23 Makanan Sumber Vitamin A (Serta Manfaatnya)

Vitamin A ialah vitamin yg larut dalam lemak yg mempunyai fungsi penting dalam menjaga kesehatan mata & banyak lainnya.

Apa itu vitamin yg larut dalam lemak? Vitamin yg larut dalam lemak sanggup melaksanakan perjalanan melalui lemak & disimpan di dalam lemak badan /pun organ ibarat hati. Selain itu juga sanggup menembus sel, hal ini tidak terjadi pada vitamin yg larut dalam air.

 Vitamin A ialah vitamin yg larut dalam lemak yg mempunyai fungsi penting dalam menjag 23 Makanan Sumber Vitamin A (Serta Manfaatnya)
Contoh Makanan Kaya Vitamin A

Berikut aneka macam fungsi penting vitamin A bagi tubuh:
  • Menjaga kesehatan mata & penglihatan.
  • Meningkatkan pertanaman tubuh.
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  • Mengurangi kerusakan radikal bebas (/ stres oksidatif).
  • Menjaga fungsi neurologis.
  • Menjaga kesehatan kulit.
  • Mendukung kesehatan organ pencernaan, paru-paru, hati & ginjal.
  • Untuk kesehatan reproduksi.

Sangat penting untuk mencukupi asupan vitamin A sehari-hari, problem yg ditimbulkan jawaban kekurangan vitamin A yaitu kerontokan rambut, problem kulit, mata kering, rabun senja, rentan terrserang infeksi, dll.

Asupan harian vitamin A yg direkomendasikan (AKG) ialah 900 mcg untuk pria, 700 mcg untuk perempuan & 300-600 mcg untuk belum dewasa & remaja.

Asupan harian sebanyak 900 mcg tersebut dipakai sebagai rujukan pada label nutrisi di Amerika Serikat & Kanada.

Beberapa sumber vitamin A yg baik yaitu wortel, ubi jalar, sayuran kale, berry, daging sapi, hati ayam & telur.

Perlu diketahui, vitamin A dari tumbuhan (provitamin A) tidak sama dengan vitamin A yg aktif (preformed/retinol).

Di dalam tubuh, vitamin A aktif hadir sebagai retinol, yg terikat pada asam lemak.

Adapun beta-karoten (yg umumnya ditemukan pada tanaman), maka pertama-tama perlu diubah menjadi vitamin A aktif semoga bisa, dikhasiatkan oleh tubuh. Proses ini terjadi di mukosa usus & hati.

Seringkali jumlah penuh vitamin A yg ditemukan dalam kuliner nabati tidak diubah menjadi vitamin A aktif ketika di dalam tubuh, hal ini khususnya sering dialami oleh orang-orang yg mempunyai problem kesehatan usus.

Hal ini juga menjadi salah satu alasan mengapa disarankan mengkonsumsi kuliner yg bervariasi yg meliputi beberapa sumber kuliner vitamin A aktif (khususnya sumber hewani) alasannya yaitu lebih gampang untuk dipakai oleh tubuh.

Catatan: Masalah pencernaan sanggup mengurangi kemampuan badan dalam mekhasiatkan kuliner yg kaya vitamin A. Sehingga sangat penting untuk menyembuhkan problem usus ibarat penyakit ra&g usus, sindrom usus bocor, / sindrom iritasi usus.

Sumber Makanan Kaya Akan Vitamin A

Buah-buahan & sayuran yg oranye, kuning / merah mempunyai potensi tinggi menyediakan banyak vitamin A.

Adapun kuliner hewani yg kaya akan vitamin A yg juga secara alami mempunyai kandungan lemak (seperti telur, hati / produk susu berlemak tinggi) lebih berlimpah menunjukkan vitamin A alasannya yaitu larut dalam lemak.

