Penyebab Angin Duduk Serta Penanganannya

Angin duduk umumnya ditkamui dengan munculnya rasa nyeri pada dada, hal ini terjadi lantaran minimnya/terhambatnya pedoman darah untuk otot-otot jantung.

Pengerasan/penyempitan pembuluh darah menjadi penyebab terhambatnya pasokan darah. Tidak jarang kemunculan angin duduk secara mendadak.

Bahkan angin duduk bisa, mengakibatkan penderita dalam kondisi yg parah. Pada sebagian kasus, serangan angin duduk mengakibatkan penderitanya mengalami ajal dalam 15 menit saja.

 Angin duduk umumnya ditkamui dengan munculnya rasa nyeri pada dada Penyebab Angin Duduk Serta Penanganannya
Photo credit: Shutterstock.com / By leungchopan

Dalam istilah kedokteran, angin duduk ini sama dengan Sindrom Jantung Koroner Akut. Penderita serangan ini bisa, meninggal dalam 15-30 menit.

Hal yg cukup mengherankan, serangan angin duduk sanggup terjadi pada seseorang yg terlihat sehat & bugar, bahkan se&g bekerja.

Oleh lantaran itu, permasalahan angin duduk ini harus diperhatikan dengan sangat serius.

Apabila dada tiba-tiba terasa sangat nyeri, maka hendaknya menghentikan acara fisik kemudian segera hubungi dokter. Sesegera mungkin pergi ke dokter, dihentikan lebih dari 15 menit semenjak awal kemunculan serangan.

Gejala angin duduk yaitu:
  • Nyeri dada.
  • Nyeri juga berpotensi menjalar ke potongan leher, lengan kiri, rahang, & punggung.
  • Pusing.
  • Rasa mual.
  • Tubuh terlalu gampang lelah (sering lemas).
  • Sesak napas.
  • Gelisah.
  • Keluar keringat yg terlalu banyak (tidak wajar).

Walaupun tidak semua nyeri dada disebabkan penyakit jantung, tapi berhati-hati yaitu hal yg harus diterapkan dalam diri Anda.

Terjadinya angin duduk akhir penyempitan pada pembuluh koroner. Dampak angin duduk menjadi lebih berbahaya akhir beberapa hal di bawah ini:
  • Sering mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi. Penumpukan kolesterol di dalam badan mengakibatkan terhambatnya pedoman darah ke jantung.
  • Tekanan darah yg tinggi (hipertensi).
  • Sering stres / banyak pikiran.
  • Kebiasaan jelek merokok.
  • Berat ba& berlebih (obesitas).
  • Malas berolahraga


Diagnosis Angin Duduk oleh Dokter

Saat pergi ke dokter, beberapa pertanyaan yg mungkin diajukan dokter yaitu:
  • Gejala apa saja yg dikeluhkan pasien?
  • Apakah pasien mempunyai kebiasaan-kebiasaan jelek menyerupai merokok, minum-minuman beralkohol, sering mengonsumsi makanan berlemak, dll?
  • Apakah ada anggota keluarga pasien yg mempunyai riwayat penyakit jantung?

Dokter juga mungkin akan melaksanakan investigasi tekanan darah, berat ba&, tes urin, sampai cek darah.

Tes urin bertujuan untuk mengetahui kondisi ginjal, hal itu lantaran terdapat beberapa jenis obat angin duduk yg dihentikan dikonsumsi penderita penyakit ginjal.

Jika diharapkan dokter akan melaksanakan investigasi lebih lanjut menyerupai elektrokardiogram (EKG), tes ketahanan jantung (Exercise Tolerance Test), ekokardiogram, skintigrafi jantung, X-ray dada (rontgen), CT scan jantung, & Angiografi pembuluh darah koroner.

Pengobatan Angin Duduk

Tujuan pengobatan angin duduk untuk mengurangi munculnya tanda-tanda yg dikeluhkan penderita, serta mencegah terjadi serangan angin duduk, yg sanggup mengakibatkan kematian.

Penderita angin duduk harus menjalani contoh hidup sehat & membuang segala kebiasaan buruk.

Konsumsilah makanan bergizi seimbang. Anda perlu mengonsumsi makanan kaya serat yg banyak terkandung di dalam sayuran & buah-buahan.

Penderita harus menghindari stres, jangan merokok, jangan nimum-minuman keras. Selain itu hindari mengonsumsi makanan secara berlebihan (apalagi makanan berlemak jenuh).

