Gejala & Penyebab Kolesterol Tinggi (Serta Pencegahannya)

Kolesterol merupakan senyawa lemak yg sebagian besarnya diproduksi di organ hati. Sebenarnya badan membutuhkan kolesterol sebagai bahan2 dasar pembentuk unsur-unsur penting di dalam tubuh.

Fungsi utama kolesterol di dalam badan yaitu sebagai bahan2 dasar pembentuk struktur membran (dinding) pada sel-sel yg ada di dalam tubuh.

 Kolesterol merupakan senyawa lemak yg sebagian besarnya diproduksi di organ hati Gejala & Penyebab Kolesterol Tinggi (Serta Pencegahannya)
Photo credit: Shutterstock.com / By donskarpo

Dalam kadar normal, kolesterol memliki fungsi penting dalam pertanaman badan & berkontribusi dalam memperbaiki kerusakan yg terjadi pada sel-sel tubuh.

Selain itu, kolesterol sebagai bahan2 dasar pembentuk asam empedu. Dimana asam empedu yakni cairan yg diproduksi oleh kandung empedu, yg bahan2 dasarnya yakni kolesterol.

Asam empedu berfungsi untuk mencerna lemak yg melewati akses pencernaan.

Mengapa Kolesterol Bisa Berbahaya?

Adapun hal yg umum Kita dengar yakni bahwa kolesterol selalu dikaitkan dengan peningkatan resiko terkena penyakit jantung & stroke. Hal ini benar kalau kadar kolesterol yg ada di dalam badan terlalu tinggi.

Kolesterol tinggi yakni keadaan tingkat kolesterol dalam darah yg melewati batas normal. Dimana kalau kadar kolesterol terlampau tinggi maka bisa, menimbulkan ancaman bagi kesehatan tubuh.

Munculnya penyakit berbahaya ini akhir penumpukan / pengendapan kolesterol yg sangat banyak di pembuluh darah. Hal ini nantinya meningkatkan resiko penyakit serius menyerupai serangan jantung & stroke.

Tingginya kadar kolesterol yg dialami seseorang umumnya lantaran teladan makan yg banyak mengonsumsi asupan berkolesterol tinggi, apalagi kalau diperburuk dengan kurangnya acara fisik.

LDL intinya mempunyai tugas dalam menyalurkan kolesterol dari organ hati kepada sel-sel badan yg membutuhkan.

Tapi kalau kadar LDL terlalu banyak maka nantinya bisa, mengendap pada dinding-dinding arteri, yg akhirnya menimbulkan duduk kasus kesehatan yg serius.

Adapun HDL yg sering disebut dengan istilah “kolesterol baik” mempunyai fungsi untuk mengangkut kolesterol kembali ke dalam organ hati. Nantinya kolesterol akan dihancurkan di dalam organ hati, kemudian dibuang dari dalam badan melalui kotoran.

Pengukuran tingkat kolesterol dalam darah dilakukan dengan tes darah. Seseorang hendaknya melaksanakan pengecekan kadar kolesterol dalam darah kalau mengalami kondisi seperti:
  • Memiliki kelebihan berat ba&.
  • Terkena diabetes.
  • Memiliki tekanan darah tinggi.
  • Memiliki penyakit lainnya yg bisa, memicu peningkatan kadar kolesterol.

Diagnosis kadar kolesterol dianjurkan apabila seseorang mempunyai keluarga erat yg memilki riwayat pernah menderita penyakit akhir kolesterol / penyakit kardiovaskular di usia dini.

Selain itu, untuk orang-orang yg pernah mengalami beberapa duduk kasus menyerupai stroke ringan, penyakit arteri perifer /  jantung koroner, maka dianjurkan untuk juga melaksanakan pemeriksaan.


Gejala Kolesterol

Kondisi kadar kolesterol yg tinggi dalam darah umumnya tidak mempunyai tanda-tanda spesifik tertentu. Adapun kalau duduk kasus kolesterol tinggi disebabkan oleh hiperkolesterolemia poligenik maka bisa, menimbulkan tanda-tanda menyerupai xanthelasma.