Berikut sumber kuliner vitamin A yg disarankan Anda konsumsi:
  1. Salmon
  2. Hati kalkun
  3. Hati Sapi
  4. Hati Ayam
  5. Telur
  6. Keju  
  7. Ikan Tuna
  8. Oatmeal
  9. Yogurt
  10. Wortel
  11. Bayam
  12. Brokoli
  13. Ubi jalar
  14. Sayuran Kale
  15. Aprikot kering
  16. Semangka
  17. Mangga
  18. Pepaya
  19. Paprika
  20. Kacang Polong
  21. Tomat
  22. Buah Persik
  23. Blewah


Berikut penjelasannya di bawah ini:

1. Salmon

 Vitamin A ialah vitamin yg larut dalam lemak yg mempunyai fungsi penting dalam menjag 23 Makanan Sumber Vitamin A (Serta Manfaatnya)
Daging Ikan Salmon

Vitamin A1, juga dikenal sebagai retinol, hanya ditemukan pada kuliner yg bersumber dari hewan, ibarat ikan & hati ayam.

Salmon mempunyai banyak kandungan penting bagi tubuh, salah satunya vitamin A. Dalam satu porsinya sanggup memenuhi 25% AKG vitamin a.

Manfaat konsumsi salmon:
  • Menurunkan tekanan darah. Salmon kaya asam lemak omega-3, asam eicosapentaenic (EPA) & asam docosahexaenoic yg membantu menurunkan tekanan darah. 
  • Mengurangi berat ba&. Asupan tinggi protein menimbulkan salmon sahabat terbaik untuk menurunkan berat ba& secara sehat. 
  • Salmon merupakan sumber vitamin (vitamin A, D, E & K) serta mineral. Rangkaian vitamin & mineral tersebut berguna bagi sendi tulang, mata, otak, otot, & keseimbangan metabolik. 
  • Salmon merupakan sumber lemak sehat. Asupan EFA (asam lemak esensial) yg seimbang & cukup akan membantu aben lemak badan & menghasilkan energi bagi tubuh. 
  • Meningkatkan daya ingat. Asam lemak omega-3 berfungsi penting untuk mempertajam kemampuan otak & meningkatkan memori.
  • Untuk kesehatan kulit.
  • Menjaga badan tetap hangat.
  • Pelumas sendi tubuh. Asam lemak esensial & kandungan mineral membantu menunjukkan pelumasan pada persendian. 



2. Hati Kalkun

 Vitamin A ialah vitamin yg larut dalam lemak yg mempunyai fungsi penting dalam menjag 23 Makanan Sumber Vitamin A (Serta Manfaatnya)
Daging Kalkun

Umumnya potongan hati binatang dipenuhi dengan vitamin & mineral, yg bisa, dikonsumsi dengan cara mengukus / menggoreng dengan bawang & ramuan bergizi.

Salah satu yg disarankan untuk dikonsumsi ialah hati kalkun, yg bisa, menjadi sumber vitamin A yg enak dikonsumsi.

100 gram hati kalkun memberi Anda 1507% dari Vitamin A yg diharapkan dalam sehari. 100 gram hati kalkun mengandung 273 kalori.

Secara umum, Anda bisa, mengonsumsi potongan hati maupun daging kalkun alasannya yaitu menunjukkan khasiat kesehatan yg besar. Bahkan khasiatnya sanggup mencegah penyakit kanker alasannya yaitu a&ya senyawa antioksi& di dalam dagingnya.

Daging kalkun bahu-membahu belum banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, adapun di Amerika kuliner ini sudah sangat populer.

Selain mengandung vitamin A & antioksi&, kalkun juga kaya protein & asam amino yg berguna untuk memperkuat sistem imun badan & memenuhi kebutuhan protein harian.

Proses memasak kalkun berbeda dari ayam biasa & memerlukan waktu lebih lama. Sebagian chef menyarankan untuk melaksanakan proses marinate selama dua hari sebelum kalkun dimasak.

Proses marinate yaitu merendam daging pada bumbu rempah-rempah (sesuai selera) dengan tambahan2 sari buah lemon (/ alternatifnya jeruk nipis).


3. Hati Sapi

Selain kaya akan vitamin A, hati sapi juga mengandung vitamin C dalam jumlah cukup banyak. Bagian hati sapi ini ternyata sudah dipakai selama berabad-abad untuk menyembuhkan anemia.

