10 Manfaat Likopen Bagi Kesehatan (Fakta Perihal Likopen)

Likopen merupakan senyawa karetenoid yg berguna untuk kesehatan tubuh. Senyawa likopen inilah yg buat buah-buahan & sayuran mempunyai warna merah /pun kuning tua.

Buah & sayuran yg mempunyai kandungan likopen menyerupai tomat, semangka, wortel, pepaya, jambu biji & jeruk bali.

 Likopen merupakan senyawa karetenoid yg berguna untuk kesehatan badan 10 Manfaat Likopen Bagi Kesehatan (Fakta Tentang Likopen)
Tomat Kaya akan Kandungan Likopen | Photo credit: Pixabay.com

Apakah Anda suka tomat? Jika tidak, sesudah mendengar perihal khasiat antioksi& likopen yg luar biasa ini, Anda akan rajin mengonsumsi tomat.

Likopen mempunyai fungsi penting sebagai antioksi& untuk menangkal serangan radikal bebas. Bahaya radikal bebas sanggup mengakibatkan penyakit serius menyerupai kanker, penyakit jantung & aterosklerosis.

Likopen disebut sebagai fitonutrien pencegahan kanker, paling sering ditemukan dalam tomat. Selain itu likopen juga terdapat pada sejumlah buah & sayuran.

Likoen mempunyai beberapa sifat yg sama dengan beta-karoten, tapi tentunya terdapat perbedaan antara keduanya.

Likopen bertanggung jawab sebagai pigmen dalam makanan, contohnya warna merah pada tomat, walaupun perlu diketahui bahwa tidak semua buah & sayuran merah mengandung antioksi& ini.

Berikut banyak sekali macam khasiat senyawa likopen:

1. Mencegah Kanker

Likopen mempunyai bantuan sangat penting untuk mencegah & menghambat perkembangan beberapa jenis kanker.

 Likopen merupakan senyawa karetenoid yg berguna untuk kesehatan badan 10 Manfaat Likopen Bagi Kesehatan (Fakta Tentang Likopen)
Photo credit: Wikipedia.org

Sebuah penelitian oleh para ilmuwan di University of Portsmouth yg dipublikasikan tahun 2016 untuk meneliti khasiat likopen dalam memperlambat pertanaman kanker payudara & kanker prostat.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa senyawa likopen secara signifikan sanggup menghambat pertanaman sel kanker prostat & payudara.

Pada penelitian yg dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition tahun 2016 degan menyertakan lebih dari 46.000 laki-laki memperlihatkan a&ya hu.bungan antara asupan likopen tinggi & penurunan risiko kanker prostat secara signifikan.

Pada penelitian, secara khusus mencatat konsumsi saus tomat mempunyai tugas penting dalam proses tersebut.

Sebuah penelitian yg dipublikasikan di Archives of Biochemistry and Biophysics tahun 2015 menemukan bahwa likopen sanggup menghambat pertanaman sel kanker ginjal yg termasuk jenis paling umum dari tumor ginjal yg ganas. Likopen berkontribusi penting dalam pencegahan jenis kanker ini.

Penelitian lainnya juga menemukan bantuan likopen dalam mengatasi nanah HPV, penyebab utama kanker rahim.

Hal yg menarik bahwa penelitian-penelitian tersebut secara langsung meneliti asupan likopen, bukan suplementasi.

Ada khasiat signifikan yg diperoleh dari konsumsi makanan-makanan yg mengandung likopen dengan kaya nutirisi, dimana tidak sanggup diduplikasi dalam bentuk suplemen.


2. Likopen Termasuk Salah Satu Antioksi& Paling Kuat

Antioksi& mempunyai tugas yg sangat penting, apalagi di masa kini orang-orang umumnya mengonsumsi masakan olahan yg kurang sehat & kurang nutrisinya.

Bahkan betapa banyak masakan yg terapar pestisida kini ini. Atrazine & dichlorvos merupakan dua pestisida yg paling sering dipakai di AS untuk melindungi flora dari serangga.

Kedua jenis pestisida tersebut mempunyai imbas racun dalam badan manusia. Dan Kita di masa kini sepertinya sangat sulit untuk bisa, melepaskan diri dari paparan bahan2 kimia.

Untungnya, kemampuan  senyawa likopen sanggup melindungi badan dari ancaman & kerusakan yg disebabkan oleh pestisida.

Likopen adalah salah satu senyawa antioksi& yg mempunyai fungsi sangat penting dalam melindungi tubuh.

Studi memperlihatkan bahwa antioksi& berfungsi untuk melindungi liver (organ hati) dari ancaman dichlorvos (pestisida).

Bahan kimia lain yg perlu diwaspadai adalah MSG lantaran sanggup menjadikan imbas samping seperti  sakit kepala, mual, kemerahan, berkeringat, mati rasa & badan melemah.

