17 Khasiat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan, Diet, Darah Tinggi, Kulit, Wajah, Dll

Belimbing wuluh yg terkenal dengan rasanya yg asam (sering disebut dengan belimbing sayur), namun memperlihatkan efek penyegaran pada tubuh. Sering dikhasiatkan sebagai bahan2 makanan, juga untuk rujak.

Belimbing wuluh juga dari dahulu sering dipakai sebagai bahan2 masakan, guna menghasilakan rasa masam secara alami.

Belimbing wuluh mempunyai khasiat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Buah asam ini mempunyai nama ilmiah Averrhoa bilimbi.

 Belimbing wuluh yg terkenal dengan rasanya yg asam  17 Khasiat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan, Diet, Darah Tinggi, Kulit, Wajah, dll
Belimbing Wuluh | Sumber gambar: Pixabay.com

Manfaat Belimbing Wuluh

1. Menurunkan Tensi Darah
Gejalan akhir hipertensi tidak sama pada setiap orang, namun tanda-tanda hipertensi secara umum yaitu sakit kepala berlebihan, detak jantung terasa cepat (jantung berdebar), rasa pegal pada tengkuk (terasa tidak nyaman), pusing & indera pendengaran berdenging.

Batang belimbing wuluh mempunyai kandungan saponin, sulfur, tanin, glucoside, kalsium oksperalatan, & asam format.

Adapun daunnya mengandung tanin, sulfur, asam format, & perokside. Buahnya secara khusus bisa, dipakai untuk menurunkan tensi darah.

Untuk buat ramuan belimbing wuluh sebagai obat darah tinggi, menyerupai yg dipaparkan oleh spesialis flora obat, yaitu Dr Setiawan Dalimarta. Cara buat ramuannya:
  1. Pertama-tama siapkan 3 buah belimbing wuluh yg berukuran se&g.
  2. Cuci buah belimbing wuluh hingga bersih, kemudian dipotong-potong menjadi beberapa bagian. 
  3. Lalu rebus dengan tiga gelas air, biarkan mendidih hingga hanya tersisa satu gelas. 
  4. Setelah itu tunggu agak mendingin airnya (tidak terlalu panas), kemudian airnya disaring.
  5. Minum air ramuan tersebut di pagi hari (setelah melaksanakan sarapan).

Cara lainnya untuk buat ramuan:
  1. Pertama-tama siapkan tiga buah belimbing wuluh, basuh higienis .
  2. Siapkan juga biji srigading sebanyak 25 gr, basuh bersih. 
  3. Lalu biji srigading Anda tumbuk hingga halus. 
  4. Lalu masukkan ke dalam panci yg berisi empat gelas air. Lalu rebus bersama belimbing wuluh. 
  5. Biarkan ketika mendidih, hingga hanya tersisa satu gelas.
  6. Setelah itu, tunggu airnya agak mendingin, kemudian saring airnya & minum. Lakukan satu kali dalam sehari.

Sebagai catatan penting dalam buat ramuan ini, pada penderita darah tinggi yg air kencingnya mengandung kristal oksperalatan, maka hendaknya tidak mengonsumsi ramuan ini. Hal itu lantaran bahan2nya yg mengandung asam oksperalatan.

Demikian juga pada penderita hipertensi yg mengalami gangguan lambung menyerupai maag, maka hendaknya jangan meminum ramuan ini, lantaran rasa ramuan ini yg asam. Sebagai alternatif, Anda bisa, menukar belimbing wuluh dengan belimbing manis.

2. Untuk Diet
Belimbing wuluh berguna untuk membantu menurunkan berat ba&. Hal itu lantaran belimbing wuluh mempunyai kandungan vitamin C & serat. Kedua kandungan tersebut mempunyai khasiat untuk membantu memperlancar diet Anda.

Kandungan vitamin C mempunyai fungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Lancarnya proses metabolisme badan yg berjalan secara optimal, berarti juga akan memperabukan lemak di dalam badan secara optimal.

Kandungan serat juga berguna untuk membantu mencegah penumpukan lemak di dalam tubuh. Selain itu kandungan serat menyerupai yg umum diketahui, berguna untuk menekan nafsu makan, sehingga Anda bisa, terhindari dari mengonsumsi masakan secara berlebihan.