Pada 100 gram hati sapi akan menunjukkan hampir 300% Vitamin A yg diharapkan selama sehari. 100 gram hati sapi mengandung 135 kalori / lebih.

Kandungan hati sapi yaitu vitamin A, vitamin C, vitamin B6, vitamin B12, zat besi, magnesium & kalsium.

Beberapa khasiat konsumsi hati sapi yaitu berpotensi untuk menjaga stamina tubuh, meningkatkan kekuatan tubuh, ketahanan tubuh, perkembangan otot, sampai memperlancar proses pembuangan racun dari dalam tubuh.

Hati sapi banyak mengandung zat besi yg diharapkan tubuh. Saygnya, hati sapi juga mengandung kolesterol dalam jumlah tinggi. Untuk menghindari ancaman kelebihan kolesterol maka Anda perlu membatasi konsumsi hati sapi ini.


loading...

4. Hati Ayam

Berbeda dengan kalkun yg kurang terkenal di indonesia, kuliner yg diolah dari ayam sangat digemari di Indonesia.

Anda disarankan mengonsumsi daging ayam alasannya yaitu mempunyai banyak gizi berkhasiat, salah satunya vitamin A. Khususnya lagi pada hati ayam yg banyak mengandung vitamin A.

Hati ayam sanggup diolah menjadi banyak macam masakan. Pada sebuah hati ayam umumnya mengandung sebanyak 13,328 IU / 100 gr, itu memenuhi sekitar 250% dari total kebutuhan harian tubuh.

Kandungan vitamin A dalam hati ayam mempunyai khasiat untuk kesehatan mata, termasuk mencegah penyakit mata ibarat katarak.

Selain itu, makan hati ayam berguna untuk meningkatkan energi, membantu proses produksi sel darah merah & mencegah gangguan memori (diantaranya Alzheimer).

Hanya saja konsumsi hati ayam, hati kalkun maupun hati sapi harus dibatasi (tidak boleh berlebihan).


5. Telur

 Vitamin A ialah vitamin yg larut dalam lemak yg mempunyai fungsi penting dalam menjag 23 Makanan Sumber Vitamin A (Serta Manfaatnya)
Telur

Telur sanggup diolah menjadi banyak jenis masakan, hal inilah yg buat telur sangat terkenal di masyarakat Indonesia, selain juga alasannya yaitu harga telur yg gampang terjangkau.

Pada sebutir telur mengandung vitamin & mineral. Beberapa jenis vitamin dalam telur yaitu vitamin vitamin A (6%), vitamin B5 (7%), vitamin B2 & folat (5%). Adapun kandungan mineralnya yaitu kalsium.

Pada 100 gr telur mengandung vitamin A sebanyak 487IU, itu setara dengan 10 % AKG.


6. Keju  

 Vitamin A ialah vitamin yg larut dalam lemak yg mempunyai fungsi penting dalam menjag 23 Makanan Sumber Vitamin A (Serta Manfaatnya)
Keju

Makanan keju ini sudah cukup dikenal, yg pembuatannya berasal dari olahan susu sapi. Dalam 100 gram keju mengandung vitamin A sebanyak 1002IU, ini setara dengan 20 % AKG.

Dalam 4 ons keju terkandung vitamin A sekitar 560 IU. Pekhasiatan keju seringkali sebagai tambahan2 jenis kuliner lain, semoga kuliner semakin lezat.

Keju sumber retinol yg baik, yg sangat berguna untuk kesehatan mata.



7. Ikan Tuna

 Vitamin A ialah vitamin yg larut dalam lemak yg mempunyai fungsi penting dalam menjag 23 Makanan Sumber Vitamin A (Serta Manfaatnya)
Daging Ikan Tuna

Ikan tuna mengandung vitamin A yg cukup tinggi. Dalam 100 gram ikan tuna mengandung vitamin A sebanyak 2183 IU, itu setara dengan 44 % AKG.

Ikan tuna merupakan sumber retinol yg meningkatkan sistem kekebatan badan & menjaga kesehatan mata.

