14 Manfaat Penting Mengkonsumsi Ikan Salmon Bagi Kesehatan Tubuh

Ikan salmon cukup terkenal & banyak disukai orang-orang alasannya yaitu tekstur dagingnya yg lembut & rasanya enak, disamping itu juga mempunyai khasiat yg besar bagi kesehatan tubuh.

Ikan salmon sering dianggap sebagai super food, alasannya yaitu kandungannya yg sangat banyak & bergizi, yg sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Kandungan di dalam ikan salmon yaitu omega 3, vitamin A, vitamin B, vitamin B6, vitamin D, vitamin E, protein kualitas tinggi, asam amino, kalsium, zat besi, seng, magnesium, & fosfor

 Ikan salmon cukup terkenal & banyak disukai orang 14 Manfaat Penting Mengkonsumsi Ikan Salmon Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Kandungan ikan salmon bagi kesehatan tubuh

1. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan asam lemak omega-3 & asam amino pada ikan salmon, sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata, meningkatkan daya pan&g, serta sanggup mengatasi problem mata kering (kronis) & problem keletihan mata.

Mengonsumsi salmon 2 kali dalam seminggu telah terbukti bisa menurunkan risiko degenerasi makula (penyakit mata kronis) yg bisa, menimbulkan hilangnya penglihatan.

Untuk mencegah bahkan mengobati penyakit yg disebut sindrom mata kering ini, maka yg disarankan ialah mengkonsumsi 2-4 porsi dalam seminggu.

Minyak ikan salmon juga sangat baik untuk meningkatkan penglihatan, selain untuk menghindari degenerasi makula (karena faktor usia).

Kandungan lemak Omega-3 dinilai efektif dalam memerangi problem degenerasi makula & mata kering kronis.

2. Melindungi Kulit

Asam lemak Omega-3 selain berguna untuk menjaga kesehatan mata, juga sanggup membantu untuk melindungi kulit dari sinar matahari, sehingga sanggup juga buat kulit menjadi lebih awet.

Manfaat lainnya ialah mencegah terjadinya kanker kulit & serangan penyakit lainnya. Selain itu, khasiat dari ikan salmon ialah menjaga kekuatan rambut.

Sebuah penelitian dari The University of Manchester, menawarkan hasil penelitian wacana menkonsumsi salmon...

...bahwa orang yg rajin mengkonsumsi omega 3 ternyata mempunyai ketahanan badan yg lebih berpengaruh dari paparan sinar matahari terhadap kulit.

Sehingga mengkonsumsi ikan salmon sangat efektif dalam mencegah badan terkena kanker kulit.

3. Memaksimalkan Fungsi Otak

Dengan kandungan gizi ikan salmon yg melimpah, sehingga sanggup mendukung perkembangan otak, terutama pada anak-anak.

Ikan salmon juga mengandung vitamin A & asam amino yg mempunyai kegunaan untuk merangsang aktifitas otak.

Kandungan asam lemak omega-3 juga sanggup mencegah timbulnya penyakit Alzheimer, stroke, kolesterol tinggi & beberapa lainnya.

Ikan salmon dikaitkan dengan khasiat penurunan depresi, serta beberapa penelitian memperlihatkan a&ya hu.bungan antara IQ dengan masakan asam lemak yg kaya akan kandungan omega-3 .

Yang menarik, sebuah inovasi terbaru yg disebut dengan protectins, itu ialah senyawa khusus yg terbuat dari DHA.

Hasil studi memperlihatkan bahwa ikan salmon mempunyai kegunaan sebagai anti-inflamasi molekul, terutama yg diproduksi jaringan saraf.

Ada spekulasi menyampaikan bahwa kemampuan otak / daya pikir terkait dengan asupan omega-3, alasannya yaitu konversi dari DHA untuk protectins, yg juga membantu dalam mencegah terjadinya problem pera&gan.

Kandungan vitamin D (yg ada di dalam ikan salmon) juga sudah terbukti menjadi faktor yg utama dalam mendorong kemampuan fungsi kognitif semaksimal mungkin.


