22 Khasiat Daun Pegagan Untuk Kesehatan, Pengobatan, Kesuburan, Kulit, Otak Dll

Daun pegagan mempunyai nama ilmiah “Centella Asiatica”. Bentuk daunnya cenderung lebar, asal daun pegagan diperkirakan awalnya dari Asia, yg tepatnya di daerah-daerah tropis di Asia.

Dengan kondisi negara Indonesia yg tropis, maka tidak mengherankan daun pegagan gampang untuk ditemukan di Indonesia.

Sudah banyak pihak yg mekhasiatkan daun pegagan sebagai bahan2 alami untuk kesehatan & pengobatan.

Daun pegagan sering dipakai untuk buat teh herbal, selain itu ada juga yg mengonsumsi daun pegagan dengan dimakan mentah-mentah (sebagai lalapan).

 asal daun pegagan diperkirakan awalnya dari Asia 22 Khasiat Daun Pegagan Untuk Kesehatan, Pengobatan, Kesuburan, Kulit, Otak dll
Daun Pegagan | Credit: Wikimedia.org

Daun pegagan menjadi bahan2 herbal (alami) yg kaya akan kandungan antoksi&. Pekhasiatannya daun ini sebagai obat tradisional bahkan sudah dilakukan semenjak zaman dahulu.

Dimana orang-orang dulu sering mekhasiatkan daun pegagan untuk pengobatan penyakit kulit, melancarkan peredaran darah, pengobatan gangguan saraf & lainnya.

Bahkan di negara Malaysia, daun pegagan ini telah dijadikan bahan2 baku untuk produk kesehatan & kecantikan, menyerupai produk krim untuk mencegah kerutan pada kulit, krim untuk mengencangkan kulit wajah, & aneka macam jenis krim lainnya dengan fungsi-fungsinya.

Pada laman Stylecraze.com menyebutkan nilai gizi daun pegagan / Gotu Kola yaitu:
  • Beta Carotene 6.58 mg
  • Fosfor 30 mg
  • Kalsium 170 mg
  • Niacin 1,2 mg
  • Potassium 414 mg
  • Tiamin 0,15 mg
  • Riboflavin 0,14 mg
  • Asiaticoside 40%
  • Asam askorbat 2.1 4 mg
  • Asam Asiatik 29- 30%
  • Asam Madecassic 29-30%
  • Madecassoside 1-2%

Berikut di bawah ini aneka macam khasiat daun pegagan:

1.Meredakan Kecemasan, Stres & Sebagai Penenang Alami

 asal daun pegagan diperkirakan awalnya dari Asia 22 Khasiat Daun Pegagan Untuk Kesehatan, Pengobatan, Kesuburan, Kulit, Otak dll
Stress | Credit: Pixabay.com

Daun pegagan bisa, dikhasiatkan sebagai obat alami untuk menenangkan pikiran. Dimana di dalam daun pegagan terkandung senyawa triterpenoid yg mempunyai imbas menenangkan pada badan & jiwa. Bahkan senyawa triterpenoid juga bekerja untuk membantu melancarkan proses peredaran darah ke otak.

Laman Livestrong.com menyebutkan bahwa senyawa triterpenoid pada daun pegagan sanggup berguna mengurangi kecemasan & juga meningkatkan fungsi mental pada beberapa individu.

Pada sebuah penelitian yg diterbitkan di Journal of Clinical Psychopharmacology tahun 2000 menyebutkan bahwa para pasien yg diberikan asupan daun pegagan kurang terkejut dengan bunyi (60 menit sesudah mendapat takaran tunggal) dibandingkan pasien yg tidak mengkonsumsi asupan daun pegagan tersebut.

Peneliti menyatakan bahwa daun pegagan mempunyai potensi khaiat anti-kecemasan pada manusia.

Laman Healthyeating.sfgate.com juga menyebutkan sebuah penelitian khasiat daun pegagan untuk mengobati / mengurangi gangguan antianxiety (kecemasan).

Penelitian yg diterbitkan di Journal of Ethnopharmacology. Para peneliti menemukan a&ya perbaikan yg signifikan pada beberapa sikap akhir stres pada hewan, dimana binatang percobaan diberikan pemanis daun pegagan.

Peneliti menyatakan bahwa hasil awal ini memperlihatkan bahwa daun pegagan mempunyai potensi untuk mengatasi stres kronis secara alami.