Dampak jelek MSG sanggup mengakibatkan janjkematian sel-sel otak. Untungnya, sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa likopen bisa melindungi sel-sel otak dari kerusakan yg ditimbulkan MSG.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Lycopene bisa melindungi mata Anda dari kerusakan yg ditimbulkan oleh stres oksidatif. Stres oksidatif merupakan salah satu penyebab penyakit mata umum.

Pada percobaan yg dilakukan oleh Departemen Farmakologi di Institut Sains Medis, India, yg dipublikasikan tahun 2003, menemukan bahwa likopen mempunyai potensi untuk berguna mencegah / menunda katarak pada sebagian besar kasus.

Penelitian lainnya juga menemukan bahwa likopen mempunyai bantuan dalam pencegahan penyakit degenerasi makula terkait usia. Likopen memperlihatkan sifat antioksi& & anti-inflamasi.

4. Untuk Kesehatan Jantung

Likopen telah terbukti berkontribusi untuk pertolongan jantung dari sejumlah besar kondisi umum. Likopen menjadi salah satu nutrisi yg direkomendasikan untuk menurunkan tingkat tekanan darah tinggi.

 Likopen merupakan senyawa karetenoid yg berguna untuk kesehatan badan 10 Manfaat Likopen Bagi Kesehatan (Fakta Tentang Likopen)
Photo credit: Pixabay.com

Tekanan darah tinggi sanggup meningkatkan resiko beberapa penyakit kardiovaskular, menyerupai penyakit jantung koroner, aterosklerosis & iskemia miokard (terhambatnya fatwa darah ke jantung yg disebabkan penyumbatan arteri).

Penelitian telah menemukan bahwa kadar likopen yg tinggi dalam fatwa darah terkait dengan tingkat janjkematian yg lebih rendah pada orang-orang yg mengalami penyakit jantung akhir sindrom metabolik.


5. Menjaga Kekuatan Tulang

Selama ini mungkin orang-orang mengira hanya vitamin K & kalsium saja yg mempunyai tugas dalam menyehatkan & buat tulang kuat.

Sebenarnya ada kandungan lain yg berperan dalam pertanaman tulang yg baik, menyerupai likopen. Peran kandungan senyawa ini bisa meredakan stres oksidatif pada tulang.

Bahaya stres oksidatif sanggup mengakibatkan struktur tulang menjadi ringkih & lemah. Peran Likopen bisa memperlambat apoptosis (kematian sel) yg merupakan penyebab tulang melemah.

6. Untuk Kesehatan Otak

Likopen mempunyai khasiat neurologis yg menarik, contohnya mencegah perkembangan penyakit Alzheimer dengan cara memperbaiki kerusakan sel & melindungi sel yg sehat.

 Likopen merupakan senyawa karetenoid yg berguna untuk kesehatan badan 10 Manfaat Likopen Bagi Kesehatan (Fakta Tentang Likopen)
Photo credit: Flickr.com / A Health Blog

Fitonutrien ini juga memperlihatkan sifat restoratif terhadap serangan epilepsi. Kondisi kejang akan menghambt fatwa oksigen ke otak & beresiko mengakibatkan kerusakan otak permanen bila berangsung lama.

Pada sebuah studi yg dipublikasikan di jurnal Phytotheraphy Research tahun 2016, para ilmuwan menemukan bahwa senyawa likopen tidak hanya sanggup mencegah duduk masalah kejang di masa depan, tetapi juga memperbaiki kerusakan saraf di otak akhir kejang.

Konsumsi masakan yg tinggi lemak & tidak sehat secara umum, telah diketahui menghambat perkembangan kognitif.

Para peneliti di Cina menemukan bahwa likopen sanggup mengatasi duduk masalah penurunan memori & gangguan berguru pada orang-orang yg mengonsumsi masakan tinggi lemak (tidak sehat).

7. Membantu Pengobatan Diabetes

Walaupun masih memerlukan penelitian lebih lanjut, likopen telah ditemukan mempunyai beberapa khasiat aktual dalam pengobatan diabetes tipe II.

Senyawa likopen mempunyai kemampuan untuk mengurangi kadar glukosa darah & mengurangi stres oksidatif. Hal itu lantaran likopen termasuk senyawa antioksi& yg terkuat.

loading...

8. Mencegah Stroke

Mengonsumsi masakan yg kaya akan likopen berguna untuk menurunkan resiko penyakit stroke. Sifat antioksi& yg dimiliki likopen berfungsi untuk mencegah pembentukan bekuan darah. Pembekuan darah merupakan penyebab utama penyakit stroke.

Selain itu, Likopen mempunyai sifat anti inflamasi (melawan pera&gan) pada pembuluh darah di dalam otak, hal ini sangat penting sebagai pertolongan dari resiko stroke.

