Nutrisi & Masakan Yang Dianjurkan Untuk Ibu Hamil (Berdasarkan Trimester 1, 2 & 3)

Sudah umum diketahui, ibu hamil akan sangat memperhatikan kondisi janin yg ada di kandungannya biar tetap baik. Disinilah pentingnya ibu hamil memperhatikan nutrisi / gizi yg dikonsumsinya.

Hal itu alasannya yaitu apabila ibu hamil hingga kekurangan asupan nutrisi menimbulkan problem serius pada janin, serta sanggup membahayakan ibu hamil itu sendiri.

Ibu hamil harus berusaha untuk menjaga asupan nutrisi biar bisa, terpenuhi dengan baik. Pada kali ini akan disebutkan banyak sekali kebutuhan nutrisi ibu hamil pada trimester 1, 2 & 3.

Terdapat mitos yg menyebutkan bahwa ibu hamil perlu makan dua kali lipat lebih banyak, anggapan ini salah. Yang benar ialah ibu hamil harus meningkatkan gizi pada masakan yg dikonsumsi.

Intinya, dikala seorang perempuan hamil maka dirinya harus lebih selektif dalam menentukan makanan, hanya menentukan masakan yg bergizi tinggi saja. Makanan bergizi rendah yg biasanya dikonsumsi, perlu diganti dengan masakan bergizi tinggi.

Jika makan terlalu banyak maka bisa, buat ibu hamil kegemukan,& ini tidaklah baik.

Mengenai pantangan makanan, ibu hamil harus tahu apa saja masakan pantangan, yaitu masakan cepat saji, masakan instan (seperti mie, sosis, dll), junk food, masakan mentah / setengah matang, minuman bersoda, & semacamnya.

 ibu hamil akan sangat memperhatikan kondisi janin yg ada di kandungannya biar tetap bai Nutrisi & Makanan Yang Dianjurkan Untuk Ibu Hamil (Berdasarkan Trimester 1, 2 & 3)
Makanan Untuk Ibu Hamil | Sumber gambar: Momjunction.com

Bahaya Kekurangan gizi pada ibu hamil
Bekurangan nutrisi pada ibu hamil berakibat fatal, terutama untuk janin yg ada di kandungan. Beberapa ancaman dari ibu hamil yg kekurangan nutrisi:

1. Malnutrisi, merupakan penyakit kekurangan gizi yg menimbulkan ibu hamil rentan terhadap serangan penyakit. Selain itu, menimbulkan pertanaman janin mengalami gangguan.

2. Janin mengalami berat ba& yg rendah. Sehingga beresiko tinggi nantinya ibu hamil melahirkan bayi dengan berat ba& yg rendah. Hal inilah yg sering buat bayi harus berada di inkubator, guna membantu meningkatkan beratnya.

3. Anak mempunyai IQ yg rendah. Dimana asupan gizi yg tinggi sangat dibutuhkan untuk perkembangan saraf & kecerdasan otak.

4. Kekurangan nutrisi pada ibu hamil, menunjukkan resiko anak yg lahir akan mengalami keterbelakangan mental.

5. Pertanaman fisik anak berjalan lambat, selain itu bayi akan mengalami kemampuan penglihatan yg buruk, sertan rentan mengalami anemia.


Makanan / minuman yg dianjurkan untuk perempuan hamil

Air putih
Keberadaan cairan badan (terutama air putih) amat penting dalam memaksimalkan proses penyaluran nutrisi (dari masakan yg dikonsumsi ibu hamil) kepada bayi yg ada di dalam kandungan. Sehingga sangat berbahaya jikalau kekurangan minum air putih, alasannya yaitu meningkatkan resiko bayi lahir prematur.

Ibu hamil juga bisa, memperoleh asupan cairan, dengan cara mengonsumsi buah yg mempunyai kadar air yg tinggi & minum susu. Akan tetapi, jenis minuman ringan perlu dihindari alasannya yaitu memicu penakit tekanan darah tinggi yg sangat berbahya bagi ibu hamil.

Sayur-sayuran & buah-buahan
Ini ialah masakan wajib bagi ibu hamil alasannya yaitu sangat menyehatkan. Jangan hingga dalam satu hari, ibu hamil tidak mengonsumsi sayur-sayuran & buah. Disarankan mengonsumsi aneka sayur-sayuran & buah-buahan berbeda dalam setiap harinya, untuk memperoleh khasiat banyak asupan vitamin, mineral & serat yg penting bagi tubuh.

