30 Obat Sakit Gigi Berlubang & Gusi Bengkak

Kegiatan / pekerjaan sehari-hari bisa, sangat terganggu tanggapan rasa “nyut-nyut’ pada gigi. Bahkan sakit gigi yg sudah pada tingkat cukup parah menjadikan penderitanya tidak bisa, berpikir dengan baik.

Penyebab terjadinya sakit gigi (yg bahkan bisa, hingga berlubang), yaitu lantaran keberadaan plak & bakteri.

Di dalam lisan ada banyak jenis bakteri, dimana sisa makanan yg tertinggal di gigi akan digunakan basil untuk bertahan hidup, yg sesudah itu akan menimbulkan plak-plak di gigi.

Keberadaan plak ini bisa, mengakibatkan pengikisan pada gigi & terjadinya lubang kecil pada lapisan enamel gigi. Hal ini berbahaya lantaran mengakibatkan basil sanggup menembus lapisan gigi, bahkan sanggup menyerang saraf & pembuluh darah.

Hal inilah yg mengakibatkan penderita gigi berlubang mengalami rasa sakit yg parah.

 Bahkan sakit gigi yg sudah pada tingkat cukup parah menjadikan penderitanya tidak bi 30 Obat Sakit Gigi Berlubang & Gusi Bengkak
Photo Credit: Shutterstock.com

Penderita sakit gigi tentunya akan sangat memerlukan obat sakit gigi, apalagi jikalau kondisi gigi sudah hingga tahap berlubang sehingga menimbulkan rasa nyeri luar biasa.

Berbagai jenis obat sakit gigi yaitu obat anti-inflamasi nonsteroid (OAINS) menyerupai Ibuprofen, Naproxen Sodium, obat pereda nyeri menyerupai asam mefenamat, Natrium Diklofenak, Cataflam & beberapa jenis obat lainnya.

Berikut klarifikasi beberapa jenis obat sakit gigi berlubang:

1. Ibuprofen

Ibuprofen bisa, digunakan untuk meredakan rasa nyeri pada gigi. Selain juga Ibuprofen umum digunakan untuk pengobatan demam, sakit kepala, migrain, rheumatoid arthritis, nyeri haid & lainnya.

Ibuprofen termasuk jenis obat antiinflamasi nonsteroid. Jenis obat ini bisa, mengatasi & meredakan rasa sakit ringan hingga menengah, selain itu sanggup mengobati pera&gan.

Ibuprofen bekerja untuk meredakan rasa sakit dengan cara menghambat kerja enzim yg membantu proses produksi prostaglandin. Prostaglandin yaitu senyawa yg memicu terjadinya pera&gan & rasa sakit.

Penting untuk dinggat bahwa obat jenis ibuprofen ini hanya bekerja untuk meredakan tanda-tanda nyeri / rasa akit, namun tidak bisa, menyembuhkan dari penyebab penyakitnya.

Obat jenis ibuprofen ini mempunyai banyak bentuk menyerupai tablet, kapsul oral, suntik, & obat tetes.

Merk dagang: Arthrifen, Arfen, Bufect Forte, Brufen, Bufect, Farsifen Forte, Farsifen, Iprox, Ostarin, Prosinal, Proris, Proris Forte, Prosic, Rhelafen Forte, Rhelafen, Spedifen, & Yarifen.

Beberapa imbas samping yg bisa, terjadi sesudah mengonsumsi obat ibuprofen yaitu:
  • Mual & muntah
  • Gangguan pencernaan
  • Sakit kepala
  • Perut kembung
  • Diare / konstipasi
  • Nyeri ulu hati
  • Tukak lambung
  • Muntah darah
  • Tinja berwarna hitam / disertai darah

Aturan dalam penggunaan ibuprofen untuk sakit gigi, apabila Anda tidak diresepkan oleh dokter maka hukum pakainya bisa, diketahui dari gosip yg terdapat pada label kemasan obat.

Aturan pakai yg umum dalam penggunaan obat ibuprofen ini yaitu minum ibuprofen sesudah makan, jikalau ibuprofen dikemas dalam bentuk obat sirup maka botol obatnya harus dikocok terlebih dahulu sebelum diminum, & khusus penggunaan ibuprofen untuk jangka panjang maka harus dengan pengawasan dokter.

Ibuprofen bisa, diberikan secara oral dengan potensi 200 hingga 800 mg. Adapun orang pintar balig cukup akal umum menggunakan takaran sebanyak 400 hingga 800 mg tiga kali sehari.