3. Membuat Wajah Berseri
Anda bisa, mekhasiatkan belmbing wuluh untuk buat wajah berseri. Jika dikonsumsi maka belimbing wuluh mempunyai kandungan antioksi& yg berguna untuk memperlihatkan proteksi pada kulit dari serangan radikal bebas.

Paparan radikal bebas pada kulit menyebabkab terjadinya kerusakan pada kulit & memicu problem penuaan dini. Belimbing wuluh mempunyai kandungan vitamin C & vitamin A yg berguna untuk kesehatan & keindahan kulit.

Anda juga bisa, buat masker belimbing wuluh yg berguna menjadikan wajah menjadi cerah, berseri & halus.

Untuk buat maskernya, pertama-tama siapkan 10 buah belimbing wuluh, pastikan semuanya telah dicuci menggunakan air bersih.

Setelah itu Anda haluskan belimbing wuluh yg sudah dibersihkan tersebut hingga hancur (lumat). Sehingga nantinya bisa, menempel di kulit.

Anda sanggup menambahkan air hangat jikalau terlalu kental. Anda aplikasikan belimbing wuluh yg telah dihancurkan tersebut pada kulit wajah. Setelah itu biarkan selama 10 menit / lebih.

Agar bisa, memperoleh khasiat maksimal, maka sebelum mengaplikasikan masker belimbing wuluh tersebut pada wajah, bersihkan wajah menggunakan sabun khusus pembersih wajah.

Adapun ketika yg paling sempurna untuk menggunakan ramuan masker ini yaitu sebelum tidur.

Dengan kandungan flavonoid yg terkandung pada belimbing wuluh, dimana flavonoid mempunyai sifat antioksi& yg berguna untuk memperbaiki sel kulit & menjaga kesehatan kulit.

4. Mengobati Batuk
Ketika penyakit batuk muncul, menjadikan acara yg dijalankan sehari-hari menjadi terganggu. Sehingga walaupun penyakit batuk bukanlah jenis penyakit yg serius, namun lantaran menganggu tetap harus secepatnya disembuhkan.

Penyakit batuk ini rentan menyerang, terutama pada anak-anak. Anda bisa, mengobati batuk secara alami, yaitu dengan menggunakan belimbing wuluh.

Bahan-bahan2 yg perlu disiapkan:
  • 3 buah belimbing wuluh
  • 200 cc air
  • Gula secukupnya

Cara Membuat Ramuannya:
  1. Pertama-tama campurkan air, belimbing wuluh & gula pada satu wadaj.
  2. Tim selama 1 jam. 
  3. Lalu angkat, tunggu hingga mendingin.
  4. Lalu Anda saring air belimbing wuluh menggunakan kain.
  5. Lalu bagilah menjadi dua, yaitu semoga diminum di pagi & malam hari. Minum sebelum makan.

Dalam resep diatas, Anda bisa, mengganti gula dengan madu. Hal itu terserah Anda (sesuai dengan selera Anda). Minum ramuan ini secara rutin untuk memperoleh khasiat yg maksimal.

5. Mengobati Diabetes
Belimbing wuluh mempunyai khasiat elok untuk mengatasi penyakit diabetes. Penyakit diabetes termasuk jenis penyakit yg cukup berbahaya dampaknya, akhir dari tingginya kadar gula di dalam darah.

Penyebab kadar gula dalam darah yg tidak terkontrol (tidak normal) disebabkan badan kekurangan zat insulin, dimana zat insulin berfungsi penting dalam mengendalikan kestabilan kadar gula dalam darah.

Zat insulin dihasilkan oleh pankreas. Ketika seseorang terkena diabetes menimbulkan zat insulin berkurang secara signifikan, yg hal itu berarti bahwa organ pankreas se&g mengalami problem dalam memproduksi zat insulin yg mencukupi bagi tubuh.

Kandungan di dalam belimbing wuluh berguna bagi penderita diabetes. Di dalam belimbing wuluh terkandung senyawa saponin & flavonoid, yg berguna untuk membantu meningkatkan produksi zat insulin oleh pankreas, & juga berguna untuk memulihkan sel-sel pankreas yg mengalami kerusakan.