Sayur-sayuran & buah-buahan yg dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil:
  1. Sayuran brokoli, mengandung asam folat & kalsium mempunyai kegunaan untuk perkembangan tulang.
  2. Wortel, kaya dengan vitamin A berfungsi untuk memaksimalkan proses pembentukan organ mata & tulang bayi.
  3. Kacang merah, kaya akan protein, zat besi & antioksi&, yg berguna dalam mengoptimalkan perkembangan kognitif bayi.
  4. Kacang edamame, kaya akan asam folat, zat besi, protein, kalsium, vitamin A & vitamin B.
  5. Buah alpukat, kaya dengan asam folat, vitamin C, vitamin B6, potasium, & serat. Selain itu kaya akan asam lemak tidak jenuh tunggal yg bergua untuk proses pembentukan sel saraf, mata, & otak bayi.
  6. Buah pisang, mempunyai asupan potasium & vitamin B6 yg mempunyai kegunaan untuk proses kelancaran metabolisme tubuh.
  7. Buah apel, kaya dengan vitamin C & serat yg mempunyai kegunaan untuk mencegah kolesterol tinggi & mencegah sembelit.

Daging tanpa lemak, ikan, & telur
Makanan ibarat daging tanpa lemak, ikan, & telur mempunyai nutrisi protein yg tinggi, yg khasiatnya sangat penting untuk pertanaman bayi yg optimal. Asupan protein sangat dibutuhkan terutama pada enam bulan pertama bayi di dalam kandungan.

Makanan jenis daging yg disarankan dikonsumsi:
  1. Daging sapi, kaya akan kandungan protein yg berfungsi untuk memaksimalkan proses pembentukan struktur tulang, ketahanan badan (imun) & mencegah bayi lahir prematur. (Anjuran makan daging sapi ini, bukan berarti mengonsumsinya secara berlebihan, alasannya yaitu justru berdampak jelek bagi kesehatan).
  2. Daging ayam tanpa kulit, terutama pada penggalan dada yg rendah lemak & kolesterol. Manfaatnya untuk membantu melancarkan proses pembentukan janin, otot, & metabolisme tubuhnya.
  3. Telur, kaya dengan protein, lemak, omega-3 & kolin, yg berfungsi untuk mengoptimalkan proses perkembangan sel-sel otak & organ maya pada janin.
  4. Ikan tuna, kaya omega 3 yg berfungsi untuk pembentukan otak janin.
  5. Ikan salmon, mengandung omega 3 & DHA untuk perkembangan otak janin.

Penting untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi daging tanpa lemak, ikan, & telur. Perlu diketahui, ikan mengandung merkuri yg jikalau dikonsumsi secara berlebihan bisa, memicu sel kanker pada janin.

Hindari konsumsi masakan maritim yg sudah tidak segar, alasannya yaitu dikhawatikan mengandung banyak bakteri, zat arsenik, & benalu yg sanggup membahayakan janin. Ibu hamil disarankan mengonsumsi dua porsi ikan dalam perminggu.

loading...

Makanan sumber karbohidrat:
  1. Kentang, ialah sumber karbohidrat, vitamin, & mineral.
  2. Sereal, sumber karbohidrat yg kaya serat & asam folat. Nutrisi ini berfungsi untuk pertanaman janin.
  3. Oatmeal, kaya serat, zat besi, vitamin B & potasium.
  4. Nasi, sumber karbohidrat, kalau bisa, konsumsi nasi merah.

Selain itu, asupan karbohidrat terdapat pada jagung, pasta & roti. Karbohidrat kompleks juga sangat sehat sehingga disarankan dikonsumsi, asupan ini terdapat pada beras merah, biji-bijian utuh, buah-buahan & sayur-sayuran.

Asupan kalsium
Kebutuhan kalsium berguna untuk pembentukan tulang, asupan ini bisa, diperoleh dari:
  1. Susu rendah lemak
  2. Susu kedelai.
  3. Tahu & tempe.
  4. Jus jeruk (sebagai alternatif apabila ibu hamil mengalami alergi pada produk-produk olahan susu).

Jika ingin menggunakan perhiasan vitamin, maka perlu mengkonsultasikannya dahulu kepada dokter.

Kudapan sehat
Hindari menentukan masakan cemilan dari jenis masakan tinggi kadar garam & gula. Biasanya berasal dari masakan kemasan. Yang sehat untuk dikonsumsi yaitu: kacang mede, salad, ubi manis, pisang rebus, roti gandum & jagung.

