25 Khasiat Air Rebusan & Teh Serai Untuk Kesehatan & Pengobatan

Di masyarakat Indonesia, batang daun serai bukanlah hal yg abnormal didengar, seringkali daun serai dijadikan bumbu untuk banyak sekali masakan khas.

Hal itu lantaran pada bumbu masakan serai nantinya akan memunculkan aroma masam menyerupai lemon, yg berguna untuk meningkatkan cita rasa makan.

Selain serai berguna untuk bumbu masakan, juga daunnya maupun air rebusan serai menawarkan khasiat kesehatan yg sangat penting.

Bahkan daun serai sering dibentuk sebagai bahan2 obat-obatan herbal lantaran khasiat kandungan di dalamnya.

 batang daun serai bukanlah hal yg abnormal didengar 25 Khasiat Air Rebusan & Teh Serai untuk Kesehatan & Pengobatan
Daun Serai | Sumber gambar: Fast-growing-trees.com

Sereh mempunyai nutrisi yg sangat banyak, mengandung mineral berupa magnesium, zat besi, seng, tembaga, potasium, fosfor, kalsium & mangan. Mengandung vitamin berupa vitamin A, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6 (piridoksin), folat & vitamin C.

Selain itu, sereh mempunyai kandungan antioksi&, flavonoid & senyawa fenolik menyerupai luteolin, glikosida, kuersetin, kaempferol, eliminin, catecol, asam chlorogenic, & asam caffeic.

Bahkan serai bersifat sebagai anti jamur & antimikroba.

Berikut di bawah ini banyak sekali khasiat serai yg mempunyai nama ilmiah “Cymbopogon citratus” ini.

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Air rebusan serai berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh, hal itu lantaran di dalamnya terkandung zat anti-mikroba yg berfungsi untuk melawan & membunuh basil jahat & parasit.

Sehingga kesudahannya sanggup menjaga kesehatan & fungsi usus supaya tetap baik. Manfaat ini sangat penting untuk mencegah terjadinya duduk kasus pencernaan menyerupai diare, mual, maag, kembung, gastritis, sembelit & lainnya.

Kandungan senyawa antiseptik di dalam serai bekerja secara efektif untuk membunuh basil jahat & benalu di jalan masuk pencernaan, sehingga juga basil baik yg ada di dalam di usus besar bisa, berfungsi dengan baik.

Sehingga keberadaan senyawa antiseptik ini mempunyai fungsi penting dalam menghindari duduk kasus pencernaan menyerupai sembelit, diare, muntah & banyak lainnya.

Selain itu, sereh juga mempunyai khasiat sebagai antimikroba untuk membantu meringankan gastroenteritis.

Agar Anda bisa, memperoleh pencernaan yg sehat, maka disarankan untuk minum teh sereh secara teratur. Hanya saja, teh sereh tidak untuk anak kecil.

2. Melawan Kolesterol Jahat

Pada daun batang serai terkandung zat anti-kolesterol yg sangat penting dalam mencegah menumpuknya kolesterol jahat (LDL) di dalam darah.

Untuk mengatasi duduk kasus kolesterol tinggi ini maka Anda disarankan untuk mengonsumsi air rebusan serai secara rutin. Kandungan di dalam serai bekerja untuk meminimalisir perembesan kolesterol jahat di dalam usus.

Serai juga mempunyai khasiat sebagai anti atesklerosis, yg berfungsi untuk membersihkan & menghambat terbentuknya plak pada pembuluh darah.

Manfaat kandungan di dalam serai ini sangat penting dalam menghindari duduk kasus penumpukan lemak & kolesterol pada tubuh, sehingga menghindari resiko serangan jantung koroner.

Ronald Ross Watson, seorang penulis buku "Vegetables, Fruits, and Herbs in Health Promotion" menjelaskan bahwa minyak sereh mengandung senyawa terpenoid menyerupai geraniol & citral yg berguna untuk menurunkan kadar kolesterol.