Kondisi diabetes menimbulkan penderitanya tidak bisa, memperoleh asupan nutrisi & energi yg mencukupi, dimana penderita diabetes umumnya sering kelelahan & juga merasa lemas.

Kandungan zat tanin yg ditemukan di dalam buah belimbing wuluh berguna untuk membantu menurunkan kadar gula darah tinggi menjadi ke tahap normal.

Kandungan kalsium oksperalatan di dalam belimbing wuluh berguna untuk mencegah pengeroposan pada tulang. Penderita diabetes bisa, terkena resiko komplikasi berupa penyakit pengeroposan tulang, serangan jantung, gagal ginjal, obesitas & gangguan hati.

Anda bisa, mekhasiatkan belimbing wuluh untuk pengobatan alami pada penyakit diabetes, bisa, dengan cara dimakan langsung, /pun diolah sesuai harapan (selera).

Cara gampang untuk mengolah belimbing wuluh sebagai obat alami, langkah-langkahnya:
  1. Pertama-tama siapkan 6 buah belimbing wuluh (pilih yg telah masak).
  2. Kemudian belimbing wuluh dicuci menggunakan air higienis yg mengalir.
  3. Lalu Anda lumatkan semua belimbing wuluh tersebut, hingga balasannya benar-benar halus.
  4. Lalu rebuslah menggunakan satu gelas air.
  5. Biarkan mendidih, hingga tersisa airnya setengah gelas saja.
  6. Lalu angkat, & tunggu agak mendingin.
  7. Lalu saring air rebusannya & minum. 

Minum ramuan belimbing wuluh ini dua kali sehari, yaitu pada pagi & sore hari.

Meskipun ramuan belimbing wuluh berguna untuk mengobati diabetes, namun terdapat efek sampingnya jikalau dikonsumsi terlalu banyak.

Berlebihan dalam mengonsumsi ramuan belimbing wuluh menjadikan terjadinya gangguan pada lambung, maag, gastritis & ra&g lambung. Hal itu disebabkan belimbing wuluh mempunyai tingkat keasaman yg sangat tinggi.

Loading...

6. Mengobati Sakit Gigi
Belimbing wuluh bisa, Anda khasiatkan sebagai pengobatan alami untuk menyembuhkan sakit gigi. Timbulnya penyakit gigi umumnya lantaran a&ya basil yg berkembang pada gigi yg berlubang.

Belimbing wuluh mempunyai kandungan zat yg bisa dengan baik melawan bakteri, sehingga baik dipakai untuk mengobat sakit gigi. Untuk pekhasiatan-nya, Anda bisa, mengkonsumsi belimbing wuluh ketika sakit gigi tiba mendera.

Belimbing wuluh membantu meredakan sakit gigi. Cara lainnya dari mekhasiatkan belimbing wuluh untuk mengobati sakit gigi, yaitu dengan cara: pertama-tama tumbuk belimbing wuluh hingga halus. Lalu letakan pada gigi yg berlubang & sakit.

7. Menghilangkan Panu
Panu adalah penyakit pada kulit yg terjadi akhir serangan jamur. Penyakit kulit ini seringkali menyerang badan pada belahan tangan, wajah, leher, bahu, punggung & tangan.

Kandungan di dalam belimbing wuluh mempunyai fungsi sebagai anti jamur, yg berguna untuk membantu menghilangkan panu sedikit demi sedikit.

Jamur penyebab timbulnya penyakit panu ini adalah Candida Albicans. Gejala awal panu umumnya yaitu muncul bercak-bercak putih pada kulit. Panu bersifat menular, sehingga jamur bisa, terus tumbuh & menjalar kebagian badan lainnya.

Penyakit panu cukup menganggu lantaran menimbulkan rasa gatal-gatal, terutama ketika se&g berkeringat.

Anda bisa, mekhasiatkan belimbing wuluh untuk mengobati panu, yaitu dengan memarut belimbing wuluh, kemudian diaplikasikan pada kulit yg terkena panu.

