7 Tugas Terpenting Ayah Dalam Keluarga

Sebagai pemimpin keluarga yg sangat penting, seorang ayah harus sanggup menjalankan kiprahnya dengan baik.

Jika seorang ayah tidak sanggup memimpin keluarganya dengan baik akan mengakibatkan imbas jelek bagi anggota keluarga lainnya.

 Sebagai pemimpin keluarga yg sangat penting 7 Peran Terpenting Ayah Dalam Keluarga
Ayah | Photo credit: Shutterstock.com / By wavebreakmedia

Berikut kiprah seorang ayah di dalam keluarga:

1. Memenuhi Kebutuhan (Nafkah)

Ayah menjadi pihak yg paling bertanggung jawab untuk memenuhi keperluan keluarga. Bahkan dalam mencari nafkah, seorang ayah jarang menghiraukan dirinya sendiri dari terik matahari, derasnya hujan maupun rasa lelah yg sangat.

Sebagai seorang ayah harus menyadari bahwa dirinya-lah yg sangat bertanggung jawab dalam memenuhi kebutuhan keluarga.

2. Melindungi

Ayah selalu melindungi keluarga & anak-anaknya, dirinya akan mati-matian menjaga keamanan anggota keluarganya dari ancaman ancaman yg datang.

Ayah yg erat dengan keluarga menunjukkan keamanan & kenyaman untuk anak.

Hasil riset telah meunujukan bahwa umumnya anak sanggup terhindar dari bullying bila mempunyai ayah yg bisa, erat dengan anak-anaknya.

3. Mengarahkan Anak


Ayah menunjukkan bekal & nasehat-nasehat bijak untuk anak-anaknya, sehingga anak bisa, bergaul dengan baik di lingkungannya.

Memberikan isyarat yg baik biar anak tidak tersesat jalan (terjatuh dalam pergaulan yg buruk) yg menghancurkan masa depan anak.

Ayah juga harus terlibat dalam mengasuh anak, bukan hanya Ibu. Walaupun memang pada umumnya belum dewasa akan lebih sering bersama ibunya alasannya sebagian waktu ayah yg tergunakan untuk bekerja.

Bentuk keluarga ideal yaitu ayah mencari nafkah & ibu mengurus rumah tangga.

Tapi ingat, bukan berarti ayah tidak mempunyai kiprah dalam mendidik & bercengkrama dengan anak, seorang ayah harus menyediakan waktu untuk bercengkrama & mendidik anak.

Jangan hingga ayah tidak terlibat dalam pendidikan anak, alasannya dampaknya merenggangkan hu.bungan anak & ayah, yg alhasil bisa, berdampak jelek pada keseimbangan mental anak.

Ahli pendidikan anak telah menjelaskan bahwa belum dewasa yg hu.bungannya renggang dengan ayahnya akan beresiko tinggi melaksanakan hal-hal yg buruk, menyerupai merokok dikala remaja, hingga terlibat dalam kenakalan/kriminalitas remaja.

Ayah harus melaksanakan interaksi secara rutin dengan anaknya. Pastikan Anda mempunyai waktu yg cukup & juga berkualitas dengan anak.

Jalan-jalan ke daerah wisata setiap selesai pekan (/ minimal 2 kali dalam sebulan) adalah hal yg anggun untuk dilakukan, yg buat hu.bungan orang renta & anak menjadi lebih dekat.

4. Mengutamakan Anak

Seorang ayah benar-benar berkorban untuk anak-anaknya, beliau lebih mengutamakan kesenangan anaknya daripada kesenangan dirinya sendiri.

Misalnya, seorang ayah rela tidur di atas lantai & mengutamakan sang anak tidur di atas kasur.

Contoh lainnya yg banyak ditemui, bila ada kiriman nasi kotak berisi lauk pauk enak oleh tetangga (entah itu dari pengajian, aqiqah, dsb) maka nasi kotak tersebut diberikan untuk anak-anaknya.

Sehingga anak-anaknya makan lauk pauk lezat, se&gan sang ayah hanya makan ikan asin, ikan teri / semacamnya.

loading...

5. Sahabat Untuk Anak-Anaknya

Selain menafkahi keluarga, seorang ayah juga harus bisa, menjadi teman setia untuk anak-anaknya. Ayah harus menjadi sosok yg dikagumi sekaligus disenangi anak.

Ayah juga harus menjadi seorang pemberi kasih sayg. Tidak hanya ibu yg menunjukkan kasih sayg, ayah juga harus menjalani kiprah ini dengan baik..

Jika Ibu mencium & memeluk anak maka ayah juga mempunyai kiprah penting menyerupai itu. Jangan hingga seorang ayah tidak erat dengan anak-anaknya.

6. Mendidik

Ayah menjadi citra sosok lelaki di masa depan bagi anak. Untuk anak perempuan, sang ayah akan dijadikan patokan dalam menentukan pasangan hidup di masa depan.

Adapun bagi anak laki-laki, sang ayah akan menjadi “model” perihal bagaimana seorang pria bersikap. Seorang ayah harus sadar bahwa dirinya menjadi teladan tela& untuk anak-anaknya.

Ayah juga bertanggung jawab besar terhadap pendidikan anak, ayah harus terus berusaha hingga alhasil sang anak berhasil dalam pendidikannya.

Melatih kedisiplinan anak juga menjadi kiprah ayah yg sangat penting. Pemberian kasih sayg & melatih disiplin anak harus seimbang.

Jangan hingga alasannya kasihan justru membiarkan anak malas berguru & tidak menjalankan tugas-tugas hariannya. Anak harus dilatih disiplin untuk menjalankan segala kewajibannya.

Tapi jangan berlebihan juga mendisiplinkan anak, contohnya memasukan anak ke banyak daerah les sehingga anak tidak punya waktu bermain sama sekali. Hal ini akan buat anak stres.

Antara disiplin & menunjukkan kasih sayg pada anak haruslah seimbang. Jangan terlalu berat ke salah satunya.

7. Peran Penting Lainnya Seorang Ayah 

Ayah harus menjadi pemberi semangat untuk anak-anaknya. Ketika anak se&g putus asa / mengalami kesulitan, maka sosok ayah tiba untuk menunjukkan semangat gres kembali.

Pemberian motivasi ini sangat penting untuk meningkatkan mental & kepercayaan diri anak, sehingga anak bisa, menjalani pergaulan dengan baik bersama sobat sebayanya, selain itu biar anak bisa, lebih tegar dalam menuntaskan problem yg muncul.

Seorang ayah harus menjadi orang yg selalu bersiaga dalam kondisi apapun, khusunya ketika belum dewasa memelurkan bantuannya. Ayah selalu berusaha tiba membantu walaupun se&g sibuk sekalipun.

Ayah juga berperan sebagai sobat curhat & mencari solusi dari permasalahan yg dihadapi anggota keluarga.

Peran lainnya yg harus dijalani ayah adalah menjadi penghibur ketika anak se&g bersedih / mempunyai masalah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Tugas Terpenting Ayah Dalam Keluarga"

Posting Komentar