21 Makanan Sumber Protein Nabati (Keunggulan Protein Nabati)

Protein yaitu nutrisi yg sudah umum diketahui, khasiatnya sangatlah vital yaitu untuk meningkatkan fungsi otak, untuk pembentukan otot badan & banyak khasiat lainnya.

Kekurangan asupan protein menimbulkan persoalan kesehatan yg serius, dimana bagian-bagian badan tidak bisa berfungsi dengan normal. Oleh lantaran itu, nutrisi protein harus dipenuhi dalam setiap harinya.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kelebihan protein yg bersumber dari daging merah sanggup menimbulkan resiko kanker.

Dengan begitu, bergotong-royong tidak mengapa mengonsumsi daging merah untuk memperoleh protein, hanya saja perlu di-variasikan dengan jenis protein nabati.

Anda disarankan memenuhi asupan protein secara variasi, baik itu dari jenis protein hewani maupun protein nabati, jangan dari salah satunya saja.

Makanan Sumber Protein Nabati

1. Edamame
 Protein yaitu nutrisi yg sudah umum diketahui 21 Makanan Sumber Protein Nabati (Keunggulan Protein Nabati)
Edamame | Sumber gambar: Wikimedia.org
Edamame / yg biasanya dikenal di Indonesia dikenal dengan nama kedelai Jepang (kedelai rebus), mempunyai kandungan kaya akan vitamin A, vitamin C, protein & serat.

Hal yg luar biasa, edamame menjadi satu-satunya jenis sayuran yg mempunyai kandungan 9 asam amino esensial, dimana kandungan tersebut umumnya diperoleh dari konsumsi daging.

Pada satu cangkir edamame terdapat 11 gram protein (/ 11g protein per 100g).

Selain itu, edamame mempunyai kandungan 9 gram serat, 120 kalori, 2.5 gram lemak, & 13 gram karbohidrat.

Dahulu kedelai rebus ini dicibir sebagai kuliner murahan, padahal kenyataannya jenis kacang edamame ini yaitu sumber protein, serat, & juga antioksi& terbaik.

Dengan semakin luasnya ihwal warta gizi kepada masyarakat maka kini kacang edamame menjadi ‘naik daun’.

Yang membedakan edamame dengan jenis kacang kedelai lainnya yaitu bentuknya yg & rasanya yg lebih manis & lezat. Kandungan proteinnya yg tinggi memperlihatkan khasiat penting bagi tubuh.

Hal-hal lainnya dari edamame:
  • Kandungan antioksi& & isoflavon di dalamnya berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, mencegah penyakit jantung & mencegah kanker.
  • Bagi Anda pecinta sayuran maka disarankan mengonsumsi edamame lantaran mempunyai nutrisi protein lengkap, dimana di dalamnya terkandung sembilan asam amino esensial.
  • Kandungan seratnya berguna untuk kesehatan sistem pencernaan badan & mengatasi persoalan kadar kolesterol tinggi (LDL).
  • Selain itu, mengonsumsi edamame memperlihatkan rasa kenyg yg cukup lama, hal itu lantaran kandungan seratnya yg tinggi.

2. Tempe
Tempe merupakan kuliner sederhana yg mempunyai kandungan gizi yg tinggi. Warung-warung makan di Indonesia banyak menyediakan tempe sebagai sajian makanan.

Tempe kaya akan kandungan protein nabati. Anda bisa, dengan gampang untuk menemukan tempe, & harganya sangat murah. Pada setiap 100g tempe mengandung 11g protein.

Bahan kedelai yg merupakan bahan2 utama untuk buat kuliner tempe ini, mempunyai kandungan serat yg banyak sehingga berguna untuk membantu mengatasi persoalan penyakit LDL (kolesterol jahat).

Sebagai saran, bagi Anda yg ingin mekhasiatkan tempe untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh, maka hindari mengolah tempe dengan cara digoreng.

