22 Ancaman Akhir Makan Berlebihan / Kekenygan (14 Cara Mengatasinya)

Seperti diketahui bersama, kuliner yg kita konsumsi merupakan sumber penting untuk energi tubuh.

Namun, ternyata kuliner bisa, menjadi racun bagi tubuh, kalau kuliner yg dikonsumsi tidak sehat, & mengonsumsi kuliner secara berlebihan.

Obesitas menjadi salah satu persoalan kesehatan yg sudah banyak terjadi pada orang-orang di dunia. Terjadinya obesitas utamanya sebab contoh makan yg berlebihan.

Suatu persoalan ketika seseorang suka makan porsi besar-besaran. Nafsu makan harus bisa, dikontrol, sehinga mencegah dari terlalu sering makan dalam porsi sangat besar.

 kuliner yg kita konsumsi merupakan sumber penting untuk energi badan 22 Bahaya Akibat Makan Berlebihan / Kekenygan (14 Cara Mengatasinya)
Jangan Makan Berlebihan Ya... | Kredit gambar: Flickr.com

Berlebihan dalam mengonsumsi kuliner akan menimbulkan banyak dampak buruk, berikut di bawah ini pemaparannya:

1. Masalah di Pencernaan
Jika Anda makan berlebihan / terlalu kenyg, maka akan beresiko mengalami rasa mual, diare & sembelit. Apalagi kalau kuliner yg dikonsumsi hanya mengandung karbohidrat yg tinggi, namun sangat “miskin” dengan kandungan vitamin & serat yg penting.

Kandungan vitamin & serat ini sangat penting khasiatnya untuk menjaga kesehatan & fungsi pencernaan tubuh.

Bagi kaum muslimin, maka makan secara berlebihan adalah hal yg tercela. Dimana Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassalam sebagaimana di dalam sab&ya, telah menyarankan / memerintahkan umatnya bahwa perut hendaknya diisi dengan tiga bagian, yaitu 1/3 kepingan untuk makanan, 1/3 kepingan untuk air & 1/3 kepingan untuk udara. Sehingga dalam agama Islam, makan berlebihan adalah hal yg tercela.

Jika kuliner yg masuk ke dalam badan terlalu banyak, maka kuliner menjadi tidak tercerna secara sempurna. Hal inilah yg kemudian menimbulkan beberapa persoalan menyerupai timbulnya gas, bersendawa berkali-kali, & secara umum perut menjadi tidak enak.

Dalam jangka panjang, kalau persoalan pada organ pencernaan terus-menerus terjadi (tanpa a&ya upaya untuk menghindarinya), maka bisa, menimbulkan ancaman serius bagi organ pencernaan.

Salah sayu upaya untuk menjaga organ pencernaan semoga tetap sehat adalah konsumsi kuliner yg cukup, & jangan berlebihan.

2. Tubuh Menjadi Kegemukan
Makan secara berlebihan tentunya akan menimbulkan kegemukan. Kalau orang-orang ditawarkan bahwa dirinya ingin mempunyai badan yg ideal / obesitas, maka tentunya umumnya orang (/ bahkan semuanya) akan menentukan ingin mempunyai badan yg ideal.

Kegemukan selain akan menimbulkan persoalan kesehatan fisik, juga akan sanggup menganggu penampilan.

Bahkan tidak jarang kita mendengar bahwa orang-orang yg mempunyai berat ba& secara berlebihan mengalamu bully, walaupun tentunya bully ini tidaklah diperbolehkan.

Untuk menjaga penampilan maka jagalah berat ba& semoga tetap dalam batas yg ideal. jangan makan secara berlebihan, namun hal ini bukan berarti melaksanakan diet yg menyiksa.


3. Diabetes
Terjadinya Kencing manis tanggapan kondisi fungsi pankreas yg tidak bisa, menghasilkan hormon insulin yg cukup bagi tubuh.

Keberadaan hormon insulin ini sangat penting untuk membawa gula dalam darah masuk ke dalam sel-sel tubuh, sehingga nantinya dikonversi menjadi energi.

Fungsi pankreas ini bisa, melemah tanggapan kadar gula yg melonjak, sebab buruknya contoh makan, salah satunya yg sanggup memicu diabetes adalah makan secara berlebihan, apalagi kalau yg dikonsumsi itu adalah kuliner yg tinggi gula.