Senyawa ini bekerja untuk menghambat produksi asam mevalonic (sebagai penyebab tingginya kolesterol).

Pera&gan kronis bisa, menimbulkan penyakit kardiovaskular, dimana duduk kasus ini sanggup dicegah dengan kandungan di dalam minyak sereh. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian di India yg diterbitkan dalam jurnal "Food and Chemical Toxicology" edisi Oktober 2010.

Pada sebuah penelitian di Jepang yg diterbitkan dalam jurnal "PPAR Research" edisi Juni 2010. Menyebutkan bahwa kandungan senyawa yg ada di dalam serai mungkin berguna untuk mengatasi permasalahan serius menyerupai diabetes, obesitas & kadar kolesterol tinggi.


3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

 batang daun serai bukanlah hal yg abnormal didengar 25 Khasiat Air Rebusan & Teh Serai untuk Kesehatan & Pengobatan
Pemeriksaan Tekanan Darah | Sumber gambar: 59mdw.af.mil

Menghindari duduk kasus tekanan darah tinggi bisa, dibantu dengan mengkonsumsi air rebusan serai, lakukanlah secara rutin, khasiatnya akan menjaga tekanan darah supaya normal & stabil, serta buat sirkulasi darah bisa, berjalan dengan lancar.

Serai mengandung potassium yg tinggi yg kandungan ini berguna dalam mengatasi duduk kasus tekanan darah yg tidak stabil pada tubuh.

Serai sebagai formula alami untuk mengatasi & menormalkan kembali tekanan darah tinggi. Potasium berguna meningkatkan produksi urin di dalam tubuh, yg pada gilirannya bisa, merangsang sirkulasi darah & membantu menurunkan tekanan darah ke tahap normal.

Lancarnya sirkulasi darah sangat penting untuk membantu memurnikan organ. Serai juga bekerja untuk meminimalisir perembesan kolesterol di usus, sehingga khasiatnya bisa, meningkatkan kesehatan organ jantung secara keseluruhan.

4. Mengatasi Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes merupakan sebuah kondisi kurang optimalnya fungsi pankreas pada tubuh, sehingga kondisi ini memicu duduk kasus diabetes. Konsumsi air rebusan serai bisa, membantu untuk menyembuhkan penyakit diabetes, utamanya jenis diabetes tipe 2.

Meminum air rebusan serai secara rutin berguna supaya menstabilkan kadar gula darah di dalam tubuh, guna mencegah terjadinya duduk kasus tinggi gula di dalam darah.

Keberadaan insulin di dalam badan sangat penting untuk menghindari penyakit diabetes ini. Produksi insulin ini sangat ditentukan dari baiknya kondisi organ pankreas (kerja / fungsinya).

Pada sebuah studi yg diterbitkan dalam "Journal of Ethnopharmacology" pada tahun 2007, studi dilakukan untuk mengetahui dampak derma sereh pada tikus percobaan.

Percobaan dilakukan dengan menawarkan konsumsi serai sebanyak 125 hingga 500 miligram per kilogram berat ba& tikus, derma serai dilakukan satu kali dalam sehari.

Setelah 42 hari, hasilnya tikus tersebut mengalami penurunan kadar glukosa, kolesterol & trigliserida menuju tahap stabil.

Dengan hasil studi tersebut, peneliti menyampaikan bahwa mengkonsumsi sereh sanggup membantu mengobati / mencegah diabetes, & penyakit jantung. Penelitian lebih lanjut diharapkan untuk mengevaluasi tingkat efektivitas kandungan di dalam serai pada badan manusia.

5. Membantu Menormalkan / Menurunkan Berat Ba&

 batang daun serai bukanlah hal yg abnormal didengar 25 Khasiat Air Rebusan & Teh Serai untuk Kesehatan & Pengobatan
Turunkan Berat Ba& | Sumber gambar: Flickr.com

Kandungan di dalam serai bisa, berguna untuk memaksimalkan proses memperabukan lemak di dalam tubuh. Mengonsumsi air rebusan serai sanggup melancarkan proses BAB, hal ini baik untuk mencegah terjadinya obesitas pada tubuh.