Kandungan lain di dalam ikan tuna yaitu vitamin B12, vitamin B6, vitamin D, niacin, asam omega-3 & fosfor.

Berikut aneka macam khasiat dari mengonsumsi ikan tuna:
  • Melindungi kesehatan jantung. Kandungan asam lemak omega-3 berguna untuk meminimalisir pembekuan darah, mencegah pera&gan & menghindari penumpukan kolesterol menjadi plak yg menyumbat arteri.
  • Menjaga kulit & rambut tetap tampak sehat. Ini juga berkat kandungan asam lemak omega-3.
  • Melindungi kesehatan otak, dimana mengonsumsi ikan tuna secara teratur sanggup mencegah alzheimer & penurunan kognitif. 
  • Mencegah kanker. Kandungan selenium & vitamin E dalam tuna berkontribusi untuk pencegahan beberapa jenis kanker, yaitu kanker di pankreas, kerongkongan, lambung, laring & usus besar. 
  • Mengontrol berat ba&, dimana ikan tuna kaya akan protein.
  • Menguatkan jaringan tulang & mengatur pelepasan gula.
  • Melancarkan proses detoksifikasi.


8. Oatmeal

 Vitamin A ialah vitamin yg larut dalam lemak yg mempunyai fungsi penting dalam menjag 23 Makanan Sumber Vitamin A (Serta Manfaatnya)
Oatmeal

Oatmeal sudah semakin sering dikonsumsi sebagai sarapan. Masyarakat sepertinya mulai menyadari tingginya kandungan gizi oatmeal, selain juga oatmeal gampang untuk disiapkan.

Oatmeal dipenuhi dengan nutrisi vitamin, sumber serat makanan, potasium, mineral, & zat besi. Adapun mengonsumsi satu porsi oatmeal menunjukkan Anda 29% dari kebutuhan harian vitamin A.

Sarapan semangkok oatmeal akan menunjukkan energi untuk menjalankan kegiatan padat seharian.

Selain vitamin A, oatmeal mengandung karbohidrat, protein, serat, lemak, antioksi&, vitamin B1, B2, B3, B5, B9, kalsium, magnesium, folat, mangan, kalium & zat besi.

Dapat dikatakan oatmeal sebagai superfood dengan segu&g khasiat, ibarat menjaga kesehatan tulang, metabolisme tubuh, memperkuat sistem kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol jahat (LDL), menyehatkan jantung & pencernaan.


Loading...

9. Yogurt

 Vitamin A ialah vitamin yg larut dalam lemak yg mempunyai fungsi penting dalam menjag 23 Makanan Sumber Vitamin A (Serta Manfaatnya)
Yogurt

Yogurt diolah dari susu yg rasanya sanggup dibentuk menjadi beberapa varian rasa. Dalam satu cup kecil yogurt terkandung vitamin A sampai 17 mcg.

Yogurt kaya akan nutrisi, selain vitamin A juga terkandung protein, karbohidrat, serat, lemak, kalsium, zat besi, magnesium, potasium & beberapa mineral lainnya.

Beberapa khasiat mengonsumsi yogurt yaitu:
  • Menyehatkan pencernaan (berkat kandungan probiotik di dalamnya).
  • Mencegah & meredakan problem pencernaan ibarat konstipasi, diare, ra&g usus, dsb.
  • Mencegah osteoporosis (berkat kandungan kalsium & vitamin D di dalamnya).
  • Menjaga kepadatan & kekuatan tulang.
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  • Menunda lapar, sehingga yoghurt bisa, menjadi pilihan bagus bagi Anda yg se&g diet.

Sayuran & Buah Kaya Akan Vitamin A

Tubuh Anda bisa, memperoleh asupan vitamin A dari karotenoid yg terkandung dalam tanaman. Karotenoid ini termasuk beta-karoten & alfa karoten yg secara kolektif dikenal sebagai provitamin A.

Berikut sayuran & buah yg mengandung tinggi vitamin A:


10. Wortel

 Vitamin A ialah vitamin yg larut dalam lemak yg mempunyai fungsi penting dalam menjag 23 Makanan Sumber Vitamin A (Serta Manfaatnya)
Wortel

Sayuran berwarna oranye ini mempunyai kandungan yg melimpah. Wortel bisa, dimakan mentah, direbus, digoreng, dibentuk jus, bahkan dijadikan adonan puding.