2. Menyembuhkan Luka

Daun pegagan bisa, Anda khasiatkan untuk mengobati pendarahan / luka pada kulit (metode pengobatan luar). Bahkan daun pegagan bisa, secara alami membantu menghentikan pendarahannya.

Laman Livestrong.com menyebutkan bahwa daun pegagan secara tradisional bisa, dipakai untuk mengobati luka ringan. Di dalam daun pegagan terkandung zat yg disebut dengan triterpenoid yg berguna untuk mempercepat proses penyembuhan luka, meningkatkan kadar antioksi& di area kulit yg mengalami luka, serta menjaga biar suplai darah ke area yg terluka berjalan dengan baik.

Pada sebuah studi yg dipublikasikan di International Journal of Lower Extremity Wounds tahun 2006, melaksanakan penelitian untuk mengetahui khasiat daun pegagan untuk penyembuhan luka. Penelitian dilakukan dengan obyek tikus percobaan.

Hasil penelitian menemukan bahwa luka yg diobati dengan ekstrak daun pegagan menawarkan khasiat penyembuhan secara signifikan. Peneliti menyampaikan bahwa studi lebih lanjut masih perlu dilakukan.

Laman Organicfacts.net menyebutkan saponin & senyawa organik lainnya yg ditemukan di tumbuhan menyerupai daun pegagan ini berguna untuk merangsang proses penyembuhan pada luka. Senyawa tersebut bekerja untuk merangsang fatwa darah ke sel & juga melindungi kulit dari serangan infeksi, sehingga hal ini sangat membantu untuk mempercepat proses penyembuhan.

3. Menyembuhkan Luka Bakar

Laman Stylecraze.com menjelaskan bahwa daun pegagan juga berguna untuk membantu menyembuhkan luka bakar. Dimana daun pegagan mempunyai kandungan zat yg berpotensi sebagai anti-bakteri, anti-inflamasi & anti-virus.

Sehingga daun pegagan sanggup berguna untuk pengobatan luka bakar pada kulit, psoriasis, dermatitis & lainnya. Dengan menggunakan ramuan yg berasal dari bahan2 alami ini, sangat berguna untuk menyembuhkan luka sampai jenis luka bakar.

Kandungan di dalam daun pegagan mempunyai fungsi untuk meningkatkan suplai darah ke kawasan yg mengalami luka, dengan demikian juga meningkatkan tingkat antioksi& pada area itu.

Asupan antioksi& yg banyak akan mempromosikan produksi fibroblas. Dimana fibroblas membantu dalam mensintesis kolagen, hal ini berguna untuk membantu proses penyembuhan serta mengurangi timbulnya bekas luka yg timbul di kulit.

4. Untuk Kesehatan & Kecerdasan Otak

 asal daun pegagan diperkirakan awalnya dari Asia 22 Khasiat Daun Pegagan Untuk Kesehatan, Pengobatan, Kesuburan, Kulit, Otak dll
Otak Cerdas | Credit: Flickr.com

Kandungan senyawa antioksi& mempunyai banyak khasiat, diantaranya untuk kesehatan otak, memperkuat daya ingat, & meningkatkan kesiapsiagaan.

Senyawa antioksi& yg terkandung di dalam daun pegagan berfungsi untuk membantu melancarkan fatwa darah, oksigen & nutrisi ke organ otak, serta mencegah terjadinya kerusakan pada sel-sel otak.

Sebuah penelitian yg pernah dilakukan oleh R. Uthaya Ganga & B. Sathya dari Govt. Siddha Medical College, Palayamkottai, India. Tim peneliti melaksanakan pengujian terhadap khasiat ekstrak pegagan untuk perkembangan IQ anak.

Hasilnya, peneliti menemukan bahwa serbuk daun pegagan berguna untuk meningkatkan intelegensia.

Bahkan sebanyak lima belas anak yg se&g mengalami problem gangguan mental diberikan asupan 500 mg serbuk pegagan selama satu bulan. Hasilnya, IQ mereka meningkat sampai 4,6%.

Semua anak dalam penelitian ini yg diberikan asupan ekstrak daun pegagan mengalami peningkatan kemampuan konsentraasi.