Oleh sebab itu harus selalu diingat, konsumsi kuliner secara berlebihan bisa, meningkatkan kadar gula dalam darah, yg hal ini bisa, sangat membahayakan bagi penderita diabetes.

4. Bisa Menghambat Pertanaman Psikologis & Kecerdasan

 kuliner yg kita konsumsi merupakan sumber penting untuk energi badan 22 Bahaya Akibat Makan Berlebihan / Kekenygan (14 Cara Mengatasinya)
Kredit gambar: Pixabay.com

Konsumsi kuliner yg berlebihan bisa, berdampak jelek bagi kesehatan otak. Terutama di jaman modern ini, yg bermunculan banyak sekali kuliner enak tetapi tidak sehat.

Seperti mengonsumsi kuliner yg digoreng secara berlebihan, maka hal in bisa, sangat merugikan kesehatan otak Anda. Dimana kuliner dengan kandungan minyak & lemak nantinya bisa, menumpuk di dalam pembuluh darah.

Efeknya menimbulkan terjadinya kendala pada asupan darah ke otak, hal ini bisa, menimbulkan terjadinya penurunan fungsi otak.

Selain itu, mengonsumsi asupan gula (baik dari kuliner maupun minuman) bisa, memperlihatkan dampak merugikan yaitu menurunkan fungsi otak & juga daya ingat.

Demikian juga kuliner dengan kandungan bahan2 pengawet, pewarna & bahan2 kimia lainnya. Jika mengonumsinya dalam jumlah banyak bisa, sangat berbahaya bagi kesehatan otak. Zat-zat menyerupai ini bisa, menjadi penyebab utama merosotnya fungsi otak.

Secara umum, mengonsumsi kuliner yg tidak sehat akan berdampak jelek bagi fungsi otak & juga psikologi. Anda juga perlu menghindari jenis kuliner lainnya yg tidak sehat menyerupai junk food, & kuliner dengan kandungan garam yg tinggi.

Seperti junk food, mengonsumsinya (apalagi dalam jumlah banyak) akan berbahaya bagi kesehatan otak. Kandungan zat tidak sehat di dalamnya bisa, menimbulkan perubahan2 kimia di otak, yg mengarah pada gangguan menyerupai kecemasan & depresi.

Selain itu, makan berlebihan bisa, menimbulkan kenaikan berat ba&, alhasil bisa, menghilangkan rasa percaya diri terhadap penampilan diri seseorang. Yang akhirnya bisa, menimbulkan problem depresi, kecemasan, bahkan menurunnya performa seksual.

5. Resiko Peningkatan Kolesterol Tubuh
Sebenarnya dalam ambang batas normal zat kolesterol di dalam badan berfungsi sebagai pembentuk hormon korteks adrenal (untuk proses metabolisme tubuh), pembentuk hormon reproduksi, pelapis membran sel, pembungkus jaringan saraf & menjaga keseimbangan garam di dalam tubuh.

Hanya saja yg menjadi persoalan ketika kadar kolesterol di dalam badan tinggi, dampaknya bisa, meningatkan resiko penyakit-penyakit berbahaya.

Makan secara berlebihan buat badan sangat rentan terkena kolesterol tinggi, sebab di masa modern ini cukup sulit untuk bisa, terhindar dari mengonsumsi kuliner yg mengandung kolesterol.

6. Menurunnya Kebugaran
Makan berlebihan bisa, buat susukan pencernaan akan bekerja sangat keras sehingga bisa, memperlihatkan dampak jelek bagi tubuh. Banyak makan bisa, buat Anda sulit & malas bergerak, disamping itu badan juga menjadi tidak bugar.

Kurang makan memang bisa, buat badan lemas, namun makan terlalu banyak juga buat badan lemas & malas bergerak. Selain itu, kekeygan yg dialami juga bisa, menimbulkan timbulnya rasa kantuk yg tidak wajar.

Oleh sebab itu, terlalu banyak makan ternyata bisa, buat pekerjaan & produktifitas Anda menjadi menurun.

7. Bau Mulut
Makan secara berlebihan sanggup buat ekspresi menjadi bau, walaupun hal ini sebetulnya tidak selalu terjadi. Tetapi kalau Anda makan terlalu banyak / sering maka akan mengalami resiko lebih besar terkena persoalan amis mulut.

Loading...

8. Memicu Asam Urat
Terlalu berlebihan dalam makan bisa, memicu terjadinya nyeri asam urat, mengonsumsi kuliner yg mengandung zat purin (baik dengan kadar tinggi maupun rendah) maka usang kelamaan zat purin akan menumpuk di dalam tubuh, yg akhirnya memunculkan sakit asam urat.