4. Meningkatkan Konsentrasi

Ikan salmon dengan kandungan Omega-3 di dalamnya, yg mempunyai kegunaan menjaga kondisi mood, semangat & meminimalisir terjadinya depresi...

Alhasil dengan kondisi psikologi yg baik, maka buat kemampuan fokus / konsentrasi menjadi lebih baik.

Sebuah penelitian di Australia, mendapat hasil bahwa mereka yg mengkonsumsi masakan kaya folat mempunyai memori yg lebih kuat, bahkan kemampuan penyampaian informasi ke otak juga lebih cepat. Buah-buahan yg kaya folat ibarat melon, pisang, jeruk, strawberry & lemon.

Adapun pada kacang polong, kacang almond, mete, kenari mengandung asam lemak & folat yg berguna juga untuk meningkatkan mood.

5. Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan yg terdapat pada ikan Salmon membantu mengurangi kadar kolesterol jahat & trigliserida di dalam tubuh, & mempertahankan kelenturan pembuluh darah.

Sehingga sanggup mencegah terjadinya serangan jantung, mencegah hipertensi (tekanan darah tinggi), & menguatkan otot jantung.

Pada sebuah penelitian yg diterbitkan di Journal of the American Assosication, menjelaskan bahwa a&ya keterkaitan antara mengkonsumsi ikan kaya akan kandungan lemak omega 3 dengan mengatasi penyakit jantung koroner.

Selain itu, ada beberapa riset penelitian lainnya yg menyebutkan beberapa khasiat dari mengkonsumsi lemak ikan (termasuk salmon) bagi kesehatan tubuh

6. Menurunkan Resiko Diabetes

Kandungan Asam lemak omega-3, vitamin D & juga selenium pada ikan salmon membantu meningkatkan kerja insulin, untuk mengontrol kadar glukosa darah di dalam tubuh.

Berdasarkan penelitian yg dipublikasikan American Journal of Nutrition, bahwa Asam lemak Omega-3 ternyata membantu menurunkan risiko penyakit diabetes.

Berdasarkan data dari WHO, penderita penyakit diabetes di seluruh dunia mencapai 220 juta penderita & yg meninggal mencapai 3,4 juta penderita pada setiap tahunnya.

WHO memperkirakan jumlah penderita meninggal akan bertambah dua kali lipat (bahkan lebih) pada 2030. Hal yg cukup memprihatinkan.

Penelitian lainnya dari American Health Study, dengan partisipan 3.000 orang laki-laki & perempuan paruh baya, menyatakan bahwa mengkonsumsi kandungan Omega-3 baik dari sumber flora /pun sumber hewani mempunyai kegunaan membantu menurunkan risiko penyakit diabetes sebesar 2x lipat...

...& mengkonsumsinya (termasuk ikan salmon) bisa, dijadikan sebagai perawatan untuk penderita diabetes.

7. Mengendalikan Berat Ba&

Ikan salmon bisa, dijadikan makan diet, alasannya yaitu kandungan lemak pada ikan salmon menimbulkan rasa cepat kenyg.

Pada sebuah penelitian, menyatakan bahwa orang yg makan salmon beberapa kali dalam seminggu sanggup menurunkan berat ba& sampai 3 pon.

Selain sebagai sumber protein tinggi, ikan salmon ternyata mempunyai kandungan kalori yg rendah, sehingga kandungan yg terdapat di dalam ikan salmon tidak menawarkan resiko gemuk.

Kandungan ikan salmon juga membantu untuk mempercepat metabolisme badan sehingga sanggup meminimalisir terjadinya tumpukan lemak berlebih di dalam tubuh.

8. Membentuk Otot

Kandungan protein tinggi pada ikan salmon tidak bisa, dicerna secara gampang ibarat karbohidrat.

Akan tetapi, khasiat dari kandungan protein tersebut, ternyata sanggup membentuk otot yg membantu proses pembakaran lemak di dalam badan secara lebih maksimal.

Dengan kandungan protein yg tinggi pada ikan salmon, yg merupakan nutrisi penting yg dibutuhkan oleh badan dalam membangun & memperbaiki jaringan otot yg rusak.