Selain itu, anak yg berperilaku pasif & sering gelisah, mengalami perbaikan kondisi mental dimana mereka bermetamorfosis periang, aktif & juga komunikatif terhadap lingkungannya. Kandungan zat asiaticosida di dalam daun pegagan dipercaya menawarkan khasiat luar biasa ini.

Laman Healthyeating.sfgate.com menyebutkan bahwa daun pegagan menawarkan khasiat luar biasa bagi kesehatan otak. Sebuah penelitian yg dipublikasikan di jurnal "Neurological Sciences" edisi Desember 2012 menemukan bahwa daun pegagan berguna untuk membantu melindungi otak dari kerusakan akhir paparan logam beracun.

Penelitian tesebut dengan menggunakan obyek binatang percobaan yg diberikan takaran harian 150 / 300 miligram per kilogram berat ba& selama enam minggu.

Hasilnya asupan ekstrak daun pegagan yg diberikan tersebut,  memberikan khasiat berupa menurunkan stres oksidatif akhir paparan racun & produk limbah alumunium.

Peneliti menyatakan bahwa daun pegagan mempunyai khasiat untuk proteksi dari problem disfungsi kognitif, menghindari aneka macam bentuk kerusakan saraf lainnya akhir paparan aluminiun, & juga meningkatkan daya ingat.

Laman Organicfacts.net menyebutkan bahwa imbas antioksi& dari daun pegagan bekerja untuk menghilangkan plak & radikal bebas di otak sehingga merangsang jalur saraf. 

Banyak orang yg mengonsumsi pemanis daun pegagan untuk pencegahan penyakit yg terkait dengan usia. Dimana terdapat beberapa bukti penelitian yg menemukan bahwa daun pegagan bisa menurunkan resiko penyakit alzheimer & demensia.

Loading...

5. Pencegahan Kanker

 asal daun pegagan diperkirakan awalnya dari Asia 22 Khasiat Daun Pegagan Untuk Kesehatan, Pengobatan, Kesuburan, Kulit, Otak dll
Credit: https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Scan_MRI.jpg

Daun pegagan mempunyai kandungan yg baik, menyerupai beberapa kandungan mineral penting yaitu kalsium, potassium, magnesium, mangan, fosfor, selenium & seng. Kemudian terdapat kandungan vitamin C, B-1, B-2 & B-3, juga terkandung senyawa phytochecmicals beta-karoten, campesetol, camphol.

Para ilmuwan di Amala Cancer Research Center di Kerala, India, melaksanakan penelitian mengenai keterkaitan daun pegagan (centella asiatica) & tiga bahan2 alami lainnya terhadap sel tumor / kanker yg berbahaya.

Pada tiga bahan2 herbal lainnya menyerupai ketumbar, jintan, & adas, ketiganya hanya memperlihatkan acara yg sangat terbatas (dalam mengatasi sel kanker). Adapun bahan2 alami centella bekerja secara efektif untuk menghancurkan sel-sel tumor / kanker berbahaya.

Daun pegagan kaya akan kandungan antioksi& yg merupakan benteng utama badan dalam proteksi dari serangan radikal bebas.

Senyawa radikal bebas ini sangat berbahaya alasannya menimbulkan resiko penyakit kanker & aneka macam penyakit degeneratif.

Laman Healthyeating.sfgate.com menyebutkan sebuah studi yg dipublikasikan di "International Journal of Molecular Medicine" edisi Desember 2012. Studi tersebut menemukan bahwa daun pegagan sanggup berguna untuk membantu melindungi badan dari penyakit kanker kulit akhir serangan radiasi ultraviolet.

Kandungan di dalam daun pegagan melindungsi sel kulit insan dari kanker dengan cara mengurangi imbas toksik dari radiasi ultraviolet.

6. Menjaga Kesehatan Organ Hati

Anda bisa, mekhasiatkan daun pegagan untuk kesehatan organ hati. Anda bisa, merebus daun pegagan kemudian diambil air rebusannya. Minum secara rutin dalam setiap harinya.

Laman Healthyeating.sfgate.com menyebutkan bahwa daun pegagan berguna bagi kesehatan hati. Senyawa ekstrak dari daun pegagan yg dinamakan asiaticoside, berguna untuk membantu proteksi organ hati dari kerusakan, hal ini menurut dari penelitian yg dipublikasikan di jurnal Phytomedicine tahun 2010.

Penelitian dilakukan dengan obyek binatang percobaan. Peneliti menawarkan takaran asiaticoside sebanyak 5, 10 / 20 miligram per kilogram berat ba& dalam setiap harinya.