Penyakit asam urat tinggi ini sebetulnya dihentikan diremehkan, sebab dampaknya bisa, memengaruhi fungsi organ ginjal, bahkan bisa, meningkatkan resiko penyakit jantung koroner.

9. Bisa Membahayakan Kerja Otak
Apalagi kalau seseorang juga kurang berolahraga & sering stres, maka ditambah dengan persoalan contoh makan yg tidak baik ini.

Dimana ada sebagian orang yg mempunyai acara super sibuk melaksanakan contoh makan yg kurang baik dengan dalih efisiensi, yaitu semoga lebih ekonomis waktu maka dirinya “mempersiapkan” asupan makanannya dengan cara mengkonsumsi kuliner secara berlebihan.

Sehingga dirinya makan cukup dua kali dalam sehari tapi dengan porsi super besar, maka hal ini sangat tidak menyehatkan, sebab makan dengan porsi besar dalam satu waktu maka sama saja dengan makan secara berlebihan.

Obesitas menjadi dampak yg paling umum diketahui dari contoh makan tidak sehat. Selain itu, pada hasil penelitian terbaru, selain menemukan bahwa makan berlebihan & tidak sehat menimbulkan obesitas & kerusakan sistem metabolisme tubuh, juga berdampak jelek pada organ otak.

Makan secara berlebihan bisa, menimbulkan resiko penurunan kemampuan otak, hal ini menjadi tanda-tanda yg berbahaya.

Hasil penelitian ini ditemukan oleh para jago & peneliti yg melaksanakan riset pada metode diet mayo. Penelitian ini dengan melibatkan 2000 orang relawan, hasilnya ditemukan bahwa sekitar 1.200 orang yg mempunyai kebiasaan mengkonsumsi asupan antara 2200 sampai 6000 kalori setiap hari, mengalami penurunan kemampuan otak yg bisa, mengarah kepada persoalan kepikuan.

Dan sekitar 160 orang diketahui mengalami kerusakan kognitif & penurunan daya ingat.

Bahaya contoh makan berlebihan & tidak sehat ini juga dijelaskan oleh seorang pakar kejiwaan di University of Miami Miller School of Medicine, berjulukan David Loewenstein, beliau menjelaskan bahwa ancaman mengambil asupan kalori secara berlebihan bisa, berpotensi menimbulkan gangguan fungsi kognitif yg berbahaya.

Sampai ketika ini, para pakar menduga bahwa mengonsumsi asupan kalori dalam jumlah yg tinggi (berlebihan) bisa, menghipnotis strtuktural otak tanggapan kerusakan oksidatif.

10. Gigi Menjadi Lebih Rapuh
Makan berlebihan ternyata juga bisa, buat gigi menjadi lebih rapuh. Masalah gigi ringkih ini cukup sering dialami masyarakat. Apalagi kalau kuliner yg sering dikonsumsi adalah kuliner yg mengandung gula olahan.

11. Mengakibatkan Asam Lambung
Coba dibaygkan, ketika segelas air yg diisi dengan air putih sampai penuh, kemudian dimasukan sebuah tablet vitamin C ke dalam gelas tersebut.

Nantinya, Anda akan melihat air meluap & tumpah dari gelas. Nah, hal semacam ini juga sanggup terjadi pada lambung, tanggapan seseorang makan terlalu banyak.

Kapasitas organ lambung dalam menampung kuliner tentunya terbatas, sehingga dengan hal ini maka hindari makan secara berlebihan.

Dengan makan terlalu banyak, maka buat lambung nantinya akan “terpaksa” bekerja sangat keras untuk mengolah semua kuliner yg masuk ke dalam tubuh.

Organ lambung bekerja dalam mencampur & mencerna kuliner dengan menggunakan pemberian asam lambung. Jika lambung bekerja terlalu keras maka sangat berkemungkinan sebagian asam bisa, naik ke esofagus yg dampaknya memunculkan tanda-tanda berupa mual, nyeri ulu hati, & sensasi terbakar.

12. Pencernaan Makara Tidak Sehat
Makan daging memang enak & juga baik untuk perkembangan / pertanaman otot badan semoga semakin kuat.

Hanya saja kalau mengonsumsi daging dalam jumlah banyak, daging apapun itu, menyerupai daging ayam, kambing / sapi.