Jenis obat ini mempunyai fungsi analgesik dengan tingkat anti-inflamasi yg tidak terlalu kuat. Efek

2. Paracetamol

Paracetamol merupakan obat yg sering digunakan untuk meredakan nyeri, penurun panas, & juga mengobati sakit gigi.

Sakit gigi umumnya terjadi ketika pulpa mengalami pera&gan. Penyebab pera&gan bermacam-macam. Jika sakit disebabkan oleh infeksi bakteri, yg tkamu-tan&ya berupa rasa sakit / nyeri di sekitar gigi & rahang, terjadinya pembengkakan, hingga bisa, menimbulkan nyeri kepala & demam, maka pengobatan jenis sakit gigi ini yaitu dengan antibiotik & obat antinyeri.

Apabila sakit gigi terjadi bukan disebabkan infeksi basil maka untuk pengobatannya menurut dari penyebabnya.

Diantaranya jikalau gigi berlubang maka biasanya dokter gigi akan melaksanakan penambalan, jikalau pulpa terinfeksi maka akan dilakukan perawatan saluran gigi, jikalau sakit gigi lantaran a&ya gigi yg terjepit maka akan dilakukan mekanisme pencabutan gigi, dll.

Amoxicillin yaitu obat antibiotik yg penggunaannya biasanya dengan resep dokter. Anda jangan menggunakan amoxicilin tanpa hukum / resep dari dokter, hal itu lantaran sanggup menjadikan terjadinya kekebalan resistensi basil terhadap antibiotik.

Adapun paracetamol yaitu obat antinyeri yg umumnya dijual bebas, Anda bisa, memperolehnya dengan gampang di apotek, penggunaannya biasanya bisa, dengan tanpa resep dokter.

Namun, pemakaian obat jenis paracetamol harus tetap sesuai dengan takaran yg telah ditentukan, Anda bisa, mengetahuinya pada label kemasan obat.

Dokter juga memperlihatkan tips / proposal untuk mengatasi sakit gigi, yaitu:
  • Bersihkan gigi dengan dental floss / benang gigi.
  • Berkumur dengan air hangat suam-suam kuku.
  • Bersihkanlah pada kepingan yg Anda kira merupakan sumber sakit gigi dengan obat antiseptik.
  • Gunakan obat paracetamol sesuai dengan hukum pakai, jangan hingga lupa / telat minum obat.


3. Asam Mefenamat

Asam mefenamat bisa, Anda gunakan untuk mengurangi rasa sakit pada gigi berlubang & juga sakit gigi lantaran karena lainnya. Obat jenis asam mefenamat bekerja untuk mengurangi nyeri, pera&gan & menghambat produksi prostaglandin (senyawa penyebab munculnya rasa sakit pada tubuh).

Asam mefenamat yaitu obat golongan antipera&gan nonsteroid yg bekerja untuk meredakan rasa sakit, nyeri & pera&gan. Manfaatnya ini bisa, digunakan untuk meredakan rasa sakit pada tulang, otot & juga gigi.

Asam mefenamat akan berfungsi untuk menghambat / mengurangi pelepasan prostaglandin di dalam tubuh, ini yaitu senyawa kimia dihasilkan badan ketika seseorang mengalami cedera & semacamnya. Keberadaan prostaglandin menjadikan timbulnya rasa sakit, pera&gan, hingga pembengkakan.

Dengan menekan produksi prostaglandin di dalam badan maka rasa nyeri bisa, menurun. Sehingga penggunaan obat jenis asam mefenamat bisa, membantu untuk meredakan nyeri tanggapan sakit gigi.

Biasanya, asam mefenamat untuk sakit gigi berbentuk tablet & sirup. Adapun paracetamol juga merupakan obat pereda nyeri sakit kepala, demam & sakit gigi. Paracetamol sering menjadi rekomendasi pertama dalam meredakan rasa sakit lantaran jarang menimbulkan imbas samping.

Hanya saja tidak menyerupai fungsi asam mefenamat, paracetamol tidak bisa, meringankan pera&gan. Paracetamol hanya bekerja untuk meminimalisir pengiriman pesan ‘nyeri’ ke otak yg buat nyeri mereda.

Paracetamol bisa, bekerja lebih baik dalam pengobatan sakit gigi apabila penggunannya dengan aspirin / obat golongan antipera&gan nonsteroid.

Penggunaan asam mefenamat & paracetamol sama-sama bisa, digunakan untuk mengobati sakit gigi.

Hanya saja perbe&nya, bahwa penggunaan obat paracetamol hanya berguna untuk meredakan rasa sakit saja, adapun penggunaan obat asam mefenamat berguna untuk meredakan rasa sakit & juga meredakan pera&gan yg se&g terjadi.

