Pembengkakan Kelenjar Getah Bening (Gejala, Penyebab & Pengobatannya)

Kelenjar getah bening berada di banyak di titik-titik serpihan tubuh, hanya saja ada serpihan titik-titik tertentu yg mempunyai kelenjar yg lebih banyak.

Beberapa serpihan badan yg banyak terdapat kelenjar getah bening yaitu di dada, leher, ketiak & selangkangan paha.

Pembengkakan kelenjar getah bening merupakan sebuah keadaan dimana kelenjar getah bening yg terdapat sel darah putih di dalamnya mengalami duduk masalah pembesaran.

 Kelenjar getah bening berada di banyak di titik Pembengkakan Kelenjar Getah Bening (Gejala, Penyebab & Pengobatannya)
Sumber gambar: Emedicinehealth.com  

Keberadaan kelenjar getah bening di dalam badan bekerjsama mempunyai fungsi yg sangat penting, dimaa kelenjar getah bening yaitu serpihan dari sistem kekebalan tubuh.

Manfaat sistem kekebalan badan yaitu untuk menangkal serangan infeksi virus & basil pada tubuh, sehingga tidak mengakibatkan duduk masalah kesehatan.

Dengan begitu sistem getah bening merupakan serpihan penting dari sistem kekebalan tubuh. Kelenjar getah bening berfungsi untuk menyaring cairan bening yg mengalir, kemudian menangkap bakteri, virus, & zat asing lainnya, yg sesudah itu akan dihancurkan oleh sel darah putih khusus yg disebut limfosit.

Umumnya ketika kelenjar getah bening mengalami duduk masalah berupa infeksi, maka kelenjar getah bening akan membengkak. Setelah infeksi mulai mereda maka kelenjar getah bening kembali mengempis sedikit demi sedikit.

Anda perlu berhati-hati ketika terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening, hal itu lantaran dikhawatirkan bisa, menjadikan duduk masalah yg serius. Anda perlu untuk pergi ke dokter ketika mengalami tanda-tanda berupa:
  1. Terasa sakit ketika kelenjar getah bening terasa disentuh / ditekan.
  2. Saat kelenjar getah bening mulai membengkak, secara tiba-tiba kondisi badan menjadi lemah, lesu &  tidak bersemangat.
  3. Saat malam hari, sering mengalami berkeringat.
  4. Pembengkakan kelenjar getah bening terjadi selama  dua ahad / lebih.
  5. Munculnya duduk masalah di tenggorokan berupa rasa perih, susah untuk menelan makanan, & mengalami gangguan dalam bernapas.
  6. Terkena demam yg usang sekali sumbuhnya.
  7. Tungkai mengalami bengkak, akhir kondisi penyumbatan sistem getah bening.
  8. Terjadi penurunan berat ba& secara tidak wajar.

Infeksi yg memicu resiko pembengkakan kelenjar getah bening yaitu ra&g tenggorokan, infeksi telinga, infeksi gigi & mulut, infeksi pada kulit, penyakit campak, mononukleosis, & HIV (virus penyebab AIDS).

Walaupun kelenjar getah bening berada di banyak titik-titk serpihan tubuh, tetapi umumnya terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening terkonsentrasi pada serpihan leher, serpihan bawah dagu, ketiak, & pangkal paha. Bagian-bagian tersebut yg sering terkena duduk masalah pembengkakan.

Dalam kondisi sehat (normal), kelenjar getah bening tidak teraba, bila memang teraba maka itupun terasa kecil sekali.

Terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening mengakibatkan ukurannya membesar, hingga jadinya bisa, terlihat ibarat benjolan.

Pada masalah yg telah terjadi, seringnya pembengkakan kelenjar getah bening muncul lantaran serangan virus / bakteri. Terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening akhir infeksi disebut dengan ‘limfadenitis’.


Penyebab Terjadinya Pembengkakan Kelenjar Getah Bening
Penyebab pembengkakan kelenjar getah bening yg paling sering yaitu disebabkan serangan infeksi virus / bakteri. Tetapi umumnya infeksi yg diakibatkan masih dalam tahap ringan.

Beberapa imbas yg ditimbulkan dari infeksi ringan tersebut yaitu pilek, demam kelenjar, infeksi telinga, infeksi gigi, infeksi tenggorokan, ra&g amandel, & infeksi kulit (selulitis).

Saat kondisi pembengkakan, pada kelenjar getah bening yg mengalami abuh sanggup menimbulkan rasa sakit. Selain itu, terka&g penderita juga mengalami demam, batuk, & nyeri tenggorokan.

