24 Cara Relaksasi Yang Ampuh Untuk Menenangkan Pikiran & Menghilangkan Stres

Pikiran yg tidak tenang & stres sanggup muncul setiap waktu, tekanan pekerjaan & banyak sekali duduk perkara bisa, memicu gangguan psikologi, yg buat jiwa menjadi tidak tenang.

Kondisi jiwa yg terlalu sering mengalami stres juga bisa, mengakibatkan gangguan kesehatan fisik (tubuh). Oleh lantaran itu, maka sangat perlu a&ya relaksasi pada diri, sehingga bisa, buat jiwa menjadi lebih tenang.

Kondisi stress juga bisa, memicu penyakit-penyakit serius menyerupai stroke, diabetes, penyakit jantung, depresi, lebih sering terkena sakit kepala & jiwa sangat cemas. Kondisi stres mengakibatkan seseorang sangat rentan  terserang sakit kepala.

Stres mengakibatkan resiko tekanan darah tinggi & memicu serangan jantung. Dimana dikala stres maka jantung akan berdetak lebih cepat & tidak teratur, apalagi jikalau seseorang mempunyai kebiasaan jelek merokok & konsumsi junk food maka sangat rentan terkena penyakit jantung.

 Pikiran yg tidak tenang & stres sanggup muncul setiap waktu 24 Cara Relaksasi Yang Ampuh Untuk Menenangkan Pikiran & Menghilangkan Stres
Sumber gambar: Pixabay.com

Dengan begitu, sangat penting untuk buat jiwa menjadi rileks semoga terhindar dari stres & banyak sekali penyakit berbahaya. Berikut di bawah ini banyak sekali cara relaksasi semoga jiwa menjadi tenang:

1. Minum Teh Hangat (Terutama Saat Sore Hari)
Minum teh hangat dalam buat badan & pikiran menadi rileks, sehingga pikiran menjadi lebih tenang. Kandungan di dalam teh bisa menurunkan kadar hormon kortisol (hormon penyebab stres).

Jika se&g bad mood sehingga perasaan menjadi tidak tenang. Jika kondisi ini berlarut-larut maka sanggup mengganggu kegiatan sehari-hari. Minum teh, chamomile, black tea maupun green tea sanggup memperbaiki suasana hati.

Anda bisa, minum teh chamomile yg dicampur dengan batang serai. Maka minuman ini ampuh untuk buat Anda menjadi lebih tenang & rileks.

Meminum secangkir teh bisa, memperbaiki suasana hati & akan menawarkan energi gres ke seluruh tubuh. Minum teh hijau & jenis teh lainnya juga sanggup menjaga kemampuan konsentrasi & fokus.

2. Bernapas Dalam-dalam
Cara yg sangat gampang & cepat untuk buat badan rileks adalah dengan melaksanakan latihan pernapasan. Bernapas dalam & perlahan bisa, berguna untuk mencegah sakit kepala.

Buat posisi badan menjadi senyaman mungkin, kemudian tariklah napas panjang secara perlahan-lahan. Latihan pernapasan menjadi cara cantik untuk relaksasi & menghindari stress. Dengan latihan buat Anda nantinya lebih tenang & tidak lagi tegang.

Teknik Latihan Pernapasan untuk Relaksasi:
  1. Posisikan badan dalam keadaan nyaman (bisa, duduk, berdiri / berbaring).
  2. Lalu bersihkan pikiran Anda, buanglah hal-hal yg tidak penting di pikiran, & jangan memikirkan hal-hal yg berat. 
  3. Fokuslah pada pernapasan Anda. 
  4. Tarik napas yg lebih dalam dari biasanya, lakukan terapi ini selama beberapa menit, hingga Anda mencicipi rileks.
  5. Rasakan udara yg tiba ke dalam paru-paru & keluar dari paru-paru Anda. 

Dalam bernapas pastikan menutup bibir Anda. Adapun cara bernapas dilakukan secara perlahan, lambat & teratur guna buat timbulnya rasa rileks.

Saat melaksanakan terapi pernapasan ini, biarkan perut mengembang, jangan ditahan. Anda bisa, melaksanakan terapi pernapasan beberapa kali untuk menghilangkan ketegangan pada badan & pikiran.


