Gejala Demam Berdarah (Serta Pengobatan & Pencegahannya)

Demam berdarah (disebut juga dengan demam dengue) mengakibatkan suhu badan penderitanya menjadi sangat tinggi.

Demam berdarah salah satunya ditkamui dengan rendahnya kadar trombosit / keping-keping darah dalam badan manusia.

 mengakibatkan suhu badan penderitanya menjadi sangat tinggi Gejala Demam Berdarah (Serta Pengobatan & Pencegahannya)
Photo credit: Themoscowtimes.com

Dimana virus penyebab demam berdarah menyerang penggalan sumsum tulang belakang. Pembentukan trombosit dihasilkan dari sumsum tulang ini.

Kadar trombosit pada penderita demam berdarah umumnya kurang dari 100.000. Adapun kadar trombosit normal dalam badan insan yaitu 150.000-400.000 trombosit per mikro-liter darah.

Rendahnya kadar trombosit ini menimbulkan darah di dalam badan tidak bisa mempertahankan tingkat kekentalan normal, hal ini bisa, sangat berbahaya.

Gejala Demam Berdarah

Demam berdarah disertai tanda-tanda seperti:
  • Sakit kepala
  • Suhu badan tinggi, bisa, mencapai 41 derajat celcius (demam)
  • Kehilangan nafsu makan ekstrem (bahkan terka&g tidak mau makan sama sekali)
  • Sakit tenggorokan
  • Nyeri sendi, otot, & tulang
  • Nyeri di penggalan belakang mata
  • Tubuh menggigil
  • Tubuh terasa lemas
  • Mual-mual
  • Muntah
  • Pembengkakan kelenjar getah bening
  • Munculnya bintik-bintik merah di kulit (terutama pada anak-anak)
  • Wajah berwarna kemerahan

Sebenarnya demam dengue & demam berdarah yaitu dua kondisi yg berbeda. Demam berdarah (DBD) merupakan komplikasi dari demam dengue yg memburuk.

Gejala DBD yg terlihat sangat serius (sehingga penting diketahui & diwaspadai), yaitu:
  • Muntah terus-menerus
  • Muntah-muntah yg disertai darah
  • Napas terengah-engah / sulit bernafas
  • Keluarnya darah dari gusi & hidung
  • Nyeri perut yg parah
  • Bintik merah / bercak di kulit
  • Kulit cenderug pucat /pun dingin
  • Kerusakan pada pembuluh darah & kelenjar getah bening
  • Pembengkakan organ hati yg menimbulkan rasa nyeri di sekitar perut.

Walaupun mungkin terjadi penurunan panas badan (demam mereda), tapi jikalau muncul tanda-tanda DBD menyerupai disebutkan diatas maka segera pergi ke rumah sakit.

Penyakit demam berdarah (demam dengue) disebabkan oleh virus dengue yg penyebarannya melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti & Aedes albopictus.

Virus dengue memerlukan masa inkubasi (seperti umumnya jenis virus lainnya) selama 4-10 hari sampai hasilnya tanda-tanda pada badan mulai muncul.

Tidak jarang orang-orang kesulitan untuk membedakan tanda-tanda demam dengue dengan sakit flu biasa. Dengan begitu, hendaknya seseorang memeriksakan diri ke dokter jikalau mempunyai gejala-gejala demam dengue menyerupai yg telah disebutkan di atas.

Dokter umumnya bisa mengetahui penyakit demam dengue dengan melihat secara eksklusif gejala-gejala yg dialami pasien. Adapun untuk memperkuat diagnosis, dokter melaksanakan investigasi darah untuk mendeteksi keberadaan virus tersebut di dalam tubuh.

Nyamuk Aedes aegepty akan memasukan virus dengue ke dalam badan orang yg dihisap darahnya. Setelah virus masuk ke dalam tubuh, badan mengalami masa inkubasi selama 3-10 hari.

