17 Manfaat Habbatussauda: Untuk Diet, Daya Ingat, Pencernaan, Anti-Kanker, Dll

Habbatussauda yg dikenal juga dengan nama jintan hitam, mempunyai khasiat penting dalam kesehatan & lainnya.

Habatussauda ialah tumbuhan semak belukar yg tumbuh liar di wilayah menyerupai benua Afrika cuilan utara, Asia & Jazirah Arab.

Nama ilmiah Habatussauda ialah Nigella sativa. Bentuk tanamnnya berbatang pendek, dengan tinggi 50 cm. Warnanya sangat cepat bermetamorfosis hitam jikalau terkena udara.

 Habbatussauda yg dikenal juga dengan nama jintan hitam 17 Manfaat Habbatussauda: Untuk Diet, Daya Ingat, Pencernaan, Anti-Kanker, dll
Habbatussauda & Produk

Sekarang ini, sudah ada lebih dari 150 penelitian yg dipublikasikan di jurnal-jurnal ilmiah, yg membuktikan akan manfat Habatussauda.

Penelitian-penelitian yg dilakukan sebagian besar berasal dari Eropa, terutama negara Jerman & Austria yg mempromosikan bentuk pengobatan yg bersifat herbal.

Adapun bagi umat Islam sendiri, Habatussauda mempunyai keisimewaan tersendiri. Di dalam Ash-Shohihain yg diriwayatkan dari hadist dari Ummu Salamah dari Abu Hurairah R.A, bahwa Rasulullah Shallallhu alaihi wassalam bersabda:

“Hendaklah kalian mengkonsumsi Habbatussauda’ , alasannya yakni didalamnya terdapat kesembuhan dari setiap penyakit, kecuali saam. Se&gkan saam artinya kematian.”

Airti kesembuhan ini dalam sabda dia ialah bersifat umum. Sehingga bisa, dikatakan bahwa khasiat Habbatussauda ini mempunyai potensi pada penyembuhan terhadap setiap penyakit.

Habatussauda mempunyai kandungan mineral, vitamin, protein nabati & asam lemak tak jenuh. Di dalam habbatussauda terdapat asam lemak esensial berguna untuk kesehatan kulit, rambut, selaput lendir, hingga untuk kestabilan produksi hormon di dalam tubuh.

Habatussausa juga memmiliki kandungan nigellon yg tergolong jenis zat antioksi& alami, menyerupai vitamin A & C. Beberapa penelitian menandakan bahwa fungsi zat nigellon ini bisa menunjukkan pinjaman pada badan dari masuknya zat-zat absurd yg berpotensi berbahaya.

Kandungan lainnya yaitu glutathion yg berfungsi untuk melindungi badan dari serangan radikal bebas.

Manfaat Habbatussauda

1. Sebagai Anti-Kanker
Habbatussauda bisa, berguna sebagai anti-tumor bagi tubuh. Pada sebuah Kongres Kanker International di New Delhi, khasiat minyak habbatussauda ini diperkenalkan oleh para ilmuwan kanker dari Immuno-biology Laboratory di South California.

Habbatussauda diykini bisa merangsang sumsum tulang & sel-sel kekebalan di dalam tubuh. Yang sanggup menghancurkan sel-sel tumor & memperkuat antibodi tubuh.

Pada sebuah penelitian mencoba mengetahui acara antitumor dari zat thymoquinone & thymohydroquinone yg diberikan ke tikus. Hasilnya, kedua fitokimia yg terkandung di dalam minyak biji hitam tersebut (thymoquinone & thymohydroquinone) bisa menurunkan 52% sel tumor.

Dengan kedua zat berguna tersebut menjadikan habbatussauda berguna untuk membantu mencegah & mengobati penyakit kanker, dengan melalui banyak sekali prosedur yaitu anti-angiogenesi, anti-metastasis, anti-proliferasi & induksi apoptosis Oksigen.

Sebuah penelitian yg dipublikasikan di jurnal Biochem Pharmacol juga menyebutkan a&ya khasiat habbatussauda sebagai anti-tumor dari zat thymoquinone yg telah diselidiki berguna untuk menghindari dilema pada organ usus besar, prostat, pankreas & kanker paru-paru.