Jika ingin penggunaan paracetamol bisa, lebih ampuh dalam mengobati sakit gigi, maka hendaknya dikombinasikan dengan jenis obat antipera&gan nonsteroid.

Hal yg penting untuk selalu diingat yaitu Anda harus mematuhi & konsumsi obat sesuai dengan petunjuk penggunaan, jangan hingga menggunakan obat dengan takaran berlebihan.

4. Natrium Diklofenak

Seperti halnya asam mefenamat, natrium diklofenak juga berfungsi untuk menekan pelepasan prostaglandin di dalam tubuh. Obat jenis natrium diklofenak ini bisa, mengobati sakit gigi, arthritis & nyeri sesudah operasi bedah.

Natrium diklofenak merupakan obat antinflamasi non-steroid (OAINS/NSAID) yg bisa, digunakan untuk pengobatan duduk masalah pera&gan & nyeri. Natrium diklofenak & golongan NSAID lainnya bisa, merdakan pembengkakan & pera&gan.

Penggunaan obat ini dengan resep dokter, lantaran penggunaan takaran natrium diklofenak tergantung pada kondisi pasien, dimana a&ya interaksi dengan obat-obatan tertentu bisa, memperlihatkan potensi imbas samping yg serius.

Natrium diklofenak tersedia dalam bentuk tablet kapsul, serbuk / larutan. Petunjuk penggunaan & takaran bisa, bervariasi yg sangat tergantung pada kondisi.

Hindari berlebihan dalam konsumsi obat natrium diklofenak lantaran akan menimbulkan imbas samping yg serius.

Natrium diklofenak dihentikan digunakan oleh perokok, asma, penderita penyakit kardiovaskular, penderita tekanan darah tinggi, stroke, maag, anemia, kehamilan, gangguan pembekuan darah, gangguan pada hati, & gangguan ginjal

Obat Natrium diklofenak tersedia dalam kemasan 25, 50, & 75 mg tablet. Efek samping natrium diklofenak yaitu perut kembung, mulas, sembelit, diare, mual, muntah, gastritis (tukak pada usus), sakit perut, pusing, sakit kepala, gatal, pendengaran berdenging, ruam pada kulit.

Saat seseorang menggunakan obat natrium diklofenak maka jangan menggunakan obat NSAID lainnya, yg diantaranya ibuprofen, naproxen, indometasin, meloxicam, dst.

Selain itu hindari penggunaan aspirin lantaran bisa, memicu terjadinya pendarahan & memar, serta memicu terjadinya overdosis lantaran cara kerja kedua jenis obat tersebut sama.

Kemudian, penggunaan natrium diklofenak bisa, mengakibatkan Anda akan lebih sensitif terhadap sinar matahari. Oleh lantaran itu, minimalisir badan Anda dari terkena paparan sinar matahari, hindari badan terlalu usang terpapar sinar matahari langsung. Anda disarankan menggunakan produk tabir surya dikala berpegian keluar rumah.

Natrium diklofenak dijual dengan merek dagang Voltaren, Voltaren-XR, Voltadex, & lain-lain. 

5. Naproxen Sodium

Penggunaan Naproxen Sodium sering untuk meredakan nyeri tanggapan sakit kepala, sakit otot, kram menstruasi, & sakit gigi. Naproxen Sodium masuk kepada golongan obat anti-inflamasi non steroid (OAINS).

Naproxen menjadi obat penghilang rasa sakit yg sering digunakan orang-orang dalam pengobatan sakit gigi. Naproxen tersedia dalam bentuk tablet dengan takaran 220 mg. Salah satu merek dari obat naproxen yaitu Xenifar.

Adapun imbas samping yg berpotensi muncul dari penggunaan naproxen yaitu sakit perut, mulas ringan, perut kembung, diare, sembelit, sakit kepala, kulit gatal & memerah.

Jika seseorang dalam masa menjalani operasi (termasuk operasi gigi) maka hendaknya Anda meginformasikan kepada dokter yg melaksanakan operasi bahwa Anda menggunakan obat naproxen.

Pada obat Naproxen dengan merek xenifar / lainnya bisa, digunakan untuk sakit kepala, kram menstruasu, nyeri otot, tendonitis, & sakit gigi. Juga secara umum bisa, meredakan rasa nyeri, bengkak, & sendi kaku.

Anda perlu menghentikan penggunaan naproxen & hubungi dokter jikalau mengalami nyeri dada, sesak napas, sulit bicara, gangguan kenglihatan, keseimbangan badan tergganggu, tinja hitam / berdarah, batuk darah, gatal-gatal parah, pembengkakan pada wajah / lidah, kehilangan nafsu makan sama sekali, urin berwarna gelap, demam parah.