Beberapa tips untuk mengatasi kolesterol tinggi, yaitu:
  • Berolahraga secara rutin.
  • Seminimal mungkin konsumsi masakan dengan minyak.
  • Kurangi konsumsi santan.

Kolesterol tinggi umumnya tidak mempunyai tanda-tanda tertentu. Sehingga tes darah menjadi cara utama untuk mendeteksi kolesterol tinggi pada diri seseorang.

Kolesterol mempunyai bentuk berupa zat berlilin yg terdapat di lemak (lipid) dalam darah. Tubuh memerlukan kolesterol dalam jumlah normal untuk pembangunan sel-sel sehat.

Tapi kalau kondisi kolesterol tinggi, maka akan memicu penumpukan lemak di pembuluh darah Anda, yg kesannya menyulitkan pedoman darah.

Hal ini kemudian menimbulkan jantung terancam tidak memperoleh kecukupan pasokan pedoman darah yg membawa oksigen.

Hal ini akhirnya memicu duduk kasus pada organ jantung menyerupai serangan jantung. Adapun kalau pedoman darah ke otak terganggu maka akan memicu resiko stroke.

Kolesterol tinggi bisa, terjadi akhir faktor keturunan, tapi masalah yg sering yakni kolesterol tinggi terjadi akhir gaya hidup yg tidak sehat.

Masalah kolesterol ini bisa, dicegah & diobati. Menjaga keseimbangan berat ba&, berolahraga secara teratur & ka&g-ka&g konsumsi obat bisa, membantu mengurangi kolesterol tinggi.

Beberapa kondisi yg perlu diwaspadai lantaran dikhawatirkan itu merupakan tanda-tanda kolesterol tinggi:

Bengkak & mati rasa anggota ba&. Dimana bisul & mati rasa bisa, terjadi lantaran akumulasi lipid menyumbat sirkulasi darah, yg kemudian menjadikan minimnya pengiriman oksigen & nutrisi ke otot-otot tubuh.

Sering pusing & sakit kepala. Kolesterol yg mengendap di arteri dalam jumlah tinggi, menimbulkan kendala sirkulasi darah & oksigen di dalam tubuh, kondisi ini kemudian memicu timbulnya rasa pusing & sakit kepala.

Sembelit. Penumpukan lipid di arteri juga bisa, berdampak pada pencernaan tubuh, salah satunya yaitu terjadinya sembelit. Terjadinya sembelit memang bisa, lantaran banyak hal, tapi bisa, jadi lantaran tingginya kadar kolesterol.

Halitosis / wangi napas. Kolesterol disekresikan di hati, terlalu banyak kolesterol menimbulkan duduk kasus dalam pencernaan tubuh. Hal ini menimbulkan kekeringan & wangi tak sedap di mulut.

Nyeri pada dada. Sebenarnya ada banyak penyakit yg berkaitan dengan nyeri dada, salah satunya yakni akhir kolesterol tinggi. Dimana tumpukan lemak pada arteri akhir kolesterol tinggi mengganggu pedoman darah. Nyeri dada juga bisa, disebabkan hipertensi / lainnya.

Mudah lelah & kelemahan kronis. Hal yg bisa, menjadi tkamu kolesterol tinggi yaitu badan yg sering terasa lemah, gampang lelah, harapan tidur pada waktu yg tidak lazim, & kondisi semacamnya. Walaupun mungkin juga kondisi-kondisi menyerupai itu terjadi akhir acara terlalu padat & telat makan.

loading...

Penyebab Kolesterol Tinggi
 
Berikut banyak sekali hal yg menimbulkan peningkatan kadar kolesterol jahat dalam darah:

Konsumsi Makanan yg Tidak Sehat
Makanan tidak sehat menyerupai masakan yg tinggi kadar lemak jenuh, gorengan, junk food, termasuk jenis masakan instan (seperti mie instan).

Makanan-makanan yg tinggi kadar lemak jenuh yaitu jeroan, otak sapi, kulit ayam, daging belibis dengan kulit, kerang, telur burung puyuh, u&g, cumi & santan.

