20 Manfaat Daun Jarak Merah Untuk Kesehatan & Pengobatan

Daun jarak merah mempunyai nama ilmiah Jatropha gossypifolia L. Ini merupakan jenis daun jarak yg mempunyai warna merah keunguan.

Sebenarnya masyarakat Indonesia sudah cukup mengenal yg namanya daun jarak, dimana daun ini sering dikhasiatkan untuk pengobatan alami.

Ada beberapa jenis flora jarak selain jarak merah, ialah jarak pagar (Jathropa Curpas L.), jarak kepyar (Riccius communis Linn), & jarak bali (Jatropha Podagrica Hook).

 Daun jarak merah mempunyai nama ilmiah Jatropha gossypifolia L 20 Manfaat Daun Jarak Merah Untuk Kesehatan & Pengobatan
Gambar: Daun Jarak Merah

Manfaat daun jarak merah ini tidak cuma dikamulkan dalam mengobati penyakit yg menyerang penggalan dalam tubuh, tapi juga sering dipakai untuk pengobatan luar.

Daun jarak merah mempunyai kandungan kalsium oksperalatan, tannin & sulfur. Selain itu mempunyai kandungan senyawa alkaloid jatroiden, lipid, isagodain, jatrofon, jatrofeno, jatrofolon A-B, fraxetin & lainnya.

Selain itu, akar jarak merah mempunyai kandungan senyawa alkalloida. Batangnya megandung tannin & belerang. Adapun biji jarak merah bisa, menghasilkan minyak yg mengandung zat anti karsinogen. Karsinogen merupakan zat penyebab kanker.

Manfaat Daun Jarak Merah

1. Mengobati Penyakit Kulit
Penyakit kulit bisa, menganggu acara sehari-hari & juga menurunkan penampilan. Penyakit yg menyerang permukaan kulit badan ini umumnya akhir kurang baiknya dalam menjaga kebersihan tubuh. Penyakit kulit juga bisa, terjadi akhir jamur, alergi & lemahnya sistem imun tubuh.

Untuk menyembuhkan penyakit kulit akhir jamur & lainnya, maka khasiatkan daun jarak merah ini. Anda hanya perlu merebus daun jarak merah yg khasiatnya diyakini bisa, mengobati beberapa jenis penyakit kulit.

Rebus daun jarak merah dengan air bersih, kemudian gunakan air rebusan tersebut nantinya untuk disiram pada penggalan kulit badan yg bermasalah.

2. Menyembuhkan Sembelit 
Masalah gangguan pencernaan menyerupai sembelit akan bisa, sangat mengganggu, bahkan bisa, buat penderitanya bolak-balik ke kamar mandi, sehingga sangat mengganggu kegiatan / pekerjaan.

Saat sembelit maka tinja mengalami pengerasan sehingga sulit untuk dikeluarkan, yg problem sembelit ini bisa, mengakibatkan rasa sakit bagi penderitanya.

Penyebab terjadi sembelit lantaran banyak hal, seperti:
  • Kurang minum air putih
  • Kekurangan asupan serat dari makanan
  • Kurang melaksanakan olahraga
  • Sering mengalami stress
  • A&ya gangguan fungsi usus
  • Kebiasaan jelek menahan BAB
  • Lainnya.

Tidak jarang orang-orang yg yg mengalami sembelit eksklusif mengambil keputusan untuk menggunakan obat-obatan menyerupai obat pencahar.

Nah, Anda tidak perlu selalu tergantung pada obat kimiawi, Anda bisa, menggunakan cara alami biar sembelit bisa, segera sembuh ialah dengan mekhasiatkan daun jarak merah. Berikut cara mekhasiatkannya:
  1. Pertama-tama sediakan 3 lembar daun jarak merah segar.
  2. Lalu daun jarak merah tersebut Anda bersihkan dengan air mengalir.
  3. Lalu olesi daun jarak merah dengan minyak kelapa murni.
  4. Anda panaskan daun jarak merah tersebut menggunakan api yg kecil saja, hingga daun jarak tampak layu.
  5. Matikan api, kemudian ketika daun jarak merah masih dalam kondisi hangat maka segera balurkan pada perut (pastikan kondisi daun tidak terlalu panas sehingga tidak menyakiti perut).

Khasiat daun jarak merah ini sanggup untuk menyembuhkan & mengurangi rasa sakit akhir sembelit, hingga juga bisa, mengurangi rasa mual.


