Ternyata Posisi Duduk Terbaik Yaitu Bersandar 135 Derajat

Berbeda dengan anggapan kebanyakan orang selama ini bahwa posisi duduk tegak ialah posisi terbaik. Penelitian menemukan ternyata kebiasaan duduk tegak ternyata tidak baik untuk punggung. Posisi ini mengakibatkan perubahan bentuk tulang punggung (deformities) alasannya ialah mengakibatkan tekanan yg tidak perlu di beberapa titik.



                                                                          bbc


Riset sendiri dilsayakan di Woodend Hospital Aberdeen, melibatkan 22 responden yg bertulang punggung sehat. Para responden kemudian menjalani scan dengan mesin positional MRI, yg memungkinkan responden bebas bergerak, baik duduk atau berdiri. Hasil riset hebat dari Skotlandia & Kanada itu mengungkapkan posisi duduk terbaik ialah posisi berskamur 135 derajat.


ada 3 posisi duduk dalam penelitian ini. Pertama ialah membungkuk. Posisi kedua ialah tegak 90 derajat. Posisi terakhir ialah berskamur 135 derajat, dengan kaki di lantai.

Setelah mengukur seberapa besar tulang belakang membengkok ternyata pergeseran paling banyak ditemukan pada posisi duduk 90 derajat. Se&gkan pergeseran paling sedikit terjadi pada posisi dukuk 135 derajat. Hal ini mengindikasikan beban yg ditempatkan pada ruas tulang lebih sedikit. Posisi ini juga bekerjasama dengan otot & tendon yg dalam keadaan lebih rileks.

Pada posisi duduk membungkuk, terjadi pengurangan beban pada ruas tulang punggung atas. Namun posisi ini jelek untuk dua ruas tulang punggung terbawah.

Berdasar hasil ini, peneliti menetapkan posisi duduk 135 derajat ialah yg terbaik.

Mereka menambahkan bahwa untuk menjaga kesehatan tulang punggung, sebaiknya jangan duduk terlalu lama. Rishi Loatey dari British Chiropractic Association menyarankan untuk berjalan sesekali. Hal ini dikarenakan badan insan tidak didesain untuk lebih banyak membisu (sedentary).

Terlalu usang duduk menciptakan satu dari tiga orang menderita sakit punggung di belahan bawah karena. Menurut para ahli, duduk berkontribusi besar pada sakit di punggung belahan bawah.

via.kompas.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ternyata Posisi Duduk Terbaik Yaitu Bersandar 135 Derajat"

Posting Komentar