Loading...

6. Cataflam

Cataflam bisa, digunakan untuk mengurangi rasa sakit & juga pera&gan. Biasanya sering digunakan untuk mengatasi duduk masalah  cedera olahraga, kram menstruasi, sakit punggung, termasuk juga sakit gigi.

Cataflam menjadi obat sakit gigi yg bisa, cukup ampuh dalam mengatasi duduk masalah nyeri & pembengkakan pada gigi yg sakit. Cataflam merupakan obat merek paten dari diclofenat. Adapun diclofenat sendiri ada dua macam, yaitu kalium diclofenat & natrium diclofenat.

Kalium diclofenat bekerja dengan lebih cepat dalam mengatasi nyeri berat, khasiat obat sudah bisa, berekasi sesudah 30 menit mengonsumsi obat. Terdapat Cataflam 50 mg & Cataflam 25 mg yg dikemas dalam bentuk tablet & kapsul.

Hendaknya konsumsi obat Cataflam dengan meminum segelas air (250 ml), kecuali jikalau dokter merekomendasikan cara konsumsi obat yg berbeda. Hindari tidur / berbaring sesudah minum obat ini, setidaknya 10 menit Anda harus menahan diri Anda dari berbaring.

Cataflam menjadi obat sakit gigi yg ampuh, yg termasuk golongan obat-obatan antiinflamasi nonsteroid, dimana penggunaannya tidak dianjurkan bagi perempuan hamil.

Efek samping Cataflam yaitu:
  • Mata berkuang-kunang.
  • Muncul rasa tidak nyaman di perut.
  • Diare.
  • Mual.
  • Rasa terbakar di ulu hati / dada (heartburn).
  • Konstipasi.
  • Sakit kepala.

Penggunaan obat ini berpotensi untuk meningkatkan tekanan darah. Cataflam merupakan obat sakit gigi yg harus dikonsumsi menurut resep dokter. Selain itu, Cataflam kemungkinan mengandung bahan2 inaktif yg bisa, memicu reaksi alergi.

Ingat, sesudah mengkonsumsi Cataflam maka Anda perlu minum air putih guna meringankan kerja ginjal & mencegah dehidrasi.

7. Acetaminophen

Acetaminophen merupakan salah satu jenis obat NSAIDs yg penggunaannya bisa, untuk mengobati sakit gigi, sakit kepala, demam, nyeri otot, nyeri punggung, & flu. Hanya saja bagi orang-orang yg mengalami gangguan hati & alergi maka hindari obat jenis Acetaminophen ini.

Acetaminophen biasanya sanggup berbentuk tablet kunyah, kapsul & sirup. Untuk produknya / mereknya, di Indonesia tersedia dalam banyak sekali merek menyerupai Bodrex, Panadol, Biogesic, Sumagesic, & seterusnya.

Walaupun gigi berlubang bisa, diredakan rasa sakitnya dengan obat, akan tetapi gigi berlubang harus mendapat penanganan dari dokter. Pengobatan untuk gigi berlubang yg dilakukan dokter gigi akan tergantung dari seberapa parah kondisi gigi berlubang.

Pastikan gigi Anda sehat, rutinlah menggosok gigi dengan pasta gigi yg mengandung fluoride, terutama sebelum tidur maka Anda harus menggosok gigi.

Obat Sakit Gigi Alami

8. Kumur Air Garam

Cara alami yg sangat gampang untuk meredakan sakit gigi berlubang yaitu dengan berkumur-kumur menggunakan air garam hingga nantinya Anda merasa nyeri mereda.

Anda bisa, melarutkan ½ sdt garam di dalam satu gelas air (240 ml), kemudian lakukan kumur-kumur selama beberapa saat. Sebelum berkumur, Anda bisa, melaksanakan flossing guna membuang dahulu sisa makanan yg masih mengganjal di sekitar area gigi yg sakit.

9. Campuran Bawang putih, Cengkeh & Garam

Bawang putih mempunyai kandungan anti-bakteri yg berfungsi untuk membunuh basil penyebab rasa sakit pada gigi. Bawang putih menjadi salah satu cara tradisional untuk mengobati sakit gigi, yg juga mempunyai sifat anti-inflamasi.

Pada laman berjudul “How to Use Garlic for Toothache” menjelaskan perihal cara mekhasiatkan bawang putih untuk mengobati sakit gigi. Pertama-tama siapkan sebanyak:
  • Dua siung bawang putih segar.
  • Satu siung cengkeh.
  • Satu sdt garam. 