3. Menutup Mata
Kondisi dikala menutup mata maka akan mengurangi masukan pada otak. Menutup mata menghilangkan sekitar 80% dari input eksternal otak. Cara relaksasi ini cantik untuk para pekerja kantor, hal itu lantaran para pekerja kantor menggunakan komputer seharian, sehingga seringkali mengalami duduk perkara pada mata.

Anda bisa, mencoba terapi menutup mata dengan tangan. Terapi ini dilakukan untuk membiarkan mata santai sejenak, yg nantinya akan menawarkan perbedaan besar dalam hari-hari Anda, dimana Anda bisa, menjadi jauh lebih rileks.

Untuk melakukan, pertama-tama tarik napas dalam-dalam sebelum memulai, sesudah itu kondisikan pikiran & posisi badan semoga senyaman mungkin.

Lalu condongkan badan agak sedikit ke depan, biarkan posisi siku bertumpu pada meja.

Setelah itu tutuplah kedua mata menggunakan tangan Anda. Dalam menutup mata, maka pastikan Anda masih bisa, berkedip bebas & jangan hingga menekan mata.

4. Hilangkan Tekanan Diri
Ketegangan adalah musuh terburuk, dimana terlalu banyak pikiran seringkali buat tegang. Oleh lantaran itu, baygkanlah sesuatu yg buat Anda bisa, lebih rileks, serta hindari banyak sekali pikiran yg buat Anda merasa terkekan.

Saat kondisi tertekan & stres, maka pikiran di dalam kepala akan sangat aktif & kompleks, sehingga akan sangat menyulitkan untuk bisa, buat pikiran yg tenang.

Sangat penting untuk bisa, memanajemen pikiran semoga terhindari dari memikirkan hal yg tidak-tidak. Selain itu, cobalah untuk membuat visualisasi yg hening di pikiran, yg bisa, menenangkan.

Caranya bisa, dengan memikirkan sesuatu yg bisa, mengalihkan pikiran dari hal-hal yg buat Anda merasa tertekan. Anda bisa, membaygkan suasana pegunungan, pantai & semacamnya,  yg buat pikiran menjadi lebih hening karenanya.

Ketika pikiran mumet, maka baygkan sebuah kawasan yg buat kau paling santai sepeti pegunungan, pinggir pantai, kawasan tidur, dll. Dengan memikirkan suasana kawasan untuk bersantai menyerupai itu, menjadi cara terbaik untuk “menipu” badan & pikiran semoga bisa, ikut menjadi santai.

5. Lemaskan Tubuh Saat Anda Merasa Tegang 
Ketika Anda mencicipi bagian-bagian tertentu dari badan mengalami tegang, maka itulah cara badan untuk memberitahu Anda bahwa pada bagian-bagian badan tersebut memerlukan rileks.

Ketika dirasakan pada penggalan tangan, kaki, lengan / penggalan badan lainnya mengalami tegang, maka lemaskan penggalan badan yg tegang tersebut secara perlahan.

Untuk melaksanakan terapi ini, maka kondisikan badan dengan senyaman mungkin, umumnya semoga nyaman maka posisikan badan dalam keadaan duduk. Setelah itu mulailah melemaskan penggalan tubuh, sehingga nantinya Anda akan mencicipi syaraf badan benar-benar rileks.

Dalam melaksanakan terapi ini, maka gunakan pakaian yg longgar, hindari menggunakan pakaian yg ketat.

6. Relaksasi dengan Posisi Tidur Terlentang
Terdapat banyak cara untuk menerima relaksasi & kesejukan pikiran. Anda bisa, mencoba untuk memperoleh relaksasi tersebut dengan cara tidur terlentang.

Anda bisa, tiduran terlentang selama 10, 20 / 30 menit, sembari mengosongkan pikiran, semoga pikiran menjadi rileks.

Melakukan terapi tidur terlentang dalam rangka relaksasi, tentunya berbeda dengan kebiasaan tidur terlentang setiap hari.