Pemenuhan Nutrisi Berdasarkan Trimesternya
Dalam perjuangan pemenuhan nutrisi bagi ibu hamil, juga perlu mempertimbangkan faktor waktu trimester kehamilan.

Trimester 1 : Minggu 1-12
Trimester 2 : Minggu 13-28
Trimester 3 : Minggu 29-40

Trimester Pertama (Minggu Ke-1 Sampai Ke-12)
Masa-masa trimester pertama, kondisi janin gres mulai mengalami pembentukan & perkembangan. Dimana di dalam rahim terjadi pembentukan kantung janin, hingga nantinya berisi janin (sang calon bayi).

Saat ahad ke 1-4 masa kehamilan (/ satu bulan pertama masa kehamilan), hendaknya ibu hamil jangan lupa untuk memasukan asupan kalori pada sajian makanan. Yang berasal dari daging merah & daging unggas.

Terpenuhinya asupan kalori mempunyai kegunaan untuk menunjukkan energi bagi tubuh, biar proses pembentukan janin berjalan dengan optimal.

Saat Minggu ke 5-6, ibu hamil masih saja mengalami muntah & mual. Dalam masa ini, penting untuk selalu memasukan asupan yg berasal dari jenis sayuran hijau ke dalam sajian makanan. Nutrisi di dalam sayuran hijau kaya akan vitamin & mineral. Jenis nutrisi ini sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

Pada ahad ke 7-8 (perkembangan janin 2 bulan), dikala ini janin mulai mengalami pembentukan tulang rangka & badan secara umum. Sehingga, guna memaksimalkan proses pembentukan tulang perlu memenuhi kebutuhan kalsium.

Pada ahad ke-9, ibu hamil harus mengoptimalkan asupan vitamin C & Asam folat.

Pada ahad ke-10, ibu hamil utamanya perlu menjaga asupan protein yg mengandung asam amino yg tinggi. Manfaat kandungan asam amino untuk membantu proses pembentukan otak pada janin. Selain itu, pada masa ini perlu memenuhi asupan DHA & kolin. Yang kandungan-kandungan tersebut sangat diharapkan untuk mengoptmalkan pembentukan sel otak yg sehat.

Pada ahad ke-12 (perkembangan janin 3 bulan) ibu hamil utamanya harus menjaga asupan vitamin. Fungsinya untuk mencegah bayi lahir dengan cacat. Jenis vitamin yg diharapkan yaitu vitamin A, vitamin B1, B3, B2 & B6.


Trimester Kedua (Minggu Ke-13 Sampai Ke-28)
Saat trimester kedua, kondisi ibu hamil & janin terus mengalami kemajuan & perkembangan. Dengan begitu gizi yg dibutuhkan juga meningkat dibandingkan trimester pertama.

Pada ahad ke 13-16, ibu hamil tetap memerlukan asupan kalori yg mencukupi dalam setiap harinya, sehingga perhatikan baik-baik asupan ini. Pada masa ini, janin mengalami pembentukan sistem saraf pusat. Sehingga, ibu hamil jangan mengkonsumsi cokelat serta hindari (batasi) konsumsi kafein. Ini perlu dilakukan biar tidak menghambat perkembangan saraf sentra janin.

Pada ahad ke 17-23, yg benar-benar harus dipenuhi bagi badan ialah asupan serat. Kandungan serat bisa, diperoleh dari mengonsumsi sayuran & buah. Selain itu, ibu hamil wajib memenuhi asupan cairan, terutama air putih. Jangan hingga dalam dua jam, ibu hamil tidak mengonsumsi sama sekali air puih. Kekurangan cairan memicu penyakit sembelit.

Dalam masa-masa Trimester Kedua, perlu juga memperhatikan asupan zat besi & vitamin C, yg diharapkan untuk memaksimalkan proses pembentukan sel darah merah.

Keberadaan sel darah merah yg produksinya cukup di dalam tubuh, mempunyai tugas penting dalam menjaga proses pembentukan organ jantung & sistem peredaran darah bagi janin.

Pada ahad ke 24-28, ibu hamil benar-benar harus membatasi asupan garam, jangan hingga berlebihan. Adapun asupan yg perlu dipenuhi ialah omega-3 & vitamin E, yg khasiatnya untuk memaksimalkan fungsi & kerja organ otak pada janin. Selain itu, penuhi juga asupan zat antioksi& yg cukup bagi ibu hamil.