Tempe merupakan sumber protein nabati yg bebas lemak, yg buat tempe sangat cantik dikonsumsi bagi mereka yg se&g diet. Manfaat lainnya dari tempe:
  1. Konsumsi tempe bisa, meningkatkan kadar HDL, yg khasiatnya untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.
  2. Karena khasiatnya yg membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, tempe berguna besar bagi kesehatan jantung.
  3. Makan tempe berguna untuk menurunkan resiko penyakit degeneratif
  4. Tempe mempunyai kandungan mineral yg tinggi, berfungsi untuk mencegah penyakit kekurangan darah (anemia).
  5. Di dalam tempe terdapat nutrisi serat yg berguna untuk kesehatan pencernaan.
  6. Konsumsi tempe juga berfungsi untuk menjaga kesehatan & kekuatan tulang, sehingga sanggup menurunkan resiko osteoporosis.
  7. Tempe mengandung antioksi& yg berguna untuk menangkal serangan radikal bebas pada tubuh.
  8. Tempe mempunyai kandungan yg bersifat antibakteri & antibiotik, khasiatnya untuk mencegah penyakit diare & kolera.

Sebgai saran, hendaknya mengolah tempe dengan cara dibacem. Cara lainnya bisa, dengan digulai & direbus. Adapun yg kurang dianjurkan yaitu menggorengnya, hal itu lantaran buat gizi di dalam tempe menjadi berkurang.


3. Kacang Lentil
 Protein yaitu nutrisi yg sudah umum diketahui 21 Makanan Sumber Protein Nabati (Keunggulan Protein Nabati)
Kacang Lentil
Dalam setiap satu cangkirnya, lentil mempunyai 18 gram kandungan protein. Selain itu, lentil juga mengandung banyak nutrisi, menyerupai asam folat, zat besi, serat & vitamin B1.

Kandungan folat pada lentil tidak mengecewakan banyak, bahkan lebih banyak dari sayuran bayam. Kandungan asam folat ini sangat berguna bagi ibu hamil & kesehatan janin di dalam kandungan.

Warna kacang lentil bermacam-macam, ada yg berwarna coklat, kuning, hijau, jingga-kemerahan, & hitam. Selain itu, ukurannya juga berbeda-beda. Lentil dijual ada yg dengan kulitnya /pun tanpa kulitnya.

Kacang lentil kuning mempunyai tekstur lembut & juga gurih, sehingga sering dikhasiatkan sebagai bahan2 untuk sup kental, perkedel & lainnya.

Di Timur Tengah, lentil semenjak dari zaman dulu dikhasiatkan untuk buat belum dewasa biar bisa, berguru dengan lebih baik. Hal itu lantaran semenjak dahulu lentil dipercaya bisa meningkatkan daya konsentrasi.

Adapun di India lentil menjadi terkenal lantaran kandungan seratnya yg banyak, yg diyakini bisa mengatasi persoalan kolesterol tinggi & diabetes.

4. Biji Labu
 Protein yaitu nutrisi yg sudah umum diketahui 21 Makanan Sumber Protein Nabati (Keunggulan Protein Nabati)
Biji Labu | Sumber gambar: Torange.biz
Biji labu mengandung 19g protein per 100g. Biji labu ada di dalam buah labu, yg kemudian bisa, Anda olah. Biji labu mempunyai segu&g khasiat kesehatan. Oleh lantaran itu, dalam mengolah buah labu maka jangan membuang biji labunya.

Biji labu mempunyai kandungan kalium, protein, sodium, vitamin A, vitamin B12, vitamin B6, vitamin C, magnesium & vitamin D. Berikut khasiat-manfaaat biji labu:
  • Kandungan vitamin A di dalam biji labu berguna untuk menjaga kesehatan mata.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Menjaga kadar air di dalam tubuh.
  • Membantu mencegah sariawan, lantaran kandungan vitamin C-nya.
  • Memaksimalkan proses peresapan pada zat besi di dalam tubuh. 
  • Membantu pembentukkan sel darah merah.
  • Membantu menjaga kesehatan jantung.