Posisi tidur terlentang ini hanya sementara, dilarang dalam waktu yg berjam-jam. Hal itu lantaran menurut klarifikasi dari Prof. Dr Yosihiro (seorang pakar kesehatan dari Jepang) menjelaskan bahwa tidur terlentang tidak baik bagi kesehatan

Posisi terlentang sanggup menimbulkan gangguan kesehatan. Berdasarkan hasil penelitiannya, tidur terlentang bisa, mengakibatkan kesulitan bernafas, pencernaan terganggu, tersedak, hingga yg terburuk bisa, menimbulkan kematian.

Oleh lantaran itu, sebisa, mungkin untuk mencegah badan dalam waktu usang dalam posisi tidur terlentang.

Adapun terapi tidur terlentang hanya dilakukan paling usang 30 menit, maka hal ini boleh. Anda bisa, melaksanakan terapi ini kapan saja.

Adapun dikala paling cantik untuk melaksanakan terapi ini adalah dikala waktu sejuk, yaitu sore / malam hari.

Untuk pakaian yg digunakan, maka gunakan pakaian yg longgar. Cara melakukannya, diawali dengan tidur telantang, kemudian kepala menghadap ke atas (langit).

Kedua tangan bisa, diluruskan di samping ba& saja.

Pastikan pada badan penggalan belakang, yaitu mulai dari belakang leher, tulang belakang, pinggul, belakang lutut, hingga penggalan tumit, semuanya menyentuh ganjal tidur.

Saat melaksanakan terapi ini, sangat diperlukan suasana yg tenang & damai, usahakan semoga tidak ada kebisingan.

loading...

7. Berendam Air Hangat
Racun yg terdapat di dalam badan sanggup meicu terjadinya stres. Dengan melaksanakan mandi maka sanggup merelaksasi tubuh, sehingga disarankan semoga berendam air hangat & juga gunakan aromaterapi.

Mandi air hangat beserta aromaterapi sanggup merilekskan tubuh, serta akan menimbulkan imbas yg menenangkan bagi badan & pikiran. Dengan mandi air hangat, juga bisa, meningkatkan kualitas tidur, serta meminimalisir munculya rasa tegang.

8. Stretching (Peregangan Tubuh)
Stretching berguna untuk buat rileksk kembali otot-otot badan yg dalam kondisi tegang jawaban kegiatan padat yg dilakukan.

Untuk melaksanakan peregangan adalah hal yg sangat mudah, contohnya bisa, dilakukan dengan posisi berdiri, kemudian mengangkat tangan dengan tinggi-tinggi, kemudian membungkuk & turunkan tangan dengan serendah mungkin yg dimampu.

Sebenarnya bentuk peregangan ada sangat banyak, Anda juga bisa, menggerakan kedua bahu untuk mengilangkan rasa pegal yg terasa di leher, serta lakukan banyak sekali gerakan peregangan yg buat badan Anda menadi lebih nyaman & tenang.

9. Jalan Kaki
Ketika muncul rasa gundah & tidak nyaman di hati, maka cobalah melaksanakan terapi jalan kaki selama 10-30 menit.

Dimana dengan berjalan kaki berguna untuk meningkatkan hormon endorfin di dalam tubuh. Itu merupakan hormon yg berguna untuk menawarkan ketenangan dalam tubuh, rasa rileks & menurunkan kadar stres.

Dengan berjalan maka Anda juga sembari melatih kedua lengan & kaki, serta penggalan badan lainnya. Sehingga berlajan kaki saja sudah efektif untuk buat badan sehat.

Kalau bisa,, usaahakan berjalan-jalan di wilayah alam, / bisa, juga di taman yg hijau (banyak pohon). Manfaatnya sanggup menenangkan pikiran, & jiwa pun menjadi lebih rileks. Selain itu, berjalan-jalan di pagi hari menawarkan khasiat tambahan2 berupa vitamin D dari matahari.

10. Alihkan Pan&gan
Ketika Anda selama berjam-jam hanya layar komputer sehingga mata & pikiran pun menjadi lelah. Maka cara mengatasinya yaitu dengan mengalihkan pan&gan sejenak dengan melihat benda lain.

Namun yg sangat disarankan adalah melihat sesuatu yg berwarna & alami, menyerupai meman&g pepohonan yg rimbun, kebun, dedaunan, langit yg tampak indah & menyenangkan, dll.