Cara lainnya, Anda perlu menyiapkan belimbing wuluh & kapur sirih. Kombinasi adonan belimbing wuluh & kapur sirih akan menjadi bahan2 yg ampuh untuk mengobati panu & jamur.

Cara buat ramuannya: Pertama-tama tumbuk halus belimbing wuluh & campurkan bersama kapur sirih secukupnya. Setelah itu, ramuan tinggal Anda oleskan pada belahan panu, kemudian biarkan hingga mengering, kemudian gres bilas menggunakan air bersih.

Untuk menghindari panu, maka jangan mengenakan baju yg ketat, hindari terlalu usang berada di bawah sinar matahari langsung, hindari menggunakan handuk milik orang lain, kenakan pakaian yg bisa menyerap keringat, & mandi secara teratur (tiga kali sehari).

8. Untuk Kesehatan & Keindahan Bibir
Bahan-bahan2 alami bersama-sama sudah banyak tersedia untuk melaksanakan perawatan bibir secara alami, salah satunya Anda bisa, mekhasiatkan belimbing wuluh untuk bibir. Penggunaan belimbing wuluh untuk bibir sangat mudah.

Pertama-tama siapkan belimbing wuluh, kemudian Anda belah & oleskan ke bibir secara merata. Namun, dalam melaksanakan perawatan ini, kondisi bibir dihentikan dalam keadaan pecah-pecah.

Hal itu lantaran jikalau menggunakan belimbing wuluh pada bibir pecah-penuh, malah menimbulkan problem bibir becah-pecah semakin parah, lantaran sifat asam belimbing wuluh yg tinggi.

Belimbing wuluh sanggup Anda khasiatkan untuk memerahkan bibir secara alami. Kandungan vitamin C & vitamin A di dalamnya tenyata mempunyai khasiat untuk membantu bibir menjadi lebih merah. Manfaatkan belimbing wuluh dengan cara dioleskan sebanyak dua kali dalam sehari.

Kandungan senyawa yg ada di dalam buah belimbing wuluh berguna untuk menstimulasi kelembaban pada bibir, serta menutrisi pigmen merah yg ada di dalam bibir. Hal inilah yg menimbulkan penggunaan belimbing wuluh bisa, buat warna bibir menjadi lebih merah.

Pekhasiatan belimbing wuluh juga bisa, untuk mencegah bibir menghitam. Kandungan buah belimbing wuluh berupa senyawa flavonoid, berfungsi untuk menghilangkan flek hitam yg menempel di bibir, sehingga bertahap flek hitam menghilang.

Belimbing wuluh juga berguna mencegah bibir kering. Senyawa antioksi& yg ditemukan di dalam belimbing wuluh berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Dimana serangan radikal bebas bisa, berdampak jelek pada kesehatan bibir & menimbulkan bibir menjadi kering.

Belimbing wuluh sanggup mencegah bibir mengelupas & pecah. Kandungan di dalam belimbing wuluh berguna untuk mencegah bibir mengelupas, selain itu sanggup meregenerasi sel-sel pada bibir yg telah mati.

9. Untuk Kulit Tubuh
Tentunya orang-orang ingin mempunyai kulit yg lebih higienis & cerah. Ada cara alami yg bisa, dilakukan yaitu dengan mekhasiatkan belimbing wuluh. Jika dikonsumsi, belimbing wuluh mempunyai kandungan antioksi& yg menjaga kulit dari radikal bebas, serta menjadikan kulit lebih baka muda.

Nutrisi pada belimbing wuluh yg meliputi protein, lemak, vitamin A, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin C, vitamin B1, kalium & beberapa lainnya. Manfaat kandungan belimbing wuluh sanggup membantu menjaga kesehatan & kecerahan kulit tubuh.

Bahan yg perlu disiapkan untuk bisa, mencerahkan kulit tubuh, yaitu belimbing wuluh secukupnya & air hangat.

Cara melakukannya, pertama-tama haluskan belimbing wuluh menggunakan blender (bisa, juga dengan diulek), sesudah itu campurkan dengan air hangat di dalam sebuah wadah. Kemuduan aduk hingga tercampur rata.