Mula-mula tidak menimbulkan gejala, dimana umumnya penderita demam berdarah tidak mengalami tanda-tanda yg terasa pada awal-awal terjangkit virus tersebut, jikapun muncul tanda-tanda maka hanya berupa demam ringan.


Tentang Gejala Demam Tinggi
Demam intinya sebuah cara yg dilakukan badan untuk melawan infeksi virus. Dimana badan secara alamiah meningkatkan temperatur maksimal yg bertujuan membunuh virus / kuman yg masuk ke dalam tubuh.

 mengakibatkan suhu badan penderitanya menjadi sangat tinggi Gejala Demam Berdarah (Serta Pengobatan & Pencegahannya)
Photo credit: Shutterstock.com / By Photographee.eu

Penderita demam beradarah pada umumnya mengalami tiga fase. Fase pertama yaitu tiga hari setelah inkubasi, dimana penderita DBD mengalami demam sangat tinggi.

Pada fase kedua demam mengalami penurunan, namun walaupun demam menurun, ternyata fase ini merupakan fase kritis lantaran penyakit se&g dipucaknya (dimana kadar trombosit se&g rendah-rendahnya) sehingga sangat diharapkan perawatan yg memadai.

Pada fase terakhir badan kembali demam tinggi, tapi kadar trombosit mulai meningkat & kondisi membaik. Pada fase ini sering disebut juga dengan fase penyembuhan.

Banyak orang (terutama belum dewasa & remaja) mungkin tidak mengalami tanda-tanda pada awal kasus demam berdarah. Gejala dirasakan muncul biasanya 4-7 hari setelah badan digigit oleh nyamuk yg terinfeksi.

Bintik Merah pada Penderita Demam Berdarah
Bercak merah pada orang yg terkena demam berdarah bentuknya hanya berupa bintik-bintik kecil pada kulit.

Ini disebut dengan “petekie” pada istilah medisnya. Berikut gambarnya di bawah ini:

 mengakibatkan suhu badan penderitanya menjadi sangat tinggi Gejala Demam Berdarah (Serta Pengobatan & Pencegahannya)

Petekie (sering disebut juga dengan ruam perdarahan), kemunculannya salah satunya jawaban penyakit demam berdarah dengue (DBD) ini.

Munculnya bintik-bintik merah tersebut lantaran terjadinya kebocoran pada pembuluh darah kapiler kecil, sehingga darah yg keluar dari pembuluh darah kapiler yg bocor tersebut muncul di kulit.

Apabila bintik-bintik merah tersebut ditekan maka tidak hilang. Tapi tentunya, untuk benar-benar memastikan seseorang terkena DBD maka perlu pergi ke dokter.

dr. Mesha Syafitra menyebutkan beberapa proposal yg bisa, dilakukan:
  • Memperbanyak minum air putih, sehari setidaknya 8-10 gelas.
  • Banyak mengonsumsi masakan yg bergizi.
  • Jika dipastikan terkena DBD maka perbanyak istirahat, jangan melaksanakan hal-hal yg berat.
  • Jika terkena tanda-tanda demam, maka bisa, meminum obat parasetamol.


Penyebab Demam Berdarah

Penyebaran penyakit demam dengue hanya melalui gigitan nyamuk “Aedes aegypti” & “Aedes albopictus”. Sehingga demam dengue tidak bisa, menular dari insan ke insan layaknya penyakit pilek.

Nyamuk penyebab demam berdarah tersebut banyak berkembang biak di tempat yg beriklim berair & hangat, menyerupai negara-negara subtropis & tropis, termasuk Indonesia.

Jentik-jentik nyamuk tersebut umumnya terdapat di air selokan yg tidak mengalir. Sehingga tempat dengan kondisi sanitasi jelek beresiko tinggi mengalami banyak kasus penyakit demam berdarah.