Hasilnya, kandungan senyawa di dalam daun pegagan tersebut terbukti berguna untuk mencegah kerusakan organ hati akhir zat kimia beracun yg ada di hati, serta meminimalisir kerusakan pada jaringan & meningkatkan fungsi hati secara signifikan.

7. Melancarkan Sirkulasi Darah

Daun pegagan mempunyai khasiat penting berupa melancarkan sirkulasi darah di dalam semua serpihan tubuh. Peredaran darah yg lancar sangatlah penting untuk menghindari terjadinya problem penyumbatan pembuluh darah yg memicu penyakit-penyakit berbahaya.

Laman Organicfacts.net menyebutkan bahwa daun pegagan mempunyai dua khasiat penting dalam sistem peredaran darah tubuh. Pertama, ekstrak daun pegagan bisa menjaga dinding pembuluh darah & kapiler sehingga mencegah kebocoran & buat sistem peredaran darah menjadi lancar.

Kedua, khasiat daun pegagan ini bekerja untuk merangsang fatwa darah di dalam tubuh, yg kemudian akan meningkatkan oksigenasi di aneka macam serpihan badan (terutama organ-organ penting).

8 Untuk Detoksifikasi Tubuh

Laman Organicfacts.net menyebutkan bahwa daun pegagan telah usang dikenal sebagai diuretik ringan yg alami. Manfaatnya bisa, membantu proses pembuangan racun yg menumpuk, garam berlebih, & juga lemak berlebih di dalam tubuh.

Dengan khasiat daun pegagan ini maka menawarkan khasiat bagi organ ginjal biar terhindar dari bekerja terlalu berat. Dimana ginjal bekerja untuk menyaring & membuang racun dari dalam tubuh.

9. Mengatasi Rasa Gelisah

 asal daun pegagan diperkirakan awalnya dari Asia 22 Khasiat Daun Pegagan Untuk Kesehatan, Pengobatan, Kesuburan, Kulit, Otak dll
Jiwa Gelisah | Credit: Flickr.com

Kandungan triterpenoid di dalam daun pegagan mempunyai potensi untuk mengurangi tingkat kecemasan seseorang, serta bisa, meningkatkan fungsi mental. Konsumsi daun pegagan bisa, menawarkan khasiat pada jiwa biar lebih hening & tidak gampang terkejut.

Laman Organicfacts.net menyebutkan bahwa ada bukti signifikan bahwa daun pegagan mempunyai imbas positif dalam menyembuhkan kecemasan. Penelitian menemukan bahwa daun pegagan berguna untuk mengurangi frekuensi & tingkat keparahan serangan kegelisahan.


10. Untuk Kesuburan & Memperlancar Hu.bungan Intim

 asal daun pegagan diperkirakan awalnya dari Asia 22 Khasiat Daun Pegagan Untuk Kesehatan, Pengobatan, Kesuburan, Kulit, Otak dll
Credit: Wikimedia.org

Laman Organicfacts.net menyebutkan ada beberapa bukti tradisional yg memperlihatkan bahwa daun pegagan mempunyai khasiat untuk meningkatkan tingkat energik badan di kamar tidur.

Umumnya khasiat berupa peningkatan libido bisa, biperoleh dari banyak jenis herbal, termasuk daun pegagan. Selain itu, daun pegagan juga berguna untuk mencegah kelelahan mental & menambah energi dalam hu.bungan Anda dengan pasangan.

11. Menghindari Tekanan Darah Tinggi

 asal daun pegagan diperkirakan awalnya dari Asia 22 Khasiat Daun Pegagan Untuk Kesehatan, Pengobatan, Kesuburan, Kulit, Otak dll
Credit: Pixabay.com

Daun pegagan berguna untuk mencegah terjadinya penyakit berbahaya akhir tekanan darah tinggi. Laman Organicfacts.net menyebutkan bahwa studi telah menemukan a&ya keterkaitan antara daun pegagan dengan banyak penurunan resiko penyakit sangat berbahaya, termasuk gagal jantung kongestif.

Kandungan di dalam daun pegagan berguna untuk mengurangi ketegangan di arteri & pembuluh darah, sehingga tekanan darah bisa, tetap dalam kondisi stabil, serta mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular secara umum.