Anda bisa, merebus serai bersama 400ml air, rebuslah & biarkan dalam kondisi mendidih hingga hanya tersisa setengahnya saja, sehabis itu barulah dikonsumsi.

Lakukan tiga kali dalam sehari, jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsinya lantaran justru bisa, berdampak buruk.

Demikian juga meminum teh serai juga berguna dalam pencegahan kegemukan, minum teh serai sanggup mencairkan lemak dengan cara detoksifikasi. Selain itu mempunyai imbas diuretik yg berrfungsi untuk melancarkan BAB.

Minum teh sereh bisa, menggantikan sumber kalori lain, sehingga bagaimanapun hal ini berguna dalam menyukseskan perjuangan penurunan berat ba&.

Selain untuk pencernaan yg lancar, serai juga disebut-sebut membantu menenangkan saraf & kemungkinan mempunyai khasiat anti-inflamasi.

Saat meminumnya sebagai teh, maka sereh hanya menawarkan asupan sedikit kalori. Minum secangkir teh sereh polos sebelum makan bisa, membantu untuk menurunkan berat ba&, dimana nafsu makan Anda akan ditekan supaya tidak berlebihan nantinya.

Dalam pekhasiatan serai, Anda bisa, memotong daunnya & menambahkannya ke salad / sayuran. Anda bisa, menumis / buat sup darinya.

Dalam konsumsi serai ini, beberapa orang telah melaporkan mengalami pusing & kantuk sehabis mengkonsumsi sereh.

Meminumnya terlalu banyak bisa, merusak organ hati / lapisan perut, berdasarkan Memorial Sloan Kettering Cancer Center. Selain itu, hindari minum teh sereh kalau se&g hamil. 
loading...

6. Membantu Mengobati Anemia

Penyakit anemia terjadi akhir badan kekurangan zat besi. Adapun gejalanya yaitu badan sering terasa lemas, gampang lelah, lesu, terlihat pucat, kepala gampang pusing, mata berkunang-kunang, & semacanya.

Mengkonsumsi air rebusan serai bisa, membantu Anda untuk meminimalisir dari dampak duduk kasus anemia. Hal itu lantaran tumbuhan serai mempunyai kandungan zat besi yg tidak mengecewakan tinggi.

Kandungan zat besi berlimpah di dalam serai. Kandungan zat besi ini penting untuk sintesis hemoglobin, itu yaitu protein dalam sel darah merah yg bertanggung jawab untuk menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh.

7. Menurunkan Resiko Penyakit Kanker

Khasiat sangat penting dari mengonsumsi serai yaitu menurunkan resiko penyakit kanker. Mengonsumsi batang serai yg diseduh (direbus), di dalamnya terkandung senyawa citral. Aroma khas menyerupai lemon pada serai diyakini sebagai senyawa sitral.

Senyawa ini bekerja untuk membunuh sel-sel rusak pemicu kanker di dalam tubuh. Mengkonsumsi rebusan serai ini bisa, Anda lakukan secara teratur (namun jangan berlebihan), sehingga badan bisa, lebih tercegah dari penyakit kanker.

Sebuah penelitian oleh ilmuwan dari Ben Gurion University di Israel, hasil penelitian memperlihatkan bahwa teh sereh sanggup membantu melawan penyakit kanker.

Peneliti menyebutkan di dalam serai terdapat kandungan citral, yg berguna untuk melawan sel kanker tanpa merusak sel sehat. Sehingga sel kanker yg tidak nomal ini akan mati.

Untuk membantu proses penyembuhan, sering para pasien kanker di Israel disarankan untuk minum teh sereh segar, dikala para pasien se&g dalam masa-masa perawatan khusus menyerupai radiasi / kemoterapi.

