16 Manfaat Kunyit Hitam Bagi Kesehatan, Pengobatan, Kulit Tubuh, Dll

Jenis kunyit bahwasanya ada bermacam-macam, tidak hanya kunyit bewarna kuning yg umum kita ketahui, tapi juga ada kunyit hitam yg mempunyai khasiat luar biasa.

Kunyit hitam yg mempunyai nama ilmiah “Curcuma Caesia” yaitu flora orisinil dari kawasan india / timur laut.

Adapun masyarakat Indonesia telah melaksanakan budidaya flora kunyit hitam, namun tidak sebanyak budidaya kunyit bewarna kuning,

Hal itu lantaran pemeliharaan & pengembangbiakan kunyit hitam tidak semudah kunyit umumnya, dimana lebih rumit pembudidayaan kunyit hitam & juga butuh ketelatenan lebih.

 tidak hanya kunyit bewarna kuning yg umum kita ketahui 16 Manfaat Kunyit Hitam Bagi Kesehatan, Pengobatan, Kulit Tubuh, dll

Masyarakat Indonesia sudah sangat familiar dengan pekhasiatan flora herbal, dimana flora herbal dinilai mempunyai khasiat yg sangat besar. Bahkan, orang-orang banyak yg lebih menentukan pengobatan dengan penggunaan bahan2 herbal.

Kunyit hitam sendiri telah terkenal dipakai sebagai obat tradisional herbal, khususnya di negara asalnya yaitu india. Banyak masyarakat India yg mekhasiatkan khasiat kunyit hitam untuk pengobatan demam, batuk & pilek, pneumonia, penyakit asma, & lainnya.

Di Indonesia sendiri, kunyit hitam juga sudah cukup populer, yg bahkan sudah biasa dipakai sebagai bahan2 buat minuman jamu berkhasiat. Berikut di bawah ini banyak sekali khasiat kunyit hitam:

1. Agar Awet Muda

 tidak hanya kunyit bewarna kuning yg umum kita ketahui 16 Manfaat Kunyit Hitam Bagi Kesehatan, Pengobatan, Kulit Tubuh, dll
Sumber gambar: Pixabay.com

Orang-orang tentunya ingin terlihat tetap muda walaupun sudah berumur diatas 30 tahun, sehingga supaya terlihat infinit muda perlu perawatan & menjaga kesehatan kulit dengan baik.

Kunyit hitam mengandung zat antioksi& yg tinggi, kandungan antioksi& mempunyai tugas penting dalam menghambat penuaan pada tubuh. Dengan mekhasiatkan kunyit hitam ini bisa, mempunyai kegunaan supaya Anda bisa, terlihat beberapa tahun lebih muda .

Kunyit hitam menunjukkan khasiat yg besar bagi kesehatan & tampilan kulit. Dengan mengonsumsinya mempunyai kegunaan bagi kesehatan kulit, serta buat kulit lebih kencang & lembab. Selain mengonsumsinya, Anda bisa, mekhasiatkan kunyit hitam sebagai lulur.

Di dalam buku “Basmi Kanker dengan Herbal oleh Bambang Sudewo (Mas Dewo)” halaman 38-39, disebutkan bahwa di Indonesia kunyit hitam yaitu pendatang gres dalam khazanah pengobatan herbal, yg kini menjadi prirnadona, bahkan sering diburu oleh kalangan para peusaha herbal.

Di negara asalnya India, Pakistan & Turki, kunyit hitam sudah dinyatakan sebagai bahan2 herbal yg terancam punah, hal itu disebabkan usul & penggunaan herbal kunyit hitam sangat tinggi, sehingga menimbulkan eksploitasi secara berlebihan terhadap bahan2 kunyit hitam.

Berdasarkan banyak sekali uji yg telah dilakukan, di dalam kunyit hitam ditemukan kandungan karbohidrat, protein, fenol, minyak tetap & lemak, steroid, terpenoid, alkaloid, glikosida, & tanin.

Dilaporkan kandungan kimia di dalam kunyit hitam mengandung a-pienne, b-pienne, b-ocimene’ (E and Z), camphor, linalool, caryphyllene, borneol, camphene, menthol, & cis-b-ocimene.

Secara tradisional, kunyit hitam banyak dikhasiat untuk pengobatan ibarat asma, demam tinggi, kista, kanker, impotensi, epilepsi, gangguan haid, alergi, luka bakar, jerawat, sakit gigi, & untuk perawatan kulit.