Namun, tanpa a&ya variasi kuliner menyerupai sayuran & kuliner berserat lainnya maka hal ini bisa, membahayakan kondisi tubuh.

Perlu diketahui bahwa daging sangat rendah kandungan serat. Makan daging hanya memenuhi kebutuhan asupan protein hewani, namun Anda akan kekurangan asupan serat kalau hanya fokus makan daging saja.

Akibat dari badan yg kekurangan asupan serat bisa, menimbulkan gangguan pada organ pencernaan, hal yg umum terjadi menyerupai sembelit & kembung.

Mengonsumsi daging secara berlebihan tanpa mengambil asupan yg kaya serat bukanlah wangsit yg manis sebab bisa, membahayakan tubuh.

13. Resiko Mengalami Gangguan MCI
Berdasarkan sebuah penelitian yg merupakan temuan awal oleh para peneliti dari Mayo Clinic, menemukan bahwa kebiasaan mengonsumsi kuliner secara berlebihan beresiko menimbulkan hilangnya ingatan, khusus bagi orang-orang yg berusia lanjut.

Menurut para peneliti ini, mengambil asupan kalori secara berlebihan (terutama pada orang lanjut usia) bisa, menimbulkan gangguan kemampuan daya ingat yg disebut Mild Cognitive Impairment (MCI).

Penderita gangguan MCI intinya tidak benar-benar lupa ingatan. Hanya saja, dari hasil beberapa ujian kemampuan mengingat, orang-orang yg mengidap MCI memperoleh hasil buruk.

Sehingga disebutlah MCI sebagai tahapan awal seseorang mulai mengalami penurunan daya ingat. Penelitian ini sendiri dilakukan pada tahun 2006 dengan melibatkan banyak relawan.

Penelirian dilakukan dengan mengambil sampel & meneliti pada 1.233 orang dalam rentang usia 70 sampai 89 tahun.

Semua relawan tidak mengidap demensia (lupa ingatan). Para relawan akan menjalani tes kemampuan mengingat, bahasa, mengisi kuesioner & beberala hal lainnya.

Para relawan ini dibagi ke dalam tiga kelompok menurut konsumsi asupan kalori harian, yaitu kelompok pertama akan diminta mengonsumsi 600 - 1.526 kalori/hari, kelompok kedua mengambil 1.526 - 2.143 kalori/hari, & kelompok ketiga mengambil 2.143 - 6.000 kalori/hari.

Hasilnya para relawan yg mengalami MCI banyak berasal dari kelompok dengan asupan kalori tinggi. Bahkan jumlahnya sampai dua kali lipat dari pengidap MCI yg mengambil asupan kalorinya kecil. Peneliti menyimpulkan bahwa semakin tinggi asupan kalori maka akan semakin tinggi juga resiko mengidap MCI.

Pada penelitian ini tidak ada warta ihwal banyaknya & jenis asupan harian yg dikonsumsi oleh para relawan. Penelitian ini masih bersifat awal, namun sanggup dijadikan dasar untuk peneltian yg lebih lanjut.

14. Praktis Lelah dalam Beraktivitas

 kuliner yg kita konsumsi merupakan sumber penting untuk energi badan 22 Bahaya Akibat Makan Berlebihan / Kekenygan (14 Cara Mengatasinya)
Lelah | Kredit gambar: Flickr.com

Bukan hanya sebab makan terlalu sedikit, makan terlalu banyak juga bisa, buat badan menjadi gampang lelah & terasa berat untuk beraktivitas. Dengan begitu, makan berlebihan bisa, menyababkan produktivitas Anda menjadi menurun.

15. Memicu Rasa Mual
Konsumsi kuliner berlebihan, terutama kuliner berlemak & berminyak bisa, memicu gangguan berupa rasa sakit di perut kepingan atas, mual, kembung, mulas, bahkan bisa, menimbulkan muntah. Selain itu juga menimbulkan naiknya asam lambung menyerupai yg sudah dijelaskan di poin sebelumnya.

16. Pola Tidur Menjadi Buruk
Kondisi perut yg lapar /pun terlalu kenyg bisa, menimbulkan gangguan tidur. Makan berlebihan bisa, menganggu tidur Anda.

Sering makan berlebihan bisa, menghipnotis kondisi fisik & otak, hal ini nantinya akan menimbulkan gangguan tidur. Selain itu, ada hal lainnya yg bisa, menganggu tidur Anda, yaitu melaksanakan makan berat sesaat sebelum tidur.