Virus dengue terbagi menjadi empat tipe, yaitu DEN 1, DEN 2, DEN 3, & DEN 4. Apabila badan seseorang terjangkit salah satu tipe virus dengue tersebut untuk pertama kalinya & berhasil sembuh, maka badan secara alamiah membentuk kekebalan seumur hidup terhadap tipe virus tersebut.

Tapi, badan belum bisa, sepenuhnya kondusif dari terkena demam berdarah lagi, hal itu lantaran masih terdapat resiko serangan dari tipe virus yg berbeda.

Pengobatan Demam Berdarah

Bagi orang-orang yg mengalami pilek / flu yg disertai tanda-tanda lainnya (seperti sakit kepala & demam tinggi), apabila telah berlangsung lebih dari satu ahad maka hendaknya pergi ke rumah sakit untuk memastikan apa yg terjadi.

Dikhawatirkan itu merupakan tanda-tanda demam berdarah, apalagi jikalau Anda sebelumnya berkunjung ke tempat yg se&g dilkamu wabah demam dengue.

Penderita penyakit demam berdarah ditekankan untuk meminum banyak cairan (terutama air putih), selain itu juga diharuskan beristirahat.

Konsumsi obat-obatan harus menurut resep dokter, hindari mengonsumsi obat pereda nyeri jenis ibuprofen, aspirin, & naproxen sodium bagi penderita demam berdarah, lantaran berpotensi menimbulkan persoalan pendarahan internal yg cukup parah.

Pada dasarnya tidak ada obat khusus yg diperuntukkan dalam mengatasi penyakit demam berdarah. Jika dokter telah memastikan penyakit demam dengue yg diderita pasien, biasanya dokter memperlihatkan saran kepada pasien berupa:
  • Memperbanyak minum air (terutama air putih), khasiatnya sangat banyak menyerupai mengganti cairan badan yg banyak terbuang lantaran demam tinggi & muntah-muntah yg dialami.
  • Memberikan resep obat menyerupai parasetamol & acetaminophen yg bertujuan mengurangi rasa nyeri & demam.
  • Beristirahat sepenuhnya supaya badan bisa, pulih lebih cepat.

Dengan segera melaksanakan pengobatan maka penyakit demam dengue yg dialami akan mulai memperlihatkan tkamu-tkamu kesembuhan dalam waktu 3-5 hari, sampai hasilnya bisa, sembuh secara total dalam waktu dua ahad / kurang dari itu.

Penting untuk sangat teliti dalam melihat / memonitor kondisi tanda-tanda demam dengue yg dialami, ditekankan untuk pergi ke dokter jikalau tanda-tanda yg dialami tidak memperlihatkan tkamu-tkamu pemulihan (membaik) dalam waktu 3-5 hari.

Bahkan jikalau “demam dengue” diketahui mulai mengarah kepada penyakit “demam berdarah dengue” (DBD) maka segera pergi ke rumah sakit.

Penderita demam berdarah (DBD) harus beristirahat, meminum banyak cairan untuk mencegah dehidrasi, & juga hindari gigitan nyamuk lagi.

Tidak ada obat khusus untuk DBD, penyedia layanan kesehatan bisa, secara efektif mengobati DBD menggunakan terapi penggantian cairan. Pasien DBD yg ke rumah sakit umumnya memerlukan rawat inap.

Umumnya penderita DBD bisa, pulih kembali dalam waktu satu ahad / lebih. Jika kondisi DBD memburuk & penderita tidak mendapat perawatan maka bisa, mengancam jiwa.

Jika sangat parah & tidak ditangani dengan baik, demam berdarah bisa, merusak organ paru-paru, jantung & hati.

loading...