Mengenai khasiat habbatussauda untuk mengatasi kanker usus. Pada sebuah penelitian menemukan khasiat habbatussauda sebagai anti-kanker dalam menghambat pertanaman sel-sel kanker usus besar.

Penelitian tersebut menggunakan obyek hewan. Hasilnya menemukan bahwa kandungan di dalam habbatussauda bisa melawan kanker usus besar pada tikus secara ampuh tanpa menunjukkan imbas samping yg merusak.

Dijelaskan juga bahwa kandungan di dalam habbatussauda berfungsi untuk menghambat karsinogenesis (sejenis zat kanker) dari merusak usus.

Sebuah penelitian oleh National University of Singapore, Singapore menghubungkan-hubungkan khasiat ekstrak zat thymoquinone dari habbatussauda bisa untuk menurunkan resiko kanker payudara, serta juga mencegah tumbuhnya tumor.

Penelitian oleh Indian Institute of Technology Kharagpur, West Bengal, India menemukan bahwa zat thymoquinone di dalam habbatussauda telah terbukti mempunyai acara antineoplastik terhadap banyak jenis tumor, termasuk juga mengatasi kanker payudara.

Sebuah studi menghubungkan khasiat habbatussauda untuk pencegahan & penurunan tanda-tanda kanker otak. Studi ini juga diterbitkan di jurnal PLoS One.

Studi menemukan bahwa zat thymoquinone yg terkandung di dalam habbatussauda sanggup menginduksi kematian sel pada sel glioblastoma. Glioblastoma ialah salah satu tumor otak yg sangat bergairah & berbahaya.

Sebuah penelitian mengenai khasiat habbatussauda untuk mengatasi kanker mulut menandakan bahwa zat thymoquinone yg ada di dalam habbatussauda sanggup menginduksi apoptosis sel pada sel kanker mulut. Sehinga khasiatnya sangat penting untuk pencegahan berkembangnya sel kanker mulut.

Penelitian lainnya juga menandakan bahwa kandungan di dalam habbatussauda ini berguna dalam pencegahan & menurunkan tanda-tanda jelek akhir leukemia.


2. Menetralkan Racun Dalam Tubuh
Mengonsumsi habbatussauda berguna sebagai detoks bagi tubuh. Mengonusmsi masakan yg kurang sehat menyerupai junk food & masakan siap saji menimbulkan masuknya kandungan zat racun ke dalam tubuh.

Keberadaan zat racun di dalam badan berdampaj pada terganggunya sistem metabolisme tubuh, serta sanggup menunjukkan gangguan pada fungsi organ tubuh.

Tkamu-tkamu terjadinya penumpukan racun di dalam badan yaitu kepala gampang pusing, penyakit diare, pernafasan tidak lancar, pikiran sulit fokus & daya pikir melemah.

Di dalam habbatussauda ini mempunyai kandungan saponin yg berguna untuk membersihkan racun yg menumpuk di dalam tubuh.

Prof. Wadi’ah Shalih Bakr. Dirinya ialah seorang Doktor di bi&g Biokimia dari Universitas di Inggris. Di dalam disertasinya, dia menyebutkan imbas dari ekstrak habbatussauda’ pada enzim-enzim nukleotida di dalam jaringan.

Dia mememaparkan bahwa ada beberapa laporan laboratorium yg menandakan khasiat ekstrak habbatussauda untuk pengobatan.

Salah satunya, kandungan ekstrak habbatussauda yg diberikan pada binatang tikus, diketahui berguna untuk melindungi organ hatinya dari dilema keracunan yg ditimbulkan oleh enzim D-Glukosa Amyn (El Dakhakhny and Madi, 1995).

Penelitian tesebut kemungkinan besarnya menggunakan obyek tikus yg sengaja dimasukan racun ke dalam tubuhnya.

Dr. Ghomidi yg berasal dari Universitas King Faishal di Damam, juga melaksanakan penelitian khasiat habbatussauda. Penelitian juga menggunakan obyek tikus, tujuan penelitian guna mengetahui seberapa besar dampak emulsi habbatussauda untuk memproteksi organ hati dari masuknya zat beracun berupa carbon.

Hasil penelitian menemukan bahwa kandungan di dalam habbatussauda bisa, berguna untuk menurunkan dampak jelek zat racun carbon tetrachloride pada organ hati.