Usahakan makan malam dilakukan sekitar 2 jam sebelum tidur. Misalnya Anda tidur malam jam 9.30 PM. Maka lakukan makan malam pada jam 7.30 PM / 8.00 PM.

17. Bisa Merusak Mood

 kuliner yg kita konsumsi merupakan sumber penting untuk energi badan 22 Bahaya Akibat Makan Berlebihan / Kekenygan (14 Cara Mengatasinya)
Bad Mood | Kredit gambar: Freegreatpicture.com

Sering mengalami mood yg buruk, bisa, jadi itu sebab a&ya kesalahan dalam contoh makan. Keberadaan hormon serotonin & dopamin yg dilepaskan otak berfungsi untuk memperlihatkan suasana hati / mood yg baik.

Jika Anda berlebihan /pun terlalu sedikit dalam mengonsumsi kalori / karbohidrat bisa, memicu menurunnya kondisi suasana hati, sampai bisa, beresiko depresi.


18. Hati (Jiwa) Menjadi Keras
Ketika perut terlalu kenyg maka bisa, buat hati / jiwa menjadi keras. Hati yg keras akan sulit untuk bisa, menyerap banyak sekali nasehat, bimbingan rohani, & bahkan ilmu pengetahuan umum.

Jika Anda makan berlebihan maka setelahnya Anda beresiko untuk mengalami kesulitan belajar, kepedulian terhadap sesama menurun, gampang marah, tidak peyabar, dengki pada orang lain, & meremehkan masukan / nasheat orang lain.

19. Mengurangi Kecerdasaan
Sedikit berhu.bungan dengan poin sebelumnya, makan berlebihan menimbulkan kemampuan Anda dalam menyerap pelajaran menjadi menurun, sebab bawaanya terus mengatuk saja. Dan memang, utamanya bagi anak-anak, sering makan berlebihan ini nantinya bisa, menurunkan perkembangan kecerdasaannya.

20. Menimbulkan Rasa Malas
Mungkin sering Anda sadari, bahwa makan berlebihan akan buat badan menjadi cenderung malas, baik itu malas bergerak maupun malas berpikir. Perut yg terlalu terisi penuh juga buat timbulnya rasa kantuk yg tidak wajar.

21. Ra&g lambung
Kapasitas organ lambung tentunya terbatas, makan secara berlebihan maka akan memaksa lambung untuk menampung asupan kuliner di luar batas kemampuan. Kondisi ini beresiko buat lambung mengalami luka & pera&gan.

22. Diare
Diare juga bisa, terjadi tanggapan makan sangat banyak, apalagi kuliner yg dikonsumsi pedas. Dimana zat capsicum yg ada pada kuliner pedas bisa, memicu seseorang terkena diare, semakin banyak yg masuk ke dalam badan maka semakin tinggi resikonya.

Zat penyebab pedas ini bisa, menimbulkan usus rentan mengalami iritasi & tidak bisa, berfungsi dengan baik. Menurunnya kinerja usus besar bisa, menimbulkan gangguan proses buang air besar, & perut menjadi mulas.

Makan pedas secara berlebihan juga bisa, menimbulkan sakit kepala & iritasi pada kerongkongan, sehingga bisa, menimbulkan persoalan ra&g tenggorokan, dimana tenggorokan terasa panas & perih.

Cara Menghindari Makan Berlebihan

1. Makan Secara Teratur

 kuliner yg kita konsumsi merupakan sumber penting untuk energi badan 22 Bahaya Akibat Makan Berlebihan / Kekenygan (14 Cara Mengatasinya)
Waktu | Kredit gambar: Pexels.com

Untuk meminimalisir persoalan makan berlebihan ini maka lakukannya setiap hari makan secara teratur. Waktu makan teratur & porsi kuliner tepat. Dengan makan teratur maka Anda bisa, lebih terhindar dari makan berlebihan tanpa disadari.

Sebagai saran, Anda bisa, makan dengan frekuensi lebih banyak, menyerupai makan empat kali dalam sehari, tapi dengan porsi yg lebih kecil.

2. Lakukan Banyak Kegiatan
Anda bisa, menyibukan diri dengan banyak sekali aktivitas, hal ini sangat manis semoga Anda bisa, menghindari makan berlebihan. Miliki banyak sekali kegiatan maupun hobi yg berkhasiat, sehingga akan mengalihkan pikiran Anda dari terlalu banyak makan.