Setelah itu, Anda masukkan ketiga jenis bahan2 alami tersebut di dalam sebuah wadah, kemudian ulek hingga semuanya menjadi  bentuk pasta.

Jika pasta dirasa terlalu kering, maka Anda bisa, menambahkan beberapa tetes minyak zaitun ke dalam adonan tersebut.

 Bahkan sakit gigi yg sudah pada tingkat cukup parah menjadikan penderitanya tidak bi 30 Obat Sakit Gigi Berlubang & Gusi Bengkak
Photo Credit John Wiley/Demand Media

Setelah itu, oleskan pasta ke gigi yg mengalami sakit / berlubang. Biarkan di disana selama 30 menit.

Dengan melaksanakan ini bisa, buat rasa sakit mereda. Lakukan hingga empat kali dalam sehari.

Apabila dikala ramuan pasta ditempelkan, namun Anda merasa tidak nyaman, maka pasta tersebut bisa, dibungkus terlebih dulu menggunakan kain tipis.

Untuk melaksanakan ini, maka Anda perlu juga menyiapkan sendok untuk mengaduk, siapkan juga minyak zaitun sebagai tambahan2.

Cara lainnya yg lebih sederhana, Anda bisa, menghaluskan bawang putih yg dicampur menggunakan garam. Lalu aplikasikan pada kepingan gigi yg sakit.


10. Campuran Lada Hitam & Garam

Manfaat lada hitam & garam untuk membunuh basil yg ada pada gigi berlubang. Cara buat ramuannya:
  1. Pertama-tama haluskan lada hitam.
  2. Lalu campukan dengan garam secukupnya.
  3. Lalu berikan air putih secukupnya (sedikit saja). 
  4. Campurkan semuanya hingga menjadi menyerupai pasta.
  5. Lalu oleskan & taruh pada kepingan gigi yg berlubang.

Di dalam lada hitam terkandung Vitamin A, E & K, serat, niacin, serta mempunyai sifat melawan pera&gan. Dengan menggunakan ramuan ini mempunyai kegunaan untuk menyembuhkan luka & meredakan rasa nyeri.

11. Batang Serai

 Bahkan sakit gigi yg sudah pada tingkat cukup parah menjadikan penderitanya tidak bi 30 Obat Sakit Gigi Berlubang & Gusi Bengkak

Serai bisa, dikhasiatkan sebagai obat sakit gigi alami. Di dalam serai terkandung analgesik yg mempunyai kegunaan untuk mengobati sakit gigi. Cara Pembuatannya:
  1. Ambilah dua batang serai.
  2. Lalu bersihkan & rebus dengan air 500cc hingga mendidih.
  3. Biarkan dalam kondisi mendidih hingga hanya tersisa 250cc.
  4. Lalu saring airnya.
  5. Gunakan airnya tersebut untuk berkumur, lakukan dua kali dalam sehari hingga sakit gigi menghilang.

12. Daun Peppermint

 Bahkan sakit gigi yg sudah pada tingkat cukup parah menjadikan penderitanya tidak bi 30 Obat Sakit Gigi Berlubang & Gusi Bengkak

Daun Peppermint bisa, cukup efektif untuk mengatasi duduk masalah sakit gigi, yg juga bekerja untuk membasmi basil penyebab infeksi di dalam mulut.

Anda bisa, menggosokkan sedikit saja minyak peppermint pada kepingan yg sakit. Setelah itu diamkan selama beberapa menit, kemudian kumur-kumur dengan air garam yg hangat.

Selain itu, Anda bisa, meyiapkan satu sendok teh daun peppermint kering, yg digunakan untuk buat ramuan bersama satu cangkir air panas. Tutup & rendam selama 20 menit. Lakukan kumur-kumur dengannya selama 30 detik, kemudian keluarkan.

13. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji mempunyai kandungan untuk melawan pera&gan, serta mempunyai sifat anti-nyeri & anti-mikroba. Anda bisa, mengunyah daun jambu biji yg sebelumnya dibersihkan, hingga cairan dari jambu biji keluar & memperlihatkan khasiat untuk meredakan sakit gigi.

Selain itu, Anda bisa, merebus daun jambu biji, kemudian campurkan dengan garam & tunggu biar tidak terlalu panas, sesudah itu gunakan sebagai pencuci lisan / kumur-kumur.