Mencegah Demam Berdarah

Hal-hal yg penting diketahui untuk mencegah penyakit demam berdarah yaitu:
  • Perkembangbiakan nyamuk melalui genangan air. Perhatikan kolam mandi di rumah Anda, kalau bisa, ditutup supaya nyamuk tidak bisa, berkembang biak di dalamnya, / juga bisa, membersihkan kolam mandi supaya jentik-jentik nyamuk mati dengan cara menaburkan serbuk abate.
  • Pasang kawat anti-nyamuk di ventilasi-ventilasi rumah Anda, sehingga nyamuk dari luar terhalang untuk masuk ke dalam rumah Anda.
  • Jika diperlukan, gunakan kelambu di ranjang tidur Anda.
  • Gunakan pakaian yg panjang untuk melindungi Anda dari gigitan nyamuk. Agar nyaman, gunakan pakaian panjang yg longgar.
  • Kalau bisa,, sterilkan penggalan dalam rumah dengan cara menyemprotkan cairan pembasmi nyamuk.
  • Lakukan bahu-membahu bersama keluarga /pun masyarakat untuk membersihkan lingkungan. Kalau bisa,, rencanakan dengan warga RT untuk melaksanakan bahu-membahu membersihkan selokan-selokan dari tumpukan sampah.
  • Jika Anda bepergian & menginap di tempat tropis dimana terdapat banyak kasus demam berdarah disana, maka hendaknya menginap di perumahan ber-AC / yg disaring dengan baik. Perlu diketahui, nyamuk yg membawa virus dengue aktif dari fajar sampai senja, namun nyamuk tersebut juga bisa, menggigit di malam hari.
  • Jika ada wadah besar /pun kecil yg menampung air, maka hendaknya ditutup / dibuang airnya supaya tidak menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk.

Demam berdarah bisa, dicegah dengan sumbangan vaksin Dengue. Vaksin ini diberikan pada anak usia 9-16 tahun, umumnya dilakukan sebanyak tiga kali dengan jarak enam bulan.

Peneliti terus membuatkan vaksin demam berdarah. Untuk ketika ini, pencegahan terbaik yaitu mencegah perkembangbiakan nyamuk di tempat-tempat yg umum terjadi kasus demam berdarah.

Vitamin C Meningkatkan Imunitas Tubuh

Imunitas badan juga perlu ditingkatkan sehingga badan lebih berpengaruh dalam melawan serangan virus. Konsumsi asupan vitamin C untuk memperkuat sistem imun (kekebalan) tubuh.

Manfaat vitamin C untuk melindungi sel-sel tubuh, sebagian andal menyebutkan bahwa vitamin C berguna untuk melawan virus dengan cukup efektif, hanya saja masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

Jambu biji (guava) termasuk buah yg mengandung banyak vitamin C, selain itu juga mengandung folat. Perlu diketahui bahwa jambu biji mempunyai kandungan vitamin C empat kali lebih banyak dibandingkan jeruk.

Belum ada penelitian untuk mengetahui takaran mengonsumsi jambu biji yg direkomendasikan. Konsumsi buah alami terka&g tetap harus memperhatikan takaran / jumlah konsumsinya untuk menghindari imbas samping yg tidak diinginkan.

Loading...

Menghindari Dehidrasi Saat Terkena Demam Berdarah

Penyakit demam berdarah mengakibatkan penderitanya mengalami persoalan menyerupai demam tinggi, nyeri pada tubuh, sakit kepala, rasa mual, & hilangnya nafsu makan. Selain itu bisa, mengakibatkan persoalan besar menyerupai kebocoran cairan darah, perdarahan gastrointestinal, & lainnya.

Beberapa persoalan jawaban DBD tersebut beresiko mengakibatkan dehidrasi. Jika terjadi kehilangan cairan tubuh jawaban DBD, cara utama supaya bisa, mengatasinya yaitu memperlihatkan cairan yg mengandung ion, hal ini menyerupai yg umumnya juga diberikan pada penderita penyakit diare.

Cairan ini lebih efektif dibandingkan konsumsi air mineral / air putih biasa. Dimana minum air putih tidak bisa untuk mengembalikan ion badan yg hilang jawaban DBD.