2. Untuk Pengobatan Penyakit kanker

 tidak hanya kunyit bewarna kuning yg umum kita ketahui 16 Manfaat Kunyit Hitam Bagi Kesehatan, Pengobatan, Kulit Tubuh, dll
Sumber gambar: Wikimedia.org

Penyakit kanker sudah umum diketahui merupakan penyakit yg sangat mematikan. Cara terbaik menangani kanker yaitu mendeteksi tanda-tanda paling awal yg se&g berkembang di dalam tubuh. Berikut tanda-tanda penyakit kanker:
  • Kanker tenggorokan /pun kanker perut mempunyai tanda-tanda rasa sakit ketika menelan, muncul rasa ingin muntah, penurunan berat ba&, bunyi cenderung serak.
  • Kanker pankreas, kanker perut, & kanker paru-paru ditkamui dengan tanda-tanda awal berupa penurunan berat ba& secara drastis tanpa alasan.
  • Tkamu-tkamu kanker kulit umumnya terjadi perubahan2 warna permukaan kulit, gatal-gatal, kulit & mata menjadi kekuningan, kulit memar tanpa penyebab, pertanaman rambut yg berlebihan, terjadinya hiperpigmentasi (warna kulit cenderung lebih gelap), hingga bisa, juga rriterma (warna kulit cenderung kemerahan).
  • Kanker payudara ditkamui dengan tanda-tanda awal berupa benjolan pada payudara, kemudian puting yg melesak, terdapat cairan tertentu yg keluar dari puting, kulit payudara berkerut (bisa, juga kemerahan).
  • Kanker ovarium ditkamui dengan tanda-tanda perut kembung yg terasa terus-menerus & diiringi perdarahan dari vagina. Selain itu bisa, disertai dengan terjadinya penurunan berat ba& secara drastis tanpa penyebab yg jelas.
  • Gejala a&ya kanker ovarium, kanker tenggorokan & kanker perut yaitu terjadinya nyeri ulu hati yg tidak kunjung reda.
  • Kanker verbal ditkamui dengan tanda-tanda berupa bercak kemerahan cerah (terka&g putih) di dalam verbal & lidah. 
  • Leukimia / kanker darah ditkamui dengan tanda-tanda awal demam yg berkepanjangan.
  • Anda perlu waspada apabila ada riwayat kanker pankreas di dalam keluarga, dimana tanda-tanda depresi yg disertai sakit perut berkepanjangan bisa, menjadi tanda-tanda kanker pankreas.
  • Kanker testis ummunya diawali tanda-tanda berupa benjolan pada testis pria.
  • Buang air kecil yg tidak sulit dikendalikan (bahkan bisa, mengompol) & air kencing yg susah keluar bisa, menjadi tanda-tanda kanker prostat. 
  • Munculnya darah pada tinja bisa, menjadi tanda-tanda kanker usus.
  • Terjadinya kencing darah bisa, menjadi tanda-tanda kanker ginjal / kandung kemih. 
  • Sakit kepala yg terjadi secara terus-menerus & tidak masuk akal bisa, menjadi tanda-tanda awal tumor otak. 
  • Nyeri punggung yg tidak masuk akal (berkepanjangan) bisa, menjadi tanda-tanda kanker ovarium, kanker usus, & kanker dubur. 
  • Gejala kanker lainnya yaitu kelelahan pada badan yg tidak kunjung reda walaupun sudah beristirahat yg cukup, munculnya darah pada tinja, batuk yg tidak kunjung reda hingga empat minggu, batuk darah.

Pada buku “Basmi Kanker dengan Herbal Oleh Bambang Sudewo (Mas Dewo)” halaman 39-40, menyebutkan sebuah penelitian oleh M. Krishnaraj, dkk dengan melaksanakan perbandingan kandungan senyawa fenol & acara antioksi& antara curcuma caesia (kunyit hitam) & curcuma amada (kunyit mangga).

Hasilnya, zat antioksi& yg berfungsi untuk mencegah / mengobati kanker pada kunyit hitam lebih tinggi dibandingkan kunyit mangga.

Peneliti menemukan bahwa kandungan fenol total pada kunyit hitam yaitu 44,33 mg TAE/g bahan2 kering, adapun kandungan fenol total pada kunyit mangga yaitu 37,64 mg TAE/g bahan2 kering.