Penelitian lainnya yg diterbitkan di Majalah Phytother Res, 2003. Hasil penelitian menunujukan bahwa tikus-tikus yg diberikan asupan minyak habbatussauda mempunyai resiko lebih kecil mengalami kerusakan organ hati akhir zat racun.

3. Diabetes
Sebuah penelitian yg pernah diterbitkan di majalah Tohoku J Exp Med, pada terbitan september 2003, para peneliti dari Turki meneliti khasiat habbatussauda untuk diabetes. Penelitian dilakukan terhadap 50 ekor tikus yg terjangkiti penyakit diabetes.

Tikus-tikus tersebut dibagi menjadi dua kelompok. Pada kelompok yg pertama, tikus-tikus diberikan asupan minyak atsiri habbatussauda selama 30 hari berturut-turut. Adapun pada tikus kelompok yg kedua diberikan cairan mineral, namun tidak diberikan asupan ekstrak minyak habbatussauda.

Hasilnya, pada kelompok tikus yg diberikan minyak habbatussauda secara rutin mengalami penurunan kadar gula dalam darah, peningkatan kadar insulin & peningkatan acara sel-sel pankreas (yg berfungsi dalam mensekresikan insulin).

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa hal itu bisa, menjadi indikasi pada khasiat habbatussauda yg bisa untuk mengobati penyakit diabetes.

Pada studi yg diterbitkan di Journal of Endocrinology and Metabolism, para peneliti dari Dewan Riset Medis India mencari tahu perihal khasiat bahwa minyak jintan hitam (habbatussauda).

Hasilnya ditemukan bahwa fungsinya sanggup membantu proses regenerasi parsial sedikit demi sedikit sel pankreas tubuh, menjaga kestabilan kadar insulin di dalam badan biar mencukupi sesuaai kebutuhan, & mengurangi glukosa yg bisa, berdampak jelek di dalam tubuh.

Disebutkan bahwa habbatussauda berguna untuk pencegahan diabetes tipe 1 & tipe 2.

Para peneliti menemukan bahwa hanya konsumsi dua gram habbatussauda setiap hari bisa berguna untuk buat kadar gula darah berkurang, bersamaan dengan itu juga buat terjadinya penurunan resistensi insulin, & juga peningkatan fungsi sel di pankreas.

Loading...

4. Menurunkan Berat Ba&
Habbatussauda berguna untuk buat berat ba& bisa, lebih gampang untuk diturunkan, dimana penurunan berat ba& terjadi alasannya yakni pembakaran kalori di dalam badan yg berjalan dengan baik.

Pada Studi yg dipublikasikan jurnal Diabetes Metab Disord menemukan a&ya sifat anti-obesitas pada habbatussauda yg mempunyai keefektifan cukup baik dalam membantu menurunkan berat ba&. Peneliti menjelaskan bahwa studi lebih lanjut diperlukan.

Penelitian lainnya juga mengungkap bahwa kandungan di dalam habbatussauda efektif untuk membantu menekan nafsu makan yg berlebihan.

Pada sebuah penelitian, dimana penelitian dilakukan dengan membagi penerima menjadi dua kelompok. Semua penerima terdiri dari wanita, dengan total 88 orang.

Para peneliti kemudian memerintahkan pada kelompok untuk mengkonsumsi tiga gram jintan (habbatussauda) yg dicampurkan ke dalam yogurt. Yang dikonsumsi ketika waktu makan siang & makan malam.

Adapun kelompok kedua diperintahkan untuk mengkonsumsi yogurt saja. Selain memerintahkan hal tersebut, para peneliti juga memerintahkan pada semua penerima dari dua kelompok untuk melaksanakan diet rendah kalori.

Hasil penelitian tersebut menandakan bahwa kedua kelompok tersebut sama-sama mengalami penurunan berat ba&.

Namun, pada kelompok pertama yg mengkonsumsi habbaussauda mengalami penurunan berat ba& lebih efektif dibandingkan dengan kelompok kedua.

Kelompok pertama mengalami penurunan indeks massa tubuh, penurunan ukuran lingkar pinggang, & penurunan massa lemak badan yg lebih besar dibandingkan kelompok kedua.