Manfaat cairan ion lainnya yaitu berperan dalam menghindari terjadinya penggumpalan darah dalam pembuluh darah. Dengan begitu, cairan yg mengandung ion penting untuk diberikan kepada penderita DBD.

Selain itu, terka&g sumbangan cairan infus sampai transfusi darah diharapkan kepada penderita DBD dalam kondisi tertentu.

Selain mengupayakan untuk menghindari dehidrasi, beberapa hal lainnya yg perlu diperhatikan pada pasien DBD yaitu mengecek secara rutin jumlah trombosit, meragukan a&ya tanda-tanda perdarahan, serta penggunaan obat anti demam (jika pasien mengalami tanda-tanda demam).

Benarkah Jus Jambu Biji Menaikkan Trombosit?

Jambu biji ketika ini sering dikhasiatkan sebagai cara untuk membantu proses penyembuhan demam berdarah, dimana jambu biji (khususnya yg berwarna merah) mengandung tinggi vitamin C & flavonoid quercetin.

Nutrisi vitamin C di dalam jambu biji bekerja untuk memperkuat sistem kekebalan badan dalam melawan serangan virus penyebab demam berdarah.

Adapun kandungan quercetin mempunyai tugas penting dalam menghambat perkembangan virus di dalam tubuh, dimana proses virus memperbanyak dirinya sendiri akan dimiimalisir, sehingga jumlah virus di dalam badan lebih sedikit, dengan begitu jumlah trombosit yg diserang virus juga lebih sedikit.

Senyawa quercetin berkontribusi dalam perbaikan pembuluh darah kapiler yg ringkih jawaban diinfeksi virus. Hal ini akan meminimalisir terjadinya perdarahan ketika mengalami demam berdarah.

Jambu biji sanggup Anda konsumsi dengan cara dijadikan jus jambu.

Apakah Ada Pantangan Makanan Bagi Penderita DBD?

Pada dasarnya tidak ada pantangan masakan tertentu pada penderita DBD /pun demam tifoid. Hanya saja ada beberapa hal yg perlu diketahui (dianjurkan):
  • Utamakan menentukan masakan bertekstur lunak dengan kandungan nutrisi tinggi & seimbang berupa vitamin, protein, mineral, karbohidrat, & lemak sehat.
  • Perbanyak minum air putih.
  • Pastikan masakan yg dikonsumsi higeinis.
  • Hindari konsumsi gorengan lantaran sanggup mengakibatkan timbulnya rasa mual.
  • Hindari juga masakan terlalu pedas, asam & berminyak.
  • Apabila mengalami sembelit maka sanggup mengonsumsi jus buah. Apabila se&g mengalami mencret maka hindari jus buah.
  • Jangan mengonsumsi masakan mentah.
  • Perhatikan juga baik-baik kebersihan peralatan makan (piring, sendok, dll).
  • Wajib untuk basuh tangan sebelum & setelah makan.

Secara umum, penderita DBD dianjurkan mengkonsumsi masakan yg gampang dicerna / bertekstur lembut, diantaranya yaitu masakan yg direbus /pun sup.

Referensi:
CDC. Symptoms and What To Do If You Think You Have Dengue.
Mayo Clinic (2018). Symptoms & causes. Dengue fever.
Alodokter. Pengobatan Demam Berdarah.
Alodokter. Cegah Demam Berdarah Dengue Sekarang Juga.
Syafitra, Mesha. Alodokter (2016). Bentuk bercak merah pada orang yg terkena demam berdarah? (tanya-jawab).
Gunawan, Ida. Kompas (2016). Benarkah Jus Jambu Menaikkan Trombosit? (tanya-jawab).
Djohan, Sylvia. Alodokter (2017). Konsumsi susu pada ketika demam berdarah & tifus, apakah boleh? (tanya-jawab).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gejala Demam Berdarah (Serta Pengobatan & Pencegahannya)"

Posting Komentar