Hasil penelitian menyebutkan kandungan senvawa fenol di dalam kunyit hitam terbukti mempunyai efek biologis yg kuat. Fenol berfungsi sebagai antioksi& bagi badan yg bekerja untuk mencegah terjadinya penggumpalan keping-keping sel darah, melebarkan pembuluh darah & menghambat pertanaman sel kanker di dalam tubuh.

Kadungan antioksi& di dalam kunyit hitam juga berkemungkinan bisa, menunjukkan khasiat untuk pengobatan penyakit jantung & stroke. Ekstrak & kunyit hitam (curcuma caesia) mengandung antioksi& alami yg murni & hampir tidak menimbulkan efek samping pada badan yg bisa, membahayakan.

Mengetahui a&ya khasiat besar pada kunyit hitam, pengarang buku ini mengharapkan supaya Pemerintah Pusat (yaitu Kementrian Pertanian & Kementrian Kesehatan) & semua pakar yg berkepentingan bisa, secara serius untuk membuatkan pekhasiatan bahan2 herbal kunyit hitam supaya bisa, menjadi flora obat fitofarmaka yg unggul.

Untuk pekhasiatan kunyit hitam secara tunggal, maka cara buat ramuannya:
  1. Sediakan kunyit hitam rajangan kering 20 gr.
  2. Setwlah itu kunyit hitam dicuci hingga higienis dengan air mengalir.
  3. Setelah itu direbus bersama 600 ml air hingga mendidih.
  4. Biarkan air rebusan dalam kondisi mendidih hingga air rebusan tersisa hanya satu selengah gelas. 
  5. Setelah itu saring & dinginkan. 
  6. Diminum tiga kali dalam sehari  (sekali minum setengah gelas).
  7. Supaya rasanya tidak terlalu pahit, maka Anda bisa, menambahkan dua sendok teh madu murni sehingga lebih nikmat diminum.

Untuk pekhasiatan kunyit hitam dengan flora obat lain, cara buat ramuannya:
  1. Sediakan kunyit hitam segar sebanyak 40 gr.
  2. Sediakan juga daun sirih merah sebanyak lima Lembar, jinten hitam sebanyak 20 gr. 
  3. Lalu Anda cuci hingga higienis semua bahan2 alami tersebut dengan air mengalir. 
  4. Lalu kunyit hitam dirajang kecil-kecil.
  5. Lalu rebuslah semua bahan2 hingga mendidih.
  6. Biarkan dalam kondisi mendidih hingga  air rebusan tersisa hanya satu setengah gelas.
  7. Lalu saring & tunggu supaya tidak terlalu dingin.
  8. Air ramuan tersebut diminum tiga kali dalam sehari (sekali minum setengah gelas).

3. Untuk Kulit Wajah & Tubuh

Khasiat dari mengonsumsi kunyit hitam yaitu bisa, buat kulit lebih halus, kandungan di dalam kunyit hitam bekerja untuk menghaluskan kulit, & membantu membersihkan / mengurangi bintik-bintik merah pada kulit, yg problem ini sering dialami banyak.

Berbagai bentuk bintik pada kulit yg bisa, dihilangkan dengan kunyit hitam yaitu mencangkup banyak sekali jenis bercak, ra&g kulit, & ruam. Pada sebagian produk obat untuk mengobati ruam, menggunakan bahan2 utama berupa ekstrak kunyit.

Selain itu, kunyit hitam bisa, dikhasiatkan sebagai alternatif kosmetik alami, sehingga mencegah ketergantungan pada produk komestik yg harganya cukup mahal.

Loading...

4. Mengobati Penyakit Cacingan

Penyakit cacingan tidak hanya berisiko dialami belum dewasa (seperti yg dikira banyak orang), tapi juga bisa, berpotensi dialami  orang dewasa. Hal yg menimbulkan penyebaran nanah akhir cacing yaitu akhir kurang menjaga kebersihan.

Gejala-gejala penyakit cacingan terka&g kurang dirasakan sehingga tidak disadari keberadaannya, & apabila penyakit cacingan tidak ditangani dengan benar maka bisa, menimbulkan gangguan kesehatan.

Orang-orang yg mengalami penyakit cacingan (terutama anak-anak) akan kehilangan nafsu makannya. Anda bisa, buat jamu yg berasal dari adonan herbal kunyit hitam untuk diminum secara rutin, yg khasiatnya sanggup mengobati penyakit cacingan.