14. Bunga Matahari

Bunga matahari bisa, digunakan untuk mengatasi sakit gigi. Bunga matahari mempunyai kandungan kimia alami echinocystic acid, quercimeritrin, oleanolic acid, helianthoside (A-B-C), & lainnya. Cara pekhasiatannya:
  1. Ambilah satu .bunga matahari.
  2. Lalu rebus hingga mendidih pada air 600 cc.
  3. Biarkan dalam kondisi mendidih hingga air rebusan tersisa 300cc.
  4. Lalu saring airnya.
  5. Minumlah 2 kali dalam sehari hingga sakit gigi sembuh.

15. Daun Sambung Nyawa & Garam

Cara pekhasiatannya, pertama-tama siapkan daun sambung nyawa, kemudian dicuci hingga higienis dengan air mengalir, kemudian dikunyah bersamaan dengan garam. Setelah rasanya sudah berkurang maka Anda bisa, mengunyah yg baru.

Di dalam daun sambung nyawa terdapat kandungan saponin, glokosida, asam benzoate & fenoliat, yg mempunyai kegunaan untuk membantu mengurangi rasa nyeri di sekitar ronga lisan tanggapan gigi berlubang.

loading...

16. Getah Pohon Patah Tulang

Getah pohon patah tulang mengandung senyawa taraksasterol, euforrbon, eufol, & lainnya. Penggunaan getah pohon ini sanggup meredakan nyeri di sekitar gigi berlubang & juga mencegah pembengkakan.

Cara penggunannya, Anda hanya perlu mengambil getahnya kemudian dioleskan pada lubang gigi dengan menggunakan cotton bud.

17. Campuran Akar Poko & Minyak Cengkeh

Di dalam akar poko terkandung senyawa pulegon, menthol, menthon, menthonon, limonen, & lainnya, mempunyai kegunaan untuk merdakan sakit gigi & gusi yg mera&g.

Cara penggunannya, yaitu dengan menghaluskan akar poko, kemudian Anda teteskan sedikit minyak cengkeh, kemudian tinggal dimasukan pada gigi yg berlubang.

18. Cabe Rawit

 Bahkan sakit gigi yg sudah pada tingkat cukup parah menjadikan penderitanya tidak bi 30 Obat Sakit Gigi Berlubang & Gusi Bengkak
Cabe Rawit | Photo credit: Wikimedia.org

Kandungan di dalam cabai rawit sangat banyak, yaitu vitamin A, B, C, E, mineral, kalium, mangan, folat, thiamin, & lainnya. Cabe rawit mempunyai kegunaan untuk membantu meredakan rasa nyeri pada gigi.

Cara mekhasiatkannya, Anda cukup merebus cabai rawit bersama air secukupnya (tidak tidak terlalu banyak).

Setelah itu, siapkan cotton bud kemudian celupkan pada air rebusan tersebut, kemudian oleskan pada kepingan gigi yg berlubang.

Di dalam cabai rawit juga terkandung senyawa aktif capsaicin yg bekerja untuk menurunkan / mengurangi rasa sakit pada gigi.

19. Kunyit, Kayu Putih & Garam

Campuran ramuan ini bisa, mempunyai kegunaan sebagai anti-infeksi & antibiotik yg membantu meredakan rasa nyeri pada gigi berlubang.

Cara memakainya, siapkan kunyit yg agak panjang kemudian bersihkan dengan air mengalir, sesudah itu celupkan ujungnya pada kayu putih & juga air garam, kemudian Anda selipkan pada kepingan sela-sela gigi yg sakit

20. Daun Bidara & Garam

 Bahkan sakit gigi yg sudah pada tingkat cukup parah menjadikan penderitanya tidak bi 30 Obat Sakit Gigi Berlubang & Gusi Bengkak

Di dalam daun bidara terdapat kandungan zat kimia linalool, metil stearat, alphaterpineol, metilester, & lainnya. Anda bisa, mekhasiatkan daun bidara untuk mempercepat penyembuhan gigi berlubang & meredakan sakit pada gusi yg mera&g.

Cara memakainya, ambillah beberapa daun bidara kemudian Anda basuh hingga bersih, kemudian rebus dengan air secukupnya, masukan garam secukupnya ke dalam rebusan.

Setelah mendidih maka ambil & saring air rebusan. Tunggu ramuan air rebusan ini biar tidak terlalu panas, kemudian diminum biar sakit gigi bisa, cepat sembuh.

21. Daun Girang

Untuk penggunannya, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa daun girang kemudian dihaluskan. Setelah itu Anda temperlkan / letakkan pada lubang gigi.

Daun girang memilki kandungan linalool, metil stearat & lainnya. Dengan melaksanakan perawatan alami ini mempunyai kegunaan untuk menurunkan rasa nyeri & juga mempercepat penyembuhan gusi tanggapan gigi berlubang.