Dalam 100 gram wortel sanggup memenuhi kebutuhan vitamin A harian sebesar 95% AKG.

Wortel mengandung vitamin A, beta-karoten yg berguna sebagai antioksi&, serat, vitamin K, botin & kalium.

Kandungan seratnya sanggup memperbaiki kondisi terusan pencernaan yg terganggu, meredakan konstipasi & diare.

Adapun kandungan vitamin A pada wortel sangat baik untuk kesehatan mata. Dengan begitu, wortel disarankan untuk dikonsumsi oleh mereka yg terkena problem rabun senja.

Secara umum konsumsi wortel akan menyehatkan mata.


11. Bayam

 Vitamin A ialah vitamin yg larut dalam lemak yg mempunyai fungsi penting dalam menjag 23 Makanan Sumber Vitamin A (Serta Manfaatnya)
Sayur Bayam

Sayuran bayam biasa ditemukan sehari-hari, di dalamnya terkandung gizi yg tinggi, terdapat juga kandungan serat makanan, selain itu bayam rendah kalori sehingga bagus dikonsumsi oleh orang-orang yg se&g diet.

Bayam mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, vitamin K, zat besi, magnesium, kalsium, asam folat, potasium, sodium, serta banyak serat & antioksi&.

Dalam 100 gram bayam mengandung vitamin A sebanyak 469 mcg, itu setara dengan 52% AKG.

Beberapa khasiat makan sayuran bayam:
  • Menjaga semoga mata tetap sehat. Ini berkat kandungan karotenoid yg ditemukan pada bayam ibarat beta karoten, lutein, & zeaxanthin.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, ini berkat kandungan vitamin A, vitamin C, folat & magnesium.
  • Mencegah anemia
  • Mengurangi ra&g, ini berkat antioksi& tinggi pada bayam yg melawan radikal bebas pemicu pera&gan. 
  • Menjaga kesehatan kulit. Bayam kaya akan antioksi& yg sangat baik untuk derma kulit.
  • Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, ini berkat kandungan serat & mineral yg sanggup menurunkan tekanan darah & meminimalisir a&ya penumpukan plak di pembuluh darah.
  • Mengurangi risiko terkena kanker. Kandungan antioksi&, lutein, karotenoid & zeaxanthin bisa menghilangkan radikal bebas dari tubuh, dimana radikal bebas memicu resiko kanker.



12. Brokoli

 Vitamin A ialah vitamin yg larut dalam lemak yg mempunyai fungsi penting dalam menjag 23 Makanan Sumber Vitamin A (Serta Manfaatnya)
Sayur Brokoli

Walaupun banyak belum dewasa tidak suka brokoli alasannya yaitu rasanya, namun brokoli mengandung banyak sekali nutrisi penting.

Brokoli mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B6, vitamin E,  vitamin D, vitamin K, protein, air, karbohidrat, & zat lainnya yg diharapkan oleh tubuh.

Satu cangkir mentah brokoli mengandung 567 UI vitamin A, itu setara dengan 11% AKG.

Berikut aneka macam khasiat konsumsi brokoli:
  • Memberikan bantuan untuk kesehatan tulang
  • Membuat Anda terlihat abadi muda.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Membantu turunkan kolesterol.
  • Membantu mencegah kanker.
  • Meminimalisir penyakit jawaban diabetes.


13. Ubi Jalar

 Vitamin A ialah vitamin yg larut dalam lemak yg mempunyai fungsi penting dalam menjag 23 Makanan Sumber Vitamin A (Serta Manfaatnya)
Ubi Jalar

Anda hendaknya memasukkan ubi jalar dalam daftar kuliner sehat yg dikonsumsi sehari-hari. Sebab, ubi jalar mengandung banyak vitamin A, selain itu ubi jalar menyediakan 37 persen kebutuhan badan akan vitamin C.