Malas Bergerak / Berolahraga
Kurangnya acara fisik menimbulkan seseorang lebih rentan terkena kolesterol tinggi. Dimana kalau seseorang rutin olahraga maka sanggup membantu meningkatkan kadar HDL sekaligus mengurangi imbas ancaman dari kolesterol jahat.

Merokok
Kebiasaan jelek ini menimbulkan penurunan HDL sekaligus merusak pembuluh darah yg memicu timbunan lemak. Dalam rokok terdapat zat kimia yg disebut akrolein.

Zat ini akan menghambat fungsi HDL dalam membawa timbunan lemak menuju hati untuk dibuang keluar tubuh.

Keberadaan zat akrolein tersebut memicu penyempitan arteri / aterosklerosis.

Obesitas
Kadar kolesterol sanggup meningkat pada orang-orang yg mempunyai kondisi obesitas, / mempunyai lingkar pinggang yg berlebihan.

Orang yg mempunyai badan gemuk cenderung mempunyai kadar kolesterol jahat (LDL) & kadar trigliserida yg lebih tinggi.

Diabetes
Penderita diabetes juga bisa, terkena duduk kasus kolesterol tinggi. Hal itu lantaran kondisi kadar gula darah tinggi bisa, merusak pembuluh nadi (arteri).

Penderita diabetes juga cenderung mengalami peningkatan kadar LDL (kolesterol jahat) & penurunan kadar HDL (kolesterol baik).

Faktor-Faktor Lainnya

Selain itu, beberapa faktor yg memicu terjadinya kolesterol tinggi yaitu kelenjar tiroid yg kurang aktif, penyakit ginjal, penyakit hati, tekanan darah tinggi & diabetes.

Ras-ras tertentu di dunia bisa, mengalami resiko lebih besar terkena kolesterol tinggi, yaitu seseorang yg berketurunan India, Bangladesh, Sri lanka, / Pakistan.

Selain faktor ras, faktor usia juga ikut andil. Dimana dengan bertambahnya usia maka potensi untuk mengalami duduk kasus penyempitan arteri (aterosklerosis) meningkat.

Seseorang dianjurkan untuk menjalani investigasi kadar kolesterol jika:
  • Terdiagnosis mengalami stroke ringan, jantung koroner, penyakit arteri perifer.
  • Berusia di atas empat puluh tahun.
  • Kelebihan berat ba& (kegemukan).
  • Mengalami diabetes.
  • Mengalami tekanan darah tinggi.
  • Memiliki keluarga erat yg mengalami duduk kasus kesehatan terkait kolesterol.
  • Memiliki duduk kasus menyerupai ra&g pankreas, kelenjar tiroid yg kurang aktif, penyakit ginjal. 

loading...

Pencegahan Kolesterol Tinggi

Anda bisa, menghindari duduk kasus kolesterol tinggi dengan cara memperhatikan asupan masakan yg sehat dengan gizi seimbang. Sangat penting untuk mengurangi konsumsi masakan tinggi lemak jenuh lantaran mengandung kolesterol.

Terlalu sering mengonsumsi masakan tinggi lemak jenuh menimbulkan resiko penyumbatan pada arteri.

Terdapat dua jenis lemak, yaitu lemak jenuh & lemak tidak jenuh.

Untuk menghindari kadar kolesterol jahat meningkat, hendaknya Anda tidak mengonsumsi masakan yg mengandung lemak jenuh, menyerupai jeroan, kulit ayam & bebek, kerupuk, gorengan, otak sapi, telur burung puyuh, kerang, cumi.

Adapun jenis lemak tidak jenuh yakni lemak yg memperlihatkan khasiat kesehatan. Lemak tidak jenuh sanggup dikatakan sebagai lemak sehat, yg sanggup meningkatkan kadar HDL & mencegah terjadinya penyumbatan pada arteri.

Berikut masakan yg mengandung lemak tidak jenuh (lemak sehat):
  • Alpukat
  • Ikan salmon, tuna, & tenggiri
  • Kacang-kacangan & biji-bijian (seperti kacang almond & kenari)
  • Minyak zaitun
  • Selai kacang alami

Mengonsumsi masakan kaya akan serat & rendah lemak jahat, biji-bijian utuh, buah-buahan & sayur-sayuran, terbukti berguna untuk mengurangi kadar kolesterol tinggi.