Hal ini sangat penting bagi kesehatan organ jantung, biar tercegah dari aterosklerosis, serangan jantung, stroke & penyakit mematikan lainnya.

12. Mengatasi Gangguan Nervous

Laman Organicfacts.net menyebutkan a&ya imbas menenangkan dari daun pegagan yg bisa, meredakani stres & juga membantu badan biar mempunyai tidur yg sehat & berkualitas, selain itu juga menenangkan sistem saraf badan secara langsung.

Manfaat daun pegagan ini bisa, untuk membantu penyembuhan epilepsi, insomnia, & meningkatkan kualitas hidup.

13. Berbagai Manfaat Untuk Kesehatan & Pengobatan Kulit Tubuh

Laman Forbes.com menyebutkan bahwa Centella asiatica (daun pegagan) kaya akan asam amino, beta karoten, asam lemak, & fitokimia poten. Ekstrak daun pegagan diketahui bisa, berguna untuk mempercepat penyembuhan luka, merangsang pertanaman sel baru, membangun kolagen, memperbaiki sirkulasi & meredakan pera&gan.

Penelitian telah menyebutkan bahwa daun pegagan mempunyai khasiat dalam penyembuhan & peremajaan kulit tubuh, sehingga mulai dikhasiatkan dalam sejumlah perawatan kulit baru.

Penelitian yg diterbitkan di International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences tahun 2012 telah menemukan aneka macam khasiat daun pegagan, diantaranya mempunyai acara pelindung kulit & penyembuh luka di kulit.

Dalam sejarahnya, daun pegagan diyakini mempunyai khasiat penyembuh kulit yg manjur selama ribuan tahun, serta berguna untuk perawatan & kesehatan kulit, mencegah timbulnya tkamu-tkamu penuaan dini pada kulit, mengobati luka yg terinfeksi, sifilis, lupus, eksim, psoriasis, & juga gangguan wanita.

Di Inggris, awalnya daun pegagan dikhasiatkan sebagai salah satu perawatan awal untuk kusta. Di Prancis, daun pegagan diteliti & diterima sebagai distributor farmasi di tahun 1800an, penggunaannya untuk mengobati diare, & mengatasi problem ketidaksuburan pada wanita.

Baru-baru ini, periset meneliti bagaimana daun pegagan berguna untuk menyembuhkan luka, peneliti menemukan kandungan sariot triterpenoid yg telah terbukti membantu menyembuhkan luka dengan meningkatkan antioksi&, melancarkan suplai darah, & menguatkan kulit.

Dalam sebuah studi tahun 2012, para periset menawarkan asupan konsentrat centella asiatica (daun pegagan) ke kulit tikus yg mengalami luka terbuka. Peneliti menemukan bahwa formulasi tersebut sanggup menghambat pertanaman bakteri, mendorong pertanaman sel kulit gres & meningkatkan kekuatan kulit.

Peneliti menyimpulkan bahwa ekstrak centella asiatica mendorong proses penyembuhan luka akutan maupun luka bakar. Asam amino dalam ekstrak etil asetat nampaknya sebagai komponen yg paling aktif dalam proses penyembuhan luka.

Terdapat bukti bagus bahwa gdaun pegagan membantu memperbaiki pembuluh darah. Sebuah penelitian yg dipublikasikan tahun 2012 memperlihatkan bahwa centella tidak menyerupai beberapa ekstrak herbal lainnya, dimana cantella bisa menembus kulit dengan cukup baik untuk dikhasiatkan secara efektif.

Para ilmuwan bereksperimen bahwa daun pegagan sanggup dikhasiatkan untuk mengobati luka bakar, mencegah bekas luka, mengobati psoriasis, & juga mengurangi stretch mark. Manfaat cantella yg sanggup meningkatkan sirkulasi sehingga efektif untuk pengobatan varises & kapiler yg rusak.

Laman Organicfacts.net menyebutkan bahwa daun pegagan memiiki khasiat untuk memperbaiki penampilan kulit. Dimana banyak perusahaan kosmetik & farmasi yg menggunakan bahan2 alami ini, guna dijadikan bahan2 utama produk untuk menjaga keindahan kulit, mengurangi munculnya bekas luka, keriput, & noda lainnya. 