Khasiat dari biji labu juga untuk membantu mengobati diabetes. Kandungan di dalam biji labu bisa berfungsi untuk menjaga kenormalan kadar gula darah.

Kandungan magnesium yg terkandung di dalam biji labu juga berguna untuk mencegah penyakit jantung. Demikan juga kandungan serat pada biji labu berguna untuk menjaga kesehatan organ pencernaan tubuh.

5. Kacang Hitam
 Protein yaitu nutrisi yg sudah umum diketahui 21 Makanan Sumber Protein Nabati (Keunggulan Protein Nabati)
Kacang Hitam | Sumber gambar: Pixabay.com
Kacang hitam mengandung protein sebesar 7,6 g per ½ cangkir porsi (dimasak). Kandungan lainnya di dalam kacang hitam yaitu serat, folat, kalium, vitamin B6 & fitonutrien.

Kacang hitam mempunyai nutrisi protein nabatinya yg banyak, sehingga sanggup menjadikan Anda merasa kenyg lebih usang kalau mengonsumsinya.

Konsumsi kacang hitam juga disarankan bagi mereka yg mengalami persoalan diabetes. Hal itu disebabkan kandungan di dalam kacang hitam yg bekerja untuk membantu mengontrol gula darah di dalam badan biar stabil.

loading...

6. Kentang
Kentang juga mempunyai kandungan protein yg cukup mumpuni, walaupun jumlahnya masih di bawah kacang hitam. Kandungan lainnya di dalam kentang yaitu zat besi, karbohidrat, fosfor, kalsium & lemak nabati.

Kandungan protein, asam amino & vitamin B6 mempunyai tugas penting dalam pembangunan & pembentukan sel tubuh, untuk sintesis dari pembentukan DNA di dalam tubuh.

Kentang mempunyai kandungan potassium yg membantu untuk mengatasi persoalan kadar kolesterol tinggi. Nutrisi potasium bekerja untuk mencegah terjadinya penumpukan kolesterol di dalam darah.

Kandungan zat besi pada kentang berguna unutk kesehatan tulang, Kandungan-kandungan menyerupai zat Besi, magnesium, kalsium, fosfor & seng merupakan kandungan yg sangat penting dalam pertanaman tulang, kesehatan & kekuatan tulang.

Kandungan serat, kalim & beberapa vitamin di dalam kentang juga sangat penting bagi keseatan jantung.

7. Kacang Almond
 Protein yaitu nutrisi yg sudah umum diketahui 21 Makanan Sumber Protein Nabati (Keunggulan Protein Nabati)
Kacang Almond | Sumber gambar: Flickr.com
Kacang Almond mempunyai kandungan protein yg tinggi, yaitu dalam setiap 100g mempunyai kandungan protein sebanyak 22g . Selain itu, kacang almond kaya akan nutrisi lainnya.

Kacang almond mengandung protein & vitamin E yg amat berguna bagi kesehatan kulit & rambut.  Kacang yg punya rasa enak ini juga berguna untuk menangkal banyak sekali penyakit serius.

Nutrisi lainnya yg terkandung di dalam kacang almond yaitu lemak tak jenuh, beberapa jenis vitamin B, vitamin E, kalsium, zinc, magnesium & zat besi.

Para peneliti menemukan bahwa makan kacang almond bisa berguna untuk menurunkan resiko kanker usus besar. Hal itu lantaran kacang almond mempunyai kandungan lemak sehat di dalamnya.

Konsumsi almond membantu untuk menurunkan kolesterol jahat. Dimana kandungan vitamin E di dalam almond bekerja sebagai antioksi& yg berfungsi memproteksi dari resiko kerusakan sel darah di dalam badan & mencegah terjadinya kendala pada arteri lantaran persoalan kolesterol.

Kacang almond juga membantu untuk menomalkan tekanan darah di dalam tubuh. Manfaat lainnya yaitu mencegah penyakit jantung.