Studi lainnya yg diterbitkan pada tahun 2009 di jurnal Fundamentals of Clinical Pharmacology menemukan bahwa citral di dalam serai berguna untuk memperlambat pertanaman sel kanker payudara.

Selain itu, terdapat beberapa sifat antioksi& di dalam serai yg berfungsi sangat penting dalam menurunkan risiko kanker, dengan cara melawan radikal bebas yg menyerang tubuh.

Sebagian besar kuliner nabati mengandung senyawa besar lengan berkuasa antioksi&, yg berfungsi untuk menghentikan pembentukan radikal bebas pada tubuh, sehingga berguna untuk pencegahan kanker.

Serai mengandung banyak jenis antioksi&, menyerupai asam caffeic, chlorogenic acid & isoorientin, yg menangkal serangan radikal bebas.

Pada penelitian yg dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry. Penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan, lantaran penelitian ini dilakukan hanya dengan menggunakan sel darah merah, namun hasil telah memperlihatkan bahwa mengkonsumsi serai yg sempurna (mencukupi) bisa, membantu menangkal pertanaman sel kanker di dalam tubuh.

8. Meringankan Gejala Insomnia

Susah Tidur | Sumber gambar: Army.mil

Masalah kesulitan tidur ini terjadi lantaran banyak sekali faktor, menyerupai lantaran mengonsumsi alkohol, terlalu banyak beban pikiran, dll.

Mengkonsumsi rebusan serai membantu supaya meminimalisir gangguan insomnia. Kandungan di dalam serai menawarkan imbas menenangkan bagi badan & pikiran, sehingga hal ini sedikit-banyak bisa, membantu untuk memperbaiki kualitas tidur.

Kandungan di dalam serai membantu untuk menenangkan otot & saraf, sehingga mendorong seseorang supaya bisa, tidur dengan nyenyak.

Penelitian telah memperlihatkan bahwa pada teh sereh terdapat sifat sedatif & hipnosis yg membantu dalam meningkatkan kualitas & kenyamanan tidur.

9. Membunuh Bakteri Jahat & Detoksifikasi

Kandungan zat di dalam daun batang serai mempunyai sifat sebagai antiseptik. Zat antiseptik ini bekerja di dalam badan untuk membunuh basil mikroorganisme perusak & juga jamur, hal ini penting dalam proses detoksifikasi badan & membersihkan darah kotor.

Demikian juga penggunaannya sebagai obat oles, akan juga berguna untuk mengatasi jamur & bakteri, dimana yg mengakibatkan penyakit kulit umumnya yaitu basil & jamur.

Minum teh serai secara teratur ternyata bisa untuk membersihkan & mendetoksifikasi tubuh.

Sereh mempunyai sifat diuretik yg bisa, menghilangkan / menghancurkan racun, asam urat & kolesterol jahat dari dalam tubuh. Khasiat lainnya juga sanggup membantu membersihkan ginjal.

Teh herbal sereh ini juga berguna untuk memberishkan organ hati, ginjal, kandung kemih & pankreas. Ini menjadi hal yg sangat penting dalam meningkatkan / melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh, yg sangat penting untuk menjaga kesehatan badan secara keseluruhan.


10. Mengoptimalkan Pembuangan Racun dari dalam Tubuh

Dengan minum rebusan serai / teh serai maka membantu untuk mengoptimalkan proses pembuangan racun dari dalam tubuh. Selain itu akan membersihkan & menyehatkan organ hati & ginjal.

Nantinya racun-racun akan diluruhkan dengan ekskresi ginjal melalui proses urinisasi, adapun racun pada organ hati akan dibuang melalui proses keringat.

Pentingnya proses pembuangan racun ini, juga untuk membuang sisa metabolisme tubuh. Penumpukan sisa metabolisme di dalam badan & zat-zat berlebih yg tidak diharapkan oleh badan maka sanggup menimbulkan duduk kasus serius bagi kesehatan.