9. Untuk Kesuburan Pria
Penelitian telah memperlihatkan a&ya hu.bungan yg signifikan antara mengonsumsi asupan masakan mengandung likopen tinggi secara rutin dengan meningkatnya jumlah sperma pada pria.

Penelitian se&g dilakukan untuk melihat imbas dari Likopen dalam menyembuhkan duduk masalah infertilitas di kalangan pria.

10. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Likopen mempunyai bantuan penting dalam prosedur pertahanan tubuh. Senyawa likopen mendorong fungsi sistem kekebalan badan biar bertindak lebih cepat dalam melawan penyakit & penyebabnya.

Likopen yg merupakan antioksi& berpengaruh bekerja untuk menghalau radikal bebas penyebab penyakit, bahkan likopen mempunyai kemampuan untuk mencegah berkembangnya sel kanker di dalam tubuh.

Makanan yg Mengandung Likopen Terbaik

Jika berbicara perihal senyawa likopen, dari penelitian yg telah dilakukan maka lebih sering untuk meneliti tomat, padahal terdapat banyak masakan lainnya yg mengandung tinggi likopen.

Berikut masakan yg kaya akan kandungan likopen:
  • Tomat
  • Pepaya
  • Mangga
  • Jambu biji
  • Jeruk bali
  • Semangka
  • Asparagus
  • Kol merah
  • Wortel

Tomat mengandung jumlah likopen yg sangat tinggi, uniknya dikala tomat dicerna dalam bentuk sayuran sup maka akan dihasilkan tiga kali lebih banyak likopen daripada bila tomat masih berbentuk buah segar. Ingat!! Tomat yg lebih gelap mempunyai kandungan likopen terbanyak.

Buah pepaya juga hendaknya dikonsumsi lantaran merupakan sumber likopen yg luar biasa. Peyaya & jambu biji merah memperlihatkan jumlah asupan likopen yg sama.

Jambu biji merah /pun merah muda mempunyai kandungan likopen yg tinggi. Selain likopen, jambu biji juga merupakan sumber Vitamin C, serat & Omega-3.

Semangka masak mempunyai warna merah yg indah dengan rasa yg lezat. A&ya kandungan likopen buat buah basah ini menjadi favorit orang-orang. Selain itu semangka juga merupakan diuretik & sumber serat yg baik.

Berbagai Hal Tentang Senyawa Likopen

Likopen adalah antioksi& berpengaruh yg bisa melindungi & memulihkan badan dari kerusakan yg disebabkan penyakit.

Anda bisa, memperoleh banyak asupan likopen dengan cara mengonsumsi tomat, semangka, & buah / sayuran umum lainnya.

Untuk mendapat asupan likopen sebaiknya yg berasal dari makanan. Hal itu lantaran komplemen seringkali tidak memperlihatkan khasiat menyerupai yg diharapkan, bahkan penggunaan komplemen mempunyai resiko imbas samping.

Likopen terka&g disebut sebagai:
  • Antioksi& (menetralisir imbas dari radikal bebas berbahaya)
  • Phytonutrisi (nutrisi organik yg ada dalam flora yg mempunyai antioksi& & anti-inflamasi). 
  • Karotenoid

Manfaat likopen yg juga sangat penting yaitu berkontribusi dalam pencegahan kerusakan DNA.

Referensi:
Dr. Axe. Lycopene: A Powerful Antioxi&t to Help Prevent Cancer & Keep Your Heart Healthy.
Assar, et al. NCBI. Lycopene acts through inhibition of IκB kinase to suppress NF-κB signaling in human prostate and breast cancer cells. Tumour Biology. 2016. 37(7):9375-85.
Graff, et al. NCBI. Dietary lycopene intake and risk of prostate cancer defined by ERG protein expression.The American Journal of Clinical Nutrition. 2016. 103(3):851-60.
Sahin, et al. NCBI. Lycopene in the prevention of renal cell cancer in the TSC2 mutant Eker rat model. Archives of Biochemistry and Biophysics. 2015. 572:36-39.
Gupta, et al. NCBI. Lycopene attenuates oxidative stress induced experimental cataract development: an in vitro and in vivo study. 2003. 19(9):794-9.
Bhardwaj, Kumar. NCBI. Neuroprotective Effect of Lycopene Against PTZ-induced Kindling Seizures in Mice: Possible Behavioural, Biochemical and Mitochondrial Dysfunction. Phytotheraphy Research. 2016. 30(2):306-13.
Radhakrishnan, M. Stylecraze (2018). 18 Amazing Benefits Of Lycopene For Skin, Hair and Health

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Manfaat Likopen Bagi Kesehatan (Fakta Perihal Likopen)"

Posting Komentar