3. Minumlah Air Putih

 kuliner yg kita konsumsi merupakan sumber penting untuk energi badan 22 Bahaya Akibat Makan Berlebihan / Kekenygan (14 Cara Mengatasinya)
Air Putih | Kredit gambar: Pixabay.com

Pastikan Anda setiap hari minum air putih yg cukup. Salah satu khasiat minum air putih adalah untuk menekan nafsu makan yg berlebihan. Perlu diketahui, kekurangan cairan tubuh bisa, buat badan 'lari' ke makanan.

Nah, dengan minum air yg cukup maka badan tetap terhidrasi dengan baik selama beraktivitas, hal ini buat badan tidak gampang lapar nantinya.

loading...

4. Makan Secara Perlahan
Mengunyah kuliner secara perlahan bisa, membantu semoga Anda bisa, cepat kenyg. Namun di dalam kehidupan yg katanya super sibuk & serba cepat ini, tidak jarang orang-orang mengunyah kuliner dengan sangat cepat, hal ini tidak sehat serta buat badan beresiko mengalami kegemukan bahkan diabetes.

Makan yg sehat adalah dengan cara mengunyah-nya secara perlahan. Dengan mengunyah makan secara perlahan maka perut bisa, merasa kenyg sesudah makan hanya sedikit.

Hal ini berhu.bungan dengan cara kerja otak & sistem pencernaan. Para ilmuwan menjelaskan bahwa semoga bisa, merasa kenyg maka otak sebelumnya harus mendapatkan senyal-sinyal dari hormon pencernaan yg disekresi oleh susukan pencernaan.

Otak membutuhkan waktu beberapa menit semoga akhirnya bisa, menyadari bahwa perut sudah terisi kuliner (kenyg). Dengan begitu, kalau seseorang mengunyah kuliner dengan cepat maka kalori yg masuk ke dalam badan bisa, berlebihan.

5. Pastikan di Pagi Hari Anda Sarapan Sebelum Beraktivitas
Melakukan sarapan adalah hal yg harus dilakukan, semoga badan mendapatkan energi yg cukup untuk beraktivitas sepanjang hari.

Selain itu sarapan ternyata juga bisa, mencegah makan yg berlebihan, terutama pada siang hari. Penelitian menyebutkan bahwa orang-orang yg tidak sarapan akan lebih banyak makan di sepanjang hari.

6. Sikat Gigi

 kuliner yg kita konsumsi merupakan sumber penting untuk energi badan 22 Bahaya Akibat Makan Berlebihan / Kekenygan (14 Cara Mengatasinya)
Sikat Gigi | Kredit gambar: Wikimedia.org

Menyikat gigi /pun menggunakan obat kumur ternyata sanggup menekan nafsu makan yg berlebihan. Jika Anda mengalami persoalan makan berlebihan, maka lakukan sikat gigi semoga nafsu makan yg tidak masuk akal tersebut bisa, hilang.

7. Berolahraga

 kuliner yg kita konsumsi merupakan sumber penting untuk energi badan 22 Bahaya Akibat Makan Berlebihan / Kekenygan (14 Cara Mengatasinya)
Anak-anak Olahraga | Sumber gambar: Pixabay.com

Lakukanlah olahraga, sebab bisa, menghipnotis hormon yg memunculkan rasa nafsu makan, untuk mencegah nafsu makan berlebihan yg tidak wajar.

Dengan menjalani gaya hidup sehat olahraga ini, maka hal ini nantinya secara otomatis akan memperbaiki contoh makan Anda. Sehingga nafsu makan yg terlalu sering muncul itu nantinya bisa, berkurang bertahap menjadi ke tahap normal.

8. Cukupi Asupan Protein
Jika Anda telah merasa makan banyak tapi tidak kunjung kenyg, berarti ada kemungkinan Anda mengonsumsi kuliner yg rendah kandungan protein.

Kebutuhan badan akan asupan protein sangatlah besar. Tubuh merasa tidak puas untuk kenyg selama kebutuhan protein belum tercukupi, sehingga hal ini bisa, memicu seseorang mengonsumsi kuliner secara berlebihan.

Oleh sebab itu, jangan abaikan asupan protein ini. Selain itu, khasiat asupan protein bagi badan sangatlah penting, menyerupai untuk pertanaman otot tubuh, memperkuat sistem kekebalan tubuh, untuk kecerdasan otak, & lainnya.