Terdapat beberapa faktor yg bisa, meningkatkan resiko pembengkakan kelenjar getah bening, yaitu:
  1. Campak, yaitu penyakit akhir serangan infeksi virus yg dampaknya menimbulkan tkamu bintik-bintik merah pada kulit.
  2. Tuberkulosis, terjadi akhir infeksi basil yg mengakibatkan munculnya tanda-tanda batuk dalam waktu lama.
  3. Sifilis, yaitu penyakit akhir infeksi basil yg penyebarannya ditularkan melalui hu.bungan seksual.
  4. Rubella, yaitu penyakit akhir infeksi virus yg menimbulkan ruam berupa bintik-bintik kecil berwarna merah pada kulit.
  5. Rheumatoid arthritis, yaitu penyakit autoimun yg menyerang sendi tubuh, yg menimbulkan rasa sakit / nyeri.
  6. Penyakit lupus, merupakan jenis penyakit autoimun yg menyerang pada sel darah, kuit, sendi, & organ tubuh.
  7. Sarcoidosis, merupakan penyakit yg menimbulkan tanda-tanda berupa gumpalan pada jaringan tubuh, hingga jadinya membengkak.
  8. Cytomegalovirus, merupakan penyakit akhir serangan infeksi virus yg penularannya melalui media urine & air liur.
  9. HIV, merupakan penyakit akhir infeksi virus yg melemahkan sistem imun tubuh.

Pada insiden pembengkakan kelenjar getah bening akhir kanker, umumnya pembengkakan yg terjadi cukup besar, bahkan semoga abuh bisa, menjadi kempes maka prosesnya bisa, menunggu beberapa minggu.

Ciri-ciri lainnya yaitu ketika disentuh maka kelenjar dirasakan cukup keras, namum tidak menimbulkan rasa sakit ketika disentuh ibarat itu.

Ciri-ciri lainnya yaitu menimbulkan keringat di malam hari, & berat ba& menurun secara tidak masuk akal penyebabnya.

Beberapa teladan jenis kanker yg sanggup menjadikan resiko pembengkakan kelenjar getah bening yaitu limfoma non-Hodgkin & leukemia limfositik kronis. Kedua jenis kanker tersebut di dalam badan akan melaksanakan kerusakan pada sel darah putih.

Sebenarnya, meningkatnya resiko pembengkakan kelenjar getah bening tersebut tidak hanya lantaran munculnya dua jenis kanker tersebut.

Pada jenis kanker selainnya yg tumbuh di serpihan badan manapun, tetap bisa, menimbulkan resiko lantaran ada kemungkinan kanker bisa, menyebar ke kelenjar getah bening.

loading...

Pengobatan Pembengkakan Kelenjar Getah Bening  
Apabila Anda se&g mengalami pembengkakan kelenjar getah bening, yg kemudian muncul rasa sakit, berikut beberapa tips penting yg bisa, Anda lakukan di rumah:

Anda bisa, melaksanakan kompres hangat. Caranya, pertama-tama siapkan kain lap higienis & air panas. Celupan kain lap ke dalam air panas, kemudian kain tersebut diperas. Kemudian ditempel ke serpihan badan yg mengalami bengkak.

Hati-hati, hindari menempelkan kain yg masih terlalu panas pada kulit tubuh, yg menjadikan kulit kepanasan / melepuh.

Ketika rasa sakit muncul maka Anda bisa, minum obat antinyeri. Anda bisa, menggunakan obat penghilang rasa sakit (analgetik), jenis obat tersebut bisa, dibeli secara pribadi dari apotek (tanpa resep dokter).

Jenis obat penghilang rasa sakit yaitu ibuprofen, aspirin & acetaminophen (parasetamol).

Untuk bisa, memulihkan kondisi badan dengan lebih optimal, maka sangat penting semoga Anda melaksanakan istirahat yg mencukupi, kalau bisa, Anda melaksanakan tidur siang selama 30 menit, selain juga melaksanakan tidur malam yg cukup & berkualitas.

Anda harus menghindari melaksanakan acara yg terlalu berat. Dengan istirahat yg cukup, sangat mempunyai kegunaan semoga sistem kekebalan badan bisa, menjadi lebih kuat.

Pada umumnya, kondisi pembengkakan akhir virus bisa, kembali normal sesudah badan sudah terbebas dari infeksi virus tersebut.

Sehingga dalam keadaan ibarat ini tidak diperlukan penggunaan antibiotik. Hal itu lantaran penggunaannya tidak memperlihatkan khasiat berarti dalam mengatasi infeksi virus.