8. Bayam
Bayam yaitu tumbuhan yg daunnya dikonsumsi sebagai sayuran hijau. Bayam pada awalnya berasal dari Amerika tropik, & kini sudah tersebar ke seluruh penjuru dunia lantaran khasiatnya yg penting bagi kesehatan.

Bayam mengandung protein sebanyak 3 g per ½ cangkir porsi, selain itu bayam dikenal  banyak mengandung zat besi. Bayam yaitu kuliner super yg kaya akan gizi, berupa vitamin A, vitamin C, vitamin K, serat, protein, leutin, asam folat, zat besi, fosfor & zinc.

Bayam mempunyai kandungan kalium & zat besi yg berguna bagi kesehatan & fungsi organ mata. Kandungan vitamin A & zat besi berguna untuk menjernihkan mata, serta mencegah penyakit mata yg cukup ditakuti yaitu katarak & rabun.

Adapun penting konsumsi bayam pada belum dewasa lantaran khasiatnya yg bisa meningkatkan kemampuan daya pikir anak, sehingga anak bisa, lebih cerdas.

Kandungan zat besi & kalium di dalam bayam bermafaat untuk pertanaman & kekuatan tulang anak. Dimana di masa-masa pertanamannya, anak sangat memerlukan kecukupan akan kebutuhan kandungan kalium & zat besi.


9. Kacang Mete
 Protein yaitu nutrisi yg sudah umum diketahui 21 Makanan Sumber Protein Nabati (Keunggulan Protein Nabati)
Kacang Mete
Kacang mete mengandung protein sebesar 5g dalam ¼ cangkirnya. Kandungan lainnya pada kacang mete yaitu magnesium &  vitamin K yg jumlahnya tidak mengecewakan banyak. Kedua kandungan tersebut berguna bagi pertanaman & kesehatan tulang.

Kacang mete mempunyai kandungan kalori yg banyak, hal ini berguna untuk meningkatkan energi tubuh, yg sangat penting dalam memperlihatkan tenaga bagi badan & meningkatkan stamina guna menjalani acara padat sehari-hari.

Kandungan magnesium juga berguna untuk kesehatan fungsi saraf, yg juga buat rileks pembuluh darah & otot tubuh. 

10. Tahu
Tahu mengandung protein yg cukup tinggi. Tahu gampang untuk diperoleh, untuk mendapat sumber protein nabati. Pada setengah potong tahu berukuran besar memperlihatkan asupan 14g protein & 110 kalori.

Tahu sudah sangat terkenal di Indonesia, harganya sangat murah tetapi nutrisinya luar biasa. Tingginya gizi kuliner tahu lantaran bahan2nya dibentuk dari kedelai. Dan kedelai yaitu sumber protein nabati.

Tahu mengandung protein, zat besi, fosfor, magnesium, tembaga, selenium, kalsium & mangan.

11. Oatmeal
Oatmeal | Sumber gambar: Flickr.com
Oatmeal mengandung protein yg tidak mengecewakan tinggi. Oatmeal juga mempunyai indeks glikemik yg rendah, hal ini buat konsumsi oatmeal dalam jumlah banyak tinggi tidak menimbulkan lonjakan gula darah. Dengan begitu, oatmeal cukup cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Oatmeal mengandung serat yg berguna untuk menghambat peresapan kolesterol jahat, hal ini berguna untuk membantu menurunkan kolesterol, serta mencegah serangan jantung & stroke.

Kandungan serat di dalam oatmeal juga berguna untuk membantu mencegah tekanan darah tinggi.

Adapun khasiat dari sarapan oatmeal bisa, buat Anda sanggup kenyg lebih lama. Sehingga, mencega perut gampang keroncongan & mencegah makan berlebihan.

12. Jagung
Jagung mempunyai kandungan yg tidak mengecewakan bergizi, di dalam jagung terkandung nutrisi menyerupai karbohidrat, protein, mineral, kalium, serat, vitamin, asam linoleat, asam folat, beta karoten, & lainnya.