Olahraga secara teratur berguna untuk membantu menaikkan kadar HDL. Aktivitas fisik yg dilakukan nantinya bisa, merangsang badan untuk membawa endapan lemak / kolesterol menuju ke dalam hati untuk diurai (dihancurkan).

Manfaat olahraga juga baik untuk kesehatan jantung & fungsi pembuluh darah. Adapun kondisi badan yg gemuk bisa, membahayakan kesehatan lantaran bisa, menimbulkan peningkatan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Anda bisa, melaksanakan olahraga menyerupai jogging, bersepeda, berenang, /pun berjalan kaki. Selain itu, pastikan Anda untuk berhenti merokok lantaran dampaknya yg bisa, memperburuk duduk kasus kolesterol yg dialami.

Jika Anda ingin mengonsumsi susu, maka pilihlah susu yg rendah lemak. Hindari lemak trans lantaran meningkatkan kolesterol jahat & menurunkan kadar kolesterol baik. Lemak trans umumnya ditemukan dalam masakan yg digoreng.

Anda hendaknya mengonsumsi asupan yg mengandung serat larut. Ada dua jenis serat yaitu serat larut & serat tidak larut.

Kedua jenis serat tersebut mempunyai khasiat untuk kesehatan jantung. Terkhusus serat larut berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Sertakan asupan serat larut dalam sajian masakan Anda, menyerupai gandum, buah-buahan, kacang-kacangan, kacang lentil, & sayuran.

Anda juga disarankan konsumsi masakan yg kaya asam lemak omega-3 lantaran khasiatnya yg sanggup mengurangi kadar trigliserida, meningkatkan HDL, mengurangi tekanan darah, & juga tidak meningkatkan LDL.

Makanan yg kaya akan asam lemak omega-3 yaitu walnut, almond, biji rami, ikan salmon & makarel.

Hal terakhir yg penting diketahui, banyak mengonsumsi minuman beralkohol sanggup menimbulkan duduk kasus kesehatan yg serius, termasuk tekanan darah tinggi, gagal jantung & stroke.

loading...

Tanya-Jawab Seputar Kolesterol

Berikut beberapa tanya-jawab mengenai kolesterol untuk menambah wawasan Anda wacana permasalahan ini.

Kapan Waktu yg Tepat untuk Cek Kadar Kolesterol?

American Heart Association (AHA) merekomendasikan para orang cukup umur untuk memeriksakan kadar kolesterol setiap 4 / 6 tahun sekali semenjak usia 20 tahun.

Adapun bagi orang-orang yg menjalani terapi pengobatan, mungkin akan diminta dokter untuk melaksanakan investigasi setiap bulan.

Memeriksa kadar kolesterol membutuhkan persiapan puasa. Dimana para hebat menyampaikan bahwa puasa sebelum mengusut kadar kolesterol memperlihatkan hasil yg paling akurat.

Kadar kolesterol & trigliserida sanggup dipengaruhi oleh masakan yg gres saja dikonsumsi. Adapun lamanya puasa yaitu sekitar 9-12 jam sebelum melaksanakan tes.

Kolesterol diperiksa dengan cara melaksanakan investigasi darah di rumah sakit / laboratorium. Lamanya waktu investigasi tersebut hanya beberapa menit saja.

Mengapa Banyak Orang Berusia Muda Terkena Kolesterol Tinggi?

Ada banyak penyebab seseorang terkena duduk kasus kolesterol walaupun usianya masih muda. Penyebabnya seringkali menyerupai dengan penyebab kolesterol tinggi pada kelompok usia tua.

Umumnya penyebab kolesterol tinggi yakni terlalu banyak konsumsi gula serta junk food, & kurang olahraga, & kegemukan.

Kurangnya acara fisik & berlebihan dalam mengosumsi asupan kalori & lemak, kondisi ini menjadi pemicu utama serangan jantung & stroke di usia muda.