Trimester Ketiga (Minggu Ke-29 Sampai Ke-40)
Pada trimester akhir, asupan nutrisi juga harus tetap dijaga, terutama sangat penting untuk mempersiapkan energi yg cukup dalam menjalani proses persalinan nantinya. Dalam masa kehamilan dua bulan terakhir sebelum persalinan, organ otak janin tumbuh dengan sangat cepat.

Perhatikan asupan kalori yg cukup, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, piridoksin (vitamin B6) & air putih.

Makanan pantangan untuk ibu hamil
  1. Makanan mengandung zat aditif (seperti pewarna, perisa, & gula).
  2. Makanan instan, siap saji /pun junk food.
  3. Makanan tinggi kandungan MSG & garam. Karena memicu tekanan darah tinggi & dehidrasi.
  4. Makanan yg setengah matang (baik itu dari daging, ikan & telur).
  5. Makanan maritim yg mengandung merkuri.
  6. Kafein (jika berlebihan)
  7. Makanan yg tidak higienis
  8. Makanan mengandung kadar alkohol.

Jika ibu hamil mangalami diabetes gestasional
Diabetes gestasional merupakan istilah penyakit diabetes yg terjadi pada perempuan hamil. Pola makan yg sehat bagi ibu hamil yg mengalami diabetes yiatu:
  1. Konsumsi daging tanpa kulit.
  2. Jangan hingga terlalu banyak mengonsumsi masakan & minuman yg mengandung gula.
  3. Pilih asupan karbohidrat yg berindeks glikemik rendah, hal ini penting biar kadar glukosa dalam darah tidak terlalu tinggi.
  4. Pastikan menjaga contoh makan secara teratur.
  5. Pastikan untuk selalu memasukan sayuran & buah dalam sajian masakan sehari-hari.
  6. Dalam menentukan asupan lemak, pilih asupan masakan yg mengandung lemak tidak jenuh, ibarat alpukat & kacang-kacangan.

Jika ibu hamil mengalami hipertensi
Ibu hamil yg mengalami tekanan darah tinggi (hipertensi) maka harus memenuhi secara tepat kebutuhan badan akan asupan potasium, kalsium, & magnesium. Kandungan tersebut bisa, diperoleh dari alpukat, kacang-kacangan, ikan laut, sayuran bayam, buah pisang, & susu.

Penting juga memenuhi asupan serat yg banyak berasal dari buah-buahan & sayuran.

Ibu hamil yg mengalami hipertensi juga harus membatasi asupan garam, & jangan mengonsumsi minuman beralkohol yg sanggup memicu hipertensi.

Bahaya Paparan Polusi pada Ibu Hamil
Polusi udara banyak terjadi di kota-kota besar. Subah banyak penelitian yg dilakukan para andal perihal tingkat kesehatan masyarakat yg berada di sentra kota yg sangat padat, sehingga kondisi tersebut menimbulkan polusi udara yg tidak terelakan.

Sebuah penelitian yg dilakukan di negara Denmark, hasil penelitian menemukan asanya peningkatan risiko pre-eklampsia pada ibu hamil. Kondisi ini sangat berbahaya bagi ibu hamil yg tinggal di bersahabat jalan raya yg banyak kemudian lalang kendaraan penyebab polusi.

Pre-eklampsia ialah kondisi jelek berupa problem komplikasi penyakit, yg menimbulkan tergangguanya pemikiran darah & nutrisi ke janin melalui plasenta. Hal ini kesannya menimbulkan problem serius, berupa terhambatnya pertanaman & perkembangan janin.

Hal lainnya yg buat problem dari polusi ini, yaitu tingginya resiko stres yg bisa, dialami olehibu hamil. Kondisi stres yg dialami memicu terjadinya pera&gan, yg kesannya juga bisa, meningkatkan resiko terkena penyakit kronik.

Penelitian di denmark ini dipimpin Profesor Marie Pedersen dari University of Copenhagen. Penelitian dilakukan dengan melibatkan 72.745 perempuan yg se&g hamil.

Profesor Marie menjelaskan bahwa kepadatan kemudian lintas bisa, menunjukkan resiko problem kesehatan yg serius. Terutama lagi bagi Ibu hamil, sehingga kurang baik jikalau ibu hamil sering berada di jalanan yg banyak polusi kendaraan bermotor, alasannya yaitu sanggup menunjukkan problem pada pertunbuhan janin, & banyak sekali bagi kesehatan ibu hamil itu sendiri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nutrisi & Masakan Yang Dianjurkan Untuk Ibu Hamil (Berdasarkan Trimester 1, 2 & 3)"

Posting Komentar