3. Meredakan Rasa Nyeri
Rasa nyeri menyerupai nyeri pada tulang / penggalan badan lainnya, bisa, cukup menyakitkan & juga menghambat acara / pekerjaan sehari-hari. Rasa nyeri yg muncul pada badan bisa, diredakan dengan santunan daun jarak merah ini.

Untuk meredakan nyeri dengan mekhasiatkan daun jarak merah ini, maka caranya dengan merebus daun jarak merah, kemudian ketika daun jarak merah sudah hangat maka balurkan pada penggalan badan yg mengalami nyeri.

Demikian juga air rebusannya yg dalam keadaan hangat bisa, disiram pada penggalan badan yg terasa nyeri. Manfaat dari melaksanakan ini akan membantu untuk menghilangkan rasa nyeri.

4. Menyembuhkan Sakit & Nyeri Gigi
Jarak merah bisa, Anda khasiatkan untuk membantu mengobati sakit & nyeri gigi. Anda bisa, mekhasiatkannya dengan menjadikan daun jarak merah sebagai obat kumur.

Sakit pada gigi menimbulkan kondisi gigi akan menjadi ngilu & nyeri, yg terka&g bahkan rasa sakitnya tidak tertahankan. Khasiatnya daun jarak merah juga bisa, menghentikan pendarahan pada gusi.

5. Menghentikan Pendarahan pada Gusi
Agar bisa, mengentikan pendaharan pada gusi dengan daun jarak merah, caranya dengan merebus daun jarak merah hingga mendidih.

Setelah air rebusan matang maka tunggu hingga hangat. Gunakan air rebusan tersebut sebagai obat kumur, yg khasiatnya bisa, mengatasi pendarahan pada gusi.

6. Ramuan Alami untuk Menyembuhkan Patukan Ular & Sengatan Kalajengking
Kedua jenis binatang tersebut termasuk binatang yg berbahaya. Patukan ular maupun sengatan kalajengking akan berbahaya & mengakibatkan luka pada tubuh.

Untuk mengatasi dampaknya, maka bisa, dengan mekhasiatkan daun jarak merah sebagai obat tradisional, yg khasiatnya bisa, membantu menyembuhkan & membersihkan patukan ular /pun kalajengking.

7. Meredakan Demam
Ketika demam mendera badan maka akan mengharuskan penderitanya untuk istirahat cukup lama, biar badan bisa, kembali pulih.

Saat demam, Anda tidak disarankan mandi air dingin, hendaknya Anda mandi air hangat. Agar bisa, meredakan demam maka khasiatkan air rebusan daun jarak merah ini. Berikut caranya:
  1. Pertama-tama sediakan sekitar 15 lembar daun jarak merah.
  2. Kemudian Anda basuh daun jarak merah tersebut hingga bersih.
  3. Rebuslah daun jarak merah bersama air secukupnya, biarkan hingga mendidih.
  4. Setelah itu, khasiatkan air rebusan hangat tersebut untuk mandi (diguyurkan ke tubuh), sehingga sanggup meredakan demam.

Loading...

8. Mengobati Memar
Memar umumnya terjadi lantaran a&ya benturan yg dialami oleh tubuh. Terjadinya benturan badan dengan benda keras berakibat munculnya bekas yg akan hilang dalam waktu cukup lama, selain itu kalau disentuh akan terasa nyeri.

Agar bisa, menyembuhkan memar yg dialami bisa, dengan mekhasiatkan daun jarak merah, berikut caranya:
  1. Pertama-tama sediakan tiga lembar daun jarak merah yg segar.
  2. Setelah itu basuh daun tersebut hingga bersih.
  3. Lalu Anda tumbuk daun tersebut hingga hancur, kemudian campurkan dengan minyak kelapa (secukupnya).
  4. Setelah final mencampurkan, maka tinggal aplikasikan / bubuhkan ramuan tersebut pada penggalan badan yg mengalami memar.
  5. Selesai.

9. Mengobati Masuk Angin
Daun jarak merah bisa, Anda khasiatkan untuk mengatasi masuk angin yg menimbulkan acara sangat terganggu. Nah, berikut di bawah ini caranya:
  1. Siapkan 2-3 lembar daun jarak merah.
  2. Lalu basuh higienis daun tersebut dengan air mengalir.
  3. Lalu Anda olesi daun tersebut &gen minyak masakan (minyak goreng).
  4. Lalu panaskan daun dengan api sementara saja (sampai menjadi layu).
  5. Nah, sehabis itu tempelkan ramuan daun jarak merah ini kebagian punggung guna mengobati masuk angin.