5. Untuk Kesehatan Rambut
Ada banyak faktor yg menimbulkan rambut rontok, menyerupai alasannya yakni kurangnya asupan nutrisi penting untuk rambut, imbas samping obat yg dikonsumsi, kemoterapi & gangguan hormon tubuh.

Salah satu penyebab terjadinya rambut rontok ialah alasannya yakni kekurangan asupan zinc.  Kekurangan zinc berpotensi menimbulkan rambut melemah & memiu kerusakan rambut. Selain itu, pertanaman rambut melambat.

Fungsi Zinc juga berperan dalam menjaga proses reproduksi sel, mempertahankan sekresi kelenjar di folikel rambut, perbaikan jaringan yg rusak & memaksimalkan pertanaman jaringan.

Di dalam habbatussauda terkandung kadar Zinc yg tidak mengecewakan tinggi, selain itu juga terkandung antidioksi&. Kandungan tersebut berguna untuk kesehatan rambut, serta mencegah munculnya ketombe.

Saat ini, terdapat majemuk perhiasan kandungan zinc yg bisa, Anda peroleh dengan mudah. Banyak orang yg menggunakan perhiasan zinc untuk mengatasi dilema rambut rontok & rambut yg menipis.

Adapun secara herbal / tradisional, maka habbatussauda ini sudah sering dikhasiatkan untuk mencegah rambut rontok, menjaga kesehatan rambut & memperkuat akar rambut.

Untuk penggunaan minyak habbatussauda pada rambut sehingga Anda bisa, memperoleh khasiatnya, maka Anda cukup mengoleskannya secara merata di cuilan kulit rambut yg mengalami dilema menyerupai kerontokan. Lalu biarkan selama sejam, gres sehabis itu bersihkan rambut & keramas.

6. Untuk Kesehatan Kulit
Anda bisa, mekhasiatkan kandungan di dalam habbatussauda untuk kesehatan kulit. Caranya bisa, dengan diminum maupun dioleskan pada kulit.

Di dalam habbatussauda terkandung vitamin & omega yg berguna untuk melembutkan & menghaluskan kulit. Selain itu, khasiatnya juga bisa untuk mencegah munculnya tkamu penuaan dini (anti-aging).

Manfaat lainnya dari minyak jintan hitam (habbatussauda) yaitu bisa mengurangi rasa sakit & iritasi pada kulit. Dengan mempunyai sifat anti pera&gan, maka habbatussauda ini bisa, Anda khasiatkan untuk mengatasi dilema jerawat. Untuk penggunaannya bisa, dengan mengolesan minyak jintan hitam.

Manfaat lainnya yaitu untuk meremajakan kulit. Untuk penggunannya, pertama-tama oleskan minyak Jintan Hitam pada wajah (sebelumnya wajah dibasahi & dibersihkan dengan air), kemudian diamkan selama 15 menit, terakhir bilas wajah hingga bersih. Lakukan seminggu beberapa kali untuk khasiat mempertahankan keremajaan kulit.


7. Meningkatkan Daya Ingat & Konsentrasi
Habbatussauda mempunyai asam linoleat (omega 6 & omega 3) yg sangat penting keberadaannya untuk perkembangan sel otak yg baik yg berguna untuk menjaga kemampuan daya ingat & daya pikir.

Kandungan di dalam habbatussauda juga berfungsi untuk melancarkan peredaran darah ke otak. Mengonsumsi jintan hitam ini berfungsi sebagai energi bagi otak, serta menurunkan resiko pikun pada seseorang.

Manfaat habbatussauda juga bisa mencegah kerusakan otak akhir timbal & racun yg beresiko merusak organ otak. Hal ini menurut sebuah studi yg diterbitan dalam jurnal Experimental and Toxicologic Pathology menemukan bahwa habbatussauda berguna untuk itu.

8. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Ekstrak Habbatussauda menyerupai dipaparkan oleh Profesor G Reimuller, seorang Direktur Institut Immunologi dari Universitas Munich, bahwa kandungan di dalam habbatussauda bisa untuk memperuat imun tubuh, sehingga badan sanggup lebih berpengaruh dalam menangkal serangan penyakit.