Untuk menghindari & mencegah penyakit cacingan, berikut tipsnya:
  1. Sebelum memasak, pilih daging & ikan yg segar & disimpan di tempat yg bersih.
  2. Jika ingin memasak suatu makanan, maka pastikan Anda memasak hingga benar-benar matang.
  3. Sebelum dimakan, buah & sayuran harus dicuci hingga higienis dengan air mengalir.
  4. Pastikanmengganti pakaian dalam setiap hari.
  5. Hindari menggaruk di sekitar area anus yg gatal. Anda perlu menggunting & membersihkan kuku secara teratur, & hindari menggigit kuku.
  6. Anda harus rajin cuci tangan, apalagi sehabis buang air.
  7. Hindari berjalan tanpa bantalan kaki.
  8. Jika terinfeksi, cuci belahan anus pada pagi hari untuk mengurangi jumlah telur cacing, lantaran cacing biasa bertelur pada malam hari.

5. Mengobati Kulit gatal

 tidak hanya kunyit bewarna kuning yg umum kita ketahui 16 Manfaat Kunyit Hitam Bagi Kesehatan, Pengobatan, Kulit Tubuh, dll
Credit: Shutterstock.com

Penyebab terjadinya gatal-gatal pada kulit umumnya akhir basil yg menyerang kulit, demikian juga keadaan cuaca yg kurang baik bisa, memicu timbulnya rasa gatal pada kulit.

Kunyit hitam bisa, dikhasiatkan untuk membantu mengatasi problem kulit gatal. Dimana di dalam kunit hitam mempunyai kandungan yg bersifat anti-inflamasi & anti-bakteri yg mempunyai kegunaan untuk mengobati kulit gatal. Manfaat kunyit ini juga bisa, untuk melawan pera&gan pada kulit.

6. Membantu Mencegah Pengeroposan Tulang

 tidak hanya kunyit bewarna kuning yg umum kita ketahui 16 Manfaat Kunyit Hitam Bagi Kesehatan, Pengobatan, Kulit Tubuh, dll
Credit: Shutterstock.com

Terjadinya pengapuran / pengeroposan pada tulang bisa, benimbulkan problem cukup serius, dimana ketahanan tulang yg melemah bisa, memicu penyakit osteoporosis. Penyakit ini buat seseorang akan kesulitan untuk menjalani acara sehari-hari.

Terjadinya pengeroposan tulang hingga penyakit osteoporisis akhir tulang tidak mempunyai cukup kalsium, vitamin D & juga lemahnya absorpsi tulang terhadap banyak sekali nutrisi dari kuliner & minuman yg dikonsumsi. Mengonsumsilah kunyit yg dicampur dengan madu (/ dijadikan jamu) bisa, membantu untuk menghindari problem ini.


7. Meminimalisir Rasa Sakit Akibat Penyakit Osteoartritis

Credit: Shutterstock.com

Penyakit osteoartritis merupakan kondisi dimana badan mengalami rasa nyeri di belahan tulang & sendi, dampaknya tulang menjadi menjadi terasa kaku & tidak fleksibel. Kandungan di dalam kunyit hitam memliki fungsi ibarat halnya ibuprofen, yg bekerja untuk meredakan rasa sakit / nyeri akhir penyakit osteoarthritis.

8. Mengobati Gangguan Maag

 tidak hanya kunyit bewarna kuning yg umum kita ketahui 16 Manfaat Kunyit Hitam Bagi Kesehatan, Pengobatan, Kulit Tubuh, dll
Credit: Freegreatpicture.com

Beberapa kebiasaan yg memicu timbulnya gangguan maag yaitu terlalu banyak makan, makan terlalu cepat, merokok, sering cemas / stres, serta berlebihan dalam konsumsi kuliner berminyak, kuliner yg pedas-pedas, kuliner berlemak, cokelat, minuman berkafein, minuman soda, & minuman beralkohol.

Penderita gangguan maag bisa, mencoba mengonsumsi kunyit, dimana kandungan di dalamnya mempunyai kegunaan untuk menetralisir asam lambung, sehingga membantu mencegah terjadinya gangguan maag yg seringkali muncul.

9. Mengobati Penyakit Kulit

Sudah sering kunyit hitam dikhasiatkan sebagai obat alami untuk penyakit kulit ibarat kurap, kudis, & penyakit kulit lainnya. Anda hanya perlu menumbuk beberapa rimpang kunyit hitam, kemudian dicampurkan dengan minyak kelapa, sehabis itu oleskan pada belahan kulit yg bermasalah.