11. Berbaring
Berbaring adalah cara yg terbaik untuk menghilangkan rasa capek, sehingga buat badan menjadi rileks.

Oleh lantaran itu, ketika badan lelah & pikiran mumet maka temukan kawasan yg nyaman untuk berbaring. Utamanya tentu di kasur & kawasan yg sunyi semoga memperoleh khasiat lebih besar dari berbaring.

Saat berbaring maka lakukan sambil menarik napas dalam-dalam, kemudian hembuskan secara perlahan. Jangan memikirkan hal apapun selama berbaring ini, sehingga Anda nantinya benar-benar rileks.


12. Percikan Air Dingin
Air cuek / biasa sanggup menghilangkan rasa kantuk, serta sanggup buat wajah terasa segar & pikiran fresh kembali. Sehingga hal ini akan menjadikan Anda nantinya bersemangat kembali.

Percikkan-lah air cuek di penggalan wajah, belakang daun telinga, & pergelangan tangan. Maka hal ini sangat “manjur” untuk buat Anda merasa segar.

Pada penggalan pergelangan tangan & belakang pendengaran terdapat arteri utama, sehingga dengan menyegarkan / mendinginkan penggalan ini bisa, buat seluruh badan menjadi ikut segar.

13. Konsumsi Makanan Kaya magnesium
Konsumsilah masakan yg kaya kandungan magnesium menyerupai alpukat, ikan, kacang-kacangan & pisang. Mengonsumsinya akan sangat baik untuk sistem saraf & jantung, serta membantu untuk mencegah stres & menenangkan pikiran dikala kondisi tertekan.

14. Tidur yg Cukup
Kondisikan lingkungan tidur yg baik semoga bisa, memperoleh tidur yg cukup. Kurang tidur akan memicu stres, demikian juga sering bega&g akan memicu stres.

Adapun dengan mempunyai contoh tidur yg baik & teratur, maka hal ini bisa, buat jiwa menadi tenang, & di pagi hari (setelah berdiri tidur) Anda akan siap untuk menjalani kegiatan seharian.

15. Melompat di Atas Trampolin
Jalan kaki / jogging memang cara yg baik untuk buat jiwa tenang & menurunkan kadar stres.

Namun ilmuwan NASA menjelaskan bahwa melaksanakan selama sepuluh menit melompat di atas trampolin maka 68 persen lebih efisien untuk mengurangi stres daripada 30 menit jogging.

16. Menghirup Aroma Sedap
Menurut klarifikasi dari Smell & Taste Treatment and Research Foundation of Chicago bahwa dengan menghirup aroma camilan manis enak yg gres dibeli, sanggup berguna untuk buat Anda rileks. Hal ini juga berlaku untuk jenis aroma lainnya yg bisa, buat Anda nyaman.

17. Berwudhu
Bagi yg muslim maka biasakan setiap waktu untuk berwudhu, bukan hanya dikala sholat lima waktu saja. Ketika pikiran se&g sumpek maka segera berwudhu, walaupun bukan dikala waktu sholat.

Berwudhu akan menawarkan relaksasi yg sangat bermafaat bagi badan & pikiran, dengan berwudhu maka badan Anda nantinya menjadi sangat segar.

Hal itu lantaran pedoman air akan membantu syaraf-syaraf badan menjadi lebih rileks, serta peredaran darah menjadi lebih lancar.

18. Matikan Lampu Saat TIdur 
Cahaya yg cukup terang ketika malam hari sanggup mengakibatkan munculnya pelepasan hormon kortisol yg tinggi.

Hormon kortisol ini merupakan hormon pemicu stress, yg bisa, mengakibatkan seseorang susah tidur, / menyebabkab seseorang mempunyai tidur yg tidak berkualitas.

Oleh lantaran itu, ketika mendekati waktu tidur, usahakan untuk memadamkan cahaya lampu, hal ini akan buat Anda bisa, lebih nyaman dikala tidur, sehingga tidur menjadi pulas & berkualitas.