Habbatusauda di dalamnya banyak terdiri dari protein, vitamin, mineral. Sehingga mempunyai khasiat yg cukup ampuh dalam mencegah reaksi pera&gan pada tubuh. Selain itu juga berguna untuk menjaga stamina badan & mengontrol keseimbangan hormonal di dalam tubuh.

Bagi yg mengalami sakit kepala dengan tipe tension headache (sakit kepala diakibatkan rasa stress) maka mengonsumsi habbatussauda bisa menurukan gejalanya. Demikian juga dilema sesak nafas alasannya yakni asma masih bisa, diatasi oleh habbatussauda.

Adapun untuk asam lambung (gastritis) maka konsumsi habbatussauda tidak banyak membantu. Hal utama yg perlu dilakukan dalam mengatasi asam lambung ialah hindari masakan yg sangat pedas & asam.

Terdapat beberapa bukti ilmiah yg menunujukan kandungan di dalam habbatussauda bisa secara efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, termasuk bisa, bekerja untuk menangkal perkembangan kanker & menurunkan reaksi alergi dari imbas antihistamin.

9. Berkhasiat Untuk Ibu Hamil & Balita
Kandungan Omega 3, Omega 6, & Omega 9 yg terkandung di dalam jintan hitam merupakan kandungan penting bagi perkembangan jaringan janin di dalam kandungan. Demikian juga bawah umur di masa pertanaman harus diperkuat sistem imunnya sehingga tidak gampang terjangkit penyakit. Anda tidak gampang terkena flu & pilek di trend hujan.

Manfaat untuk kekebalan badan ini terdapat pada habbatussauda, yg baik & disarankan untuk memberikannya pada anak. Selain itu, menunjukkan anak berupa habbaussauda ini juga berguna untuk perkembangan otaknya biar berjalan fungsinya dengan baik.

10. Melancarkan Air Susu Ibu (ASI)
Habbatussauda yg di dalamnya terkandung lemak tidak jenuh & juga fungsi struktur hormonal yg berguna untuk melancarkan ASI. Sehingga dilema produksi ASI yg minim, mengatasinya bisa, dengan mekhasiatkan jintan hitam. Hal ini menurut penelitian tahun 1989 yg diterbitkan di dalam literatur penelitian Universitas Potchestroom.

11. Untuk Kesehatan Sistem Pencernaan
Kandungan di dalam jintan hitam ini berupa minyak volatif & atsiri berguna penting dalam menjaga kesehatan & fungsi pencernaan. Dalam dunia pengobatan tradisional, minyak atsiri sering dimanfatkan untuk pengobatan diare.

Pada sebuah penelitian pada tahun 1992 yg dipublikasikan  jurnal Farmasi Pakistan, menemukan bahwa minyak volatile lebih ampuh untuk membunuh basil E Coli & strainbakteri V Colera daripada antibiotik menyerupai Tetracillin &Ampicillin.

12. Mencegah Alzheimer
Sebuah penelitian yg dilakukan dengan obyek binatang percobaan, menemukan bahwa habbatussauda bisa berguna meringankan dampak penyakit alzheimer. Beberapa penelitian lainnya juga menemukan hasil yg memperkuat perihal khasiat habbatussauda ini.

Bahkan para peneliti memaparkan bahwa habbatussauda berguna untuk meningkatkan kemampuan berpikir, memperkuat perhatian & kewaspadaan, serta bisa, memulihkan ingatan.

13. Membantu Menghilangkan Candu Narkoba
Terdapat sejumlah penelitian yg menemukan bukti awal bahwa habbatussauda berguna untuk meminimalisir tanda-tanda putus obat ‘opiat’, yg itu merupakan salah satu jenis narkotika.

Peneliti menjelaskan bahwa khasiat ini bisa, diperoleh dengan mengonsumsi habbatussauda sebanyak tiga kali dalam sehari, yg dilakukan selama 12 hari. Manfaat Habbatssauda juga membantu untuk mengurangi tekanan darah tinggi.

14. Mengatasi Gangguan Tidur
Habbatussauda memilii kandungan saponin yg mempunyai kegunaaan menyerupai halnya kortikosteroid, yaitu berfungsi untuk menunjukkan dampak pada organ jantung, ginjal, syaraf & otot tubuh. Manfaat zat saponin ini yaitu menunjukkan ketenangan & kenyamanan pada tubuh.