10. Meredakan Sakit Kepala & Migren

 tidak hanya kunyit bewarna kuning yg umum kita ketahui 16 Manfaat Kunyit Hitam Bagi Kesehatan, Pengobatan, Kulit Tubuh, dll
Credit: Pixabay.com

Migren, pusing / sakit kepala bisa, sangat mengganggu pekerjaan / kegiatan sehari-hari. Untuk mengobatinya, Anda bisa, menghaluskanlah rimpang kunyit hitam. Lalu oleskan pada belahan dahi yg mengalami sakit kepala / migren.

A&ya efek hangat di dalam kunyit hitam menunjukkan khasiat untuk meredakan sakit kepala. Hati-hati, sakit kepala jikalau tidak mendapat penanganan yg baik maka bisa, menjadi lebih parah.

11. Obat Alami Untuk Ra&g Usus

Konsumsi kapsul hasil ekstrak kunyit hitam bisa, mempunyai kegunaan untuk mengobati penyakit ra&g pada usus. Anda bisa, mengonsumsi satu kapsul ekstrak kunyit hitam, dua kali dalam sehari (pagi & sore) sehabis makan, kegunaaannya akan meredakan tanda-tanda ra&g usus & melancarkan proses pencernaan di dalam tubuh.

loading...

12. Meningkatkan Stamina Bagi Penderita Jantung Koroner

Bagi penderita jantung koroner, mengkonsumsi kapsul ekstrak kunyit hitam 2 / 3 kali dalam sehari sehabis makan, bisa, mempunyai kegunaan untuk menjaga ketahanan & kebugaran tubuh, serta meningkatkan stamina untuk menjalankan acara sehari-hari.

13. Mengobati Sakit Perut

Kandungan di dalam kunyit hitam bisa, menunjukkan khasiat untuk mengobati beberapa jenis penyakit pada perut. Seperti untuk mengobati perut yg terasa mulas, hingga mengobati sakit perut yg terjadi secara terus-menerus sehingga buat seseorang bolak-balik ke toilet. Khasiat kunyit hitam ini bisa menjaga kanal pencernaan supaya berjalan dengan baik.

14. Melancarkan ASI

Manfaat kunyit hitam ini sangat berguna bagi para ibu muda, yaitu untuk melancarkan ASI. Tentunya anak yg berusia di bawah 1 tahun hendaknya diberikan minuman ASI ketimbang susu abu formula.

Dengan belum dewasa memperoleh ASI yg berkualitas & mencukupi kebutuhan tubuhnya, maka sangat penting supaya tumbuh kembang mereka bisa, berjalan dengan baik & optimal. Khasiat kunyit hitam ini dipelukan bagi para ibu menyusui.

15. Melancarkan Menstruasi

Seorang perempuan yg mengalami menstruasi kerap merasa tersiksa ketika muncul tanda-tanda sakit perut yg luar biasa. Bahan alami kunyit menjadi salah satu bahan2 alami yg bisa, dikhasiatkan untuk melancarkan menstruasi.

Sebagian minuman / jamu untuk melancarkan menstruasi menggunakan bahan2 dasar utama berupa kunyit. Baik itu, kunyit kuning /pun kunyit hitam sama-sama mempunyai kegunaan untuk melancarkan menstruasi.

Khasiat kunyit hitam bisa menormalkan jumlah darah yg keluar ketika menstruasi, mengontrol siklus haid, menghindari warna darah menstruasi yg tidak normal, & mencegah problem pre-menstrual syndrome (PMS) ibarat perut kembung.

Hanya saja masih diharapkan penelitian lebih lanjut untuk menganalisis secara niscaya ihwal khasiat kunyit hitam untuk menghilangkan tanda-tanda mengganggu ketika menstruasi ini.

16. Menyuburkan Organ Reproduksi
Kandungan antioksi& yg ditemukan di dalam kunyit hitam sedikit banyak menunjukkan khasiat untuk menyuburkan organ reproduksi sehingga menjadikan perempuan lebih produktif, serta juga mempunyai kegunaan bagi kesehatan vagina & payudara.

Penutup
Dibalik khasiatnya, Anda tetap harus menjaga takaran konsumsi kunyit hitam ini. Ahli kesehatan & herbal menyarankan supaya orang-orang tidak mengonsumsi kunyit hitam lebih dari 500 mg dalam setiap harinya.

Apabila melebihi takaran tersebut maka akan menimbulkan problem / efek samping ibarat gangguan kantong empedu & alergi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "16 Manfaat Kunyit Hitam Bagi Kesehatan, Pengobatan, Kulit Tubuh, Dll"

Posting Komentar