Selain itu, ikan salmon tidak mengandung senyawa karsinogenik,  sehingga mencegah terjadinya penyumbatan di dalam arteri.

loading...

9. Pencegahan Kanker

Vitamin D telah terbukti mempunyai khasiat & tugas sangat penting dalam menurunkan risiko kanker, ibarat jenis kanker payudara, prostat, & kanker kolorektal.

Ikan Salmon mempunyai kandungan vitamin D tinggi & selenium, yg kedua kandungan tersebut sangat diharapkan untuk melawan beberapa jenis kanker tersebut.

Dengan memperoleh asupan omega-3 yg sesuai kebutuhan tubuh, sudah terbukti bisa melawan sel darah / kelenjar getah sel yg berhu.bungan dengan timbulnya problem kanker, ibarat leukemia, multiple myeloma, & non-Hodgkins limfoma.

Menurunkan resiko kanker payudara

Para peneliti dari China menganalisa 26 studi internasional yg melibatkan 900.000 wanita, termasuk diantaranya terdapat 20.000 perempuan yg menderita kanker payudara.

Hasil analisa menemukan bahwa perempuan yg mengonsumsi asam lemak omega-3 dari ikan, umumnya mengalami penurunan risiko kena kanker payudara 14 persen lebih kecil.

Hasil studi juga memperlihatkan bahwa a&ya hu.bungan penurunan risiko dengan dosis. Disebutkan, setiap 0,1 gram peningkatan konsumsi kadar omega-3 per hari, dikaitkan dengan 5 persen penurunan risiko kanker payudara.

Sebagai perbandingan saja, bahwa pada satu sajian ikan salmon mengandung 4 gram asam lemak omega-3. Hal ini, bukan berarti buat kita berlebihan dalam menkonsumsi sumber kandungan omega-3, tetap harus sesuai dengan kebutuhan badan (jangan berlebihan).

Asam lemak omega-3 ialah tipe lemak tidak jenuh yg telah diketahui mempunyai kegunaan mencegah penyakit jantung & kanker.

Tetapi, para peneliti menjelaskan bahwa mengkonsumsi asam lemak omega-3 dari flora memilki khasiat yg lebih rendah dalam menurunkan risiko kanker payudara.

Manfaat omega-3 bersumber dari ikan dinyatakan yg paling baik dalam menurunkan risiko kanker payudara.

Sementara tidak jelas, apakah menawarkan khasiat mengkonsumsi omega-3 dari pelengkap dalam perjuangan menurunkan resiko kanker payudara.

Bahkan, dari tinjauan 48 studi, memperoleh kesimpulan bahwa masih belum terperinci apakah omega-3 dari pelengkap bisa menurunkan risiko penyakit jantung & kanker.

10. Untuk Kesehatan Tulang

Matahari membantu badan untuk mensintesis vitamin D yg ada di dalam tubuh, vitamin D bergotong-royong bisa, diperoleh dari masakan & juga suplemen.

Ikan salmon menjadi salah satu jenis masakan kaya akan sumber vitamin D, yg mempunyai kegunaan bagi kesehatan tulang.

Selain itu, pada ikan salmon terdapat kandungan kalsium yg juga tinggi, yg mempunyai kegunaan untuk menjaga kekuatan tulang. Sehingga untuk kesehatan tulang yg baik & maksimal, maka jangan lupakan mengkonsumsi ikan salmon, minimal 1-2 kali dalam seminggu.

Penelitian mahir kesehatan menemukan bahwa mengkonsumsi omega-3 secara rutin mempunyai kegunaan untuk membantu menjaga osteoporosis.

Sepeti yg dipublikasikan di Women’s Health Initiative (WHI), bahwa peneliti Ohio State University melaksanakan pengamatan, yg menemukan hasil bahwa perempuan yg mempunyai kadar kandungan asam lemak omega-3 yg lebih tinggi (mencukupi) dalam darah, mempunyai resiko lebih rendah terkena patah tulang punggul.