Konsumsi serai membantu membersihkan & membuang limbah beracun & berbahaya dari dalam tubuh, itu lantaran serai mempunyai sifat diuretik.

Manfaatnya juga bisa, membersihkan & menyehatkan organ hati & ginjal, serta sanggup membantu menurunkan kadar asam urat berlebih di dalam tubuh.

11. Melawan Penyakit Malaria

 batang daun serai bukanlah hal yg abnormal didengar 25 Khasiat Air Rebusan & Teh Serai untuk Kesehatan & Pengobatan
Nyamuk Malaria | Sumber gambar: Pixabay.com

Serai tumbuh banyak di kawasan beriklim panas & tropis, itu merupakan jenis tempat dimana penyakit malaria sering menyerang. Serai bisa memerangi nanah malaria.

Penyakit malaria ini disebabkan oleh benalu & ditularkan ke badan insan oleh nyamuk. Jika diabaikan maka penyakit malaria ini bisa, mengakibatkan kematian.

Sebuah studi yg dipublikasikan di jurnal obat tumbuhan internasional "Planta Medica", hasil memperlihatkan bahwa minyak esensial yg ditemukan di dalam serai bisa menekan resiko penyakit malaria sebesar 62 hingga 87 persen.

Studi tersebut dengan menggunaan obyek tikus percobaan. Dan masih diharapkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui besarnya khasiat yg diperoleh pada manusia.

Serai bisa, menawarkan tugas yg sangat besar & penting  kepada orang-orang yg tinggal di kawasan terpencil di dunia ini, dimana mereka umumnya tidak mendapatkan pengobatan medis modern untuk pengobatan malaria.

12. Mengatasi Masalah Gangguan Pernafasan

Serai dipakai secara luas dalam pengobatan Ayurveda lantaran kandungannya yg mempunyai imbas penyembuhan dalam mengobati penyakit batuk & pilek.

Selain itu, di dalam serai terkandung vitamin C yg mempunyai imbas penyembuhan, yg membantu mengatasi duduk kasus penyumbatan hidung, flu & gangguan pernafasan lainnya, menyerupai asma bronkial & lainnya.

Loading...

13. Bisa Dikhasiatkan Sebagai Minyak Angin

Serai mempunyai kandungan senyawa citral. Dan senyawa citral merupakan bahan2 utama dalam pembuatan minyak atsiri.

Sehingga rebusan serai bisa, dikhasiatkan sebagai minyak angin lantaran di dalamnya terdapat minyak atsiri yg sangat baik & berguna untuk mengatasi duduk kasus pernafasan & meringankan tanda-tanda flu. Selain itu, rebusan serai tersebut akan menawarkan kehangatan pada tubuh.

14. Menyembuhkan Pilek & Flu

 batang daun serai bukanlah hal yg abnormal didengar 25 Khasiat Air Rebusan & Teh Serai untuk Kesehatan & Pengobatan

Serai mempunyai khasiat antibakteri & antijamur yg membantu dalam mengobati batuk, demam & tanda-tanda flu lainnya. Plus, di dalam serai sarat akan kandungan vitamin C yg berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan badan dalam melawan infeksi.

Selain itu, Anda bisa, mekhasiatkan minyak sereh untuk menghilangkan rasa sakit pada otot & persendian, disamping juga mekhasiatkannya untuk pengobatan flu & sakit kepala akhir flu.

Bahkan kandungan di dalam serai berguna secara efektif untuk “mendobrak” lendir & mengatasi duduk kasus penumpukan dahak, sehingga berguna untuk meringankan duduk kasus pernafasan. Hal ini berguna sekali begi mereka yg menderita bronkitis / asma.