Vitamin C, karotenoid & bioflavinoid yg terkandung pada jagung berguna untuk kesehatan organ jantung. Hal itu lantaran konsumsi jagung berfungsi untuk membantu mengontrol kadar kolesterol & menjaga menjaga sirkulasi darah di dalam badan biar lancar.

Jagung merupakan sumber protein yg sangat pnting, pada 100 gram jagung terkandung sebanyak 9,2 gram protein. Manfaat kandungan protein ini untuk mengoptimalkan proses pembentukan jaringan otot & fungsi sel di dalam tubuh.

Jagung juga mempunyai kandungan kalium, yg berfungsi sebagai elektrolit tubuh, guna menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh, berguna untuk mencegah badan gampang dehidrasi, melancarkan proses buang air kecil, mengatasi asam urat, mencegah watu ginjal & nanah terusan kemih.

Jagung juga kaya akan serat yg berguna untuk kesehatan pencernaan tubuh, mencegah sembelit, & menurunkan resiko kanker usus besar. Jagung juga bermafaat untuk buat Anda kenyg yg lebih tahan lama.

13. Alpukat
Buah alpukat memang kandungan proteinnya  tidak terlalu tinggi, tetapi buah Alpukat kaya akan kandungan lemak tak jenuh yg sehat, alpukat juga mengandung kalium yg tinggi bahkan lebih tinggi dari pisang.

Sehingga, ada banyak khasiat kandungan sehat yg bisa, Anda peroleh dari buah alpukat. Alpukat mengandung serat yg khasiatnya untuk membantu menurunkan kadar kolesterol, serta menjaga kesehatan & fungsi usus.

Dalam sebuah studi, hasil studi pertanda bahwa terjadi penurunan kadar kolesterol sebesar 17%, dalam satu ahad pada pada penerima yg diminta memperbanyak konsumsi alpukat.

14. Brokoli
Brokoli merupakan sayuran yg tinggi nilai gizinya, salah satunya kandungan protein nabatinya. Orang-orang vegetarian umumnya rutin mengonsumsi brokoli lantaran gizinya yg tinggi.

Brokoli mengandung serat, vitamin, & antioksi& yg tinggi. Kandungan antioksi& yg terdapat pada brokoli berguna untuk menurunkan resiko terkena kanker. Hal itu lantaran zat antioksi& bekerja untuk menangkal serangan radikal bebas pada tubuh.

Pada 100g brokoli rebus, terkandung sebanyak 2g protein, 67mcg fosfor, 108 mcg folat, 40mg kalsium & vitamin A. Di dalam sayuran brokoli juga tekandung sulforaphane, yg merupakan senyawa anti kanker.

15. Quinoa
 Protein yaitu nutrisi yg sudah umum diketahui 21 Makanan Sumber Protein Nabati (Keunggulan Protein Nabati)
Quinoa | Sumber gambar: Wikimedia.org
Quinoa mempunyai kandungan protein nabati yg tidak mengecewakan tinggi. Juga terkandung asam amino lengkap, omega 6, vitamin E, flavonoid, polifenol, fitosterol, & lainnya.

Quinoa termasuk jenis biji-bijian, & disebut juga termasuk kuliner super oleh para ali gizi makanan. Dalam Per 100 gramnya, quinoa mengandung 4g protein, serat sebanyak 2,8g, zat besi sebanyak 1,5mg, magnesium (64mcg) & mangan (0,6mcg).

Quinoa juga mengadung sembilan asam amino esensial yg sangat penting bagi tubuh, sehingga quinoa sering disebut sebagai ‘protein sempurna’. Quinoa ini sanggup dijadikan sebagai pengganti yg baik untuk kuliner nasi. Anda bisa, sesekali mengganti sajian nasi menjadi quinoa.

16. Susu Kedelai
Susu kedelai mempunyai gizi yg hampir sama dengan susu sapi. Pada susu kedelai terkandung hampir 10 gram protein, kandungan protein pada susu kedelai cukup tinggi. Kandungan lainnya pada susu kedelai yaitu kalsium, vitamin D & lainnya.