10. Membunuh Kuman & Bakteri
Kandungan di dalam daun jarak merah mempunyai sifat anti basil & anti kuman. Dimana keberadaan kuman & basil yg meyerang badan menimbulkan timbulnya banyak sekali macam penyakit bagi tubuh.

Anda bisa, memperoleh khasiat ini, dengan cara buat air rebusan daun jarak merah, kemudian sehabis air rebusan hangat siramkan pada badan (seperti halnya ketika mandi).

11. Sebagai Pengobatan Alami Penyakit Hernia
Penyakit hernia merupakan jenis penyakit yg menimbulkan otot perut kehilangan elastisitasnya, disebabkan a&ya tekanan usus yg cenderung turun ke penggalan bawah perut hingga hingga pada penggalan kantung buah zakar.

Penyebab seseorang terkena penyakit hernia:
  • Sering mengejan sangat keras ketika BAB.
  • Sering mengangkat beban yg sangat berat.
  • A&ya penumpukan cairan di dalam abdomen (rongga perut).
  • Terjadinya kenaikan berat ba& secara sigifikan, sehingga secara tiba-tiba mengalami kelebihan berat.
  • Mengalami batuk berkepanjangan.

Daun jarak merah bisa, Anda gunakan untuk membantu pengobatan hernia secara alami. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Sediakan sebanyak 10 helai daun jarak merah, basuh hingga higienis menggunakan air mengalir.
  2. Lalu campurkan daun jarak merah dengan sedikit garam.
  3. Setelah dicampurkan, lumatkan daun tersebut hingga benar-benar halus.
  4. Setelah final melumatkan, maka tempelkan ramuan alami tersebut pada penggalan tengah telapak tangan & telapak kaki

Lakukan perawatan alami ini secara rutin, kalau bisa, lakukan setidaknya satu kali dalam sehari selama dua bulan.


Khasiat Daun Jarak Merah Lainnya

Daun jarak merah sering dipakai untuk pengobatan, dengan mencampurkan rebusan daun jarak merah dengan air, yg kemudian dipakai menyerupai halnya ketika mandi.

Khasiat menyerupai untuk mengobati perut yg terasa sakit /pun mulas, mengobati susah BAB, mencret, perut kembung, bahkan juga berguna untuk pengobatan pada anak-anak. Anda hanya perlu menggunakan daun jarak merah 3 lembar, kemudian oleskan dengan minyak kelapa secukupnya, kemudian panaskan diatas api (jangan terlalu panas), kemudian tempelkan daun hangat tersebut ke penggalan perut.

Pekhasiatan daun jarak merah juga bisa, untuk mengobati masuk angin pada bayi, dengan menyiapkan 2-3 helai daun jarak, kemudian diolesi dengan minyak masakan (minyak goreng), kemudian dipanaskan dengan api (daun jangan hingga terlalu layu). Tempelkan daun hangat tersebut pada perut / punggung bayi.

Selain itu, Anda sanggup memanfatkannya untuk pengobatan penurun panas pada bayi, sediakan daun jarak secukupnya, kemudian dioleskan minyak kelapa, kemudian daun tersebut dipanaskan, sehabis final maka letakan daun hangat tersebut dikening bayi.

Manfaat-khasiat lainnya:
  • Menetralkan racun, untuk membersihkan racun di dalam badan sehingga tidak berkembang untuk menjadi zat berbahaya bagi tubuh.
  • Mengatasi pendarahan pada luka & pendarahan ketika mimisan. Juga untuk membantu badan dalam pembekuan darah.
  • Melancarkan BAB.
  • Mengobati nyeri persendian.
  • Mengobati penyakit kulit, panu, kurap, serta melindungi kulit dari jamur, borok, panu, dsb.
  • Menyehatkan gigi

Pohon jarak ini bahwasanya sudah populer dari dulu, bahkan flora ini menjadi rebutan para penjajah. Pada jaman penjajahan Jepang, flora jarak ini diwajibkan untuk ditanam di pekarangan rumah, hal itu lantaran bijinya yg bisa, dikhasiatkan sebagai bahan2 bakar minyak (BBM).

Pekhasiatan jarak merah bahwasanya tidak begitu dianjurkan untuk dikonsumsi. Hal itu disebabkan daun jarak merah konon mengandung racun sehingga dihentikan dikonsumsi. Lebih baik Anda mekhasiatkannya sebagai pengobatan luar. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "20 Manfaat Daun Jarak Merah Untuk Kesehatan & Pengobatan"

Posting Komentar