Anda bisa, buat minuman ramuan dari bahan2 sereh ini. Caranya:
  1. Pertama-tama rebus beberapa helai sereh segar, dua / tiga cengkeh, sepotong kecil kayu manis, & satu sendok teh bubuk kunyit di dalam satu cangkir susu.
  2. Saring & minumlah dikala rebusan agak mendingin.
  3. Minum sebanyak satu kali dalam sehari. Jangan berlebihan.

Rebus beberapa serai segar beserta beberapa cengkeh, sejumput daun kunyit & teh. Ramuan sederhana ini bisa secara efektif untuk mengobati flu & batuk, serta sanggup menghilangkan lendir.

15. Menjaga Sistem Saraf

Serai yg mengandung magnesium, fosfor & folat berguna untuk perkembangan & fungsi sistem saraf. Yang hal ini penting dalam meningkatkan konsentrasi, daya ingat & kemampuan otak untuk memproses informasi.

Sereh telah terbukti menjadi tonik untuk sistem saraf, yg khasiatnya sanggup merangsang pikiran, serta juga membantu untuk menghindari munculnya perasaan gugup, kejang, vertigo & beberapa gangguan neuronal menyerupai penyakit Alzheimer & Parkinson.

Kandungan di dalam sereh juga berguna untuk membantu menenangkan saraf & juga membantu mencegah timbulnya kecemasan & stres.


16. Mengurangi Nyeri Ra&g Sendi

Sereh mempunyai sifat anti-inflamasi & penghilang rasa sakitnya. Sereh membantu mengobati ra&g sendi, rematik, osteoartritis, asam urat & beberapa jenis nyeri sendi lainnya.

Dengan sifat anti-inflamasinya ini membantu untuk meminimalisir kegiatan siklooksigenase-2, itu merupakan jenis enzim yg memicu duduk kasus pera&gan & timbulnya rasa sakit, yg umumnya menyerang pecahan persendian.

Selain itu, serai juga membantu meredakan kejang otot / keseleo dengan merilekskan otot.

Anda sanggup mencampur minyak sereh dengan minyak kelapa (dengan perbandingan 1: 2), sehabis dicampur maka digosokan pada pecahan badan yg terkena sakit. Kemudian biarkan selama 1 jam / lebih, sehabis itu barulah dibilas. Lakukan satu kali dalam sehari.

Anda juga disarankan untuk minum teh sereh sebanyak dua kali dalam sehari supaya memperoleh khasiat terbaik.

17. Untuk Ibu yg Baru Memiliki Anak

Serai sangat berguna bagi ibu gres yg se&g menyusui bayinya. Serai mempunyai khasiat untuk membantu meningkatkan produksi ASI.

Selain itu sifat antimikroba & antibakterinya juga membantu bayi supaya & terbebas dari nanah sehingga bisa, selalu sehat. Ibu menyusui ini bisa, minum satu hingga dua cangkir teh sereh dalam sehari.

Hanya saja, jangan berlebihan dalam mengonsumsi teh sereh ini, maksimal dua cangkir teh untuk Ibu menyusui.

Demikian juga konsumsi sereh ini harus dihindari bagi perempuan yg selama masa kehamilan.

18. Meredakan Nyeri Haid

Teh sereh baik untuk kesehatan wanita, membantu mengurangi rasa sakit menstruasi lantaran imbas kandungan di dalam sereh yg menenangkan.

19. Menghindari Depresi

 batang daun serai bukanlah hal yg abnormal didengar 25 Khasiat Air Rebusan & Teh Serai untuk Kesehatan & Pengobatan
Kondisi Depresi | Sumber gambar: Pexels.com

Sereh mempunyai sifat antidepresan serai yg membantu mengobati duduk kasus depresi.

Kandungan di dalamnya akan bekerja untuk mengaktifkan pelepasan serotonin yg berfungsi untuk memerangi depresi, kecemasan, meningatkan semangat & menawarkan imbas menenangkan.

Anda bisa, meminum secangkir teh sereh dikala merasa tertekan / mood rendah. Teh ini akan membantu Anda tetap tenang.