Anda perlu membersihkan badan dengan cara mandi, & gunakan sabun mandi.

Lalu keringkan badan menggunakan handuk yg halus, sehingga kulit menjadi lembut & pori kulit badan terbuka.

Lalu Anda oleskan ramuan tadi pada seluruh tubuh, menyerupai hanya melaksanakan lulur.

Setelah selesai mengoleskan, maka diamkan selama 15 menit (hingga ramuan mengering di kulit).

Setelah itu, barulah membilas kulit hingga bersih. Selesai.

Disarankan untuk melaksanakan terapi ini sebelum tidur, semoga kulit bisa, lebih santai & juga balasannya akan mengoptimalkan khasiat kandungan belimbing dalam menjaga kesehatan & mencerahkan kulit badan secara menyeluruh.

Kandungan di dalam belimbing wuluh bekerja untuk mengangkat sel kulit mati, mencegah kulit kering, menghilangkan warna gelap, serta buat kulit menjadi lebih halus, cerah & bersinar.


10. Menghilangkan Jerawat
Kandungan di dalam belimbing wuluh berguna untuk membantu menghilangkan & mengempeskan nanah membandel. Kandungan zat asam yg ada di dalam belimbing wuluh memperlihatkan efek sedikit sakit bagi nanah aktif.

Tetapi dengan kandungan antioksi& yg ada di dalamnya, bisa membantu mengerutkan & buat samar nanah di kulit wajah, hingga bisa, menghilangkan jerawat.

Untuk buat ramuan belimbing wuluh, maka caranya pertama-tama ambilah tiga buah belimbing wuluh segar. Kemudian basuh hingga bersih.

Setelah itu belimbing wuluh diparut & diberikan sedikit garam. Kemudian tempelkan ramuan ini pada kulit yg berjerawat. Selesai.

Lakukan terapi alami ini sebanyak dua kali dalam sehari.

11. Mengobati Sariawan
Sariawan adalah salah satu problem lisan yg cukup menganggu, lantaran efek rasa sakit yg muncul pada lisan menjadikan makan & minum menjadi kurang nikmat.

Ada beberapa cara yg bisa, dilakukan untuk menyembuhkan sariawan menggunakan belimbing wuluh.

=> Cara pertama:
Sediakan segenggam .bunga belimbing wuluh, gula jawa secukupnya, & secangkir air. Kemuduan masukkan ketiganya di dalam sebuah panci, kemudian rebus hingga mejadi kental.

Lalu saring rebusan ini, sesudah itu gunakan untuk membersihkan mulut. Bisa juga Anda gunakan untuk mengoleskan pada sariawan yg ada di mulut.

=> Cara kedua:
Siapkan 2/3 genggam .bunga belimbing wuluh (sebelumnya dicuci hingga bersih), kemudian rebuslah dengan 3 gelas air hingga, biarkan mendidih hingga air rebusan hanya tersisa 2 gelas saja.

Lalu angkat & tunggu agak mendingin. Lalu saring ampasnya & air rebusan dibagi menjadi tiga, untuk diminum pada pagi, siang & malam (tiga kali dalam sehari).

=> Cara ketiga:
Siapkan 10 .bunga belimbing wuluh, beberapa asam jawa, & gula aren. Kemudian rebus ketiganya menggunakan 3 gelas air.

Biarkan air rebusan mendidih hingga hanya tinggal tersisa ¾ belahan (dari air 3 gelas tersebut).

Lalu ambil air rebusan, & saring air rebusan dari ampasnya. Minum ramuan ini untuk 2 kali dalam sehari.

Kaprikornus dari air rebusan itu, Anda minum setengah bagiannya, kemudian simpan setengahnya lagi untuk diminum di sore / malam hari.

Menggunakan belimbing wuluh untuk mengatasi sariawan memang bisa, menyembuhkan, akan tetapi rasanya cukup perih jikalau sariawan dioleskan dengan belimbing wuluh ini. Tampaknya jikalau ingin sariawan bisa, sembuh dengan cepat, perlu menahan rasa sakit dari efek pengobatannya.

