Lama Waktu Ideal Menggosok Gigi? Berikut Klarifikasi Ilmuwan

Gosok gigi hendaknya dilakukan secara rutin, jangan hingga Anda tidak pernah menggosok gigi dalam sehari semalam.

Gosok gigi ini sangat penting untuk menjaga kesehatan & kekuatan gigi. Banyak para jago yg menyebutkan bahwa gosok gigi minimal dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari.

 Gosok gigi hendaknya dilakukan secara rutin Lama Waktu Ideal Menggosok Gigi? Berikut Penjelasan Ilmuwan
Photo credit: Wikimedia.org

Hendaknya Anda gosok gigi sehabis berdiri tidur (di pagi hari) & dikala akan tidur di malam hari.

Hal penting lainnya, selain Anda rutin menggosok gigi, Anda juga harus menggosok gigi dengan benar. Hal ini semoga khasiat yg diperoleh bisa, maksimal.

Lamanya waktu mengosok gigi juga harus diperhatikan. Jangan terburu-buru dalam menggosok gigi alasannya ialah akan kurang memperlihatkan khasiat, / bahkan bisa, mengakibatkan dampak jelek pada gigi.

Lamanya waktu ideal untuk menggosok gigi ialah 2-3 menit. Jangan terlalu cepat /pun terlalu lama.

1 - 1,5 menit untuk menggosok gigi pecahan atas, serta 1 - 1,5 menit menggosok gigi yg pecahan bawah.

Menggosok gigi terlalu cepat, terlalu usang (berlebihan) /pun frekuensinya terlalu sering (misalnya menggosok gigi 7 kali dalam sehari) maka akan mengakibatkan dampak negatif.

Hasil Penelitian di International Journal of Dental Hygiene
Pada sebuah penelitian yg dipublikasikan di International Journal of Dental Hygiene tahun 2002 menemukan bahwa orang-orang yg menggosok gigi selama 2 menit sanggup mencegah resiko plak gigi hingga 41 persen.

Ini lebih baik dibandingkan orang-orang yg menggosok gigi selama 1 menit, hanya sanggup mencegah resiko plak gigi sebesar 21 persen.

Sikat Gigi Sebelum Tidur
Menyikat gigi sebelum tidur harus dilakukan, hal itu alasannya ialah umumnya waktu berkembang biak kuman di dalam verbal ialah dikala malam hari.

Akibat dari tidak menyikat gigi sebelum tidur, menimbulkan sisa makanan (yg ada di dalam mulut) menjadi santapan bakteri, yg kemudian sanggup memunculkan asam yg berdampak jelek pada gigi (salah satunya yaitu gigi berlubang).

Menyikat gigi sangat penting untuk kesehatan mulut. Malas menyikat gigi akan menimbulkan gigi mengalami karies, kemudian rusak berlubang.

Penjelasan dari Prof Dr Melanie S. Djamil, drg
Prof Dr Melanie S. Djamil, drg, menjelaskan bahwa tidak ada batas maksimal waktu menyikat gigi, pada dasarnya kita harus menyikat semua pecahan gigi dengan gerakan mekanis, itu bisa, memakan waktu sekitar 2-5 menit.

Dalam menyikat gigi maka pastikan semua permukaan terbersihkan. Prof Dr Melanie S. Djamil merupakan seorang Guru Besar Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti.

Selain itu, jangan terlalu keras dalam menyikat gigi. Kekuatannya se&g saja, dimana tidak keras & tidak terlalu pelan.

Referensi:
Rohmitriasih. Vemale (vemale.com). 2018. Berapa Lawa Waktu Ideal Untuk Menggosok Gigi? Ini Kata Ahli. Diakses: 26 September 2018.
Suryadi, Jeems, Martha HD, Sharon Natalia. Detik Health (detik.com). 2015. Supaya Maksimal, Sikat Gigi Baiknya Berapa Menit?. Diakses: 26 September 2018.
Rini, Citra Listya. Republika (republika.co.id). 2013. Berapa Lama Durasi Ideal Sikat Gigi?. Diakses: 26 September 2018.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lama Waktu Ideal Menggosok Gigi? Berikut Klarifikasi Ilmuwan"

Posting Komentar