20. Mengatasi Rematik

Serai efektif untuk menghilangkan rasa sakit & ketidaknyamanan yg disebabkan oleh rematik. Selain itu juga berguna dalam mengatasi duduk kasus keseleo & semacamnya.


21. Untuk Sistem Imun Tubuh

Serai mempunyai khasiat untuk sistem vital badan menyerupai pencernaan, pernapasan, ekskresi & sistem saraf. Manfaatnya untuk memaksimalkan proses perembesan nutrisi & memperkuat prosedur imun tubuh.

Penelitian para ilmuwan telah memperlihatkan bahwa serai menawarkan tindakan anti-inflamasi bagi tubuh.

22. Untuk Aromaterapi

Serai terdiri dari bahan2 berguna minyak atsiri menyerupai nerol, sitronelol, dipentene, myrcene, geraniol & metil heptenone yg mempunyai sifat anti jamur, insektisida & antiseptik.

Hal itu buatnya sering  digunakan dalam aromaterapi, yg membantu menyegarkan tubuh. Efek pendinginannya  berkhasiat bagi badan selama cuaca panas, serta bisa, meningkatkan semangat dalam jiwa.

23. Mengatasi Masalah Bau Ba&

Serai dipakai dalam pembuatan deodoran lantaran sifat pencucian & antibakterinya, yg ini membantu melawan busuk ba& & mencegah nanah jamur & bakteri.

Anda bisa, menambahkannya ke pemandian kaki untuk membersihkan kaki, sehingga menjadi harum.

24. Meningkatkan Metabolisme & Membakar Lemak

Teh sereh sanggup membantu meningkatkan metabolisme tubuh, yg buat pencernaan lebih lancar & mengoptimalkan proses pembakaran kalori di dalam tubuh.

25. Manfaat Daun Serai Untuk Kulit & Rambut

Serai merupakan sumber Vitamin A & C yg berguna untuk menutrisi kulit & rambut. Dengan cara memperbaiki sirkulasi darah, membersihkan kulit tubuh, bahkan bisa, mengobati jerawat & eksim.

Konsumsi serai membantu untuk meringankan banyak sekali duduk kasus kulit. Serai yg bersifat anti mikroba & anti basil berguna untuk menghambat dampak jelek basil / mikroba pada kulit.

Hal ini juga membantu menghindari duduk kasus nanah kulit akhir basil menyerupai folikulitis & selulitis. Serai juga sebagai fungisida yg membantu penyembuhan kulit akhir nanah jamur.

Ramuan ini juga bisa bertindak dalam membatasi sekresi minyak & mengencangkan kulit.

Sereh bisa, dibentuk menjadi teh dengan menggunakan daun serai, baik yg kering maupun yg segar.

Anda juga bisa, mengplikasikannya sebagai minyak esensial. Oleskan minyak esensial serai ke area kulit yg mengalami masalah.

Hanya saja minyak esensial sereh hendaknya tidak dipakai oleh orang-orang yg mempunyai kulit sensitif / mengalami duduk kasus kulit yg parah, lantaran bisa, mengakibatkan iritasi.

Sebelum mengoleskan minyak ke kulit, maka uji dahulu sedikit. Apabila Anda tidak melihat reaksi negatifnya dalam 14 jam, maka barulah Anda bisa, benar-benar mengoleskannya ke kulit. Hindari penggunaan yg berlebihan.

Sebagai peringatan, pastikan bahan2 yg Anda beli yaitu sereh murni.

Berbagai Cara Konsumsi Serai

Demikian diatas telah disebutkan khasiat-khasiat serai. Umumnya masyarakat mengkonsumsi rebusan serai dengan cara menumbuk batang serai, kemudian diseduh menggunakan air panas / direbus hingga mendidih, sehabis itu ditambahkan dengan madu / gula.

Mengonsumsinya dikala ramuan rebusan serai tersebut masih dala kondisi hangat.