14. Memperkuat Daya Ingat

 asal daun pegagan diperkirakan awalnya dari Asia 22 Khasiat Daun Pegagan Untuk Kesehatan, Pengobatan, Kesuburan, Kulit, Otak dll
Credit: Pixabay.com

Anda bisa, mekhasiatkan daun pegagan untuk meningkatkan daya ingat, serta mencegah penyakit yg terkait dengan usia menyerupai kepikunan / alzheimer. Sebenarnya penyakit-penyakit semacam itu tidak hanya menyerang mereka yg berumur tua, namun juga bisa, menyerang orang-orang yg masih muda.

Sebuah penelitian yg dipublikasikan tahun 2012 menemukan bahwa khasiat centella asiatica (daun pegagan) bisa, untuk meningkatkan daya ingat & mengurangi depresi & kecemasan.

Laman Stylecraze.com menyebutkan bahwa daun pegagan berguna untuk meningkatkan memori & kecerdasan, serta mencegah penyakit alzheimer, rasa cemas & depresi.

loading...

15. Melawan Infeksi Bakteri

Laman Stylecraze.com menjelaskan bahwa daun pegagan mempunyai khasiat untuk pengobatan flu biasa, infeksi akses kemih, disendtri, influenza, kolera, herpes zoster, tuberkulosis, kusta, H1N1 (Flu Babi), dll.

Daun pegagan sanggup dikhasiatkan untuk mengobati penyakit akhir serangan aneka macam jenis bakteri, virus & Infeksi benalu pada manusia.

16. Berkhasiat Untuk Mengatasi Rambut Rontok

 asal daun pegagan diperkirakan awalnya dari Asia 22 Khasiat Daun Pegagan Untuk Kesehatan, Pengobatan, Kesuburan, Kulit, Otak dll
Rambut Rontok | Credit: Flickr.com

Laman Stylecraze.com menyebutkan bahwa daun pegagan populer mempunyai khasiat untuk perawatan rambut rontok. Kandungan di dalamnya bekerja untuk merangsang pertanaman rambut kembali.

Adapun terjadinya kerontokan rambut akhir a&ya gangguan / problem pada folikel rambut, umunya alasannya minimnya asupan nutrisi & kotoran yg menumpuk di folikel rambut.

Kandungan di dalam daun pegagan mempunyai khasiat penting untuk memperkuat folikel rambut & menutrisi kulit kepala.

17. Membantu Kelancaran Sirkulasi Darah di Kulit Kepala

Laman Stylecraze.com menjelaskan bahwa peredaran darah yg lancar merupakan hal yg penting bagi pembuluh darah. Daun pegagan mempunyai khasiat untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh.

Dimana lancarnya peredaran darah di kulit kepala, maka sangat penting biar melancarkan juga peredaran oksigen & nutrisi penting di kulit kepala.

Nutrisi pada kulit kepala yg bisa, terpenuhi dengan baik, berguna untuk meningkatkan pertanaman rambut, buat rambut lebih kuat, berkilau & indah, serta mencegah kerontokan rambut.

18. Mengobati Demam

 asal daun pegagan diperkirakan awalnya dari Asia 22 Khasiat Daun Pegagan Untuk Kesehatan, Pengobatan, Kesuburan, Kulit, Otak dll
Credit: Flickr.com

Anda bisa, memafaatkan daun pegagan untuk membantu biar demam bisa, sembuh lebih cepat. Untuk melakukannya, sediakan beberapa lembar daun hijau kemudian gunakan sebagai kompres pada serpihan dahi. Dau pegagan mempunyai zat alami yg menawarkan khasiat untuk meredakan panas demam.

19. Menghindari Varises & Pembengkakan

Saat kondisi elastisitas pada pembuluh darah menurun, hal ini menawarkan potensi terjadinya penumpukan darah di serpihan kaki & potensi kebocoran cairan yg keluar dari pembuluh darah. Hal ini menjadikan terjadinya pembengkakan pada kaki.

Pada beberapa studi kecil yg pernah dilakukan, menemukan bahwa daun pegagan mempunyai khasiat untuk mengurangi pembengkakan & juga melancarkan fatwa darah.

Pada sebuah studi, peneliti mengevaluasi orang-orang yg mengalami varises. Hasil tes USG memperlihatkan bahwa orang-orang yg diberikan asupan daun pegagan mengalami penurunan kebocoran cairan.