Untuk pengobatan pembengkakan kelenjar getah bening lantaran penyebab lainnya, maka akan dijelaskan dibawah ini (dimana pengobatan sangat tergantung dari penyebabnya):
  • Gangguan Autoimun, dimana pembengkakan terjadi akhir penyakit autoimun ibarat lupus / rheumatoid arthritis. Untuk pengobatannya yaitu perlu mengatasi gejalanya & juga menekan (menurunkan fungsi) respon imun semoga tidak berlebihan.
  • Untuk pengobatan dari duduk masalah pembengkakan akhir infeksi basil yaitu dengan menggunakan antibiotik. Adapun apabila diakibatkan infeksi HIV, maka perlu campur tangan dokter sepenuhnya, dimana dokter biasanya akan memperlihatkan obat khusus.
  • Pembengkakan akhir kanker akan diobati tergantung dari jenis kanker yg menyerang. Bentuk pengobatan biasanya sanggup berupa operasi, kemoterapi & radiasi. Dokter biasanya juga akan memperlihatkan pilihan pada pasien pada bentuk pengobatan untuk dirinya

Ingat, Anda harus pergi ke dokter ketika kondisi pembengkakan kelenjar getah bening mempunyai karakteristik berikut ini:
  • Pembengkakan terus memperbesar, bahkan terus ada selama dua hingga empat minggu.
  • Pembengkakan timbul tanpa lantaran yg jelas.
  • Pembengkakan terasa keras sekali.
  • Muncul rasa demam, keringat malam & penurunan berat ba& yg tidak masuk akal (aneh).
  • Muncul sakit tenggorokan & susah menelan makanan.


Pengobatan oleh Dokter
Kondisi pembengkakan kelenjar getah bening yg masih tahap ringan, maka umumnya sanggup sembuh dengan gampang & dalam waktu yg tidak lama, asalkan bisa, menjaga badan dengan baik, ibarat istirahat yg cukup & meningkatkan asupan air putih.

Biasanya yg dilakukan orang-orang untuk meredakan tanda-tanda nyeri yg muncul, yaitu dengan menggunakan obat-obatan pereda rasa sakit ibarat paracetamol & ibuprofen. Obat jenis ini sanggup dibeli secara bebas di apotek.

Apabila dirasa perlu untuk mengonsultasikan duduk masalah pembengkakan kelenjar getah bening ke dokter, maka metode pengobatannya nantinya oleh dokter akan diadaptasi dengan keadaan pasien, serta apa yg mendasari dari penyakit pasien.

Sebagai contoh, ketika terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening akhir infeksi bakteri, biasanya dokter akan memperlihatkan resep berupa obat antibiotik.

Apabila pembengkakan yg terjadi diakibatkan oleh penyakit autoimun ibarat lupus, rheumatoid arthritis, & lainnya, maka akan dilakukan terapi untuk mengobati penyakit yg mendasarinya.

Apabila pembengkakan kelenjar getah bening diakibatkan oleh kanker, maka biasanya dokter akan mengambil tindakan berupa mekanisme bedah /pun kemoterapi.

Komplikasi dari Pembengkakan Kelenjar Getah Bening
Komplikasi yaitu hal yg tidak diinginkan. Komplikasi bisa, muncul apabila infeksi penyebab pembengkakan kelenjar tidak mendapat pengobatan yg baik, /pun terlambat untuk diobati.

Komplikasi yg terjadi berupa pembentukan abses. Dimana nanah yaitu sekumpulan nanah yg muncul lantaran duduk masalah infeksi. Nanah tersebut merupakan ga.bungan dari sel darah putih, bakteri, cairan, & jaringan mati.

Apabila duduk masalah komplikasi ini bisa, hingga muncul, penanganannya oleh dokter biasanya dengan pertolongan resep obat antibiotik, serta akan diterapkan proses drainase yg bertujuan untuk bisa, membersihkan cairan nanah tersebut.

Kondisi cairan nanah ketika itu yaitu terjebak di dalam tubuh, tepatnya terjebak di serpihan bersahabat organ vital, hal ini cukup mengkhawatirkan lantaran bisa, menjadikan timbulnya duduk masalah pada serpihan tersebut. Sehingga perlu dibersihkan.

Jenis komplikasi penyakit lainnya, yaitu diawali dengan duduk masalah bakteremia, itu merupakan kondisi infeksi di dalam fatwa darah.

Infeksi yg tidak segera diobati dengan baik akan mengakibatkan terjadinya peningkatan risiko tersebarnya basil ke dalam fatwa darah, hal ini sanggup menjadikan sepsis.

Masalah sepsis ini sangat serius, lantaran dampaknya yg terburuk yaitu resiko gagal organ badan & kematian.

Penderita yg mengalami duduk masalah sepsis biasanya akan dirawat di rumah sakit, yg nantinya akan menjalani terapi antibiotik melalui pembuluh darah.

Referensi: Webmd.com, Mayoclinic.org, Medlineplus.gov, & lainnya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pembengkakan Kelenjar Getah Bening (Gejala, Penyebab & Pengobatannya)"

Posting Komentar