Penggunaan daun serai ini juga biasanya dengan dihancurkan untuk memperoleh aroma lemon, yg akan dipakai untuk buat wangi masakan. Serai sering dipakai dalam buat sup, kaldu, kari, saus, salad & lainnya. Bagian daun, batang & umbi serai bisa, Anda khasiatkan.

Cara Membuat Teh Serai

 batang daun serai bukanlah hal yg abnormal didengar 25 Khasiat Air Rebusan & Teh Serai untuk Kesehatan & Pengobatan
Teh Serai | Sumber gambar: Flickr.com

Minum teh serai berguna untuk mengoptimalkan proses pembuangan racun dari dalam tubuh, menjaga kadar kolesterol normal, mengatasi duduk kasus lemak berlebih, & menjaga kesehatan pencernaan.

Penelitian telah memperlihatkan bahwa minum teh serai secara teratur bisa, membantu mencegah perkembangan jerawat pada kulit.

Munculnya jerawat akhir serangan bakteri, adapun teh serai mempunyai khasiat yg salah satunya sebagai anti-bakteri.

Apabila Anda menambahkan sejumput merica pada adonan teh ini, berguna untuk meringankan duduk kasus mual.

Untuk buat teh serai, maka siapkan bahan2:
  • Beberapa batang serai
  • Air, sebanyak 235 ml
  • Susu (tidak wajib)
  • Gula / madu (sesuai selera)
  • Saringan

Cara buatnya:
  1. Kupas & buang lapisan luar daun. Dimana lapisan luar ini menimbulkan rasa pahit.
  2. Lalu rebus air.
  3. Lalu masukkan serai.
  4. Biarkan air mendidih pada panas api kecil selama dua puluh menit. Tujuannya supaya semua saripati dari daun serai bisa, terekstrak secara maksimal.
  5. Lalu tambahkan pemanis. Apabila mau, maka Anda bisa, menambahkan beberapa sendok susu. Didihkan selama lima menit
  6. Lalu matikan api, saring dalam cangkir & konsumsi air ramuan selagi hangat.

Untuk sajian penyajian lain, Anda bisa, menambahkan teh serai dengan es. Tentunya apabila buat es teh serai, maka tidak perlu menambahkan susu lantaran akan menimbulkan rasa eneg.

Untuk resep lainnya buat teh serai, yaitu dengan menggunakan bahan2 berupa air secukupnya, 2 batang serai, 2 buah teh celup & 3 sendok makan gula pasir.

Anda hanya perlu merebus batang serai dengan air hingga mendidih, sehabis itu masukan teh celup ke dalam air rebusan, kemudian tambahan2 gula pasir, sehabis itu tinggal aduk rata.

Dalam menyajikannya bisa, dalam kondisi hangat maupun hirau taacuh (dengan menambahkan es watu ).

Penutup

Anda harus menghindari berlebihan dalam konsumsi teh serai, lantaran sifatnya yg meningkatkan panas tubuh. Apabila dirasakan imbas negatif sehabis minum teh serai maka segera hentikan. Jangan minum teh serai selama masa kehamilan.

Referensi:
Organicfacts. 25 Surprising Benefits Of Lemongrass.
Top 10 Home Remedies. Top 10 Health Benefits of Lemongrass.
Roizman, Tracey. Livestrong (2017). Is Lemongrass Essential Oil Good for Lowering Cholesterol?.
Kannall, Erica. SFGate. What Are the Health Benefits of Lemongrass?.
Corleone, Jill.  Livestrong (2017). Can You Lose Weight With Lemongrass?.
Cure Joy (2018). 24 Wonderful Health Benefits Of Lemongrass Tea.
Thompson, Sarah. Livestrong (2017). The Benefits of Lemongrass for Skin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "25 Khasiat Air Rebusan & Teh Serai Untuk Kesehatan & Pengobatan"

Posting Komentar