11. Mencegah Terjadinya Pera&gan

Penelitian yg dilakukan wacana khasiat kandungan ikan salmon, salah satunya memperlihatkan bahwa kandungan asam omega-3 lemak sanggup dikonversi oleh badan menjadi tiga jenis senyawa, yg khasiatnya untuk mencegah pera&gan kronis.

Peneliti dari pihak Harvard Medical School & Brigham & Women’s Hospital, menemukan bahwa diet tinggi dalam minyak ikan mempunyai kegunaan membantu meningkatkan kondisi badan & menghindarkan dari sakit ra&g


12. Meredakan Depresi

Asam lemak omega-3 dinilai mempunyai kegunaan untuk meredakan depresi, akan tetapi ini bisa, terjadi kalau penderita depresi mengonsumsi ikan salmon bersamaan dengan obat antidepresan (tentunya sesuai resep dokter).

Pada sebuah studi, menemukan hasil penelitian bahwa perempuan hamil yg mengonsumsi kandungan asam lemak omega-3 yg mencukupi untuk tubuh, selama menjalani proses kehamilan mempunyai kegunaan menurunkan risiko depresi pasca kehamilan.

Ikan salmon yg di dalamnya terdapat kandungan triptofan, mempunyai kegunaan sebagai obat penenang alami untuk mengatasi susah tidur.

Dimana tidak terpenuhinya kebutuhan tidur, sanggup menjadikan problem kesehatan yg serius, ibarat penakit jantung, rasa stres, depresi, bahkan kanker.

Gunakan URL singkat: https://goo.gl/6AnZKz (untuk share artikel ini ke Twitter)

13. Mengkonsumsi salmon ketika hamil turunkan risiko asma pada anak

Sebuah penelitian di Negara Inggris menemukan bahwa a&ya hu.bungan antara konsumsi ikan & risiko asma pada anak.

Ilmuwan dari Southampton University mengklaim, bahwa mengkonsumsi salmon ketika hamil sanggup menurunkan risiko asma ketika anak memasuki usia tiga tahun.

"Ikan salmon sanggup meningkatkan sistem kekebalan badan bayi, mencegah reaksi alergi bulu binatang, & serbuk sari yg kerap memicu asma," ujar peneliti, Profesor Philip Calder, ibarat dikutip the Sun.

Pada usia tiga tahun, satu dari sepuluh belum dewasa didiagnosis asma, dimana masalah tersebut umumnya bukan dari kelompok yg mengonsumsi salmon.

"Temuan kami menunjukkan, bahwa intervensi gizi awal selama kehamilan bisa, menawarkan imbas jangka panjang bagi kesehatan," lanjutnya.

Walaupun hasil penelitian dari studi ini belum dipublikasikan di jurnal, akan tetapi sudah dipresentasikan pada Experimental Biology Conference di Amerika Serikat.

Dimana yg diharapkan dari studi ini, guna meningkatkan keinginan hidup anak.

14. Manfaat Ikan Salmon untuk Anak

Bersumber dari situs Fitnea.com, disana dikatakan bahwa  asupan ikan salmon menjadi pilihan yg sempurna bagi orangtua yg ingin anaknya berprestasi di sekolah. Karena kandungannya yg sehat, rendah kalori, & juga rasanya lezat.

Ikan salmon atlantik mempunyai kandungan 415 kalori, 46 gram protein, nol karbohidrat, & 23 gram lemak.

Kemudian kaya aan kandungan asam lemak omega-3 esensial, eicosapentaenoic, & asam docosahexaenoic.

Ikan salmon mempunyai tugas berar untuk meningkatkan kecerdasan otak / daya pikir seseorang, terutama anak-anak.

Ikan Salmon juga memasok banyak vitamin & mineral yg sangat dibutuhkan otak.

Perhatian!!

Walaupun ikan salmon mempunyai banyak kandungan yg sangat berkhasiat, ikan salmon juga dilaporkan mengandung sedikit merkuri, sehingga jangan berlebihan  dalam mengkonsumsinya.

Akan lebih baik kalau sajian masakan berganti-ganti / bervariasi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "14 Manfaat Penting Mengkonsumsi Ikan Salmon Bagi Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar