mengenai kandungan gizi di dalam telur:
  1. Vitamin A: kesehatan kulit, sistem kekebalan badan & kesehatan mata.
  2. Vitamin B2 (riboflavin): untuk metabolisme tubuh, menghasilkan energi, sel darah merah, & sistem saraf.
  3. Vitamin B12: untuk metabolisme tubuh, sistem kekebalan badan & sistem saraf.
  4. Vitamin B5 (asam pantotenat): untuk metabolisme badan & fungsi mental.
  5. Vitamin D: untuk kesehatan tulang & gigi & membantu peresapan kalsium di dalam tubuh.
  6. Vitamin E: menjaga sistem reproduksi, kesehatan sistem saraf & otot yg sehat.
  7. Biotin: untuk metabolisme tubuh, kesehatan kulit, rambut.
  8. Kolin: untuk fungsi hati.
  9. Asam Folat: untuk membantu pembentukan darah di dalam badan & pertanaman jaringan selama kehamilan.
  10. Yodium: untuk membantu fungsi kelenjar tiroid, & kesehatan sistem saraf.
  11. Zat Besi: untuk membantu produksi sel darah merah, & melancarkan pengiriman oksigen ke seluruh tubuh.
  12. Lutein & zeaxanthin: untuk kesehatan mata & mencegah penyakit mata yg berkaitan dengan usia.
  13. Fosfor: untuk kesehatan & kekuatan tulang & gigi.
  14. Protein: untuk kesehatan & kekuatan otot, kesehatan kulit & jaringan; & memproduksi antibodi, enzim & hormon.
  15. Selenium: melindungi sel dari kerusakan oksidatif, memperkuat sistem kekebalan badan & membantu fungsi kelenjar tiroid.

Efek Samping Mengonsumsi Telur
Selain berkhasiat, Anda juga perlu mengetahui imbas samping dari mengonsumsi telur berupa alergi & gangguan lainnya. Alergi umumnya terjadi pada anak-anak. Reaksi alergi dari kuliner telur ini bisa, dirasakan 30 menit hingga beberapa jam sesudah mengonsumsi telur.

Gejala lainnya selain alergi, yaitu gatal-gatal pada kulit, kulit mengalami bengkak, batuk, mual & muntah. Pada beberapa anak, tanda-tanda mengonsumsi telur bisa, berupa asma. Umumnya tanda-tanda yg dialami berlangsung kurang dari satu hari.

Di dalam telur mempunyai zat natrium yg cukup tinggi, hal ini buat Anda yg suka makan telur diharuskan mengurangi asupan sodium. Yang selama ini dikonsumsi. Dimana kandungan natrium bisa, memicu hipertensi (tekanan darah tinggi).

Adapun penelitian telah menemukan, bahwa konsumsi telur tidak mempunyai keterkaitan dengan munculnya penyakit jantung, kecuali pada penderita diabetes.

Jenis-jenis Telur yg Bisa Anda Makan
Kalau dikatakan telur maka yg terbayg adalah telur ayam lantaran saking populernya. Padahal ada banyak jenis telur yg bisa, Anda makan, yaitu::
  1. Telur ayam: Kaya akan kandungan kalsium, mineral seng & protein. 
  2. Telur puyuh: Kaya akan kandungan vitamin B. 
  3. Telur bebek: Kaya akan vitamin B kompleks. 
  4. Telur Kaviar: Kaya akan antioksi& (jenis telur ikan yg harganya sangat mahal).
  5. Telur kalkun: Kaya kandungan kalsium RDA.
  6. Telur hisa: Kaya Omega-3.
  7. Telur angsa: Kaya akan protein.

Referensi Lainnya:
  1. Top 10 Health Benefits of Eating Eggs
  2. Eggs: Health Benefits, Nutritional Information, Risks

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "12 Manfaat Telur Untuk Kesehatan, Ibu Hamil, Rambut, Wajah, Diet, Jerawat, Otot, Dll"

Posting Komentar