Hentikan Merokok Dapat Mengurangi Sakit Jantung

Tidak ada kata terlambat jikalau kau mau menghentikan kebiasaan merokok walaupun sudah bertahu-tahun kebiasaan itu berlangsung. Risiko simpulan hidup alasannya dilema jantung akhir merokok berdasarkan penelitian terbaru sanggup dikurangi dalam waktu yg lebih cepat.



Menurut hasil penelitian yg dilsayakan oleh American Heart Association yg meneliti perokok berusia di atas 65 tahun yg sudah merokok selama 32 pak / tahun. Jumlah pak tahun ditentukan dari jumlah rokok yg dihisap per hari dengan jumlah tahun seseorang merokok.

Hasilnya peneliti menemukan bahwa menghentikan kebiasaan merokok sanggup mengurangi risiko gagal jantung, serangan jantung, & stroke sebanding dengan orang yg tidak pernah merokok, dengan waktu separuh lebih cepat dari penelitian sebelumnya.

"Padahal penelitian sebelumnya risiko simpulan hidup akhir penyakit jantung sanggup berkurang sehabis 15 tahun.," kata Dr Ali Ahmed ibarat dikutip dari The News, Kamis (21/11/2013).

"Bahkan untuk perokok berat yg merokok lebih dari 32 pak tahun, mereka secara signifikan mengurangi risiko simpulan hidup total sebesar 35 persen, jadi ada pesan aktual untuk setiap orang," imbuh Ahmed yg juga profesor penyakit jantung di University of Alabama di Birmingham School of Medicine.

Ahmed & timnya mengumpulkan data dengan menganalisa gosip medis dari Cardiovascular Health Study semenjak tahun 1989. Mereka membandingkan 853 orang yg berhenti merokok selama 15 tahun atau kurang dengan 2.557 orang yg tidak merokok.

"Meskipun pada penelitian ini terperinci terlihat simpulan hidup akhir jantung sanggup dikurangi, kerusakan paru-paru agak sulit untuk dihindari," kata Ahmed.

Sebab, mereka yg merokok kurang dari 32 pak tahun & sudah berhenti merokok masih berisiko tinggi meninggal akhir kanker paru-paru, emfisema, atau penyakit paru obstruktif kronik.

sumber: detik.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hentikan Merokok Dapat Mengurangi Sakit Jantung"

Posting Komentar