12. Obat Rematik
Penyakit rematik menyerang banyak sekali organ & jaringan badan menyerupai tulang, otot, sendi, bahkan darah. Penyakit rematik menimbulkan kondisi yg amat mengganggu bagi kegiatan sehari-hari.

Hal itu disebabkan ketika penyakit rematik kambuh maka gerak badan menjadi sangat terganggu, selain jug a&ya rasa nyeri yg muncul.

Munculnya rematik sanggup lantaran faktor pera&gan maupun berat ba& yg berlebihan. Agar bisa, mengobati rematik, Anda bisa, memanfatkan belimbing wuluh. Caranya:
  1. Pertama-tama ambil segenggam daun belimbing wuluh, kemudian dicuci hingga bersih.
  2. Lalu tumbuk belimbing wuluh hingga halus, & tambahkan kapur sirih. Keduanya dicampur.
  3. Setelah itu gosokkan pada belahan badan yg terasa sakit.

Cara lannya:
  1. Pertama-tama siapkan 100 gr daun muda belimbing wuluh, 10 biji cengkeh, & 15 biji merica yg dicuci kemudian digiling hingga halus.
  2. Lalu Campurkan semuanya dalam satu wadah, kemudian tambahkan dengan cuka ke dalamnya. Campur semuanya hingga membentuk menyerupai adonan.
  3. Setelah itu Anda oleskan ramuan tersebut pada belahan badan yg terasa sakit.

13. Gusi Berdarah
Dari laman Kompas.com, bahwa untuk mengatasi gusi berdarah bisa, dengan mengonsumsi buah belimbing wuluh yg segar maupun manisannya, lakukan setiap hari.

Disarankan untuk mengonsumsi dua buah belimbing wuluh dalam sehari. Hal ini berguna membantu menanggulangi problem  gusi berdarah.

14. Kompres Sakit Gondongan
Untuk melakukannya, siapkan setengah genggam daun belimbing wuluh & tiga siung bawang putih. Cara buat ramuannya, pertama-tama tumbuk daun belimbing wuluh bersama bawang putih. Kemudian kompreskan pada belahan yg terkena gondongan.

15. Mengatasi Pegal Linu
Daun belimbing wuluh bisa, Anda jadikan obat alami untuk pegal linu. Untuk yg sering mencicipi nyeri / pegal linu lantaran beratnya pekerjaan sehari-hari, maka bisa, mengatasinya dengan dukungan daun belimbing wuluh.

Untuk mengobati pegal linu, caranya:
  1. Pertama-tama siapkan segenggam daun belimbing wuluh yg masih muda
  2. Siapkan juga 15 biji lada, 10 biji cengkeh & cuka secukupnya. 
  3. Kemudian, semua bahan2 tersebut dijadikan satu.
  4. Kemudian dilumatkan bersama cuka. 
  5. Setelah itu, balurkan pada belahan badan yg terasa sakit.

16. Sebagai Obat Alami
Dari laman Kompas.com menyebutkan bahwa buah belimbing wuluh mempunyai khasiat sebagai obat alami. Hal ini dijelaskan oleh spesialis flora obat, yaitu Dr Setiawan Dalimarta.

Dr. Setiawan menjelaskan bahwa sifat kimiawi & efek farmakologis yg terdapat pada belimbing wuluh berupa rasa asam & sejuk. Itu berguna untuk membantu menghilangkan rasa sakit, mengatasi pera&gan, memperbanyak pengeluaran empedu, & peluruh kencing.

17. Manfaat Lainnya
Satu lagi khasiat yg cukup menarik dari belimbing wuluh, selain sanggup berguna sebagai obat alami, belimbing wuluh juga sanggup Anda gunakan untuk mengusir karat pada besi & baja.

Sehingga tidak mengherankan bahwa dahulu para punggawa & kerabat keraton di Solo, Yogyakarta & Cirebon menggunkan belimbing wuluh untuk mencuci gaman (senjata tajam). Entah itu berupa keris, pe&g, cundrik, tombak, & lainnya. Dengan tujuan semoga tidak gampang terkena karat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "17 Khasiat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan, Diet, Darah Tinggi, Kulit, Wajah, Dll"

Posting Komentar