Adapun obat yg mungkin diresepkan dokter untuk mengatasi & mencegah kambuhnya angin duduk yaitu:

Obat-Obatan Nitrat
Diresepkan untuk mengobati tanda-tanda angin duduk, serta untuk pencegahan jangka panjang. Obat ini bekerja dengan cara melemaskan pembuluh darah, yg nantinya bertujuan biar darah bisa, mengalir lancar menuju jantung. Salah satu jenis obat nitrat yaitu glyceryl trinitrate.

Obat Penghambat Beta
Jenis obat ini bekerja untuk menangkal efek hormon adrenalin yg bertujuan biar menghindari tekanan darah yg terlalu tinggi, sehingga beban jantung tidak lagi berat.

Penggunaan beta blocker diharapkan sanggup meredakan tanda-tanda angin duduk (termasuk mencegahnya).

Obat-Obatan Pencegah Pembekuan Darah
Penggunaan obat ini bertujuan untuk memisahkan kepingan-kepingan darah, mencegah terjadinya penggumpalan darah.

Obat Penghambat Saluran Kalsium
Penggunannya bertujuan untuk melancarkan pedoman darah, yg melemaskan sel-sel otot di dalam dinding pembuluh darah.

Nicorandil
Obat ini umumnya diresepkan pada orang-orang yg tidak sanggup mengonsumsi obat penghambat saluran kalsium. Obat ini bekerja dengan cara melebarkan arteri koroner untuk melancarkan pedoman darah pada jantung.

loading...

Ivabradine
Obat ini berfungsi menyerupai halnya obat penghambat beta. Ivabradine dijadikan alternatif jikalau pasien dihentikan mengonsumsi obat penghambat beta (karena problem tertentu).

Ranolazine
Obat ini bekerja untuk melemaskan otot-otot jantung & memperlancar pedoman darah. Obat ini tidak memengaruhi ritme detak jantung.

Jenis obat lainnya yg mungkin diresepkan dokter lantaran kondisi tertentu yaitu statin, aspirin, & obat penghambat enzim pengubah angiotensin (ACE inhibitor).

Dalam kondisi tertentu, dokter mungkin akan mempertimbangkan tindakan operasi.

Pencegahan Angin Duduk

Untuk mencegah angin duduk maka sangat penting untuk menjalani contoh hidup yg sehat. Selain mencegah, hal ini juga sangat penting untuk mengurangi tingkat keparahan tanda-tanda angin duduk.

Anda harus mempunyai asupan makanan yg sehat untuk jantung. Makanan yg sehat untuk jantung harus mengandung serat yg cukup.

Hindari makanan yg berbahaya untuk jantung, menyerupai makanan yg tinggi kandungan garam. Terlalu banyak mengonsumsi garam memicu tekanan darah tinggi.

Jenis makanan lainnya yg perlu dihindari yaitu gorengan, jeroan & santan. Selain itu hindari rokok & minuman keras.

Angin Duduk Tak Akan Sembuh Pakai Cara Kerokan

Angin duduk yg dalam bahasa medis disebut angina, bukanlah disebabkan oleh masuk angin yg diobati dengan dikerok.

Angin duduk ternyata merupakan tanda-tanda yg berhu.bungan dengan penyakit jantung. dr.Jetty Sedyawan, Sp.JP (K), dari Yayasan Jantung Indonesia menyampaikan bahwa banyak yg salah paham mengenai angin duduk.

Dijelaskan oleh dr.Jetty Sedyawan bahwa angin duduk bahwasanya hanya istilah orang-orang awam, disebut menyerupai itu oleh orang awam lantaran rasanya menyerupai masuk angin. Jika dipijat / dikerik rasa menyerupai masuk angin tersebut tidak bisa, hilang. Dimana bahwasanya yg terjadi yaitu tanda-tanda penyakit jantung.

Oleh lantaran itu jangan salah kaprah lagi, angin duduk tidak akan sembuh pakai cara kerokan.

Referensi:
Alodokter (alodokter.com). Angin Duduk. Diakses: 6 Oktober 2018.
Efendi, In& Kurnia. Tribun Jabar (tribunnews.com). 2018. Banyak yg Salah Kaprah, Angin Duduk Tak Akan Sembuh Pakai Cara Kerokan, Ini Fakta Gejalanya. Diakses: 6 Oktober 2018.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Angin Duduk Serta Penanganannya"

Posting Komentar