Kandungan nutrisi penting lainnya pada ubi jalar yaitu serat, mangan, vitamin B6, kolin, betakaroten, & kalium.

Pada 100 gram ubi jalar mengandung vitamin A sebanyak 1.043 mcg, itu setara dengan 116% AKG.

Berikut khasiat makan ubi Jalar untuk kesehatan:
  • Serat tinggi yg terkandung dalam ubi jalar membantu sistem pencernaan menjadi lebih baik & mencegah terjadinya sembelit.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh. Ini berkat kandungan beta karoten & vitamin C yg mempunyai sifat antioksi& untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  • Mengonsumsi ubi jalar akan meningkatkan asupan kalium yg membantu menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Mengurangi kadar gula dalam darah penderita diabetes, serta mengurangi resistensi sel terhadap insulin.
  • Senyawa beta karoten mempunyai bantuan dalam mencegah kanker lambung, payudara, & ginjal.


14. Sayuran Kale

 Vitamin A ialah vitamin yg larut dalam lemak yg mempunyai fungsi penting dalam menjag 23 Makanan Sumber Vitamin A (Serta Manfaatnya)
Sayuran Kale

Kale ialah sayuran berdaun hijau yg termasuk ke dalam keluarga kubis (seperti sawi, brokoli, kembang kol).

Kale mengandung protein, serat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin B, asam folat, asam alpha-linolenic & asam lemak omega-3.

Sayuran kale dalam satu gelas yg dicincang mengandung vitamin A sebanyak 10.302 UI, itu setara dengan 206% AKG.

Mengonsumsi sayuran kale berguna untuk kesehatan mata. Kale mengandung vitamin A yg sangat baik untuk kesehatan mata.

Penelitian yg dilakukan di National Institute of Health menemukan bahwa mengonsumsi asupan tinggi vitamin A secara rutin sanggup menghindarkan risiko penyakit mata & menjaga kemampuan penglihatan.

Selain itu vitamin A berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan badan & proses pembentukan sel-sel tubuh.



15. Aprikot Kering

 Vitamin A ialah vitamin yg larut dalam lemak yg mempunyai fungsi penting dalam menjag 23 Makanan Sumber Vitamin A (Serta Manfaatnya)
Buah Aprikot

Aprikot kering mengandung banyak nutrisi, antioksi& & menunjukkan energi bagi badan untuk menjalankan acara sehari-hari. Buah aprikot mengandung vitamin A, vitamin C, fitonutrien,dll.

Aprikot kering juga merupakan sumber terkaya Vitamin A. Satu cangkir aprikot kering memberi Anda 94% dari Vitamin A harian yg dibutuhkan, & 313 kalori.

Dalam satu ons aprikot kering mengandung vitamin A sebanyak 1,009 UI, itu setara dengan 20% AKG.

Manfaat konsumsi aprikot kering yaitu menyehatkan mata, meredakan sembelit, baik untuk jantung, memperkuat tulang, mempercantik kulit, meningkatkan metabolisme tubuh, menurunkan berat ba&, meredakan demam & meningkatkan produksi darah.


16. Semangka

 Vitamin A ialah vitamin yg larut dalam lemak yg mempunyai fungsi penting dalam menjag 23 Makanan Sumber Vitamin A (Serta Manfaatnya)
Semangka

Lebih dari 90% kandungan dalam semangka ialah air. Tapi bukan berarti air tersebut mengurangi khasiat semangka, semangkat tetap mengandung banyak vitamin & mineral.

Di dalam semangkat terkandung vitamin A, vitamin C, magnesium, kalium, karbohidrat & antioksi& yg diharapkan oleh tubuh.

Pada satu irisan semangka mengandung vitamin A sebanyak 80 mcg, itu sekitar 9% AKG.

Atau dalam 100 gram buah semanngka mengandung vitamin A sebanyak 28 mcg (3% AKG).