Susu kedelau menjadi sumber protein nabati yg sangat baik. Nutrisi protein berguna untuk menjaga pertanaman badan yg baik, menyerupai rambut & kuku.

17. Kacang Polong
 Protein yaitu nutrisi yg sudah umum diketahui 21 Makanan Sumber Protein Nabati (Keunggulan Protein Nabati)
Kacang Polong | Sumber gambar: Pixabay.com
Kacang polong mengandung protein nabati. 1 Cangkir kacang polong menyediakan sebesar 8 gram protein nabati.

Kandungan lainnya di dalam kacang polong yaitu leusin, senyawa asam amino yg berguna untuk megoptimalkan proses metabolisme di dalam tubuh, serta membantu untuk menurunkan berat ba&.

18. Asparagus
Aparagus mempunyai gizi berupa kandungan protein, vitamin & mineral. Pada 1 cangkir asparagus cincang (4-6 biji asparagus) mempunyai kandungan sebanyak 4g protein nabati. Pada asparagus juga terkandung vitamin B & asam folat yg cukup tinggi, kandungan ini sangat penting terutama bagi Ibu hamil.

19. Biji Bunga Matahari
 Protein yaitu nutrisi yg sudah umum diketahui 21 Makanan Sumber Protein Nabati (Keunggulan Protein Nabati)
Biji Bunga Matahari | Sumber gambar: Pixabay.com
Biji .bunga mengandung protein nabati & majemuk mineral penting menyerupai magnesium, zat besi & selenium. Manfaat zat besi berfungsi untuk menjaga kelancaran proses pembentukan sel darah merah di dalam tubuh.

Adapun kandungan magnesium berguna untuk menjaga kepadatan & kekuatang tulang. Adapun kandungan protein nabati di dalam biji .bunga matahari tidak mengecewakan tinggi. Pada 100 gram biji .bunga matahari terkandung sebesar 21 gram protein.

20. Kedelai Hitam
Kedelai hitam juga menjadi sumber protein yg penting, selain itu mengandung zat besi, folat, potassium & serat. Cara mengolah kedelai hitam umumnya dengan cara direbus, / sebagai bahan2 tambahan2 untuk sup, salad & lainnya.

21. Kacang Kenari
Kacang kenari mempunyai bentuk yg terasa gurih, di dalamnya juga terkandung protein, asam lemak omega-3, biotin & mangan.

Yang menarik, di dalam kacang kenari tersedia kombinasi kandungan serat & protein, yg hal ini buat orang yg mengonsumsi kacang kenari bisa, merasa kenyg yg tahan lebih lama. Sehingga, bagi Anda yg ingin diet disarankan mengonsumsi kacang kenari.

Keunggulan Protein Nabati
Konsumsi protein tidak hanya dikamulkan dari daging merah, bahkan terlalu banyak mengonsumsi daging merah berdampak kurang baik bagi tubuh.

Daging merah yg memang kaya akan protein hewani, namun di dalamnya mengandung lemak tinggi yg bisa, memicu penyakit jantung, hati, stroke, gangguan ginjal, osteoporisis & kanker usus besar.

Sehingga, selain Anda mengonsumsi kuliner sumber protein hewani, disarankan biar Anda juga mengonsumsi sumber kuliner protein nabati.

Protein nabati umumnya mengandung asam glutamat yg yaitu salah satu jenis dari asam amino. Manfaat dari kandungan asam glutamat bisa mengontrol tekanan darah, sehingga Anda bisa, lebih  tercegah dari persoalan hipertensi.

Dengan lebih bisa terhindar dari persoalan hipertensi, maka hal ini sangat baik biar Anda juga lebih terhindari dari resiko penyakit jantung & stroke.

Referensi: Prevention.com & Lainnya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "21 Makanan Sumber Protein Nabati (Keunggulan Protein Nabati)"

Posting Komentar