Sehingga salah besar kalau mengira kolesterol tinggi hanya dialami oleh orang tua, dimana kini ini penyakit-penyakit kronis akhir kolesterol tinggi mulai menimpa banyak kaum muda.

Bolehkah Penderita Kolesterol Tinggi Makan Telur?

Walaupun telur kerap dihubungkan dengan peningkatan kolesterol dalam badan lantaran penggalan kuning telur mengandung sekitar 186 mg kolesterol, tapi menurut penelitian dari Harvard Medical School di Amerika Serikat, menemukan bahwa kolesterol dalam kuning telur tidak berdampak eksklusif pada kadar kolesterol dalam darah.

Dengan begitu, apakah penderita kolesterol tinggi diperbolehkan makan telur & kuningnya? Tentu saja boleh. Tapi syaratnya tidak berlebihan, & tidak diolah dengan cara digoreng.

Mengenai batas kondusif konsumsi telur, hasil penelitian dari Harvard Medical School yg melibatkan ratusan ribu orang melaporkan bahwa makan satu butir telur setiap hari masih tergolong kondusif untuk tubuh.

Pada penelitian lainnya yg dipublikasikan di jurnal Current Opinion in Clinical Nutrition and Metabolic Care tahun 2012, diketahui bahwa orang yg mengonsumsi 4-6 butir telur setiap ahad tidak mengalami peningkatan kadar kolesterol dalam darah.

Bagaimana Cara Memasak Daging biar Tak Kena Kolesterol?

Bagi orang-orang yg mempunyai kadar kolesterol tinggi, American Heart Association (AHA) menyarankan biar lebih menentukan konsumsi daging unggas daripada daging merah. Hal itu lantaran kandungan lemak jenuh dalam daging merah lebih tinggi.

Walaupun konsumsi daging merah tidak direkomendasikan bagi penderita kolesterol, bukan berarti dihentikan dikonsumsi sama sekali. Berikut beberapa tips dalam memasak daging:
  • Pilih penggalan yg mempunyai lemak paling sedikit. Misalnya pada daging sapi, penggalan yg sedikit kandungan lemaknya yaitu penggalan potongan pinggang (sirloin) / has dalam (tenderloin). Pada daging domba, pilihlah penggalan pinggang & ekstremitas.
  • Potong semua lemak yg terlihat sebelum memasak daging.
  • Tidak disarankan menggoreng, Anda disarankan mengolah daging dengan cara dibakar.
  • Adapun kalau ingin mengolah daging dengan cara digoreng, maka pilihlah minyak yg mengandung lemak tidak jenuh, menyerupai minyak zaitun, minyak kanola (canola oil).
  • Jika Anda ingin mengonsumsi daging unggas, pilihlah daging ayam / kalkun dibandingkan bebek. Daging belibis mengandung lebih banyak lemak / kolesterol. Selain itu, hendaknya Anda tidak mengonsumsi kulit ayam / kalkun. 

Penderita kolesterol harus berhati-hati dalam mengonsumsi daging merah, hendaknya diolah dengan cara yg sehat. Selain itu, hindari daging olahan menyerupai sosis & nugget lantaran tinggi kalori, garam & lemak jenuh.

Referensi:
Healthline. Symptoms of High Cholesterol.
Mayo Clinic (2015). Top 5 lifestyle changes to improve your cholesterol.
Alodokter. Penyebab Kolesterol Tinggi.
Dinar, Agatha. Alodokter (2017). Gejala Kolesterol & Cara Penyembuhannya (tanya-jawab).
Mayo Clinic (2017). Symptoms & causes. High cholesterol.
Gunardi, Alberta Jesslyn. Klikdokter (2018). Waktu yg Tepat untuk Cek Kadar Kolesterol.
Prasetyo, Bobby Agung. Klikdokter. Ini Penyebab Usia Muda Kena Kolesterol Tinggi.
Octavia, Nadia. Klikdokter (2018). Bolehkah Penderita Kolesterol Tinggi Makan Telur?.
Limbong, Sepriani Timurtini. Klikdokter (2018). Cara Memasak Daging biar Tak Kena Kolesterol.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gejala & Penyebab Kolesterol Tinggi (Serta Pencegahannya)"

Posting Komentar