Manfaat semangka bagi kesehatan tubuh:
  • Meredakan sembelit / susah buang air besar.
  • Meredakan tanda-tanda ra&g sendi. Ini berkat kandungan air, vitamin C, vitamin B6, antioksi&, beta karoten & zinc yg sanggup meredakan nyeri & kaku pada otot.
  • Menyehatkan kulit & rambut. Ini berkat kandungan vitamin, air & mineral.
  • Mencegah kanker prostat. Semangka mengandung vitamin C, vitamin A & antioksi& likopen yg melawan radikal bebas.
  • Mencegah penyakit kronis.


17. Mangga

 Vitamin A ialah vitamin yg larut dalam lemak yg mempunyai fungsi penting dalam menjag 23 Makanan Sumber Vitamin A (Serta Manfaatnya)
Buah Mangga

Mangga mempunyai rasa manis yg di dalamnya kaya akan nutrisi vitamin. Mengonsumsi mangga mendukung rencana diet sehat.

Selain enak & manis, buah mangga menyediakan kebutuhan vitamin A, vitamin C, antioksi& (uercetin, isoquercitrin, asam gperalatan) & nutrisi penting lainnya bagi tubuh.

Satu cangkir mangga menunjukkan Anda vitamin C sebanyak 36% dari jumlah harian yg dibutuhkan.

Kandungan vitamin A dalam buah mangga berguna untuk kesehatan mata, serta mencegah rabun senja & problem kekeringan cairan pada retina.

Adapun kandungan vitamin C nya berguna untuk membantu menurunkan berat ba& & mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL).



18. Pepaya

 Vitamin A ialah vitamin yg larut dalam lemak yg mempunyai fungsi penting dalam menjag 23 Makanan Sumber Vitamin A (Serta Manfaatnya)
Buah Pepaya

Pepaya kaya akan mineral, enzim, vitamin, & antioksi&. Satu pepaya menunjukkan Anda sekitar 30% dari kebutuhan harian vitamin A.

Adapun cara makan pepaya bisa, dengan cara dijadikan smoothies, adonan salad /pun dimakan secara langsung.

Manfaat makan buah pepaya yaitu:
  • Kandungan flavonoid & vitamin A (beta karoten, zeaxanthin & lutein) dalam pepaya sanggup menjaga kesehatan selaput lendir pada mata, serta mencegah kerabunan & lainnya.
  • Kandungan vitamin C, serat & antioksi& dalam pepaya mempunyai tugas untuk menangkal radikal bebas, mencegah penyakit jantung & meminimalisir resiko penumpukan plak dalam arteri.
  • Kandungan vitamin C berkontribusi dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Makan pepaya menunjukkan imbas mengenygkan, ini sangat bagus untuk membantu Anda dalam menurunkan berat ba&.


19. Paprika

 Vitamin A ialah vitamin yg larut dalam lemak yg mempunyai fungsi penting dalam menjag 23 Makanan Sumber Vitamin A (Serta Manfaatnya)
Paprika

Paprika ialah bumbu paling terkenal dalam masakan Amerika Selatan, Spanyol & India. Paprika termasuk golongan keluarga besar dari cabai, sehingga tak heran pada paprika terdapat sensasi rasa pedas.

Paprika mengandung vitamin A, kalium, kalsium, vitamin C, dll. Berikut khasiat mengonsumsi sayuran paprika:
  • Beberapa enzim tertentu dalam paprika, ibarat lutein, berguna umtuk melindungi kesehatan mata & mencegah penyakit katarak di usia senja.
  • Kandungan vitamin C dalam paprika sanggup memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta menjaga kesehatan kulit.
  • Capsaicin dalam paprika berkontribusi untuk menurunkan kolesterol jahat, meredakan nyeri, inflamasi & diabetes.
  • Vitamin E dalam paprika menjaga penampilan & kesehatan kulit.
  • Kandungan welirang dalam paprika berkontrisusi dalam memerangi beberapa jenis kanker.


20. Kacang Polong

 Vitamin A ialah vitamin yg larut dalam lemak yg mempunyai fungsi penting dalam menjag 23 Makanan Sumber Vitamin A (Serta Manfaatnya)
Kacang Polong

Tambahkan kacang polong hijau manis ke lauk / kuliner Anda, salah satu khasiatnya yaitu membantu perjuangan penurunan barat ba&.