22. Campuran Akar Pohon Tapak Kuda & Garam

Akar pohon tapak kuda mempunyai kandungan menyerupai antistine, elissic acid, bahenic acid, myristic acid, & lainnya. Untuk penggunaannya, siapkan akar pohon tapak kuda kemudian bersihkan dengan air mengalir.

Lalu rebus & tambahkan sedikit garam. Setelah itu, saring air rebusan & minum dalam kondisi hangat.

Dengan melaksanakan ini mempunyai kegunaan untuk menghilangkan rasa sakit pada gigi berlubang dari dalam tubuh.

23. Campuran Daun Cambai Tempalo & Garam

Daun cambai tempalo mempunyai sifat anti-bakteri. Anda hanya perlu merebus daun cambai tempalo, kemudian campurkan dengan sedikit garam. Lalu gunakan airnya untuk berkumur.

Manfaatnya bisa, memperbaiki duduk masalah jaringan rongga lisan tanggapan sakit gigi, & juga menghilangkan bacin pada rongga mulut.

24. Campuran Biji Terong Belkamu & Garam

Cara pekhasiatannya, tumbuk biji terong belkamu hingga halus, kemudian campurkan sedikit garam & tempelkan pada kedua pipi yg membengkak tanggapan sakit gigi.

Dengan melaksanakan ini mempunyai kegunaan untuk meredakan nyeri pada gigi & juga mengempeskan abses pada pipi tanggapan sakit gigi.

25. Hidrogen Peroksida 3%

Hidrogen peroksida merupakan zat khusus yg bisa, digunakan untuk membersihkan bakteri, yg mempunyai kegunaan untuk membantu menyembuhkan sakit gigi.

Anda hanya perlu berkumur dengan larutan hidrogen peroksida 3% yg sanggup meredakan rasa ngilu & nyeri di gigi dengan tambahan2 tanda-tanda berupa demam & bacin lisan (jenis tanda-tanda infeksi).

Dalam penggunannya, jangan lupa untuk mencampurnya dengan sedikit air. Dimana larutan hidrogen peroksida sanggup memperlihatkan potensi ancaman berupa melukai lisan & gusi apabila tidak dicampur dengan air.

Setelah berkumur-kumur maka sesudah itu airnya dibuang (jangan ditelan), sesudah itu kumur-kumur lagi dengan air putih.

26. Daun Sirih

 Bahkan sakit gigi yg sudah pada tingkat cukup parah menjadikan penderitanya tidak bi 30 Obat Sakit Gigi Berlubang & Gusi Bengkak

Orang-orang renta di tempat Jawa utamanya sering menggunakan daun sirih untuk nginang, yg khasiatnya tidak sanggup disepelekan, yaitu untuk memperkuat & menyehatkan gigi.

Daun sirih mempunyai sifat untuk melawan basil & kuman, di dalam daun sirih terkandung batlephenol yg membunuh segala jenis basil & kuman penyebab sakit gigi.

Berikut cara mekhasiatkannya:
  1. Pertama-tama ambilah tiga lembar daun sirih.
  2. Lalu basuh dengan air mengalir hingga bersih.
  3. Lalu rebus hingga mendidih.
  4. Lalu ambil airnya & gunakan untuk berkumur sebanyak 3 kali dalam sehari.

Selain itu air rebusan juga bisa, untuk diminum guna membantu menyembuhkan sakit gigi dari dalam tubuh, menyehatkan badan secara umum & menjaga badan biar tetap fit.

27. Campuran Merica & Garam

Bahan-bahan2 menyerupai merica & garam mempunyai sifat anti-bakteri. Untuk memperoleh khasiat meredakan nyeri sakit gigi maka Anda bisa, menggunakan adonan garam & merica, yg dicampur dengan sedikit air, sehingga adonan tersebut bentuknya menyerupai pasta.

Lalu adonan pasta tersebut Anda aplikasikan / balurkan pada kepingan gigi yg sakit / berlubang, kemudian diamkan selama beberapa menit. Gunakan pasta ini selama beberapa hari hingga sakit gigi benar-benar hilang.

28. Bawang Merah

Bawang Merah | Photo credit: Pixabay.com

Di dalam bawang merah terdapat kandungan antiseptik & anti-mikroba yg mempunyai kegunaan untuk mengatasi sakit gigi. Dimana pekhasiatan bawang merah ini bisa untuk meredakan rasa sakit pada gigi tanggapan infeksi dikala gigi berlubang.