19. Berhentilah Sejenak (Time-Out)
Ketika kondisi tekanan dirasa sangat berat, / dikala emosi memuncak, maka hentikan sejenak segala aktivitas, apapun itu aktivitasnya.

Kemudian biarkan diri untuk berada di kawasan yg tenang, hilangkan segala pikiran di kepala yg bikin mumet, sembari tarik napas lebih dalam dari biasanya.

Biarkan diri Anda dalam kondisi menyerupai ini hingga risikonya jiwa menuju rileks & tenang. Ketika Anda telah rileks, maka lanjutkan kembali aktivitas.

Jika rasa mumet di kepala & stres muncul kembali, maka lakukan terapi ini kembali, hingga Anda nantinya kembali rileks.

20. Bersih-Bersih Rumah
Membersihkan rumah / ruangan Anda sering berada disana, ternyata bisa, membantu untuk menjernihkan pikiran. Buntunya pikiran lantaran kondisi ruangan kawasan berada yg kotor & barang-barang yg tidak tertata rapi.

Oleh lantaran itu, jikalau Anda temukan di rumah ada banyak sampah acak-acakan di sana-sini, maka jangan ragu untuk membersihkan & membereskannya. Setelah itu Anda akan mencicipi khasiatnya.

21. Cintai Diri Sendiri
Rasa khawatir di dalam diri bersumber dari kurangnya rasa percaya diri, rasa khwatir ini buat pikiran & perasaan menjadi tidak tenang.

Penting bagi seseorang semoga menyayangi dirinya sendiri, semakin kita menyayangi diri kita maka akan semakin gampang dicapai pikiran yg damai.

Sebagai bukti dari kecintaan kita pada diri sendiri, yaitu agresif untuk mendapatkan segala kekurangan & kelebihan diri.

Mencintai diri sendiri akan menimbulkan dorongan bagi Anda untuk terus memperbaiki diri. Hal ini menyerupai cinta orang bau tanah kepada anaknya, maka orang bau tanah ingin anaknya mendapatkan pendidikan yg terbaik.

22. Nikmati Alam yg Indah
Polusi & abu bisa, buat seseorang stres. Oleh lantaran itu, cobalah untuk sesekali pergi ke desa, pegunungan, / kawasan yg hijau, yg banyak pohonnya. Berada di alam yg indah & alami, akan buat batin Anda menjadi tenang.

23. Bersyukur
Seseorang yg cenderung untuk lebih mengingat hal-hal / insiden yg negatif, maka hal ini buatnya tidak akan bersyukur.

Dimana orang yg tidak bersuyukur, maka hidupnya menjadi penuh kegalauan, tidak tenang, stres & banyak pikiran.

Janganlah menjadi orang yg suka melihat keburukan, padahal ada banyak kebaikan yg dimiliki tetapi tidak pernah disyukuri, hal ini akan buat hidup menjadi sengsara.

Contoh salah satu hal semoga kita bisa, bersyukur: Ketika badan dalam kondisi sehat, maka ingatlah pada dikala yg bersamaan ada banyak orang yg sakit, yg hanya bisa, berbaring di kawasan tidur selama berbulan-bulan.

24. Sadar penuh
Ketika kita sadar penuh, maka kita akan bisa, mencicipi apa saja rangsangan pada kelima indra. Dimana hal ini sangat jarang dialami bagi orang-orang modern yg super sibuk.

Ketika makan, mungkin hanya detik pertama pengecap akan mencicipi makanan. Pada detik berikutnya, otak sudah disibukkan dengan obrolan, browsing, telepon, membuka sosial media, dll.

Kebiasaan multi-tasking ini kurang baik bagi kejiwaan seseorang, yg sanggup buat jiwa menjadi kurang tenang. Ketika makan, maka fokuslah pada masakan Anda, demikian juga untuk hal-hal lainnya.

Oleh lantaran itu, Anda bisa, sesekali bersama teman-teman / keluarga untuk pergi ke kawasan yg menyediakan kemudahan trampolin. Bermain trampolin nantinya juga akan buat tidur Anda nyenyak setelahnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "24 Cara Relaksasi Yang Ampuh Untuk Menenangkan Pikiran & Menghilangkan Stres"

Posting Komentar