Dalam satu setengah cangkir kacang polong sanggup menunjukkan 134% dari nilai Vitamin A harian yg diharapkan tubuh, & 62 kalori.

Selain itu kacang polong juga mengandung Vitamin K, C, & B.


21. Tomat

 Vitamin A ialah vitamin yg larut dalam lemak yg mempunyai fungsi penting dalam menjag 23 Makanan Sumber Vitamin A (Serta Manfaatnya)
Tomat

Tambahkan tomat ke dalam diet harian Anda, hal itu alasannya yaitu tomat mengandung banyak vitamin & mineral penting tapi kandungan kalorinya rendah.

Satu tomat sanggup menunjukkan 20% Vitamin A yg diharapkan badan selama sehari. Selain itu tomat juga merupakan sumber yg kaya vitamin C & likopen.

Berbagai khasiat tomat bagi kesehatan tubuh:
  • Menurunkan tekanan darah tinggi pada penderita hipertensi ringan, hal ini berkat kandungan kaliumnya. 
  • Menjaga kesehatan jantung & pembuluh darah, hal ini berkat kandungan kalium & likopennya yg efektif menurunkan kadar kolesterol jahat.
  • Memelihara kesehatan mata, hal ini berkat antioksi& lutein, zeaxanthin, & karotenoid.
  • Menjaga kesehatan kulit, hal ini berkat kandungan likopen yg menjaga kulit dari ancaman sinar UV.
  • Baik untuk penderita diabetes, dimana tomat kaya serat yg baik bagi tubuh, serta rendah lemak & gula. 
  • Membantu mencegah depresi.
  • Mencegah sembelit, ini berkat kandungan air & serat tinggi dalam tomat.
  • Menjaga berat ba&, dimana tomat rendah kalori, rendah karbohidrat & rendah lemak.


22. Buah Persik

 Vitamin A ialah vitamin yg larut dalam lemak yg mempunyai fungsi penting dalam menjag 23 Makanan Sumber Vitamin A (Serta Manfaatnya)
Buah Persik

Buah persik mempunyai rasa enak & mengandung nutrisi yg sangat baik. Di dalam buah persik terkandung banyak magnesium, vitamin C, kalsium, fosfor, kalium, & zat besi.

Adapun satu buah persik menunjukkan 10% dari kebutuhan harian Vitamin A & 59 kalori.

Mengonsumsi buah persik berguna untuk menyehatkan mata, menyehatkan kulit, menjaga kesehatan ginjal, sampai menyehatkan pencernaan.


23. Blewah

 Vitamin A ialah vitamin yg larut dalam lemak yg mempunyai fungsi penting dalam menjag 23 Makanan Sumber Vitamin A (Serta Manfaatnya)
Blewah

Blewah banyak dipakai sebagai minuman penyegar di Asia Tenggara, contohnya timun suri & kolang-kaling.

Blewah sejenis dengan melon namun berbeda kelompok budidaya, dengan warnanya yg kuning-oranye cerah.

Blewah mempunyai banyak vitamin & nutrisi penting yg meningkatkan kesehatan, pekhasiatannya juga sebagai tambahan2 salad buah, kudapan /pun sekedar pencuci mulut.

Satu irisan blewah memberi Anda 120% dari Vitamin A yg diharapkan badan dalam sehari, & menunjukkan 23 kalori.

Berikut khasiat blewah:
  • Sumber vitamin A yg berguna untuk menjaga kesehatan mata & kulit.
  • Rendah gula & kalori, sehingga baik dikonsumsi untuk membantu menurunkan berat ba&.
  • Kandungan kalium nya menurunkan tekanan darah.
  • Kaya akan vitamin C yg berperan sebagai antioksi&. Blewah sanggup membantu menurunkan resiko penyakit jantung, kanker & penyakit kronis lainnya.
  • Menghindari problem tak bisa tidur (susah tidur).
  • Konsumsi jus blewah sanggup mengatasi problem kurang nafsu makan & maag.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "23 Makanan Sumber Vitamin A (Serta Manfaatnya)"

Posting Komentar