Cara pekhasiatan bawang merah ini yaitu Anda hanya perlu mengunyah bawang merah guna meredakan rasa sakit pada gigi.

Cara lainnya yaitu dengan menaruh potongan bawang merah mentah pada gigi berlubang yg sakit.

29. Cengkeh

Cengkeh bisa untuk meredakan rasa sakit dari gigi berlubang. Cengkeh memliki sifat anestesi, antibakteri, antiseptik & analgesik yg berfungsi untuk membunuh basil & kuman pada gigi.

Cara pekhasiatannya. gunakan kapas / semacamnya untuk mengaplikasikan (mengoleskan) minyak cengkeh pada gigi yg sakit & kepingan sekitar gusi.

Ulangi langkah tersebut sebanyak 2-3 kali dalam sehari, disarankan biar Anda menambahkan sedikit minyak zaitun.

Anda juga bisa, menaruh 2-3 siung cengkeh di lisan erat gigi yg sakit. Cengkeh akan melepaskan minyak esensial yg mempunyai kegunaan untuk meringankan rasa sakit pada gigi.

Cara lainnya yaitu dengan mencampurkan cengkeh dengan bahan2-bahan2 berupa satu siung bawang putih, beberapa tetes minyak cengkeh & garam halus, sehingga nantinya adonan tersebut akan membentuk pasta.

Lalu oleskan pasta tersebut pada lapisan gusi yg bengkak, kemudian diamkan saja selama 7-10 menit. Lalu bilas menggunakan air hangat. Lakukan ini setidaknya satu kali dalam sehari.

30. Terapi Es

Anda sanggup melaksanakan kompres menggunakan es pada gigi / gusi yg sakit. Walaupun di dalam es tidak mempunyai kandungan anti-biotik, anti-mikroba & anti-pera&gan, namun khasiat melaksanakan kompres es ini untuk buat gigi yg terasa sakit menjadi mati rasa, sehingga bisa, menurunkan kadar “penderitaan” tanggapan sakit gigi.

Hanya saja jikalau Anda menempelkan es kerikil pribadi ke gigi, maka perlu berhati-hati, hentikan terapi jikalau buat gigi Anda semakin sakit lantaran pulpa gigi yg mera&g akan sangat sensitif pada terhadap suhu cuek maupun panas.

Untuk cara lainnya, Anda bisa, meng-kompres cuek pada tempat pipi yg membengkak tanggapan sakit gigi. Kompres cuek bisa, dengan menggunakan es kerikil yg dilapisi kain, plastik / handuk. Suhu cuek akan meringankan rasa sakit untuk sementara waktu.

Hindari pribadi menempelkan es kerikil tanpa bantalan lantaran bisa, merusak kulit.

Kapan Harus ke Dokter?

 Bahkan sakit gigi yg sudah pada tingkat cukup parah menjadikan penderitanya tidak bi 30 Obat Sakit Gigi Berlubang & Gusi Bengkak
Photo Credit: Incirlik.af.mil

Bagi penderita sakit gigi disarankan untuk pergi ke dokter gigi jika:
  • Muncul tanda-tanda infeksi, menyerupai nyeri dikala menggigit, pembengkakan, gusi merah & terdapat nanah.
  • Sakit gigi terus-menerus muncul selama lebih dua hari / lebih.
  • Mengalami kesulitan dalam bernapas / menelan.
  • Sakit gigi yg dialami disertai dengan munculnya demam.

Saat Anda pergi ke dokter gigi, maka dokter biasanya akan menanyakan riwayat kesehatan & juga melaksanakan investigasi fisik.

Dokter akan menayakan perihal rasa sakit, kapan mulainya, seberapa parah penyakitnya, penyebabnya, apa saja yg buat rasa sakit gigi lebih buruk, & apa saja hal-hal buatnya membaik.

Dokter gigi akan melaksanakan investigasi pada beberapa kepingan tubuh, terka&g rongsen gigi / investigasi lanjutan lainnya dibutuhkan.

Secara umum penanganan oleh dokter gigi yaitu:
  • Penambalan gigi pada gigi berlubang.
  • Perawatan saluran akar dilakukan pada gigi berlubang yg lebih dalam, dimana jaringan saluran akar gigi (pulpa) mengalami infeksi. 
  • Pembersihan karang gigi, jikalau karang gigi mengakibatkan timublnya sakit gigi.
  • Pencabutan gigi jikalau kerusakan gigi tidak bisa, diperbaiki, sehingga jalan terbaik melaksanakan pencabutan gigi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "30 Obat Sakit Gigi Berlubang & Gusi Bengkak"

Posting Komentar