20. Menjaga Kepadatan Tulang

Di dalam daun pegagan terdapat kandungan kalsium, magnesium, kalium & zat besi, yg itu yaitu kandungan-kandungan yg utama dalam menjaga kesehatan, kepadatan, & menguatkan tulang, sehingga mencegah resiko terjadinya problem tulang keropos.

21. Untuk Mengobati Maag

Daun pegagan mempunyai kandungan magnesium yg berguna untuk membantu menyembuhkan penyakit maag / penyakit gangguan lambung secara umum.

22. Sumber Antioksi& Alami

Daun pegagan kaya akan sumber antioksi&, yg kiprahnya sangat penting dalam menangkal serangan radikal bebas. Paparan radikal bebas sangat berbahaya, alasannya menimbulkan peningkatan resiko penyakit kanker, diabetes, stroke, jantung, alzheimer & penyakit berbahaya lainnya.

Serangan radikal bebas menjadikan terjadinya kerusakan pada sitokinin yg berfungsi dalam komunikasi antara sel badan & sistem imun. Jika terjadi kerusakan fungsi pada sitokinin, menjadikan sel-sel imun badan tidak lagi bisa, memperoleh sinyal ketika terjadi serangan virus penyakit ke dalam tubuh.

Fungsi antioksi& ni sangat penting dalam menjaga sistem imun tubuh. Salah satu cara alami biar Anda bisa, mendapat asupan antioksi& yaitu dengan mengonsumsi daun pegagan.

Dimana di dalamnya terkandung senyawa karetenoid & asiatikosida, kedua senyawa tersebut berguna untuk menangkal serangan radikal bebas, & merangsang kerja enzim penghasil antioksi& alami di dalam badan biar maksimal.

Manfaat senyawa antioksi& sangat banyak & penting sebenarnya, selain menurunkan resiko penyakit kanker, diabetes & penyakit berbahaya lainnya, juga berguna untuk membantu meningkatkan daya ingat, konsentrasi, melancarkan fatwa oksigen serta nutrisi, & mencegah kerusakan sel-sel otak.

Manfaat Lainnya

Livestrong.com menyebutkan bahwa daun pegagan telah banyak dikhasiatkan untuk mengobati aneka macam penyakit selama ribuan tahun (obat tradisional) yaitu kusta, eksim, sifilis, psoriasis, hepatitis, demam, infeksi akses pernapasan, epilepsi, bisul, pilek, kelelahan, & asma.

Laman Organicfacts.net menyebutkan beberapa khasiat kesehatan yg paling menarik dari daun pegagan yaitu memperbaiki kesehatan kulit, mempercepat penyembuhan luka, melindungi jantung, meningkatkan daya ingat & konsentrasi, menenangkan gangguan saraf, mengatasi problem pernafasan, mengurangi toksisitas & melancarkan sistem peredaran darah.

Efek Samping Daun Pegagan

Wanita yg dalam masa kehamilan & menyusui hendaknya tidak mengkonsumsi daun pegagan, hal ini alasannya belum diketahui a&ya bukti keamanan daun pegagan bagi ibu hamil & menyusui.

Daun pegagan sanggup menimbulkan imbas kantuk, sehingga hindari “dikombinasikan” dengan obat-obatan yg dipakai selama & sesudah operasi yg juga mempunyai imbas kantuk. Anda perlu menghindari ramuan pegagan setidaknya 2 ahad sebelum operasi dilakukan.

Livestrong.com menjelaskan bahwa praktisi medis / kesehatan di Amerika Serikat & Eropa baru-baru ini menaruh minat untuk menggunakan ramuan daun pegagan. Meskipun centella asiatica (daun pegagan) terlihat kondusif ketika dikonsumsi sesuai petunjuk, namun ilmuwan dari University of Maryland Medical Center memperingatkan biar tidak mengkonsumsinya lebih dari enam ahad berturut-turut tanpa berkonsultasi dengan dokter.

Orang-orang yg se&g mengalami penyakit organ hati sebaiknya tidak mengkonsumsi centella asiatica.

Organicfacts.net menjelaskan bahwa kalau Anda mempunyai reaksi alergi terhadap daun pegagan maka kemungkinan menimbulkan imbas samping berupa kulit kemerahan, gatal, sakit perut, mual, & mengantuk.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "22 Khasiat Daun Pegagan Untuk Kesehatan, Pengobatan, Kesuburan, Kulit, Otak Dll"

Posting Komentar