15. Mengatasi Penyakit Asma
Asma ialah sebuah kondisi a&ya pera&gan jangka panjang di terusan napas, gejalanya berupa sulit bernapas pada penderitanya, & juga batuk-batuk. Menurut penelitian, ekstrak habbatussauda jikalau dikonsumsi dalam kadar sempurna bisa meredakan batuk-batuk & mengi. Selain itu, khasiatnya juga bisa meningkatkan kesehatan & kerja organ paru-paru yg baik.

Namun, peneliti juga memaparkan bahwa habbatussauda tidak bisa, seefektif teofilin & salbutamol dalam mengatasi penyakit asma.

16. Mengatasi Kejang Pada Pasien Epilepsi Anak-Anak
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa meminum ekstrak habbatussauda sebanyak 40mg setiap delapan jam, yg dilakukan selama empat ahad bisa untuk menurunkan frekuensi terjadinya kejang pada pasien epilepsi anak-anak.

Hal ini berdasarkan sebuah penelitian oleh Mashhad University of Medical Sciences, Ghaem Medical Center, Mashhad, Iran, yg menemukan bahwa habbatussauda ternyata mempunyai imbas antiepilepsi pada anak, yg sanggup membantu untuk mencegah munculnya kejang.

17. Sebagai Anti Histamin
Histamin merupakan jenis zat yg diproduksi di dalam tubuh, yg efeknya bisa, menimbulnya alergi menyerupai pada asma bronchial. Kandungan di dalam minyak & habbatussauda bisa berfungsi untuk mengisolasi ditymoquinone. Yang jadinya menunjukkan khasiat positif untuk meringankan tanda-tanda asma bronchial.

Sebuah penelitian di tahun 1993 oleh Nirmal Chakravaty MD menandakan hasil bahwa kristal dari niggelone (habbatussauda) bisa menunjukkan imbas suppressive, yg bekerja untuk untuk menghambat protemkinase C.  Protemkinase C merupakan zat yg menimbulkan terjadinya pelepasan histamin yg tinggi di dalam tubuh.

Pada penelitian lainnya oleh Dr Med. Peter Schleincher. Dia ialah spesialis immunologi dari Universitas Munich, Jerman. Penelitian dilakukannya dnenga melaksanakan pengecekan pada 600 orang yg mengalami dilema alergi.

Hasil dari penelitiannya menandakan bahwa sebagian besar mereka (peserta) yg mengalami dilema asma, alergi pada serbuk &  jerawat, mengalami pemulihan yg sangat baik sehabis mengonsumsi asupan minyak habbatussauda. Dijelaskan juga bahwa habbatussauda bisa secara efektif untuk mengatasi penyakit influenza.

Efek Samping Habbatussauda

Habbatussauda maupun ekstraknya secara umum kondusif untuk dikonsumsi, hanya saja penggunaan habbatussauda hanya untuk jangka pendek saja. Sekarang ini, belum ada para andal yg menunjukkan proposal untuk penggunaan habbatussauda dalam jangka panjang.

Pada sebagian orang, pengaplikasian habbatussauda pada kulit bisa, menimbulkan timbulnya alergi. Efek lainnya dari habbatussauda ialah memperlambat pembekuan darah, menurunkan tingkat tekanan darah, menurukan tingkat gula darah & meningkatkan resiko perdarahan

Mengonsumsi / penggunaan habbatussauda secara berlebihan akan berdampak cukup buruk, sebagaimana imbas yg ditmbulkan menyerupai tekanan darah rendah, gula darah rendah & dilema pendarahan.

Seperti halnya obat pada umumnya, penggunaan habbatussauda ada aturannya yg penting untuk diingat, hal itu alasannya yakni imbas samping yg diberikannya tersebut.

Hanya saja hingga kini belum ada isu ilmiah yg memadai untuk penentuan stkamur pada takaran penggunaan jintan hitam / habbatussauda ini. Sehingga, sebagai sarannya ialah jangan berlebihan dalam mengonsumsinya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "17 Manfaat Habbatussauda: Untuk Diet, Daya Ingat, Pencernaan, Anti-Kanker, Dll"

Posting Komentar