Makanan yg kaya protein yaitu kuliner maritim (seperti ikan salmon), susu, keju, yogurt, ayam, telur, & kacang-kacangan (seperti kacang kedelai).

9. Hindari Melampiaskan Emosi dengan Makanan
Hal yg sering terjadi pada banyak orang yaitu melampiaskan rasa emosi di dalam hati dengan cara makan sepuasnya. Ketika se&g bosan, duka /pun bingung maka larinya niscaya ke makanan. Sifat kebiasaan ini perlu dihindari.

Menyalurkan emosi ke kuliner maka akan beresiko menimbulkan Anda sering makan berlebihan.

Oleh sebab itu, hal ini perlu diantisipasi, dimana disarankan Anda untuk mengalihkan perhatian & mengarahkan emosi yg se&g dialami ke hal-hal lainnya, menyerupai jalan-jalan, membaca buku / acara dengan teman-teman, sehingga fokus pikiran ke kuliner akan dialihkan ke hal lain.

10. Jangan Makan Sambil Melakukan Aktivitas
Hal ini sering disepelekan, makan sambil menonton televisi / acara lainnya maka akan bisa, menimbulkan seseorang makan berlebihan.

Penelitian menyebutkan bahwa orang-orang bisa, makan 50 persen lebih banyak ketika terdistraksi oleh sesuatu.

Ketika seseorang makan tapi konsentrasinya pada hal lain, maka hal ini buat dirinya merasa menyerupai tidak se&g makan. Sehingga tkamu sadar kuliner yg ada akan terus-menerus masuk ke dalam mulut.

Oleh sebab itu, hindari melaksanakan “multitasking” ketika makan, fokusklah pada kuliner Anda sehingga mencegah Anda dari makan berlebihan tanpa disadari.

11. Buatlah Catatan Perjanjian Diri Sendiri
Anda bisa, buat catatan / goresan pena yg cukup besar, berupa komitmen & pengingat semoga tidak makan berlebihan. Letakkan goresan pena tersebut di tempat-tempat yg gampang dilihat, menyerupai tembok di depan yg Anda sering berada disana, depan lemari, depan kaca, dsb.

Catatan ini akan sangat berguna sebagai pengingat & komitmen semoga kau semoga tidak makan terlalu banyak.

12. Miliki Target Menabung

 kuliner yg kita konsumsi merupakan sumber penting untuk energi badan 22 Bahaya Akibat Makan Berlebihan / Kekenygan (14 Cara Mengatasinya)
Menabung | Sumber gambar: Pixabay.com

Miliki cita-cita untuk menabung, sehingga uangnya ketika sudah terkumpul banyak bisa, dipakai untuk membeli hal-hal yg Anda inginkan.

Selain itu, dengan menabung maka akan terhindari dari suka membeli makanan. Ketika Anda ingin membeli kuliner hanya untuk memuaskan pengecap (padahal perut sudah penuh / kenyg) maka ingatlah bahwa lebih baik uangnya ditabung untuk dipakai di masa depan.

13. Konsumsi Buah & Sayur

 kuliner yg kita konsumsi merupakan sumber penting untuk energi badan 22 Bahaya Akibat Makan Berlebihan / Kekenygan (14 Cara Mengatasinya)
Buah & Sayuran | Sumber gambar: Wikimedia.org

Cobalah sesekali untuk mengganti kuliner Anda dengan buah & sayur sebab sangat menyehatkan serta kaya akan nutrisi vitamin & mineral. Konsumsilah sayur-sayuran & buah sehingga Anda bisa, lebih tercegah dari terlalu banyak mengonsumsi lemak & karbohidrat. Mengonsumsi asupan lemak yg terlalu banyak menimbulkan kegemukan.

14. Makan Buah yg Rasanya Asam
Kehebatan dari buah-buahan yg mempunyai sifat asam yaitu bisa, mencegah nafsu makan yg berlebihan. Selain itu juga mempunyai kegunaan untuk membersihkan & membuang toxin (racun) dari dalam tubuh.

Hanya saja, hal ini tidak untuk penderita penyakit maag, kalau Anda terkena maag maka hindari buah yg rasanya asam. Buah yg rasanya asam menyerupai jeruk nipis, dll.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "22 Ancaman Akhir Makan Berlebihan / Kekenygan (14 Cara Mengatasinya)"

Posting Komentar